Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
JikalauBuggy
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 06 Apr 2023, 09:40
Daily Vehicle: Altis Hybrid 2022

Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by JikalauBuggy »

Selamat pagi, siang atau sore rekan-rekan SM'ers :big_grin:

Saya sebetulnya sudah lama berkelana dalam forum SM ini sebagai silent reader dan banyak sekali ilmu-ilmu bermanfaat yang saya dapatkan dari forum ini. Nah berhubung ada kesempatan dan juga waktu untuk menulis, disini saya ingin menuliskan review saya tentang mobil yang saat ini menjadi kuda besi untuk kedua orang tua saya dimasa pensiunnya, Sebuah Mercedes Benz S320 W220 tahun 2001 long wheelbase. Selamat menikmati :big_comfort:

Background Story
bersama alphard.jpeg
Sebagai seorang pecinta mercy dari kecil, ayah saya sudah memiliki beberapa kali pengalaman memelihara mobil yang berasal dari jerman ini. Beberapa tipe mercy yang pernah ayah saya miliki sendiri antara lain w123 Mercy tiger 200e manual yang diconvert Matic, w124 e220 Masterpiece M/T yang juga diconvert menjadi matic (ayah saya memang tidak terlalu suka mercy manual, jadi ayah saya memilih untuk convert daripada beli baru :big_childish: ), w124 E320 Automatic dari lahir (non masterpiece/sportline), w202 C180 M/T tahun 1994 (dibeli karena kondisi mobil sangat pristine dan km baru 20.000, tapi akhirnya dijual untung :big_love: ) dan terakhir w212 e250 avantgarde Facelift 2014. Tadinya, w212 facelift itu rencananya akan menjadi mercy terakhir yang beliau beli untuk menikmati masa tuanya. Sampai akhirnya waktu beliau iseng buka facebook, muncul iklan mobil w220 s320L ini dan membuat ayah saya tertarik. Berhubung ayah saya adalah seorang pemberani yang memiliki prinsip "lebih baik menyesal beli daripada tidak beli", akhirnya sampailah mobil ini di depan rumah saya dengan harga deal sekitar Rp.100 juta kecil (tanpa izin ibu saya tentunya :big_peace: )

The Car Details
side profile.jpeg
Lanjut ke mobilnya, waktu dibeli pada tahub 2022 awal, mobil ini odometernya cenderung rendah untuk mobil keluaran tahun 2001 yaitu 29.000 KM. Berdasarkan cerita penjualnya, mobil ini dulu dimiliki oleh orang kaya yang sudah meninggal karena usia tua, sehingga mobil ini tidak keluar garasi kurang lebih 2 tahun (lama banget hahaha). Kalau saya biasanya senang ketika mendapatkan mobil ber odo rendah, jujur waktu saya ambil mobil ini saya agak deg-degan. Mercy ini dibuat ketika mercedes berada di naungan diamler dan konon katanya, diamler melakukan banyak sekali penghematan termasuk pada build qualitynya, padahal sebelum ini mercy dikenal dengan kualitas yang "overengineered" namun tetap mewah.

Dugaan saya ternyata benar, mobil ini memiliki segudang peer yang siap untuk memangsa isi dompet anda dengan cepat dan tidak terasa :big_dunno: . Beberapa peer yang waktu itu harus dibereskan secepatnya antara lain:
  1. Vacuum pintu mobil yang waktu dibeli, hanya pintu kanan yang bekerja
  • perintilan interior seperti laci bawah jok ada yang copot
  • Ban yang umurnya sudah lebih dari 10 tahun
  • Beberapa part mesin, cairan, filter dan aki
  • Kaki kaki (ini yang bikin deg2an)
  • Karet-karet mobil
  • Kunci mobil cuma satu, jadi harus bikin satu lagi
  • Beberapa peer lainnya yang saya lupa detailnya, nanti kalau inget dan sempet akan saya coba update di thread ini hehe
Setelah dibawa ke montir andalan yang sudah merawat berbagai mobil mercy keluarga saya dari tahun 2007, mobil akhirnya beres dengan biaya kurang lebih Rp. 70 jutaan. Setelah selesai di "belai" oleh montir tersebut, mobil kemudian dibawa ke magelang (rumah "pensiun" orang tua saya) dari jakarta dan ternyata mobil ini benar-benar pantas untuk menyandang kasta "sonderklasse" karena mobil ini betul-betul luar biasa nyaman dan fitur-fitur mobil ini juga ahead of its time pada masanya.

