Page 1 of 2

2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Mon May 18, 2020 16:16
by fizrmen
Haloo SMers semua, gaada angin gaada ujan tiba2 ane dipinjemin ama temen ane yang punya mobil ini :ngacir: :ngacir:

Mobil yang membuat honda disegani di dunia motorsport

Civic Type R


yak yang kali ini ane bahas Type R yang generasi sekarang FK8R Pre-facelift, tapi sebelumnya kilas balik dikit ke generasi2 type r pendahulunya:

EK9 (1997-2000) the OG Type R with the legendary screaming B16B , 1.6L with 185PS the highest power outpot per-litre of all time for a N/A enjin, tentu saja di rpm 8200 dengan teriakan sekseh khas VTEC jadul :big_grin:

Image
Pic credit: drivertribe

Pernah ketemu langsung pas Honda Day, ini mobil keren banget kalo ketemu asli :big_exellent:

EP3 (2001-2005) EUDM Exclusive, kurang terdengar di Indonesia

Image
Pic credit: wikipedia
Ini yg EUDM

Image
JDM ver (pic also from wiki)
Sudah memakai mesin K20A2 (200ps) Normally aspirated

FD2R/FN2 (2007-2011) The Holy Grail
Dan salah satu Civic yang bisa dibilang paling sukses dipasaran, apalagi kalau bukan Civic FD (bahkan ane penggunanya)
Pada generasi ini, EU dan Asia dapat 2 model yang berbeda, asia dapat FD sedangkan eropa dapat suksesor langsung dari EP3 yaitu FN2

Image
pic: cardealpage

Image
pic: theautomotiveindia

FD2R, yang menurut ane pribadi adalah the holy grail dari semua type R, mobil yang sampe sekarang masih jadi mimpi buat ane bahkan untuk sekedar nyetir Civic FD2 Type R, mesin masih menggunakan K20A yang outputnya lebih tinggi 225ps di 8000rpm dan torsi 215nm

Terdapat juga versi yang lebih ekstrim yaitu Mugen RR

Image
pic: wikipedia
Mugen RR menggunakan base engine FD2R yang di tweak menjadi 240ps dan torsi 218nm

FN2 (EU spec)

Image
pic: wikipedia
Disini ada beberapa setau ane yg beredar, untuk mesin dia toned down dari versi JDM menjadi 201ps, yang membuatnya tidak memiliki kenaikan tenaga signifikan dari EP3

FK2 (2015-2017) The testbed
Yes, FK2 hanya berumur 2 tahun karena dia hanya merupakan kelinci percobaan untuk disempurnakan di Generasi berikutnya, menjadi Type R pertama yang diberikan dorongan tenaga dari keong ajaib bernama turbo, K20C1 Direct-fuel injection, turbocharged, menghasilkan 310ps di 6500nm dan torsi yang melonjak tajam berkat turbo di 400nm flat dari 2500-4500rpm

Image
pic: wikipedia
Padahal menurut ane ini bentuknya kece lho....

BORN ON THE RACETRACK, THE FASTEST FWD IN THE NURBURGRING

THE 2017 HONDA CIVIC TYPE R FK8

Ya, statement tersebut tidak dilebih2kan karena memang begitu adanya, Honda benar2 taking their time untuk mengembangkan full mobil ini menggunakan desain dasar Civic Hatchback 10th-gen (FK), berdasarkan apa yang sudah mereka pelajari dari FK2, mereka menaruh semua yang sudah mereka pelajari tentang membuat mobil FWD yang luar biasa kedalam si Civic FK ini yang pada akhirnya diberi kode FK8R

As usual kita bahas dari Exterior ya:

Image

dari depan, sangat identik dengan Honda Civic hatchback turbo (FK4) yang dijual oleh hpm, bedanya dia ada hoodscoop diatas kap dan aero kit
, dan tentunya RED EMBLEM :big_smoking:

Image

Samping
Image
Dengan pelek R20 berkelir jet black, dipadukan dengan ban Continental dengan ukuran 245/30/R20, anda tidak salah baca, Civic type R FK8 ini memiliki ban profil 30, tertipis di dunia!

