Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

ImageSalam modifikasi untuk para penghobi icip icip,
Kali ini momod mau sharing pengalaman momod gonta ganti shockbreaker selama miara kijang innova dari first gen sampai reborn.

1. 2KD-G 2007
2. 2GD-Q 2015
3. 2KD-V 2015

Yang paling bertahan lama dan paling betah di keluarga ya si 2KD. Dengan segala ke simple-an nya, 2KD tetep primadona di keluarga. Beda dengan si 2GD yang bertahan cuman 3 tahun. Kenapa bisa gitu?, yaa udah banyak dibahas ya di topic & threats SerayaMotor yang lain soal Innova Reborn. Jadi gak perlu diceritain ulang di threats ini.




Okey, back to topic. Untuk kategori shockbreaker settingan ane, ane lebih suka yang nyaman dan gak berasa digebrak gebrak badan kita. Nah it means kategori shock sport / kompetisi gak termasuk ya guys. Tapi, nyaman kategori ane sedikit nge-jelimet. Gimana cara settingan suspensi nyaman itu tidak nose dive, tidak limbung, diajak speeding up to 160 bawa penumpang full di "Trans-Jabahn" juga tetep enjoy gak ada komplain dari penumpang.

Jadi keputusan nya; 'okay kita eksperimen test berbagai macam shock breaker, resiko nya banyak buang uang untuk gonta ganti shock beserta ongkos pasang dan spooring'. Yes, I spend a lot of money for that [cencored].

Kita bahas one by one berbagai merek shock aftermarket yang beredar / pernah beredar di indo ataupun ecommerce indo, yang sudah ane beli dan rasakan sendiri (bukan gratisan, apalagi endorsan. Phhuiiih :big_weee: )



1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi

2. Monroe - front (made in India & made in thailand), ane beli 2-2 nya. Yang made in Thailand warna shock warna item, dus warna biru. Yang made in India shock warna kuning, dus warna putih hijau. ini dua dua nya barang lama. Dipasang di 2KD first gen sama reborn. Feel nya ambyar. gak enak sama sekali. Lebih parah dari Exel -G. gak ada nyaman dan enak nya sama sekali :big_peace:

3. Kayaba Premium; ya ini lebih better daripada shock ori sih. Ngayun nya tetep ada, limbung nya tetep ada. Tapi feel nya lebih tetep sedikit agak enak daripada ori.

4. Kayaba Ultra; wah ini sih cocok nya buat mobil barang aja deh :big_biglaugh: ,, kalo buat mobil yang sering full load tanpa bawa penumpang alis cuman angkut2 barang, ini cocok banget.

5. Monroe OESpectrum (made in China); hmm, kalau menurut ane ini shock cocok nya buat yang suka jalan pelan, gak pernah ngebut (driving max 60kph). Alias alon alon asal kelakuan. Eh, kelakon. Trus lebih sering solo-driving. kalau buat ane, ini shock lebih parah limbung dan empuk nya dibanding shock ORI nya mobil.

6. Kayaba New SR Special (rear), made in JAPAN; nah ini shock best of the best buat ane. Sampe sekarang ini shock masih dipake dan bahkan sampai nge stock 1 set rear. Nyaman nya dapet, empuk nya dapet, stabil nya dapet. Mau full load atau solo-driving tetep shock ini gak ada komplain sama sekali. Diajak ngebut hayuk, anteng banget mobil. Lewatin speed trap gak ada cerita di shock lain yang bisa geser sendiri ekor mobil, pake shock ini antep banget mobil. FYI: shock ini sebener nya untuk Land Cruiser Prado first gen yang non air suspension. Dudukan shock & panjang shock travel, 100% mirip banget sama kijang innova - innova reborn. yang bikin beda cuman besar tabung shock nya. Makanya shock ini perfecto banget buat ane untuk comfort nya. Inget kata orang2, kalau mau ganti shock yang lebih enak, cari subtitusi part nya untuk mobil yang lebih berat bobot nya. Akhirnya nemu lah si shock belakang Prado gen awal ini yang non airsus. Buat yang mau coba, mungkin bisa cari di ecommerce atau toko parts, atau toko langganan, asli nya Prado ini ORI nya dia made in TOKICO JAPAN. Jadi kalau nemu shock belakang Prado non airsus tulisan nya TOKICO JAPAN, sikat aja kalau ada budget. Itu barang ori Prado asli. Untuk Kayaba New SR Special ini barang nya udah ghaib, alias untung2an. Nampak nya importir nya cuman iseng aja import ini barang. Gak pernah ada restock lagi untuk semua jenis Kayaba New SR Special.

