Share pengguna nissan serena e power (c28)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bajau86
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 12 Sep 2021, 14:25
Daily Vehicle: innova venturer 2gd 2021

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by bajau86 »

MSU wrote: 11 Nov 2024, 19:44
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 16:26
ChZ wrote: 11 Nov 2024, 10:39

apakah sering luar kota oom?

pengalaman e-Power untuk luar kota memang boros. di kicks saya konstan 120 - 130 kmh cuma dapet 12 kml.

di serena epower lebih gede dan berat masuk akal cuma dapet segitu. blm pasti daya motornya lebih besar.
Saya pakai didalkot om, macet
Sudah dikasih tau juga sama org bengkel klu mau irit justru harus pemakaian luar kota

Karena klu pemakaian luar kota kecepatan konstan, berikut saya kasih liat MID pas sebelum servis yah.
Orang bengkelnya error jg itu jawabannya wkwk...
Ya semua tau kalo mau irit mah jalanin konstan keluar kota
Cuma kalo begini jadi ngapain beli hybrid...mending beli mesin bensin aja
Kalo soal tenaganya ngisi trus gak om?worth gak nih kira2 dengan harga segitu??
Lullaby
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 11 Nov 2024, 08:39
Daily Vehicle: Nissan serena c28

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Lullaby »

MSU wrote: 11 Nov 2024, 19:44
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 16:26
ChZ wrote: 11 Nov 2024, 10:39

apakah sering luar kota oom?

pengalaman e-Power untuk luar kota memang boros. di kicks saya konstan 120 - 130 kmh cuma dapet 12 kml.

di serena epower lebih gede dan berat masuk akal cuma dapet segitu. blm pasti daya motornya lebih besar.
Saya pakai didalkot om, macet
Sudah dikasih tau juga sama org bengkel klu mau irit justru harus pemakaian luar kota

Karena klu pemakaian luar kota kecepatan konstan, berikut saya kasih liat MID pas sebelum servis yah.
Orang bengkelnya error jg itu jawabannya wkwk...
Ya semua tau kalo mau irit mah jalanin konstan keluar kota
Cuma kalo begini jadi ngapain beli hybrid...mending beli mesin bensin aja
Iya om bener, klu mau hybrid toyota masih lebih OK. Kerabat saya pakai zenix 16Km/L

Dari segi kenyamanan serena OK sih,
Fitur juga OK
Cm berasa boros aja, mending bensin sekalian ga perlu kawatir soal baterai klu pemakaian jangka panjang
Lullaby
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 11 Nov 2024, 08:39
Daily Vehicle: Nissan serena c28

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Lullaby »

EdgarDrake wrote: 11 Nov 2024, 22:01
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 08:45 Tp utk pemakaian bensin dalam kotanya agak boros ya
Sebelum servis pertama cm dpt 8km/L

Setelah servis pertama sampai skg cm dpt 11km/L
Pdhl claimnya 20km/L

Ternyata utk dpt 11km/L pun harus pakai trik tertentu utk dapat avg segitu 😅😅😅
Penasaran: kalo Yaris Cross hybrid (dan hybrid Toyota lain) kan katanya kalo di lampu, jangan netral, tapi pedal rem ditahan, biar baterenya nge-charge. Kalo malah di netral, malah akan keluar warning bahwa batere ga nge-charge.

Nah, kl om di C28 ini gmn? Apakah dg trik yg sama (no netral - rem ditahan), ato malah netral pas berhenti total?
Jadi teknisinya kemarin ada ngmg,
Utk irit bensin itu pakai mode ECO, epedal ON, autohold.
Jd emang ktnya jangan di netral
Epedalnya itu berfungsi utk ngerem sedikit, ketika gas nya diangkat, epedalnya lgsg ngerem. Isi baterainya pas sistem epedalnya jalan.

Kalau misalnya mobil depan kita berhenti, kt ttp harus rem, sampe autoholdnya nyala baru bener2 berhenti
Ga perlu ke netral biar di D aja.

