Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

hlruser
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 15 Jul 2008, 22:05

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by hlruser »

Nice review om..
Boleh tahu kira-kira model tersebut harga barunya berapa ya tahun 2017?
Terimakasih
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

hlruser wrote: 13 Jun 2021, 08:48 Nice review om..
Boleh tahu kira-kira model tersebut harga barunya berapa ya tahun 2017?
Terimakasih
Mungkin maksudnya 2007 ya, ini ada sedikit arsip dari oom newrubble :
newrubble wrote: 21 Jan 2018, 20:30 ya kalo nemu yg masih bagus

n sy masih ingat evolusi harga nya mulai dr (jaman itu victoria yg pertama x sy liat jualan) rp 250 juta (seharga kia carnival bensin 4camshafts, 1 1 nya di indo yg qohc) sampe rp 290 juta (kia carnival diesel)

trus 2006 yg 8seater sdh rp 450 juta (tdk usah sebut trim apa sy bkn ahli nya) kalo di simprug mobil jaman hera masih jadi sales

abis itu baru masuk second gen n sy beli pertama x yg second gen ini thn 2009 di koh ayung (pendi djuwita nama di ktp dia n sy tdk pernah lupa krn mirip nama org kalo kerja di salon) yg single electric slide n non glass hatch roof itu udah rp 525 juta sblm

thn 2010 sy beli yg 8 seater normal (dual electric slide plus glass hatch roof) rp 575 juta

perhatikan pricing trend nya dari 1st ke 2nd ..... nanti nya saat depreciation period slesai maka appreciation period akan bullish dgn trend sama

sorry beyond topic
alph's makeup.jpg
ini second gen yg paling duafa yg pernah sy punya
yg 1st gen 2003 n 2006 sy blm nemu pics nya ..... mgkn somewhere di laptop yg mana sy lupa
measured probability
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

sintoni wrote: 10 Jun 2021, 22:07 Nais ripiu om, dulu sempet bawa jg Alpat ini pas tahun segituan baru keluar, soalnya dulu punya temen sultan, jadi pernah disuruh nyetir.

Emang enak banget sih, tenaga jg ga malu2in padahal disii orang banyak karena jemputin temen2 yang lain.

Lomcatnya jauh jg ya om dari Karimun ke Alpat. Wkwkw.

Mudah2an awet terus mobilnya om..
Soal tenaga ini saya cukup surprise ya, dalam pemakaian 3 Minggu terakhir, saya kira ini Alphard cukup "malas" settingannya demi kenyamanan para bos di belakang, eh ternyata kalau tega bejeknya, accelnya bisa galak juga dari 80-140 itu cepet banget, ga detail sih hitung berapa detik, kapan hari selepas curve Jagorawi yang udah mau masuk GT Bogor kota saya ada nyalip bbrp kendaraan lelet tapi ngotot di jalur kanan, ya udah saya salip dari kiri aja sambil bejek rata lantai... Hehe...
measured probability
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

Pboyz97 wrote: 12 Jun 2021, 12:01
Hehehe, daripada voxy 2019, kalo saya pribadi, saya akan consider ke alphard gen 2 2012-2013 , atau kalo mau yg 2009-2011 juga oke, asal ambilnya yg IU kalo saran saya, kalo yg ATPM entah kenapa kalo yg gen 2 fiturnya terlalu minim buat ukuran alphard, jauh lebih lengkap yg IU kalo yg gen 2 hehehe , harga sekennya sepertinya juga mirip2 sm voxy 2019, karena lebih lega, lebih nyaman dan kelasnya jelas diatas voxy, kalo udh biasa melihara alphard ya lebih bagus ke alphard gen 2 om kalo mau upgrade suatu saat nanti, karena entah kenapa voxy menurut saya nanggung. Mending naik kelas ke alphard sekalian , tapi asalkan ga masalah sm tahunnya yg agak tua ya hehehe, tapi kalo emg om suka dengan voxynya ya angkut aja , kalo memang semuanya udh siap. Mobilnya cukup enak disetir buat ukuran mpv boxy dan fiturnya cukup lengkap buat mobil yg harga barunya 450an, minusnya cuma kenyamanan dan bantingan suspensinya aja yg ga seempuk dan senyaman serena (kebetulan pernah TD dua duanya)
Yup, Vellfire ZG 2014 yg udah pilot seat dan ada pijakan kakinya (ottoman?) tampak menarik. Karena di alphard/vellfire gen berikut, pijakan kaki ini malah ilang...
measured probability
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

Harchi wrote: 12 Jun 2021, 14:25 Gegara baca review ini, ane jd pengen ganti mobil istri ke alpharg gen2 3.5, biar ga cvt. Cek2 harganya udh masuk budget. Gmn ya cara meyakinkan dia klo nyetir n dimensi alphard ga segede yg dia bayangkan?
dibawa test drive langsung om...
saya pertama masuk rada jiper juga, lah pas begitu jalan kok gampang banget bawanya, apalagi langsung turun 11 lantai dari mall muter2...hehehe...tapi ya kebantu ama kameranya sih om, asal jangan Alphard X ATPM kayanya kopong banget fiturnya, cmiiw
michaelgiri93 wrote: 12 Jun 2021, 21:49 Congrats mobil barunya om & nice review
Reviewnya bikin pengen punya 1 besok buat perjalanan jarak jauh bareng keluarga wkwk

Dari foto fotonya enak juga ya alphard warna silver gitu
Perawatannya mudah, dilihat juga lumayan cakep, gak panas juga.
thank you om,
amin saya doakan bisa terkabul.
memang sangat nyaman untuk perjalanan jauh. iya om, saya nyuci cuma bisa seminggu sekali ga kelihatan kotor kalau silver gini dan kalau kejemur panas cepet juga dinginnya daripada item.
Duvebriliant0 wrote: 12 Jun 2021, 22:47
padahal di jepun Alpat sama foxy beda 100 jutaan base modelnya :mky_03:
haha iya betul, di jepang sana harganya ga beda jauh... entah kenapa disini gapnya gede banget, berarti TAM ambil untung jualan alphardnya kegedean? hahaha who knows...
measured probability
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by Pboyz97 »

impactful wrote: 13 Jun 2021, 15:10
Harchi wrote: 12 Jun 2021, 14:25 Gegara baca review ini, ane jd pengen ganti mobil istri ke alpharg gen2 3.5, biar ga cvt. Cek2 harganya udh masuk budget. Gmn ya cara meyakinkan dia klo nyetir n dimensi alphard ga segede yg dia bayangkan?
dibawa test drive langsung om...
saya pertama masuk rada jiper juga, lah pas begitu jalan kok gampang banget bawanya, apalagi langsung turun 11 lantai dari mall muter2...hehehe...tapi ya kebantu ama kameranya sih om, asal jangan Alphard X ATPM kayanya kopong banget fiturnya, cmiiw