7. Kayaba XR (front), made in Indonesia alias made in Karawang; Untuk Shock ini, ane baru pake beberapa hari aja. Itupun juga beli seken dari orang yang katanya baru pake 2 minggu. Orang nya pakai di reborn bensin, dia copot karena istri nya yang lagi bunting ngerasa gak cocok / kekerasan sama shock Kayaba XR. Jadi akhirnya orang tersebut balik lagi pake ori reborn bensin (by part number & nomor rangka) yang ngayun ngayun mentul mentul ginuk ginuk itu karakter nya, terus bbrp bulan kemudian meler oli shock nya (yang katanya bukan bocor) hehehe.. Untuk Kayaba XR ini dimobil ane (2KD-V 2015) sih oke oke aja, kalau digambarkan itu karakter nya gabungan antara Kayaba Premium sama shock ori nya GNKI. Sedikit agak ngayun, tapi gak bikin mual / less nose dive. Lembut nya dapet. Ngehajar lobang pake shock ini gak berasa. Lewat jalan keriting juga nyaman2 so far.

8. Tokico OEM replacement Thailand (front); Ini cocok banget buat yang suka speeding, rasanya pede banget manuver di jalur 0. Mantep aja gitu. Gak ada rasa khawatir ber manuver2. Buat ane, so far shock ini masih favorit. Cuman karena shock Tokico yang terpasang di ane ini stock lama (mungkin stok tahun 2008-an), jadi umur nya cuman 1 tahun di ane yg sering melintas di trans-jabahn. Setelah 1 tahun dan 30ribu kilometer, berasa ngayun nya. Dan mulai agak ngeri kalo lagi manuver, jadi akhirnya ane ganti ke Kayaba XR. Kalau di kondisi jalan kurang mulus, shock ini berasa "dhar dhar dhar" nya. Tapi tetep gak mengurangi kenyamanan tulang ekor ane. Mungkin kalau ada yang mau meminang shock ini, minta aja stock shock Tokico yang agak mudaan tahun produksi nya. Kalau ane liat di ecommerce toko ijo, Tokico OEM yang fresh production, cat shock nya hitam doff. Kalau Tokico OEM stok lama, warna nya black shine.




Di 2KD-V 2015 yang sekarang ini, settingan kaki kaki ane;
* Shock depan Kayaba XR
* Shock belakang Kayaba NEW SR Special (punya nya Prado first gen)
* Karet roti (bushing stabil link), pakai punya nya 2KD-G 2007 (indent pakai nomor rangka). Karena harganya lebih mahal yg 2007 daripada yang 2015 punya.
* Stopper belakang ganti pakai stopper spon made in cirebon (ada di tokoijo)
* Per belakang ganti pakai per Mercy Tiger (ori, ada logo mercy dan part number di per nya), potong 2 ulir / sesuaikan tinggi nya sama shock bawaan mobil
* per depan standar bawaan mobil
* Dunlop LM705 205-70-R15 (bawaan mobil 205-65-R15)

Stock Suspensi;
+ Kayaba New SR Special (rear) Prado first gen
+ Profender OEM Series (front)
+ Toyota Original Shock Absorber by part number (front)


Q&A;
Q: Kenapa dengan settingan suspensi bawaan mobil Om?
A: Karena shockbreaker bawaan mobil adalah salah satu part yang lebih murah harga nya dibanding shockaftermarket. Jadi gak ada salahnya kita trial n error barang yang lebih mahal harganya daripada barang ori (harga bengkel resmi). Kalau ada part aftermarket yang harganya lebih murah daripada shock ori bawaan mobil, yaa jangan berharap lebih deh. Ada harga ada rupa, ada kekurangan. Patokan ane ya harga bengkel resmi.

Q: Gak coba karet2 dari Protoflex Om?
A: Udah, gak nyaman dan gak safety rasanya. At the end pakaii part ori innova 2007 yang lebih mahal harga nya dari Protoflex. Mungkin Protoflex di desain untuk keperluan kompetisi. Kalau buat harian, buat ane pribadi gak cocok ya.