Image
dan of course real brembo :big_smoking:

Rear:

Image

yes, belakangnya sangat ramai sekali dengan ornamen2 seperti aero kit dan huge-ass spoiler, some said it is riced from the factory and i have to agree with that.

Image
diatas sini terdapat semacam wind tunnel yang fungsinya mengalirkan udara ke spoiler besar nya untuk meningkatkan downforce

Image
jangan kira ane lupa dengan 3 knalpot yang banyak diperdebatkan orang :big_weee:

Interior:
Masuk kedalam, desain dasbor sama persis dengan Honda Civic Gen-10, tentunya ini bebas dari pisau sunat hpm, tidak seperti versi yang biasanya yang pisau sunatnya sangat tajam :big_slap:

Image
Full spec interior? check

Image
Sports red bucket seat? check
Electric seat? meh, overrated

Image
Integrated boost gauge? Check!

Image
Integrated car settings? Check

Image
Electrochromatic mirror? yes please

Image
Image
Honda Lane Watch? not necessary but Check

Image
Stick shift? DO YOU EVEN ASK?
WE DON'T NEED NO ECON BUTTON, WE GOT +R, ECON IS FOR PUZZIES :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:

Ze engine:

Image
Peredam kap mesin? nah overrated, weight reduction bro

Unit K20C1 yang sama seperti FK2 bersemayam di mobil ini, di UK dan Japan dapat 320PS, selain itu termasuk kita dapat 310PS for unknown reason, but hey, believe me this is more than enough

Driving:
Tentu saja, The Fastest FWD in the world, ane masih gapercaya bisa bawa mobil ini, bak kesamber petir di siang bolong :big_slap:
Masuk ke dalam mobil, atur jok secara manual, dan seperti khasnya honda, sangat mudah untuk mendapatkan posisi duduk yang ideal, joknya juga bisa terbilang nyaman, support cukup baik dan memeluk tubuh, konon katanya joknya memiliki bahan khusus yang membuat badan kita tidak ikut lari2an kalo kita belok ketika kecepatan tinggi.
Nyalakan mesin dan muncul ini:

Image
Image
Shyt is about to get real bois.

Okay, first things first, suara starter cukup halus diluar dugaaan, hanya ada deruman halus dari knalpot yang menandakan kita bukan sedang menaiki Civic biasa.

Saat menjalankan mobil di mode comfort, mobil terasa cukup halus, meskipun jika dibawa santai dan gas santai, turbo lag terasa amat menganggu jika ingin tiba2 menyalip kendaraan lain di mode comfort, ini harus diwaspadai karena anda bisa saja kehilangan momentum saat akan menyalip kendaraan di depan anda, berpindah ke mode sport, ini bisa ane bilang mode yang paling ideal, kenapa? karena disini respons gas memang lebih agresif dibandingkan mode comfort, sehingga lebih membangkitkan adrenalin anda, jangan salah mode sport untuk dibawa santai juga enak, tetapi jika anda menemukan momentum yang pas, tinggal downshift dan pedal to the metal, mobil ini bisa menghempaskan anda jika tidak siap, belum lagi mode Ultimate, yaitu mode +R, ini adalah mode FUN, +R tidak hanya membuat respons throttle menjadi sangat agresif, suspensi pun menjadi lebih mantap dan asyik untuk dikemudikan, dari gigi 3, pindah ke gigi 2, terasa hentakan yang amat dahsyat dari mesin K20C1, terus meraung sampai 7000rpm, hingga indikator shift light di speedometer memerintahkan kita untuk ganti gigi, dan transmisi manualnya pun sangaaaatttt nikmat, short shift nya membuat kita tidak membuang waktu dan momentum saat melakukan perpindahan gigi, kopling pun tidak terlalu berat dan ringan, terasa sangat pas, kita serasa menyatu dengan mobil, rem dari brembo pun juga sangat kuat untuk menghentikan hot hatchback ini, wow luar biasa, ini adalah mobil paling engaging yang ane bawa setelah BMW M2