Tp CMIIW yah, saya jg baru pakai c28 ini baru 1 bulan 2 mingguan.
Jd klu disini ada yang sama kyk saya tp pakai cara tertentu bisa jadi irit

Mohon info ya 🙏🏻
Lullaby
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 11 Nov 2024, 08:39
Daily Vehicle: Nissan serena c28

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Lullaby »

bajau86 wrote: 11 Nov 2024, 18:06 Coba metode fuel to fuel om?
Udah om, sesuai sama MID nya
Kemarin mobil saya lari 475km isi bensin 45,25l
Jadi 10,5Km/L

Di MID saya tulisannya 11,5km/L
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by ChZ »

Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 16:26
Saya pakai didalkot om, macet
Sudah dikasih tau juga sama org bengkel klu mau irit justru harus pemakaian luar kota

Karena klu pemakaian luar kota kecepatan konstan, berikut saya kasih liat MID pas sebelum servis yah.
curiga motornya defect artinya nyedot batre terus-terusan. ntah kenapa teknisi nissan juga nggak punya penjelasan memuaskan.

nissan kicks cewe saya udah agak boros juga penjelasannya nggak memuaskan. ya udah dipake aja. baru bisa di atas 20 terus, sekarang mid rata-rata ya 17 km/l aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2290
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by darrelund »

Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 22:23
bajau86 wrote: 11 Nov 2024, 18:06 Coba metode fuel to fuel om?
Udah om, sesuai sama MID nya
Kemarin mobil saya lari 475km isi bensin 45,25l
Jadi 10,5Km/L

Di MID saya tulisannya 11,5km/L
buat series hybrid segitu kykna ndak wajar um

11.5 itu bisa jadi mesin terus"an nyala
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by ExorT »

darrelund wrote: 12 Nov 2024, 11:00
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 22:23
bajau86 wrote: 11 Nov 2024, 18:06 Coba metode fuel to fuel om?
Udah om, sesuai sama MID nya
Kemarin mobil saya lari 475km isi bensin 45,25l
Jadi 10,5Km/L

Di MID saya tulisannya 11,5km/L
buat series hybrid segitu kykna ndak wajar um

11.5 itu bisa jadi mesin terus"an nyala
Biasa kalo mobil baru ada masa inrijden-nya.
Di mobil ane, setelah 1000 km, bbm dari average 7km/l jadi 9km/l.
Dan transmisi baru enak setelah 4000 km.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by kunaskun »

EdgarDrake wrote: 11 Nov 2024, 22:01 Penasaran: kalo Yaris Cross hybrid (dan hybrid Toyota lain) kan katanya kalo di lampu, jangan netral, tapi pedal rem ditahan, biar baterenya nge-charge. Kalo malah di netral, malah akan keluar warning bahwa batere ga nge-charge.

Nah, kl om di C28 ini gmn? Apakah dg trik yg sama (no netral - rem ditahan), ato malah netral pas berhenti total?
C28 mesin hanya nyala untuk pengisian baterai dan ketika butuh tambahan daya dorong. makanya C28 ini sebetulnya EV, jarang sekali pakai mesin bensin untuk bantu dorong. makanya epower = genset.
Lullaby
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 11 Nov 2024, 08:39
Daily Vehicle: Nissan serena c28

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Lullaby »

bajau86 wrote: 11 Nov 2024, 18:06 Coba metode fuel to fuel om?
Udah om
Kmrn lari 475km isi bensin 45,25L
Jadi cm dapet 10,5km/L
Lullaby
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 11 Nov 2024, 08:39
Daily Vehicle: Nissan serena c28

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Lullaby »

kunaskun wrote: 11 Nov 2024, 16:01
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 08:45 Hi, saya mau sharing nih
Udah punya nissan serena C28

So far, utk fitur sih oke ya
Tp utk pemakaian bensin dalam kotanya agak boros ya
Sebelum servis pertama cm dpt 8km/L

Setelah servis pertama sampai skg cm dpt 11km/L
Pdhl claimnya 20km/L

Ternyata utk dpt 11km/L pun harus pakai trik tertentu utk dapat avg segitu 😅😅😅

Harap Bijak lihat review youtuber ya
agak lain sendiri ya ini, selama ini baca2 di google, rata2 pasti diatas 15 kpl untuk dalkot, nah untuk luar kota konstan toll ini yg beda2 sepertinya bergantung ke driving style dan memang faktor power train khas hybrid yg selalu lebih boros ketika kecepatan tinggi.
Suryaputra wrote: 11 Nov 2024, 12:31 Batre hybrid dan sejenis epowah gtu, pendinginnya emg cm ngndalin fan blower.
Klo interiornya panas habis dijemur.. udah deh.
Makanya rata2 8 tahun pada mokat batrenya
:big_biglaugh:

Klo full EV lbh awet krn pendingin freon, tp freonnya harus dijaga performanya.. krn klo error ya bisa modar juga batrenya :big_biglaugh:
nah ini curiganya biar "extra cuan" dari batere pas sudah soak :big_biglaugh:
lagian pabrikan kenapa ya ga pasang selang khusus udara dari evap gitu ke battery Assy, ala2 sedan jaman dulu yg ada outlet AC dari kolong bangku depan ke belakang, lah ini cuma pake blower + filter doang. naronya di deket kaki pula, entah penumpang depan atau belakang. ya nyedot debu lah, atau sekalian kali ya built in vacuum cleaner :big_biglaugh:

atau SM bikin aja nih? :big_biglaugh:
Saya juga bingung om, karena saya juga mau beli antara zenix atau c28
Keduanya kan sama2 klaim 1:20
Tp krn serena lebih spacious karena boxy jd saya pilih serena

Yg mengecewakan itu pas dtg ke bengkel
Awalnya teknisi blg boros
Setelah di servis dia blg lagi klu dalkot emang dapet 10km/L

Lalu teknisi nya juga blg ktnya sebelum saya juga ada yg komplain boros

Barangkali ada user c28 disini yg punya trik tertentu biar bs irit
Ga muluk2 sampe 20km/L
15-16km/L aja juga udah seneng saya
Lullaby
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 11 Nov 2024, 08:39
Daily Vehicle: Nissan serena c28

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Lullaby »

EdgarDrake wrote: 11 Nov 2024, 22:01
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 08:45 Tp utk pemakaian bensin dalam kotanya agak boros ya
Sebelum servis pertama cm dpt 8km/L

Setelah servis pertama sampai skg cm dpt 11km/L
Pdhl claimnya 20km/L

Ternyata utk dpt 11km/L pun harus pakai trik tertentu utk dapat avg segitu 😅😅😅
Penasaran: kalo Yaris Cross hybrid (dan hybrid Toyota lain) kan katanya kalo di lampu, jangan netral, tapi pedal rem ditahan, biar baterenya nge-charge. Kalo malah di netral, malah akan keluar warning bahwa batere ga nge-charge.

Nah, kl om di C28 ini gmn? Apakah dg trik yg sama (no netral - rem ditahan), ato malah netral pas berhenti total?
Klu gas diangkat posisi epedal ON dan mode ECO
Pada saat macet baru ngisi baterainya om

Ini juga kt teknisi nya sih om

Cm ga paham karena emang saya pakai ga irit2 banget yah 😅😅
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1739
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by MSU »

Lullaby wrote: 12 Nov 2024, 16:26
kunaskun wrote: 11 Nov 2024, 16:01
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 08:45 Hi, saya mau sharing nih
Udah punya nissan serena C28

So far, utk fitur sih oke ya
Tp utk pemakaian bensin dalam kotanya agak boros ya
Sebelum servis pertama cm dpt 8km/L

Setelah servis pertama sampai skg cm dpt 11km/L
Pdhl claimnya 20km/L

Ternyata utk dpt 11km/L pun harus pakai trik tertentu utk dapat avg segitu 😅😅😅

Harap Bijak lihat review youtuber ya
agak lain sendiri ya ini, selama ini baca2 di google, rata2 pasti diatas 15 kpl untuk dalkot, nah untuk luar kota konstan toll ini yg beda2 sepertinya bergantung ke driving style dan memang faktor power train khas hybrid yg selalu lebih boros ketika kecepatan tinggi.
Suryaputra wrote: 11 Nov 2024, 12:31 Batre hybrid dan sejenis epowah gtu, pendinginnya emg cm ngndalin fan blower.
Klo interiornya panas habis dijemur.. udah deh.
Makanya rata2 8 tahun pada mokat batrenya
:big_biglaugh:

Klo full EV lbh awet krn pendingin freon, tp freonnya harus dijaga performanya.. krn klo error ya bisa modar juga batrenya :big_biglaugh:
nah ini curiganya biar "extra cuan" dari batere pas sudah soak :big_biglaugh:
lagian pabrikan kenapa ya ga pasang selang khusus udara dari evap gitu ke battery Assy, ala2 sedan jaman dulu yg ada outlet AC dari kolong bangku depan ke belakang, lah ini cuma pake blower + filter doang. naronya di deket kaki pula, entah penumpang depan atau belakang. ya nyedot debu lah, atau sekalian kali ya built in vacuum cleaner :big_biglaugh:

atau SM bikin aja nih? :big_biglaugh:
Saya juga bingung om, karena saya juga mau beli antara zenix atau c28
Keduanya kan sama2 klaim 1:20
Tp krn serena lebih spacious karena boxy jd saya pilih serena

