30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by bm9792ct »

timbermaniac123 wrote:Di grup fb almaz, saya termasuk yang kontroversial karena terlalu mengkritisi soal mesin almaz ini. Secara fitur memang almaz sangat oke. Tapi secara mesin, almaz ini memang ada masalah2 seperti yang TS sebutin.

Tapi paran fans wuling ini selalu banggain FITUR dibanding crv yang harganya beda 200 juta. Saya bilang aja, mendingan saya punya mobil banyak masalah bunyi2 kaya di hrv daripada overheat tengah jalan. Bunyi2 bisa ditunggu sampe pulang balik jakarta, overheat di tengah jalan maknyus dah. Ga heran wuling cuma jualan fitur, karena tau mesin cvt nya ga akan mampu bisa saingin cvt turbo nya crv, Lah turbo nya aja nyala di 1600, sekali injek gas, turbo nyala. Ga heran ini mesin boros banget dibawa macet2an. Crv macet2an dalkot aja bisa 1:8- 1:9. Almaz macet2an sekitar 1:6

Trus saya kan pernah ditawarin mau ga pake aja anps dakar kakak saya, saya coba 1minggu ternyata ga cocok sama istri dan anak. terlalu limbung jadi gampang eneg di belakang. Ada 1 member fans wuling yang ngatain katanya saya haters wuling (padahal udah saya jelasin karakterisktik cvt nya kalah jauh sama H) dikatain juga saya ga mampu beli mobil baru lagi pengganti almaz. Helooo, harga anps dakar second aja masih 400 bro, masih di atas harga baru almaz. Pokoknya kalau main ke grup FB almaz, di sana jangan jelek2in almaz de. Bisa jadi bahan bullian. Lah ada yang bangun pagi2 di hari minggu demi ngata2in saya :D katanya haters sejati almaz.
Ah yang bener bang bisa sampai
1:6 FCnya.
Klo Review skitaran TS 8-9km:liter.
Mohon divalidkan datanya lewat foto mobil testnya bisa seboros itu.
Soalnya nih mobilnya kelas peminum pertamax.
Jd Kasihan soalnya nih cina dijelekin mulu. Comparenya dengan skema mobil lawas yg minum premium.
Apa benar si Almaz cost fuelnya sampai
Rp.10.000/6km?
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by mobilover »

Hayo fokus ke pembahasan teknis mobilnya lagi. Kl mau adu nyinyir ke fanboy atau fans halu tempatnya di FB aja hahaha.

Anyway, engine brakenya mesin turbo wuling memang ada kerasa jg sih. Tp kl sy sih gak ngerasa keganggu. Kadang kepakai jadi mainin remnya bisa diatur. Yg lbh ganggu itu hentakan kecil dari D ke N yg mnrt sy jg aneh. Untuk tarikan mesin turbonya mnrt saya lumayan kenceng. Dari 0 ke 100 kmph gampang kecapainya. Cuma begitu suka main geber gas yah konsumsi BBMnya juga jadi gitu deh. Mobil ini lbh cocok untuk slow crusing di toll di kecepatan 80 - 90 kmph untuk mencapai efisiensi konsumsi BBM optimal.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by ChZ »

Tampanman wrote: Fri Jan 31, 2020 12:40
KielConstantine wrote: Fri Jan 31, 2020 11:53 Kapan hari ada wuling cortez turbo. Ngintilin gw lg pake innova 2kd (tail gating) tipis banget dibelakang. Pdhl lg crusing santai di jln protokol speed 60km/h dan rada sepi. Ngerasa mobilnya kenceng kali pake turbo... liat innova diesel 2kd pelan ga bs lari....