Kalo mau nyari alphard gen 2 seken sih, saya akan coret alphard ATPM all type kalo nyari fitur , karena ga tipe X, G, maupun yg V6 kopong bener fiturnya buat ukuran alphard. Jauh lebih lengkap yg IU kalo gen 2. Masa tombol audio disetir gaada dan HU persis GNF :big_biglaugh: . Dan kalo di versi IU optionnya lumayan banyak sih kalo gasalah ada X, G, S, SC, S audioless, sm GS kalo gasalah. Wkwk. Sedangkan kalo yg ATPM, cuma 3 tipe doang, X, G, dan V6 + kalo ATPM baru ada yg tahun 2012 kalo gasalah, sedangkan kalo nyari yg 2008 akhir - 2011an udh hampir pasti keluaran IU semua itu alphard gen 2 hehehe secara yg ATPM baru hadir di versi FL pas tahun 2012 apa 2011 akhir gitu (saya agak lupa)
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by FR6 »

Om menggiurkan banget Alphard nya!! fiturnya masih up to date ya sama mobil jaman sekarang :mky_02: :mky_02: :mky_02:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

Pboyz97 wrote: 14 Jun 2021, 01:14
Kalo mau nyari alphard gen 2 seken sih, saya akan coret alphard ATPM all type kalo nyari fitur , karena ga tipe X, G, maupun yg V6 kopong bener fiturnya buat ukuran alphard. Jauh lebih lengkap yg IU kalo gen 2. Masa tombol audio disetir gaada dan HU persis GNF :big_biglaugh: . Dan kalo di versi IU optionnya lumayan banyak sih kalo gasalah ada X, G, S, SC, S audioless, sm GS kalo gasalah. Wkwk. Sedangkan kalo yg ATPM, cuma 3 tipe doang, X, G, dan V6 + kalo ATPM baru ada yg tahun 2012 kalo gasalah, sedangkan kalo nyari yg 2008 akhir - 2011an udh hampir pasti keluaran IU semua itu alphard gen 2 hehehe secara yg ATPM baru hadir di versi FL pas tahun 2012 apa 2011 akhir gitu (saya agak lupa)
setuju... kalau saya pribadi akan rekomen vellfire JDM 2009 up which is striking enough as a family car...as a car guy, pilihan yang lebih sensibel dibanding KDM (Karawang built) people carrier...no offense ya...
FR6 wrote: 14 Jun 2021, 09:20 Om menggiurkan banget Alphard nya!! fiturnya masih up to date ya sama mobil jaman sekarang :mky_02: :mky_02: :mky_02:
ya om, selama masih dapat unit yang masih original ya, karena featurenya ga akan jalan kalau HU udah di obrak abrik, karena jujur aja mulai susah dapetin unit yang kondisinya superb...
measured probability
flea_1105
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 05 May 2011, 01:33

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by flea_1105 »

nice review Om..

jadi pingin tuker yaris tua saya dengan alphard juga hahaha, sayang budget belum ada.

selamat menikmati alphard nya Om, ditunggu update-an perawatannya dan cerita2 seru lain bersama alphardnya
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by pernahmiskin »

Permisi oom TS dan semuanya..

Izin tanya, Dl sempat minat Alphard tp mundur karena ngertinya mahal dan skrg kelar baca trit ini sy malah kepikiran untuk jual Rush 2018 sy yg jarang kepakai
(16k km) karena anak gampang mabok dan sekolah lg prei panjang dgn alphard ky punya oom TS.

Sy searching di market place untuk alphard tahun 2006-2008 di harga 155-180 jt (Jatim)

Dan Rush sy di tawar 210 oleh pdg bln lalu.

Mobil di pakai untuk antar jemput anak sekolah dgn pengemudi istri kdg supir jarak pp rumah ke sekolah 54km dan 1 minggu sekali untuk pp 250km ke malang dr blitar.

Untuk Alphard tahun ky oom Ts, apa yg harus di periksa lebih teliti sebelum pembelian ?

Anak sy skrg masih kelas 3 Sd, Untuk pemakaian 6 tahun kedepan sampai lulus Smp apakah alphard tahun tsb masih mumpuni ?

Untuk bbm, dimensi g ada masalah.

Istri jg terbiasa bawa mobil gd, Bawa truk aja jg lihai kok.

Dan baca2 biaya perbaikan sliding door, sunroof dan racksteer mayan mahal, sampai berapa kalau misal terjadi kerusakan ?

Terima Kasij
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 973
Joined: 28 Oct 2004, 15:38
Location: Jakarta

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by aspsilver »

impactful wrote: 11 Jun 2021, 08:48
erwinign wrote: 10 Jun 2021, 22:08
Om, ini alpatnya masih jok kain wool apa udah leather? Saya pernah naik kaya yg baru dibeli om tp warna item, gile itu udah AC dingin kulkas yg ga nusuk kaya innova+jok kainnya mantep banget, bikin cepet tidur :big_biglaugh: Jalan lurus di tol dalkot sekitar angke-belok arah sedyatmo juara bantingannya

Soal spion ini memang di order2an tertentu ada yg spek tanpa lampu sein kok om di jamannya. Harrier temen saya jg gitu, spionnya persis sama alpat om tapi warna putih. Spionnya keliatan sama kaya innova tapi beda sbnrnya dr bentuk. Tp ada juga yg saking sebelnya spion dibetak maling mulu di jakarta ya jadi beli spion innova lama

Dg umur segitu speaker2-HU OEM masih tokcer semua om? Mantep sih pasti speakernya walaupun bukan yg merek.

