2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 04 Sep 2023, 09:43 nice review om!

utk ban R19..... cx5 dari 1st gen juga udh R19 kan yak. dulu inget banget, lawannya crv 3rd gen R17. orang2 pada ngeluh abis ban nya cx5 mahal banget ya wajar aja r19 vs r17 wkwkwkwk. ada positive sidenya juga kalo velg OEM r17 ya.... ban nya masih murah2 *elus2 velg OEM FE sembari menghibur diri

dashboardnya bener2 pol2an sama percis kaya civic FE. cuma beda tempat tuas persneling. emang aneh sih ini tuas persneling nya lebih deket ke passanger dibanding ke driver, tapi posisi enak banget kalo mau tarik electric brake, dibanding posisi electric brake FE yang ada bawah banget. sampe skrg aja kalo mau aktifin rem tangan FE, harus nengok dulu nyari2.

ini modul wireless charging nya CRV dijual terpisah gk ya? lumayan nih bisa dipasang di civic FE. keliatannya sama percis juga.

nextnya coba om, review yang 2.0 hybrid. penasaran driving experiencenya dibanding 1.5T.
agak mengejutkan mbah dia pake 19 since civic FE ente aja yg dimasukin velg 17 malahan bukan top spec yang pake 18 :ungg: di luar jg ada soalnya CRV pake 18 inch.

udah 19, michelin pula, gimana nggak mahal :upss:

ane berasanya itu tuas malah skrg jauh banget. kemarin mau TD aja buset ini gw kemunduran apa yak duduknya tp posisi setir ma pedal pas :ungg:

kalo di thailen ada harusnya tinggal retrofit modul sih ya.

coba deh kapan2 kalo ada pameran lain ada 2.0 Hybrid ane coba. penasaran jg sih :mky_03: tp di kota ane keknya mereka msh pede jualan yg 1.5T makanya unitnya cuma ada 1.5T kemarin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 09:50
iya bisa jadi ntar lama2 astra bikin skema DP 0% mulai dr LCGC :upss:
anu... rumornya sih udah mau arah ke situ dijadiin 0% DP.

ngenes amat punya mobil di indo dah kayak punya rumah harus dibantu DP 0 wakakkaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 09:39

iya, rada surprising 800jt tp rasio penjualannya 3x lebih banyak. ane malah mencium bau-bau nantinya 1.5T bakal dihentikan kayak HRV.

ane rasa kalau konsumen toyota/honda itu biasa emang udah level ke percaya pada brand nya sih, atau males mikir aja. jd butuh peremajaan ya belinya dari CRV lama belinya CRV baru. atau HRV lama ke HRV baru.

harga udah no issue kalo ngga rusak ya gak usah beli dulu wkwkwkwkwk.
justru kalo saya sih gk heran crv lbh laku yg hybrid. selisih 60jt utk org yg sanggup beli mobil range 740jtan- 800jtan sih gak kerasa. jauh lebih kerasa penghematannya nanti. inget woi, ron98 skrg shell udh 16rb per liter, per 1september kemarin kan naek gila2an smua harga non subsidi wkwkwkw.

kan yg hybrid mesinnya 2.0 hybrid ya. penasaran makanya sama impresi berkendara honda yg terkenal sat set sat set dibanding 2.0 hybridnya jinix

iya feelingnya sih skrg 1.5T masih dijual ya sebagai jembatan aja utk org beli yg hybrid. jadi keinget kasus nya chr. lalu corcross.

kemarin itu kan ada udah ada spyshot city hatch yang di stiker2in ya emblem2nya. feeling sy juga itu city hybrid tuh.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 04 Sep 2023, 10:00
justru kalo saya sih gk heran crv lbh laku yg hybrid. selisih 60jt utk org yg sanggup beli mobil range 740jtan- 800jtan sih gak kerasa. jauh lebih kerasa penghematannya nanti. inget woi, ron98 skrg shell udh 16rb per liter, per 1september kemarin kan naek gila2an smua harga non subsidi wkwkwkw.

