2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

"Mobil apa yang paling sempurna?”

Pertanyaan ini pasti relatif buat setiap orang. Tapi kalau ditujukan ke saya, nggak ada yang lebih sempurna daripada Honda Civic, especially Civic Hatchback FK4 yang jadi daily beater saya. Di 2017 saya punya pemikiran apa iya Honda bisa melahirkan lagi mobil yang lebih bagus dari ini ? Pertanyaan ini disertai rasa khawatir akan apa yang terjadi di Civic FD ke FB akan terulang kembali, karena dulu feeling saya FD itu seperti mobil yang effort rancang bangunnya maksimal, FB itu hanya refinement sedikit di powertrain jadi lebih efficient, tapi sunatan di kualitas bahan (well karena Honda ga punya duit pasca krisis - tapi konsumen ga peduli lah soal ini, it is what it is).

Pertama kali Honda memperkenalkan Civic dengan Turbocharged engine - walau bukan pertama di kelasnya (ada Ford Focus EcoBoost yang gak lama langsung ATPMnya minggat), tapi performanya nggak main - main jadi yang terkencang di kelasnya walau banyak di under-estimate karena opsi CVT Transmission. Belum performa sasis dan steeringnya yang lompat cukup banyak dari gen sebelumnya dan practicality khas Honda.

Lalu 2021 menjadi masa akhir bakti generasi 10 (FK/FC) dari 2016. Diluncurkan gen 11 berkode body FE (FL untuk type hatchback yang nggak masuk kecuali type R nya). Evolusi dari FC ke FE itu sejujurnya nggak mengecewakan - banyak yang bilang FE itu bentuknya kebapak - bapakan, menurut saya nggak sih. Ya nggak salah juga soalnya bapak - bapak milenial sekarang juga mukanya pada baby face kan?

Agaknya Honda ini mungkin dapet cheat sheet waktu BMW ngerancang G20 yang basically F30 with more luxuries, karena FE secara garis besar seperti FC yang diberi banyak luxury trimming - secara konsep, mobilnya berubah jadi mature walau underneath punya powertrain yang hampir mirip. Trimming interior jadi mewah, pilihan warnanya jadi lebih premium (ya, siapa yang mau beli warna rallye red di civic harga 600 juta?), lebih luas, lebih panjang. Indonesia diberi 1 varian saja yaitu FE RS Sensing dengan price tag yang per 2024 ini di 600 sekian juta - yang sayangnya salesnya nggak berani janjiin diskon besar padahal saya expect kepala 3 gitu diskonnya, lagi lesu nih pasar.

Image

Lalu satu obrolan dengan sales yang sama waktu bokap beli FK4, akhirnya terjadwalkan untuk mencoba Civic FE. Ya, 2 tahun setelah diperkenalkan baru dapet karena mobilnya jarang banget dibawa untuk test drive.
IMG20240531141729.jpg
The Typical Clean-looking Modern Honda

Styling wise, nyaris nggak ada komplain untuk Civic FE ini. Saya cukup menikmati tampilan Honda - Honda yang baru sekarang ini yang lebih berkonsep clean looks dan menggunakan satu tarikan garis saja dari depan sampai belakang. Bentuknya sangat kontras dengan FK4 yang penuh garis - garis nabrak.
IMG_20240531_161514.jpg
Sayangnya unit yang digunakan berwarna hitam, saya berharap ini merah karena merah justru keliatan menonjol di jalanan. Ditambah velgnya berwarna hitam (yang banyak dikeluhkan orang) jadi malah bikin mobil ini nggak terlalu enak dilihat kalau warna hitam.
IMG20240531141751.jpg
Sepasang lampu belakangnya dulu pertama saya pikir agak terlalu over ukurannya, tapi setelah lihat aslinya ya memang menyesuaikan dengan body nya yang makin jumbo. Bawaan sudah dilengkapi ducktail dan mufflertip nya terekspos tapi rapi karena diberi coakan bumper di belakang, bukan maksa seperti FC yang rawan kepentok.
IMG_20240531_161602.jpg
Ban bawaan mobil ini sama dengan bawaan mobil saya dulu Yokohama Advan dB 215/55/17 yang pada unit test ini sudah habis alurnya wkwkwk. Odometer berjalannya sudah 50 ribu lebih dalam 2 tahun. Gila juga dipakenya.

Audi-esque feeling, and God Why Those Screens...

Di bagian interior saya cukup suka dengan permainan piano black finish yang nyatu dengan display AC digitalnya. Serba simple dan minimalis. Ventilasi AC bentuk honeycomb dengan pengatur semburan berupa knob kecil punya kesan unik - agak terinspirasi dari interior Audi masa kini.
IMG20240531141808.jpg
Image

Bahan - bahan juga sekilas kokoh dan solid, build qualitynya meningkat dari FC. Di FC konsol plastik tengahnya sangat mudah sekali goyang.

