Page 1 of 8

2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 15:05
by ChZ
Sebuah mobil yang lebih kecil dari KIA Seltos.

Oh baiklah, mungkin kita berpikir bahwa mobil ini akan masuk ke A-Segment crossover, bersaing dengan Ignis.

Tetapi di sinilah segala sesuatunya terlihat semakin complicated.

Sambutlah, KIA Sonet.

Mobil yang awalnya saya pikir adalah head-on competitor dengan Suzuki Ignis atau Renault Kwid. Tidak sebelum saya melihat mobilnya dengan mata kepala sendiri yang.... tidak sekecil yang saya pikirkan.

Image

Size and Style

Sonet adalah crossover kelas B yang dikembangkan dari platform KIA K2. Platform ini sama dengan yang digunakan oleh Seltos.

Bertabrakan kelas ? Well... sesuatu yang di tahun 2020 sudah sangat biasa. Mitsubishi punya Outlander Sport dan Eclipse Cross, Toyota punya C-HR dan Corolla Cross. Mobil berukuran mirip-mirip yang lahir dari platform yang sama. Penerapan modular platform sudah semakin "liar" semakin ke sini.

Sonet adalah produk KIA yang menerapkan konsep yang sama. Mobil ini 22.5 cm lebih pendek dari Seltos, 1 cm lebih ceking dari Seltos, dan memiliki tinggi yang sama. Wheelbase nya lebih pendek 15 cm. Jadi ini adalah "Seltos" tapi lebih pendek.

Berbeda dengan Seltos yang lebih didominasi garis - garis tegas dan lebih terkesan "tough", Sonet memiliki gaya yang agak lebih chic dan lebih terkesan funky. Gayanya lebih mengesankan mobil perkotaan.

Well, biarpun gaya berlekuk-lekuk membulat begini memang khas sekali di kalangan mobil yang didesain untuk pasar India... tetapi Sonet tidak terlalu polarizing. Orang akan mudah suka dengan design nya. Design ini akan sangat disukai kalangan wanita dan ibu-ibu muda, apalagi mengingat ukurannya tidak terlalu besar.

Image

Image

Image

Satu-satunya gangguan visual di sini adalah velg 16 inch yang mengisyaratkan ini adalah mobil yang "murah", dibalut ban Apollo 215/60/16. Sepertinya mobil ini perlu rims lebih besar dan roda lebih lebar untuk mengimbangi postur ruang roda yang gemuk.

Lelampuan di mobil ini depan-belakang sudah dihiasi LED. Berbeda dengan Seltos yang nyala sampai ke grill, Sonet masih jauh lebih "normal". Saya jauh lebih bisa menikmati tampilan Sonet ketika lampu nyala ketimbang Seltos yang mirip pasar malem...

Image

Goodness Inside

Image

Sonet memiliki bentuk dash yang cukup lucu. ventilasi AC nya vertikal dan ventilasi AC bagian tengah diletakkan di bawah HU. Posisi yang kurang lazim dan berpotensi membuat tangan anda kena hembusan AC terus menerus.

Image

Sedangkan head unit dan infotainment screen nya nyambung - mirip seltos, hanya di Sonet lebih rapi dan tidak terkesan pasang-pasangan. Sayangnya bentuk meter cluster ini justru bikin Sonet terasa lebih el cheapo dibanding Seltos... mengingatkan saya pada cluster meter mobil - mobil "murah" Eropa seperti Renault Kwid dan Triber.

Image

Fitur di mobil ini ada buanyak sekali karena ini tipe tertinggi. airbagnya ada 6, Android Auto, ESC, HAC, Wireless Charging, BOSE speakers (high trim only), remote engine start, sunroof, Drive / Traction mode seperti pada Seltos... sampai fitur kurang penting seperti mood light.