Lama2 kesel jg.... yaudahh bejek gas.. asap hitam membubung tinggi sampe 120km/h... wulingnya gw liat dari spion, dari kejauhan langsung auto pelan....... ga berani kenceng lg..... :wkkk:
Ada mobil merk mainstream yang itu adalah saingannya lagi nyantai di tol, langsung di salip trus langsung laporan di grupnya, katanya abis ngasepin mobil tersebut dan bilang mobil tersebut ga bisa ngejar, padahal mobil lawannya juga lagi nyantai ga mau balap2an.., sering banget saya baca posting nya di grup tersebut..
gw kalo ada yang kek gt langsung niatan iseng muncul, dari gw nyantai-nyantai langsung nambah gas dan ngintilin di blakang. pikir gw ah mobil standar aja blagu amat nyetirnya :mky_07:

apalagi kalo mobil turbo standar kelas 140-150hp gini ngejernya gak perlu pake niat :mky_07:

abis itu langsung nyesel begitu liat AVG drop :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Auanz »

bm9792ct wrote: Fri Jan 31, 2020 16:01
timbermaniac123 wrote:Di grup fb almaz, saya termasuk yang kontroversial karena terlalu mengkritisi soal mesin almaz ini. Secara fitur memang almaz sangat oke. Tapi secara mesin, almaz ini memang ada masalah2 seperti yang TS sebutin.

Tapi paran fans wuling ini selalu banggain FITUR dibanding crv yang harganya beda 200 juta. Saya bilang aja, mendingan saya punya mobil banyak masalah bunyi2 kaya di hrv daripada overheat tengah jalan. Bunyi2 bisa ditunggu sampe pulang balik jakarta, overheat di tengah jalan maknyus dah. Ga heran wuling cuma jualan fitur, karena tau mesin cvt nya ga akan mampu bisa saingin cvt turbo nya crv, Lah turbo nya aja nyala di 1600, sekali injek gas, turbo nyala. Ga heran ini mesin boros banget dibawa macet2an. Crv macet2an dalkot aja bisa 1:8- 1:9. Almaz macet2an sekitar 1:6

Trus saya kan pernah ditawarin mau ga pake aja anps dakar kakak saya, saya coba 1minggu ternyata ga cocok sama istri dan anak. terlalu limbung jadi gampang eneg di belakang. Ada 1 member fans wuling yang ngatain katanya saya haters wuling (padahal udah saya jelasin karakterisktik cvt nya kalah jauh sama H) dikatain juga saya ga mampu beli mobil baru lagi pengganti almaz. Helooo, harga anps dakar second aja masih 400 bro, masih di atas harga baru almaz. Pokoknya kalau main ke grup FB almaz, di sana jangan jelek2in almaz de. Bisa jadi bahan bullian. Lah ada yang bangun pagi2 di hari minggu demi ngata2in saya :D katanya haters sejati almaz.
Ah yang bener bang bisa sampai
1:6 FCnya.
Klo Review skitaran TS 8-9km:liter.
Mohon divalidkan datanya lewat foto mobil testnya bisa seboros itu.
Soalnya nih mobilnya kelas peminum pertamax.
Jd Kasihan soalnya nih cina dijelekin mulu. Comparenya dengan skema mobil lawas yg minum premium.
Apa benar si Almaz cost fuelnya sampai
Rp.10.000/6km?
Yaaa kalo di pakenya pp ke sudirman pagi sore mah jangankan 1:6. 1:5 iya kalim tau sendiri sudirman.

Kl ane sih maen di daanmogot jalan merayap dan weekend baru di toll mixed dalkot kisaran 1:7-8 la gan. Gas sewajarnya ga alus juga.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by sandal »

maydhi09 wrote: Fri Jan 31, 2020 13:17 Koq posting nya berubah jadi saling judge, hayo kembali ke arah teknis tentang mobil,
Nah ini :ngacir:

Semoga aja ada user almaz / cortez turbo manual yang mau mereview di sini...
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by timbermaniac123 »

bm9792ct wrote: Fri Jan 31, 2020 16:01 Ah yang bener bang bisa sampai
1:6 FCnya.
Klo Review skitaran TS 8-9km:liter.
Mohon divalidkan datanya lewat foto mobil testnya bisa seboros itu.
Soalnya nih mobilnya kelas peminum pertamax.
Jd Kasihan soalnya nih cina dijelekin mulu. Comparenya dengan skema mobil lawas yg minum premium.
Apa benar si Almaz cost fuelnya sampai
Rp.10.000/6km?
Bener kok, saya selama isi tinggal di daerah macet seperti tomang raya, pasti dapetnya sekitar 1:6. Kalau jalanan lancar kaya daerah bsd gitu bisa dapet 1:8-9. Kombinasi jalan macet jakarta + tol juga bisa dapet segitu.
Auanz wrote: Sat Feb 01, 2020 2:35
Yaaa kalo di pakenya pp ke sudirman pagi sore mah jangankan 1:6. 1:5 iya kalim tau sendiri sudirman.