Yang saya nggak suka ada 2 hal : cluster meter dan layar besar di tengah.

Cluster meternya walau canggih dan interfacenya cukup baik, tapi saya selalu prefer analog. Ntah kenapa di tengah gempuran mobil China sekarang justru tampilan seperti ini bikin kelihatan agak kurang unik dibanding analog dial. Nggak ada urgensi juga mobil seperti ini pakai digital cluster toh sekenceng apa tachometernya lari. It’s just another econobox.

Yang kedua saya paham tren mobil sekarang dan ini untuk memudahkan fitur LaneWatch tapi saya tetep nggak nyaman dengan layar. Saya dulu memuji bagaimana Honda meletakkan layar di FK / FC tapi sekarang mereka malah ikut - ikutan meletakkannya di atas dashboard.

Tapi bagian terbaik dari interior ini adalah : KURSINYA.
IMG20240531141826.jpg
Lebih dari 50% impresi saya terhadap FE1 adalah soal kursinya. Bahan kursinya menggunakan fabric di tengah dan samping - sampingnya baru leather, dan bahannya adem sehingga punggung gak panas. Lalu pengaturannya bisa rebah - mungkin serebah BMW F30. Kaki bisa selonjor nyaris lurus. Saya awalnya hampir nggak percaya tapi begitu pulang terasa jok FK4 saya tinggi sekali, padahal FK4 saya sudah pakai lowering kit. Bayangin betapa rendahnya posisi duduk ini, bahkan di posisi terendah pun saya masih bisa dapet perfect view nggak rasa tenggelam jadi nyetir mobil ini rasanya pede dan safe.

A little bit of science : semakin rendah posisi duduk mobil itu semakin dekat dengan titik berat mobil, efeknya adalah jadi nggak terasa mabuk bawa mobilnya dan lebih bisa percaya diri karena kita bisa ngerasain perpindahan berat mobil. Makanya ini such a big deal untuk Civic FE.

Good Ol' Turbo Engine with Chassis Tweaks

FE1 punya drivetrain yang nyaris sama dengan FK / FC. Tapi mesin ini berkode L15BJ bukan L15B7. Ada perbedaan seperti penggunaan VTEC cam di exhaust sehingga power dasarnya naik dari 170hp (174ps) ke 175hp (177ps). Torsinya naik dari 220 Nm ke 240 Nm. Formula ini sama persis dengan yang digunakan di HR-V 1.5 Turbo. Dikawinkan dengan CVT.

Image

Tetapi highlight besar di FE1 ini bukan di mesinnya , justru di chassisnya. Kebiasaan Honda setiap berganti generasi di mobilnya adalah menambah chassis rigidity dan di Civic FE1 torsional rigidity bertambah 8%, bending rigidity bertambah 13%, wheelbase bertambah 1.4inch, track roda belakang bertambah 0.5inch, aluminium front subframe, bla bla bla …. intinya banyak (dan nggak bakal dibaca juga kan?). Intinya, Honda mengklaim mobil ini punya drivability yang lebih baik dan feel mengemudi yang lebih baik.

https://hondanews.com/en-US/releases/al ... y-features

Oh iya soal safety, fun fact nya FE1 Civic punya roof strength yang gak kaleng-kaleng. Peak force mencapai 21.869 lbs alias bisa menahan gaya hampir 10 ton! Berbanding versi sebelumnya yang “hanya” 15.829 lbs alias 7.1ton. Artinya banyak improvement yang memang terkait dengan chassis dan safety. For perspective, gaya sebesar itu sudah setara dengan Volvo XC60 yang 21.903 lbs yang katanya brand paling aman di dunia. Malah strength to weight ratio Honda Civic sebenarnya lebih bagus karena bobot Civic lebih ringan.

https://www.iihs.org/ratings/vehicle/ho ... f-strength

We know where all our money goes, I guess?

Lalu yang terpenting, how’s it drive?

Pertama untuk impresi power sebenarnya agak kurang relevan karena mobil saya sudah di remap. Tapi secara keseluruhan, experience bawanya nyaris sama. Di Civic sejujurnya selama ini tak pernah ada isu soal putaran bawah yang berat nggak seperti CR-V yang logika CVTnya berbeda dan turbo lebih besar. Jadi, dengan improvement di sisi exhaust VTEC ini jika di remap bisa potensi dapat kurva lebih enak dibanding Civic saya (om @iamwewe sudah ceritakan di threadnya sendiri). Sayang, mobil test ini hanya diisi RON92 dan di kota saya cuma ada pertamax nggak ada kerang atau matahari ijo.

