7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by sh00t »

masaudie wrote: 14 Jun 2021, 19:04 Thanks inputnya om-oms.

Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.

Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Kayaknya om @hosea ada pakai yang bensin deh om.
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by masaudie »

dioudodo wrote: 13 Jun 2021, 22:18
erwinign wrote: 13 Jun 2021, 11:47
masaudie wrote: 13 Jun 2021, 11:19

Oiya, rencana ngambil yg seken aja Om.. Btw brapa ya Santa Fe yang Grand?
Bbrp hari terakhir saya lihat grand seken 2019 itu di range 500-540 om, ini barangnya cukup ghoib di pasar seken.

Santafe TM ini produk anti pasaran yang cukup nahan harganya om, cb patokan dr harga grand yg saya sebut, itu XG/GLS 2019-2020 aja msh pada pasang di 485-500 rangenya. Cm paling bener sih santafe TM pfl ya ttp grand sih om, krn dr stitching joknya aja antara grand sama XG beda banget, di XG sepertinya memang dijahit di korea tapi miring sana sini stitchingnya dan bahan kulitnya beda. Belum head unit di XG yang keliatan dipasang di indonesia, yg meragukan kualitas suaranya.

Tp kl emang ga ada urgensi begituan sih, XG buat saya sdh oke om. Krn TM grand barangnya susah juga, dan basicnya santafe all type sebenernya sama2 enak dan bagus (mesin, transmisi, kualitas).

Kemarin om vp920b sptnya mo ngejual santafe XGnya om, sy lupa bilang di thread mana
Wah Om ini mirip dilema saya 2 bulan lalu, pilihan antara ANKI, Santa Fe sama CRV (kalau saya wkt itu). Saya minat jg ambil CX8 țapi rada was-was jg. Saya ini price sensitive jadinya saya sama istri mematok budget harus jauh di bawah 500 juta kl beli seken (kyknya kl keluar 500 jt tp seken berasa gmn gitu,meski msh rendah odonya). Bener yg dibilang Om erwinign, Grand Santa Fe yg msh muda dan kecil odonya selalu di atas 500. Akhirnya saya nemu TM/XG 2018, Odo msh masih relatif ok dan di bawah 450. Jdnya lgsg saya angkut. So far saya senang dgn Santi ini. Ya sy udah siap2 menghadapi Keluarga besar dan teman yg suka nanya dan selalu geleng2 kepala kenapa ngeluarin duwid 450an beli mobil seken dan bukan merek favorit hehehehe. Tp udah suka sih mo gimana lagi...:-)
Sempet ngelirik CRV sih jadi opsi jg om, tapi kok rasanya lebih sempit ya kabinnya vs ANKI atau santa fe. Trus "katanya" build qualitynya kurang (rattle di kabin).
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by masaudie »

vp920b wrote: 14 Jun 2021, 20:35
masaudie wrote: 14 Jun 2021, 19:04 Thanks inputnya om-oms.

Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.

Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.
Om, perawatan 1,5jt itu masih ada free service fee/free lain2 karena masih garansi kah? Ato emang ganti oli2an dan sejenisnya aja?
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by vp920b »

masaudie wrote: 16 Jun 2021, 01:47
vp920b wrote: 14 Jun 2021, 20:35
masaudie wrote: 14 Jun 2021, 19:04 Thanks inputnya om-oms.

Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.

Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.
Om, perawatan 1,5jt itu masih ada free service fee/free lain2 karena masih garansi kah? Ato emang ganti oli2an dan sejenisnya aja?
Jasa free.

Oli per liter 170rb x 7L kalau ga salah
Oli filter 250rb
Filter udara 500rb
Filter solar 700rb
Filter ac 350rb
Oli matic 100rb per L ganti per 30-40rb KM.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by maastricht889 »

vp920b wrote: 16 Jun 2021, 15:15
masaudie wrote: 16 Jun 2021, 01:47
vp920b wrote: 14 Jun 2021, 20:35

Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.
Om, perawatan 1,5jt itu masih ada free service fee/free lain2 karena masih garansi kah? Ato emang ganti oli2an dan sejenisnya aja?
Jasa free.

