2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by peterming77 »

ChZ wrote: 24 Oct 2023, 10:40
peterming77 wrote: 24 Oct 2023, 10:26
Ya bener krn DCT itu memang ga enak buat jalanan macet + musuh utama DCT terutama yg dry clutch kan panas, lah di sini udah macet + kalo musim panas gini di SBY panasnya bisa kayak tinggal di sebelah matahari (bukan mall), udah lah itu kombinasi jerky sama lama2 aus itu koplingnya, belum lagi yg namanya TCM lah, mecha lah (curcol pernah punya Fiesta 1.5). Apalagi mobil Eropa yg ga di aklimasi buat cuaca tropis gini, yg disana keluarnya very reliable car, sampe Indonesia jadinya sheer repairing pleasure :big_biglaugh:

Kalo Ford 1.0 Ecoboost ditambah bonus keluar di akhir umur Ford di Asia, ya udah belum sempat laris manis udah ga jualan lagi, padahal asli itu mobil terenak handlingnya (buat sopir) diantara temen sekelasnya, beneran nempel di aspal kalo diajak ngepot2. :big_exellent:
faktor utama DCT - dry clutch tidak awet di indonesia itu menurut ane lebih ke combo panas terik dengan macet-macetan, serta mayoritas pembelinya jujur nggak tau gimana prinsip operasional DCT atau transmisi dengan konstruksi mechatronic termasuk BMW ZF6HP.

krn protip di grup VW, kalau mau DSGnya awet, creeping di kemacetan jangan pakai D, harus engage manual supaya clutch nya nggak panas.

semua masalah transmisi itu akar masalahnya selalu panas.
Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 10:31
tp ini bisa dicrack dan minimalin efek nya, dengan cara di-remap.. makanya ketika dilakukan remap, garansi gugur
makanya kalo remap ke bengkel remap, jangan ke dukun remap.

dukun remap itu bablasin semua safety parameter. modal map copy paste, kalo CEL nyala ya yang dihapus CELnya karena males troubleshoot (atau ngga da ilmunya aja). boost cutoff, throttle cutoff dihajar semua. limp mode aja kadang dibablasin. mobil solar hajar terusss semprot solar segede gedenya supaya tenaga kenceng EGT terbang bye bye.

besok2 blok melenting, gasket meleduk, turbo ambrol. bodo amat. salahin kaki supir aja kok ugal ugalan.

ane lbh suka tuner yang kasi safety margin dan bisa jelasin safety margin artinya paham gimana remap yang betul.

percuma mobil mentok tenaganya tp bentaran ambrol.
Belum lagi kalo dibilang oli transmisi umurnya lifetime, beneran ga pernah dicek dan diganti sampe transmisi kaputs baru ribut :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 24 Oct 2023, 10:18 nah di mobil modern agak sulit ni om soalnya ECUnya udah "pinter" dan integrated ke semua sistem, modul modul nya lebih banyak juga. ginian nggak cuma single factor soalnya.

parameter processingnya lebih banyak berdasarkan input itungannya bisa per milisekon. acclaimed hp di brosur itu juga sebenernya t&c applied, alias tergantung temperatur dan humidity nya serta tentu saja bbm dan oli yang dipake.

simpelnya gini :

kalo ECU ngebaca kita macet-macetan panas terik kenapa kok ndut-ndutan dan mobil terkesan lambat dan laggy - dia ngebaca input kaki kita lagi nggak mau ngebut, logika nya dia ya semprot bensinnya dikurangin, terus belom lagi panas kan, jadi timing pasti dimundurin supaya nggak knocking. outputnya di kita jelas mobilnya jadi lemot ngga da tenaga.

dan berlaku sebaliknya waktu habis bejek bejekan di tol. terus kalo malem udara adem jadi lebih dense / padet kandungan O2 nya. dari mesin berani naikin timing boost dll.