Q: Kok diganti pakai per Mercy om belakang nya?
A: Udah nyaman pakai itu dari awal pakek Innova di 2007. Pakai shock itu di 3 kijang ane, udah nyaman aja. Kayak udah mandatory, kijang per belakang ganti pake punya per Mercy Tiger.

Q: Kelebihan pakai stopper bahan karet spon apa Om?
A: Lebih kearah kenyamanan penumpang paling belakang. Gak jedug jedug kalo full Load. Fungsi peredaman stopper karet spon nya bener2 bikin penumpang pules gak sakit pinggang.






Sekian review ane yang gak dibayar dan gak diendorse oleh barang2 yang ane sebut tadi. Ulasan murni berdasarkan pengalaman pribadi, pemakaian pribadi, dan uang pribadi. Bukan menjelekkan, tapi sebuah real feel dari tulang ekor ane yang manja.
Attachments
IMG-20230205-WA0018.jpeg
20230205_125247.jpg
20230205_125332.jpg
IMG-20230206-WA0005.jpeg
IMG-20111218-00467.jpg
IMG-20111218-00468.jpg
20201114_103816.jpg
20211116_115550.jpg
20220504_101017.jpg
20220504_103001.jpg
User avatar
SiulTurbo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: 28 Sep 2016, 11:20
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Fortuner 2KD
Contact:

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by SiulTurbo »

kak 2GD nya kok ngak ada pic nya :big_bored: :big_dunno: :big_biglaugh: :big_weee:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by gwsecretc »

Nice review om @avantgardebronze :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: dan +1 buat shock tokico thai

Sekalian ada thread shock anki dan gnki, saya juga mau share testimoni shock tokico thai di ANKI disel 2020 pre fl. Alasan ganti ke tokico oem thai kebetulan karena shock bawaannya mulai lemah padahal ga ada bocor/ rembes dan berkat testi beberapa member sm. Kondisi shock bawaan diganti di km 23rb dan shock tokico sekarang baru jalan 1rban km dengan setup suspensi full stock dan ban bs turanza t005a 215/65r16

Di anki diesel, shock tokico ini bisa buat handling makin enak dan benar pas dibawa speeding makin pede, menikung pun juga tetap pede. Limbung jauh berkurang, nose dive juga jauh berkurang walaupun masih ada sedikit.

Untuk bantingan yah emang berasa lebih keras dari shock oem namun masih dalam batas wajar. Setelah lewat kurleb 500 km kerasnya berkurang sedikit (mungkin masa breakin udah mau selesai?). Kira” untuk karakter bantingan anki dengan shock tokico jadi mirip crv re 2.0 dulu rasanya. Dan seperti review om avantgardebronze, ketika melewati jalan keriting, suara dhar dhar dhar lebih terdengar di dalam kabin, ga seperti shock oem yang anteng aja.

Kesimpulannya, shock tokico ini cukup enak dan cocok buat harian di anki diesel. Tapi kalo sering jalan keriting mungkin lebih enak shock ori nya. Sekian tambahan dari saya.
24285BF8-94BB-4D1D-83F5-AD43154E779E.jpeg


btw saya ga sempat foto hasil terpasang di mobil karena malas ngolong πŸ˜…, tapi semua shock plug n play ke anki tanpa ada ubahan apapun. Shock yang saya beli warnanya hitam kilap dan belinya pas 2022 akhir (di kotaknya ada tertulis 2019, mungkin ini barang tahun 2019 kali ya?). Semoga shock ini lebih awet ketimbang ori nya.
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

SiulTurbo wrote: ↑15 Feb 2023, 11:56 kak 2GD nya kok ngak ada pic nya :big_bored: :big_dunno: :big_biglaugh: :big_weee:
Barang reject gak usah dipasang paman.. 🀣🀣🀣🀣🀣
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Tambahan Foto2:


Pernah coba juga Bilstein B4 comfort.. Ini miirip banget karakter nya kayak Kayaba Exel-G.. Tapi lebih keras lagi..