Image

Saya tidak terlalu peduli dengan fitur-fitur di atas karena ada sekitar 30% fitur yang hanya ada di tipe tertinggi yang menurut saya mahal, dan fitur jelas tidak akan jadi alasan utama membeli mobil ini. Tapi saya hanya peduli satu hal : ventilated seats alias pendingin kursi. KIA memasukkan sebuah fitur yang relevan untuk para pengguna mobil ini yang mayoritas akan digunakan untuk daily driver.

Image

Lalu joknya empuk, terasa plush, tidak keras, memiliki support yang cukup. Dan ergonomi kabin pun tidak terkompromi walau ukurannya kecil : bagian belakang dan bagasi mobil ini masihlah proper untuk membawa keluarga dan perlengkapan liburan.

Image

Tetapi interior ini tetap tidak tanpa kelemahan. Build quality ala mobil India masih terasa sekali. Beberapa plastic nya rasanya fragile, handle pintunya mirip Seltos dan itu bukan hal yang baik karena terasa murah. Intinya urusan build quality, masih di bawah HR-V rakitan karawang.

A Surprisingly "Fun to Drive" Car...

Satu hal yang paling saya suka dari Sonet adalah profil dasbor yang tidak terlalu panjang. Saya bukan penggemar cluster meter nyambung dengan head unit seperti ini, tetapi di Sonet dasbornya sangat pendek sehingga anda dengan mudah dapat melihat sisi kiri-kanan tanpa kesulitan. Manuver menyalip dengan mobil ini pun sangat mudah. Seating positionnya agak tinggi biarpun bukan selera saya tetapi ini memang dibutuhkan karena sekali lagi, lebih rendah sedikit saja pandangan kita terhalang frame speedometer dan head unit dan kita kehilangan 3/4 visual ke depan.

Lalu powertrain adalah bagian yang cukup seru pada mobil ini.

Mesinnya 1.5 Liter "Smartstream" bertenaga 115 ps @ 6.300 RPM / 144 Nm @ 4.500 RPM dengan transmisi IVT alias CVT. Artinya mesin ini kalah 5 ps dan 2 Nm dari L15Z1 Honda di HR-V 1.5 ...Figur peak power pada 6.300 RPM itu membuat saya teringat pada karakter mesin - mesin Honda yang sangat peaky, dan Hyundai/KIA memang juga terkenal membuat gasoline engine dengan karakter yang cukup peaky.

Image

Dan ini terbukti. Low-end power Sonet bukan yang paling brilian. Putaran bawah mobil ini cenderung "kosong". Tetapi kickdown dan.... BOOM.

CVT dengan sigap melakukan lock-up, RPM langsung naik dengan G-Force yang menghempaskan badan ke belakang diiringi laju mobil yang terus bertambah dan tenaga yang selalu terisi. Serbuan tenaga seperti ini jarang sekali saya temukan di mobil sekelas ini. Biasanya mesin - mesin 1.2 - 1.5 Liter NA selain Honda selalu hanya fokus di 2.000 - 3.000 RPM early torque, mereka tidak pernah terlalu peduli dengan top end power.

Tetapi KIA justru meletakkan mesin dengan kekuatan segini besar di mobil yang kebanyakan akan digunakan untuk grocery shopping. Dan karena ini adalah mobil yang ukurannya lebih kecil dari HR-V, kombinasi CVT yang sigap dan power yang kuat membuat G-Force pada mobil ini jadi sangat kuat.

Dan kencangnya mobil ini juga diimbangi dengan handling yang sangat baik untuk rentang harga segini. Steering feedbacknya cukup rich, mungkin the best di rentang harga 250 - 300 juta, not even Mazda punya rasa steer sebaik ini. Set suspensi juga cukup firm dengan rubber bushing dan damper yang baik sehingga mobil ini terasa.... "mahal". Cukup sulit menemukan mobil di bawah 300 juta yang tidak glodakan lewat rel kereta dan polisi tidur, dan Sonet adalah salah satunya. Di jalan gelombang set suspensinya justru pas tidak terlalu wobbly atau terlalu loncat-loncat.