kan yg hybrid mesinnya 2.0 hybrid ya. penasaran makanya sama impresi berkendara honda yg terkenal sat set sat set dibanding 2.0 hybridnya jinix

iya feelingnya sih skrg 1.5T masih dijual ya sebagai jembatan aja utk org beli yg hybrid. jadi keinget kasus nya chr. lalu corcross.

kemarin itu kan ada udah ada spyshot city hatch yang di stiker2in ya emblem2nya. feeling sy juga itu city hybrid tuh.
emang keknya HPM udah tau kalo pasar CRV selalu incer top trim kali yah. dari sejarahnya emang top trim CRV selalu paling laku. gak peduli selisih berapapun sama yang bawah.

prestige sensing gen 5 facelift aja jauh lebih laku daripada non-sensing padahal beda 60 juta.

kalo kijang selalu tipe tengah. skrg zenix V aja dimana mana.

pinter berarti cara jualannya HPM :upss: ni orang2 di divisi jualan HPM keknya abis ini diincer sama merek-merek sebelah wakakak.

2.0 hybrid responsif dikasih sasis CRV baru ini sih pasti lebih enak dari zenix jauh. wakakkaka. apalagi belakang ada pemberatnya lagi batre pasti lebih stabil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1767
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: 03 Sep 2023, 01:10 nah kan bener improvementnya seputar driving aspects. makanya bawa ni mobil kok rasanya rada-rada bawa RW tapi kek dipasang suspension bracing. enak sih, buat luar kota pasti stabil banget pake RW belakangnya suka agak ngebuang dan kalo dalem kota feelnya itu lebar bgt wkwkwkkw
ya abisnya formula pasnya ud ketemu um, secara size vs practicality udah dapet bgt

paling yang bisa diimprove ya sasisnya & refinement :big_biglaugh:

roadnoise improve mungkin baru kerasa pas hi speed, krn dia ada active ANC nya spt di accord. cuma ya ndak tau dimari dapet apa kg.

imo CRV ini kasusnya sama kyk RAV4

dia orang nyari balance, ga terlalu lux tapi ga cheapo juga, makanya meski ud 800jt plastiknya gitu" aja tapi sasisnya upgrade terus, aplg yg hybrid center bracenya lebi stiff dikit :big_biglaugh:

ni CRV jg dikelasnya kyknya paling fresh, CX8 & 5008 ud mayan umur, santafe jg ud keluar yang baru diluar

value CRV ini ya mobil yg aftersales & modip gampang, handling agak atletis, bagasi gede, row 2 ga ngepas. susah kan :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: 04 Sep 2023, 10:17
ya abisnya formula pasnya ud ketemu um, secara size vs practicality udah dapet bgt

paling yang bisa diimprove ya sasisnya & refinement :big_biglaugh:

roadnoise improve mungkin baru kerasa pas hi speed, krn dia ada active ANC nya spt di accord. cuma ya ndak tau dimari dapet apa kg.

imo CRV ini kasusnya sama kyk RAV4

dia orang nyari balance, ga terlalu lux tapi ga cheapo juga, makanya meski ud 800jt plastiknya gitu" aja tapi sasisnya upgrade terus :big_biglaugh:

ni CRV jg dikelasnya kyknya paling fresh, CX8 & 5008 ud mayan umur, santafe jg ud keluar yang baru diluar

value CRV ini ya mobil yg aftersales & modip gampang, handling agak atletis, bagasi gede, row 2 ga ngepas. susah kan :big_biglaugh:
di review savagegeese itu aja dia bilang di antara semua paling enak dibawa emang CRV baru ini. wkwkwkw.

kalau ngomong road noise di harga 700-800 sebenernya gak ada yg istimewa2 banget sih. paling ya 5008 karena europ. tapi sasisnya udah aging. CX-5 juga sama, dan road noise CX-5 juga nggak superior.

ane bawa SantaFe juga feel bawa CRV lebih gampang daripada bawa SantaFe.

kalau buat ane yg peduli driving dynamics udah masukin CRV ke wishlist sih. wakakkakaka. cuma masih agak hesitant aja karena bisa didapetin dgn improve suspensi RW.

