Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

piggypig77 wrote: Mon May 25, 2020 13:12 Om penasaran di 100km/h pake gigi 4 rpm berapa?
Blm nyampe 3000rpm om...seingat sy kl 3000rpm ini udh dpt 110kmh
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

erwinign wrote: Mon May 25, 2020 16:10
MSU wrote: Mon May 25, 2020 11:03
erwinign wrote: Mon May 25, 2020 10:18 Sll seneng liat kijang kapsul se-ori itu om, apalg wrn merah, matic lagi. Tgl di salon+ orisinil keren ini om (contonya lepas jok sintetis)
Thanks om...jok itu saya biarin dibungkus biar kain-nya ga rusak...yang susah cari cover stir, kalo beli aftermarket selalu akhirnya diameter jadi rada kegedean (susah digenggam).
Akhirnya beli sarung stir model jadul..yang mesti jaiht sendiri..ga terlalu rapi tp pas digenggam
Kalo ada rejeki saya pingin cari head unit ori-nya..yang masih pake kaset haha..
Sekarang keadaan kuncinya model besi ato masih bawaaan model flip+alarm kaya ANKI om? Setau saya hampir ngga ada kijang kapsul yg kunci flipnya masih utuh
Kunci model besi om...sampe jaman innova gen 1 seinget sy msh model besi koq..cm udh menyatu ama remote
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

quyquy wrote: Mon May 25, 2020 23:29 Kijangnya isi pertamax Om.. trs delconya diatur lagi sampai titik mesin ngelitik. Kalau mesin uda ngelitik, lalu delconya dimundurin pelan2 sampe titik nggak ngelitik.

Lumayan ngebantu lg tarikan bawah mesinnya.
Hehe cuma dipake santai koq om..dulu pas awal dapat lsg sy carbon clean, ganti kabel busi, pake busi platinum & isi injector cleaner (sy pake cairannya honda mobil)...abis itu tiap jalan udah ready kunci sok di kabin..begitu kedengar ngelitik lsg minggir & geser delco sdkt..berulang2 sampe ketemu yg pas
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

Kl ngomongin avanza 2NR...start dr gigi 2 bisa aja...cuma rada berat.
Driver kantor kl lg iseng suka pake gigi ganjilnya aja...dr 1-3-5..memang sakti ni mesin
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by touchme »

MSU wrote: Mon May 25, 2020 5:10
Kebetulan dulu request salah satu member SM untuk saya bikin review kijang kapsul 7K-E A/T.
Dulu saya pilih kijang kapsul ini karena faktor butuh mobil yang reliable & simpel perbaikannya (saya termasuk malas ke bengkel)
Mobil ini saya beli sekitar 2015, boleh dibilang saya tertarik pada test drive pertama, karena matik-nya cukup smooth, beberapa kali saya stir kijang kapsul matik lain kebanyakan matik-nya udah aneh2...mungkin faktor perawatan juga.
Odometer waktu saya beli posisi di 78rb km (ntah asli / ga).
Seperti biasa setelah beli langsung ritual ganti semua cairan, termasuk flush atf ala SM (gerlong), rojok radiator, ganti 4 ban (pake Dunlop SP Touring T1) & carbon clean DIY.
Sparepart fastmoving aja..filter2, rem, kabel busi, busi platinum dll.
Pas ganti cairan ini baru ketahuan mesin rada nge-sludge, mungkin faktor jarang dipake atau telat ganti oli..jadi masukin obat flush dah, abis itu oli pake meditran sx selama 4rb km.
Selama 5tahun saya pakai, odometer nambah 35rb km, overall cukup puas ama mobil ini. Tahun lalu ganti rantai keteng, sekalian skir klep & 4ban baru.
Konsumsi bensin (pertalite) memang hanya sekitar 1:7-8km, tenaga juga pas2an. Kalo nanjak di cipularang driver mesti pintar jaga ritme mesinnya, rpm sebaiknya dijaga di antara 2500-3000rpm, OD off & sesekali off-kan kompresor ac juga.
Untuk perawatan cukup simpel, ganti cairan biasa saya sendiri yang kerjakan, sisanya ama montir langganan.