Button2 di panel kontrol AC beberapa mulai jadi item ya om krn dipencet mulu, kl direkondisi sih sy yakin jd bagus krn dr foto interiornya msh keliatan seger
ini rasanya juga special order karena jok sudah kulit dan asli... bukan kulit2 murahan, cuma pas saya dapet memang 2 jok depan sudah dibungkus ulang, ya syukur bukanpake bahan yang murah dan panas, ini bahannya adem banget.

jok kulit belakang sampai baris ketiga masih kulit asli dan enak banget ga lengket2 atau gimana... ya walaupun udah ada tanda menua... well aged lah ya kalau di wine... wkwkwkwk...

soal spion kayanya masih ori sih karena ada garis di 1/4 bagian bawah mirrornya yg bisa jadi patokan jarak bumper belakang ke any objects yg di belakang mobil...

saya bawa pulang mobil ini lewat ancol - soedyatmo - west jorr mantab, anak istri pulas walau saya ngebut bersama supir supir alphard generasi yg lebih baru... :big_peace:

speaker & HU no problem, suaranya jossss jauh lebih mantab dari mobil baru apapun di harga 150 jutaan... speaker paling depan tertulis theater sound system dan saya rasa itu memang jaminan kualitas suaranya seperti home theater, apalagi play lagu dari hdd nya, saya hitung yang kelihatan ada 5 speaker di baris depan (tweeter pillar asli included), 2 di baris 2 bagian atas, 2 lagi di bagian belakang, 1 (bass?) di bawah jok depan supir, total 10, ada yg bilang 11...

layar LCD HU juga punya saya tidak menguning atau menunjukkan tanda film nya mau kelupas/kering. masih sehat walau kualitas gambarnya ya jadul...

tombol jadi item paling di off ac sama fan ac bagian kanan, karena memang jd bagian yg paling sering dipencet... liat2 di IG di surabaya ada yg jago restore tombol2 trim beginian...
kalau restore tombol yang terkelupas, tidak usah ke Surabaya jauh oom, dijakarta di kemanggisan ada koq, cek IG, @788autocare . kerjanya bagus, saya kesitu juga untuk BMW saya.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by Pboyz97 »

impactful wrote: 14 Jun 2021, 20:07

setuju... kalau saya pribadi akan rekomen vellfire JDM 2009 up which is striking enough as a family car...as a car guy, pilihan yang lebih sensibel dibanding KDM (Karawang built) people carrier...no offense ya...

Nah sama om. alphard IU mau tahun berapapun masih worth kok dipelihara sampe sekarang. Desainnya entah kenapa keliatan timeless dimata saya dibanding alphard gen 1 atau gen 3 (selera masing2 lah ya) + fiturnya juga jauh sm yg ATPM which is terkenal super kopong buat ukuran alphard kalo yg gen 2 nya hehehe :big_biglaugh: . Tapi kudu siap sm pajak dan perawatannya ya , yg ga ikutan turun kaya harga sekennya yg sudah mulai terjangkau menurut saya . Hehehe. Cuma kalo buat mobil pertama - kedua, saya masih lebih prefer KDM people carrier, karena lebih ke faktor worry free dan peace of mind aja. Cuma kalo buat mobil ketiga dst, saya merem ini oom hehehe. Karena prestige dan kelasnya jauh diatas KDM people carrier kalo menurut saya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1113
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by KielConstantine »

Emangnya alphard gen 2 V6 masuk via ATPM smua ? Vellfire ada varian engine V6 ga di indo?

Gw seh sebenernya demen sama Vellfire GS . Tp setelah check kok smua type mesin 2.4 ud gitu CVT pula.. maleszz

Mau ga mau berburu yg 3.5 V6 supaya dpt matic konvensional. Lebih peace of mind …
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

flea_1105 wrote: 15 Jun 2021, 19:35 nice review Om..

jadi pingin tuker yaris tua saya dengan alphard juga hahaha, sayang budget belum ada.

selamat menikmati alphard nya Om, ditunggu update-an perawatannya dan cerita2 seru lain bersama alphardnya
selama siap dengan konsumsi BBM dan biaya perawatannya, angkut oom... saya doakan budgetnya segera terkumpul... :big_deal:
untuk perawatan, akhir bulan ini mau saya bawa ke bengkel terdekat untuk ganti boot as roda dan bushing arm kiri kanan, udah hunting part di tokped ngga mahal cuma ratusan ribu saja habisnya, untuk biaya jasa akan saya update setelah pengerjaan selesai.

Pengalaman seru : jadi sering ketemu Alpahrd yang sama, baik warna silver maupun hitam di generasi dan model yang sama (FL-ASG (V) / G) 2006-2007, biasanya saya tempel biar jadi kaya semi konvoi kalau di jalan... hahaha... :big_childish:

--------------------------------------------
pernahmiskin wrote: 17 Jun 2021, 00:21 Permisi oom TS dan semuanya..

Izin tanya, Dl sempat minat Alphard tp mundur karena ngertinya mahal dan skrg kelar baca trit ini sy malah kepikiran untuk jual Rush 2018 sy yg jarang kepakai
(16k km) karena anak gampang mabok dan sekolah lg prei panjang dgn alphard ky punya oom TS.

Sy searching di market place untuk alphard tahun 2006-2008 di harga 155-180 jt (Jatim)

Dan Rush sy di tawar 210 oleh pdg bln lalu.

Mobil di pakai untuk antar jemput anak sekolah dgn pengemudi istri kdg supir jarak pp rumah ke sekolah 54km dan 1 minggu sekali untuk pp 250km ke malang dr blitar.

Untuk Alphard tahun ky oom Ts, apa yg harus di periksa lebih teliti sebelum pembelian ?

Anak sy skrg masih kelas 3 Sd, Untuk pemakaian 6 tahun kedepan sampai lulus Smp apakah alphard tahun tsb masih mumpuni ?

Untuk bbm, dimensi g ada masalah.

Istri jg terbiasa bawa mobil gd, Bawa truk aja jg lihai kok.

Dan baca2 biaya perbaikan sliding door, sunroof dan racksteer mayan mahal, sampai berapa kalau misal terjadi kerusakan ?