Bagian paling berasa improve dari Civic FE adalah di sektor NVH. Walau menggunakan ban yang sudah jelek kembangannya, saya tetep ngerasa ini mobil NVHnya lebih baik dari Civic saya yang pake r18 direzza. Yang lucu kedua mobil kondisinya mirip odometer sama - sama di 50 ribuan jadi saya bisa bandingin ini bukan brand new cars yang bushingnya masih intact semua. Artinya even sudah di abuse begini kaki kakinya tetap senyap.

Bagian paling menarik dari Civic FE adalah handling. Kenapa saya highlight di chassis karena saya rasa kelebihan terbesar dari FK / FC ke FE adalah handlingnya. Penambahan bobot dan wheelbase di mobil ini jelas tidak membuat FE terkesan seperti mobil yang lebih agile. Bobot FE bertambah sekitar +- 40kg yang anggap saja 1 anak remaja dan wheelbase 1.4inch (3.5cm). Tetapi di sinilah semua engineering effort itu membuahkan hasil. FE1 just handles …. wonderfully. Flexing chassis nyaris tidak terasa, bodyroll minim, dan body mobil sepanjang ini seakan nurut saja waktu dibelokkan. Impresinya mirip seperti BMW seri-3 G20 yang bodynya melar tapi justru lebih terasa enak dibelokkan.

Ok downside nya, handlingnya lebih terasa serius, less playful seperti FK4 yang at times pantatnya bisa rada bergeser kalau dipaksa dengan power, tapi untuk grip run FE1 bisa jadi mobil yang lebih kencang di tikungan. Mobilnya lebih terasa secure di tikungan dan not to mention komunikasi setir yang lebih baik di FE sehingga kita lebih pede ngepush mobilnya. Lalu jangan lupa…. that very low driving position.

Intended for Luxury Car Platform ?

Hands down, FE1 secara formula adalah mobil yang lebih matang. Terlihat Honda masih sangat serius mengembangkan Civic sebagai salah satu produk andalan, malah mungkin ini menjadi langkah awal Honda menjadikan Civic platform sebagai luxury car platform karena secara dimensi dan rancang-bangun seperti lebih dekat ke luxury ketimbang economy car.

Personal taste aside, I enjoy FE as much as my FK. Yang mana sebenarnya ini agak membuat sedih dan dilematis karena setelah ini saya masih gelap melihat pengembangan produk Honda yang lebih berfokus pada Hybrid technology dan nggak ada rencana small cars with pure internal combustion engine.

Image

OK lah masih ada Civic Type R yang kayaknya masih lama juga akan pakai pure internal combustion, tapi entry barrier untuk Civic Type R saja tidak murah bahkan untuk level negara maju pada ngerasa kemahalan. Dan artinya, justru ini secara nggak langsung “membunuh” soul dari Honda yang selama ini jiwanya selalu membawa DNA motorsport ke jalan raya, the blue collar hero. Kalau Civic reguler dan type R dibuat seperti seolah dua makhluk berbeda lalu apa poinnya beli Civic dibanding pesaingnya khan? Malah Mazda3 masih pure internal combustion seluruh portfolionya.

Lalu pertanyaan penting lainnya,

will I trade my FK4 for FE1 ?
IMG20240531141725.jpg
Sejujurnya membaca spek teknis dan upgrades nya, lalu mencoba sendiri, saya agak kegocek. Ada beberapa sisi yang sulit didapat walau upgrade chassis FK4. kalaupun di upgrade, saya tidak akan dapet level kenyamanan yang sama. Mobilnya akan dapet feel berkendara yang sama tapi naikannya 2 kali lebih gerobak.

Tapi kalau perspektif di Indonesia, artinya saya harus nambah another 300 juta untuk beli FE1 yang secara fundamental sebenarnya nggak beda jauh banget. Ditambah, sekian mods yang sudah saya lakukan di FK4, rasanya agak bikin saya terlalu invested ke FK4.

Alasan lainnya adalah buat saya FE1 is just a quite complicated car. Saya menyukai vibes kabin simple di FK4 yang nggak banyak ornamen dan layar. This thing just works well dan lebih sesuai dengan selera pribadi saya yang gak suka mobil kebanyakan screens.