Oli per liter 170rb x 7L kalau ga salah
Oli filter 250rb
Filter udara 500rb
Filter solar 700rb
Filter ac 350rb
Oli matic 100rb per L ganti per 30-40rb KM.
Kurang lebih harga2nya kaya ngerawat innova baru yg 2GD ya om
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by vp920b »

erwinign wrote: 16 Jun 2021, 15:28
vp920b wrote: 16 Jun 2021, 15:15
masaudie wrote: 16 Jun 2021, 01:47

Om, perawatan 1,5jt itu masih ada free service fee/free lain2 karena masih garansi kah? Ato emang ganti oli2an dan sejenisnya aja?
Jasa free.

Oli per liter 170rb x 7L kalau ga salah
Oli filter 250rb
Filter udara 500rb
Filter solar 700rb
Filter ac 350rb
Oli matic 100rb per L ganti per 30-40rb KM.
Kurang lebih harga2nya kaya ngerawat innova baru yg 2GD ya om
Termasuk ga mahal dong ya?

Jujur kl saya pribadi mungkin tak rawat dewe lebih murah. Wkwkwk.. tapi demi warranty mau ga mau ke dealer.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by maastricht889 »

vp920b wrote: 16 Jun 2021, 16:14
erwinign wrote: 16 Jun 2021, 15:28
vp920b wrote: 16 Jun 2021, 15:15

Jasa free.

Oli per liter 170rb x 7L kalau ga salah
Oli filter 250rb
Filter udara 500rb
Filter solar 700rb
Filter ac 350rb
Oli matic 100rb per L ganti per 30-40rb KM.
Kurang lebih harga2nya kaya ngerawat innova baru yg 2GD ya om
Termasuk ga mahal dong ya?

Jujur kl saya pribadi mungkin tak rawat dewe lebih murah. Wkwkwk.. tapi demi warranty mau ga mau ke dealer.
Tak lihat2 filter solar kurleb mirip harganya, oli2nan variasi tapi di 2GD harga segitu dah oli bagus, filter udara mgkn lbh murah innova, filter oli lbh murah innova, oli matic hmm lupa
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by AbdulHakim »

Gimana mengubah mindset orang rumah tentang mobil Diesel itu identik dengan bau asap knalpot dan bunyi truk?
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by ongisnade »

Ini saya punya Grand Santafe umur 17 bulan (km 39 ribuan). Di rentang harga SUV 500-600 juta ini mobil paling nyaman, paling kedap kabin nya, paling kencang dan paling bertenaga, paling enak buat ngebut dengan beban penuh (400-500 kg) penumpang+barang hingga kecepatan 220 km/jam (rpm mesin baru 3300) istri dan anak masih tidur nyenyak dan main gadget, terbangun saat ngerem mendadak. Asal diatas 200 km/jam jangan di tekuk-tekuk/zig-zag saat full load. Kalau setir sendiri tanpa beban saya yakin speed bisa diatas 230 km/jam. Service periodic tiap 10 rb km. Selain oli (bawa sendiri) biaya Cuma 225 ribu buat ganti filter oli. Ganti filter solar di km 30 ribu (ada yang ganti/baru alarm di km 40 rb) harga 750 rb. Untuk oli saya ganti tiap 5000 km. Bersihkan saringan udara tiap 2000-2500 km. BBM selalu Pertadex.

Ini mobil selalu tersiksa 99% full load. Tinggal didesa jalanan rusak. Turing antar kota antar pulau. Dari Madura-Banyuwangi-hingga Bandung mondar-mandir. Naik gunung Bromo, Gunung Lawu, Gunung Kelud, Gunung Kajang, dll. Pantai sepanjang selatan pulau Jawa Timur-Jawa Tengah. Kondisi kaki-kaki inspeksi terakhir km 30 rb masih sehat. Tak ada bunyi-bunyian dalam kabin. Dan yang paling saya kagumi adalah bagian dashboard hingga kini tidak ada bunyi kriet-kriet sedikitpun.