Lantas bagaimana dengan handling dan steering feedbacknya? handling ane berikan 10/10, meskipun fwd tidak ada gejala understeer sama sekali, sangat berbelok di chicane di kecepatan 60km/h, mobil terasa sangat menempel kejalan, berkat grip luar biasa dair ban continental tersebut, memang trade-off nya sangat keras untuk harian dan menyiksa saat melewati speedtrap, but does it all matter? tidak! karena mobil ini sangat bisa menuruti kemauan anda, Bahkan EPS yang digunakan mobil ini sangat2 padat dan agak berat di kecepatan rendah, bahkan lebih berat dari FD2 yang orang banyak bilang sudah termasuk berat untuk ukuran EPS, dan anda harus berhati2 dengan mobil ini, karena di mode sport ataupun +R jika anda tidak siap dan langsung pedal to the metal, mobil ini memiliki gejala torque steer yang cukup hebat, saran saya jika ingin akselerasi maksimal pegang setir dengan sekuat tenaga menggunakan 2 tangan anda.

Verdict:

Slogan born on the racetrack is no joke, tapi di waktu yang sama dia bisa menjadi a good daily companion untuk anda jika rute anda sehari2 tidak terlalu macet.

Pros:
+ Good daily companion hot hatchback
+ Surprisingly not so wild in comfort mode
+ Superb handling
+ Superb engine and transmission
+ It's a Honda
+ Secondhand nya drop, lebih murah dari BMW Seri 3 entry-level

Cons:
- Keras
- Penting ga penting tapi BQ yang biasa aja even CBU UK
- Torque steering bisa membahayakan jika kurang kesiapan dan konsentrasi
- Harga baru mahal, hampir menyentuh 1,1M, Terdapat rival berat yaitu Mercedes-AMG A35 dengan 310PS juga, namun dia memiliki 4matic dan transmisi dual clutch yang menjadikannya lebih unggul dalam drag race diharga yang sama dengan Civic Type R ini serta overall quality yang lebih baik dari Civic Type R

Are you a rich honda diehard fans? please get this car, just get it.

Sekian review dari nubitol, as always ada pic tambahan, enjoy!

Image
Image
Image
-

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Mon May 18, 2020 16:23
by nyotnyet
Nice review om, nyeduh kopi dulu sambil nunggu chz muncul kejang kejang wkwkwkwkwk

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Mon May 18, 2020 16:51
by ChZ
Ahhhh ane ga bisa berkata kata lg ... You're such a lucky guy to try this monster, bro. Belain login sambil kepala pusing krn ga tahan komen wkwkwkwkwkw. Every Honda fans' wet dream.

Ane nambahin trivia soal engineeringnya. Karena bagian paling menarik dan layak membuat mobil ini menyandang price tag 1miliar rupiah adalah : kejeniusan engineer Honda di balik perancangan type R FK8.

Boleh dibilang FK8 ini adalah pencapaian engineering Honda selama 10 taun terakhir sejak Type-R FD2. Hothatch yang di develop secara proper di "the green hell" dan mencetak waktu fantastis sebagai fastest hot hatch tanpa sophisticated AWD or Dual clutch box seperti Golf R atau Focus RS.

Jika engineer Honda isinya orang Jerman, mereka akan meniru resep ini. But they are not. Meskipun dikembangin dan diproduksi di negara bule, di track negara bule, tapi pride Jepangnya masih mendominasi. FK8 brings the Japanese pride against European hot hatches to the next level.

Ibarat kata lagi perang, Jerman pake machine gun dan rifle paling sophisticated : lebih efektif buat bunuh orang tapi berat, Jepang lebih milih turunin ninja yang larinya cepet modal shuriken ama short katana : lebih ringan, lebih flexible, dan simple.