Kl ane sih maen di daanmogot jalan merayap dan weekend baru di toll mixed dalkot kisaran 1:7-8 la gan. Gas sewajarnya ga alus juga.
Nah ini bener, saya juga awal2 sempt dapet 1:5. Bisa bayangin, bertapa kepikirannya beli mobil yang katanya "value for money" tapi boros di operasional :mky_07:
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by roymhs31 »

halooo wrote: Wed Jan 29, 2020 12:49
ChZ wrote: Wed Jan 29, 2020 8:47
bunbanbon wrote: Wed Jan 29, 2020 8:29 Wah dari isi review nya saya yakin TS memang udah khatam masalah almaz karena memang yang ditulis bener semua . Tapi dalam kasus almaz saya (7seater 2019 akhir) masalah hentakan transmisi dari D ke N sih ga ada. Tapi memang perkara kaca belakang yang kecil banget itu sangat mengganggu, Saya lumayan lega ternyata emang begitu kirain saya doang yang lebay.

Saya juga sangat hampir SPK SUV bongsor idola esmud cuma karena sayang uangnya akhirnya beli almaz dengan sedikit kekecewaan dan ragu ragu. Tapi overall , setelah dipakai, walopun dengan semua kekurangannya, rasanya tetap saya mendapatkan lebih dari ekspektasi dan yang saya bayarkan.

Tapi kalo ada yang ngotot bilang yang beli mobil lebih mahal 200 juta itu bodoh karena almaz lebih bagus saya nyengir aja deh. Ya kalo budget ga masalah suruh pilih antara CRV turbo sama Almaz ya mesti semua juga milih CRV wkwkwkwk

Cheers oom ditunggu review 100K km nya
maklum, fans nya banyak yang halu... berasa punya wuling kayak punya mercedes... :ngacir:
Ukuran banyaknya bagaimana om? Serius banyak pemilik wuling / almaz yg halu?
Maennya aj k grup pesbuknya. Saya aj pemilik almaz ampe males jg bacanya
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by bm9792ct »

timbermaniac123 wrote:
bm9792ct wrote: Fri Jan 31, 2020 16:01 Ah yang bener bang bisa sampai
1:6 FCnya.
Klo Review skitaran TS 8-9km:liter.
Mohon divalidkan datanya lewat foto mobil testnya bisa seboros itu.
Soalnya nih mobilnya kelas peminum pertamax.
Jd Kasihan soalnya nih cina dijelekin mulu. Comparenya dengan skema mobil lawas yg minum premium.
Apa benar si Almaz cost fuelnya sampai
Rp.10.000/6km?
Bener kok, saya selama isi tinggal di daerah macet seperti tomang raya, pasti dapetnya sekitar 1:6. Kalau jalanan lancar kaya daerah bsd gitu bisa dapet 1:8-9. Kombinasi jalan macet jakarta + tol juga bisa dapet segitu.
Auanz wrote: Sat Feb 01, 2020 2:35
Yaaa kalo di pakenya pp ke sudirman pagi sore mah jangankan 1:6. 1:5 iya kalim tau sendiri sudirman.

Kl ane sih maen di daanmogot jalan merayap dan weekend baru di toll mixed dalkot kisaran 1:7-8 la gan. Gas sewajarnya ga alus juga.
Nah ini bener, saya juga awal2 sempt dapet 1:5. Bisa bayangin, bertapa kepikirannya beli mobil yang katanya "value for money" tapi boros di operasional :mky_07:
Kalau memang bisa 1:5-1:6 pertamax Ini jadi masalah utama costnya gede.
Hampir kyk truk minumnya. 1l:4km
Masih dapat 2 liter biosol
Pikiranku sih sejeleknya paling 1l:7-8km
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by roymhs31 »

bm9792ct wrote: Fri Jan 31, 2020 16:01
timbermaniac123 wrote:Di grup fb almaz, saya termasuk yang kontroversial karena terlalu mengkritisi soal mesin almaz ini. Secara fitur memang almaz sangat oke. Tapi secara mesin, almaz ini memang ada masalah2 seperti yang TS sebutin.