Tetapi don’t get me wrong. FE1 masih salah satu sedan terbaik yang ada di pasaran sekarang. I strongly recommend FE1 bagi yang ingin merasakan punya Civic atau mencari sedan. It’s just that good.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9950
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Suryaputra »

Nice Review, best di kelas nya emang. :big_exellent:


Unco upon a time

VOLVO: "Gw paling aman, sasis gw setrong, bisa tahan ketindih kontainer 9 ton!" :big_smoking:

HONDA: "Kenalin, Civic Turbo cenggo" :thanks:


ROLLS R: "Oh baru 9 ton?..., gw kegencet truck depan belakang, fine" :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1743
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 11 Jun 2024, 16:01 Nice Review, best di kelas nya emang. :big_exellent:
intinya ada alasan kenapa civic masih diminatin

meski yg beli mopang "katanya dibodohin" merk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1743
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

cuma entah knp ya, honda skrg agak lemah di side impact

matsuda 3 roof strengthnya jauh dibawah cipic, tapi side impactnya secara visual lebi nahan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9950
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 11 Jun 2024, 16:34 cuma entah knp ya, honda skrg agak lemah di side impact

matsuda 3 roof strengthnya jauh dibawah cipic, tapi side impactnya secara visual lebi nahan
klo side impact ini implikasi dari kekuatan pintu.

krn 3 faktor yg dilihat:
- Kepala/leher
- Body
- Panggul

Roof strength implikasi ke chassis rigidity scr overall, buat nikung, lebih stabil, tapi tetap comfort.
contoh: aplikasi roll-cage di mobil balap, itu bikin roof strength kuat sekuat kuatnya, dan chassis makin rigid.

klo pintu, krn makin berat dan kokoh, makin mantap peredaman noise bagian samping nya.
cmiiw.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4627
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Pboyz97 »

nice review bro chris

mobil ini memang paling all rounder dikelasnya, kebetulan udh pernah TD mobil ini, emg improve banyak dari FC, terutama dari sisi kenyamanan, kekedapan, bq + desain interiornya hehehe. memang kenyamanannya gak sebagus altis (kebetulan om saya punya yg tahun 2023 tipe V) , & driving feel, tarikan sm handlingnya ga seenak mazda 3 (pernah td jg), tp mobil ini paling ballance diantara keduanya, nyaman tp tetep enak disetir + lega serta practical jg
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: 11 Jun 2024, 16:32
Suryaputra wrote: 11 Jun 2024, 16:01 Nice Review, best di kelas nya emang. :big_exellent:
intinya ada alasan kenapa civic masih diminatin

meski yg beli mopang "katanya dibodohin" merk
Ya gimana ya gak sekenceng BYD Seal tapi chemistrynya lebih dapet aja. Di tikungan ngga ngerasa mobilnya lari lari kemana mana. Jauh lah soal ini.

Honda nggak bisa menang di power game ya sempurnain tikungannya aja :upss: sayang aja ngapain ikut invested ke electric. Bikin aja new engine yang istimewa orang jg lupa electric2an. Honda selama ini jagonya bikin mesin ramah lingkungan tanpa over complications.
Suryaputra wrote: 11 Jun 2024, 16:55
darrelund wrote: 11 Jun 2024, 16:34 cuma entah knp ya, honda skrg agak lemah di side impact

matsuda 3 roof strengthnya jauh dibawah cipic, tapi side impactnya secara visual lebi nahan
klo side impact ini implikasi dari kekuatan pintu.

krn 3 faktor yg dilihat:
- Kepala/leher
- Body
- Panggul

Roof strength implikasi ke chassis rigidity scr overall, buat nikung, lebih stabil, tapi tetap comfort.
contoh: aplikasi roll-cage di mobil balap, itu bikin roof strength kuat sekuat kuatnya, dan chassis makin rigid.

klo pintu, krn makin berat dan kokoh, makin mantap peredaman noise bagian samping nya.
cmiiw.
Nah kalo soal peredaman pintu emang honda dari dulu kan gitu..... Pelit :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by faizzz »

Nice review Om...
Saya belum coba nyetir sih, tapi kalau saudara satu platform yang lebih bongsor dan tinggi aja bisa enak buat dikendarai, apa lagi versi sedannya kan...
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Jenson »

Nice review om, sebbagai user FE saya setuju dengan semua poinnya. Di saat disetir d jalanan kosong, saya ga bosen2 bergumam dalam hati "damn this car drives so well". Kekurangan2 yg saya rasakan malah lebih ke practicality sedan d wakanda, ketemu jalan bopeng jadi was was dan malam hari lumayan agak buta ketemu fortie ama pajero yg suka modif lampu , apalagi secara positioningnhead lamp mereka memang ud tnggi. Terlepas dr itu, menurut saya ini mobil yg sangat menarik. Hemat 200jt drpd beli CRV saat saya beli
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Jenson »

faizzz wrote: 11 Jun 2024, 22:40 Nice review Om...
Saya belum coba nyetir sih, tapi kalau saudara satu platform yang lebih bongsor dan tinggi aja bisa enak buat dikendarai, apa lagi versi sedannya kan...
Saya sempet TD keduanya om, untuk disetir jauhh enak civic. Saudaranya yg bongsor lebih mantep sih berasa suspensinya, tp bobot yg berat bikin putran bawahnya loyo IMO
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by silentIm2 »