dan takutnya ini bakal jadi last pure internal combustion CRV.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 10:08
emang keknya HPM udah tau kalo pasar CRV selalu incer top trim kali yah. dari sejarahnya emang top trim CRV selalu paling laku. gak peduli selisih berapapun sama yang bawah.

prestige sensing gen 5 facelift aja jauh lebih laku daripada non-sensing padahal beda 60 juta.

kalo kijang selalu tipe tengah. skrg zenix V aja dimana mana.

pinter berarti cara jualannya HPM :upss: ni orang2 di divisi jualan HPM keknya abis ini diincer sama merek-merek sebelah wakakak.

2.0 hybrid responsif dikasih sasis CRV baru ini sih pasti lebih enak dari zenix jauh. wakakkaka. apalagi belakang ada pemberatnya lagi batre pasti lebih stabil.
iya kalo zenix v ke q sih sebenernya wajar aja selisihnya beda jauh gitu. kelengkapan yg didapet juga jauh beda sih.

nah kalo crv ini nih, selisih 60jt, emang nilai jualnya kan di tech hybridnya. kalo kelengkapan, nggak jauh kentara bedanya sama 1.5T
ChZ wrote: 04 Sep 2023, 10:25
di review savagegeese itu aja dia bilang di antara semua paling enak dibawa emang CRV baru ini. wkwkwkw.

kalau ngomong road noise di harga 700-800 sebenernya gak ada yg istimewa2 banget sih. paling ya 5008 karena europ. tapi sasisnya udah aging. CX-5 juga sama, dan road noise CX-5 juga nggak superior.

ane bawa SantaFe juga feel bawa CRV lebih gampang daripada bawa SantaFe.

kalau buat ane yg peduli driving dynamics udah masukin CRV ke wishlist sih. wakakkakaka. cuma masih agak hesitant aja karena bisa didapetin dgn improve suspensi RW.

dan takutnya ini bakal jadi last pure internal combustion CRV.
iya nih. feeling sih emang civic dan crv bakal jadi last editionnya utk mesin ICE sebelum lompat ke hybrid. kan accord nanti yg masuk cuma 1 tipe doang yg hybrid. trio honda new architecture.

tapi emang masih worth sih yg 1.5T biasa juga. selain feeling bakal jadi last edition, improvement di kemewahan kabin dalem nya juga kerasa banget. belum lagi improvement yg gk keliatan kaya sasis dll nya.

btw honda sensing di all new crv ini, pake kamera dan radar juga? ato cuma kamera aja ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 04 Sep 2023, 11:11 iya kalo zenix v ke q sih sebenernya wajar aja selisihnya beda jauh gitu. kelengkapan yg didapet juga jauh beda sih.

nah kalo crv ini nih, selisih 60jt, emang nilai jualnya kan di tech hybridnya. kalo kelengkapan, nggak jauh kentara bedanya sama 1.5T

iya nih. feeling sih emang civic dan crv bakal jadi last editionnya utk mesin ICE sebelum lompat ke hybrid. kan accord nanti yg masuk cuma 1 tipe doang yg hybrid. trio honda new architecture.

tapi emang masih worth sih yg 1.5T biasa juga. selain feeling bakal jadi last edition, improvement di kemewahan kabin dalem nya juga kerasa banget. belum lagi improvement yg gk keliatan kaya sasis dll nya.

btw honda sensing di all new crv ini, pake kamera dan radar juga? ato cuma kamera aja ya?
kalo ane liat soalnya selalu ada gimmick jualan baru tiap CRV keluarin top trim dan marketnya selalu dapet barang yang dipersepsikan "canggih" pada zamannya.

