Temen dulu pakai camry XV40, juga nyerah benerin kaki kakinya. Wkwkwkwkw.Suryaputra wrote: ↑28 Jun 2023, 22:21 Tenang masterr.
Corolla kakiny kuat itu cuma cap cip cup aja.
Sesama monokok fwd ya gtu gtu aja kuat dan jajan kakinya.
Paradigma toyota kaki kuat, itu berlaku buat toyota rwd dan ladder frame (keluarga kijang dan sejenis).
Terlepas dr case shock bocor![]()
Review: All New Civic RS 2023
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: All New Civic RS 2023
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: 26 Jul 2017, 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Review: All New Civic RS 2023
Congrats Om mobil barunya!!
Jujur Civic ini paling gak gampang bosen diliatnya, ganteng, elegan tapi juga sporty..
Saran aja Om, buat nutupin jenong di grille nya, di stikerin bagian atasnya, jadi kaya Civic Si di Murica wkwkwk
Jujur Civic ini paling gak gampang bosen diliatnya, ganteng, elegan tapi juga sporty..
Saran aja Om, buat nutupin jenong di grille nya, di stikerin bagian atasnya, jadi kaya Civic Si di Murica wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
semoga aja dah.. kalo shock bocor sih biasa lah. kalo steering rack ato intermediate itu tuh buset males benerChZ wrote: ↑29 Jun 2023, 09:13Temen dulu pakai camry XV40, juga nyerah benerin kaki kakinya. Wkwkwkwkw.Suryaputra wrote: ↑28 Jun 2023, 22:21 Tenang masterr.
Corolla kakiny kuat itu cuma cap cip cup aja.
Sesama monokok fwd ya gtu gtu aja kuat dan jajan kakinya.
Paradigma toyota kaki kuat, itu berlaku buat toyota rwd dan ladder frame (keluarga kijang dan sejenis).
Terlepas dr case shock bocor![]()
thank u om.
kgk om.. saya bnr2 suka nya kalem gini aja tampilan bawaan. nanti aja paling remap doang biar ngga malu2in di tol.. malu naek civic tapi jalan pelan ntar kekeke
- josomba
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3008
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Review: All New Civic RS 2023
Nice review om...
Saran aja, kalau khawatir rack steer, baikan dr awal minta di BeRes tambah gemuk yg banyak di dalemnya. 2 mobil jepun yg ane piara, 2-2nya dikit bener grease di seputaran rack n pinion-nya.
Kalau beres nda mau, paling di bengkel2 umum luar. Sekalian bisa pake grease bagusan (bukan cobra).
Saran aja, kalau khawatir rack steer, baikan dr awal minta di BeRes tambah gemuk yg banyak di dalemnya. 2 mobil jepun yg ane piara, 2-2nya dikit bener grease di seputaran rack n pinion-nya.
Kalau beres nda mau, paling di bengkel2 umum luar. Sekalian bisa pake grease bagusan (bukan cobra).

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
thanks omjosomba wrote: ↑29 Jun 2023, 16:39 Nice review om...
Saran aja, kalau khawatir rack steer, baikan dr awal minta di BeRes tambah gemuk yg banyak di dalemnya. 2 mobil jepun yg ane piara, 2-2nya dikit bener grease di seputaran rack n pinion-nya.
Kalau beres nda mau, paling di bengkel2 umum luar. Sekalian bisa pake grease bagusan (bukan cobra).
ok2.. lsg tembak gemuk awal2 ya. nanti coba dah pas service 1000km saya minta tembak gemuk lagi. tq om sarannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12258
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review: All New Civic RS 2023
iamwewe wrote: ↑29 Jun 2023, 13:13semoga aja dah.. kalo shock bocor sih biasa lah. kalo steering rack ato intermediate itu tuh buset males benerChZ wrote: ↑29 Jun 2023, 09:13Temen dulu pakai camry XV40, juga nyerah benerin kaki kakinya. Wkwkwkwkw.Suryaputra wrote: ↑28 Jun 2023, 22:21 Tenang masterr.
Corolla kakiny kuat itu cuma cap cip cup aja.
Sesama monokok fwd ya gtu gtu aja kuat dan jajan kakinya.
Paradigma toyota kaki kuat, itu berlaku buat toyota rwd dan ladder frame (keluarga kijang dan sejenis).
Terlepas dr case shock bocor![]()
Sama aja
Both are great and reliable car.
Tp by data, di daerah sono, in average, overall perawatan brand honda cenderung lbh murah

Btw klo ada nitijen ribut2 soal Road Noise...
Ini aja sy coba punya kolega, NVH nya lbh berasa dibanding Civic FC,
Yess.. truly Civic FC lebih refined Road Noise / Vibration nya.

