Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Wa11man
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 26 May 2013, 21:08

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Wa11man »

marzoochi wrote: 09 Aug 2022, 08:47
Wa11man wrote: 08 Aug 2022, 22:42
Halo om, ijin tanya, indent dr bln apa om kl bole tau, sama itu cover bagasi beli dmn? Thanks om

Indent booking dari akhir Januari 2022 oom, baru dapat di awal Juli kemarin.
Cover bagasi ada di Toped, link:
https://www.tokopedia.com/humantech/tru ... c%3Dsearch
Thank u om
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Dogies »

marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 14:43
AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 14:10
marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 13:40
izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
benar oom, saat berjalan, keluar suara VESS (Virtual engine sound system) buat informasikan keberadaan mobil ke pejalan kaki atau sekitar.
In the near future... we can download the sound that we like just like hp ringtone :big_smoking:
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Syauqi »

Selamat om atas mobil barunya.

Ndak heran kalo mobil ini laris manis, sudah saya duga dari awal. Mobil full electric range jauh, modelnya futuristis & mencolok karena ukurannya gede banget, dan merknya cukup 'premium' dan yang terpenting ada support resmi dari ATPMnya. Harga jual juga masih sangat masuk akal untuk package seperti itu.

Dengan range segitu jauhnya sih buat sebagian besar orang bisa buat seminggu lebih, atau 2 minggu kalo buat saya :big_peace:

Mantap lah, ga nyangka juga akhirnya teknologi permobilan di Indonesia udah semaju ini. Padahal beberapa tahun yang lalu aja mobil hybrid mahalnya minta ampun karena diitung 2 mesin :big_biglaugh:
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Sharing STNK definitif sudah diterima dalam waktu kurang dari 1 bulan penggunaan nopol sementara. Thank uou Hyundai Indonesia

Pajak yg tertera untuk Ioniq5 long range signature
DKI Jakarta
DD87CC12-8E51-4831-A2C3-4D8537D3443D.jpeg
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by AbdulHakim »

marzoochi wrote: 11 Aug 2022, 10:37 Sharing STNK definitif sudah diterima dalam waktu kurang dari 1 bulan penggunaan nopol sementara. Thank uou Hyundai Indonesia

Pajak yg tertera untuk Ioniq5 long range signature
DKI Jakarta

DD87CC12-8E51-4831-A2C3-4D8537D3443D.jpeg
+ Bebas Ganjil Genap
+ Pajak murah
+ Biaya charge murah

Nikmat banget tuh om :big_exellent:
masaudie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by masaudie »

Om, bole dishare maintenance yg harus dilakukan rutin apa ajakah? Ada cairan2 yg mesti diganti/maintenance baterai? Makasih sblmnya om
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

masaudie wrote: 13 Aug 2022, 20:05 Om, bole dishare maintenance yg harus dilakukan rutin apa ajakah? Ada cairan2 yg mesti diganti/maintenance baterai? Makasih sblmnya om
Siap Oom,
Interval Servis pertama 1000km
Selanjutnya 15ribu kilometer
Terlampir jadwal servis dan pemeriksaan komponen
B4A172EB-AB57-4610-89A6-FEDBC0176AC7.jpeg
EFA3B84F-1A68-4F15-A8B5-BED26F7D6260.jpeg
agungrbud
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 25 Apr 2018, 22:47

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by agungrbud »

masaudie wrote: 13 Aug 2022, 20:05 Om, bole dishare maintenance yg harus dilakukan rutin apa ajakah? Ada cairan2 yg mesti diganti/maintenance baterai? Makasih sblmnya om
Screenshot_20220814_092712.jpg
biaya servis berkala hyundai. ioniq 5 mulai tahun ke-4 mulai bayar karena free parts hanya 3 tahun sedangkan jasanya free hingga 5 tahun.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by grimjow »