Terima Kasij
wah, ada oom legend SM...
nah, saya ada kepikiran, sebelumnya pernah bawa Terios 2017 sebelum all new full muatan 9 orang (4 dewasa, 5 anak) dari Madiun Kota ke Sarangan, lanjut ke Karanganyar - Grojogan Sewu, itu sama sekali ga ada mabok atau gimana semua penumpang. Giliran kemarin saya jarak dekat dari Lebak Bulus ke Kemang naik All new terios (which is saya rasa sama aja basicnya dengan All New Rush), duh...kok gini amat ya ride qualitynya, no offense buat semua owner ya, padahal mobil yang saya naiki ini keluaran 2020 dan terlihat terawat sekali. Ini sharing pengalaman pribadi ya, bisa berbeda di semua orang saya rasa... :big_smile]

Poin2 yang harus diperhatikan : sliding door lancar, sistemnya masih pakai kabel sling, kalau putus harus bongkar turunin plafon, saya rasa ini yang bikin biaya perbaikannya mahal karena pengerjaannya ribet, tapi udah banyak spesialis yang bisa kerjain.

Rack steer ya, punya saya syukur masih sehat, kalau ganti segelondong bersama shockbreaker all in kaki kaki itu di youtube ada yang ngerjain total habis 8 juta (CMIIW) rekondisi total, coba cek youtubenya : Azza Vlogs, ini orangnya saya DM di instagram balesin saya waktu saya tanya soal cara nyalain monitor plafon belakang Alphard kalau remotenya hilang.

Sunroof di Jakarta sini banyak spesialisnya, yang harus diperhatikan jalur pembuangan airnya jangan sampai mampet atau kotor karena resiko rembes nanti plafon jadi turun, untuk biaya maybe bisa di googling oom, seharusnya tidak mahal.

Rumah - Sekolah PP 54 km cukup jauh juga ya untuk ukuran di Jawa Timur, tapi kalau jalanan lancar saya rasa konsumsi BBM masih bisa tembus 1:7-8, kalau pemakaian saya : Rumah - Kantor 2,3km, pulangnya 3 km, jadi sehari cuma keluar 10km aja, sebulan sekali baru ke Bogor PP, terakhir keluar agak jauhan cuma ke BSD kemarin, 56 km PP, jarum bensin cuma turun sedikit banget ga ada 1/4 karena di tol lancar.

Untuk pemakaian 6 tahun ke depan selama dirawat dengan benar saya rasa aman oom, Soluna matic saya tahun 2000 sampai hari ini masih jalan dengan enak dan bener karena perawatan rutin.

Transmisi pastikan lancar saja waktu mau angkut dan lagsung ganti oli transmisinya beserta semua cairan begitu dapet unitnya. Engine mounting, packing mesin, radiator, aki, shock pintu belakang, interior, head unit, sama pajaknya, syukur kalau bisa dapet yg pajaknya ajaib kaya unit saya Oom...untuk referensi harga partnya bisa cek Tokped dengan kata kunci "ANH10", nanti keluar tuh harga2 radiator, cv joint, dll...

Happy hunting, saya doakan dapat unit yang maknyuss :big_deal:

------------------------------------
aspsilver wrote: 18 Jun 2021, 12:42
kalau restore tombol yang terkelupas, tidak usah ke Surabaya jauh oom, dijakarta di kemanggisan ada koq, cek IG, @788autocare . kerjanya bagus, saya kesitu juga untuk BMW saya.
788 ini saya lihat banyak direkomen di SM ya, akan saya coba kesana nanti, untuk sementara saya utamakan perawatan yang esensial dulu. Bukan asal jalan, tapi untuk benar2 menjaga supaya bisa dipakai secara layak dan normal. tadinya kepikiran Surabaya itu karena ada rencana road trip ke Jawa Timur sekeluarga pakai Alphard ini, cuma melihat kondisi kopit yang naik lagi, saya tunda dulu, at least sampai kondisi membaik, atau saya beres v4ks1n 2x.

-------------------------------------
KielConstantine wrote: 20 Jun 2021, 00:38 Emangnya alphard gen 2 V6 masuk via ATPM smua ? Vellfire ada varian engine V6 ga di indo?

Gw seh sebenernya demen sama Vellfire GS . Tp setelah check kok smua type mesin 2.4 ud gitu CVT pula.. maleszz

Mau ga mau berburu yg 3.5 V6 supaya dpt matic konvensional. Lebih peace of mind …
Emmm... kayanya ada deh Oom yang Gen2 V6 JDM, nyelip nyelip di antara sekian banyak unitV6 ATPM, kepoin aja IG yang banyak jual Alphard IU.
Ga sekalian yang hybrid 2016 aja Oom biar beda ama yang laen... :big_smoking:
measured probability
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 20 Jun 2021, 00:38 Emangnya alphard gen 2 V6 masuk via ATPM smua ? Vellfire ada varian engine V6 ga di indo?

Gw seh sebenernya demen sama Vellfire GS . Tp setelah check kok smua type mesin 2.4 ud gitu CVT pula.. maleszz

Mau ga mau berburu yg 3.5 V6 supaya dpt matic konvensional. Lebih peace of mind …
Masuk om, cuma baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir apa 2012 gitu kalo yg gen 2 ATPM. Kalo yg PFL tahun 2008 akhir - 2011, semua versi IU hehehe. Dan velfire yg v6 ada juga. Hehehe, cuma unitnya agak jarang aja dibanding yg varian 2.4 nya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by pernahmiskin »

impactful wrote: 20 Jun 2021, 14:47
pernahmiskin wrote: 17 Jun 2021, 00:21 Permisi oom TS dan semuanya..

Izin tanya, Dl sempat minat Alphard tp mundur karena ngertinya mahal dan skrg kelar baca trit ini sy malah kepikiran untuk jual Rush 2018 sy yg jarang kepakai
(16k km) karena anak gampang mabok dan sekolah lg prei panjang dgn alphard ky punya oom TS.

Sy searching di market place untuk alphard tahun 2006-2008 di harga 155-180 jt (Jatim)

Dan Rush sy di tawar 210 oleh pdg bln lalu.

Mobil di pakai untuk antar jemput anak sekolah dgn pengemudi istri kdg supir jarak pp rumah ke sekolah 54km dan 1 minggu sekali untuk pp 250km ke malang dr blitar.

Untuk Alphard tahun ky oom Ts, apa yg harus di periksa lebih teliti sebelum pembelian ?

Anak sy skrg masih kelas 3 Sd, Untuk pemakaian 6 tahun kedepan sampai lulus Smp apakah alphard tahun tsb masih mumpuni ?

Untuk bbm, dimensi g ada masalah.

Istri jg terbiasa bawa mobil gd, Bawa truk aja jg lihai kok.

Dan baca2 biaya perbaikan sliding door, sunroof dan racksteer mayan mahal, sampai berapa kalau misal terjadi kerusakan ?