kalau transmisi biasa parameternya lebih ke panas/dingin aja. cuaca panas pasti lebih selip juga kecenderungannya apalagi stop and go. bebannya lebih berat stop and go karena siklus release-lockupnya lebih banyak.
Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 10:18
iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 08:38

behh.. ini sih another cheat code. lebih gila lagi cheatnya daripada 6AT / 8AT 6800/liter
malu mbah klo saya mah (personal opinion),
pk subsidi klo gak kepepet (krn yg lain habis dsb).. kaya ngambil yg bukan hak nya :big_peace:

:ngacir:
nih dari 2 suhu yang ngomong.. intinya emang kayanya problemnya di suhu transmisi ya. masalahnya suhu transmisi nggak ada sih ya di dashboard, harus colok OBD gitu. jadi salah satu cara utk solve problem yaitu dengan ganti oli matic yang bagus ya?

selama ini sy kira yang ngaruh banyak di suhu transmisi itu adalah di RPM nya. maksudnya kaya transmisi panas karena RPM tinggi terus, contoh ngebut. atau posisi nanjak yg butuhin extra effort. lah taunya stop and go dan di kemacetan aja naik ya suhu transmisi ya karena siklus release lock yang banyak ya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

vankryie wrote: 24 Oct 2023, 11:02 Jempol, make sense nih penjelasannya, kadang penasaran ama EV i5 apakah stabil "enaknya".. atau sama aja tergntung ECU n Suhu.
EV parameternya lebih ribet lagi om.

- kalau batre di bawah sekian percent dia gak mau keluarin tenaga lebih dari sekian (mode kura kura).
- kalo suhu udah kepanasan/kedinginan di-limit tenaganya. di negara 4 musim lebih ngeri tuh deviasi range nya sampe 50% lebih.
- kalo pake sport mode dijamin itu batre kekuras lebih cepet ketimbang kita geber mobil bensin dengan rate power sama.
- dan lain lain sampe kalo voltase low dikit aja mobilnya gak mau start apa gimana. kejadian yang beberapa ioniq5 tiba tiba mati total.

range yang diklaim pabrikan itu juga perhitungan berdasarkan sejumlah parameter yang kita nggak tau standarnya apa. sejauh ini kadang bisa lebih, kadang bisa kurang.

pertanyaannya kan kalo claim 400 km, nyetirnya digeber di atas 140 km/jam jadi 200 km artinya powertrain EV ini sebenernya jauh lebih nggak efisien dong di kecepatan tinggi. karena internal combustion saja disparitas range nya nggak sampe segitu jauh antara urban atau intercity.
Last edited by ChZ on 24 Oct 2023, 11:12, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 10:31
nah ini... semua mesin, dari jenis inline sampai ke turbojet,
makin dingin suhu, makin dense kandungan oksigen nya dan performa lbh maksimal.

Contoh lbh extreme lagi, knowledge dari pilot airbus... itu pesawat klo mau take off di gurun arab vs di eropa,
power mesin maximal throttle nya udah diatur sama FMC (flight management computer).

jadi walaupun posisi throttle poll ke depan, tetap FMC ngebatasin max powah nya.
gak akan bisa nyentuh 100% di suhu ambience panas / tropis.

Prinsipnya sama spt mesin mobil, ECU dan TCM ngebatasin powahnya, supaya tetap efisien kerjanya.

tp ini bisa dicrack dan minimalin efek nya, dengan cara di-remap.. makanya ketika dilakukan remap, garansi gugur
lah salah quote om sur.... maap harusnya quote yang ini malah quote yg di thread sblh wkwkw
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10217
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:05

nih dari 2 suhu yang ngomong.. intinya emang kayanya problemnya di suhu transmisi ya. masalahnya suhu transmisi nggak ada sih ya di dashboard, harus colok OBD gitu. jadi salah satu cara utk solve problem yaitu dengan ganti oli matic yang bagus ya?