marzoochi wrote: 14 Aug 2022, 08:40
masaudie wrote: 13 Aug 2022, 20:05 Om, bole dishare maintenance yg harus dilakukan rutin apa ajakah? Ada cairan2 yg mesti diganti/maintenance baterai? Makasih sblmnya om
Siap Oom,
Interval Servis pertama 1000km
Selanjutnya 15ribu kilometer
Terlampir jadwal servis dan pemeriksaan komponen
B4A172EB-AB57-4610-89A6-FEDBC0176AC7.jpeg
EFA3B84F-1A68-4F15-A8B5-BED26F7D6260.jpeg
Menarik juga perminyakan cuman di minyak rem, ga ada oli mesin dan transmisi ya karena EV. Kalau tulisan paling bawah baterei ganti setiap 3 tahun maksudnya baterei apa, Om?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3680
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by kunaskun »

marzoochi wrote: 14 Aug 2022, 08:40
masaudie wrote: 13 Aug 2022, 20:05 Om, bole dishare maintenance yg harus dilakukan rutin apa ajakah? Ada cairan2 yg mesti diganti/maintenance baterai? Makasih sblmnya om
Siap Oom,
Interval Servis pertama 1000km
Selanjutnya 15ribu kilometer
Terlampir jadwal servis dan pemeriksaan komponen
B4A172EB-AB57-4610-89A6-FEDBC0176AC7.jpeg
EFA3B84F-1A68-4F15-A8B5-BED26F7D6260.jpeg
virtually zero maintenance required :big_biglaugh:

---

btw, nice review om, akhirnya ada jg yang pake benda ajaib ini di SM :big_okay:
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Andhyka »

grimjow wrote: 14 Aug 2022, 13:59 Menarik juga perminyakan cuman di minyak rem, ga ada oli mesin dan transmisi ya karena EV. Kalau tulisan paling bawah baterei ganti setiap 3 tahun maksudnya baterei apa, Om?
Kemungkinan aki 12V karena mobil listrik tetap perlu itu untuk ECU, head unit, speedometer, dll
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Andhyka wrote: 14 Aug 2022, 14:19
grimjow wrote: 14 Aug 2022, 13:59 Menarik juga perminyakan cuman di minyak rem, ga ada oli mesin dan transmisi ya karena EV. Kalau tulisan paling bawah baterei ganti setiap 3 tahun maksudnya baterei apa, Om?
Kemungkinan aki 12V karena mobil listrik tetap perlu itu untuk ECU, head unit, speedometer, dll
Benar oom, ada aki 12V yang jadi backup saat operate sebelum batere utama hidup
Tipe aki nya 12V 60 Ah @ CCA 550A
Bibieight
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Bibieight »

Andhyka wrote: 14 Aug 2022, 14:19
grimjow wrote: 14 Aug 2022, 13:59 Menarik juga perminyakan cuman di minyak rem, ga ada oli mesin dan transmisi ya karena EV. Kalau tulisan paling bawah baterei ganti setiap 3 tahun maksudnya baterei apa, Om?
Kemungkinan aki 12V karena mobil listrik tetap perlu itu untuk ECU, head unit, speedometer, dll
Ini buat coolant baterainya, jadi kalo liat di yutubnya Power BASTRO, batere modulnya ditaruh diatas tray yg dibawahnya ada kanal tempat air pendingin mengalir, nah coolantnya harus 100% tidak menghantarkan listrik. Nah yg bikin saya kagum (sampai saat ini) di US pada ribut sekali ganti USD 600an… nah entah si Korea HMID kebanyakan soju apa gimana disini cuma kena 3 juta… :big_love: :big_love: :big_love: , semoga Koreanya HMID ndak buru2 waras.
masaudie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by masaudie »

Wah boleh juga, gak banyak yg mesti dimaintain. Tengkyu om sharingnya, mulai tertarik ni hahaha.
wisnutomo15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 16 Dec 2018, 09:03
Location: Brunei
Daily Vehicle: FJ Cruiser

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by wisnutomo15 »

Sorry nanya nubie nih, kalau apes nya (semoga ngga pernah kejadian) ngelewatin jalan banjir yang sampai lebih dari setengah ban, apakah ada pengaruhnya terhadap Battery dan sistem kelistrikan lainnya ?
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: 07 Feb 2014, 16:46

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by teppey »