Exterior: Not for Everyone
side profile.jpeg
front look.jpeg
Sebetulnya, tampilan mobil ini bukan tampilan mobil yang terlalu kontroversial seperti nissan juke atau Fiat Multipla, tapi ketika dibandingkan dengan pendahulunya (w140), banyak yang bilang bahwa mobil ini bentuknya tidak menggambarkan aura mewah atau "diktator". Namun, menurut saya mobil ini tampilannya masih oke, terutama jika dilihat dari sisi samping yang merupakan sisi terbaiknya. Bentuknya yang membulat mengesankan desain yang "timeless" dan garis bodynya menggambarkan kesan yang gagah. Bentuk belakangnya juga keren dan mewah menurut saya dengan lampu belakang besar tanpa aksen yang berlebihan. Kalau dari depan, mobil ini memang terkesan biasa saja, tidak lebih baik dari W211 yang merupakan kelas dibawahnya. Tapi secara Overall, mobil ini masih tetap berkesan mewah dan entah kenapa, menurut saya mobil yang dibuat pada tahun 2000an dengan kelir silver kesan "plaza senayan"nya sangat terasa.

Interior: Luxury & Technology Inside
interior.jpeg
Masuk ke interior, ini adalah bagian yang paling saya sukai. Dashboard yang besar tapi tidak panjang seperti mobil-mobil honda jaman 2010an, sangat terasa mewah. Materialnya pun topnotch dengan seluruh dashboard dilapisi oleh soft pad material yang mahal, kulit dan wooden panel yang sangat terasa mewahnya. Suasana ketika masuk kedalam, saya merasa seperti berada di dalam rumah Pondok Indah tahun 90an -2000an awal yang mewah namun juga homy, bukan mewah dengan banyak lampu warna - warni seperti mobil zaman sekarang.

Fitur dimobil ini juga sangat luar biasa pada zamannya. Bahkan untuk standar hari ini, mobil ini juga masih advance apalagi unit saya ini merupakan unit importir umum. Kita mulai dari pengaturan A/C nya yang sampai saat ini saya masih suka bingung fungsinya bisa apa saja. A/C ini arah semburannya lengkap, suhu juga bisa disetel dari 14 derajat sampai ke 32 derajat (ada heater) dan 4 zone climate control. Lalu, untuk unit yang saya miliki ini juga dilengkapi dengan carphone yang masih berfungsi, automatic wiper, auto light, Keyless-Go, Sunroof, Electric Seat di row 1 dan 2, heater seat yang masih panas sekali ketika dinyalakan, ambient light warna amber yang benar-benar terasa mewah di malam hari dan kaca double glass yang benar-benar membuat mobil ini terasa sangaat kedap.

walaupun mobil keluarga saya ini termasuk "pristine", penurunan kualitas hasil dari asuhan diamler ini agak terasa jika dibandingkan dengan mobil mercy saya sebelum ini. Ada beberapa part plastik seperti plastik laci dibawah jok driver yang sudah mau copot dan lumbar support yang sudah tidak berfungsi lagi. Namun, untuk laci sudah saya reparasi dan bisa kembali seperti semula. Sedangkan untuk lumbar support, saya masih mencari bengkel mana yang mampu untuk menservis, karena info dari montir saya apabila dilakukan perbaikan bisa sampai Rp.20 Juta :big_cry:

Passenger & Driving Impression: Best Comfort
driving.jpeg
Banyak orang yang takut memelihara W220 karena suspensi Airmatic nya yang mahal. Menurut saya, suspensi tersebut berharga sangat mahal bukan tanpa alasan. Suspensi tersebut memang benar-benar memberikan kesan "Magic Carpet Ride" yang sangat nyaman. Bantingannya lembut, membuai namun juga tetap stabil pada saat bersamaan :big_exellent: . Bantingan tersebut juga didukung dengan kursi yang empuk berbalut kulit dan tidak asal empuk tapi ergonominya juga pas. Selain itu, kaca double glass juga memberikan andil besar dalam memberikan rasa "isolated" dari dunia luar, sehingga anda tidak akan mendengarkan hiruk pikuk orang-orang di dunia luar yang sedang panas-panasan mencari uang. "Main Character Energy" betul - betul terasa ketika anda berada didalam mobil ini :mky_01: .