selama ini sy kira yang ngaruh banyak di suhu transmisi itu adalah di RPM nya. maksudnya kaya transmisi panas karena RPM tinggi terus, contoh ngebut. atau posisi nanjak yg butuhin extra effort. lah taunya stop and go dan di kemacetan aja naik ya suhu transmisi ya karena siklus release lock yang banyak ya
nuhun mbah.
yg suhu mah warga senior yg lain :upss:

ya emg cara yg paling cepat, buru2 ganti ATF nya sama yg bagusan sekelas arabian atau barat base oil :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 11:12
iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:05

nih dari 2 suhu yang ngomong.. intinya emang kayanya problemnya di suhu transmisi ya. masalahnya suhu transmisi nggak ada sih ya di dashboard, harus colok OBD gitu. jadi salah satu cara utk solve problem yaitu dengan ganti oli matic yang bagus ya?

selama ini sy kira yang ngaruh banyak di suhu transmisi itu adalah di RPM nya. maksudnya kaya transmisi panas karena RPM tinggi terus, contoh ngebut. atau posisi nanjak yg butuhin extra effort. lah taunya stop and go dan di kemacetan aja naik ya suhu transmisi ya karena siklus release lock yang banyak ya
nuhun mbah.
yg suhu mah warga senior yg lain :upss:

ya emg cara yg paling cepat, buru2 ganti ATF nya sama yg bagusan sekelas arabian atau barat base oil :big_biglaugh:
hooh.. cuma ya ga tega aja kalo baru 5000km udh ganti oli matic di luar spek resmi hcf2. apalagi kalo kerjainnya di luar beres kan. nanti garansi gugur. soalnya masih blm bnr2 pede nih daya tahan H tegak abis di remap gimana. masih patuh ikutin buku serpis dulu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10217
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:16
Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 11:12
iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:05

nih dari 2 suhu yang ngomong.. intinya emang kayanya problemnya di suhu transmisi ya. masalahnya suhu transmisi nggak ada sih ya di dashboard, harus colok OBD gitu. jadi salah satu cara utk solve problem yaitu dengan ganti oli matic yang bagus ya?

selama ini sy kira yang ngaruh banyak di suhu transmisi itu adalah di RPM nya. maksudnya kaya transmisi panas karena RPM tinggi terus, contoh ngebut. atau posisi nanjak yg butuhin extra effort. lah taunya stop and go dan di kemacetan aja naik ya suhu transmisi ya karena siklus release lock yang banyak ya
nuhun mbah.
yg suhu mah warga senior yg lain :upss:

ya emg cara yg paling cepat, buru2 ganti ATF nya sama yg bagusan sekelas arabian atau barat base oil :big_biglaugh:
hooh.. cuma ya ga tega aja kalo baru 5000km udh ganti oli matic di luar spek resmi hcf2. apalagi kalo kerjainnya di luar beres kan. nanti garansi gugur. soalnya masih blm bnr2 pede nih daya tahan H tegak abis di remap gimana. masih patuh ikutin buku serpis dulu.
wah apalagi diremap, potensi kebuka
wakakakakaka.

if I were you, change it since the first time received the car
terlalu sayang CiTo dikasih hcf2 :big_biglaugh:

kecuali klo buat istri antar anak, JJS, ya sok ajah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:05 nih dari 2 suhu yang ngomong.. intinya emang kayanya problemnya di suhu transmisi ya. masalahnya suhu transmisi nggak ada sih ya di dashboard, harus colok OBD gitu. jadi salah satu cara utk solve problem yaitu dengan ganti oli matic yang bagus ya?

selama ini sy kira yang ngaruh banyak di suhu transmisi itu adalah di RPM nya. maksudnya kaya transmisi panas karena RPM tinggi terus, contoh ngebut. atau posisi nanjak yg butuhin extra effort. lah taunya stop and go dan di kemacetan aja naik ya suhu transmisi ya karena siklus release lock yang banyak ya
mau safe invest ke CVT oil cooler aja om. combo sama CVTF keraton udah pasti awet dan enak :mky_03:

sebenernya ngebut itu juga bikin panas om, tapi ngebut itu ya udah panasnya cuma waktu akselerasi awal aja krn transmisinya harus selip sampe puncak torsi dulu. begitu udah lockup sih udah no issue. apalagi CVT jepangan skrg udah pinter pinter ngebaca load mesin.

