Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

Krn udah banyak dapet ilmu dimari, mau coba sharing User Experience mobil keluarga usia 12 tahun yang saya beli bekas di tahun 2024 ini.

Toyota Alphard 2nd Gen ANH20 tahun 2012 pre-facelift trim X
Alphard 2012 trim X.jpg
(pake velg & ban Trim X memang terlihat katro)

Sept 2024 beli dari user di harga Rp158 juta namun perlu BBN & utang PKB 2 tahun, di tahun 2024 cek di website https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB NJKB masih di angka Rp263 juta sehingga setor ke dispenda Jakarta via biro jasa sekitar 15 juta

Trim X dari Importir Umum ini udah dijahitin faux leather (entah dari showroom atau user sblmnya) yang kalau ketemu jalan jelek krn saling bergesek leathernya jadi ada backsound kriyet-kriyet.

Harga relative miring karena trim X ini kurang populer dengan spec:
- jok driver; recline, maju mundur, naik turun, tuas manual
- jok penumpang depan; recline, maju mundur, tuas manual
- jok baris kedua; bench seat 2:1 dengan arm rest di kanan kiri dan di bagian tengah, recline, maju mundur, dudukan jok bisa lipat atas, tuas manual
Alphard 2012 - jok 2nd row.jpg
(utamanya harga, tapi memang ngincer bench seat untuk bawa anak bocah duduk sama maminya di tengah, jadi ya captain seat atau pilot seat ala bos -krn memang blm jadi bos- kalah dulu dengan kenyamanan anak)

- jok baris ketiga; idem kayak trim G, V, Premium Sound, dll yang lebih mahal dan populer

- audioless
- setir dengan audio steering switch, display button & mode button utk MID
- tidak ada bluetooth telephony
- tidak ada cruise control
Alphard 2012 - setir trim X.jpg
(lingkar setir juga tidak terbungkus apapun, tapi mayan sih bisa naek turun volume & toggle MID)


- double moonroof
- double Power Sliding Door (tapi yg kanan udah rusak) > ndilalah ANH20 ini tombol power utk PSD satu tombol utk kanan kiri, jadinya sliding full manual deh macam Luxio, tapi untungnya ada system vacuum yg masih bekerja
- all auto power window (sisi driver udah rusak)
- power retract side mirror

- sunvisor dengan vanity mirror driver & passenger dengan lampu (penting buat nyonya pake make-up di mobil, -tapi yg driver udah rusak, harus ganti-)

- 4 airbags
- ABS & Vehicle Stability Control (VSC)
- parking sensor 4 titik (depan belakang)
- velg R16
- ban 215/65 R16
Alphard 2012 trim X samping.jpg
(R16 di body gambot ini emang bikin keliatan katro)


mesin: 2AZ-FE yang katanya sih udah ada improvement post-2010/2011 (tapi blm ada referensi lagi selain tulisan orang di forum) > issuenya perkara desain ring piston yang bikin mesin diatas 80 rb km mulai boros konmsumsi oli
transmisi: 7-speed Super CVT-i buatan Aisin (K112) https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_K_ ... ssion#K112

=================================

Jajan Pertama:
- Aki GS Calcium 65 Ampere - Rp1,6 juta
- repair Dinamo Starter - Rp1,3 juta

- ganti Oli Pertamina Fastron Gold 5W-30 API SN - 4 liter Rp380 rb (Viskositas sesuai masukan di thread Oli + incer harga diskon)
- home service mekanik Plaza Toyota Rp3,2 juta
> ganti filter CVT
> ganti gasket karter CVT
Alphard 2012 - Filter CVT.jpg
(masih lumayan gram besi tidak terlalu banyak)

> carbon clean ruang bakar & cleaning Throttle Body
Alphard 2012 - Throttle Body.jpg
(T/B & ruang busi disemprot pake DCS Engine Conditioner, lalu disedot)

> CVT-F Toyota FE 1 galon
> instalasi bohlam2 LED aftermarket

- lampu nopol T10
- lampu senja brakelamp T10 merah
- lampu mundur T16
Alphard 2012 - lampu LED.jpg
(modif yg lumayan bikin color temp di malam hari terkesan modern meski mobil lawas)