Ditambah dengan visual ke depan yang cukup baik membuat feel mobil ini sangat lincah dan terasa jauh lebih kecil daripada Seltos, padahal ukuran lebarnya hanya berselisih sedikit.

Kombinasi visual ke depan yang baik, G-force, mesin high-rev, steering, dan set suspensi... saya tidak mau berlebihan dan tidak suka mengumbar kata fun to drive, tetapi ya, Sonet adalah mobil paling fun to drive di rentang 200 - 300 juta. Tanpa harus exageratting specs dengan humble 1.5 Liter with CVT. Mungkin terdengar aneh, but you gotta try it yourself. Dan fakta bahwa tipe terbawah, manualnya memiliki harga di bawah 200 juta, artinya you get more for less money - walaupun modern manual transmission tidaklah terlalu natural dibanding automatic.

Keluhan terbesar pada mobil ini.... mungkin datang pada sektor grip. Apa yang anda harapkan dari ban sebuah econobox merk India ? Ban ini bahkan tidak dapat handle traksi mesin saat menikung gaspol. Bahkan dalam kondisi stability control menyala grip ban masih struggle.

How to Set a Good Deal...

Seltos was quite disappointing. The DCT was lame, the 1.4 engine doesn't have too much juice, the interior quality was rubbish.

Tetapi... Sonet benar-benar mobil yang sangat mengejutkan.

Lighter, feels smaller, fast, and it cools down your a$$. Segala sesuatu yang anda butuhkan untuk sebuah city commuter yang akan anda gunakan sehari - hari. Semakin sempurna lagi karena garansi mobil ini untuk powertrain adalah 7 tahun / 200.000 kilometer.

Sonet ditawarkan dalam 5 tipe mulai dari 193 juta hingga 300 juta. Jika anda ingin transmisi Automatic tipe termurahnya adalah 260 juta-an. Dan menurut saya ini cukup. 40 juta untuk "beli fitur" is a total waste, apalagi mengingat ini bukan global model seperti HR-V.

Satu-satunya alasan make sense untuk beli tipe tertinggi adalah airbagnya 6 buah dan... ventilated seats. Sisanya tidak terlalu perlu dan bukan sesuatu yang anda perlu extra 40 juta, alias hampir seratus juta dari harga base model.

Dan jika anda ingin tahu seperti apa "good deal" dalam membeli mobil - KIA Sonet adalah jawabannya.

Image

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 15:20
by prayogayogi
Pertamax......menjawab pertanyaan besar dan kepenasaran saya mengenai mobil ini thks reviewnya bro Chz.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 15:21
by Venturtle
very nice review, om.. seperti biasa , review berkualitas dan enak bacanya :mky_02:
dengan mesin 1.5 non turbo, apakah bisa diisi pertalite? :mky_01:
setelah Sonet, ditunggu review MG HS ya, om..:mky_01:

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 15:45
by rakyatwkwkland
Warbyasah, dah muncul aja review first drivenya :mky_02:

Anyway, ini lumayan menjawab rasa penasaran ane sama boil satu ini. Sepertinya dari tulisan first drive ini lumayan mendekati ekspektasi ane, mesin 1.5 di body yang kompak, di harga yang semurah ini. Rasa-rasanya ini adalah boil 5 seater 1.5 paling murah di indo saat ini yah (CMIIW). Kapan lagi bisa dapet mobil kayak begini dengan harga 200 jt kecil saja (tipe active, kalau tipe standar yg dibawah 200 mio sptnya rada trondolan yah).

Selain itu menurut ane tipe tertingginya cukup cocok buat orang yg pengen mobil full feature tapi males ke bengkel variasi. Berbagai macam fitur mulai dari yg esensial macam airbag sampai gimik macam ambient light sama bose speaker bisa ditebus di harga 289 jt saja. Btw, ane jg setuju kalo fitur yg paling menakjubkan di tipe tertinggi emang ventilated seat. Sangat kepake di negara kita yang maha panas ini. Seinget ane sebelum ada mobil ini, ventilated seat rasanya cuma ada dimobil2 600jtan macam mzd6 sama kemiri hybrid.