Tapiii.. handling dan sasisnya emg feels solid banget.
Enak banget buat nekuk di tikungan.
Apalagi mesinnya di RPM tinggi aduh... plisur banget, halus dan merduuu..
Bener2 cocok ini Golep MK7 FL dikasih label Mobil Rakyat...
Rakyat yang UMR nya 10x lipat negeri tercinta

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- darrelund
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2420
- Joined: 04 Jun 2018, 20:35
- Location: Jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
lho, sipik FE itu memang tinggi um
sebelahan sama masda 3, civic itu jd keliatan kyk crossover

FC-FK klo di amrik sana GC nya kurleb 120-130mm, harusnya disini juga sama
FE ada yg ngukur GC 170mm

- darrelund
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2420
- Joined: 04 Jun 2018, 20:35
- Location: Jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
bener khan tinggiiamwewe wrote: ↑28 Jun 2023, 14:31 nah ini saking penasarannya nih ternyata groundclearancenya kondisi standar R17 adalah........... jeng jeng... 120mm doang. kaget juga.
ini foto diukur dari depan, dan samping.
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (2).jpeg
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (3).jpeg
khusus belakang, saya ambil dari bibir knalpot, karena ini yg paling suka kebentok stopper pas parkiran.
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (4).jpeg
maap kalo sampe nggak rapih ato akurat banget foto / pegang meterannya.
bonus tampilan full knalpot belakang yg keliatan las2annya dan mungkin peredaman kolong nya
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01.jpeg
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (1).jpeg
bumper depan aja 210mm
samping 190mm
klo sudah hitung undercarriage manuk akal klo 170mm
sedan rasa crossover
HRV RS aja klo diitung dari titik terendah cuma 170-180an mm

sebagai comparison, masda 2 GC nya 160mm sahaja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
buset bandingannya golf..... minggir dulu dah ini.. tu golf angka speedometernya aja dah sangar benerrrSuryaputra wrote: ↑29 Jun 2023, 22:18
Sama aja
Both are great and reliable car.
Tp by data, di daerah sono, in average, overall perawatan brand honda cenderung lbh murah
Btw klo ada nitijen ribut2 soal Road Noise...
Ini aja sy coba punya kolega, NVH nya lbh berasa dibanding Civic FC,
Yess.. truly Civic FC lebih refined Road Noise / Vibration nya.
Tapiii.. handling dan sasisnya emg feels solid banget.
Enak banget buat nekuk di tikungan.
Apalagi mesinnya di RPM tinggi aduh... plisur banget, halus dan merduuu..
Bener2 cocok ini Golep MK7 FL dikasih label Mobil Rakyat...
Rakyat yang UMR nya 10x lipat negeri tercinta![]()
tapi ini civic juga suaranya merdu kok dirpm tinggi.. saking merdu nya yaaaa sampe merduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu gitu aja teruss

iya nih.. bnr2 lebih tenang hati rasanya kalo lewat poldur dkk

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12258
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review: All New Civic RS 2023
0-100 sama" 8 detik koma koq.
Mungkin klo long run 0 - 1000 meter cenderung kalah mbah.
Krn powernya kan gak sebesar civic, ditambah ini 1400cc.
Doi krn pakai DSG ajah jd start awal pasti unggul

Cuma bener mbah.
Civic masih lbh haluss klo bicara road vibration and noise, dibanding golep.
Saya cobain, Mobil rakyat gtu sasisnya firm jd getaran dan gerundulan aspal di low speed berasa loh.
Klo hi speed beda cerita.. road noise + adrenaline.
Anti ngantuk beneran klo duduk di golep hahaha.
Bawaannya pengen gas poll terus, klo low speed kurang refine.
Pakai paddleshiftnya mbah klo cvt, jd gak merdu to infinity