Honda civic itu dah perfect di kelas sedan compact secara handling dan performa. Di sini bisa bilang gpp ga punya sunroof yg penting chassis rigidity istimewa.
Kalo mau menyempurnakan lagi ya honda mulai harus pakai material exotic, which is harganya akan makin melambung.
Sayang dia kawinin mesin yg bagus dengan CVT. Walaupun untuk pemakaian harian CVT Honda itu dah termasuk yg terbaik, dengan catatan ga sering dioverload secara beban maupun medan, dan rajin ganti oli HCF-2, lebih awal dari jadwal pabrik lebih baik.
Terbukti khan rata2 kalo remap terbatasi oleh CVTnya, mesinnya masih bisa naik torsinya tapi CVTnya dah overheat.
Kaki2nya enaknya belakang masih multilink independen, mazd3 malah downgrade ke torsion beam. Knuckle roda juga sudah aluminium, bukan cast Iron. Udah kayak BMW ini.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by levofloxacine »

darrelund wrote: 11 Jun 2024, 16:34 cuma entah knp ya, honda skrg agak lemah di side impact

matsuda 3 roof strengthnya jauh dibawah cipic, tapi side impactnya secara visual lebi nahan
tapi lekuk2 pintu samping matsuda 3 ini kalo kepentok atau penyok susah ga kembaliin seperti semula ya? liat lekukannya pas kena cahaya matahari kayaknya susah.. :big_bored:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by AbdulHakim »

Jenson wrote: Yesterday, 00:14 Nice review om, sebbagai user FE saya setuju dengan semua poinnya. Di saat disetir d jalanan kosong, saya ga bosen2 bergumam dalam hati "damn this car drives so well". Kekurangan2 yg saya rasakan malah lebih ke practicality sedan d wakanda, ketemu jalan bopeng jadi was was dan malam hari lumayan agak buta ketemu fortie ama pajero yg suka modif lampu , apalagi secara positioningnhead lamp mereka memang ud tnggi. Terlepas dr itu, menurut saya ini mobil yg sangat menarik. Hemat 200jt drpd beli CRV saat saya beli
derita semua pengendara sedan di wakanda ya gini om, posisi mata pas kena sinar lampu-lampu jahanam mobil-mobil bedebah.
apalagi kalo spion tengah ga yg autodimming, dari belakang silau juga kena sorot.
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by faizzz »

Jenson wrote: Yesterday, 00:16
faizzz wrote: 11 Jun 2024, 22:40 Nice review Om...
Saya belum coba nyetir sih, tapi kalau saudara satu platform yang lebih bongsor dan tinggi aja bisa enak buat dikendarai, apa lagi versi sedannya kan...
Saya sempet TD keduanya om, untuk disetir jauhh enak civic. Saudaranya yg bongsor lebih mantep sih berasa suspensinya, tp bobot yg berat bikin putran bawahnya loyo IMO
Nyobain CRV yang turbo atau yang hybrid Om?
Kebetulan dulu dapet unit tes yang hybrid, menurut saya lumayan responsif tarikan bawahnya, engga tau yang turbo gimana...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9950
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Yesterday, 08:59
Jenson wrote: Yesterday, 00:14 Nice review om, sebbagai user FE saya setuju dengan semua poinnya. Di saat disetir d jalanan kosong, saya ga bosen2 bergumam dalam hati "damn this car drives so well". Kekurangan2 yg saya rasakan malah lebih ke practicality sedan d wakanda, ketemu jalan bopeng jadi was was dan malam hari lumayan agak buta ketemu fortie ama pajero yg suka modif lampu , apalagi secara positioningnhead lamp mereka memang ud tnggi. Terlepas dr itu, menurut saya ini mobil yg sangat menarik. Hemat 200jt drpd beli CRV saat saya beli
derita semua pengendara sedan di wakanda ya gini om, posisi mata pas kena sinar lampu-lampu jahanam mobil-mobil bedebah.
apalagi kalo spion tengah ga yg autodimming, dari belakang silau juga kena sorot.
bisa kan spion tengah ada tuas dimming manual
wkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1072
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

nextnya harus dan wajib coba lagi civic FE pakai pertabo, sport mode! ganas beb.

kalo mengenai noise ban ya.. kayanya lebih dipengaruhin sama ban nya gak sih? okelah ban unit yg om coba udh jelek kembangannya, tapi jelek2 juga masih advan DB kan, yg fokusnya di noisekill. kalo direzza kan gak fokus di redam noise.