Akhir kata, a very nice review oom :off_good_job:

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 16:25
by maskresz
pas bgt, lagi penasaran sama sonet.. reviewnya menjelaskan semuanya, mendapat pandangan baru selain review dari youtube..tks

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 23:29
by qushay20019
Venturtle wrote: Sun Nov 15, 2020 15:21 very nice review, om.. seperti biasa , review berkualitas dan enak bacanya :mky_02:
dengan mesin 1.5 non turbo, apakah bisa diisi pertalite? :mky_01:
setelah Sonet, ditunggu review MG HS ya, om..:mky_01:
Kalo liat disini:
https://www.kia.com/mu/KIA-SONET/KIA-SONET-SPECS.html

Compression ratio nya 10.5:1, jadi keknya minimal pertamax nih

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 23:41
by verry123
Maren sempet liat di kokas berbarengan ama all new picanto 2020

Tp ya gitulah keren emang, tp korea bro. Dijual lagi drop 50% harganya sedih lah. Jadi emang pengguna mobil korea itu buat jangka panjang dan bukan untuk pake 4-5 tahun jual

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Sun Nov 15, 2020 23:57
by JTX48Spy
Mantap gan. Nice review... emang keren ini dan value banget mobilnya menurut saya.. gak pelit fitur

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 0:15
by yudhisuwandono
mantul,,,, 2 ripiuu, sonet dan seltos. krn emg penasaran sm seltos. terutm mesin nya. better sonet ya berarti kang ?

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 0:34
by pendoli
Garansi 7 taon powertrain only ya? Sisanya 3 apa 5 taon?

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 1:19
by Kaleng
mantap reviewnya, sudah lama tidak ada review mobil yang baru launch.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 1:50
by Shonen
Ih warnanya lucu banget merah burgundy...kalo diliat dr foto dan video dr bbrp angle sptnya ga kecil2 amat...mayan surprise sama fiturnya ya...nice bisa jadi kuda item di kelasnya....mau ngarep palagi kelas begini dibagiin fitur buat yg penggila fitur boleh ni palagi ambil awal taon tambah jos diskon betebaran...even di top modelnya ga kerasa overprice...1.5 bole lah di badan kecil begini pasti berasa

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 1:52
by alvin23
Benar, satu hal yang membingungkan itu pricingnya. AT mulai di tipe smart at 252 jt (jkt), dynamic di 265 dan premiere di 289.
Prediksi, di Dynamic org numpuk beli, krn sdh ada sunroof dan amenities lain.

Opini saya lg, harusnya ada AT di tipe terendah ke 2 sehingga bisa mukul Avanza Ertiga Baleno sekaligus. cuma ya resikonya si premiere terlihat kemahalan.

menantikan Toyota raize sama Astra di set dimana, hopefully di level segini jg, jangan too cheap tapi cut terlalu banyak fitur.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 2:17
by jessboy
cuma satu yang saya suka yaitu ventilated seat.
nih fitur bagus banget karena biasanya kalo udah duduk lebih dari satu jam bagian bokong dan punggung berasa penat dan panas

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 2:27
by ChZ
prayogayogi wrote: Sun Nov 15, 2020 15:20 Pertamax......menjawab pertanyaan besar dan kepenasaran saya mengenai mobil ini thks reviewnya bro Chz.
qushay20019 wrote: Sun Nov 15, 2020 23:29
Venturtle wrote: Sun Nov 15, 2020 15:21 very nice review, om.. seperti biasa , review berkualitas dan enak bacanya :mky_02:
dengan mesin 1.5 non turbo, apakah bisa diisi pertalite? :mky_01:
setelah Sonet, ditunggu review MG HS ya, om..:mky_01:
Kalo liat disini:
https://www.kia.com/mu/KIA-SONET/KIA-SONET-SPECS.html

Compression ratio nya 10.5:1, jadi keknya minimal pertamax nih
1.5 MPI engine biasa, recommend pertamax tapi rasanya pertalite masih bisa dengan konsekwensi tenaga menurun pastinya. cm kalau buat grocery shopping doang jarang dipake narik narik sih yaaa....