Ternyata ini mobil korea tahan banting juga tidak pernah jajan, biaya hingga km hampir 40 rb ternyata lebih murah dari Fortuner VNT saya. VNT saya hingga 40 rb km sudah jajan sepatu rem, kopel join remuk, cakram peyang.
Kondisi mobil saat ini sangat sehat masih seperti baru. Untuk komparasi dg Mazda CX-8 saya belum pernah punya. Sebelumnya ada Mazda CX-5 FL 2016, Santafe semuanya diatas CX-5 kecuali buat di tekuk-tekuk.

NOTE:
Diatas 80 kph suara mesin lebih halus dari mesin bensin saat full load. Berikut yang sempat tercapture saat ngebut santai.
Attachments
KM 39 RIBU.jpg
KM 39 RIBU.jpg (91.6 KiB) Viewed 2005 times
ECHO Mode Full Load.jpg
ECHO Mode Full Load.jpg (72.27 KiB) Viewed 2005 times
Beban 500 kg Saat Speed 220 kph.jpg
Beban 500 kg Saat Speed 220 kph.jpg (132.57 KiB) Viewed 2005 times
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by rakyatwkwkland »

AbdulHakim wrote: 16 Jun 2021, 16:34 Gimana mengubah mindset orang rumah tentang mobil Diesel itu identik dengan bau asap knalpot dan bunyi truk?
IMHO tidak akan bisa karena mau gimana2 juga yang namanya diesel itu udah kodratnya lebih berisik getar dan bau asap daripada bensin. Secanggih apapun itu mesin diesel. Even sampe misalnya BMW 520d jg tetep aja asepnya menurut idung ane itu kategori bau nyengat dan suara raungannya tetep suara raungannya mesin diesel, apalagi kalo mobil bensin pembandingnya sesama BMW. Kadang buat orang2 yang sudah terbiasa dgn suara mesin bensin dan memang cinta kehalusan, raungan mesin diesel itu emang agak2 annoying.
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by masaudie »

ongisnade wrote: 16 Jun 2021, 18:45 Ini saya punya Grand Santafe umur 17 bulan (km 39 ribuan). Di rentang harga SUV 500-600 juta ini mobil paling nyaman, paling kedap kabin nya, paling kencang dan paling bertenaga, paling enak buat ngebut dengan beban penuh (400-500 kg) penumpang+barang hingga kecepatan 220 km/jam (rpm mesin baru 3300) istri dan anak masih tidur nyenyak dan main gadget, terbangun saat ngerem mendadak. Asal diatas 200 km/jam jangan di tekuk-tekuk/zig-zag saat full load. Kalau setir sendiri tanpa beban saya yakin speed bisa diatas 230 km/jam. Service periodic tiap 10 rb km. Selain oli (bawa sendiri) biaya Cuma 225 ribu buat ganti filter oli. Ganti filter solar di km 30 ribu (ada yang ganti/baru alarm di km 40 rb) harga 750 rb. Untuk oli saya ganti tiap 5000 km. Bersihkan saringan udara tiap 2000-2500 km. BBM selalu Pertadex.

Ini mobil selalu tersiksa 99% full load. Tinggal didesa jalanan rusak. Turing antar kota antar pulau. Dari Madura-Banyuwangi-hingga Bandung mondar-mandir. Naik gunung Bromo, Gunung Lawu, Gunung Kelud, Gunung Kajang, dll. Pantai sepanjang selatan pulau Jawa Timur-Jawa Tengah. Kondisi kaki-kaki inspeksi terakhir km 30 rb masih sehat. Tak ada bunyi-bunyian dalam kabin. Dan yang paling saya kagumi adalah bagian dashboard hingga kini tidak ada bunyi kriet-kriet sedikitpun.