Terima Kasih
wah, ada oom legend SM...
nah, saya ada kepikiran, sebelumnya pernah bawa Terios 2017 sebelum all new full muatan 9 orang (4 dewasa, 5 anak) dari Madiun Kota ke Sarangan, lanjut ke Karanganyar - Grojogan Sewu, itu sama sekali ga ada mabok atau gimana semua penumpang. Giliran kemarin saya jarak dekat dari Lebak Bulus ke Kemang naik All new terios (which is saya rasa sama aja basicnya dengan All New Rush), duh...kok gini amat ya ride qualitynya, no offense buat semua owner ya, padahal mobil yang saya naiki ini keluaran 2020 dan terlihat terawat sekali. Ini sharing pengalaman pribadi ya, bisa berbeda di semua orang saya rasa... :big_smile]

Poin2 yang harus diperhatikan : sliding door lancar, sistemnya masih pakai kabel sling, kalau putus harus bongkar turunin plafon, saya rasa ini yang bikin biaya perbaikannya mahal karena pengerjaannya ribet, tapi udah banyak spesialis yang bisa kerjain.

Rack steer ya, punya saya syukur masih sehat, kalau ganti segelondong bersama shockbreaker all in kaki kaki itu di youtube ada yang ngerjain total habis 8 juta (CMIIW) rekondisi total, coba cek youtubenya : Azza Vlogs, ini orangnya saya DM di instagram balesin saya waktu saya tanya soal cara nyalain monitor plafon belakang Alphard kalau remotenya hilang.

Sunroof di Jakarta sini banyak spesialisnya, yang harus diperhatikan jalur pembuangan airnya jangan sampai mampet atau kotor karena resiko rembes nanti plafon jadi turun, untuk biaya maybe bisa di googling oom, seharusnya tidak mahal.

Rumah - Sekolah PP 54 km cukup jauh juga ya untuk ukuran di Jawa Timur, tapi kalau jalanan lancar saya rasa konsumsi BBM masih bisa tembus 1:7-8, kalau pemakaian saya : Rumah - Kantor 2,3km, pulangnya 3 km, jadi sehari cuma keluar 10km aja, sebulan sekali baru ke Bogor PP, terakhir keluar agak jauhan cuma ke BSD kemarin, 56 km PP, jarum bensin cuma turun sedikit banget ga ada 1/4 karena di tol lancar.

Untuk pemakaian 6 tahun ke depan selama dirawat dengan benar saya rasa aman oom, Soluna matic saya tahun 2000 sampai hari ini masih jalan dengan enak dan bener karena perawatan rutin.

Transmisi pastikan lancar saja waktu mau angkut dan lagsung ganti oli transmisinya beserta semua cairan begitu dapet unitnya. Engine mounting, packing mesin, radiator, aki, shock pintu belakang, interior, head unit, sama pajaknya, syukur kalau bisa dapet yg pajaknya ajaib kaya unit saya Oom...untuk referensi harga partnya bisa cek Tokped dengan kata kunci "ANH10", nanti keluar tuh harga2 radiator, cv joint, dll...

Happy hunting, saya doakan dapat unit yang maknyuss :big_deal:

------------------------------------

Minggu pagi, sy iseng mampir kebetulan ada unit tipe V warna hitam thn 2007 di dealer wolu wolu mayjen sby

Kondisi keseluruhan oke secara visual
Mesin alus
Odo read di 78k
Jg ada rekap servis berkala a2k

Untuk pajak masih tinggi 6.2 jt plat L

Untuk harga masih mengerikan (tinggi) 187jt

Iseng nawar 165jt plus mutasi Blitar, masih di keep.

Mereka berani lepas 178jt bonus cabut berkas keluar saja.


Lanjut Puter2 di daerah kertajaya,
Ada unit 2007 jg, harga miring 145jt penawaran.
odo read yg mayan tinggi 335k km.

Warna item tp dah kusem dan perlu siram cat full body.
Mayan bakoh jg alphard gen 1, mesin masih alus minus kaki suara kemriyet.

Sy skip dl oom impact, ati ga ada chemistry untuk unit ke 2.


Saya tinggal di blitar selatan ( blitar nggunung), sekolah anak ada di blitar kota,

Jalanan khas desa, kombinasi aspal alus, tambalan jg cor2an.

Btw makasih advice'nya oom impact..

Sy ga keburu ambil alphard seken'nya, Sebab tatap muka masih di undur jg masih ada unit selain rush.

Sambil jalan cari unit mint dan harga reasonable.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

pernahmiskin wrote: 21 Jun 2021, 02:23 Minggu pagi, sy iseng mampir kebetulan ada unit tipe V warna hitam thn 2007 di dealer wolu wolu mayjen sby

Kondisi keseluruhan oke secara visual
Mesin alus
Odo read di 78k
Jg ada rekap servis berkala a2k

Untuk pajak masih tinggi 6.2 jt plat L

Untuk harga masih mengerikan (tinggi) 187jt

Iseng nawar 165jt plus mutasi Blitar, masih di keep.

Mereka berani lepas 178jt bonus cabut berkas keluar saja.


Lanjut Puter2 di daerah kertajaya,
Ada unit 2007 jg, harga miring 145jt penawaran.
odo read yg mayan tinggi 335k km.

Warna item tp dah kusem dan perlu siram cat full body.
Mayan bakoh jg alphard gen 1, mesin masih alus minus kaki suara kemriyet.

Sy skip dl oom impact, ati ga ada chemistry untuk unit ke 2.


Saya tinggal di blitar selatan ( blitar nggunung), sekolah anak ada di blitar kota,

Jalanan khas desa, kombinasi aspal alus, tambalan jg cor2an.

Btw makasih advice'nya oom impact..

Sy ga keburu ambil alphard seken'nya, Sebab tatap muka masih di undur jg masih ada unit selain rush.

Sambil jalan cari unit mint dan harga reasonable.
yang unit pertama feeling saya 168-170 dikasih, harga pertanggungan maksimum yang dikasih sama asuransi di unit saya 170jt soalnya...
ngga relate sih ya... ilmu cocoklogi saya aja, hahaha...

wah jadi ingat jaman saya SMP dulu mama papa saya rumah di Jombang tapi tiap weekend tugas di Krisik, naik Astrea Prima...
semoga lekas nemu unit yang lebih mantab ya Oom, iseng2 di Youtube bbrp waktu yg lalu ada yang lepas unit di Jatim warna silver 155jt
nego depan unit, cuma saya ngga tau barangnya masih ada apa ngga ya om...

measured probability
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1113
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by KielConstantine »

Pboyz97 wrote: 20 Jun 2021, 18:10
KielConstantine wrote: 20 Jun 2021, 00:38 Emangnya alphard gen 2 V6 masuk via ATPM smua ? Vellfire ada varian engine V6 ga di indo?