RE3 : mesin lebih besar 2.4Liter, interior mewah jadi trendsetter kelas crossover yang lain spartan semua.
RM awal : built-in GPS dan bluetooth telephone (prestige beda 30jt dengan basic)
RM facelift : 6 airbag, power tailgate, terakhir nambah Fender audio.
RW : turbo engine.
RW facelift : honda sensing
RS : hybrid

buat pembeli yang blom punya nyali beli mazda atau merek2 lain takut harga jual jatuh dan servis susah, ya beli honda lebih peace of mind, pada akhirnya. kek civic turbo awal jadi make sense karena punya civic turbo lebih peace of mind daripada beli VW Golf yang mahal, chevrolet atau ford (yang akhirnya kabur).

ane rasa HPM lihat market ini yang pengen canggih tapi masih pengen peace of mind ala honda nya. mahal dikit gpp asal service mudah. akhirnya selisih 50-60juta dari base model jadi justified. buat orang kampung kek ane yg pengen coba barang baru tp males repot ke depannya. wkwkwkkw.

kalaupun mau coba hybrid keknya ane jg bakalnya beli CRV hybrid deh. wakakakka. soalnya hybrid toyota rasanya kurang nendang. paling cari seken yang masih ada warranty batre nya :mky_03:

mirip FE kayaknya, ada radar kan ya?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 231
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by Ibet »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 09:39
iya, rada surprising 800jt tp rasio penjualannya 3x lebih banyak. ane malah mencium bau-bau nantinya 1.5T bakal dihentikan kayak HRV.

ane rasa kalau konsumen toyota/honda itu biasa emang udah level ke percaya pada brand nya sih, atau males mikir aja. jd butuh peremajaan ya belinya dari CRV lama belinya CRV baru. atau HRV lama ke HRV baru.

harga udah no issue kalo ngga rusak ya gak usah beli dulu wkwkwkwkwk.
ya rasa - rasanya gitu, jadi mikirnya udah; gw dah spend 800 jeti kalo sampe ada apa - apa ya lu gw maki - maki wkwkwk
:mky_07:

next : FCEV (Hydrogen) wkwkwk
2024: Production* of an all-new hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV) based on the all-new Honda CR-V will start in 2024 at its Performance Manufacturing Center (PMC) in Marysville, Ohio. This new zero-emissions vehicle will contribute to Honda's previously announced goal to make battery electric vehicles (BEVs) and FCEVs represent 100% of its global auto sales by 2040.

The new CR-V-based FCEV also will mark North America's first production vehicle to combine a plug-in feature with FCEV technology in one model, which enables the driver to charge the onboard battery to deliver EV driving around town with the flexibility of fast hydrogen refueling for longer trips.

As America's best-selling CUV of the past quarter century, the Honda CR-V will provide an excellent foundation for a FCEV, adding zero emissions and EV performance characteristics to its fun-to-drive personality, sporty styling and outstanding utility, while retaining generous passenger and cargo spaces.

* using domestic and globally sourced parts.

source :
https://hondanews.com/en-US/honda-autom ... milestones
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 11:22
iamwewe wrote: 04 Sep 2023, 11:11 iya kalo zenix v ke q sih sebenernya wajar aja selisihnya beda jauh gitu. kelengkapan yg didapet juga jauh beda sih.

nah kalo crv ini nih, selisih 60jt, emang nilai jualnya kan di tech hybridnya. kalo kelengkapan, nggak jauh kentara bedanya sama 1.5T

iya nih. feeling sih emang civic dan crv bakal jadi last editionnya utk mesin ICE sebelum lompat ke hybrid. kan accord nanti yg masuk cuma 1 tipe doang yg hybrid. trio honda new architecture.

tapi emang masih worth sih yg 1.5T biasa juga. selain feeling bakal jadi last edition, improvement di kemewahan kabin dalem nya juga kerasa banget. belum lagi improvement yg gk keliatan kaya sasis dll nya.

btw honda sensing di all new crv ini, pake kamera dan radar juga? ato cuma kamera aja ya?
kalo ane liat soalnya selalu ada gimmick jualan baru tiap CRV keluarin top trim dan marketnya selalu dapet barang yang dipersepsikan "canggih" pada zamannya.