Demikian review singkat saya...mudah2an cukup membantu untuk calon2 buyer kijang kapsul
kijang menolak punah... salut buat piaraannya...
jadi inget piaraan jaman dulu lsx-up 1997 n lgx 1.8 mt 2003..keduanya mobil paling berkesan buat ane. yang lgx ane pakein aksesoris rear licensed plate ornament kaya punya om dan rear bumper guard yg model long memanjang sampai ke sisi kanan kiri bumper.. semuanya pasang di a2k puri kembangan.

license plate original toyota ini masangnya ga sembarangan karna harus ngebolongin panel bagasi di sisi kanan kiri plat nomor sebagai tempat baut pegangannya...titik pembautan baut ini ditutup pake sealant dan cup karet kecil yang cuma bisa diliat dengan cara bongkar door trim bagasi. selain itu disekelilingnya ga ada seal karet jadi air pasti akan ngerembes masuk ke belakang ornament tadi.. lucunya aksesoris yang kw malah dikasi karet.
ga ada salahnya buat buka doortrim bagasi untuk cek titik baut tadi om... punya ane dulu sealent sama karetnya uda getas dan ada titik karat dilubang sekitar pengeboran tadi. tinggal diamplas,totolin antikarat,lalu diseal ulang
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by touchme »

penyakit kisul ane dulu busi no 3 modar karna tetesan air. penyebabnya karet kap mesin yang sisi belakang dekat windshield bentuknya tipis banget dan ga ada water channel sama sekali disekitarnya.. kalo karet ini uda getas air gampang netes ke ruang mesin. tinggal ganti karetnya atau pake karet balon sekalian
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by coklatMetalik »

Oh iya barangkali om om bs bantu

Kalo 7K-E aroma knalpotnya pedih di mata itu knp ya? Udh ke 2 bengkel, yg 1 nyuruh ganti busi, yg 1 nyuruh ganti rotor delco, sama2 ga sembuh... Apa kudu ke beres ya...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by touchme »

coklatMetalik wrote: Tue May 26, 2020 4:08 Oh iya barangkali om om bs bantu

Kalo 7K-E aroma knalpotnya pedih di mata itu knp ya? Udh ke 2 bengkel, yg 1 nyuruh ganti busi, yg 1 nyuruh ganti rotor delco, sama2 ga sembuh... Apa kudu ke beres ya...
sepertinya pembakaran terlalu rich. coba setel kadar co/hc waktu idle om...cari bengkel yang punya scanner emisi... setel sampe angka lambda mendekati 1.
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by piggypig77 »

MSU wrote: Tue May 26, 2020 2:58
piggypig77 wrote: Mon May 25, 2020 13:12 Om penasaran di 100km/h pake gigi 4 rpm berapa?
Blm nyampe 3000rpm om...seingat sy kl 3000rpm ini udh dpt 110kmh
Ga nyangka bisa under 3000 rpm, avanza 2020 aja kalah
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by quyquy »

Tapi btw, si kijang kapsul ini ntah kenapa nyetirnya nggak secapek naek avanza.

Mungkin didukung jarak sumbu roda yang lebih panjang ketimbang avanza
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

coklatMetalik wrote: Tue May 26, 2020 4:08 Oh iya barangkali om om bs bantu

Kalo 7K-E aroma knalpotnya pedih di mata itu knp ya? Udh ke 2 bengkel, yg 1 nyuruh ganti busi, yg 1 nyuruh ganti rotor delco, sama2 ga sembuh... Apa kudu ke beres ya...
Kalo di mobil terdahulu...bisa jadi dari semburan injector udah ga ngabut sempurna om..
Menurut saya dicoba dulu aja campurin injector cleaner ke tangki, macem2 merk-nya..yg mahal misal redline SI 1, kl sy berkala pake punya honda mobil aja. Btw kabel busi masih bagus?
Kl masih ga sembuh baru cari cara lain
images (4).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by coklatMetalik »

touchme wrote: Tue May 26, 2020 4:33
sepertinya pembakaran terlalu rich. coba setel kadar co/hc waktu idle om...cari bengkel yang punya scanner emisi... setel sampe angka lambda mendekati 1.
:thanks: :thanks:

Pernah baca2 soal ini sih, klo ga salah caranya pake potensio dicolok ke soket yg ada di firewall ya?
Last edited by coklatMetalik on Tue May 26, 2020 12:03, edited 1 time in total.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by coklatMetalik »

MSU wrote: Tue May 26, 2020 8:55

Kalo di mobil terdahulu...bisa jadi dari semburan injector udah ga ngabut sempurna om..
Menurut saya dicoba dulu aja campurin injector cleaner ke tangki, macem2 merk-nya..yg mahal misal redline SI 1, kl sy berkala pake punya honda mobil aja. Btw kabel busi masih bagus?
Kl masih ga sembuh baru cari cara lainimages (4).jpeg
Semacam purging gitu ya?
Kayanya yg ini seumur idup blm pernah sih, baru pernah semprotin foam ke throttle body