Yg mengecewakan itu pas dtg ke bengkel
Awalnya teknisi blg boros
Setelah di servis dia blg lagi klu dalkot emang dapet 10km/L

Lalu teknisi nya juga blg ktnya sebelum saya juga ada yg komplain boros

Barangkali ada user c28 disini yg punya trik tertentu biar bs irit
Ga muluk2 sampe 20km/L
15-16km/L aja juga udah seneng saya
Sy penasaran itu mesin bensin apa idup terus sih om? Atau bener bisa mati idup utk charge batere doank?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11676
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

Lullaby wrote: 12 Nov 2024, 16:26
kunaskun wrote: 11 Nov 2024, 16:01
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 08:45 Hi, saya mau sharing nih
Udah punya nissan serena C28

So far, utk fitur sih oke ya
Tp utk pemakaian bensin dalam kotanya agak boros ya
Sebelum servis pertama cm dpt 8km/L

Setelah servis pertama sampai skg cm dpt 11km/L
Pdhl claimnya 20km/L

Ternyata utk dpt 11km/L pun harus pakai trik tertentu utk dapat avg segitu 😅😅😅

Harap Bijak lihat review youtuber ya
agak lain sendiri ya ini, selama ini baca2 di google, rata2 pasti diatas 15 kpl untuk dalkot, nah untuk luar kota konstan toll ini yg beda2 sepertinya bergantung ke driving style dan memang faktor power train khas hybrid yg selalu lebih boros ketika kecepatan tinggi.
Suryaputra wrote: 11 Nov 2024, 12:31 Batre hybrid dan sejenis epowah gtu, pendinginnya emg cm ngndalin fan blower.
Klo interiornya panas habis dijemur.. udah deh.
Makanya rata2 8 tahun pada mokat batrenya
:big_biglaugh:

Klo full EV lbh awet krn pendingin freon, tp freonnya harus dijaga performanya.. krn klo error ya bisa modar juga batrenya :big_biglaugh:
nah ini curiganya biar "extra cuan" dari batere pas sudah soak :big_biglaugh:
lagian pabrikan kenapa ya ga pasang selang khusus udara dari evap gitu ke battery Assy, ala2 sedan jaman dulu yg ada outlet AC dari kolong bangku depan ke belakang, lah ini cuma pake blower + filter doang. naronya di deket kaki pula, entah penumpang depan atau belakang. ya nyedot debu lah, atau sekalian kali ya built in vacuum cleaner :big_biglaugh:

atau SM bikin aja nih? :big_biglaugh:
Saya juga bingung om, karena saya juga mau beli antara zenix atau c28
Keduanya kan sama2 klaim 1:20
Tp krn serena lebih spacious karena boxy jd saya pilih serena

Yg mengecewakan itu pas dtg ke bengkel
Awalnya teknisi blg boros
Setelah di servis dia blg lagi klu dalkot emang dapet 10km/L

Lalu teknisi nya juga blg ktnya sebelum saya juga ada yg komplain boros

Barangkali ada user c28 disini yg punya trik tertentu biar bs irit
Ga muluk2 sampe 20km/L
15-16km/L aja juga udah seneng saya
Mungkin perlu update software

nunggu next update release :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bajau86
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 12 Sep 2021, 14:25
Daily Vehicle: innova venturer 2gd 2021

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by bajau86 »

Dulu saya make zenix q mmg berasa iritnya,nah skrg mobil nya saya jual karna kenyamanan nya buat anak2 dan keluarga rada kurang,makanya niat mau ambil c28,tapi setelah baca2 review di SM,kayaknya saya urungkan niat ambil c28
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1739
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by MSU »

https://oto.detik.com/ototest-mobil/d-7 ... na-e-power

bener juga ya...hasil test tol jakarta semarang 1:14 menurut saya ga impresif jg...ga beda ama mobil bensin biasa
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11676
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

MSU wrote: 13 Nov 2024, 07:12 https://oto.detik.com/ototest-mobil/d-7 ... na-e-power

bener juga ya...hasil test tol jakarta semarang 1:14 menurut saya ga impresif jg...ga beda ama mobil bensin biasa


permainan bahasa marketing,
namanya juga e-power

sensasi electric power. instant torque and power.

tapi FC nya ya gak jauh sm mobil ICE :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Ibet »

hybrid series ini mesinnya nyala mulu berarti ya, apa bedanya pake N/A 2 liter - 2.4 liter dah

F/C nya mirip - mirip ..