Tapi paran fans wuling ini selalu banggain FITUR dibanding crv yang harganya beda 200 juta. Saya bilang aja, mendingan saya punya mobil banyak masalah bunyi2 kaya di hrv daripada overheat tengah jalan. Bunyi2 bisa ditunggu sampe pulang balik jakarta, overheat di tengah jalan maknyus dah. Ga heran wuling cuma jualan fitur, karena tau mesin cvt nya ga akan mampu bisa saingin cvt turbo nya crv, Lah turbo nya aja nyala di 1600, sekali injek gas, turbo nyala. Ga heran ini mesin boros banget dibawa macet2an. Crv macet2an dalkot aja bisa 1:8- 1:9. Almaz macet2an sekitar 1:6

Trus saya kan pernah ditawarin mau ga pake aja anps dakar kakak saya, saya coba 1minggu ternyata ga cocok sama istri dan anak. terlalu limbung jadi gampang eneg di belakang. Ada 1 member fans wuling yang ngatain katanya saya haters wuling (padahal udah saya jelasin karakterisktik cvt nya kalah jauh sama H) dikatain juga saya ga mampu beli mobil baru lagi pengganti almaz. Helooo, harga anps dakar second aja masih 400 bro, masih di atas harga baru almaz. Pokoknya kalau main ke grup FB almaz, di sana jangan jelek2in almaz de. Bisa jadi bahan bullian. Lah ada yang bangun pagi2 di hari minggu demi ngata2in saya :D katanya haters sejati almaz.
Ah yang bener bang bisa sampai
1:6 FCnya.
Klo Review skitaran TS 8-9km:liter.
Mohon divalidkan datanya lewat foto mobil testnya bisa seboros itu.
Soalnya nih mobilnya kelas peminum pertamax.
Jd Kasihan soalnya nih cina dijelekin mulu. Comparenya dengan skema mobil lawas yg minum premium.
Apa benar si Almaz cost fuelnya sampai
Rp.10.000/6km?
Pengalaman saya sih make ud 1000 km klo d traffic dalkot yg mix bs 8an kml lah asal ngegasnya push and glide.

Kmrn bawa k bogor PP kondisi lalin nyampur jg (brkt lancar pulang macet d tol cijantung - fatmawati) bs 13an kml.

Bensin mix pertamax ama v power.

Mnurut saya wajar konsumsinya klo sgitu sih.
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by rechtmasta »

Kalo kata saya sih wajar banget wuling ini basic mesin sama transmisinya masih ketinggalan. Mama dari itu mereka ngakalinnya dari penambahan fitur, karena RnD mesin Dan transmisi itu mahal Dan lama, kalau nunggu mesin Dan transmisi refine... Ya keburu ilang momentumnnya, brand awareness juga ga akan muncul. Jadi ya kejar di fitur yang relatif lebih gampang dan pancingan maut buat warga Indonesia yang berpuluh2 tahun dikasih mobil rakyat kopongan (walopun durabilitynya menang).

So, ya jangan marah sih kalo dibilang secara mesin dan transmisi wuling masih ketinggalan sama Japs.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by ChZ »

rechtmasta wrote: Sat Feb 01, 2020 5:57 Kalo kata saya sih wajar banget wuling ini basic mesin sama transmisinya masih ketinggalan. Mama dari itu mereka ngakalinnya dari penambahan fitur, karena RnD mesin Dan transmisi itu mahal Dan lama, kalau nunggu mesin Dan transmisi refine... Ya keburu ilang momentumnnya, brand awareness juga ga akan muncul. Jadi ya kejar di fitur yang relatif lebih gampang dan pancingan maut buat warga Indonesia yang berpuluh2 tahun dikasih mobil rakyat kopongan (walopun durabilitynya menang).