RE3 : mesin lebih besar 2.4Liter, interior mewah jadi trendsetter kelas crossover yang lain spartan semua.
RM awal : built-in GPS dan bluetooth telephone (prestige beda 30jt dengan basic)
RM facelift : 6 airbag, power tailgate
RW : turbo engine.
RW facelift : honda sensing
RS : hybrid

buat pembeli yang blom punya nyali beli mazda atau merek2 lain takut harga jual jatuh, ya beli honda lebih peace of mind, pada akhirnya. kek civic turbo awal jadi make sense karena punya civic turbo lebih peace of mind daripada beli VW Golf yang mahal, chevrolet atau ford (yang akhirnya kabur).

ane rasa HPM lihat market ini yang pengen canggih tapi masih pengen peace of mind ala honda nya. mahal dikit gpp asal service mudah.

kalaupun mau coba hybrid keknya ane jg bakalnya beli CRV hybrid deh. wakakakka. soalnya hybrid toyota rasanya kurang nendang. paling cari seken yang masih ada warranty batre nya :mky_03:

mirip FE kayaknya, ada radar kan ya?
nah makanya ditunggu nih ripiw nya crv hybrid. rasanya sih susah banget cari test unitnya, soalnya kan selain kuota unit hybridnya blm banyak, tipe terlaku juga yg hybrid.

kgak ah.. FE cuma kamera doang. gk ada radar. kalo sy iseng tanya bedanya sensing civic vs wrv brv city hrv ngomongnya sih kualitas software dan kamera di civic lebih baik. tau amat dah.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

Ibet wrote: 04 Sep 2023, 11:32 ya rasa - rasanya gitu, jadi mikirnya udah; gw dah spend 800 jeti kalo sampe ada apa - apa ya lu gw maki - maki wkwkwk
:mky_07:

next : FCEV (Hydrogen) wkwkw
2024: Production* of an all-new hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV) based on the all-new Honda CR-V will start in 2024 at its Performance Manufacturing Center (PMC) in Marysville, Ohio. This new zero-emissions vehicle will contribute to Honda's previously announced goal to make battery electric vehicles (BEVs) and FCEVs represent 100% of its global auto sales by 2040.

The new CR-V-based FCEV also will mark North America's first production vehicle to combine a plug-in feature with FCEV technology in one model, which enables the driver to charge the onboard battery to deliver EV driving around town with the flexibility of fast hydrogen refueling for longer trips.

As America's best-selling CUV of the past quarter century, the Honda CR-V will provide an excellent foundation for a FCEV, adding zero emissions and EV performance characteristics to its fun-to-drive personality, sporty styling and outstanding utility, while retaining generous passenger and cargo spaces.

* using domestic and globally sourced parts.

source :
https://hondanews.com/en-US/honda-autom ... milestones
seru nih, soalnya honda jg sudah lama invest ke teknologi hydrogen fuel cell juga sama kek toyota.
iamwewe wrote: 04 Sep 2023, 11:33
nah makanya ditunggu nih ripiw nya crv hybrid. rasanya sih susah banget cari test unitnya, soalnya kan selain kuota unit hybridnya blm banyak, tipe terlaku juga yg hybrid.

kgak ah.. FE cuma kamera doang. gk ada radar. kalo sy iseng tanya bedanya sensing civic vs wrv brv city hrv ngomongnya sih kualitas software dan kamera di civic lebih baik. tau amat dah.
CBU pula, kalaupun ada biasa udah sold out. wakakkakaka. tinggal ada yang nakal gak berani kasih icip icip unit udah booked tp limited aka di dealer aja :mky_07:

moga2 aja jatah direkturnya CRV hybrid biasa dikasih buat TD pameran keliling. honda semarang cukup lengkap sih lineup biasa di main dealer kepajang tuh dari brio ampe accord mobil dinas pejabat2nya.

hmmm wait barusan ane liat foto2 keknya ada sesuatu mirip radar di kaca depan. wkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10001
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: 04 Sep 2023, 11:32
ChZ wrote: 04 Sep 2023, 09:39
iya, rada surprising 800jt tp rasio penjualannya 3x lebih banyak. ane malah mencium bau-bau nantinya 1.5T bakal dihentikan kayak HRV.

