Review BMW 520d F10 2014 LCI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Review BMW 520d F10 2014 LCI

Post by farizfsa »

Hello all,

kali ini gue mau review salah satu mobil yang cukup irit dan nyaman yaitu BMW 520d F10 tahun 2014 yang sekarang sudah 95rb km.

Jadi mobil gue ini merupakan BMW seri 5 diesel yang sudah facelift, namun masih pake mesin lama N47T, yang mana beda dengan tahun 2015 keatas yang sudah pake mesin seri Bxx.

Mobil ini dulu di beli brand new iims 2014, ex turnamen golf, km masih 500 aja tapi diskonnya 9 digit, jadi oke bungkus. kenapa beli bmw sedan diesel kaya beli panther aja?

jadi alasan beli bmw diesel karena sudah pernah coba punya teman, dan ternyata enak, dan ini ane kembali lg ke bmw dari kurang lebih 8 tahun pake merek jerman sebelah.

Desain
IMG_9214.jpg
menurut gue, secara exterior mobil ini keliatan besar, namun semuanya proposional secara dimensi dan bentuk, ga ada yang aneh2 atau nyeleneh dari desain bmw ini. terkadang dari jauh mobil ini keliatan kaya bmw seri 7 F01 secara panjang mbl ini hampir 5 meter panjangnya.
IMG_1281.jpg
desain samping pun masih ada benang merah dengan leluhurnya BMW Seri 5 E34.
IMG_2155.jpg
Interior & ICE
Interior mobil ini juga masih menarik, namun speedo masih analog belum digital. mobil ini dilengkapi dengan idrive system menggunakan layar 10.25 inch yang cukup besar pada masanya. idrive system di bmw ini menurut gue mudah digunakan. ada map, cek fault, phone, contact book, manual book, dvd, audio bluetooh dan phone, semua system kenyamanan juga setting dari system ini seperti apakah transmisi maticnya coasting atau ada engine brake nya, speed warning, eco pro dll.

audio mobil ini, bagus namun so-so, tidak pake embel2 harman kardon, bose atau bang olufsen. pgn upgrade tp kok ga penting2 amat ya.

Jok depan mobil ini merupakan jok elektrik dengan kulit asli ukuran jok nya lebar, besar dan tebal yang membuat interior mobil ini agak terlihat lebih sempit dibanding kompetitotnya. sayangnya memori seat hanya ada pada jok pengemudi. AC sudah dual zone, dual zone yang advance dimana bukan cuma suhu yang bisa diatur individual, namun juga blower speed, dan arah ac juga bisa diatur individual.
IMG_5472.JPG
IMG_5473.JPG
Mobil ini juga dilengkapi sunroof berkuran besar. cruise control sudah ada tp sayang belum adaptive, sensor parkir masih sonar di depan dan belakang belum ada parking camera, auto lamp dan auto wiper sudah ada juga. untuk privasi, sayangnya hanya ada krey belakang, krey pintu belakang kiri dan kanan tidak ada.

duduk di kursi belakang ini, cukup yasudah, tidak terlalu rebah senderannya, masih empuk, tapi tidak senyaman mercy.

kekurangan di interior mobil ini adalah, karet2 handle doortrim mulai getas, katanya bukan karena panas, tp kulit kita mengandug garam yg lama2 bikin rusak. tp mungkin bener sih karena handle pintu belakang belum getas sama sekali.l kebetulan mobil ini hanya sering dipake berdua aja.

kaca film bening gt ga panas? ga kok soalnya ane pas beli minta bonusin V-Kool haha.

Handling
ini bmw, handling lebih precise dibanding duo jerman kompetitor lainnya apa lagi kalo abis nyetir w212. Setir di bmw ini terasa weighted, tidak seperti mercy yang sangat ringan dan nyaman, tapi kalau untuk manuver, bmw ini jauh lebih enak dan pd.

meski handling enak, bmw ini bantingannya cenderung empuk, tidak keras seperi BMW E60. ban rft nya udah ga gue pake. Dengan ukuran 245/45 R18, mobil ini kalo kena lobang ttp aja kerasa, namun masih cenderung nyaman. dengan handling yg cukup enak, mbl ini malah jd ga enak kalo dikasi ban jelek, mobil ini kaki2 nya sunyi juga tidak berisik.

Mesin dan performance
Bmw diesel ini punya mesin 2000cc turbo diesel, cuma ngeluarin 184hp dan 375nm dengan 8 speed auto gearbox, secara hp kurang buat bawa mobil sebesar ini, cuma secara torsi cukup. in real life, tenaganya cukup oke, ga keteteran, 0-100 masih di sekitar 7-8 detik.

mesin diesel ini memang lebih bergetar dibanding mbl bensin, itu cuma kerasa kalo lg berhenti aja tp, kalo mbl sudah jalan sih ga ada getaran lagi.

karena diesel mobil ini bisa dibilang irit banget. bisa dapet 26KM/Liter pertadex. mobil ini hanya disarankan minum pertadex. untuk daily, setelah reset akhir tahun kemarin, angka di mid menunjukan konsumsi bahan bakar yaitu 7.6L/100km atau setara 13.1KM/L dengan average speed 24km/jam, daily cibubur + dalkot jkt.
IMG_7645.jpg
mobil ini 0-200 masih cepat dicapai, diatas itu sudah mulai lama, top speed pernah sampai 242km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan mode comfort, sport dan ecopro. mode ini tdk cuma bikin transmisi nahan aja, cuma berat setir, ratio perpindahan gigi, throttle gas sampai ac pun berubah settinganya. sehari2 memang enaknya pakai comfort aja.

Maintenance
untuk 5 tahun pertama, jasa dan parts maintenance free dr beres, tinggal isi dex, ngacir.
setelah 1 minggu serah terima mobil ane isi solar kerang pas belum ada himbauan only dex, mobil masuk limp mode, lalu di update ecu dan aman pake kerang lg tp yasudah sekarang dex sudah dimana2 santai.
setelah 3 tahun warranty abis, aktuatur electring hand brake rusak, suruh ganti 17 jt, ane marah2 dikit akhirnya goodwill dr mereka ane bayar 2 jt. sampai sekarang semua all good.

setelah masa isp abis, ane ke bengkel spesialis aja, beda biaya cukup jauh. dr 92rb km, hanya hal diatas yang diganti, selain itu cuma ganti, oli filter filter bensin dan filter ac. kampas rem baru ganti di km 70rban.

ganti oli dan filter mbl ini ga sampe 2 jt, kampas rem sekitar 1.5jt, filter solar memang agak mahal tp tidak sampe sejuta. pajak plat F masih di sekitar 12 jt setahun non progresif. rencana 15 rb km lg mau ganti engine mounting kurang lebih 3.5 juta sama jasa untuk sepasang.

konklusinya, mobil ini mobil yang sangat enak, irit, nyaman, cukup enak dilihat. dgn harga yg sudah ada diangka 200an juta untuk tahun awal sudah cukup menarik mobil ini untuk di beli.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by farizfsa on 07 Feb 2020, 11:01, edited 1 time in total.
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

This topic has 28 replies

You must be a registered member and logged in to view the replies in this topic.


Register Login
 
Post Reply