- lampu senja headlamp T10
- lampu foglamp H11
- lampu hi-beam HB3
- lampu lo-beam (projector HID, bohlam DS4) > sayangnya udah diganti LED cungko sama user sblmnya, mau jajan ballast OEM + bohlam DS4 lumayan juga atau nekat retrofit Bi-LED aftermarket dengan bobok2 headlamp mengandalkan skill teknisi lampu retrofit


Jajan Kedua:
- pasang setir ANH20 Premium Sound Rp4 juta
> cruise control
> bluetooth telephony
> pasang + coding cruise control di Up JDM Garage, Kelapa Gading - Rp1,5 jt
Alphard 2012 - setir Premium Sound.jpg
(lumayan sih nih, utamanya Cruise Control krn emang niat utk road trip tol Jawa)

Jajan Ketiga:
- Inti Speed Jl. Raya Bogor - Rp1,2 jt
> injector cleaning bypass cairan ke fuel rail
> ganti gasket Catalytic Converter to Centre Pipe
> ganti gasket Exhaust Manifold
(service ini krn ada bunyi kretek2 pas lagi idle masuk ke R atau D yg dari analisa mekanik home service dari area gasket besi beradu, untungnya tidak terdengar dari CVT, yg mana pas ganti filter CVT, gram2 besi di 3 magnet di carter CVT tidak terlalu banyak)

- service sliding door (ganti dinamo actuator) di spesialis Nissan Jl. Raya Bogor - Rp600 rb (eh tapi ternyata motor PSD yang udah rusak juga) jadi sia-sia deh service Actuator, jajan PSD bisa sampe 11 jt jadi skip lah, saat ini cukup content dengan sliding manual aja gpp, yg penting vacuum masih fungsi normal

non-jajan:
- dapet lungsuran tuas matic Premium Sound 2009 (ada wood panelnya)
- dapet lungsuran Power Window Switch merk Becker (led nya emang beda sama ori, mirip kayak Kijang SGX tahun 1995 punya bokap)
- dapet pinjeman velg Premium Sound 2009 R17 + ban 215/60 R17 GT Radial Savero SUV
Alphard 2012 - velg Premium Sound 2009.jpg
(hoki punya kawan meliara ANH20 juga tapi doyan modif, jadi bisa dapet lungsuran velg OEM dengan ban anyar, minimal emang kudu pake R17 dengan profile diatas, paling cakep ya tentu trim S dgn profil ban 235/50 R18 yaa)

dari hasil riset:
- oli 5W-30 atau kalau nekat mau encer 0W-20 (ini kayaknya next OCI mau coba 0W-20 sambil cek penguapannya compare sama 5W-30)
- CVT-F type FE (belum cek yg comply apa aja, asumsi Aisin CFT-V CFEx comply krn CVT nya juga buatan Aisin)
- kompresi 9,8:1 harusnya cukup pake RON 90, saat ini lagi coba full to full Vivo 95, next kalau gak Vivo 90 di weekend atau cukup Pertalite sulfur 500 ppm murmercrot aja buat weekdays jemput anak jadi genset

common issue:
- check engine nyala + VSC Off kedap kedip, udah 3x coba reset scan gak berhasil, sementara bisa hilang ketika copot Catalytic harus lepas O2 Sensor di Exhaust Manifold, mudah2an gak muncul lagi
- balancer shaft di atas 100 rb km biasanya udah bikin suara krrrkkk krrkkk saat masuk R atau D > estimasi di Rp4 juta sudah termasuk jasa
- weather strip / pelipit sudah minta jajan
- karet2 pintu mulai getas / robek
(ini yg emang jadi budget concern utk meliara unit CBU harga miring, jajannya ya mayan tapi harusnya ini slow moving parts sehingga jajan sekali ya bisa tahan 5-8 tahun)

penggunaan 2 minggu:
- konsumsi bensin macet dalkot jadi genset di MID 1:5
- konsumsi bensin tol cruising 90-100 km/h di MID 1:14
- konsumsi bensin extra urban saat ini di MID 1:8,6

hasil full to full:
- isi full RON95 di Vivo Pasteur
Alphard 2012 - Vivo Bandung.jpg
(ternyata overkill pake RON95, gpp lah ngincer fuel system cleaning aja dulu pake bensin sulfur mudah2an under 50 ppm, gak kayak Pertamax yg mirip2 kayak Pertalite kandungan sulfurnya 500 ppm)