ane rasa kalau konsumen toyota/honda itu biasa emang udah level ke percaya pada brand nya sih, atau males mikir aja. jd butuh peremajaan ya belinya dari CRV lama belinya CRV baru. atau HRV lama ke HRV baru.

harga udah no issue kalo ngga rusak ya gak usah beli dulu wkwkwkwkwk.
ya rasa - rasanya gitu, jadi mikirnya udah; gw dah spend 800 jeti kalo sampe ada apa - apa ya lu gw maki - maki wkwkwk
:mky_07:

next : FCEV (Hydrogen) wkwkwk
2024: Production* of an all-new hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV) based on the all-new Honda CR-V will start in 2024 at its Performance Manufacturing Center (PMC) in Marysville, Ohio. This new zero-emissions vehicle will contribute to Honda's previously announced goal to make battery electric vehicles (BEVs) and FCEVs represent 100% of its global auto sales by 2040.

The new CR-V-based FCEV also will mark North America's first production vehicle to combine a plug-in feature with FCEV technology in one model, which enables the driver to charge the onboard battery to deliver EV driving around town with the flexibility of fast hydrogen refueling for longer trips.

As America's best-selling CUV of the past quarter century, the Honda CR-V will provide an excellent foundation for a FCEV, adding zero emissions and EV performance characteristics to its fun-to-drive personality, sporty styling and outstanding utility, while retaining generous passenger and cargo spaces.

* using domestic and globally sourced parts.

source :
https://hondanews.com/en-US/honda-autom ... milestones
ini lbh menarik dan relatif lbh aman dibanding EV
harus diperhatikan containment H tank nya :big_peace:

btw pertamina jg dah mulai tuh,
https://universitaspertamina.ac.id/beri ... ri-ulubelu
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 11:44
btw pertamina jg dah mulai tuh,
https://universitaspertamina.ac.id/beri ... ri-ulubelu
mayan, kalo aus nongkrong di belakang mobil aja. solusi di cuaca panas kek sekarang gini :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10001
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 11:46
Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 11:44
btw pertamina jg dah mulai tuh,
https://universitaspertamina.ac.id/beri ... ri-ulubelu
mayan, kalo aus nongkrong di belakang mobil aja. solusi di cuaca panas kek sekarang gini :upss:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1767
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 11:44
ini lbh menarik dan relatif lbh aman dibanding EV
harus diperhatikan containment H tank nya :big_peace:

btw pertamina jg dah mulai tuh,
https://universitaspertamina.ac.id/beri ... ri-ulubelu
aman seh aman

cuma malesnya klo itu H tank kaput bisa berabe :big_biglaugh:

belom infra & containementnya. di US aja sering tuh selang H nya pada stiff beku grgr terlalu dingin

mending efuel aja seh imo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: 04 Sep 2023, 12:08 aman seh aman

cuma malesnya klo itu H tank kaput bisa berabe :big_biglaugh:

belom infra & containementnya. di US aja sering tuh selang H nya pada stiff beku grgr terlalu dingin

mending efuel aja seh imo
sebenernya

keluar si green green itu lebih baik sih daripada disuruh ganti EV atau hybrit.

lebih realistis dan sustainable jg.

orang ga butuh waktu lama buat analisis resiko bensin,

kalo EV kan analisis resikonya panjang. belom jual motor / mobil lama beli motor / mobil baru.

emang akhirnya solusinya alternative fuel sih. atau hydrogen fuel. nggak mungkin implementasi 100% EV resource gak cukup.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10001
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 12:47
darrelund wrote: 04 Sep 2023, 12:08 aman seh aman

cuma malesnya klo itu H tank kaput bisa berabe :big_biglaugh:

belom infra & containementnya. di US aja sering tuh selang H nya pada stiff beku grgr terlalu dingin

mending efuel aja seh imo
sebenernya

keluar si green green itu lebih baik sih daripada disuruh ganti EV atau hybrit.

lebih realistis dan sustainable jg.

orang ga butuh waktu lama buat analisis resiko bensin,

kalo EV kan analisis resikonya panjang. belom jual motor / mobil lama beli motor / mobil baru.
Depends