Untuk driving impression, memang bukan hal terbaik yang bisa anda dapatkan dari mobil ini. Mesinnya 3200cc M112 dengan konfigurasi V6 yang halus dan dilengkapi dengan transmisi 5 speed automatic 5G Tronic yang menyalurkan tenaga dengan lembut. Bukan buruk, tapi mobil ini tidak terasa "buas" sekalipun pedalnya kita injak sampai mentok. Figurnya sebetulnya tidak buruk, 0-100 dapat dicapai dalam 8 detikan. Namun, feelnya tidak terasa buas sama sekali. But who cares? :big_grin: . If u looking for something fast and fun, this car is definitely not it.

Selama Pemakaian, mobil ini hanya pernah rewel 1x pada Transmission modulenya yang membuat mobil stuck di gigi 4. Perbaikan habis sekitar 3 jutaan di salah satu bengkel spesialis mercy di jogja dan masih berfungsi sangat baik sampai saat ini :big_exellent: . Reliability engine mobil dan kaki-kaki mobil ini sebetulnya tidak buruk-buruk amat, asalkan mobil dipakai dan airsuspensi dinaikan 3x seminggu agar balonnya tidak kaku.

Untuk konsumsi bensin, surprisingly mobil ini tidak lebih boros dibandingkan dengan alphard G tahun 2013 saya yang sama-sama memiliki konsumsi bensin 1:7 untuk dalam kota. Sedangkan untuk luar kota, mobil ini masih sanggup meraih konsumsi BBM sekitar 1:11 (jakarta-Bawen via tol). Impresif untuk mobil yang berukuran besar, berbobot hampir dua ton dan produksi tahun 2001 :big_exellent: . Untuk BBM, saya selalu menggunakan pertamax 92 dan dengan kapasitas tangki 80 liter lebih, sekali isi bensin bisa sampai 1jt an apabila kondisi bensin benar-benar sudah habis. :big_grin:

Conclusion
Sampai pada kesimpulan, apakah mobil ini worth it untuk dimiliki? jawabannya adalah Iya apabila anda memiliki budgetnya dan mampu untuk merawatnya sebagai sebuah mobil mewah, bukan sebagai mobil tua yang anjlok harganya. Overall, ayah dan ibu saya benar-benar puas memakai mobil ini untuk wara wiri di magelang dan selama dua tahun pemakaian odometernya sudah bertambah kurang lebih sekitar 15.000 KM :big_peace: .


Terima kasih pembaca Forum sudah mau membaca thread yang saya buat. Semoga bisa membuka cakrawala dan memberikan manfaat bagi para SM'ers. Mohon maaf apabila ada salah kata dan terima kasih semuanya :big_exellent:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4683
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by Pboyz97 »

nice review om

w220 ini emg denger2 termasuk gen s class yg "kurang reliable" dibanding gen sblmnya or setelahnya. serta punya desain yg entah knp ga sebagus w140 atau w221 , tp disisi lain punya fitur & kenyamanan yg sangat baik di masanya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
JikalauBuggy
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 06 Apr 2023, 09:40
Daily Vehicle: Altis Hybrid 2022

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by JikalauBuggy »

Pboyz97 wrote: ↑27 Jun 2024, 23:22 nice review om

w220 ini emg denger2 termasuk gen s class yg "kurang reliable" dibanding gen sblmnya or setelahnya. serta punya desain yg entah knp ga sebagus w140 atau w221 , tp disisi lain punya fitur & kenyamanan yg sangat baik di masanya
Setuju om, untuk desain memang tidak se ikonik kakak ataupun adiknya, tapi untuk reliability selama pemakaian saya tidak seburuk yang dikatakan orang-orang kok hahaha. :big_grin: . Memang mindset orang aja om yang harus diubah mengingat harga mobil ini sekarang saya liat di marketplace ada yang jual under 100, jd banyak yg sanggup beli tapi ga sanggup merawat akhirnya banyak diakalin dan jd rewel :big_cry:
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: 10 Oct 2017, 19:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by kemalmakbar »

Superb review, om. W220 sebenarnya punya desain yang cukup oke di mata saya, tapi saya merasa masih lebih keren W221 eksteriornya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by ChZ »

W220 ini ntah kenapa sekarang cukup favorit jadi mobil koleksi orang. mungkin karena populasi W140 gak terlalu banyak kali ya. enaknya si parts pasti berlimpah bgt.

saya pernah nyetir yang S500 V8 mobil edan sih itu lari 100 dalem kota aja gak berasa wkwkkwkwkw. kalo dibejek pedalnya ada vacuumnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
JikalauBuggy
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 06 Apr 2023, 09:40
Daily Vehicle: Altis Hybrid 2022