Terus ane pernah coba juga pakai Monroe Original Thailand (dus ijo putih), ini mirip2 karakter nya kayak OEM..
Attachments
IMG_20181110_094851_996.jpg
IMG_20180923_022901_313.jpg
IMG_20180909_190419_915.jpg
IMG_20180514_120647_703.jpg
IMG_20171220_133406_782.jpg
IMG_20171119_061354_741.jpg
IMG_20170713_221313_878.jpg
IMG_20181124_085227_084.jpg
IMG_20181124_085227_084.jpg (38.71 KiB) Viewed 7838 times
IMG_20181124_085227_079.jpg
IMG_20181124_085227_079.jpg (60.04 KiB) Viewed 7838 times
IMG-20171205-WA0010.jpeg
IMG-20171205-WA0019.jpeg
IMG-20171205-WA0012.jpeg
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

:big_deal:
gwsecretc wrote: ↑15 Feb 2023, 12:00 Nice review om @avantgardebronze :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: dan +1 buat shock tokico thai

Sekalian ada thread shock anki dan gnki, saya juga mau share testimoni shock tokico thai di ANKI disel 2020 pre fl. Alasan ganti ke tokico oem thai kebetulan karena shock bawaannya mulai lemah padahal ga ada bocor/ rembes dan berkat testi beberapa member sm. Kondisi shock bawaan diganti di km 23rb dan shock tokico sekarang baru jalan 1rban km dengan setup suspensi full stock dan ban bs turanza t005a 215/65r16

Di anki diesel, shock tokico ini bisa buat handling makin enak dan benar pas dibawa speeding makin pede, menikung pun juga tetap pede. Limbung jauh berkurang, nose dive juga jauh berkurang walaupun masih ada sedikit.

Untuk bantingan yah emang berasa lebih keras dari shock oem namun masih dalam batas wajar. Setelah lewat kurleb 500 km kerasnya berkurang sedikit (mungkin masa breakin udah mau selesai?). Kira” untuk karakter bantingan anki dengan shock tokico jadi mirip crv re 2.0 dulu rasanya. Dan seperti review om avantgardebronze, ketika melewati jalan keriting, suara dhar dhar dhar lebih terdengar di dalam kabin, ga seperti shock oem yang anteng aja.

Kesimpulannya, shock tokico ini cukup enak dan cocok buat harian di anki diesel. Tapi kalo sering jalan keriting mungkin lebih enak shock ori nya. Sekian tambahan dari saya.

24285BF8-94BB-4D1D-83F5-AD43154E779E.jpeg

btw saya ga sempat foto hasil terpasang di mobil karena malas ngolong πŸ˜…, tapi semua shock plug n play ke anki tanpa ada ubahan apapun. Shock yang saya beli warnanya hitam kilap dan belinya pas 2022 akhir (di kotaknya ada tertulis 2019, mungkin ini barang tahun 2019 kali ya?). Semoga shock ini lebih awet ketimbang ori nya.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2098
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Venturtle »

2GD reborn ini kurangnya di bantingan suspensi dan cat tipis serta ga irit irit amat di kemacetan.. sisanya masih ok lah.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by McLaren »

Nah ternyata ada yg sama dengan ane.. yang bilang 2kd lebih enak daripada 2gd wkwkwk
Walaupun kalah refine yak mesinnya.

Om, beneran Kayaba SR lebih enak daripada ExcelG?
Sy masih merasa excel G keempukan sih
zonepublic
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by zonepublic »

avantgardebronze wrote: ↑15 Feb 2023, 12:11
SiulTurbo wrote: ↑15 Feb 2023, 11:56 kak 2GD nya kok ngak ada pic nya :big_bored: :big_dunno: :big_biglaugh: :big_weee:
Barang reject gak usah dipasang paman.. 🀣🀣🀣🀣🀣
Kekurangannya innova 2gd apa ya kayanya mesinnya lebih bertenaga dari 2kd tahunya itu saja?
Sekarang Bukan owner 2gd/2kd jadi ga fanboy juga
Pure pengen tahu aja
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by nescafe »

nubie izin menyimak :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

McLaren wrote: ↑15 Feb 2023, 13:00 Nah ternyata ada yg sama dengan ane.. yang bilang 2kd lebih enak daripada 2gd wkwkwk
Walaupun kalah refine yak mesinnya.

Om, beneran Kayaba SR lebih enak daripada ExcelG?
Sy masih merasa excel G keempukan sih


Ane nyobain Exel G depan belakang tahun 2010an Om.. Itu Kayaba Exel G nya yg depan masih buatan Malay, yang belakang buatan Thailand..