Voxy skin SUV
1x.JPG
1x.JPG (58.22 KiB) Viewed 792 times
Civic skin SUV
2x.JPG
2x.JPG (32.81 KiB) Viewed 792 times
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by timbermaniac123 »

Suryaputra wrote: 12 Nov 2024, 17:39
Mungkin perlu update software

nunggu next update release :mky_03:
Kaya ev apa ya, kalau ga salah rivian yang lewat ota update bisa naikin performance awd nya.

Lama2 sistem subscription, bisa naikin limit range usage nya, unlock super fast charging, power backdoor, driving mode di luar wet and normal, dll ya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11676
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: 13 Nov 2024, 08:44 hybrid series ini mesinnya nyala mulu berarti ya, apa bedanya pake N/A 2 liter - 2.4 liter dah

F/C nya mirip - mirip ..

Voxy skin SUV

1x.JPG

Civic skin SUV

2x.JPG
Saat ini yg bisa nempel efisiensi toyota hybrid adalah Honda.

lihat media review di LN
- Camry vs Accord Hybrid
- Civic vs Prius Hybrid

itu FC nya on par, misalnya dalam kota toyota lbh hemat hanya <5%

karena honda prinsipnya hybrid mode performance
dgn simulated gear change :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11676
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: 13 Nov 2024, 09:13
Suryaputra wrote: 12 Nov 2024, 17:39
Mungkin perlu update software

nunggu next update release :mky_03:
Kaya ev apa ya, kalau ga salah rivian yang lewat ota update bisa naikin performance awd nya.

Lama2 sistem subscription, bisa naikin limit range usage nya, unlock super fast charging, power backdoor, driving mode di luar wet and normal, dll ya
iya spt unlock power limit di processor intel or AMD
dgn motherboard yg extra cost :big_biglaugh:

epower ini cara kerjanya mirip banget sm loco diesel electric.
bedanya ditambah batre aja, buat instant torque dari 0 kph.
jadi wajar aja FC nya spt itu, mirip mobil ICE 2.0, lbh irit dikit + instant boost di 0 kmh.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by ChZ »

Ibet wrote: 13 Nov 2024, 08:44 hybrid series ini mesinnya nyala mulu berarti ya, apa bedanya pake N/A 2 liter - 2.4 liter dah
asumsi battery nya air cooled, artinya kalau macet ya memang gampang panas ngga dapat angin. apalagi cuaca akhir2 ini panas bener.

kalo panas, boros, jadi nyala terus. ngebut, boros, nyala terus juga. di parallel hybrid kalo batre panas ngedrop dia tinggal switch ke motor bensin. ini kan ngga ada backup penggerak tapi batrenya kecil bener.

di mobil berat kayak serena pasti berasa tuh apalagi gensetnya cuma 1400cc kan ? kicks yang enteng 1200cc, ini serena gambot buat 7 orang gini bisa cuma 1400cc.

ntah kenapa nissan ngga belajar dari leaf generasi pertama yang batrenya cepet bener dropnya itu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11676
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 13 Nov 2024, 09:45
Ibet wrote: 13 Nov 2024, 08:44 hybrid series ini mesinnya nyala mulu berarti ya, apa bedanya pake N/A 2 liter - 2.4 liter dah
asumsi battery nya air cooled, artinya kalau macet ya memang gampang panas ngga dapat angin. apalagi cuaca akhir2 ini panas bener.

kalo panas, boros, jadi nyala terus. ngebut, boros, nyala terus juga. di parallel hybrid kalo batre panas ngedrop dia tinggal switch ke motor bensin. ini kan ngga ada backup penggerak tapi batrenya kecil bener.

di mobil berat kayak serena pasti berasa tuh apalagi gensetnya cuma 1400cc kan ? kicks yang enteng 1200cc, ini serena gambot buat 7 orang gini bisa cuma 1400cc.

ntah kenapa nissan ngga belajar dari leaf generasi pertama yang batrenya cepet bener dropnya itu.
this is why

https://global.nissannews.com/en/channe ... e-releases

atasnya aja dirombak satu-satu.

ya sampai bawah "business as usual" aja

strategic direction (boro2 kaizen dan inovasi) ya gak bakal ada ganss :big_biglaugh: :mky_06:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by Ibet »

Suryaputra wrote: 13 Nov 2024, 09:24
Saat ini yg bisa nempel efisiensi toyota hybrid adalah Honda.