Gw seh sebenernya demen sama Vellfire GS . Tp setelah check kok smua type mesin 2.4 ud gitu CVT pula.. maleszz

Mau ga mau berburu yg 3.5 V6 supaya dpt matic konvensional. Lebih peace of mind …
Masuk om, cuma baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir apa 2012 gitu kalo yg gen 2 ATPM. Kalo yg PFL tahun 2008 akhir - 2011, semua versi IU hehehe. Dan velfire yg v6 ada juga. Hehehe, cuma unitnya agak jarang aja dibanding yg varian 2.4 nya
Haloo bross. Dari hasil ngubek2, ane nemu Alpard gen 2 ada bbrapa yg V6 . Price range 350jutaan (pedagang)

Vellfirenya blom ketemu yg 3.5… wkwkw susah yah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Bogor
Daily Vehicle: ANH-10 2007

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by impactful »

KielConstantine wrote: 21 Jun 2021, 12:41
Pboyz97 wrote: 20 Jun 2021, 18:10
KielConstantine wrote: 20 Jun 2021, 00:38 Emangnya alphard gen 2 V6 masuk via ATPM smua ? Vellfire ada varian engine V6 ga di indo?

Gw seh sebenernya demen sama Vellfire GS . Tp setelah check kok smua type mesin 2.4 ud gitu CVT pula.. maleszz

Mau ga mau berburu yg 3.5 V6 supaya dpt matic konvensional. Lebih peace of mind …
Masuk om, cuma baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir apa 2012 gitu kalo yg gen 2 ATPM. Kalo yg PFL tahun 2008 akhir - 2011, semua versi IU hehehe. Dan velfire yg v6 ada juga. Hehehe, cuma unitnya agak jarang aja dibanding yg varian 2.4 nya
Haloo bross. Dari hasil ngubek2, ane nemu Alpard gen 2 ada bbrapa yg V6 . Price range 350jutaan (pedagang)

Vellfirenya blom ketemu yg 3.5… wkwkw susah yah
nganu om... pellpayer 3.5 banyak... tapi di negeri jiran...
atau diconvert aja depan ama buntut alphard 3.5 nya ke pellpayer ... :ungg:
measured probability
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 21 Jun 2021, 12:41

Haloo bross. Dari hasil ngubek2, ane nemu Alpard gen 2 ada bbrapa yg V6 . Price range 350jutaan (pedagang)

Vellfirenya blom ketemu yg 3.5… wkwkw susah yah
hehehe, kalo v6 emg lebih banyak yg alphardnya om, secara unitnya juga dijual resmi via ATPM sejak model FL yg 2011 akhir keatas, sedangkan kalo vellfire itu full IU kalo yg gen 1, yg ATPM baru ada pas gen 2 transformer tahun 2015 akhir keatas + secara populasi juga baik alphard maupun velfire juga lebih banyak yg alphardnya om hehehe + kalo nyari velfire apalagi yg v6 sih kudu sabar secara unitnya sendiri juga cukup jarang, rata2 yg 2.4 semua kalo velfire, yg 3.5 jarang hehehe
impactful wrote: 21 Jun 2021, 20:02

nganu om... pellpayer 3.5 banyak... tapi di negeri jiran...
atau diconvert aja depan ama buntut alphard 3.5 nya ke pellpayer ... :ungg:
ga cuma di negeri jiran aja sih, di hongkong juga dulu mayan banyak alphvell v6, kebetulan pas kesana tahun 2009 lalu, disana cukup banyak seliweran alphard velfire yg varian v6, yg 2.4 nya malah cukup jarang kalo disana menurut pengamatan sotoy saya, entah kenapa lebih banyak yg v6 nya dibanding yg 2.4 nya
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by Pboyz97 »

pernahmiskin wrote: 21 Jun 2021, 02:23

Minggu pagi, sy iseng mampir kebetulan ada unit tipe V warna hitam thn 2007 di dealer wolu wolu mayjen sby

Kondisi keseluruhan oke secara visual
Mesin alus
Odo read di 78k
Jg ada rekap servis berkala a2k

Untuk pajak masih tinggi 6.2 jt plat L

Untuk harga masih mengerikan (tinggi) 187jt

Iseng nawar 165jt plus mutasi Blitar, masih di keep.

Mereka berani lepas 178jt bonus cabut berkas keluar saja.


Lanjut Puter2 di daerah kertajaya,
Ada unit 2007 jg, harga miring 145jt penawaran.
odo read yg mayan tinggi 335k km.

Warna item tp dah kusem dan perlu siram cat full body.
Mayan bakoh jg alphard gen 1, mesin masih alus minus kaki suara kemriyet.

Sy skip dl oom impact, ati ga ada chemistry untuk unit ke 2.


Saya tinggal di blitar selatan ( blitar nggunung), sekolah anak ada di blitar kota,

Jalanan khas desa, kombinasi aspal alus, tambalan jg cor2an.

Btw makasih advice'nya oom impact..

Sy ga keburu ambil alphard seken'nya, Sebab tatap muka masih di undur jg masih ada unit selain rush.