- muter2 bandung
- tol turunan Bandung - Jakarta + cruising santai di MBZ 100 km/jam
- dalkot macet2 Jakarta jadi genset jemput anak
tripmeter 380 km
isi sampe luber di 39 liter RON90 di Vivo Pancoran = 1:9.7 untuk rute di atas


verdict:
- DC kurang lebih Rp186 juta-an, PKB Jakarta non-progresif per tahun Rp5 jt, asuransi all risk per tahun Rp5 jt
(dan krn tahun 2012 masih bisa "sekolah" buat sy yg masih ngandelin financing utk beli mobil)

- mobil 12 tahun, trim terbawah, modif OEM plus
bini + 3 anak under 9 tahun duduk sangat nyaman & lega
(meski buat tinggi 175 cm keatas, berasa sih bedanya bench seat sama pilot seat)
panjang dudukan pantat secara kasat mata lebih pendek dibanding jok 2nd row Serena C26)
2nd row bench seat bisa jadi tempat tidur bini mangku anak usia 3 tahun & 6 tahun
3rd row bisa angkut 2 bedinde cukup nyaman, tinggal majuin 2nd row dikit aja tapi tetep lega di 2nd row
bagasi bisa bawa stroller & gembolan dengan lega + pulang dari mall masih bisa masukin belanjaan (tapi emang kalah sama C26 yg punya kompartemen tambahan di area bagasi) > ini krn area ini dipake Alphard buat naroh ban serep space saver, C26 tarohnya di area tengah

- mode ngangkut 5 pax, 2nd row luar biasa lega dengan dimundurin mentok, 3rd row juga masih masuk akal gak sempit2 bgt kayak SUV yg dipaksain punya 3rd row

- krn bench seat 2:1, gesekan antara bangku 2 seater + 1 seater apalagi udah pake faux leather mayan ganggu

- anak2 gak bisa leluasa pindah dari 2nd row ke 3rd row

- cukup 1 tuas utk majuin 1 seater / 2 seater guna akses ke 3rd row, ada juga tuas injekan kaki dari 3rd row kalau mau majuin bangku 2nd row

- unit 2012 non-facelift ini hanya ada MID yg masih sangat simple, dan hanya pake bahasa kanji jepang, hasil asumsi yg bisa diliat adalah:
range bensin
konsumsi km/l actual
konsumsi average km/l per reset manual pencet tombol display
konsumsi average km/l (kayaknya per reset copot aki)


semoga membantu yang lagi cari referensi family car.. :big_peace:
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by satriakarisma »

aduh cakep om, malah bagus tipe std gini. gak banyak elektrik aneh2
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by carlzeiss »

wah nice review om, akhirnya ada yg review alphard unik ini. Dulu lumayan kepikiran mau ambil yg tipe X ini tp yg non moonroof tp capt seat, harganya ekonomis sih tipe ini memang, tinggal ganti velg udah mirip sama tipe atasnya. Mesin sama durable, suspensi jg sama nikmat, cuman masalah dibensin aja sih kayanya agak nangis klo dipake tiap hari ke kantor di jakarta. Btw pintu psdnya rattling kriyet kriyet khas sliding door ga om ?

dulu saya pny freed udh kenyang bener dengerinnya, apakah berlaku jg di mobil premium kriyet psd
- yang kenceng kalah sama yang wet look
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

satriakarisma wrote: 03 Oct 2024, 17:09 aduh cakep om, malah bagus tipe std gini. gak banyak elektrik aneh2
elektriknya sih sama hampir sama om, krn dari temen yg punya Premium Sound kalau buat jok elektrik sih jarang trouble. Mungkin di lcd premium sound aja suka sun burn ya. Kalau modul juga kayaknya sih awet2 aja tuh, suara sih mantep banget 18 speaker gak bo'ong.