Pendekatan Honda sangat Jepang sekali : back to basic. AWD dan dual clutch emang bikin bagus performa di dragstrip, tapi mobilnya berat (FK8 weighs 200kg lighter than Focus RS and Golf R), dan itu bikin driver involvement berkurang drastis = less fun on track. Type R dari dulu filosofinya adalah mobil trackday yang bisa dipake grocery shopping. Makanya mereka stick with stickshift juga tanpa opsi dual clutch, krn faktor driver involvement, dan much simpler.

Instead, mereka manggil orang yang jago ngitung airflow buat desain exterior, maksimalin downforce dari bodi Civic standar, bikin fender yang muat diisi ban super lebar dari Continental ngakalin torsi besar dari mesin, desain front suspension buat eliminasi torque steer di FWD, desain exhaust saja mereka gak mau pake elektronik, tapi mekanikal, makanya jadi 3 lobang. Lobang di tengah buat kurangin droning waktu low speed cruise, yang kanan kiri buat dapet sound waktu dibejek. :big_love:

This car is, mathematically perfect. Setiap sudut ada itungannya. Ane ngebayangin wong platform barunya di civic dan CRV standar aja udah sempurna, di FK8 lebih dimaksimalin lagi :big_love:

Surprise surprise, mobil ini jg walau pake ban setipis itu banyak jurnalis luar memuji kenyamanan mobil ini masih acceptable buat daily commute, even compared to FD2 yang lebih "normal" tampangnya. And this car comes with "throttle blip" function yang bisa dimatikan.

Tp ane tertarik dengan torque steer... Krn jurnalis luar negeri mostly di EU bilang mobil ini nyaris tanpa torque steer. Apa kualitas aspal sini ga cocok dgn karet bundar Continental nya yak...

Btw kalo mau versi yang lebih bersahabat, yang facelift ada tuh tipe Sport Line... Pake velg 19inch dan wing pendek, still with the goodness of K20C1, but much calmer.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Mon May 18, 2020 23:57
by michaelgiri93
nyotnyet wrote: Mon May 18, 2020 16:23 Nice review om, nyeduh kopi dulu sambil nunggu chz muncul kejang kejang wkwkwkwkwk
Beneran orangnya muncul om wkwkwkwk



Nice review Om fizrmen
Ni mobil dr pertama launching meski agak ricy di belakangnya saya suka sama desainnya
310ps, 400nm torque with manual tranny
Handling yg superb
Kyknya beneran seru deh nyetirin ni mobil

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 0:32
by Herman7103
Sorry newbie koreksi dikit yah demi kebenaran data. Silahkan baca link berikut :
https://www.shropshirestar.com/news/mot ... drive-car/

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 0:40
by iamwewe
what profil bannya tebelnya cuma 30?! ini sih susah di liat kali ya secara fisik pake mata kalo kurang angin..........

btw penasaran juga jadinya.
kenapa sih harga 2ndnya jatoh banget model ini? bahkan jauhhh dibawah type r nya FD?

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 1:02
by ChZ
Herman7103 wrote: Tue May 19, 2020 0:32 Sorry newbie koreksi dikit yah demi kebenaran data. Silahkan baca link berikut :
https://www.shropshirestar.com/news/mot ... drive-car/
Salip salipan record di Green Hell itu sesuatu yang normal normal saja. Dan sangat wajar menjadi marketing bluff. Namanya jg jualan mobil sport. Makanya harus dicantumkan fastest di taun berapa?

Tiap taun selalu ada rekor baru. R.S. Megane sudah beberapa kali jadi fastest, Golf R juga pernah jadi the fastest. Nanti setelah ini pasti ada yang lebih kenceng lagi. That's competition mate.

FYI masalahnya membandingkan Renaultsport Megane Trophy-R dan FK8 reguler itu tidak apple to apple. Renaultsport Megane Trophy R itu "track focused car", stripped out car dari R.S. Megane reguler dengan upgraded parts. Makanya Renault tidak claim lha wong Trophy-R itu memang khusus buat balap...