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: All New Civic RS 2023
skrg pakai FK 44ribu tiap hari semi offroad si sukur blom kena apa apa paling shock belakang rembes aja kemaren service skalian general check juga aman jaya wkwkwkw.
HRV RU5 bunyi klotok2 bushing racksteer dan bushing lower arm cukup 1jt aja benerinnya itu aja keknya udah 4 tahun yang lalu deh. wkwkwkwkw. odo 51ribu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: All New Civic RS 2023
ane gak tau kalo FE1, tapi di FK4 kadang di D sejak di remap suka gak mau oper. di S baru mau oper. makanya klo tes akselerasi pasti pake mode S

waktu standar sih enggak. under 6000 rpm tapi ngopernya. di S baru bisa lebih tinggi dikit.
kalo di FE1 pake D nggak virtual shifting sih coba di S nggak usah pake paddle, pindah sendiri harusnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12258
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review: All New Civic RS 2023
cvt jaman now, dia virtual gear shift gtu yah.ChZ wrote: ↑30 Jun 2023, 10:01ane gak tau kalo FE1, tapi di FK4 kadang di D sejak di remap suka gak mau oper. di S baru mau oper. makanya klo tes akselerasi pasti pake mode S![]()
waktu standar sih enggak. under 6000 rpm tapi ngopernya. di S baru bisa lebih tinggi dikit.
kalo di FE1 pake D nggak virtual shifting sih coba di S nggak usah pake paddle, pindah sendiri harusnya.
sy coba xpander FL CVT jg gtu,
klo pakai D, dan dibejek, dia lakukan virtual gearshift di mid - hi-rpm
jadi sensasi "nguuunnngggg" to infinity itu minim

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: 21 Dec 2021, 00:17
Re: Review: All New Civic RS 2023
Kalau ga salah inget, bukannya virtual shifting di CVT ini, in general, malah bikin memperlambat waktu ya?ChZ wrote: ↑30 Jun 2023, 10:01ane gak tau kalo FE1, tapi di FK4 kadang di D sejak di remap suka gak mau oper. di S baru mau oper. makanya klo tes akselerasi pasti pake mode S![]()
waktu standar sih enggak. under 6000 rpm tapi ngopernya. di S baru bisa lebih tinggi dikit.
kalo di FE1 pake D nggak virtual shifting sih coba di S nggak usah pake paddle, pindah sendiri harusnya.
Anyway, mainin paddle di honda generasi turbo terbaru gini, ga enak. Berasa fake sekali.
Lebih enak di generasi sebelumnya, berasa lebih mechanical ketika downshift paddle nya. Walaupun delaynya lebih berasa, tetap kerasa lebih fun. Buat fun to drive, menurut ane, mesin NA tetap yang terbaik.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: All New Civic RS 2023
kalau di mobil turbo ga masalah, biasa top end emang uda flat. tinggal main titik shiftingnya dimana. kl pake mode S biasa civic/CRV oper di 6000an, dropnya di 5700an. jd masih ngga drop powernya. in some sense kalo kayak di CRV malah berasanya pindahnya mirip DSG minim powerloss.ExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 10:37
Kalau ga salah inget, bukannya virtual shifting di CVT ini, in general, malah bikin memperlambat waktu ya?
Anyway, mainin paddle di honda generasi turbo terbaru gini, ga enak. Berasa fake sekali.
Lebih enak di generasi sebelumnya, berasa lebih mechanical ketika downshift paddle nya. Walaupun delaynya lebih berasa, tetap kerasa lebih fun. Buat fun to drive, menurut ane, mesin NA tetap yang terbaik.
biasa ane pakai paddle buat bantu engine brake aja sih. 99% useless, mau tes akselerasi jg oper sendiri. wkwkkwkwkw. malah lebih berasa natural ngoper biasa dibanding kita pindahin pake paddle.
mangkanya ane beli E39 om. nggak masuk buat dipake daily macet macetan pegel buat jalan jalan malem aja. mode manualnya aja mechanical feelnya enak banget. trs suara enem silinder nya BMW