lihat media review di LN
- Camry vs Accord Hybrid
- Civic vs Prius Hybrid

itu FC nya on par, misalnya dalam kota toyota lbh hemat hanya <5%

karena honda prinsipnya hybrid mode performance
dgn simulated gear change :mky_03:
sampe saat ini ya cuman dua merk itu aja sih yg proven HEV systemnya dimari
selebihnya, tar dulu gans

battery cell supplier buat dua model yg dijual lokal itu
ngondah = blue energy japan
atoyot = prime earth japan
ChZ wrote: 13 Nov 2024, 09:45
asumsi battery nya air cooled, artinya kalau macet ya memang gampang panas ngga dapat angin. apalagi cuaca akhir2 ini panas bener.

kalo panas, boros, jadi nyala terus. ngebut, boros, nyala terus juga. di parallel hybrid kalo batre panas ngedrop dia tinggal switch ke motor bensin. ini kan ngga ada backup penggerak tapi batrenya kecil bener.

di mobil berat kayak serena pasti berasa tuh apalagi gensetnya cuma 1400cc kan ? kicks yang enteng 1200cc, ini serena gambot buat 7 orang gini bisa cuma 1400cc.

ntah kenapa nissan ngga belajar dari leaf generasi pertama yang batrenya cepet bener dropnya itu.
kalo si atoyot sih baterenya di bawah jok pake kipas, jadi si batre ya coolingnya ngikutin ambient temp kabin ..
kalo si ngondah civic skin suv gantiin tempat spare tire, walau dengan kipas jg ngikut ambient temp kabin ..

selama ini pake belom pernah ngalamin overheat sih .. jakarta 40c juga hajar aja macet
tinggal invest kaca film yg bagusan yg nurunin ambient temp kabin, biar beban ac elektrik ga berat = batre lebih awet

feeling ane kalo series gitu, kalo batre mokat, tamat sih
secara charge-discharge nya bakalan lebih sering, apalagi dipake ngetol jawabahn
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by ChZ »

Ibet wrote: 13 Nov 2024, 10:55
feeling ane kalo series gitu, kalo batre mokat, tamat sih
secara charge-discharge nya bakalan lebih sering, apalagi dipake ngetol jawabahn
saya dari awal nyoba kicks berasa gensetnya nyala mati nyala mati dalam waktu singkat, udah berasa ini beban kerja batrenya besar bener... eh bener kan ngedrop dan facelift tahun kedua langsung diganti batrenya juga :ungg:

soalnya motor listrik kicks juga gede klo dibanding zenix atau corolla cross... secara dy kan harus bertingkah seperti full EV tapi batrenya kecil mampus. ibarat mobil macem kona EV tapi batre cuma 1 kWh.... :ungg:

kalo ngebandingin zenix dan kicks... perbandingannya ketemu zenix kalo idle lebih dominan suara nguonguongnguong (artificial sound), jarang banget denger suara mesin, yang artinya EV mode. kicks kalo idle aja udah berapa kali charge/discharge itu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1326
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)

Post by sh00t »

Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 19:32
MSU wrote: 11 Nov 2024, 09:49
Lullaby wrote: 11 Nov 2024, 08:45 Hi, saya mau sharing nih
Udah punya nissan serena C28

So far, utk fitur sih oke ya
Tp utk pemakaian bensin dalam kotanya agak boros ya
Sebelum servis pertama cm dpt 8km/L

Setelah servis pertama sampai skg cm dpt 11km/L
Pdhl claimnya 20km/L

Ternyata utk dpt 11km/L pun harus pakai trik tertentu utk dapat avg segitu 😅😅😅

Harap Bijak lihat review youtuber ya
lho koq aneh
C28 kan hybrid?
kalo 8km/L boleh diasumsikan mesin bensin nyala terus donk?
Iya epower om, agak susah sih pake mobilnya
Kalau udah biasa bawa mobil kenceng pasti boros.

Kt teknisinya klu mau irit pake eco trus epedalnya dinyalain sama auto holdnya.
Jd ktnya klu keadaan macet jangan sering2 rem karena epedalnya udah ngerem sendiri dan itu yg ngisi baterenya

Semenjak bawanya gitu baru naek ke 11km/L
Tp sampe skg ga pernah sampe 15-20km/L

Klu baru reset MID nya bs sampe 14km/L
Nnti kelamaan turun lagi ke 11km/L
Yah segitu2 aja 😅
Ini kayaknya yang salah usernya nih. Kalau kata SA toyota, kurang edukasi. :big_chicken: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post