Kalo Exel G jaman sekarang, yang belakang nya buatan Japan..
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by esaka »

Postingan ginian udah sejak lama gw berharap ada...
1TR gw utk sementara masih gw kasih shockbreaker OEM KW (400K di toko deket pasar)...
kandidatnya antara Monroe ama Excel-G (pasca 2012)...
bannya juga sama persis LM705, tapi gw pake 215/70...
fix nanti ganti Excel-G buat belakang, depannya pake JAMEX aja sih nanti...
om mod kenapa nggak cobain barang yg masuk kasta ksatria kyk Profender, Amada Extreem dll ? :big_childish:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 376
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by romi10 »

Wkwkwk ane juga sependapat, naik 2kd dr jkt sampe ke bali ga ada mual2nya dengan settingan depan pake kayaba Excell G belakang kayaba premium, tp naik reborn bensin kantor ane dr scbd ke karawaci PP aja rasanya mabuk darat sm suspensinya..terus berasa sempit juga wkwkwk
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

esaka wrote: ↑15 Feb 2023, 15:23 Postingan ginian udah sejak lama gw berharap ada...
1TR gw utk sementara masih gw kasih shockbreaker OEM KW (400K di toko deket pasar)...
kandidatnya antara Monroe ama Excel-G (pasca 2012)...
bannya juga sama persis LM705, tapi gw pake 215/70...
fix nanti ganti Excel-G buat belakang, depannya pake JAMEX aja sih nanti...
om mod kenapa nggak cobain barang yg masuk kasta ksatria kyk Profender, Amada Extreem dll ? :big_childish:


Kalo untuk shock adjustable kayak Profender or Hotbit, ane paling hindarin Om.. Buat ane gak ada cerita shock itu bisa di adjustable, macem gak ada pendirian shock nya Om πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™πŸ™
Kecuali kalo memang itu untuk keperluan kompetisi.. Kalau buat harian,, big NO deh 🀭🀭

Ane sih udah nyetok Profender OEM Series, gak tau kapan pasang nya. Jadi belum berani komen 😁



Amada Extreme udah pernah coba Om, ada di foto yang ane lampirin,, tapi memang ane gak bahas itu shock.. Karena memang Amada itu di desain untuk kompetisi (off road).. Cuman sebulan aja pakek itu.. Ane pakek pas lagi oprud lucu2an di hambalang (foto udah ane lampirin juga)..
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

romi10 wrote: ↑15 Feb 2023, 15:59 Wkwkwk ane juga sependapat, naik 2kd dr jkt sampe ke bali ga ada mual2nya dengan settingan depan pake kayaba Excell G belakang kayaba premium, tp naik reborn bensin kantor ane dr scbd ke karawaci PP aja rasanya mabuk darat sm suspensinya..terus berasa sempit juga wkwkwk

Persis nih cerita nya sama Om Kijangers @Kijangers , naik reborn bensin mobil kantor antar jemput mual. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: 04 Dec 2019, 19:38

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by xfraps »

yg monroe OES kok beda bgt ya di mobil ane,
pake shock itu rasanya keeerras bgt, ktmu jalan jelek jedar jedar
ap gara2 pake ban turanza ya? :big_think:

skalian tanya om, monroe thailand yg blakang ini bli dimana yak? :big_deal:
Image
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

xfraps wrote: ↑15 Feb 2023, 16:31 yg monroe OES kok beda bgt ya di mobil ane,
pake shock itu rasanya keeerras bgt, ktmu jalan jelek jedar jedar
ap gara2 pake ban turanza ya? :big_think:

skalian tanya om, monroe thailand yg blakang ini bli dimana yak? :big_deal:
Image


Honestly, ane udah nyobain OESpectrum ini di beberapa mobil selain kijang innova, dan hasil nya sama.. Ngayun dan empuk banget πŸ˜‚πŸ˜‚
Atau bisa jadi karena saking empuk nya, pas lewat jalan jelek, dhar dhar dhar itu karena udah mentok stopper.. Tapi ini pengalaman ane aja sih..


Yaa karena ini made in China, mungkin ane kebetulan dapet barang yang gak lolos QC.. Barang asal jadi.. Hehehe.. Asal jadi keempukan maksud nya 😁😁



Kalau Monroe Original made in Thailand ini, seperti nya juga udah ghaib barang nya.. Barang produksi lama kan.. Mungkin bisa coba cari di tokoijo Om.. Search nya monroe original innova belakang..
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1202
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by paidjho »

Weeew akhirnya kang shock nongol

Pantes aja level tokoijo dah titanium, diatas diamond...
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Ampun mbah, khilaap πŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯Ί
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by McLaren »

[/quote]



Ane nyobain Exel G depan belakang tahun 2010an Om.. Itu Kayaba Exel G nya yg depan masih buatan Malay, yang belakang buatan Thailand..