oia lupa tambahin, trim X ini belum power back door..
tapi ya kalau masuk hotel dibuka tutupnya sama security jadi sedikit lebih cepet aja sih
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

carlzeiss wrote: 03 Oct 2024, 17:34 wah nice review om, akhirnya ada yg review alphard unik ini. Dulu lumayan kepikiran mau ambil yg tipe X ini tp yg non moonroof tp capt seat, harganya ekonomis sih tipe ini memang, tinggal ganti velg udah mirip sama tipe atasnya. Mesin sama durable, suspensi jg sama nikmat, cuman masalah dibensin aja sih kayanya agak nangis klo dipake tiap hari ke kantor di jakarta. Btw pintu psdnya rattling kriyet kriyet khas sliding door ga om ?

dulu saya pny freed udh kenyang bener dengerinnya, apakah berlaku jg di mobil premium kriyet psd
awal2 ada rattle kirain dari PSD, gak taunya dari moonroof belakang, solusi saat ini dibersihkan frame sunroof lalu semprot silicon spray, so far trouble shooting berhasil.

cuman ya emang sih dapet unit PSD kanan ternyata udah rusak, saat ini sih ya udah lah buka tutup manual aja, yg penting vacuum jalan buat mastiin ketutup. (dan yg utama itu modul PSD ampun mehong bener, mentok2 manfaatin yahoo auction aja deh tapi ya untung2an juga kalo dapet parts masih ok)

betul feel bawanya ya mirip2 aja sama trim-trim diatasnya, dapet unit juga kaki-kaki masih cukup adem, apalagi dapet lungsuran ban anyar mayan membantu banget, krn udah compare bawa ke Jagorawi ban bawaan produksi 2020 yg udah mulai mepet ke Treadwear Indicator dan minggu depannya pake ban lungsuran produksi 2023 akhir & baru dipake gelinding under 500 km.

bensin kalau banyak tol dan bukan karyawan 9-to-5 sih mungkin masih ok om, tapi kalau macet jakarta sih bisa 1:5. untungnya sih spec kompresi emang aman utk RON90 dan berhasil juga sy daftar QR codenya. meski emang ini mobil rencana cuman jemput anak sekolah (PP under 4 km) dan weekend ke arah Ciawi aja (sehari2 hindarin macet & bayar parkir dgn pake LRT)
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by MSU »

odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4772
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by Pboyz97 »

nice review om

alphard ini memang gen favorit saya. desainnya keliatan timeless & ga kemakan jaman. walaupun desain interiornya udh agak keliatan outdated, tp exteriornya kalo disandingin sm yg gen 3 even gen 4 sekalipun ngga berasa tua samsek + kalo ambil yg IU versinya cukup banyak + beda fiturnya jg lumayan banyak sm versi ATPM setau saya. salah 1 wishlist saya juga dulu pas lg nyari mobil pintu geser agar ibu & nenek saya gampang masuk karena sliding door. tp berhubung keluarga saya mau yg worry free jdnya ambil voxy baru tahun lalu yg masih dipake sampe skrg hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

MSU wrote: 04 Oct 2024, 08:48 odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...

iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

Pboyz97 wrote: 04 Oct 2024, 09:01 nice review om

alphard ini memang gen favorit saya. desainnya keliatan timeless & ga kemakan jaman. walaupun desain interiornya udh agak keliatan outdated, tp exteriornya kalo disandingin sm yg gen 3 even gen 4 sekalipun ngga berasa tua samsek + kalo ambil yg IU versinya cukup banyak + beda fiturnya jg lumayan banyak sm versi ATPM setau saya. salah 1 wishlist saya juga dulu pas lg nyari mobil pintu geser agar ibu & nenek saya gampang masuk karena sliding door. tp berhubung keluarga saya mau yg worry free jdnya ambil voxy baru tahun lalu yg masih dipake sampe skrg hehe
sama nyonya sih pas GIIAS udah test drive C28 (biar worry free), tapi pas tau harga, PKB tahunan, & cicilan mundur teratur om :ungg:

so far content sesuai budget & manfaatin networking + internet utk bebenah mobil "remaja" 12 tahun ini
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1650
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by lemonadelovers »

alphard 3.5G ATPM velgnya jg kayak gini :big_peace:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
Eco Mode
DDiS 1.3 by Fiat Multijet
1NR-VE
K10C
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by MSU »

alim ulama wrote: 04 Oct 2024, 09:34
MSU wrote: 04 Oct 2024, 08:48 odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...

iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
noted om...berarti ni penyakit alphard & camry ya..
mungkin solusi terjangkau-nya dibungkus kulit
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by Andhyka »

alim ulama wrote: 04 Oct 2024, 09:34
MSU wrote: 04 Oct 2024, 08:48 odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...

iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
Solusi paling gampang dikasih talc powder atau bubuk bedak bayi. Senyawa bubuk itu akan mengikat dengan melted dashboard terus tidak lengket lagi. Setelah ditaburkan, tunggu beberapa jam terus usapkan dengan microfiber basah.

Solusi lainnya yang bisa dicoba pakai sodium bicarbonat atau baking soda yg dicampur air.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by satriakarisma »

Dari satu kalimat nya, ini masih bisa dicicil ya om kl di leasing? sama pkb berapaan / tahun Om?
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1345
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by krniawnhdr »

btw engine mounting, shockbreaker+support shock, link stabilizer, bushing2, tie rod, racksteer, masih aman semua kah om kondisi? apa sudah pernah diganti dari user sebelumnya atau masih ori dari 2012?
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

lemonadelovers wrote: 04 Oct 2024, 09:57 alphard 3.5G ATPM velgnya jg kayak gini :big_peace:
tadinya mau ambil ini, eh nemu ada yg jual trim X jauh lebih murah + hoki dapet lungsuran velg + ban

kalau 3.5 V6 sih asoy ya om bawa body gambot ini :big_okay:
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

MSU wrote: 04 Oct 2024, 11:37
alim ulama wrote: 04 Oct 2024, 09:34
MSU wrote: 04 Oct 2024, 08:48 odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...

iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
noted om...berarti ni penyakit alphard & camry ya..
mungkin solusi terjangkau-nya dibungkus kulit
repair / restorasi sekitar 2-3 jt an om

mulai yg bisa home service sampe yg udah punya nama ada workshop, yg lagi ngincer di RR Restorasi BSD
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

Andhyka wrote: 04 Oct 2024, 15:07
alim ulama wrote: 04 Oct 2024, 09:34
MSU wrote: 04 Oct 2024, 08:48 odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...

iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
Solusi paling gampang dikasih talc powder atau bubuk bedak bayi. Senyawa bubuk itu akan mengikat dengan melted dashboard terus tidak lengket lagi. Setelah ditaburkan, tunggu beberapa jam terus usapkan dengan microfiber basah.

Solusi lainnya yang bisa dicoba pakai sodium bicarbonat atau baking soda yg dicampur air.
nice info om, nanti coba jajal...

ekses baby talc nya apa jadi putih2 atau itu yg perlu dilap dengan MF lembab?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

satriakarisma wrote: 04 Oct 2024, 15:24 Dari satu kalimat nya, ini masih bisa dicicil ya om kl di leasing? sama pkb berapaan / tahun Om?
yes, utk 2012 sama lembaga pembiayaan tier B masih bisa om
tadinya ngincer yg 2008 agar PKB 3 jt doang, cuman kudu sama tier C yg mana bunga makin gak karuan

kalau tier A macam BCA Finance / Mandiri Tunas Finance / Adira dll refinance min di 2018 terakhir chat sama RM nya

untuk NJKB 2024 di 263 jt, PKB 2024 kena di Rp5,523 jt non-progresif Jakarta
kebetulan mobil nyonya pake COP jadi STNK masih nama PT, walhasil ANH20 hoki deh keitung mobil ke-1
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

krniawnhdr wrote: 04 Oct 2024, 15:45 btw engine mounting, shockbreaker+support shock, link stabilizer, bushing2, tie rod, racksteer, masih aman semua kah om kondisi? apa sudah pernah diganti dari user sebelumnya atau masih ori dari 2012?
blm cek keseluruhan, tapi dari dipake minggu ke-3 ini masih adem sih, mudah2an masih lama sampe perlu jajan...