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by JikalauBuggy »

kemalmakbar wrote: ↑28 Jun 2024, 09:16 Superb review, om. W220 sebenarnya punya desain yang cukup oke di mata saya, tapi saya merasa masih lebih keren W221 eksteriornya
Ahahaha bener om, w221 emang kalau dari exteriornya gagah bgt apalagi mobil tersebut digunakan sebagai mobil presiden juga jadi auranya memang "penguasa" banget :big_smoking:
ChZ wrote: ↑28 Jun 2024, 09:44 W220 ini ntah kenapa sekarang cukup favorit jadi mobil koleksi orang. mungkin karena populasi W140 gak terlalu banyak kali ya. enaknya si parts pasti berlimpah bgt.

saya pernah nyetir yang S500 V8 mobil edan sih itu lari 100 dalem kota aja gak berasa wkwkkwkwkw. kalo dibejek pedalnya ada vacuumnya.
Wahh ada panutan saya bro ChZ :big_comfort:

Kalau untuk populasi sebetulnya w140 banyak juga bro, tapi harganya udah mahal bgt karena mobil itu selain peminatnya banyak, kebanyakan unit bagusnya sudah berakhir ditangan pedagang2 ig yang kadang kalau ngasih harga suka ga masuk akal :big_cry: . Kalau w220 ini masih banyak unitnya yang dipegang oleh pemilik langsung, jadi harganya make sense tapi unit yg seger dan terawat itu bagai cari jarum dalam jerami susah bgt :big_dunno:

Btw e39 apa kabar bro? Hahaha saya nunggu updateannya nih karena lg menimbang2 untuk ambil 530i 😝
Last edited by JikalauBuggy on 28 Jun 2024, 12:08, edited 1 time in total.
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by faizzz »

Ketika Mercedes masih jadi the "best", sebelum menjadi "nothing" hihihi
JikalauBuggy
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 06 Apr 2023, 09:40
Daily Vehicle: Altis Hybrid 2022

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by JikalauBuggy »

faizzz wrote: ↑28 Jun 2024, 11:40 Ketika Mercedes masih jadi the "best", sebelum menjadi "nothing" hihihi
Hahahaha betul om, mercedes makin kesini bentuknya makin gitu2 aja. Bahkan w205 dan w206 aja bentuknya gaada perubahan yg wow :big_think:
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 25 Jun 2018, 13:57

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by Devourer »

Nice review om, jujur w220 ini sempet bikin galau jg liat di pasaran harganya menarik
buat gantiin w124 e320 ane.

dari orang bengkel ane jg denger w220 ktnya airsus jg mulai lbh reasonable ato bs ganti non airsus jg .

masih ngidam sonderklasse moga2 kesampean punya :mky_01:
JikalauBuggy
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 06 Apr 2023, 09:40
Daily Vehicle: Altis Hybrid 2022

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by JikalauBuggy »

Devourer wrote: ↑28 Jun 2024, 12:42 Nice review om, jujur w220 ini sempet bikin galau jg liat di pasaran harganya menarik
buat gantiin w124 e320 ane.

dari orang bengkel ane jg denger w220 ktnya airsus jg mulai lbh reasonable ato bs ganti non airsus jg .

masih ngidam sonderklasse moga2 kesampean punya :mky_01:
aamin om, semoga bisa cepet kesampean. kalau untuk ride quality, upgrade dari w124 ke w220 ini rasanya bakalan jauh bgt sih om. :big_exellent:

infonya emang sudah ada beberapa parts airsus yang made in china, tapi biasanya 2 tahun modar om. Tapi tetep masih harus di confirm lagi kalau ada yang pernah pakai, soalnya kalau mobil saya airsusnya masih bawaan :big_grin:
Last edited by JikalauBuggy on 28 Jun 2024, 15:56, edited 1 time in total.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2724
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by farizfsa »

Masih punya w220 s600 sebiji lagi di kampak

Dibandingin w221 dan w140, w220 ini paling lincah dan agile. Body kerasa paling ringan. Bawa sendiri masih oke karena body nya lumayan slim dibanding w221 dan w140.

Kl mau w220 bisa consider s500-s350 facelift model. S600 nya ada beberapa yg 2003 keatas. Tp kayanya berlebihan dgn torsi 1000nm.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by pradit_d »

Sempet naksir jg yg swb nya, tapi kyknya cuman ada di s280 ya? Klo biaya restorasi airmatic nya brp ya? Bbrp kali nemu ada yg jual, unitnya bermasalah di bagian itu n ga diperbaiki
:big_peace:
JikalauBuggy
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 06 Apr 2023, 09:40
Daily Vehicle: Altis Hybrid 2022

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by JikalauBuggy »

farizfsa wrote: ↑28 Jun 2024, 16:02 Masih punya w220 s600 sebiji lagi di kampak

Dibandingin w221 dan w140, w220 ini paling lincah dan agile. Body kerasa paling ringan. Bawa sendiri masih oke karena body nya lumayan slim dibanding w221 dan w140.

