“kalo ada yang mau tukeran ama 2006 up s80 2.4t executive bolelah PM HAHAHA“ itu adalah kalimat terakhir saya di review mobil Peugeot saya. Yang Maha Kuasa Lagi lagi memberikan jawaban kepada saya walau specnya aneh dan lebih daripada yang saya harapkan. Akhirnya saya lihat dan beli volvo s80 ini dan lagi lagi pilihan saya lumayan anti mainstream karena iseng aja sih sama lucu juga pake mobil aneh aneh. Volvo saya ini saya beli dari tangan pertama di menteng dan ex adik dari pahlawan national dan kondisi dan spec nya baik untuk mobil seumur ini.


ini Volvo S80 Saya yang ditemani oleh mobil mobil aneh juga
sama seperti Peugeot saya, Fitur di volvo saya cukup lengkap buat di zaman nya.
Ini list fitur” yang ada di Volvo s80 saya
- 6 Airbags
- Audio Steering Switch
- Cruise Control
- Tilt n Telescopic Steering
- Multi Information Display
- Dual Zone Digital Auto Climate AC Cooler Box
- Vanity Mirror with Lamp Mirror
- Auto Dimming Rear View
- Car Phone
- Dynaudio Premium Audio with 9 speakers (2-Way)
- 14 Disc Changer
- Front & Rear Foglamp
- krey belakang electric
overall lumayan lengkap lah

Tapi kalau liat brosur asli s80 executive masih ada fitur fitur lagi yang dimobil saya tidak ada seperti Layar tv or media di belakang, kulkas belakang, dan printer mobile dan bahkan ada opsi guard dimana opsi ber armor dan bulletproof.
Lanjut ke exterior om
Exterior :

Exterior mobil ini tergantung selera. Untuk yang prefacelift memang terlihat lebih tua tapi lebih elegan dan untuk yang facelift terlihat lebih muda dan lumayan timeless. Jika dikombinasi dengan warna gelap seperti biru gelap (dimana ada 2 tipe biru gelap) maka akan lebih cakep lagi dan untuk warna hitam di prefacelift karena tidak metalik terkesan kurang baik warna hitamnya
Interior :

Interior mobil ini cukup baik dan tidak terlihat terlalu tua. Pada dasarnya di s80, mayorittas s80 disini memakai jok kulit dan untuk tipe executive seperti say aitu bahan jok kulitnya lebih halus dan lebih tebal dan lebih nyaman dan membuat pengemudi dan penumpang berasa di sofa-sofa yang ada dirumah. Jok s80 standar sudah cukup nyaman tapi texturenya tidak sehalus tipe yang executive. pada umumnya ada 2 warna interior yaitu beige dan hitam.
Performance :

pada spek nya mobil ini dilengkapi dengan twin turbo dan vvti yang menghasilkan tenaga sebesar 272hp dan torsi sebesar 380nm. Kelemahaan nya ada di transmisi dan transmisi yang dipakai adalah GM 4t65ev dimana transmisi ini tidak terlalu bandel terutama jika salah pakai oli atau salah asuhan dan kurang responsive walau di mobil ini sudah dilengkapi dengan geartronic atau tripronic. Karena mobil ini mobil fwd pasti sering spin dan sering buat lampu traction control dan stability control kedap kedip dan jelas pemakaian ban depan di mobil ini pasti lebih cepat habis daripada mobil biasa. Bensin yang saya pakai juga ron 92 dan dalam kota mobil ini bisa dapet 6-7km/L saja.
Handling :
Pertama setir tidak berat khas hydraulic steering system dan masih ada feedback dengan apa yang ada di jalan dan kelemahan mobil ini ya susah manuver alias susah belok. Tapi untuk bantingan dan handling ini mobil nyaman tapi ga limbung saat dibawa kecepatan tinggi (150km/h+) dan untuk rem juga enak dan predictable.
Perawatan dan sparepart :
Untuk perawatan mobil ini ya sebenernya tidak begimanaa dan masih mirip mirip dengan pelihara mobil eropa pada umumnya. Untuk sparepart juga di Jakarta dan depok masih banyak. Untuk harga sparepart ya termaksud mahal dan jika dibandingkan dengan harga sparepart volvo kotak 960/740 pasti akan beda jauh dan lebih mahal. kalau saya pribadi langganan sama Prima Motor Volvo di Blok M (Koh Willy).
Harga pasaran untuk s80 biasa lumayan terjangkau. Untuk yang mesin seperti saya T6 sudah tidak ada dan masuk kampakan karena salah rawat dan salah bengkel dan banyak akal akalan. Di database volvo hanya ada 2 unit s80 yang bemesin T6 dan ke2 unit nya sudah dikampak tetapi terbitlah mobil saya yang ga masuk ke databse penjualan volvo di Indonesia.
Saran dari saya jika sedang cari mobil volvo ini ya harus pake coolant jangan pake air keran atau air biasa karena biasanya bakal korosi dan merembet kemana mana. Ke2 ya ngecek jika sistem pcv atau oil trap di mesin benar atau tidak (cara testnya dengan menaru kain atau plastic di tutup oli yang sedang dibuka. jika kain tersedot maka sistem oiltrapnya benar dan sebaliknya). Mengingat mobil ini sudah lumayan berumur dan tidak tau history penggantian oli macam apa. Ke3 ya electrical, biasanya yang umum kena modul ABS, CEM, SRS. Sisanya sih boleh di test langsung fitur fiturnya.
Odo rendah ga jaminan mobil nya sehat

Kesimpulan :
karena saya baru beli mobil ini jadi kurang paham akan begimana kondisinya kedepan. Pastinya mobil yang saya beli ini tidak bebas dari adanya peer dan peer peer ini akan saya rapikan dan benahi di waktu kedepan nya. Overall mobil ini nyaman dan enak dan unik dan sangat canggih untuk mobil dizaman nya.
Mohon Maap kalau ada salah kata