Kalo Exel G jaman sekarang, yang belakang nya buatan Japan..
[/quote]

Ah baik om, nanti klo dah ambles, sy cobaij yg SR deh wkwk
Kayaba mania pokoknya, murah meriah
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: 23 Dec 2016, 01:18

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Jan07 »

Sorry oot om, kemaren ganti pake kayaba premium di jazz gd3 kok kaya gaada bedanya ya sama sebelomnya pas shock mati :big_slap: baru jalan beberapa ratus km sih karena jarang dipake juga…
Baru ganti juga shock sienta ke orinya tapi gabeda jauh juga sama pas lemah, tapi mendingan dibanding jazz yang kaya gaada bedanya :big_slap: , ini juga sama baru jalan beberapa ratus km…
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Jan07 wrote: ↑15 Feb 2023, 22:52 Sorry oot om, kemaren ganti pake kayaba premium di jazz gd3 kok kaya gaada bedanya ya sama sebelomnya pas shock mati :big_slap: baru jalan beberapa ratus km sih karena jarang dipake juga…
Baru ganti juga shock sienta ke orinya tapi gabeda jauh juga sama pas lemah, tapi mendingan dibanding jazz yang kaya gaada bedanya :big_slap: , ini juga sama baru jalan beberapa ratus km…

Mungkin bisa di cek bushing2 dan karet2 kaki kaki mobil nya Om.. Di Honda2 ane sih selain shock,, umur karet2 nya emang kurang bertahan lama..
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 780
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

avantgardebronze wrote: ↑15 Feb 2023, 11:02 ImageSalam modifikasi untuk para penghobi icip icip,
Kali ini momod mau sharing pengalaman momod gonta ganti shockbreaker selama miara kijang innova dari first gen sampai reborn.

1. 2KD-G 2007
2. 2GD-Q 2015
3. 2KD-V 2015

Yang paling bertahan lama dan paling betah di keluarga ya si 2KD. Dengan segala ke simple-an nya, 2KD tetep primadona di keluarga. Beda dengan si 2GD yang bertahan cuman 3 tahun. Kenapa bisa gitu?, yaa udah banyak dibahas ya di topic & threats SerayaMotor yang lain soal Innova Reborn. Jadi gak perlu diceritain ulang di threats ini.



Okey, back to topic. Untuk kategori shockbreaker settingan ane, ane lebih suka yang nyaman dan gak berasa digebrak gebrak badan kita. Nah it means kategori shock sport / kompetisi gak termasuk ya guys. Tapi, nyaman kategori ane sedikit nge-jelimet. Gimana cara settingan suspensi nyaman itu tidak nose dive, tidak limbung, diajak speeding up to 160 bawa penumpang full di "Trans-Jabahn" juga tetep enjoy gak ada komplain dari penumpang.

Jadi keputusan nya; 'okay kita eksperimen test berbagai macam shock breaker, resiko nya banyak buang uang untuk gonta ganti shock beserta ongkos pasang dan spooring'. Yes, I spend a lot of money for that [cencored].

Kita bahas one by one berbagai merek shock aftermarket yang beredar / pernah beredar di indo ataupun ecommerce indo, yang sudah ane beli dan rasakan sendiri (bukan gratisan, apalagi endorsan. Phhuiiih :big_weee: )



1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi

2. Monroe - front (made in India & made in thailand), ane beli 2-2 nya. Yang made in Thailand warna shock warna item, dus warna biru. Yang made in India shock warna kuning, dus warna putih hijau. ini dua dua nya barang lama. Dipasang di 2KD first gen sama reborn. Feel nya ambyar. gak enak sama sekali. Lebih parah dari Exel -G. gak ada nyaman dan enak nya sama sekali :big_peace:

3. Kayaba Premium; ya ini lebih better daripada shock ori sih. Ngayun nya tetep ada, limbung nya tetep ada. Tapi feel nya lebih tetep sedikit agak enak daripada ori.

4. Kayaba Ultra; wah ini sih cocok nya buat mobil barang aja deh :big_biglaugh: ,, kalo buat mobil yang sering full load tanpa bawa penumpang alis cuman angkut2 barang, ini cocok banget.