Sambil jalan cari unit mint dan harga reasonable.
Kalo mau cari unit mint harga reasonable, bisa pertimbangkan buat hunting di jakarta. Karena setau saya, walaupun chance dapet unit jeleknya tetep ada, karena nyari alphard tahun segitu yg kondisinya oke susah2 gampang, apalagi di daerah, secara yg jual juga cukup jarang menurut saya, ga sebanyak di jakarta + udh pindah tangan juga entah yg ke brp kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya seperti apa, but at least, pilihan opsinya lebih banyak, jadi ada patokan yg jelas antara harga dan kondisinya. Karena setau saya kalo di daerah, populasi alphard ga sebanyak di jakarta, which is opsi nya juga ga sebanyak kalo kita hunting di jakarta, walaupun chance buat dapetin unit jeleknya tetep ada . Saran saya, coba bawa mekanik atau kenalan yg ngerti mobil , jadi potensi dapet unit jeleknya bisa diminimalkan . Dan kalo diantara 2 itu, saya prefer unit pertama deh, coba aja tunggu sampe 1-2 minggu. Siapatau dikasih, maybe mentoknya di 167-170 kalo prediksi saya buat unit yg pertama kaya yg om impactful bilang

Dan kalo beli alphard seken, jangan patokan harga miring deh, lebih baik lebih mahal sedikit tapi barangnya oke daripada asal murah tapi barangnya jelek, karena bakal mengeluarkan biaya yg ga sedikit juga (secara mobil ini harga barunya cukup mahal juga) + biaya service dan maintenancenya ga ikut turun kek harga sekennya yg udh terjangkau menurut saya, tetep ngikutin harga mobil itu pas barunya. Jadi ya kalo mau beli alphard seken usahakan sudah riset biaya perbaikan berapa, terus pajak berapa atau kalo mau BBN atau mutasi bakal habis berapa, nah setelah itu dihitung dengan harga mobilnya, apakah masuk atau tidak . Kalo biaya perbaikan + harga mobilnya selisih dikit udh bisa dapet yg normal ya mending skip aja, lebih baik ambil yg harganya lebih mahal dikit tapi siap pake daripada ambil asal murah tapi banyak PR nya hehehe

Contoh sederhananya gini: misalkan om beli 135 jt (unit ke 2), let's say lah sm yg jual dikasih segitu dari harga awal yaitu 145 jt, terus perbaikan dll abisnya bisa ( 30jtan) which is nambah dikit bisa dapet unit pertama yg siap pakai, ya mending unit pertama yg siap pakai minim PR hehehe walaupun harus nambah 10-15jtan lagi, karena lebih menghemat waktu , tenaga dan biaya juga hehehe, apalagi om bakal pake mobilnya buat jangka panjang dan jarak yg jauh . Dan usahakan cari di pemakai langsung kalo menurut saya. Happy hunting dan semoga dapet unit yg diinginkan ya om hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by pernahmiskin »

impactful wrote: 21 Jun 2021, 10:25
pernahmiskin wrote: 21 Jun 2021, 02:23 Minggu pagi, sy iseng mampir kebetulan ada unit tipe V warna hitam thn 2007 di dealer wolu wolu mayjen sby

Kondisi keseluruhan oke secara visual
Mesin alus
Odo read di 78k
Jg ada rekap servis berkala a2k

Untuk pajak masih tinggi 6.2 jt plat L

Untuk harga masih mengerikan (tinggi) 187jt

Iseng nawar 165jt plus mutasi Blitar, masih di keep.

Mereka berani lepas 178jt bonus cabut berkas keluar saja.


Lanjut Puter2 di daerah kertajaya,
Ada unit 2007 jg, harga miring 145jt penawaran.
odo read yg mayan tinggi 335k km.

Warna item tp dah kusem dan perlu siram cat full body.
Mayan bakoh jg alphard gen 1, mesin masih alus minus kaki suara kemriyet.

Sy skip dl oom impact, ati ga ada chemistry untuk unit ke 2.


Saya tinggal di blitar selatan ( blitar nggunung), sekolah anak ada di blitar kota,

Jalanan khas desa, kombinasi aspal alus, tambalan jg cor2an.

Btw makasih advice'nya oom impact..

Sy ga keburu ambil alphard seken'nya, Sebab tatap muka masih di undur jg masih ada unit selain rush.

Sambil jalan cari unit mint dan harga reasonable.
yang unit pertama feeling saya 168-170 dikasih, harga pertanggungan maksimum yang dikasih sama asuransi di unit saya 170jt soalnya...
ngga relate sih ya... ilmu cocoklogi saya aja, hahaha...

wah jadi ingat jaman saya SMP dulu mama papa saya rumah di Jombang tapi tiap weekend tugas di Krisik, naik Astrea Prima...
semoga lekas nemu unit yang lebih mantab ya Oom, iseng2 di Youtube bbrp waktu yg lalu ada yang lepas unit di Jatim warna silver 155jt
nego depan unit, cuma saya ngga tau barangnya masih ada apa ngga ya om...

Siap oom, terima kasih banyak.

Pelan2 jg carinya, kalau ga dpt ya blm rejekinya.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 667
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by pernahmiskin »

Pboyz97 wrote: 21 Jun 2021, 23:21
pernahmiskin wrote: 21 Jun 2021, 02:23

Minggu pagi, sy iseng mampir kebetulan ada unit tipe V warna hitam thn 2007 di dealer wolu wolu mayjen sby

Kondisi keseluruhan oke secara visual
Mesin alus
Odo read di 78k
Jg ada rekap servis berkala a2k

Untuk pajak masih tinggi 6.2 jt plat L

Untuk harga masih mengerikan (tinggi) 187jt

Iseng nawar 165jt plus mutasi Blitar, masih di keep.

Mereka berani lepas 178jt bonus cabut berkas keluar saja.


Lanjut Puter2 di daerah kertajaya,
Ada unit 2007 jg, harga miring 145jt penawaran.
odo read yg mayan tinggi 335k km.

Warna item tp dah kusem dan perlu siram cat full body.
Mayan bakoh jg alphard gen 1, mesin masih alus minus kaki suara kemriyet.

Sy skip dl oom impact, ati ga ada chemistry untuk unit ke 2.


Saya tinggal di blitar selatan ( blitar nggunung), sekolah anak ada di blitar kota,

Jalanan khas desa, kombinasi aspal alus, tambalan jg cor2an.

Btw makasih advice'nya oom impact..

Sy ga keburu ambil alphard seken'nya, Sebab tatap muka masih di undur jg masih ada unit selain rush.