Ternyata ini mobil korea tahan banting juga tidak pernah jajan, biaya hingga km hampir 40 rb ternyata lebih murah dari Fortuner VNT saya. VNT saya hingga 40 rb km sudah jajan sepatu rem, kopel join remuk, cakram peyang.
Kondisi mobil saat ini sangat sehat masih seperti baru. Untuk komparasi dg Mazda CX-8 saya belum pernah punya. Sebelumnya ada Mazda CX-5 FL 2016, Santafe semuanya diatas CX-5 kecuali buat di tekuk-tekuk.

NOTE:
Diatas 80 kph suara mesin lebih halus dari mesin bensin saat full load. Berikut yang sempat tercapture saat ngebut santai.
Sebagai pemakai innova bensin ngeliat bbm sisa 1 strip masih bisa jalan 137 km tu rasanya...
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by ongisnade »

masaudie wrote: 16 Jun 2021, 22:05
ongisnade wrote: 16 Jun 2021, 18:45 Ini saya punya Grand Santafe umur 17 bulan (km 39 ribuan). Di rentang harga SUV 500-600 juta ini mobil paling nyaman, paling kedap kabin nya, paling kencang dan paling bertenaga, paling enak buat ngebut dengan beban penuh (400-500 kg) penumpang+barang hingga kecepatan 220 km/jam (rpm mesin baru 3300) istri dan anak masih tidur nyenyak dan main gadget, terbangun saat ngerem mendadak. Asal diatas 200 km/jam jangan di tekuk-tekuk/zig-zag saat full load. Kalau setir sendiri tanpa beban saya yakin speed bisa diatas 230 km/jam. Service periodic tiap 10 rb km. Selain oli (bawa sendiri) biaya Cuma 225 ribu buat ganti filter oli. Ganti filter solar di km 30 ribu (ada yang ganti/baru alarm di km 40 rb) harga 750 rb. Untuk oli saya ganti tiap 5000 km. Bersihkan saringan udara tiap 2000-2500 km. BBM selalu Pertadex.

Ini mobil selalu tersiksa 99% full load. Tinggal didesa jalanan rusak. Turing antar kota antar pulau. Dari Madura-Banyuwangi-hingga Bandung mondar-mandir. Naik gunung Bromo, Gunung Lawu, Gunung Kelud, Gunung Kajang, dll. Pantai sepanjang selatan pulau Jawa Timur-Jawa Tengah. Kondisi kaki-kaki inspeksi terakhir km 30 rb masih sehat. Tak ada bunyi-bunyian dalam kabin. Dan yang paling saya kagumi adalah bagian dashboard hingga kini tidak ada bunyi kriet-kriet sedikitpun.

Ternyata ini mobil korea tahan banting juga tidak pernah jajan, biaya hingga km hampir 40 rb ternyata lebih murah dari Fortuner VNT saya. VNT saya hingga 40 rb km sudah jajan sepatu rem, kopel join remuk, cakram peyang.
Kondisi mobil saat ini sangat sehat masih seperti baru. Untuk komparasi dg Mazda CX-8 saya belum pernah punya. Sebelumnya ada Mazda CX-5 FL 2016, Santafe semuanya diatas CX-5 kecuali buat di tekuk-tekuk.

NOTE:
Diatas 80 kph suara mesin lebih halus dari mesin bensin saat full load. Berikut yang sempat tercapture saat ngebut santai.
Sebagai pemakai innova bensin ngeliat bbm sisa 1 strip masih bisa jalan 137 km tu rasanya...
Ha.ha..ha..ini mobil paling irit yang pernah saya punya. Pernah test tol Perak-Porong lalin padat tapi lancar gak bisa nyalip speed 60-70 km/jam bisa dapat terbaca di MID 25 km/liter. Di jalan yang sama Mazda CX-5 saya cuma dapat 20 km/liter. Fortuner VNT juga sama 20 km/liter. Captiva VCDI 16 km/liter
vinlone75
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 18 Apr 2020, 20:45
Location: jakarta
Daily Vehicle: inova

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by vinlone75 »