Klo income dah ratusan juta sebulan, analisis resiko nya gak sepanjang yg mikir "jual lagi mudah gak?"
Lah income segitu sih lembiru aja lah, resiko udh dipertimbangkan dengan income yg besar, jd lbh ke kepuasan gas polllss.. klo laku dan bisa jual lagi jg sukur :big_peace:

Mereka udh punya masalah dan mikirin hal yg lbh besar, drpd mikirin resiko punya EV

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 12:51
Depends

Klo income dah ratusan juta sebulan, analisis resiko nya gak sepanjang yg mikir "jual lagi mudah gak?"
Lah income segitu sih lembiru aja lah, laku dam bisa jual lagi jg sukur :big_peace:

Mereka punya masalah dan mikirin hal yg lbh besar, drpd mikirin resiko punya EV

:ngacir:
yang income ratusan juta sebulan cuma 1% populasi mbah. annual sales mobil baru 0.5% per jumlah penduduk per tahun.

kita kita ini masi mikir nanti service bill di thn ke-8 include batre puluhan ratusan jeti gak. pdhl udah dalam taraf mampu beli ya mampu aja.

klo emang beneran mikirin lingkungan, jelas disposable cars bukan solusinya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10001
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 12:53
Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 12:51
Depends

Klo income dah ratusan juta sebulan, analisis resiko nya gak sepanjang yg mikir "jual lagi mudah gak?"
Lah income segitu sih lembiru aja lah, laku dam bisa jual lagi jg sukur :big_peace:

Mereka punya masalah dan mikirin hal yg lbh besar, drpd mikirin resiko punya EV

:ngacir:
yang income ratusan juta sebulan cuma 1% populasi mbah. annual sales mobil baru 0.5% per jumlah penduduk per tahun.

kita kita ini masi mikir nanti service bill di thn ke-8 include batre puluhan ratusan jeti gak. pdhl udah dalam taraf mampu beli ya mampu aja.

klo emang beneran mikirin lingkungan, jelas disposable cars bukan solusinya.
Skrg masih proses mindahin polusi, Dr udara ke darat :mky_03:
Belum mengurangi polusi sebetulnya.

Tp biasa lah, transisi perubahan teknologi proses nya ya spt ini.

Klo gak ada early adopter with big money, ya proses inovasi spt ini gak akan ada :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ExorT »

Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 12:51
ChZ wrote: 04 Sep 2023, 12:47
darrelund wrote: 04 Sep 2023, 12:08 aman seh aman

cuma malesnya klo itu H tank kaput bisa berabe :big_biglaugh:

belom infra & containementnya. di US aja sering tuh selang H nya pada stiff beku grgr terlalu dingin

mending efuel aja seh imo
sebenernya

keluar si green green itu lebih baik sih daripada disuruh ganti EV atau hybrit.

lebih realistis dan sustainable jg.

orang ga butuh waktu lama buat analisis resiko bensin,

kalo EV kan analisis resikonya panjang. belom jual motor / mobil lama beli motor / mobil baru.
Depends

Klo income dah ratusan juta sebulan, analisis resiko nya gak sepanjang yg mikir "jual lagi mudah gak?"
Lah income segitu sih lembiru aja lah, resiko udh dipertimbangkan dengan income yg besar, jd lbh ke kepuasan gas polllss.. klo laku dan bisa jual lagi jg sukur :big_peace:

Mereka udh punya masalah dan mikirin hal yg lbh besar, drpd mikirin resiko punya EV

:ngacir:
Pinginnya sih begitu mbah, tinggal beli ga peduli jual laginya gimana.

Tapi kalau orang start dari nol menuju income ratusan juta sebulan juga dulu nya pasti terjal perjuangannnya.
Dan lagi pasti ada rasa sayang, andaikan beli barang mahal, tapi tahu nanti bakalan jadi disposable item.