Kl mau w220 bisa consider s500-s350 facelift model. S600 nya ada beberapa yg 2003 keatas. Tp kayanya berlebihan dgn torsi 1000nm.
betull om setuju. serasa dimensi memang w220 ini lebih kecil juga dibandingkan dengan w140.

wahh s600 one of a kind bgt itu om di indonesia dengan mesin v12 nya :big_love: . Ga dibangkitin ajaa om?? hahahah
pradit_d wrote: ↑29 Jun 2024, 08:25 Sempet naksir jg yg swb nya, tapi kyknya cuman ada di s280 ya? Klo biaya restorasi airmatic nya brp ya? Bbrp kali nemu ada yg jual, unitnya bermasalah di bagian itu n ga diperbaiki
kalau untuk harga pastinya jujur saya kurang tau om. tapi isu2nya bisa diangka 30 jutaan untuk depan aja atau belakang aja. Untuk unit saya ini yg pernah diganti cuma balonnya aja, jadi ga semahal ituu. itupun hanya yang depan sajaa :big_peace:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2724
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by farizfsa »

JikalauBuggy wrote: ↑01 Jul 2024, 16:08
farizfsa wrote: ↑28 Jun 2024, 16:02 Masih punya w220 s600 sebiji lagi di kampak

Dibandingin w221 dan w140, w220 ini paling lincah dan agile. Body kerasa paling ringan. Bawa sendiri masih oke karena body nya lumayan slim dibanding w221 dan w140.

Kl mau w220 bisa consider s500-s350 facelift model. S600 nya ada beberapa yg 2003 keatas. Tp kayanya berlebihan dgn torsi 1000nm.
betull om setuju. serasa dimensi memang w220 ini lebih kecil juga dibandingkan dengan w140.

wahh s600 one of a kind bgt itu om di indonesia dengan mesin v12 nya :big_love: . Ga dibangkitin ajaa om?? hahahah
pradit_d wrote: ↑29 Jun 2024, 08:25 Sempet naksir jg yg swb nya, tapi kyknya cuman ada di s280 ya? Klo biaya restorasi airmatic nya brp ya? Bbrp kali nemu ada yg jual, unitnya bermasalah di bagian itu n ga diperbaiki
kalau untuk harga pastinya jujur saya kurang tau om. tapi isu2nya bisa diangka 30 jutaan untuk depan aja atau belakang aja. Untuk unit saya ini yg pernah diganti cuma balonnya aja, jadi ga semahal ituu. itupun hanya yang depan sajaa :big_peace:
haha udh ga napsu benerin S600, semua barang nya harganya berkali2 lipat S320 S500, waterpump 9 juta, koil harus lgs ganti 6 meski misfire 1, suspensi bukan airsus tp hidrolik, 1 sisi 39 jt hahaha.

tp halusnya V12 dan suara stater awal memang sesuatu yg beda sih.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mercedes Benz S320 Long Wheel Base (W220): "Best or Nothing

Post by ChZ »

JikalauBuggy wrote: ↑28 Jun 2024, 10:53
Wahh ada panutan saya bro ChZ :big_comfort:

Kalau untuk populasi sebetulnya w140 banyak juga bro, tapi harganya udah mahal bgt karena mobil itu selain peminatnya banyak, kebanyakan unit bagusnya sudah berakhir ditangan pedagang2 ig yang kadang kalau ngasih harga suka ga masuk akal :big_cry: . Kalau w220 ini masih banyak unitnya yang dipegang oleh pemilik langsung, jadi harganya make sense tapi unit yg seger dan terawat itu bagai cari jarum dalam jerami susah bgt :big_dunno:

Btw e39 apa kabar bro? Hahaha saya nunggu updateannya nih karena lg menimbang2 untuk ambil 530i 😝
hahaha w140 lebih goreng-able om keknya :ungg: sama kek kasus boxer ma new eyes malah kadang bisa mahalan boxer apalagi MP.

E39 lagi baek baek om, terakhir joknya berulah dikit tapi modal recline dimentokin udah normal lagi :mky_07:

maren di grup E39 ada yang nawarin 530i neh om.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post