Kabel busi kalo liat fisiknya sih bagus, ga ada luka & msh lentur

:thanks: :thanks:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Mon May 25, 2020 16:01 Mungkin kl avanza msh tolerable ya om, cuma bbrp kali pernah sama supir naik ertiga dipaksa start dr gigi 2 udah brebet+ngelitik mau mati itu mesin. Avanza K3VE jg pernah sih saya cb start dr gigi 2 masih oke, mungkin gr2 kopling kabel ya (ertiga kopling hidrolis)
ohhh bisa jadi ya. kopling kabel kan pure mechanical jadi bisa lebih ngikut maunya driver.
pendoli wrote: Mon May 25, 2020 21:10 Jaman itu kan mobil masi warna warni om... putih jaraang banget cuma mobil fleet dan harganya pasti jatoh. Kijang kapsul item juga kayanya jarang ya, banyakan silver, ijo, biru, merah
mungkin efek sisa2 zaman orba. mobil hitam solid/metalik = aparat. paling gelap di zaman itu mobil biru gelap metalik ya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by DOHC »

nahh ini baru contoh another mobil bahan yg nyaris perfect nehh

tjakep dan rare item

btw ini mesin nya ud ad ngebul tipis belom om ? dl perna pake kapsul bensin jg, dan perna dapet mobil dinas plaat merah kebetulan kapsul jg, 2 2 nya pas odo 100an rebu, kompak ada ngebul tipis.. musti pake oli buntut 50 lgs sembuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

coklatMetalik wrote: Tue May 26, 2020 12:03
MSU wrote: Tue May 26, 2020 8:55

Kalo di mobil terdahulu...bisa jadi dari semburan injector udah ga ngabut sempurna om..
Menurut saya dicoba dulu aja campurin injector cleaner ke tangki, macem2 merk-nya..yg mahal misal redline SI 1, kl sy berkala pake punya honda mobil aja. Btw kabel busi masih bagus?
Kl masih ga sembuh baru cari cara lainimages (4).jpeg
Semacam purging gitu ya?
Kayanya yg ini seumur idup blm pernah sih, baru pernah semprotin foam ke throttle body

Kabel busi kalo liat fisiknya sih bagus, ga ada luka & msh lentur

:thanks: :thanks:
Bukan purging kayak diesel om...cemplungin aja via tangki bbm & mobil dipake normal
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

DOHC wrote: Tue May 26, 2020 14:14 nahh ini baru contoh another mobil bahan yg nyaris perfect nehh

tjakep dan rare item

btw ini mesin nya ud ad ngebul tipis belom om ? dl perna pake kapsul bensin jg, dan perna dapet mobil dinas plaat merah kebetulan kapsul jg, 2 2 nya pas odo 100an rebu, kompak ada ngebul tipis.. musti pake oli buntut 50 lgs sembuh
Dulu bbrp bulan setelah dibeli notice ada ngebul tipis om...pemakaian oli masih wajar.
Pas ganti rantai keteng sekalian ganti seal klep & sembuh sampe sekarang. Oli skrg sy pake hx6 10w-40 krn hx7-nya jadi 5w-40
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by touchme »

coklatMetalik wrote: Tue May 26, 2020 12:00
touchme wrote: Tue May 26, 2020 4:33
sepertinya pembakaran terlalu rich. coba setel kadar co/hc waktu idle om...cari bengkel yang punya scanner emisi... setel sampe angka lambda mendekati 1.
:thanks: :thanks:

Pernah baca2 soal ini sih, klo ga salah caranya pake potensio dicolok ke soket yg ada di firewall ya?
duh ane ga inget posisi soketnya.. tapi muternya cukup pake obeng kecil kok
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by coklatMetalik »

touchme wrote: Wed May 27, 2020 1:27
coklatMetalik wrote: Tue May 26, 2020 12:00
touchme wrote: Tue May 26, 2020 4:33
sepertinya pembakaran terlalu rich. coba setel kadar co/hc waktu idle om...cari bengkel yang punya scanner emisi... setel sampe angka lambda mendekati 1.
:thanks: :thanks:

Pernah baca2 soal ini sih, klo ga salah caranya pake potensio dicolok ke soket yg ada di firewall ya?
duh ane ga inget posisi soketnya.. tapi muternya cukup pake obeng kecil kok
Oh brarti beda lg ya
Sy kirain yg ini

https://m.kaskus.co.id/show_post/529839 ... 131/1139/-
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by coklatMetalik »