MG HS di kota saya ga ada dilernya euy...
rakyatwkwkland wrote: Sun Nov 15, 2020 15:45 Warbyasah, dah muncul aja review first drivenya :mky_02:

Anyway, ini lumayan menjawab rasa penasaran ane sama boil satu ini. Sepertinya dari tulisan first drive ini lumayan mendekati ekspektasi ane, mesin 1.5 di body yang kompak, di harga yang semurah ini. Rasa-rasanya ini adalah boil 5 seater 1.5 paling murah di indo saat ini yah (CMIIW). Kapan lagi bisa dapet mobil kayak begini dengan harga 200 jt kecil saja (tipe active, kalau tipe standar yg dibawah 200 mio sptnya rada trondolan yah).

Selain itu menurut ane tipe tertingginya cukup cocok buat orang yg pengen mobil full feature tapi males ke bengkel variasi. Berbagai macam fitur mulai dari yg esensial macam airbag sampai gimik macam ambient light sama bose speaker bisa ditebus di harga 289 jt saja. Btw, ane jg setuju kalo fitur yg paling menakjubkan di tipe tertinggi emang ventilated seat. Sangat kepake di negara kita yang maha panas ini. Seinget ane sebelum ada mobil ini, ventilated seat rasanya cuma ada dimobil2 600jtan macam mzd6 sama kemiri hybrid.

Akhir kata, a very nice review oom :off_good_job:
1.4-1.5 termurah saat ini ya sonet dan sisuki bahenol...

di kota saya tipe premiere (unit yang dites) harganya 303 juta. sbenernya fitur fiturnya cukup premium sehh mungkin ni kayak di USA dimana mobil base dan full loaded bisa beda hampir 2x karena option...
maskresz wrote: Sun Nov 15, 2020 16:25 pas bgt, lagi penasaran sama sonet.. reviewnya menjelaskan semuanya, mendapat pandangan baru selain review dari youtube..tks
youtube rasanya masih banyakan juga berupa first impression oom...
verry123 wrote: Sun Nov 15, 2020 23:41 Maren sempet liat di kokas berbarengan ama all new picanto 2020

Tp ya gitulah keren emang, tp korea bro. Dijual lagi drop 50% harganya sedih lah. Jadi emang pengguna mobil korea itu buat jangka panjang dan bukan untuk pake 4-5 tahun jual
proyeksi saya juga mobil ini tidak akan booming, sama seperti seltos... hanya hype di awal...

mungkin 7 tahun/200k garansi itu juga seakan memberi peace of mind untuk orang pake mobil ini dalam waktu panjang
yudhisuwandono wrote: Mon Nov 16, 2020 0:15 mantul,,,, 2 ripiuu, sonet dan seltos. krn emg penasaran sm seltos. terutm mesin nya. better sonet ya berarti kang ?
secara price-to-feature dan kualitas sonet > seltos. tapi seltos lebih all around, size lebih besar artinya extra cargo.

seltos halangannya adalah powertrain dengan DCT yang banyak dikeluhkan juga doyan overheat di luar sana...
pendoli wrote: Mon Nov 16, 2020 0:34 Garansi 7 taon powertrain only ya? Sisanya 3 apa 5 taon?
powertrain dan electrical 7 thn.
kaki-kaki 5 thn, audio 3 thn, battery 1 thn. kalau nggak salah ingat.
Shonen wrote: Mon Nov 16, 2020 1:50 Ih warnanya lucu banget merah burgundy...kalo diliat dr foto dan video dr bbrp angle sptnya ga kecil2 amat...mayan surprise sama fiturnya ya...nice bisa jadi kuda item di kelasnya....mau ngarep palagi kelas begini dibagiin fitur buat yg penggila fitur boleh ni palagi ambil awal taon tambah jos diskon betebaran...even di top modelnya ga kerasa overprice...1.5 bole lah di badan kecil begini pasti berasa
pertama saya liat mobil merah ini waktu papasan makan siang... mobil tes dan satunya mobil show unit putih lagi dikirim ke dealer.

