update terbaru :
- handle pintu dalam passenger depan kiri patah. wkkwkwkwkwkw. kejadian kemaren cewe ane mau keluar gak bisa dibuka. ya udah solusinya buka dari luar. soalnya ini memang handle nya yang patah bagian dalem.
ditarik masih ada tahanannya. cuma karena patah jd seperti kurang kuat buat ngebuka locknya. kemaren sempet ngintip dikit bagian dalemnya, dan liat2 tutorial bongkar itu handle ternyata emang penyakit jg neh handle patah. agak ribet karena ada latch nya (u shape).
browsing2 musti beli handle baru. ya udah nanti aja deh kalo udah sempet

mobil jarang pake aja.
cewe ane malah bilang gpp sih biar romantis dibukain dari luar
sama ada temuan lain di garasi kalo parkir kyknya oli kompresor ac rembes dikit... suka netes kalo habis dipake. klo diem aja mah gpp.
jd sementara sum up pe er nya masih :
- LCM
- handle pintu
- kompresor ac (masih dingin sih, biarin aja dulu.)
- rear brake pad (pending nunggu kabar neh)
rusaknya sebenernya rusak-rusak kecil-kecil mobil tua dan nggak urgent juga sih. kyknya prinsip para mekanik BMW juga gitu : if it works, it works

alias : kalo masih error dikit-dikit, dipake masih enak gak mogok gak overheat, gak usah ke bengkel dulu, nanti aja.
ke mas kipu dibilang udah nanti aja benerinnya susah tuh LCM cari barang. mending lu nyetok satu biji deh jd giliran perlu ganti ga buang waktu. gw titip dy aja kalo ada kampakan sementara gw jalan sambil nge seinnya kalo udah deket belokan aja biar gak polusi suara cetek cetek cetek di kuping
terus 1-month expenses sementara :
- velg 16" style50 + ban falken ze310r 215/60/16 : 9.5juta
- body repair - poles lampu, cat body + lips depan : 5juta.
- rear brake shoe pagid : 650ribu
- rear brake disc brembo : 1.5juta
- ganti oli castrol 10w40 7liter : 700ribu + filter oli 100ribu = 800ribu.
- re-learning EWS : 100ribu
grand total 1 month : +- 17.5juta. parts only yah. klo diitung semua mungkin sampe 18 lebih soalnya ongkos bongkar pasang dan tentu saja ane bolak balik bengkelnya
kalau dikurangin velg dan ban sih blom tembus captiau.
worth it ngga? dari segi biaya sih worth it, tapi memang makan waktu banget.
yang ane pelajari sih jangan buru-buru pengen mobil beres. stress capek sendiri bener deh ngejar sempurna. benchmarkingnya jangan mobil baru di garasi yang works perfectly. nikmatin aja sambil jalan.