yang sulit kalo rute sering nanjak, transmisi bakalan sering selip. ya kayak bawa mobil 1/2 kopling melulu :ungg:

intinya CVT si kalo mau awet, ngebutnya ngurut aja atau pas rolling di tol dari 60 kph - top speed. toh di 99% daily use jg gak sering drag race dari standing start kan :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 11:18
iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:16
Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 11:12

nuhun mbah.
yg suhu mah warga senior yg lain :upss:

ya emg cara yg paling cepat, buru2 ganti ATF nya sama yg bagusan sekelas arabian atau barat base oil :big_biglaugh:
hooh.. cuma ya ga tega aja kalo baru 5000km udh ganti oli matic di luar spek resmi hcf2. apalagi kalo kerjainnya di luar beres kan. nanti garansi gugur. soalnya masih blm bnr2 pede nih daya tahan H tegak abis di remap gimana. masih patuh ikutin buku serpis dulu.
wah apalagi diremap, potensi kebuka
wakakakakaka.

if I were you, change it since the first time received the car
terlalu sayang CiTo dikasih hcf2 :big_biglaugh:

kecuali klo buat istri antar anak, JJS, ya sok ajah :upss:
ya emang ini mobil daily utk istri sih. anter jemput anak. sy pake cuma kalo weekend aja, ato holiday trip. cuma ya itu.. kalo ada kenapa2 entah di mesin or tranny krn remap kan masih bisa claim garansi kalo masih ikutin buku servis. info tuner kmrn itu bisa di balikin nanti map nya ke standar dan gak ketawan kalo misal sy ada mau claim garansi.
ChZ wrote: 24 Oct 2023, 11:24
mau safe invest ke CVT oil cooler aja om. combo sama CVTF keraton udah pasti awet dan enak :mky_03:

sebenernya ngebut itu juga bikin panas om, tapi ngebut itu ya udah panasnya cuma waktu akselerasi awal aja krn transmisinya harus selip sampe puncak torsi dulu. begitu udah lockup sih udah no issue. apalagi CVT jepangan skrg udah pinter pinter ngebaca load mesin.

yang sulit kalo rute sering nanjak, transmisi bakalan sering selip. ya kayak bawa mobil 1/2 kopling melulu :ungg:

intinya CVT si kalo mau awet, ngebutnya ngurut aja atau pas rolling di tol dari 60 kph - top speed. toh di 99% daily use jg gak sering drag race dari standing start kan :upss:
kalo pake cvt cooler, keliatan banget kan ada kit tambahannya. sebisa mungkin emang ini mau stock, makanya opsi yg termudah dan terdekat ya ganti oli yg lbh baik ya.

anyway tq2 banget suhu2 sharing2nya. kalo nanti udh siap, ganti oli matic yg bagus dah. monggo suhu pada di lanjut XFORCE nya :big_exellent:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by darrelund »

vankryie wrote: 24 Oct 2023, 11:02 Jempol, make sense nih penjelasannya, kadang penasaran ama EV i5 apakah stabil "enaknya".. atau sama aja tergntung ECU n Suhu.
EV juga sama aja um, tergantung ECU & suhu

kan ECU EV pasti ngebaca tiap cell voltase & temp berapa. motor temp, ambient temp

cuma EV biasanya klo ud kepanasan, ngecutnya mayan sadis. langsung turtle mode. karena batere lithium gitu sensi sama temp

tuh di postnya um @bibieeight yg belio bawa i5 transjawa kan gitu, cooling systemnya bekerja amat keras jaga di range temp specific supaya optimal

makanya EV / hibrid gitu cooling baterenya wajib badak punya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10217
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 24 Oct 2023, 12:24
vankryie wrote: 24 Oct 2023, 11:02 Jempol, make sense nih penjelasannya, kadang penasaran ama EV i5 apakah stabil "enaknya".. atau sama aja tergntung ECU n Suhu.
EV juga sama aja um, tergantung ECU & suhu