mengenai pengembangan.. iya nih katanya kalo di luar kan versi 1.5turbo udh discontinued. versi facelift nya diganti dgn 2.0 hybrid, tapi dikatakan civic terkencang sebelum type R. menarik banget sih ini.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1072
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

faizzz wrote: Yesterday, 09:10
Jenson wrote: Yesterday, 00:16
faizzz wrote: 11 Jun 2024, 22:40 Nice review Om...
Saya belum coba nyetir sih, tapi kalau saudara satu platform yang lebih bongsor dan tinggi aja bisa enak buat dikendarai, apa lagi versi sedannya kan...
Saya sempet TD keduanya om, untuk disetir jauhh enak civic. Saudaranya yg bongsor lebih mantep sih berasa suspensinya, tp bobot yg berat bikin putran bawahnya loyo IMO
Nyobain CRV yang turbo atau yang hybrid Om?
Kebetulan dulu dapet unit tes yang hybrid, menurut saya lumayan responsif tarikan bawahnya, engga tau yang turbo gimana...
kalo liat channel carmuti sih, keliatan nih 0-100 dan top speednya antara crv 1.5t dan crv hybrid selisihnya.

keliatannya memang kalo mau ngebut kenceng ya jelas beli yg turbo.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

Jenson wrote: Yesterday, 00:14 Nice review om, sebbagai user FE saya setuju dengan semua poinnya. Di saat disetir d jalanan kosong, saya ga bosen2 bergumam dalam hati "damn this car drives so well". Kekurangan2 yg saya rasakan malah lebih ke practicality sedan d wakanda, ketemu jalan bopeng jadi was was dan malam hari lumayan agak buta ketemu fortie ama pajero yg suka modif lampu , apalagi secara positioningnhead lamp mereka memang ud tnggi. Terlepas dr itu, menurut saya ini mobil yg sangat menarik. Hemat 200jt drpd beli CRV saat saya beli
ane gak ngebayangin gimana FE dipasang undercarriage dan upgrades kasih ban semislick dan coilover. standar aja udah semanteb ini buat nikung2.

wkwkwk emang kalo mikir operasional kadang isunya sedan tuh pendeknya aja. sisanya enakan beli sedan daripada SUV.
silentIm2 wrote: Yesterday, 01:49 Honda civic itu dah perfect di kelas sedan compact secara handling dan performa. Di sini bisa bilang gpp ga punya sunroof yg penting chassis rigidity istimewa.
Kalo mau menyempurnakan lagi ya honda mulai harus pakai material exotic, which is harganya akan makin melambung.
Sayang dia kawinin mesin yg bagus dengan CVT. Walaupun untuk pemakaian harian CVT Honda itu dah termasuk yg terbaik, dengan catatan ga sering dioverload secara beban maupun medan, dan rajin ganti oli HCF-2, lebih awal dari jadwal pabrik lebih baik.
Terbukti khan rata2 kalo remap terbatasi oleh CVTnya, mesinnya masih bisa naik torsinya tapi CVTnya dah overheat.
Kaki2nya enaknya belakang masih multilink independen, mazd3 malah downgrade ke torsion beam. Knuckle roda juga sudah aluminium, bukan cast Iron. Udah kayak BMW ini.
nah skrg aja sudah itungannya melambung tinggi om. kebayang si soalnya sekarang sales2 aja bilang civic/CRV itu premium lineups dan limited supply.

entahlah itu kenapa 10-speed AT nya nggak dikembangin lagi, malah accord 2.0 10-speed discontinue. keknya nggak masuk biaya pengembangannya apalagi Honda baru aja quit F1 itu pasti apa lagi kalo bukan isu duit. padahal dulu rumornya ada test mule FC pake 10-speed.

wakakka makanya om sbenernya "mahal" nya civic rada justifiable buat yang engineering geek kek di sini. kalo di luaran pan 80% impresi interior ya civic pasti kebanting sama mazda :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Yesterday, 08:59
derita semua pengendara sedan di wakanda ya gini om, posisi mata pas kena sinar lampu-lampu jahanam mobil-mobil bedebah.
apalagi kalo spion tengah ga yg autodimming, dari belakang silau juga kena sorot.
rada dendam pribadi sama orang orang pake SUV besar pasang mini projie bejibun sebagai pengguna sedan. :big_bored:
faizzz wrote: Yesterday, 09:10 Nyobain CRV yang turbo atau yang hybrid Om?
Kebetulan dulu dapet unit tes yang hybrid, menurut saya lumayan responsif tarikan bawahnya, engga tau yang turbo gimana...
utk majority user akan lebih seneng bawa yang hybrid om, bawah lebih kontan torsinya 300 sekian Nm besar banget buat mobil seukuran CRV.