Cocoknya kalo nanti FK8 keluar versi Mugen nya.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 1:36
by Herman7103

Quote
The hot hatch beat the previous record, set by the Honda Civic Type R, by almost four seconds.
Unquote

Memang perlu ditunggu kalau saja honda mugen nantinya kalau saja di era pandemic corona ini akan mengembangkan civic type R mugen nya agar bisa melewati rekor Renaut Megane tsb. Ngarep dot com

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 1:37
by ChZ
iamwewe wrote: Tue May 19, 2020 0:40 what profil bannya tebelnya cuma 30?! ini sih susah di liat kali ya secara fisik pake mata kalo kurang angin..........

btw penasaran juga jadinya.
kenapa sih harga 2ndnya jatoh banget model ini? bahkan jauhhh dibawah type r nya FD?
Masalah availability oom. Mobil ini masih dijual kondisi baru dan dijual via ATPM, istilahnya lu punya duit, tinggal bayar ke dealer.

Honda tidak jual mobil ini limited atau fenomena indent lama lama macem Jimny.

Secara ekonomi, barang yang less demand tapi high supply pasti harganya cenderung turun. Dalam hal ini FK8 bekas. Sedangkan Jimny high demand low supply.

Sedangkan FD2 dan prev model lainnya tidak dijual resmi Honda yang bikin unitnya sangat sangat terbatas.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 2:10
by ChZ
Herman7103 wrote: Tue May 19, 2020 1:36 Quote
The hot hatch beat the previous record, set by the Honda Civic Type R, by almost four seconds.
Unquote

Memang perlu ditunggu kalau saja honda mugen nantinya kalau saja di era pandemic corona ini akan mengembangkan civic type R mugen nya agar bisa melewati rekor Renaut Megane tsb. Ngarep dot com
yah could be anyone sih apakah itu Honda, VW, Ford, atau bahkan Peugeot... dan four seconds di Nurburgring? it's not really a big deal.

Nurburgring itu track dengan panjang lebih dari 20 km, ibaratnya lo cut 0.2-0.3 secs per tikungan aja udah bisa dapet selisih 4 detik itu. Kalo 4 detik di Sentul atau TG Test Track baru banyak.

Kenapa track ini disebut Green Hell, ya karena ini track yang sangat ekstrim, perbedaan elevasinya dari titik terendah ke tertinggi sampe 300 meter (1.000 ft) dan tikungan-tikungannya ekstrim.
The Nürburgring is a 150,000 person capacity motorsports complex located in the town of Nürburg, Rhineland-Palatinate, Germany. It features a Grand Prix race track built in 1984, and a much longer Nordschleife "North loop" track which was built in the 1920s around the village and medieval castle of Nürburg in the Eifel mountains. The north loop is 20.8 km (12.9 mi) long and has more than 300 metres (1,000 feet) of elevation change from its lowest to highest points. Jackie Stewart nicknamed the old track "The Green Hell".
https://en.wikipedia.org/wiki/N%C3%BCrburgring

keep in mind fastest in the Green Hell does not equal to fastest everywhere. FK8 waktu pegang rekor terkencang di Nurburgring, di track lebih pendek dia masih kalah dengan BMW M2 Competition.

Jadi yah orang set lap record di Nurburgring itu biasanya murni buat research... atau just for fun. Dalam kasus Honda, ane tebak mereka eksperimen di Nurburgring untuk research aero dan suspension settings.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 2:42
by sintoni
Nais ripiu om Fizrmen
nyotnyet wrote: Mon May 18, 2020 16:23 Nice review om, nyeduh kopi dulu sambil nunggu chz muncul kejang kejang wkwkwkwkwk
Ngakak..