So, ya jangan marah sih kalo dibilang secara mesin dan transmisi wuling masih ketinggalan sama Japs.
setuju, Jepang dan Jerman yang udah duluan bikin mobil aja tetep bisa punya mobil yang ga bagus dan less refined... :mky_01: semua disesuaikan dengan budget dan selera. cari fitur harga segitu udah pasti wuling, tapi kalo driving, hrs diakui bahkan seekor HR-V terasa lebih refined.

saya rasa ya bener kata oom di page sebelumnya kalo ada budgetnya buat ambil CR-V pasti ambil CR-V... :mky_07: tetep gimana-gimana dibawanya enak CR-V.

kebanyakan user Wuling ini saya rasa bkn driving enthusiast yang ngeliat refinement di sisi drivetrain sih... krn driving enthusiast pasti langsung illfeel begitu nyentuh setirnya :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by kunaskun »

rechtmasta wrote: Sat Feb 01, 2020 5:57 Kalo kata saya sih wajar banget wuling ini basic mesin sama transmisinya masih ketinggalan. Mama dari itu mereka ngakalinnya dari penambahan fitur, karena RnD mesin Dan transmisi itu mahal Dan lama, kalau nunggu mesin Dan transmisi refine... Ya keburu ilang momentumnnya, brand awareness juga ga akan muncul. Jadi ya kejar di fitur yang relatif lebih gampang dan pancingan maut buat warga Indonesia yang berpuluh2 tahun dikasih mobil rakyat kopongan (walopun durabilitynya menang).

So, ya jangan marah sih kalo dibilang secara mesin dan transmisi wuling masih ketinggalan sama Japs.
kayanya dibilang power house ketinggalan kayanya ngga loh. malah jepang yg tertinggal, liat saja Daitoyo masih andelin dual vvti yg sudah beredar berapa belas tahun duluan di luar sana. ya kalau ahond memang agak mendingan karena udah kasi turbo, tapi basis mesin awalnya juga sudah kuno kan.

mungkin lebih tepat ngakalin dari segi refinement yg takes time, misal test 10 mobil sekaligus untuk ratusan ribu km, untuk setting mapping ECU, transmisi, damper, suspension system, etc. jadi pakein saja default apa sembari jalan diperbaiki, untuk selling point ya features.

ya apalagi zaman now, banyak netijen maha benar aliran mending ini mending itu padahal ga beli2 :emo-big_love:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Winz »

bm9792ct wrote: Sat Feb 01, 2020 5:28
timbermaniac123 wrote:
bm9792ct wrote: Fri Jan 31, 2020 16:01 Ah yang bener bang bisa sampai
1:6 FCnya.
Klo Review skitaran TS 8-9km:liter.
Mohon divalidkan datanya lewat foto mobil testnya bisa seboros itu.
Soalnya nih mobilnya kelas peminum pertamax.
Jd Kasihan soalnya nih cina dijelekin mulu. Comparenya dengan skema mobil lawas yg minum premium.
Apa benar si Almaz cost fuelnya sampai
Rp.10.000/6km?
Bener kok, saya selama isi tinggal di daerah macet seperti tomang raya, pasti dapetnya sekitar 1:6. Kalau jalanan lancar kaya daerah bsd gitu bisa dapet 1:8-9. Kombinasi jalan macet jakarta + tol juga bisa dapet segitu.
Auanz wrote: Sat Feb 01, 2020 2:35
Yaaa kalo di pakenya pp ke sudirman pagi sore mah jangankan 1:6. 1:5 iya kalim tau sendiri sudirman.

Kl ane sih maen di daanmogot jalan merayap dan weekend baru di toll mixed dalkot kisaran 1:7-8 la gan. Gas sewajarnya ga alus juga.
Nah ini bener, saya juga awal2 sempt dapet 1:5. Bisa bayangin, bertapa kepikirannya beli mobil yang katanya "value for money" tapi boros di operasional :mky_07:
Kalau memang bisa 1:5-1:6 pertamax Ini jadi masalah utama costnya gede.
Hampir kyk truk minumnya. 1l:4km
Masih dapat 2 liter biosol
Pikiranku sih sejeleknya paling 1l:7-8km
Saudara ada pakai ini Mobil, tapi hajar Pertalite terus

Apakah bakalan tahan dkasih minum kaya gini tanpa jamu?