turbo impresinya akan lebih berat tapi lebih kuat narik di atasnya. hybrid atasnya pasti lemah bergantung sekali sama % battery. mesin bensinnya cuma atkinson cycle bukan buat tarik tarikan.
iamwewe wrote: Yesterday, 09:12 nextnya harus dan wajib coba lagi civic FE pakai pertabo, sport mode! ganas beb.

kalo mengenai noise ban ya.. kayanya lebih dipengaruhin sama ban nya gak sih? okelah ban unit yg om coba udh jelek kembangannya, tapi jelek2 juga masih advan DB kan, yg fokusnya di noisekill. kalo direzza kan gak fokus di redam noise.

mengenai pengembangan.. iya nih katanya kalo di luar kan versi 1.5turbo udh discontinued. versi facelift nya diganti dgn 2.0 hybrid, tapi dikatakan civic terkencang sebelum type R. menarik banget sih ini.
nah ini si owner FE satunya muncul :ngacir:

betul mbah, lupa highlight : kelebihan civic FE ini ada di sport mode nya yang mana di CVT ngebantu banget. 1 yang FK4 ga punya. sepanjang TD ane pasang terus sport mode krn bantu responsiveness lebih. ngga kasar juga macem sport mode nya mazda.

betul mbah, makanya ane note ini pakai ban udah alus aja NVH masih oke banget. kebayang kalo brand new kayak apa silent nya. utk ukuran honda ya...

2.0 hybrid si jaminan rasanya enteng banget di civic itu di CRV aja bisa ringan banget bawanya, cuma kelemahan hybrid susah euy ngulik mesinnya apalagi kalo ngejar top end pdhl jualannya honda selalu top end power.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kemalmakbar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 10 Oct 2017, 19:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by kemalmakbar »

Review yang bagi saya sangat bagus dalam segi penulisan.

Civic FE ini setelah beberapa tahun peluncuran, modelnya masih tergolong gagah di mata saya meski cenderung lebih sporti bila dibandingkan dengan Civic FK4 yang lebih mengarah ke elegan.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1072
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Yesterday, 09:53

nah ini si owner FE satunya muncul :ngacir:

betul mbah, lupa highlight : kelebihan civic FE ini ada di sport mode nya yang mana di CVT ngebantu banget. 1 yang FK4 ga punya. sepanjang TD ane pasang terus sport mode krn bantu responsiveness lebih. ngga kasar juga macem sport mode nya mazda.

betul mbah, makanya ane note ini pakai ban udah alus aja NVH masih oke banget. kebayang kalo brand new kayak apa silent nya. utk ukuran honda ya...

2.0 hybrid si jaminan rasanya enteng banget di civic itu di CRV aja bisa ringan banget bawanya, cuma kelemahan hybrid susah euy ngulik mesinnya apalagi kalo ngejar top end pdhl jualannya honda selalu top end power.
yeap, sport mode nya bener2 rubah karakter responsif cvt nya. tapi kan di FC FK juga ada S, ini mang gak ngerubah karakternya om?

kalo gk salah civic facelift hybrid standarnya aja udh tembus 200hp ya. gk kebayang. tapi coba liat spec malay civic FE hybridnya cuma 184hp. entah apa beda nya nih bisa tenaga selisih gini jauh.

anyway, ada beberapa civic FE yg ubah bumper depannya jadi bumper depan type R, dan ini keren banget. lsg merubah tampilan mobilnya. agresif banget, tapi tetep mature diimbangi sama design tarikan body sampingnya. cuma kayanya foglampnya jadi nggak kepake.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Yesterday, 09:53
AbdulHakim wrote: Yesterday, 08:59
derita semua pengendara sedan di wakanda ya gini om, posisi mata pas kena sinar lampu-lampu jahanam mobil-mobil bedebah.
apalagi kalo spion tengah ga yg autodimming, dari belakang silau juga kena sorot.
rada dendam pribadi sama orang orang pake SUV besar pasang mini projie bejibun sebagai pengguna sedan. :big_bored:
itu orang2 pake projie sampe segitunya ada masalah apa di hidup mereka ya? Bukan cuma SUV ledefreim, tapi yg dandan SUV (baca: apanzah dan sejenisnya) juga pasang projie jejeran di grill depan. Mungkin ada kepuasan sendiri kalo bisa bikin pengendara lain buta sesaat. :big_dunno:
Secretboys
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 24 Aug 2023, 12:11
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Secretboys »