kalau cek record di 2021 odo 90 rb an sih terakhir cuman flushing CVT-F type FE aja di Plaza Toyota
setelah itu kayaknya udah pindah tangan & perawatan di bengkel umum jadi gak ada record yg rapih
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: 11 Jan 2016, 12:09

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by mastom »

mantap om, dulu sempet kepikiran alpardh remaja ini, cuman di pikir2 nyonya refot nyetir body besar, jd ngambil voxy yg lebih ramping, dan panjang
tapi kenyamaan dan kelegaan gak bohong dah klo alphard nih,

harganya pun dah mantaps, drpd beli yg sejuta umat, untuk urusan nyaman dan menikmati idup
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7594
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by newrubble »

mobil bginian kalo salah ambil bukan resiko ancur mekanikal / elektrikal / kakikaki ... tapi ex mobil mayat (banyak loh yg ga ubah bpkb saat bertugas krn mrk beli nya juga bekas) ... sy ada kenalan yg pas sy tunjukin unit dia bekas fleet anter mayat baru percaya (odo wkt dia beli skitar 97ribuan)
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

mastom wrote: 06 Oct 2024, 15:57 mantap om, dulu sempet kepikiran alpardh remaja ini, cuman di pikir2 nyonya refot nyetir body besar, jd ngambil voxy yg lebih ramping, dan panjang
tapi kenyamaan dan kelegaan gak bohong dah klo alphard nih,

harganya pun dah mantaps, drpd beli yg sejuta umat, untuk urusan nyaman dan menikmati idup
Betul om, buat yg blm bisa nebus brand new C28 / R90 atau bahkan ANH20 facelift mint condition yg extra kempling low odo, ada opsi bekas seperti ini sih sangat menarik buat yg butuh bawa 3 anak kayak saya 😁😁

Hasil review di minggu ke-3, abis full tank Vivo 90
Pemakaian dalkot macet pake banget di MID after reset 1:5 gelinding kurang lebih 80 km
Weekend tol Jagorawi + nanjak2 dikit di MID after reset 1:12 gelinding kurang lebih 140 km

Rute kombinasi tadi isi full lagi, tripmeter 220 km butuh 30 liter sampe luber atau sekitar 1:7,3

Lumayan mirip sama angka di display MID ketiga yg pas cek pake App Translate = Fuel Consumption Average after Refueling = 7,6 km/l
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

viewtopic.php?p=1308738#p1308738

postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 952
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by azu »

alim ulama wrote: 09 Oct 2024, 12:02 viewtopic.php?p=1308738#p1308738

postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
Bisa cek disini om utk spek fluida ANH20 https://toyota-club.net/files/techdata/ ... ard_20.htm
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift

Post by alim ulama »

azu wrote: 09 Oct 2024, 12:23
alim ulama wrote: 09 Oct 2024, 12:02 viewtopic.php?p=1308738#p1308738

postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
Bisa cek disini om utk spek fluida ANH20 https://toyota-club.net/files/techdata/ ... ard_20.htm
wah mantep referensinya om, thank you. barusan cek di kitab ternyata aman pake 0W-20 API SM

jadi 0W-20 API SN aja juga udah comply harusnya, Pertamina Fastron Gold khan juga udah sampe API SP.
next OCI nanti akan info hasil penguapan (if any) seperti apa.

kmrn baru install HU Android, selama install pas setting2, mobil nyala idle sekitar 45-60 menit. dari 1:5,5 km/l di after refueling avg consumption, langsung drop jadi 4,4 km/l :mky_07:
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post