bayangan saya awalnya mobilnya sekecil ignis, begitu papasan... weh lebar bener. ya bener sih secara size memang lebarnya 1790 mm, bahkan sama xpander saja lebar ini. makanya saya sengaja foto sebelahin sama CR-V dan kalau notice sebelahnya ada Kwid, buat bandingin seberapa massive size nya.
alvin23 wrote: Mon Nov 16, 2020 1:52 Benar, satu hal yang membingungkan itu pricingnya. AT mulai di tipe smart at 252 jt (jkt), dynamic di 265 dan premiere di 289.
Prediksi, di Dynamic org numpuk beli, krn sdh ada sunroof dan amenities lain.

Opini saya lg, harusnya ada AT di tipe terendah ke 2 sehingga bisa mukul Avanza Ertiga Baleno sekaligus. cuma ya resikonya si premiere terlihat kemahalan.

menantikan Toyota raize sama Astra di set dimana, hopefully di level segini jg, jangan too cheap tapi cut terlalu banyak fitur.
makanya saya agak kesel juga baca nya start from 193... iya bener 193 startnya, mau metik harus nambah another 50 juta. kan jadi kayak menjebak...

raize secara ukuran rasanya main di kelas bawahnya om... lebarnya aja ga sampe 1.7 meter dan panjangnya ga sampe 4 meter
jessboy wrote: Mon Nov 16, 2020 2:17 cuma satu yang saya suka yaitu ventilated seat.
nih fitur bagus banget karena biasanya kalo udah duduk lebih dari satu jam bagian bokong dan punggung berasa penat dan panas
betul om, berguna buat mobil perang yang bakal dijemur seharian dan bakal pake kf generik karena agak tidak mungkin user mobil ini modal kaca film premium.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 2:33
by sintoni
Nais ripiu Chrisss...


Kalau di bekleed atau retrim, pendigin joknya masih bisa oeprasi ga ya?

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 3:11
by Or4cle
Nice recview mod Christ :big_exellent:

Mesinnya 1.5 Liter "Smartstream" bertenaga 115 ps @ 6.300 RPM / 144 Nm @ 4.500 RPM ... the specs said it all, tipikal mesin high-revv asik buat bejek di jalan tol panjang.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 3:36
by ELLumix
Thanks review nya bro ChZ dan semua poin nya bener 😂 terutama:
- bini ane demen banget ini mobil dari segi tampang n saat TD
- kick down mantap dorongan nya
- beda jauh sama Seltos rasa berkendaranya (ga enak menurut versi ane n istri loh ya)
- ventilated seat & speaker standard BOSE merupakan fitur killer buat saya yg ga demen modif mobil tapi penikmat musik (belum kebeli CX5 dengan audio BOSE nya hehe)
- ruang di dalam kabin sangat cukup dan lbh demen proper SUV ketimbang HRV yg crossover (ane jual HRV karena masalah master rem ga bener2 serem gila)

Ya memang minus dari MID feels cheap n material plastik dalam kabin yg masih bisa di improve tapi yang paling penting ga ada jahitan palsu.

Booking done.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 4:07
by Fatf00
Makasih banyak mod untuk review kia sonet.

Masi penasaran banget impresi berkendara nya di berbagai kondisi.. mudah2an bisa test drive dalam waktu dekat ini.

Mesin smartstream ini mudah2an ga gampang ngelitik kalo di kasi pertamax. Kia rio gen 3 kalo ga di setting lagi ecu nya even pake pertamax plus aja masi ngelitik.