ChZ wrote: Tue May 19, 2020 2:10
FWD paling kenceng ya Yasir TRD Sportipu lah. Under 7 mins.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 2:51
by ChZ
sintoni wrote: Tue May 19, 2020 2:42
FWD paling kenceng ya Yasir TRD Sportipu lah. Under 7 mins.
with legendary 1NZ-FE ... under 5 mins itu. lebih resing dari mobil resing.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 3:17
by PRBS
ChZ wrote: Mon May 18, 2020 16:51
Instead, mereka manggil orang yang jago ngitung airflow buat desain exterior, maksimalin downforce dari bodi Civic standar, bikin fender yang muat diisi ban super lebar dari Continental ngakalin torsi besar dari mesin, desain front suspension buat eliminasi torque steer di FWD, desain exhaust saja mereka gak mau pake elektronik, tapi mekanikal, makanya jadi 3 lobang. Lobang di tengah buat kurangin droning waktu low speed cruise, yang kanan kiri buat dapet sound waktu dibejek. :big_love:

This car is, mathematically perfect. Setiap sudut ada itungannya. Ane ngebayangin wong platform barunya di civic dan CRV standar aja udah sempurna, di FK8 lebih dimaksimalin lagi :big_love:
.
.
Baru tahu dari post om chz ini, dibalik ricer vibes nya si type r ini ternyata penuh perhitungan.. plus 3 exhaust yg ternyata ada fungsinya.. nice info om

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 3:48
by ChZ
PRBS wrote: Tue May 19, 2020 3:17
Baru tahu dari post om chz ini, dibalik ricer vibes nya si type r ini ternyata penuh perhitungan.. plus 3 exhaust yg ternyata ada fungsinya.. nice info om
lebih jelasnya bisa lihat video ini oom



yang lucu beberapa jurnalis luar itu semua satu suara kalo soal driving FK8 juaranya, tapi sebaliknya, satu suara juga ogah ngambil mobil ini karena ricerlooknya :mky_07: Tiff Needell misalnya, doi milih Renaultsport Megane cuma karena tampangnya FK8 ricey, walau doi bilang FK8 disetirnya lebih enak kemana-mana :mky_07:


Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 3:57
by martinnn
nice review om :big_deal: :big_deal:

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 4:38
by iamwewe
ChZ wrote: Tue May 19, 2020 1:37
iamwewe wrote: Tue May 19, 2020 0:40 what profil bannya tebelnya cuma 30?! ini sih susah di liat kali ya secara fisik pake mata kalo kurang angin..........

btw penasaran juga jadinya.
kenapa sih harga 2ndnya jatoh banget model ini? bahkan jauhhh dibawah type r nya FD?
Masalah availability oom. Mobil ini masih dijual kondisi baru dan dijual via ATPM, istilahnya lu punya duit, tinggal bayar ke dealer.

Honda tidak jual mobil ini limited atau fenomena indent lama lama macem Jimny.

Secara ekonomi, barang yang less demand tapi high supply pasti harganya cenderung turun. Dalam hal ini FK8 bekas. Sedangkan Jimny high demand low supply.

Sedangkan FD2 dan prev model lainnya tidak dijual resmi Honda yang bikin unitnya sangat sangat terbatas.
oh, make sense.... berarti kalo mau harganya nanti naek si fk ini harus tunggu discontinue dulu ya gitu yak

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 7:27
by ChZ
iamwewe wrote: Tue May 19, 2020 4:38
oh, make sense.... berarti kalo mau harganya nanti naek si fk ini harus tunggu discontinue dulu ya gitu yak
kecuali Honda tidak berencana melanjutkan type R... rasanya harga seken FK8 ini akan tetep sgitu sgitu aja seh om... krn populasinya jg lumayan banyak di secondhand market. uda nggak jadi collectible lagi.

yah stidaknya gpp lah daripada honda cm jualan econoboxes... dari awal honda jualan d indo baru skrg mereka jualan barang yang merupakan performance breed murni... dari dl jaman civic estilo ferio jg kita cm dikasih mesin ekonomis bertenaga pas-pasan.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 11:43
by hackers11
Turun banyaknya itu ampe berapa kah?
Apa sekelas mobil Jerman depresiasinya?