5. Monroe OESpectrum (made in China); hmm, kalau menurut ane ini shock cocok nya buat yang suka jalan pelan, gak pernah ngebut (driving max 60kph). Alias alon alon asal kelakuan. Eh, kelakon. Trus lebih sering solo-driving. kalau buat ane, ini shock lebih parah limbung dan empuk nya dibanding shock ORI nya mobil.

6. Kayaba New SR Special (rear), made in JAPAN; nah ini shock best of the best buat ane. Sampe sekarang ini shock masih dipake dan bahkan sampai nge stock 1 set rear. Nyaman nya dapet, empuk nya dapet, stabil nya dapet. Mau full load atau solo-driving tetep shock ini gak ada komplain sama sekali. Diajak ngebut hayuk, anteng banget mobil. Lewatin speed trap gak ada cerita di shock lain yang bisa geser sendiri ekor mobil, pake shock ini antep banget mobil. FYI: shock ini sebener nya untuk Land Cruiser Prado first gen yang non air suspension. Dudukan shock & panjang shock travel, 100% mirip banget sama kijang innova - innova reborn. yang bikin beda cuman besar tabung shock nya. Makanya shock ini perfecto banget buat ane untuk comfort nya. Inget kata orang2, kalau mau ganti shock yang lebih enak, cari subtitusi part nya untuk mobil yang lebih berat bobot nya. Akhirnya nemu lah si shock belakang Prado gen awal ini yang non airsus. Buat yang mau coba, mungkin bisa cari di ecommerce atau toko parts, atau toko langganan, asli nya Prado ini ORI nya dia made in TOKICO JAPAN. Jadi kalau nemu shock belakang Prado non airsus tulisan nya TOKICO JAPAN, sikat aja kalau ada budget. Itu barang ori Prado asli. Untuk Kayaba New SR Special ini barang nya udah ghaib, alias untung2an. Nampak nya importir nya cuman iseng aja import ini barang. Gak pernah ada restock lagi untuk semua jenis Kayaba New SR Special.

7. Kayaba XR (front), made in Indonesia alias made in Karawang; Untuk Shock ini, ane baru pake beberapa hari aja. Itupun juga beli seken dari orang yang katanya baru pake 2 minggu. Orang nya pakai di reborn bensin, dia copot karena istri nya yang lagi bunting ngerasa gak cocok / kekerasan sama shock Kayaba XR. Jadi akhirnya orang tersebut balik lagi pake ori reborn bensin (by part number & nomor rangka) yang ngayun ngayun mentul mentul ginuk ginuk itu karakter nya, terus bbrp bulan kemudian meler oli shock nya (yang katanya bukan bocor) hehehe.. Untuk Kayaba XR ini dimobil ane (2KD-V 2015) sih oke oke aja, kalau digambarkan itu karakter nya gabungan antara Kayaba Premium sama shock ori nya GNKI. Sedikit agak ngayun, tapi gak bikin mual / less nose dive. Lembut nya dapet. Ngehajar lobang pake shock ini gak berasa. Lewat jalan keriting juga nyaman2 so far.

8. Tokico OEM replacement Thailand (front); Ini cocok banget buat yang suka speeding, rasanya pede banget manuver di jalur 0. Mantep aja gitu. Gak ada rasa khawatir ber manuver2. Buat ane, so far shock ini masih favorit. Cuman karena shock Tokico yang terpasang di ane ini stock lama (mungkin stok tahun 2008-an), jadi umur nya cuman 1 tahun di ane yg sering melintas di trans-jabahn. Setelah 1 tahun dan 30ribu kilometer, berasa ngayun nya. Dan mulai agak ngeri kalo lagi manuver, jadi akhirnya ane ganti ke Kayaba XR. Kalau di kondisi jalan kurang mulus, shock ini berasa "dhar dhar dhar" nya. Tapi tetep gak mengurangi kenyamanan tulang ekor ane. Mungkin kalau ada yang mau meminang shock ini, minta aja stock shock Tokico yang agak mudaan tahun produksi nya. Kalau ane liat di ecommerce toko ijo, Tokico OEM yang fresh production, cat shock nya hitam doff. Kalau Tokico OEM stok lama, warna nya black shine.