Padahal mesin'nya Turbo, performa ya So So gitu, Boros jg lagi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Sat Feb 01, 2020 8:00
kayanya dibilang power house ketinggalan kayanya ngga loh. malah jepang yg tertinggal, liat saja Daitoyo masih andelin dual vvti yg sudah beredar berapa belas tahun duluan di luar sana. ya kalau ahond memang agak mendingan karena udah kasi turbo, tapi basis mesin awalnya juga sudah kuno kan.

mungkin lebih tepat ngakalin dari segi refinement yg takes time, misal test 10 mobil sekaligus untuk ratusan ribu km, untuk setting mapping ECU, transmisi, damper, suspension system, etc. jadi pakein saja default apa sembari jalan diperbaiki, untuk selling point ya features.

ya apalagi zaman now, banyak netijen maha benar aliran mending ini mending itu padahal ga beli2 :emo-big_love:
tergantung kelasnya sih.

kalo Almaz dibandingin sama Avanza Innova ya jelas beda :mky_01:

Daitoyo sebenernya punya mesin bagus kok, kalo mereka kan punya DynamicForce yang ga masuk kesini, terakhir mesin Voxy ma Altis lama juga udah Dual VVT-i Valvematic. Gimana-gimana Toyota kan pelopor tech hybrid.

L15B-series itu yang sisa sama kayak mesin Jazz GD paling cuma blok bawah thok, wong kepalanya aja udah jadi DOHC instead of SOHC, GDI instead of PFI. Honda jg punya FCX dan NSX. Byk salah kaprah bilang L15B7 di Civic/CRV itu mesin Jazz diturbo, sama kayak yang bilang 4D56T HiPower Dakar itu mesin L300 yang diturbo. Pdhl paling kalo dibongkar itu yang sama sisa blok bawah doang. Piston camshaft dll udah beda spek. Fine tuningnya udah beda juga.

kalo lineup under 300juta jepangan emang teknologi seadanya, kalo ngga gitu ga profit :mky_07: mitsu juga pake 4A91 mesin dari kapan taun yang malah tech nya lebih jadul dari NR nya daitoyo :mky_07: 4 speed auto lagi. di wuling yang kek gini kan confero ma cortez 1.5/1.8.

sebenernya mesin Almaz g ada tech baru sih... mesinnya jg blom GDI kan... mesin motor bakar 4-langkah skrg pengembangannya ya gitu, kalo nggak tambah turbo ya rekayasa engineering macem Mazda SKYACTIV-X. cumaaaa mungkin mereka bisa bangun mesin turbo itu itungannya lumayan berani untuk merek baru.

yah gimana-gimana ni berkat pemerintah China yang mewajibkan tech sharing buat perush asing yang mau invest ke negaranya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by mobilover »

Semua tergantung perspektif dan budget juga. Kalau saya disuruh milih almaz 7 seater dengan hrv 1.800 prestige, saya masih milih Almaz. Tapi kalau dibandingkan dgn CRV turbo prestige, yah pasti CRV lah hahaha.

Menurut saya wuling posisiin almaz itu menarik untuk keinginan orang indonesia. Akomodasi luas 7 orang masuk, panoramic sunroof yg pertama di kelas mobil 300 jutaan, kabin yg terasa mewah, exterior yg sporty. Walau dari sisi mesin transmisi gak sempurna, tapi masih dimaklumin karena toh ini mobil 300 jutaan. Kalau dibandingkan dgn mesin mobil 500 jutaan yah pasti kalah lah. Yang beli Almaz sebaiknya sadar kalau gak mungkin mobil ini sempurna melebihi mobil yg harganya jauh di atasnya. Lebih baik bandingkan dengan mobil yg harganya setara dan liat yg lbh cocok ke selera yg mana
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Sat Feb 01, 2020 8:43
tergantung kelasnya sih.

kalo Almaz dibandingin sama Avanza Innova ya jelas beda :mky_01:
ah iya, maksudnya dalam hal ini almaz vs rival setara harganya = sekelas.
Daitoyo sebenernya punya mesin bagus kok, kalo mereka kan punya DynamicForce yang ga masuk kesini, terakhir mesin Voxy ma Altis lama juga udah Dual VVT-i Valvematic. Gimana-gimana Toyota kan pelopor tech hybrid.