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: 21 Dec 2021, 00:17
Re: Review: All New Civic RS 2023
Yoi banget ini. Gearboxnya udah ZF 5 speed ya? Pindahin + - di tuas bawah jauh lebih fun ada rasa dorong yang agak berat dibanding paddle pop. HahahaChZ wrote: ↑30 Jun 2023, 10:43kalau di mobil turbo ga masalah, biasa top end emang uda flat. tinggal main titik shiftingnya dimana. kl pake mode S biasa civic/CRV oper di 6000an, dropnya di 5700an. jd masih ngga drop powernya. in some sense kalo kayak di CRV malah berasanya pindahnya mirip DSG minim powerloss.ExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 10:37
Kalau ga salah inget, bukannya virtual shifting di CVT ini, in general, malah bikin memperlambat waktu ya?
Anyway, mainin paddle di honda generasi turbo terbaru gini, ga enak. Berasa fake sekali.
Lebih enak di generasi sebelumnya, berasa lebih mechanical ketika downshift paddle nya. Walaupun delaynya lebih berasa, tetap kerasa lebih fun. Buat fun to drive, menurut ane, mesin NA tetap yang terbaik.
biasa ane pakai paddle buat bantu engine brake aja sih. 99% useless, mau tes akselerasi jg oper sendiri. wkwkkwkwkw. malah lebih berasa natural ngoper biasa dibanding kita pindahin pake paddle.
mangkanya ane beli E39 om. nggak masuk buat dipake daily macet macetan pegel buat jalan jalan malem aja. mode manualnya aja mechanical feelnya enak banget. trs suara enem silinder nya BMW![]()
Makanya ane baca thread sebelah om kompre, sampai ga bisa tidur. Kebayang civic turbo 400hp ama 86 nya. Hahahaha
Keren banget, jalan segitu VSC and TC off semua.

Bener juga tuh om kompre bilang, mobil sport jepang, dipake lama turunnya dikit, kalau hoki malah lebih tinggi dari belinya