MSU wrote: Wed May 27, 2020 0:12
DOHC wrote: Tue May 26, 2020 14:14 nahh ini baru contoh another mobil bahan yg nyaris perfect nehh

tjakep dan rare item

btw ini mesin nya ud ad ngebul tipis belom om ? dl perna pake kapsul bensin jg, dan perna dapet mobil dinas plaat merah kebetulan kapsul jg, 2 2 nya pas odo 100an rebu, kompak ada ngebul tipis.. musti pake oli buntut 50 lgs sembuh
Dulu bbrp bulan setelah dibeli notice ada ngebul tipis om...pemakaian oli masih wajar.
Pas ganti rantai keteng sekalian ganti seal klep & sembuh sampe sekarang. Oli skrg sy pake hx6 10w-40 krn hx7-nya jadi 5w-40
Dulu knp pengen ganti rantai keteng om?
Apa ada gejala tertentu?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by DOHC »

MSU wrote: Wed May 27, 2020 0:12
DOHC wrote: Tue May 26, 2020 14:14 nahh ini baru contoh another mobil bahan yg nyaris perfect nehh

tjakep dan rare item

btw ini mesin nya ud ad ngebul tipis belom om ? dl perna pake kapsul bensin jg, dan perna dapet mobil dinas plaat merah kebetulan kapsul jg, 2 2 nya pas odo 100an rebu, kompak ada ngebul tipis.. musti pake oli buntut 50 lgs sembuh
Dulu bbrp bulan setelah dibeli notice ada ngebul tipis om...pemakaian oli masih wajar.
Pas ganti rantai keteng sekalian ganti seal klep & sembuh sampe sekarang. Oli skrg sy pake hx6 10w-40 krn hx7-nya jadi 5w-40
Kl d kapsul ane dl, ring piston pertama yg ud afkir, pdahal waktu d tes kompresi masi gapapa, jd nya yah ganti ring nya doank (ga perlu d OS jg), sembuh dan dijual mobil nya :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pathfinder
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Oct 25, 2016 13:32

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by pathfinder »

Kijang tiada duanya..sampe hari ini masih pelihara Kisul bensin 98..odo 200k..isi pertalite..ngacirr...di daerah ane yg dominan jalan lurus...dan jrg ada tanjakan...FC 1: 10 an..lukot lmyn...boros? Slgi bisa bli bbm mah ga bros 😁😁😁...Wani Boros Ga wani Ogros😁😁😁😁
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by pradit_d »

Nyokap pernah punya yg lgx manual warna biru muda agak ungu. Penyesalannya cuman kenapa ga ambil yg diesel waktu itu....kepake 4 tahun sampe akhirnya ganti ke innova diesel pas awal2 innova keluar
:big_peace:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by MSU »

coklatMetalik wrote: Wed May 27, 2020 3:56
MSU wrote: Wed May 27, 2020 0:12
DOHC wrote: Tue May 26, 2020 14:14 nahh ini baru contoh another mobil bahan yg nyaris perfect nehh

tjakep dan rare item

btw ini mesin nya ud ad ngebul tipis belom om ? dl perna pake kapsul bensin jg, dan perna dapet mobil dinas plaat merah kebetulan kapsul jg, 2 2 nya pas odo 100an rebu, kompak ada ngebul tipis.. musti pake oli buntut 50 lgs sembuh
Dulu bbrp bulan setelah dibeli notice ada ngebul tipis om...pemakaian oli masih wajar.
Pas ganti rantai keteng sekalian ganti seal klep & sembuh sampe sekarang. Oli skrg sy pake hx6 10w-40 krn hx7-nya jadi 5w-40
Dulu knp pengen ganti rantai keteng om?
Apa ada gejala tertentu?
Biasa om...penyakit bawaan...kalo pagi pertama kali start bunyi tek...tek...
Selain itu kl di gas ada asap tipis...jd sekalian ganti sil klep
triopdd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Fri Dec 14, 2018 2:52
Location: Jakarta

Re: Review Toyota Kijang LGX 7K-E A/T

Post by triopdd »

wah masih bagus banget ya om mobilnya
kalau cuman sekedar jadi "kaki" udah lebih dari cukup ya
tapi kalau nanjak2 lemot bgt ya om jadi harus matiin ac?
cobalah melihat dari sudut pandang yang lain