L15B-series itu yang sisa sama kayak mesin Jazz GD paling cuma blok bawah thok, wong kepalanya aja udah jadi DOHC instead of SOHC, GDI instead of PFI. Honda jg punya FCX dan NSX. Byk salah kaprah bilang L15B7 di Civic/CRV itu mesin Jazz diturbo, sama kayak yang bilang 4D56T HiPower Dakar itu mesin L300 yang diturbo. Pdhl paling kalo dibongkar itu yang sama sisa blok bawah doang. Piston camshaft dll udah beda spek. Fine tuningnya udah beda juga.

kalo lineup under 300juta jepangan emang teknologi seadanya, kalo ngga gitu ga profit :mky_07: mitsu juga pake 4A91 mesin dari kapan taun yang malah tech nya lebih jadul dari NR nya daitoyo :mky_07: 4 speed auto lagi. di wuling yang kek gini kan confero ma cortez 1.5/1.8.
nah maksud saya disini, secara teknis powerhouse wuling almaz ga kuno2 amatlah dibandingkan japanese.
sebenernya mesin Almaz g ada tech baru sih... mesinnya jg blom GDI kan... mesin motor bakar 4-langkah skrg pengembangannya ya gitu, kalo nggak tambah turbo ya rekayasa engineering macem Mazda SKYACTIV-X. cumaaaa mungkin mereka bisa bangun mesin turbo itu itungannya lumayan berani untuk merek baru.

yah gimana-gimana ni berkat pemerintah China yang mewajibkan tech sharing buat perush asing yang mau invest ke negaranya...
yep, tapi in expense of fine detail = more R&D mendingan jualan fitur saja.
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Auanz »

Jadi mohon maaf kl ngm agak harsh.

Its like orang yg biasa ke mall dan orang yg baru pertama kali ke mall.. norak jadinya. Krn sebelumnya mrk cmn maen ke pasar / pusat swalayan kecil.

Makanya jd norak dan fan ga karuan
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Or4cle »

Winz wrote: Sat Feb 01, 2020 8:23
bm9792ct wrote: Sat Feb 01, 2020 5:28
timbermaniac123 wrote:
Bener kok, saya selama isi tinggal di daerah macet seperti tomang raya, pasti dapetnya sekitar 1:6. Kalau jalanan lancar kaya daerah bsd gitu bisa dapet 1:8-9. Kombinasi jalan macet jakarta + tol juga bisa dapet segitu.



Nah ini bener, saya juga awal2 sempt dapet 1:5. Bisa bayangin, bertapa kepikirannya beli mobil yang katanya "value for money" tapi boros di operasional :mky_07:
Kalau memang bisa 1:5-1:6 pertamax Ini jadi masalah utama costnya gede.
Hampir kyk truk minumnya. 1l:4km
Masih dapat 2 liter biosol
Pikiranku sih sejeleknya paling 1l:7-8km
Saudara ada pakai ini Mobil, tapi hajar Pertalite terus

Apakah bakalan tahan dkasih minum kaya gini tanpa jamu?

Padahal mesin'nya Turbo, performa ya So So gitu, Boros jg lagi
Efek BBM octane rendah yang paling terasa itu pre-ignition ... suara mesin kasar karena detonasi, mobil jd boros & tenaga loyo, penumpukan karbon di combustion chamber & valve.

Efek jangka panjangnya ring piston & piston yang kalah / rusak, kalau cylinder head / block " relatif aman " karena materialnya lebih bagus dan tahan panas.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by mobilover »

Mesin turbo almaz dan cortez itu requirement minimalnya oktan 92. Kl pakai pertalite, yah pasti tarikan jadi boyo dan lbh boros. Rawan masalah juga untuk jangka panjang. Mending isiin pertamax aja deh kl mesin turbo. Performa dan konsumsi bbm lbh baik jadinya
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Winz »

Or4cle wrote: Sun Feb 02, 2020 1:31
Winz wrote: Sat Feb 01, 2020 8:23
bm9792ct wrote: Sat Feb 01, 2020 5:28 Kalau memang bisa 1:5-1:6 pertamax Ini jadi masalah utama costnya gede.
Hampir kyk truk minumnya. 1l:4km
Masih dapat 2 liter biosol
Pikiranku sih sejeleknya paling 1l:7-8km
Saudara ada pakai ini Mobil, tapi hajar Pertalite terus

Apakah bakalan tahan dkasih minum kaya gini tanpa jamu?