Saya pemakai cx 8 type elite 6seater. 2x jkt - bali. Mobil ini sih enak dan irit kesimbangan kenyamanan supir dan penumpang maksimal. saya pernah coba bawa santafee yg 2017, ini mobil juga nyaman dan tenaganya badak banget, baris ke 2nya lumayan enak. Ada moonroof dan kalahnya cuma 1 korea. Jadi kalau dua mobil ini saya juga bingung mau yang mana? Saran saya test ke showroom baru hunting. Oh ya cx8 type touring mungkin bs diskonnya 50-70jt jadi harganya mirip sama cx 5. Kalau dibilang cx8 sama cx5 mirip coba dulu aja pakai2 2nya kalau dibilang tanggung kecx9. Beda hampir 300jt :big_dunno:
Saya ambil cx8 cuma 1 karena 3x piara mazda ga penyakitan dna cuma isi bensin sampai 3tahun. Free semua
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by masaudie »

vinlone75 wrote: 20 Jun 2021, 08:21 Saya pemakai cx 8 type elite 6seater. 2x jkt - bali. Mobil ini sih enak dan irit kesimbangan kenyamanan supir dan penumpang maksimal. saya pernah coba bawa santafee yg 2017, ini mobil juga nyaman dan tenaganya badak banget, baris ke 2nya lumayan enak. Ada moonroof dan kalahnya cuma 1 korea. Jadi kalau dua mobil ini saya juga bingung mau yang mana? Saran saya test ke showroom baru hunting. Oh ya cx8 type touring mungkin bs diskonnya 50-70jt jadi harganya mirip sama cx 5. Kalau dibilang cx8 sama cx5 mirip coba dulu aja pakai2 2nya kalau dibilang tanggung kecx9. Beda hampir 300jt :big_dunno:
Saya ambil cx8 cuma 1 karena 3x piara mazda ga penyakitan dna cuma isi bensin sampai 3tahun. Free semua
Boleh cerita CX 8 iritnya seberapa om? Cukup penasaran sama mesin skyactiv nya..
vinlone75
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 18 Apr 2020, 20:45
Location: jakarta
Daily Vehicle: inova

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by vinlone75 »

Mid sih 10.4 dalam tol rata2 kecepatan 140 nonstop. Kalau dalkot 9.5. Tapi saya rasa kemarin rute jkt bali sih ga sampe 1jt hitungan bensinnya dengan isi pertamax turbo. Kemarin servis diinfo cx8 kosong sampai oktober sisa yg type elite 6seater. Coba ditest drive aja semua target biar beli ga nyesel.
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by yohanesw »

kalo pertimbangannya ada ke arah akomodasi sebetulnya jauh lah unggul innova kemana2, tapi ya itu bawanya ga ada premiumnya sama sekali haha, jadi opsi berikutnya masih lebih mendingan santafe, kalau mazda mau tipe apa pun dengan kelas yang sama selalu akan lebih sempit dibanding kompetitornya karena mereka memang utamakan distribusi bobot mobil dan juga peredam tebal.

Santafe masih unggul dari sisi akomodasi, sunroof panoramic guedeee, mesin & transmisi beringas, dan terutama kalau ambil yang grand TM fiturnya sangat memadai. Gara2 grand ini juga yang bikin non grand jadi agak drop harganya. Kalo pilih versi bensin tidak ada Grand dan feeling nyetirnya ya biasa saja berhubung bodinya juga berat.

Miara diesel ga segitu susahnya juga sebetulnya, cuma memang istilah2 ngurusnya masih asing saja padahal yang dikerjain ya sama saja dengan bensin seperti purging (carbon clean), ganti filter2 solar (filter bensin), isi dex (pertamax/v power), cleaning intake per 5rb. Cuma kalau di bensin impact mesin kotor itu baru berasa kalau odo sudah agak ekstrim ga dirawat, jadi kesannya lebih ga rewel padahal sama saja siklus perawatannya.

kalo 3 tahun mendatang baru ambil mobil masih bisa lah ngelirik santafe TM facelift 2021 sekalian haha
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by KielConstantine »

AbdulHakim wrote: 15 Jun 2021, 09:54
vp920b wrote: 14 Jun 2021, 20:35
masaudie wrote: 14 Jun 2021, 19:04 Thanks inputnya om-oms.