Bonus awet muda jantung sehat + kaki sehat kiri kanan seimbang + tangan tambah lincah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
kadang angka buat saya nggak jadi patokan sampe gimana. soalnya angka itu bnr2 dipake di kondisi yang bnr2 niat. contoh niat drag 0-100. ato mungkin start roll race gitu. tapi seberapa sering sih kita di kondisi gitu? paling lucu2an sesekali run sama temen. buat saya, gimana2 juga feel dipake harian itu yg paling penting. nah kalo bicara golf, kalo gk salah kan dia udh supercharged engine ya biar 1.4cc juga. harusnya sangar banget dah ditambah kombo maut DSG nya, dibanding civic yg pake turbo kecil gini dan cvt.Suryaputra wrote: ↑30 Jun 2023, 09:00
0-100 sama" 8 detik koma koq.
Mungkin klo long run 0 - 1000 meter cenderung kalah mbah.
Krn powernya kan gak sebesar civic, ditambah ini 1400cc.
Doi krn pakai DSG ajah jd start awal pasti unggul![]()
Cuma bener mbah.
Civic masih lbh haluss klo bicara road vibration and noise, dibanding golep.
Saya cobain, Mobil rakyat gtu sasisnya firm jd getaran dan gerundulan aspal di low speed berasa loh.
Klo hi speed beda cerita.. road noise + adrenaline.
Anti ngantuk beneran klo duduk di golep hahaha.
Bawaannya pengen gas poll terus, klo low speed kurang refine.
Pakai paddleshiftnya mbah klo cvt, jd gak merdu to infinity![]()
kebayang banget nih bahasa golf sasisnya firm dan grundulan nya kalo dibawa jalan pelan. makin kebayang kalo lewat jalanan konblok gitu dah.
paddleshift saya juga nggak pernah pake nih.. cuma pake pas lagi turunan doang, engine brake asal ada sdikit aja.
asikkkk... minimal kalo jalanan konblok pik, civic kalo kena kaki2 di 60rb km juga udh puas banget dah. apalagi bini termasuk yg jorok juga pake mobil nya. gas, rem, dan kalo ada poldur malah buat dia kesempetan buat nyalip mobil lain. ampun.ChZ wrote: ↑30 Jun 2023, 09:15
skrg pakai FK 44ribu tiap hari semi offroad si sukur blom kena apa apa paling shock belakang rembes aja kemaren service skalian general check juga aman jaya wkwkwkw.
HRV RU5 bunyi klotok2 bushing racksteer dan bushing lower arm cukup 1jt aja benerinnya itu aja keknya udah 4 tahun yang lalu deh. wkwkwkwkw. odo 51ribu.
eh ngomong2 hrv ru.. kmrn jual pas km 32rb sih kaki2 gk ada masalah samsek. yg paling berkesan dari hrv ini....... harga jual 2nd nya wkwkw. gk masuk akal beli 300jt pake 4th dijual masih 260jt. isi pertalit full dari baru. bahkan kalo kita sewa mobil juga rasanya cost nya jauh lbh gede dari biaya saya piara hrv. asoy abis
trus utk gear indicator, di FE udh gk ada gear position S lagi. cuma P R N D aja. mungkin ya ini S diganti aja sama drive mode ada eco ada sport nya kan. tapi males lah pake sport mode gitu, RPM nya nahan tinggi. jadi di dalem juga ngga enak. udah paling bener remap aja nanti. posisi D juga udh ngacir.
oh ya pny si om, abis di remap malah suka gak mau ngoper gitu rasanya? kaya ketahan gitu dong? sy pengalaman tiap kali remap di mbah sat, selalu ditanya dia sih. gaya berkendaranya kaya gimana. dan ngarep mobilnya jadi kaya gimana. oh sama dia tanya juga, isi bbm nya apa. gk tau deh om chz dulu remap dimana ato mungkin setelan map nya yg gimana modelannya
nah om, bener2 harus coba civic ini. perasaan sotoy saya, bobot mobil ringan + cvt + mesin turbo dan turbo engage di rpm kecil sih ini mobil nggak ada obat kalo buat ugal kecepatan dibawah 120. rasa yg mirip banget sama innova diesel remap saya. cuma kalo innova karena dia 6AT gitu dia ada saatnya RPM tertentu ya kaya abis napasnya dan naik gigi tuh. nah itu rasanya kaya loss gimana gitu momennya. ngulang lagi. kalo civic ini saya coba ngga kaya gitu. ngisi terus, dengan sensasi suara nguuu merdunya itu. mungkin pas di spot turbo nya spool kali ya. susah deh jelasinnya. ato mungkin juga ada perbedaan antara diesel vs bensin. entahlahExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 12:40 Yoi banget ini. Gearboxnya udah ZF 5 speed ya? Pindahin + - di tuas bawah jauh lebih fun ada rasa dorong yang agak berat dibanding paddle pop. Hahaha
Makanya ane baca thread sebelah om kompre, sampai ga bisa tidur. Kebayang civic turbo 400hp ama 86 nya. Hahahaha
Keren banget, jalan segitu VSC and TC off semua.![]()
Bener juga tuh om kompre bilang, mobil sport jepang, dipake lama turunnya dikit, kalau hoki malah lebih tinggi dari belinya![]()
Bonus awet muda jantung sehat + kaki sehat kiri kanan seimbang + tangan tambah lincah.
nah om kompre sih emang idol gw banget. semoga kelak di umur tua saya, bisa kaya gitu. kombo fortuner + 86 wkwkwk. kalo skrg inova + civic dulu dah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12258
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review: All New Civic RS 2023
Setuju mbahiamwewe wrote: ↑30 Jun 2023, 18:06kadang angka buat saya nggak jadi patokan sampe gimana. soalnya angka itu bnr2 dipake di kondisi yang bnr2 niat. contoh niat drag 0-100. ato mungkin start roll race gitu. tapi seberapa sering sih kita di kondisi gitu? paling lucu2an sesekali run sama temen. buat saya, gimana2 juga feel dipake harian itu yg paling penting. nah kalo bicara golf, kalo gk salah kan dia udh supercharged engine ya biar 1.4cc juga. harusnya sangar banget dah ditambah kombo maut DSG nya, dibanding civic yg pake turbo kecil gini dan cvt.Suryaputra wrote: ↑30 Jun 2023, 09:00
0-100 sama" 8 detik koma koq.
Mungkin klo long run 0 - 1000 meter cenderung kalah mbah.
Krn powernya kan gak sebesar civic, ditambah ini 1400cc.
Doi krn pakai DSG ajah jd start awal pasti unggul![]()
Cuma bener mbah.
Civic masih lbh haluss klo bicara road vibration and noise, dibanding golep.
Saya cobain, Mobil rakyat gtu sasisnya firm jd getaran dan gerundulan aspal di low speed berasa loh.
Klo hi speed beda cerita.. road noise + adrenaline.
Anti ngantuk beneran klo duduk di golep hahaha.
Bawaannya pengen gas poll terus, klo low speed kurang refine.
Pakai paddleshiftnya mbah klo cvt, jd gak merdu to infinity![]()
kebayang banget nih bahasa golf sasisnya firm dan grundulan nya kalo dibawa jalan pelan. makin kebayang kalo lewat jalanan konblok gitu dah.
paddleshift saya juga nggak pernah pake nih.. cuma pake pas lagi turunan doang, engine brake asal ada sdikit aja.
0-100 kurang relevan buat daiy.
Aplagi mbl skrg udh hampir cvt semua.
Lbh relevan dr rolling start malah
Itu mensimulasikan kondisi seruntulan lg jalan ramai