Padahal mesin'nya Turbo, performa ya So So gitu, Boros jg lagi
Efek BBM octane rendah yang paling terasa itu pre-ignition ... suara mesin kasar karena detonasi, mobil jd boros & tenaga loyo, penumpukan karbon di combustion chamber & valve.

Efek jangka panjangnya ring piston & piston yang kalah / rusak, kalau cylinder head / block " relatif aman " karena materialnya lebih bagus dan tahan panas.
Ya itu, Alasan Saudara saya toh masih Garansi

Klo rusak ya tinggal minta Ganti sama Wuling aja
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Auanz »

https://youtu.be/t8ehuR9uKzQ

Germannya mobcin...
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by Tampanman »

Kebanyakan pembeli mobil merk ini adalah orang yang tadinya pakai mobil2 sekelas lmpv atau lsuv yang rata2 bermesin 1500cc max , maka dari itu mereka banyak yang mengeluhkan konsumsi bbm yang boros, karna sudah terbiasa pakai mobil yang irit. Kalau pemilik sebelumnya pakai mesin bensin 2500cc, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Cuma yang jadi masalahnya sudah lah boros, tapi tenaganya juga pas pasan...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by kunaskun »

Winz wrote: Sun Feb 02, 2020 2:04 Ya itu, Alasan Saudara saya toh masih Garansi

Klo rusak ya tinggal minta Ganti sama Wuling aja
ya apakah dicover garansi? karena pabrikan juga mestinya tahu ini mesin kenapa2 akibat ngelitik terus menerus kan yg biasanya akibat penggunaan bbm yang tidak sesuai. dan apakah ga repot klaim garansi, habis2kan waktu bolak balik ke bengkel untuk klaim, tapi ya org beda2 si ya [emo-have-a-nice-day]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sun Feb 02, 2020 12:05
Winz wrote: Sun Feb 02, 2020 2:04 Ya itu, Alasan Saudara saya toh masih Garansi

Klo rusak ya tinggal minta Ganti sama Wuling aja
ya apakah dicover garansi? karena pabrikan juga mestinya tahu ini mesin kenapa2 akibat ngelitik terus menerus kan yg biasanya akibat penggunaan bbm yang tidak sesuai. dan apakah ga repot klaim garansi, habis2kan waktu bolak balik ke bengkel untuk klaim, tapi ya org beda2 si ya [emo-have-a-nice-day]
Kita tunggu jawaban dr bengkel resmi kl ada yg udah kena om. Biasanya ya cenderung ditolak kl pengalaman di bbrp merk. Kl soal guarantee in general, kadang bengkel resmi suka ngga mau rugi makanya ngeles mulu. Mungkin sekarang udah mendingan
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: 30.000 km with Wuling Almaz (and still going...)

Post by bm9792ct »

kunaskun wrote:
Winz wrote: Sun Feb 02, 2020 2:04 Ya itu, Alasan Saudara saya toh masih Garansi

Klo rusak ya tinggal minta Ganti sama Wuling aja
ya apakah dicover garansi? karena pabrikan juga mestinya tahu ini mesin kenapa2 akibat ngelitik terus menerus kan yg biasanya akibat penggunaan bbm yang tidak sesuai. dan apakah ga repot klaim garansi, habis2kan waktu bolak balik ke bengkel untuk klaim, tapi ya org beda2 si ya [emo-have-a-nice-day]
Sepertinya owner kurang tau. Mesin turbo2an bbm gasoline sebaiknya diisi bbm jenis pertamax.
&Mesin diesel modern skrg juga menuntut dex.
Terapkan saja warranty void ttg mesin jika dipaksa minum bbm bosok oleh ownernya.
Jgn nanti ada yg koar mobcin bosok.
belum 5 tahun udah turun mesin. Bisa rusak imagenya.
*Yang jadi pertimbangan knp
Sama2 bbm ceban 10rb.
Yang diesel FCnya lebih baik. 1:9km kota semacetnya. Higway bisa 1L:15+km Up wuling Fc 1:6 macet. Free 1:9km Up avg.
Costnya 40% lebih. Buat yang makai ni mobil sampai puluhan tahun.
Build mesinnya memang nothing special.
Apa krn fitur gimmick wuling elektrikalnya mungkin menyedot power mesin?
Atau sourcenya dari aki dan altenatornya?
Kurang paham soalnya.