Kalo tampilan depan saya lebih suka seltos yg lebih kalem.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 4:37
by FR6
Buset lebar sama tinggi mirip CRV ya Om.. di sisi lain, CRV RW IMO terlalu rendah buat di kelasnya, kalo cladding nya di ilangin mirip MPV ban besar :big_childish:

anyway, tarikannya sama kaya Jazz/City/BRV/Mobilio kali ya Om? pasti lebih kedap ya dibanding H tegak itu hehe :mky_01:
masuk shortlist saya sih ini mobil, tapi nunggu jandanya 3-4 tahun buat 2nd car hehe :mky_01:

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 4:56
by ChZ
sintoni wrote: Mon Nov 16, 2020 2:33 Nais ripiu Chrisss...


Kalau di bekleed atau retrim, pendigin joknya masih bisa oeprasi ga ya?
nahh ini perlu pembuktian lebih lanjut... :ngacir:
Or4cle wrote: Mon Nov 16, 2020 3:11 Nice recview mod Christ :big_exellent:

Mesinnya 1.5 Liter "Smartstream" bertenaga 115 ps @ 6.300 RPM / 144 Nm @ 4.500 RPM ... the specs said it all, tipikal mesin high-revv asik buat bejek di jalan tol panjang.
system dvvtnya kalo tidak salah mirip dengan BMW valvetronic, makanya bisa panjang banget gitu nafasnya.
ELLumix wrote: Mon Nov 16, 2020 3:36 Thanks review nya bro ChZ dan semua poin nya bener 😂 terutama:
- bini ane demen banget ini mobil dari segi tampang n saat TD
- kick down mantap dorongan nya
- beda jauh sama Seltos rasa berkendaranya (ga enak menurut versi ane n istri loh ya)
- ventilated seat & speaker standard BOSE merupakan fitur killer buat saya yg ga demen modif mobil tapi penikmat musik (belum kebeli CX5 dengan audio BOSE nya hehe)
- ruang di dalam kabin sangat cukup dan lbh demen proper SUV ketimbang HRV yg crossover (ane jual HRV karena masalah master rem ga bener2 serem gila)

Ya memang minus dari MID feels cheap n material plastik dalam kabin yg masih bisa di improve tapi yang paling penting ga ada jahitan palsu.

Booking done.
sebetulnya sonet juga masuknya crossover sih om hehehe. tidak four wheel drive dan tidak dibuat di atas truck platform untuk duty. di kelas segini yang pure suv ya suzuki jimny.

ambil type premiere om?
Fatf00 wrote: Mon Nov 16, 2020 4:07 Makasih banyak mod untuk review kia sonet.

Masi penasaran banget impresi berkendara nya di berbagai kondisi.. mudah2an bisa test drive dalam waktu dekat ini.

Mesin smartstream ini mudah2an ga gampang ngelitik kalo di kasi pertamax. Kia rio gen 3 kalo ga di setting lagi ecu nya even pake pertamax plus aja masi ngelitik.

Kalo tampilan depan saya lebih suka seltos yg lebih kalem.
nahh ini dia saya denger2 mesin hyundai kia yang lama itu juga timing nya tinggi sekali... benar2 gak tolerate bbm bagus. bisa jadi mesin sonet juga seperti itu.
FR6 wrote: Mon Nov 16, 2020 4:37 Buset lebar sama tinggi mirip CRV ya Om.. di sisi lain, CRV RW IMO terlalu rendah buat di kelasnya, kalo cladding nya di ilangin mirip MPV ban besar :big_childish:

anyway, tarikannya sama kaya Jazz/City/BRV/Mobilio kali ya Om? pasti lebih kedap ya dibanding H tegak itu hehe :mky_01:
masuk shortlist saya sih ini mobil, tapi nunggu jandanya 3-4 tahun buat 2nd car hehe :mky_01:
lebarnya kalo dibanding CR-V masih cukup signifikan om. CR-V 1.854 sonet 1.790.

padahal CRV gen ini justru ground clearance nya naik dari gen sblmnya hahahhaa.

malah berasa saya secara feeling sonet lebih berasa "narik" daripada HRV L15... rasio CVTnya lebih agresif sepertinya.