Tp back to civic.. ini sedan yg all rounder.
FK aja performa oke, bantingan cukup soft, tapi tetap agile.
Ditambah ketersediaan parts dan cash-liquid gak usah khawatir
Gak heran juara ngelawan kompetitornya sesama Fwd, even dr eropah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: 21 Dec 2021, 00:17
Re: Review: All New Civic RS 2023
Kalau sudah sempat dibawa ke jalan2 gunung, request impresi nya om.iamwewe wrote: ↑30 Jun 2023, 18:06
nah om, bener2 harus coba civic ini. perasaan sotoy saya, bobot mobil ringan + cvt + mesin turbo dan turbo engage di rpm kecil sih ini mobil nggak ada obat kalo buat ugal kecepatan dibawah 120. rasa yg mirip banget sama innova diesel remap saya. cuma kalo innova karena dia 6AT gitu dia ada saatnya RPM tertentu ya kaya abis napasnya dan naik gigi tuh. nah itu rasanya kaya loss gimana gitu momennya. ngulang lagi. kalo civic ini saya coba ngga kaya gitu. ngisi terus, dengan sensasi suara nguuu merdunya itu. mungkin pas di spot turbo nya spool kali ya. susah deh jelasinnya. ato mungkin juga ada perbedaan antara diesel vs bensin. entahlah
nah om kompre sih emang idol gw banget. semoga kelak di umur tua saya, bisa kaya gitu. kombo fortuner + 86 wkwkwk. kalo skrg inova + civic dulu dah
Di hrv rs, turbo lag nya berasa sekali waktu uphill di pegunungan yang berkelok2. Jeda power kosong setelah keluar tikungan, sampai tau2 surge ketika powernya ngisi, bikin mabuk nyetirnya.