Sambil jalan cari unit mint dan harga reasonable.
Kalo mau cari unit mint harga reasonable, bisa pertimbangkan buat hunting di jakarta. Karena setau saya, walaupun chance dapet unit jeleknya tetep ada, karena nyari alphard tahun segitu yg kondisinya oke susah2 gampang, apalagi di daerah, secara yg jual juga cukup jarang menurut saya, ga sebanyak di jakarta + udh pindah tangan juga entah yg ke brp kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya seperti apa, but at least, pilihan opsinya lebih banyak, jadi ada patokan yg jelas antara harga dan kondisinya. Karena setau saya kalo di daerah, populasi alphard ga sebanyak di jakarta, which is opsi nya juga ga sebanyak kalo kita hunting di jakarta, walaupun chance buat dapetin unit jeleknya tetep ada . Saran saya, coba bawa mekanik atau kenalan yg ngerti mobil , jadi potensi dapet unit jeleknya bisa diminimalkan . Dan kalo diantara 2 itu, saya prefer unit pertama deh, coba aja tunggu sampe 1-2 minggu. Siapatau dikasih, maybe mentoknya di 167-170 kalo prediksi saya buat unit yg pertama kaya yg om impactful bilang

Dan kalo beli alphard seken, jangan patokan harga miring deh, lebih baik lebih mahal sedikit tapi barangnya oke daripada asal murah tapi barangnya jelek, karena bakal mengeluarkan biaya yg ga sedikit juga (secara mobil ini harga barunya cukup mahal juga) + biaya service dan maintenancenya ga ikut turun kek harga sekennya yg udh terjangkau menurut saya, tetep ngikutin harga mobil itu pas barunya. Jadi ya kalo mau beli alphard seken usahakan sudah riset biaya perbaikan berapa, terus pajak berapa atau kalo mau BBN atau mutasi bakal habis berapa, nah setelah itu dihitung dengan harga mobilnya, apakah masuk atau tidak . Kalo biaya perbaikan + harga mobilnya selisih dikit udh bisa dapet yg normal ya mending skip aja, lebih baik ambil yg harganya lebih mahal dikit tapi siap pake daripada ambil asal murah tapi banyak PR nya hehehe

Contoh sederhananya gini: misalkan om beli 135 jt (unit ke 2), let's say lah sm yg jual dikasih segitu dari harga awal yaitu 145 jt, terus perbaikan dll abisnya bisa ( 30jtan) which is nambah dikit bisa dapet unit pertama yg siap pakai, ya mending unit pertama yg siap pakai minim PR hehehe walaupun harus nambah 10-15jtan lagi, karena lebih menghemat waktu , tenaga dan biaya juga hehehe, apalagi om bakal pake mobilnya buat jangka panjang dan jarak yg jauh . Dan usahakan cari di pemakai langsung kalo menurut saya. Happy hunting dan semoga dapet unit yg diinginkan ya om hehehe
Maaf oom, sy ga ngerti kalau di quote.

Terima kasih banyak advicenya om, sangat lengkap..

Untuk biaya perawatan, bbm, pajak sy sdh pelajari oom.
Msh dlm batas toleransi budget sy.

Untuk hunting ke jkt, sy ga sempat oom.
Biasa ke jkt untuk cek gawean saja, mungkin pelan2 saya cari di daerah sj sebab ga mendesak jg.

Dpt syukur, ga dpt ya sdh.
Sebab sy jg angin2an untuk alphard seken ini.
(Pingin bkn butuh, jg masih ada mobil lain selain rush untuk di pakai sekolah anak.)

Btw sekali lg, thanks advice'nya
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1113
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by KielConstantine »

Pboyz97 wrote: 21 Jun 2021, 22:35
KielConstantine wrote: 21 Jun 2021, 12:41 Haloo bross. Dari hasil ngubek2, ane nemu Alpard gen 2 ada bbrapa yg V6 . Price range 350jutaan (pedagang)

Vellfirenya blom ketemu yg 3.5… wkwkw susah yah
hehehe, kalo v6 emg lebih banyak yg alphardnya om, secara unitnya juga dijual resmi via ATPM sejak model FL yg 2011 akhir keatas, sedangkan kalo vellfire itu full IU kalo yg gen 1, yg ATPM baru ada pas gen 2 transformer tahun 2015 akhir keatas + secara populasi juga baik alphard maupun velfire juga lebih banyak yg alphardnya om hehehe + kalo nyari velfire apalagi yg v6 sih kudu sabar secara unitnya sendiri juga cukup jarang, rata2 yg 2.4 semua kalo velfire, yg 3.5 jarang hehehe
impactful wrote: 21 Jun 2021, 20:02 nganu om... pellpayer 3.5 banyak... tapi di negeri jiran...
atau diconvert aja depan ama buntut alphard 3.5 nya ke pellpayer ... :ungg:
ga cuma di negeri jiran aja sih, di hongkong juga dulu mayan banyak alphvell v6, kebetulan pas kesana tahun 2009 lalu, disana cukup banyak seliweran alphard velfire yg varian v6, yg 2.4 nya malah cukup jarang kalo disana menurut pengamatan sotoy saya, entah kenapa lebih banyak yg v6 nya dibanding yg 2.4 nya
Ooo baru tau.. thn 2011 gen 2 ud facelift ya ? Bedanya enggak gitu kliatan soalnya .. mirip2 gitu hahahaha :big_slap:

Klo gitu berburunya thn 2012+ yah jamin pasti facelift gen 2.
Thanks brooos :frm_salut:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Ownership Review : Alphard 2.4 ASG 2007 (2021), The Compromise JDM Van

Post by Pboyz97 »

KielConstantine wrote: 25 Jun 2021, 01:57
Ooo baru tau.. thn 2011 gen 2 ud facelift ya ? Bedanya enggak gitu kliatan soalnya .. mirip2 gitu hahahaha :big_slap:

Klo gitu berburunya thn 2012+ yah jamin pasti facelift gen 2.
Thanks brooos :frm_salut:
iya om, tahun 2011 akhir apa 2012 awal gitu saya agak lupa. cuma kalo 2011 sih, setau ane masih banyakkan yg PFL nya, kalo yg 2012 baru banyakkan yg FL nya menurut pengamatan sotoy ane hehehe.

iya, kalo yg 2012 keatas emg kemungkinan besar udh dapet yg FL kalo gen 2. cuma kalo yg 2012 + ada 2 versi. ATPM sm IU. cuma kalo ane pribadi, kalo nyari alphard gen 2 seken, merem mata yg IU deh, fiturnya jauh bgt soalnya sm versi ATPM yg super kopong buat ukuran alphard menurut ane :big_biglaugh: . sm kalo bedanya sih sekilas ada di grill, desain velg sm stoplamp. kalo yg PFL lebih terang merahnya, kalo yg FL lebih gelap dikit gitu desain stoplampnya (itu yg IU) , kalo yg ATPM lebih terak kek yg PFL desain stoplampnya kalo gasalah
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Post Reply