Kalo masih baru ya aman kedap air, kalo udah lama kena jalanan Jakarta...
Bibieight
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Bibieight »

wisnutomo15 wrote: 14 Aug 2022, 23:00 Sorry nanya nubie nih, kalau apes nya (semoga ngga pernah kejadian) ngelewatin jalan banjir yang sampai lebih dari setengah ban, apakah ada pengaruhnya terhadap Battery dan sistem kelistrikan lainnya ?
Pernah disharingin video ama salesnya sampe satu ban sih masih keliatan jalan,
20220815_071440.jpg
Tapi diupah brapapun saya si mending ndak liwat jalan macam gini ya, masuk kabin seneng dah tu tukang detailer mobil.. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Secara umum mobil full EV si malah sanggup berenang, stan Wuling di GIIAS aja pamer baterenya direndem air... lha kapal selam aja jalan pake batere kan ?
irw
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2018, 19:41
Location: Indonesia

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by irw »

Keren om mobilnya. Berarti perbedaan running cost energinya dibanding mobil ICE kayak gini ya om.
TDL Rumah : 1500/kwh, Pertamax : 12500/liter.
Konsumsi dayanya, Ioniq 5 : 6 km/kwh, mobil ICE : 10 km/liter.
Jadi running cost energi/km, Ioniq 5 sekitar : Rp 250/km, Kalo mobil ICE sekitar : Rp 1250/km.
Kira2 kayak gitu ya om perbedaannya?
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 892
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Zaxis »

irw wrote: 15 Aug 2022, 08:55 Keren om mobilnya. Berarti perbedaan running cost energinya dibanding mobil ICE kayak gini ya om.
TDL Rumah : 1500/kwh, Pertamax : 12500/liter.
Konsumsi dayanya, Ioniq 5 : 6 km/kwh, mobil ICE : 10 km/liter.
Jadi running cost energi/km, Ioniq 5 sekitar : Rp 250/km, Kalo mobil ICE sekitar : Rp 1250/km.
Kira2 kayak gitu ya om perbedaannya?
Listrik dah naek sejak 1 agustus om
Beli token 1 juta cuma dapet 486 kwh sekarang
Per kWh sekitar 2057
User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: 10 Apr 2019, 15:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Ford Fiesta Sedan MK7 2012
Contact:

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by 12punch »

marzoochi wrote: 11 Aug 2022, 10:37 Sharing STNK definitif sudah diterima dalam waktu kurang dari 1 bulan penggunaan nopol sementara. Thank uou Hyundai Indonesia

Pajak yg tertera untuk Ioniq5 long range signature
DKI Jakarta

DD87CC12-8E51-4831-A2C3-4D8537D3443D.jpeg
wah gila murah bgt ya 1.5 juta pajaknya,
katanya hyundai udh naekin harga ya skrg?
gila mantep sih mobil listrik
semoga bisa menjangkau ke angka2 350-500 jutaan kedepannyaa , muncul dari brand2 lain ..

kmaren isi dexlite 17.800 di pajero boncos bgt biasanya solar goceng wkwk, :mky_01:
" In times of crisis, we stand united! “
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5469
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Suryaputra »

12punch wrote: 15 Aug 2022, 13:04
marzoochi wrote: 11 Aug 2022, 10:37 Sharing STNK definitif sudah diterima dalam waktu kurang dari 1 bulan penggunaan nopol sementara. Thank uou Hyundai Indonesia

Pajak yg tertera untuk Ioniq5 long range signature
DKI Jakarta

DD87CC12-8E51-4831-A2C3-4D8537D3443D.jpeg
wah gila murah bgt ya 1.5 juta pajaknya,
katanya hyundai udh naekin harga ya skrg?
gila mantep sih mobil listrik
semoga bisa menjangkau ke angka2 350-500 jutaan kedepannyaa , muncul dari brand2 lain ..

kmaren isi dexlite 17.800 di pajero boncos bgt biasanya solar goceng wkwk, :mky_01:
lah emang dah gak boleh mbah?
solar goceng plus plus?
*Colek me if I'm wrong
irw
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2018, 19:41
Location: Indonesia

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by irw »