Tapi dijalan datar berasa smooth sekali dan ngisi terus. Seperti impresi om diatas.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
yes om.. semoga aja awet dan memuaskan nanti dah pengalaman pake jangka panjangnya..Suryaputra wrote: ↑30 Jun 2023, 19:32 Setuju mbah
0-100 kurang relevan buat daiy.
Aplagi mbl skrg udh hampir cvt semua.
Lbh relevan dr rolling start malah
Itu mensimulasikan kondisi seruntulan lg jalan ramai
Tp back to civic.. ini sedan yg all rounder.
FK aja performa oke, bantingan cukup soft, tapi tetap agile.
Ditambah ketersediaan parts dan cash-liquid gak usah khawatir
Gak heran juara ngelawan kompetitornya sesama Fwd, even dr eropah![]()
sip. nanti kalo udh naek ke sentul bojongkoneng dan bandung gitu, nanti pst sy buat impresinyaExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 20:03
Kalau sudah sempat dibawa ke jalan2 gunung, request impresi nya om.
Di hrv rs, turbo lag nya berasa sekali waktu uphill di pegunungan yang berkelok2. Jeda power kosong setelah keluar tikungan, sampai tau2 surge ketika powernya ngisi, bikin mabuk nyetirnya.![]()
Tapi dijalan datar berasa smooth sekali dan ngisi terus. Seperti impresi om diatas.![]()
gak coba di remap om unit hrv turbo nya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: 21 Dec 2021, 00:17
Re: Review: All New Civic RS 2023
Ga remap om. Menurut saya sudah lebih dari cukup power nya. Dan lagi masih ada cacat lain di sektor mesin / cvt yang belum sempat ngeklaim. Jadi ane biarin standard saja dulu.
Oh ya, di website honda ada extended warranty sampe 2 tahun. Ada info kah berapa kena nya untuk kelas civic ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
Kalo harga better tny lsg aja om ke yg pny lapakExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 21:35Ga remap om. Menurut saya sudah lebih dari cukup power nya. Dan lagi masih ada cacat lain di sektor mesin / cvt yang belum sempat ngeklaim. Jadi ane biarin standard saja dulu.
Oh ya, di website honda ada extended warranty sampe 2 tahun. Ada info kah berapa kena nya untuk kelas civic ?
Hah? Cacat apa om di mesin / cvt nya? Bukannya ini mesin transmisi crv juga? Soalnya udh jarang banget denger org ngeluh mesin tranny 1.5t ini bermasalah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: 21 Dec 2021, 00:17
Re: Review: All New Civic RS 2023
Ane udah pernah cerita juga di thread sebelah om. Intinya kalau nanjak di pegunungan, gas rpm tinggi, ada bunyi dengung keras seiring dengan kenaikan rpm. Seperti suara pulley kaput di mobil tua. Di jalan datar tidak terjadi sama sekali. Bisa jadi pulley cvt, bisa jadi idler pulley, bisa jadi kurang oli cvt (yg teakhir udah dicek, katanya normal).iamwewe wrote: ↑30 Jun 2023, 21:49Kalo harga better tny lsg aja om ke yg pny lapakExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 21:35Ga remap om. Menurut saya sudah lebih dari cukup power nya. Dan lagi masih ada cacat lain di sektor mesin / cvt yang belum sempat ngeklaim. Jadi ane biarin standard saja dulu.
Oh ya, di website honda ada extended warranty sampe 2 tahun. Ada info kah berapa kena nya untuk kelas civic ?
Hah? Cacat apa om di mesin / cvt nya? Bukannya ini mesin transmisi crv juga? Soalnya udh jarang banget denger org ngeluh mesin tranny 1.5t ini bermasalah
Kalau ada rejeki lebih, sudah saatnya move on dari produk CKD ini brand. Quality control, build quality, fit n finishnya, ga sebanding sama sekali dengan harganya.
Kalau tau ground clearancenya civic 170mm gitu, udah ga pikir 2 kali ambil civic sekalian.
Anyway good choice itu ambil civic

- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16537
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: All New Civic RS 2023
ooo kalo jalanan konblok pik sih aman jaya. wkwkwkw. ane hampir tiap hari pake velg 18 salip salip sama truck sering hajar lobang kadang rempol rempol dari 140 kmh gegara truk asem kalo nyalip suka gak pake sein. kmaren cek rem juga aman cuma kampas aja servis berikutnya disarankan ganti.iamwewe wrote: ↑30 Jun 2023, 18:06
asikkkk... minimal kalo jalanan konblok pik, civic kalo kena kaki2 di 60rb km juga udh puas banget dah. apalagi bini termasuk yg jorok juga pake mobil nya. gas, rem, dan kalo ada poldur malah buat dia kesempetan buat nyalip mobil lain. ampun.
eh ngomong2 hrv ru.. kmrn jual pas km 32rb sih kaki2 gk ada masalah samsek. yg paling berkesan dari hrv ini....... harga jual 2nd nya wkwkw. gk masuk akal beli 300jt pake 4th dijual masih 260jt. isi pertalit full dari baru. bahkan kalo kita sewa mobil juga rasanya cost nya jauh lbh gede dari biaya saya piara hrv. asoy abis
trus utk gear indicator, di FE udh gk ada gear position S lagi. cuma P R N D aja. mungkin ya ini S diganti aja sama drive mode ada eco ada sport nya kan. tapi males lah pake sport mode gitu, RPM nya nahan tinggi. jadi di dalem juga ngga enak. udah paling bener remap aja nanti. posisi D juga udh ngacir.
oh ya pny si om, abis di remap malah suka gak mau ngoper gitu rasanya? kaya ketahan gitu dong? sy pengalaman tiap kali remap di mbah sat, selalu ditanya dia sih. gaya berkendaranya kaya gimana. dan ngarep mobilnya jadi kaya gimana. oh sama dia tanya juga, isi bbm nya apa. gk tau deh om chz dulu remap dimana ato mungkin setelan map nya yg gimana modelannya
iya salah satu yang kuat tuh RVnya HRV RU. masih sering liat keliaran yang awal2 di sini.
terakhir ane remap di sodara (kenji auto) .... muridnya bli surya ukworks bali. curiga nya itu waktu gaspol dari standstill / dari 0 dia nge lock di satu posisi rasio. lebih kaya gigi nyantol. curiganya dari launch biasa kan lebih selip transmisinya.
kalo rolling nggak ada masalah. ngoper2 aja di D. ane hampir tiap hari kan ngetoll sering kalo kosong gaspol dapet 180-190 kmh. jd ane gak terlalu masalah tokh pake mobil juga nggak buat drag race tiap hari. wkwkwkkwkww.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1139
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Review: All New Civic RS 2023
ic om. nanti coba dah saya pst update khususnya pas lewat rute2 nanjak pegunungan ya.ExorT wrote: ↑30 Jun 2023, 23:26
Ane udah pernah cerita juga di thread sebelah om. Intinya kalau nanjak di pegunungan, gas rpm tinggi, ada bunyi dengung keras seiring dengan kenaikan rpm. Seperti suara pulley kaput di mobil tua. Di jalan datar tidak terjadi sama sekali. Bisa jadi pulley cvt, bisa jadi idler pulley, bisa jadi kurang oli cvt (yg teakhir udah dicek, katanya normal).
Kalau ada rejeki lebih, sudah saatnya move on dari produk CKD ini brand. Quality control, build quality, fit n finishnya, ga sebanding sama sekali dengan harganya.
Kalau tau ground clearancenya civic 170mm gitu, udah ga pikir 2 kali ambil civic sekalian.
Anyway good choice itu ambil civic![]()
anyway goodluck ya om hrv rs nya, semoga cpt ketemu penyakit nya dan bisa normal.
ouch.. r18 hajar lobang kebayang banget tuh suara klontangnya gimana. venturer sy velg dan profil bawaan aja KO, pny saya peyang tengah sdkt wkwkw. profil bannya berapa om pake r18 gitu?ChZ wrote: ↑01 Jul 2023, 10:10
ooo kalo jalanan konblok pik sih aman jaya. wkwkwkw. ane hampir tiap hari pake velg 18 salip salip sama truck sering hajar lobang kadang rempol rempol dari 140 kmh gegara truk asem kalo nyalip suka gak pake sein. kmaren cek rem juga aman cuma kampas aja servis berikutnya disarankan ganti.
iya salah satu yang kuat tuh RVnya HRV RU. masih sering liat keliaran yang awal2 di sini.
terakhir ane remap di sodara (kenji auto) .... muridnya bli surya ukworks bali. curiga nya itu waktu gaspol dari standstill / dari 0 dia nge lock di satu posisi rasio. lebih kaya gigi nyantol. curiganya dari launch biasa kan lebih selip transmisinya.
kalo rolling nggak ada masalah. ngoper2 aja di D. ane hampir tiap hari kan ngetoll sering kalo kosong gaspol dapet 180-190 kmh. jd ane gak terlalu masalah tokh pake mobil juga nggak buat drag race tiap hari. wkwkwkkwkww.
180-190... udh gk kuat lagi dengkul saya ngejejek gas segitunya
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 31 Replies
- 15010 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 34 Replies
- 18689 Views
-
Last post by timbermaniac123
-
- 12 Replies
- 7084 Views
-
Last post by pengendiesel
-
- 59 Replies
- 6591 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 23 Replies
- 8000 Views
-
Last post by MrRichardhn
-
- 54 Replies
- 14777 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 4 Replies
- 1781 Views
-
Last post by jacx
-
- 31 Replies
- 1511 Views
-
Last post by RobinJethSiva
-
- 31 Replies
- 10312 Views
-
Last post by rOeLez
-
- 43 Replies
- 23193 Views
-
Last post by KSG88