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 5:01
by pradit_d
Harganya bahkan bersaing dgn kia picanto, walapun bukan yg tipe tertinggi. Value for money bgt ini

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 7:32
by Tats
Minggu lalu liat di kokas
Yg sy kurang setuju sm review om chz adalah bagian "disarankan ambil trim tengah"
Karena kapan lagi fitur segitu byk dan audio bose di mobil harga 200-300jt
Malah menurut sy sayang ambil hrv trim termahal (1.5 se ya, bukan prestige) karena fitur2 mirip cuma beda lampu led & velg aja ya kalo ga salah?hehe

Sisanya setuju banget om chz, value nya bagus bgt ini mobil walau material kabin biasa aja hehe

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 8:28
by ELLumix
ELLumix wrote: Mon Nov 16, 2020 3:36 Thanks review nya bro ChZ dan semua poin nya bener 😂 terutama:
- bini ane demen banget ini mobil dari segi tampang n saat TD
- kick down mantap dorongan nya
- beda jauh sama Seltos rasa berkendaranya (ga enak menurut versi ane n istri loh ya)
- ventilated seat & speaker standard BOSE merupakan fitur killer buat saya yg ga demen modif mobil tapi penikmat musik (belum kebeli CX5 dengan audio BOSE nya hehe)
- ruang di dalam kabin sangat cukup dan lbh demen proper SUV ketimbang HRV yg crossover (ane jual HRV karena masalah master rem ga bener2 serem gila)

Ya memang minus dari MID feels cheap n material plastik dalam kabin yg masih bisa di improve tapi yang paling penting ga ada jahitan palsu.

Booking done.
sebetulnya sonet juga masuknya crossover sih om hehehe. tidak four wheel drive dan tidak dibuat di atas truck platform untuk duty. di kelas segini yang pure suv ya suzuki jimny.

ambil type premiere om?

iya Bro ChZ, hanya ada tipe Premiere untuk tahun 2020 ini dan yg ready stock nya ada 20an unit saja info dari sales.
booking warna steel grey/silver sisa 1 unit untuk area Jabodetabek. Mudah2n lancar pake KIA pertama kali..

Re: 2021 KIA Sonet 1.5 IVT Premiere First Drive

Posted: Mon Nov 16, 2020 8:44
by ChZ
Tats wrote: Mon Nov 16, 2020 7:32 Minggu lalu liat di kokas
Yg sy kurang setuju sm review om chz adalah bagian "disarankan ambil trim tengah"
Karena kapan lagi fitur segitu byk dan audio bose di mobil harga 200-300jt
Malah menurut sy sayang ambil hrv trim termahal (1.5 se ya, bukan prestige) karena fitur2 mirip cuma beda lampu led & velg aja ya kalo ga salah?hehe

Sisanya setuju banget om chz, value nya bagus bgt ini mobil walau material kabin biasa aja hehe
hehehe preference saya saja om, saya tidak terlalu rela habisin 300 juta untuk sebuah indian-made econobox apalagi sonet bukan global model seperti picanto atau rio. Seltos tdk termasuk karena indonesian seltos itu poverty pack alias versi negara berkembang.

apalagi 40 juta untuk merely features kecuali dia punya kelebihan lain spt more powerful engine atau sport suspension bushings... fitur buat sy tidak pernah jadi sebuah consideration utama karena saya tipikal old school user. Cuma ngerti ngegas ngerem nyetir dan mungkin hal-hal yang berbau visual saja.

HRV pun saya juga tidak terlalu prefer ambil tipe SE. kalo bisa ambil tipe S saja... hahaha