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 12:42
by marr
hackers11 wrote: Tue May 19, 2020 11:43 Turun banyaknya itu ampe berapa kah?
Apa sekelas mobil Jerman depresiasinya?
bantu jawab. unit 2018 brand new nya hampir 1m otr jkt. skrng bnyk yg lepas start from 850an nik18. belom lama ini sempet dgr dari salah satu petinggi dealer honda di jkt, masih ada stock nik18 sama nik19 dengan diskon spesial hahahaha

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Tue May 19, 2020 13:33
by nyotnyet
marr wrote:
hackers11 wrote: Tue May 19, 2020 11:43 Turun banyaknya itu ampe berapa kah?
Apa sekelas mobil Jerman depresiasinya?
bantu jawab. unit 2018 brand new nya hampir 1m otr jkt. skrng bnyk yg lepas start from 850an nik18. belom lama ini sempet dgr dari salah satu petinggi dealer honda di jkt, masih ada stock nik18 sama nik19 dengan diskon spesial hahahaha
Special unit yg jadi not so special ya, pasarnya niche bgt kayanya...

*not so special mksdnya gmpg didapat ya, ga ngomong mekanikal segala macam ya wkwkwk

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Wed May 20, 2020 1:00
by FU27
Di Honda Pradana ready stock ini. Bikin ngiler lihatnya.

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Wed May 20, 2020 1:33
by pengendiesel
Baca thread ini dan ngeliat beberapa om pecinta honda di sini jadi ej4k*l*si

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Wed May 20, 2020 2:16
by Zaxis
Harus nya bikin juga 2 pintu hb macam estilo jaman dulu

Harga bekas nya masi mahal walau umur uda hampir 30 taon

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Wed May 20, 2020 2:24
by ChZ
nyotnyet wrote: Tue May 19, 2020 13:33
marr wrote:
hackers11 wrote: Tue May 19, 2020 11:43 Turun banyaknya itu ampe berapa kah?
Apa sekelas mobil Jerman depresiasinya?
bantu jawab. unit 2018 brand new nya hampir 1m otr jkt. skrng bnyk yg lepas start from 850an nik18. belom lama ini sempet dgr dari salah satu petinggi dealer honda di jkt, masih ada stock nik18 sama nik19 dengan diskon spesial hahahaha
Special unit yg jadi not so special ya, pasarnya niche bgt kayanya...

*not so special mksdnya gmpg didapat ya, ga ngomong mekanikal segala macam ya wkwkwk
tapi typeR sebenernya kalo ikut forum luar ngga special amat kok... dianggep yah Civic tapi grade tertinggi dan lebih kenceng. liat orang di fesbuk isinya bule bule pada nanya advice enaknya gw beli Sport Touring apa type R... dan nggak cuma 1-2 user. banyak.

tabrakan parah aja pd bilang udeee ganti type R aja... bosen, udah ganti type R aja... gampang bgt.

di sana type R dan civic hatch base model 21k USD, tipe tertingginya sport touring harganya 28k USD... itu masih base MSRP, belum nambah option. type-R 36k USD. buat bule mah geli-geli yak harga segini. https://automobiles.honda.com/

FK8 will be less special... karena ini pertama kalinya Civic type R dijual di global market secara resmi. Sebelumnya ngga semua market jual type-R. stau ane jepang dan eropa saja dulu. itupun spek eropa disunatin. North America jg baru pertama kali dapet type R yang dijual resmi.

kaget kali kalo liat indonesia type-R harganya 2x civic biasa :mky_05:

Re: 2019 Honda Civic Type R FK8: Born on the racetrack

Posted: Wed May 20, 2020 8:25
by Pboyz97
nice review fik. FK8 Type R ini memang salah satu mobil jepang terkenceng selain r35 GTR. Apalagi dia pake manual, pasti kenceng bgt larinya kalo digaspol di tol