Pinginnya beli yang pasti2 saja. Toh fungsinya juga masi sama aja. Mungkin kalo yang bisa terbang EV only, baru deh dicoba :mky_03:

*Ga berlaku buat yang YOLO
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1767
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 12:47 sebenernya

keluar si green green itu lebih baik sih daripada disuruh ganti EV atau hybrit.

lebih realistis dan sustainable jg.

orang ga butuh waktu lama buat analisis resiko bensin,

kalo EV kan analisis resikonya panjang. belom jual motor / mobil lama beli motor / mobil baru.

emang akhirnya solusinya alternative fuel sih. atau hydrogen fuel. nggak mungkin implementasi 100% EV resource gak cukup.
tapi tetep hydrogen gak efisien um

sudah yield kecil, butuh tenaga besar. infra jg harus special. makanya diluar sana pada males bikin hydrogen

asumsikan kebutuhan tenaga & yield sama, enakan e fuel krn bisa pakai infra yang ada

klo alternative fuel paling klo ga bio bioan ya efuel :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: 04 Sep 2023, 13:37 tapi tetep hydrogen gak efisien um

sudah yield kecil, butuh tenaga besar. infra jg harus special. makanya diluar sana pada males bikin hydrogen

asumsikan kebutuhan tenaga & yield sama, enakan e fuel krn bisa pakai infra yang ada

klo alternative fuel paling klo ga bio bioan ya efuel :big_biglaugh:
Wkwkwk. Intinya emang lebih masuk akal ngubah bensin.

Toh negara yang katanya maju jg maju mundur mau 100% ban internal combustion. Emang susah. Mentok ya ban "pure" internal combustion. Ini aja maju mundur alias masih wacana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10001
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Sep 2023, 14:02
darrelund wrote: 04 Sep 2023, 13:37 tapi tetep hydrogen gak efisien um

sudah yield kecil, butuh tenaga besar. infra jg harus special. makanya diluar sana pada males bikin hydrogen

asumsikan kebutuhan tenaga & yield sama, enakan e fuel krn bisa pakai infra yang ada

klo alternative fuel paling klo ga bio bioan ya efuel :big_biglaugh:
Wkwkwk. Intinya emang lebih masuk akal ngubah bensin.

Toh negara yang katanya maju jg maju mundur mau 100% ban internal combustion. Emang susah. Mentok ya ban "pure" internal combustion. Ini aja maju mundur alias masih wacana.
ujung2nya tau2 plot twist, dr semua kegaduhan ini..., e-fuel yg nikung silently :big_biglaugh:

masalah drivetrain, hybrid ok, N/A ok, turbo ok.
Astra group jg gak bakal mau kehilangan market otomotif yg mana porsi terbesarnya ada di SES-C
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15803
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 04 Sep 2023, 14:34 ujung2nya tau2 plot twist

dr semua kegaduhan ini..., e-fuel yg win the competition silently

masalah drivetrain, hybrid ok, N/A ok, turbo ok.
Astra group jg gak bakal mau kehilangan market :big_biglaugh:
kalo liat ke depannya si kayaknya emerging market kek kita bakal mayoritas didominasi hybrid / mild hybrid.

tinggal liat si as*ra langkah berikutnya gmn. bisa ngga jual veloz / avanza hybrid. yaris crot kayaknya cuma mock-up product awal untuk develop mesin 2NR with hybrid powertrain. long term plannya ya bikin veloz hybrid.

kalo LCGC hybrid masih blm masuk itungannya :mky_03:

mobil murah (lcgc) udah pasti pure internal combustion 1 liter - 1.2 liter.
mobil menengah (lmpv up) mild hybrid atau full hybrid, dengan pure gasoline / diesel variant tetep dijual sambil test market.
mobil 700 juta ke atas full electric atau full hybrid.

sportcar / hot hatch mungkin akan tetap pakai gasoline + turbo for the time being. pabrikan msh blm tega kasih sportcar hybrid. ruins the experience.

supercar/hypercar baru yang pake hybrid itupun tujuannya boost performance.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: 2023 Honda CR-V 1.5 Turbo CVT (RS1) Short Drive

Post by maskopat »

Tahu improvements chassis itu dari mana nya?? Mohon bantu diarahkan ane yang cupu ini...
Kadang gak bisa bedakan itu karena ban.. atau????
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post