kan ECU EV pasti ngebaca tiap cell voltase & temp berapa. motor temp, ambient temp

cuma EV biasanya klo ud kepanasan, ngecutnya mayan sadis. langsung turtle mode. karena batere lithium gitu sensi sama temp

tuh di postnya um @bibieeight yg belio bawa i5 transjawa kan gitu, cooling systemnya bekerja amat keras jaga di range temp specific supaya optimal

makanya EV / hibrid gitu cooling baterenya wajib badak punya
Fully Electrical system itu emg ideal nya dipakai di lingkungan ambient temp <35C

klo di indonesia, sampai 41-42 C ambience temp nya. amit2 jangan sampai modar (freon) cooling system nya :upss:

Appreciate to mbah
Bibieight wrote:
yang dah kasih warga SM knowledge sangat detil, mengenai pros dan cons EV :big_exellent:
Last edited by Suryaputra on 24 Oct 2023, 12:53, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10217
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:52 monggo suhu pada di lanjut XFORCE nya :big_exellent:
karena TS nya super-user Honda Turbo CVT
jadi gpp nambah pengetahuan sesama warga SerayaHonda :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2615
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by KielConstantine »

Jenson wrote: 22 Oct 2023, 23:59
wekiweko wrote: 22 Oct 2023, 23:16 Kayanya beli yarcross beneran cuma dapet irit ya. Kalo tetep bisa hidup dengan mesin 1.5 ICE normal mending HRV atau XForce ini
Bener banget om. Saya kemarin sempet TD, feel rasanya plek ketiplek Xenia - Avanza DNGA. Kalo kaga beli yg hybrid, suer mending ambil Rocky / Raize. Biggest selling pointnya di mesin hybrid dia sih, bener2 irit buat jadi mobil operasional keliling2 dalkot. Bagasi dan row 2 juga masih lmayan spacious. Sempet kepikiran sih, drpd ambil medium SUV 600 jt, bsa ambil "Rocky" Hybrid ini, sisa duit kembalian dpt banyak saham / beli emas. Tapi, bener2 say goodbye ke fun to drive.
Mobil DNGA kalo mau type yg enak emang tinggal pilih 2 enjin highlight mereka..


#1 Enjin 1.0 Turbo di rocky/raize
#2 Cobain enjin yg 1.5 hybrid skalian di yarcross hybrid ….


Sisanya mehhh lahh .. mau 1.2L atau 1.5L N/A . Cuman menang bisa nenggak persilit aja

Kmaren sewa rocky 1.2L CVT di bali. Mesin mo meledak rasanya pas dibetot gaspol. RPM doang mentok trus suara mesin ngegerung, tp speed kagak naek2. Mana pas nanjak curam rada kesusahan lg :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 12:52
iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:52 monggo suhu pada di lanjut XFORCE nya :big_exellent:
karena TS nya super-user Honda Turbo CVT
jadi gpp nambah pengetahuan sesama warga SerayaHonda :ngacir:
wkwkwkw iya kebetulan om chz suhu honda, pas kebetulan pula pake sedan dan suv 1.5T. jadi jawabannya bisa dibilang valid wkwkwk

om sur juga sama lah, suhu besarrrrr (bukan suhu panas lagi) :emo-flowerforyou:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10217
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 14:24
Suryaputra wrote: 24 Oct 2023, 12:52
iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 11:52 monggo suhu pada di lanjut XFORCE nya :big_exellent:
karena TS nya super-user Honda Turbo CVT
jadi gpp nambah pengetahuan sesama warga SerayaHonda :ngacir:
wkwkwkw iya kebetulan om chz suhu honda, pas kebetulan pula pake sedan dan suv 1.5T. jadi jawabannya bisa dibilang valid wkwkwk

om sur juga sama lah, suhu besarrrrr (bukan suhu panas lagi) :emo-flowerforyou:
sy tim hore mbah :upss:
mbah marmut, omnibus, dan kelep dohc noh suhu besar :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: 23 Oct 2023, 14:33
kendibocor wrote: 23 Oct 2023, 14:24
iamwewe wrote: 23 Oct 2023, 13:55

nah om.. numpang belajar lagi nih. tau darimana sih kita kalo digeber gak ada tenaga, vonisnya karena cvt nya yang jelek? kenapa nggak dibilang mesinnya yang jelek? atau bisa jadi kan oli bawaannya kurang bagus nih. entah oli mesinnya, entah oli maticnya. knp spesifik ngomongnya karena cvt nya jelek?