Zaxis wrote: 15 Aug 2022, 10:27
irw wrote: 15 Aug 2022, 08:55 Keren om mobilnya. Berarti perbedaan running cost energinya dibanding mobil ICE kayak gini ya om.
TDL Rumah : 1500/kwh, Pertamax : 12500/liter.
Konsumsi dayanya, Ioniq 5 : 6 km/kwh, mobil ICE : 10 km/liter.
Jadi running cost energi/km, Ioniq 5 sekitar : Rp 250/km, Kalo mobil ICE sekitar : Rp 1250/km.
Kira2 kayak gitu ya om perbedaannya?
Listrik dah naek sejak 1 agustus om
Beli token 1 juta cuma dapet 486 kwh sekarang
Per kWh sekitar 2057
Ow uda naik lagi ya. Tetap cuma Rp 343/km sih om untuk energi running costnya.
Jadi kalo untuk pemakaian 50ribu km, running cost energinya cuma habis 17 jutaan. Kalo mobil ICE bisa hampir 62 jutaan.
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

12punch wrote: 15 Aug 2022, 13:04 wah gila murah bgt ya 1.5 juta pajaknya,
katanya hyundai udh naekin harga ya skrg?
gila mantep sih mobil listrik
semoga bisa menjangkau ke angka2 350-500 jutaan kedepannyaa , muncul dari brand2 lain ..

kmaren isi dexlite 17.800 di pajero boncos bgt biasanya solar goceng wkwk, :mky_01:
Benar oom dah naek harga Ioniq 5 nya semua tipe naik 30juta rupiah
https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ta-hyundai
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by AbdulHakim »

irw wrote: 15 Aug 2022, 13:39
Zaxis wrote: 15 Aug 2022, 10:27
irw wrote: 15 Aug 2022, 08:55 Keren om mobilnya. Berarti perbedaan running cost energinya dibanding mobil ICE kayak gini ya om.
TDL Rumah : 1500/kwh, Pertamax : 12500/liter.
Konsumsi dayanya, Ioniq 5 : 6 km/kwh, mobil ICE : 10 km/liter.
Jadi running cost energi/km, Ioniq 5 sekitar : Rp 250/km, Kalo mobil ICE sekitar : Rp 1250/km.
Kira2 kayak gitu ya om perbedaannya?
Listrik dah naek sejak 1 agustus om
Beli token 1 juta cuma dapet 486 kwh sekarang
Per kWh sekitar 2057
Ow uda naik lagi ya. Tetap cuma Rp 343/km sih om untuk energi running costnya.
Jadi kalo untuk pemakaian 50ribu km, running cost energinya cuma habis 17 jutaan. Kalo mobil ICE bisa hampir 62 jutaan.
ICE runnning cost bisa naek lagi tuh, kalo harga bbm naik lagi, yang mana itu lebih possible ketimbang bbm turun significant dalam 5 tahun ke depan.
Kalo listrik khan selama PLTU berbahanbakar batubara bisa nyupplai listrik, harga per kwh kalo pun naek ga bakal melejit.
bener ga asumsinya gitu?
irw
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2018, 19:41
Location: Indonesia

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by irw »

AbdulHakim wrote: 15 Aug 2022, 14:11
irw wrote: 15 Aug 2022, 13:39
Zaxis wrote: 15 Aug 2022, 10:27

Listrik dah naek sejak 1 agustus om
Beli token 1 juta cuma dapet 486 kwh sekarang
Per kWh sekitar 2057
Ow uda naik lagi ya. Tetap cuma Rp 343/km sih om untuk energi running costnya.
Jadi kalo untuk pemakaian 50ribu km, running cost energinya cuma habis 17 jutaan. Kalo mobil ICE bisa hampir 62 jutaan.
ICE runnning cost bisa naek lagi tuh, kalo harga bbm naik lagi, yang mana itu lebih possible ketimbang bbm turun significant dalam 5 tahun ke depan.
Kalo listrik khan selama PLTU berbahanbakar batubara bisa nyupplai listrik, harga per kwh kalo pun naek ga bakal melejit.
bener ga asumsinya gitu?
Iya benar juga tuh om, belum lagi termasuk inflasi tahunan. Tapi intinya salah satu kekuatan selling point mobil EV ya disini running cost energinya. Belum termasuk running cost yg lain kayak Tol, Maintenance, PKB & resale value mobilnya. Tapi memang saat ini masih berat di aspek initial costnya.
Post Reply