Di 2KD-V 2015 yang sekarang ini, settingan kaki kaki ane;
* Shock depan Kayaba XR
* Shock belakang Kayaba NEW SR Special (punya nya Prado first gen)
* Karet roti (bushing stabil link), pakai punya nya 2KD-G 2007 (indent pakai nomor rangka). Karena harganya lebih mahal yg 2007 daripada yang 2015 punya.
* Stopper belakang ganti pakai stopper spon made in cirebon (ada di tokoijo)
* Per belakang ganti pakai per Mercy Tiger (ori, ada logo mercy dan part number di per nya), potong 2 ulir / sesuaikan tinggi nya sama shock bawaan mobil
* per depan standar bawaan mobil
* Dunlop LM705 205-70-R15 (bawaan mobil 205-65-R15)

Stock Suspensi;
+ Kayaba New SR Special (rear) Prado first gen
+ Profender OEM Series (front)
+ Toyota Original Shock Absorber by part number (front)


Q&A;
Q: Kenapa dengan settingan suspensi bawaan mobil Om?
A: Karena shockbreaker bawaan mobil adalah salah satu part yang lebih murah harga nya dibanding shockaftermarket. Jadi gak ada salahnya kita trial n error barang yang lebih mahal harganya daripada barang ori (harga bengkel resmi). Kalau ada part aftermarket yang harganya lebih murah daripada shock ori bawaan mobil, yaa jangan berharap lebih deh. Ada harga ada rupa, ada kekurangan. Patokan ane ya harga bengkel resmi.

Q: Gak coba karet2 dari Protoflex Om?
A: Udah, gak nyaman dan gak safety rasanya. At the end pakaii part ori innova 2007 yang lebih mahal harga nya dari Protoflex. Mungkin Protoflex di desain untuk keperluan kompetisi. Kalau buat harian, buat ane pribadi gak cocok ya.

Q: Kok diganti pakai per Mercy om belakang nya?
A: Udah nyaman pakai itu dari awal pakek Innova di 2007. Pakai shock itu di 3 kijang ane, udah nyaman aja. Kayak udah mandatory, kijang per belakang ganti pake punya per Mercy Tiger.

Q: Kelebihan pakai stopper bahan karet spon apa Om?
A: Lebih kearah kenyamanan penumpang paling belakang. Gak jedug jedug kalo full Load. Fungsi peredaman stopper karet spon nya bener2 bikin penumpang pules gak sakit pinggang.






Sekian review ane yang gak dibayar dan gak diendorse oleh barang2 yang ane sebut tadi. Ulasan murni berdasarkan pengalaman pribadi, pemakaian pribadi, dan uang pribadi. Bukan menjelekkan, tapi sebuah real feel dari tulang ekor ane yang manja.
om, pir belakang ganti pny mercy tiger potong 2 ulir apa ketinggiannya sama dibanding dengan per ori innova?
sy penasaran mau coba kalau memang enak
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by esaka »

gw kok jadi ikutan pengen Kayaba New SR-nya sih...
tapi karena barangnya ghoib, ane mau tanya om...
shockbreaker (depan/belakang) innova ama Fortuner tuh mirip gak sih om? Terus kalau memang New SR-nya mirip, seandainya ane beli shock original Prado 1st gen harusnya bisa juga plug-n-play ke innova lama...
gw berpikir gini, kalau ada part kanibal dari mobil lain seharusnya secara dimensi part bawaan asli pabrikan tuh sama...alias common-part
kesengsem ama shock fortuner TRD yg kata forum sebelah bisa dipasang ke innova dan secara deskripsi review mirip ama Kayaba New SR... :big_grin:
pokoknya perfecto buat yang bokongnya sensi
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 108
Joined: 10 Jun 2017, 11:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

[/quote]

om, pir belakang ganti pny mercy tiger potong 2 ulir apa ketinggiannya sama dibanding dengan per ori innova?
sy penasaran mau coba kalau memang enak
[/quote]



Waktu itu sih saya potong 2 ulir cukup Om.. Udah sama rata tinggi nya dgn per bawaan mobil.. Tapi menurut tukang per, dilebihin lagi kirakira 2 setengah ulir..

Ane sih tetep maunya potong 2 ulir aja samain tinggi nya ama per bawaan mobil..

Karena per bawaan mobil sama per mery tiger cuman beda jumlah ulir aja (kerapatan ulir) nya.. Jadi gak merubah desain konstruksi yang lain nya, ane khawatir nanti handling nya juga akan berubah kalau tinggi per dibedain..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post