peterming77 wrote: Yesterday, 14:01
ChZ wrote: Yesterday, 09:53
AbdulHakim wrote: Yesterday, 08:59
derita semua pengendara sedan di wakanda ya gini om, posisi mata pas kena sinar lampu-lampu jahanam mobil-mobil bedebah.
apalagi kalo spion tengah ga yg autodimming, dari belakang silau juga kena sorot.
rada dendam pribadi sama orang orang pake SUV besar pasang mini projie bejibun sebagai pengguna sedan. :big_bored:
itu orang2 pake projie sampe segitunya ada masalah apa di hidup mereka ya? Mungkin ada kepuasan sendiri kalo bisa bikin pengendara lain buta sesaat. :big_dunno:
Hilang sudah fungsi projie sebenarnya,dimana fungsinya buat bantu penerangan jalan berkabut malah dijadiin senjata buat butain orang (Walau buta sesaat) :big_dunno:

Saya malah lebih dendaman yg pake sein putih+dibikin cepet kedipnya om,pernah ada innova pake lampu sein kek gini didepan ane pas malam hari, bener"pusing ane ngeliatnya
2014 Mobilio Prestige CVT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

kemalmakbar wrote: Yesterday, 09:56 Review yang bagi saya sangat bagus dalam segi penulisan.

Civic FE ini setelah beberapa tahun peluncuran, modelnya masih tergolong gagah di mata saya meski cenderung lebih sporti bila dibandingkan dengan Civic FK4 yang lebih mengarah ke elegan.
gak kebalik om justru FK / FC yang malah ke arah sporty ala ala boy racer car itu tampilan FK8 type R aja dihina hina riced from the factory :mky_07:
iamwewe wrote: Yesterday, 11:30
yeap, sport mode nya bener2 rubah karakter responsif cvt nya. tapi kan di FC FK juga ada S, ini mang gak ngerubah karakternya om?

kalo gk salah civic facelift hybrid standarnya aja udh tembus 200hp ya. gk kebayang. tapi coba liat spec malay civic FE hybridnya cuma 184hp. entah apa beda nya nih bisa tenaga selisih gini jauh.

anyway, ada beberapa civic FE yg ubah bumper depannya jadi bumper depan type R, dan ini keren banget. lsg merubah tampilan mobilnya. agresif banget, tapi tetep mature diimbangi sama design tarikan body sampingnya. cuma kayanya foglampnya jadi nggak kepake.
kayaknya beda om soalnya kalo di FK4 mode S itu cuma naikin RPM lockupnya dan bisa lock pake paddle shift aja. lebih kerasa alus di FE sih.

mungkin di sini cuaca lebih panas jadi motor generatornya tenaganya diturunin om kalo CRV bobot berat jadi dibiarin 207ps :ngacir:

iya om saya berapa kali tuh liat FE1 pake bumper type R cakep kalem gitu modelnya.
Secretboys wrote: Yesterday, 14:07
peterming77 wrote: Yesterday, 14:01
itu orang2 pake projie sampe segitunya ada masalah apa di hidup mereka ya? Mungkin ada kepuasan sendiri kalo bisa bikin pengendara lain buta sesaat. :big_dunno:
Hilang sudah fungsi projie sebenarnya,dimana fungsinya buat bantu penerangan jalan berkabut malah dijadiin senjata buat butain orang (Walau buta sesaat) :big_dunno:

Saya malah lebih dendaman yg pake sein putih+dibikin cepet kedipnya om,pernah ada innova pake lampu sein kek gini didepan ane pas malam hari, bener"pusing ane ngeliatnya
starterpack bocil cumi cumi darat... masih muda sudah rabun harus pake mini proji sebanyak itu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by faizzz »

peterming77 wrote: Yesterday, 14:01
ChZ wrote: Yesterday, 09:53
AbdulHakim wrote: Yesterday, 08:59
derita semua pengendara sedan di wakanda ya gini om, posisi mata pas kena sinar lampu-lampu jahanam mobil-mobil bedebah.
apalagi kalo spion tengah ga yg autodimming, dari belakang silau juga kena sorot.
rada dendam pribadi sama orang orang pake SUV besar pasang mini projie bejibun sebagai pengguna sedan. :big_bored:
itu orang2 pake projie sampe segitunya ada masalah apa di hidup mereka ya? Bukan cuma SUV ledefreim, tapi yg dandan SUV (baca: apanzah dan sejenisnya) juga pasang projie jejeran di grill depan. Mungkin ada kepuasan sendiri kalo bisa bikin pengendara lain buta sesaat. :big_dunno:
Engineer mobil yurop berlomba2 bikin lampu adaptif yang bikin lampu menghindari pengendara dari arah berlawanan biar engga silo... di sini manusianya kebalik
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post