Ada yang pengalaman pake/nyoba Santa Fe bensin kah? Udah pasti diesel power & iritnya juara. Tapi bensin jadi pertimbangan jg karena belom pernah piara diesel (karena itu masukin CX8 juga disini yang mesin bensinnya cukup canggih). "katanya" perlu perawatan extra (filter solar, purging dll), mesti pertadex, dan asap bau.

Perbandingannya gimana ya Santa Fe diesel vs bensin (selain harga tentunya)?
Bensin lebih mudah perawatan tapi ga punya nilai tambah.

Sejauh yg saya tau harganya ambruk kl bensin dan tidak bisa seirit solar. Orang mau solar korea krn tenaga dan irit.

Dulu santa fe TM saya bisa 1:18-20 di tol, di dalkot masih 1:11-12. Kalau kenceng, 200 juga mudah dicapai. Rem juga bagus sigap.

Perawatan per 6 bulan sekitar 1.5juta ke beres, kalau tambah filter solar bisa 2jt. Tapi warranty 5 tahun.

Sisanya ya dinikmati aja, pke sampe 40rb KM terus dijual kantor.. lg nunggu mobil lain dateng
kalau boleh tau om, perusahaan apa yang pake Santa Fe sebagai kendaraan operasional kantor?
Perusahaan indomobil group. Pangkatnya harus tinggi dulu :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by krniawnhdr »

om-om disini yang pakai Santa Fe, apakah pernah ada masalah saat melewati medan jalan tertentu kah?
entah gasruk, slip, ngeden berat, atau apa saja yang menjadi masalah untuk dilewatin?
mungkin boleh sharing medannya kayak gimana dan akhirnya gimana ngelewatinnya?
lumayan buat referensi temen2 yang pakai mobil SUV monokok FWD yang populasinya makin bertambah terus..

makasih om :)
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by yohanesw »

krniawnhdr wrote:om-om disini yang pakai Santa Fe, apakah pernah ada masalah saat melewati medan jalan tertentu kah?
entah gasruk, slip, ngeden berat, atau apa saja yang menjadi masalah untuk dilewatin?
mungkin boleh sharing medannya kayak gimana dan akhirnya gimana ngelewatinnya?
lumayan buat referensi temen2 yang pakai mobil SUV monokok FWD yang populasinya makin bertambah terus..

makasih om :)
belum pernah om, kecuali kalau udah mulai offroad ya lain cerita [emoji2960]
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by Zaxis »

Kalo KIA jadi masukin sorento mah mending nunggu aja
Ganteng banget itu sorento
Apalagi kalo harga jual nya 500an bisa laris tuh
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by krniawnhdr »

Zaxis wrote: 02 Jul 2021, 15:41 Kalo KIA jadi masukin sorento mah mending nunggu aja
Ganteng banget itu sorento
Apalagi kalo harga jual nya 500an bisa laris tuh
mudah2an.. we'll see om...
walau trim diesel yang paling bawahnya, kalo masih range 500an kecil, bakal worth to the money banget.
apalagi kalo top trimnya masih 600an :big_love:
tapi curiga jangan2 si KIA ini mau masukin sorento yg bensin pake mesin 3300cc ala grand sedona juga :big_love:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by yohanesw »

Zaxis wrote:Kalo KIA jadi masukin sorento mah mending nunggu aja
Ganteng banget itu sorento
Apalagi kalo harga jual nya 500an bisa laris tuh
gosipnya giias 2021 ini masuk carnival dulu, sorentonya sih bisa tahun depan kalo gitu
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
dioudodo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 07 Nov 2015, 07:25

Re: 7 seater comparison (ANKI, Santa Fe, CX 8)

Post by dioudodo »

Di O*X ada yg mo lepas Santa Fe XG diesel dengan harga yg ok tuh Om.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post