oh.. disini sy juga gak bela alvez ya. kalo punya duit segitu juga nggak bakal beli alvez juga sih soalnya karena satu dan lain hal. gak tega ngomong alasannya wkwkw

xforce sendiri, rasanya nilai jualnya ya memang built quality, fabric2 yang di dashboard, drive mode yang gimmick, dan tentunya yamaha audionya.

th depan kan katanya keluar xforce yang lengkap dengan ADAS nya ya
Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10217
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:32
Suryaputra wrote: 23 Oct 2023, 14:33
kendibocor wrote: 23 Oct 2023, 14:24

Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
itu mah kayanya gegara oli cvt gak pernah ganti
hahahahaha

jadi slipnya mayan
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 24 Oct 2023, 14:24 wkwkwkw iya kebetulan om chz suhu honda, pas kebetulan pula pake sedan dan suv 1.5T. jadi jawabannya bisa dibilang valid wkwkwk

om sur juga sama lah, suhu besarrrrr (bukan suhu panas lagi) :emo-flowerforyou:
cuma kalo odometer ane mah minder om sama CRV CRV lain paling kecil blom tembus 40k :big_biglaugh:

CRV turbo lain pada tembus 100k semua yang seumuran. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 24 Oct 2023, 13:03
Mobil DNGA kalo mau type yg enak emang tinggal pilih 2 enjin highlight mereka..


#1 Enjin 1.0 Turbo di rocky/raize
#2 Cobain enjin yg 1.5 hybrid skalian di yarcross hybrid ….


Sisanya mehhh lahh .. mau 1.2L atau 1.5L N/A . Cuman menang bisa nenggak persilit aja

Kmaren sewa rocky 1.2L CVT di bali. Mesin mo meledak rasanya pas dibetot gaspol. RPM doang mentok trus suara mesin ngegerung, tp speed kagak naek2. Mana pas nanjak curam rada kesusahan lg :big_biglaugh:
gw mah sejak skandal DNGA rada avoid mobil dengan sasis DNGA. ngeri ngeri sedap. mana ngelas apron aja kaga becus tuh ADM.

tapi stuju D-CVT kalo kena mesin torsi kecil macem cenggo nya veloz atau rocky malah jatohnya bingung. akhirnya user cuma kena pengalaman jerky jerky nya doang karena transisi antara gear dan pulley CVT. di raize kebantu torsinya jadi nggak se-jerky bawa veloz.

blom kalo nanjak ada tuh slope sensor terkutuk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15928
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

peterming77 wrote: 24 Oct 2023, 11:05
Belum lagi kalo dibilang oli transmisi umurnya lifetime, beneran ga pernah dicek dan diganti sampe transmisi kaputs baru ribut :big_biglaugh:
kalo bengkel resmi emang mau gak mau, ikut buku panduan. walaupun kalo kepala mekanik dan SA nya pinter dia pasti akan saranin cek rutin. masalahnya SA itu kebanyakan kerjanya kayak makelar spare parts atau cuma jadi mandor lapangan kasih work order lalu kelar.

makanya patut curiga kalo ada buku manual yang saranin ganti oli transmisi di 100 ribu atau malah lifetime. apalagi transmisi rentan panas macem CVT atau DSG.

automatic sih rata-rata aman interval agak panjang walaupun ujungnya kalo gak pernah ganti ya overhaul juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:32
Suryaputra wrote: 23 Oct 2023, 14:33
kendibocor wrote: 23 Oct 2023, 14:24

Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
Jazz i-DSI pada jamannya itu termasuk keren loh, bisa gaya2 ala paddle shift yg model tombol disetir, padahal kalo dipencet juga ga ngefek apa2 ke lari mobil cuma mesinnya meraung2 :big_biglaugh: Saya sempat pake 6 tahunan dari 2007-2013, upgrade dari KIA Visto jadi ya rasanya wow sekali bawa Jazz (pada masa itu). Lupa apa pernah ganti oli CVT or not, krn saya selalu nurut apa kata beres, yg pasti di tahun dijual itu transmisi kalo masuk gigi udah jeduk, kata SA nya mounting transmisi udah kena, bener atau ga nga tau juga krn keburu dijual ganti Ford Fiesta. Drivingnya langit dan bumi, termasuk CVT vs DCT. Sampe skrg masih belum bisa menerima 100% CVT yg gayanya penuh raungan tapi ga diimbangi sama speed, menerima nasib pake mobil skrg dua2nya CVT (HRV & CorCross hybrid). :big_childish:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: 24 Oct 2023, 15:45
kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:32
Suryaputra wrote: 23 Oct 2023, 14:33

sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
Jazz i-DSI pada jamannya itu termasuk keren loh, bisa gaya2 ala paddle shift yg model tombol disetir, padahal kalo dipencet juga ga ngefek apa2 ke lari mobil cuma mesinnya meraung2 :big_biglaugh: Saya sempat pake 6 tahunan dari 2007-2013, upgrade dari KIA Visto jadi ya rasanya wow sekali bawa Jazz (pada masa itu). Lupa apa pernah ganti oli CVT or not, krn saya selalu nurut apa kata beres, yg pasti di tahun dijual itu transmisi kalo masuk gigi udah jeduk, kata SA nya mounting transmisi udah kena, bener atau ga nga tau juga krn keburu dijual ganti Ford Fiesta. Drivingnya langit dan bumi, termasuk CVT vs DCT. Sampe skrg masih belum bisa menerima 100% CVT yg gayanya penuh raungan tapi ga diimbangi sama speed, menerima nasib pake mobil skrg dua2nya CVT (HRV & CorCross hybrid). :big_childish:
Lha kok sama om :big_biglaugh: saya pake 2017-2012. Pas dijual odo 90an rb kalo dari N ke D kayak ngorok gitu rpmnya turun dlu baru normal lg. Entah apa yg masalah :big_biglaugh: pake 5 taon, kondisi babak belur ga karuan (uda ganti velg R17, bodykit murah2, repaint sana sini, kaki2 ga pernah diurus) jual cuman rugi 32jt drpd pertama beli :big_weee: the power of Ngondah's RV :big_grin:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Or4cle »

kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:32
Suryaputra wrote: 23 Oct 2023, 14:33
kendibocor wrote: 23 Oct 2023, 14:24

Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
Jazz i-DSI jangan ambil yang CVT, pilih yang manual lumayan terasa pas-pasan tenaganya buat dalkot.
Pasti lemot lah, payung klep cuma 2 biji, kecil pulak (in/out 1 biji), combustion chamber dijejelin busi 2 biji, klep malah yang dikurangin :big_biglaugh: Apalagi matic tambah lemot karena CVT nya gak jelas, power kecil dikebiri pulak oleh transmisi CVT. Point plus-nya, nih mobil nimble banget selap-selip di jalanan gesit kayak lalat.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by kendibocor »

Or4cle wrote: 24 Oct 2023, 16:31
kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:32
Suryaputra wrote: 23 Oct 2023, 14:33

sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
Jazz i-DSI jangan ambil yang CVT, pilih yang manual lumayan terasa pas-pasan tenaganya buat dalkot.
Pasti lemot lah, payung klep cuma 2 biji, kecil pulak (in/out 1 biji), combustion chamber dijejelin busi 2 biji, klep malah yang dikurangin :big_biglaugh: Apalagi matic tambah lemot karena CVT nya gak jelas, power kecil dikebiri pulak oleh transmisi CVT. Point plus-nya, nih mobil nimble banget selap-selip di jalanan gesit kayak lalat.
Dlu ga ngerti om, dibeliin mbl bwat sendiri uda seneng bener hahaha. Boleh dibilang ni jazz idsi pilot project saya kenal mbl sendiri. Dari mulai ngebengkel sampe modif2 yg ga karuan yg alay dan cenderung bikin ga nyaman ya bljrnya dari nih mbl. Makanya abis ganti dari si njezz ini sempet ga modif2 mbl lg berasa mbl std lebih enak :big_biglaugh:

Bayangin aja dlu jezz ane uda idsi, CVT, velg R17, ada sound system pula di bagasi. Lemotnya kayak apa tuh :upss:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 16:31
peterming77 wrote: 24 Oct 2023, 15:45
kendibocor wrote: 24 Oct 2023, 14:32

Lemot mampus tuh mbah gd3. Mbl pertama ane tuh, yg idsi pula :big_biglaugh:
Uda gitu dlu namanya mahasiswa ga ngerti, kantong pas2an disuruh urus mbl sendiri. Taunya jd ganti oli mesin doang. Oli cvt ga pernah ganti sampe odo 90rb :mky_04:
Dlu seinget ane asal di gas suaranya keluar (pake knalpot brong ga jelas) tp larinya ga ada :big_biglaugh:
Jazz i-DSI pada jamannya itu termasuk keren loh, bisa gaya2 ala paddle shift yg model tombol disetir, padahal kalo dipencet juga ga ngefek apa2 ke lari mobil cuma mesinnya meraung2 :big_biglaugh: Saya sempat pake 6 tahunan dari 2007-2013, upgrade dari KIA Visto jadi ya rasanya wow sekali bawa Jazz (pada masa itu). Lupa apa pernah ganti oli CVT or not, krn saya selalu nurut apa kata beres, yg pasti di tahun dijual itu transmisi kalo masuk gigi udah jeduk, kata SA nya mounting transmisi udah kena, bener atau ga nga tau juga krn keburu dijual ganti Ford Fiesta. Drivingnya langit dan bumi, termasuk CVT vs DCT. Sampe skrg masih belum bisa menerima 100% CVT yg gayanya penuh raungan tapi ga diimbangi sama speed, menerima nasib pake mobil skrg dua2nya CVT (HRV & CorCross hybrid). :big_childish:
Lha kok sama om :big_biglaugh: saya pake 2017-2012. Pas dijual odo 90an rb kalo dari N ke D kayak ngorok gitu rpmnya turun dlu baru normal lg. Entah apa yg masalah :big_biglaugh: pake 5 taon, kondisi babak belur ga karuan (uda ganti velg R17, bodykit murah2, repaint sana sini, kaki2 ga pernah diurus) jual cuman rugi 32jt drpd pertama beli :big_weee: the power of Ngondah's RV :big_grin:
Berarti sama2 pake last edition ya Gan, soalnya habis itu terbit yg GE8. Unit saya pake no modif bener2 polosan sampe dijual lagi, ya jaman itu belum ada budget dan ga paham modif2an, yg saya ganti cuma HU krn bawaan suaranya jelek banget, begitu ganti HU tanpa ganti speaker langsung kinclong suaranya menurut kuping saya di jaman segitu. Yg pasti itu bodi belakang/pintu bagasi repaint 3-4 kali selama masa umurnya krn sering disenggol apa gara2 warna hitam ga keliatan kalo malam, sampe sama bengkel asuransi jadi langganan. :big_biglaugh:

Kalo punya saya waktu pindah gigi N ke D krasa glodak gitu aja, RPM lain2 anteng ga ada masalah, jadi mungkin ya bener mounting sudah aus aja. Lain2 itu ga ada masalah, mobil juga reliable gak pernah rewel diluar ganti aki sama ban, sampe akhir saya selalu servis beres. Belinya saya ingat 135jt an, jual 6 tahun kemudian di 115jt, ini bener2 mobil RV tertinggi :big_grin: ya krn inflasi segala macam kan GE8 waktu keluar juga udah mepet 200 seingat saya.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post