Page 1 of 2

[First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Wed Sep 11, 2019 13:16
by ninodiablo
Nissan Leaf history
Pertama kali diluncurkan di tahun 2010, Leaf merupakan model full electric yang dipasarkan secara massal di dunia. Biasanya bentuk electric car lumayan cute, tapi Leaf ini tampil dengan natural selayaknya hatchback normal, walau belakangnya masih cukup aneh. Dilengkapi dengan baterai kapasitas 24kWh dengan jarak tempuh +-150km sekali charge, dan motor listrik dan dapat menghantarkan tenaga setara 107hp.

Leaf gen-2
Diluncurkan di tahun 2017, Leaf gen-2 ini mengalami banyak peningkatan, yang paling terasa adalah peningkatan kapasitas baterai 40 kWh hingga di klaim bisa sampai 400km. Sektor motor listrik juga naik saat ini menghasilkan tenaga setara 150hp.

Nah karena kebetulan gue dapat kesempatan mencoba Nissan Leaf di sirkuit tertutup, gue akan coba nih share first impression gue terhadap spesies baru ini.

My first experience with electric car
Selama ini gue belum pernah coba mobil listrik, yang gue percaya mayoritas orang Indonesia juga belum pernah mencoba sensasi tenaga listrik, species terdekat yg pernah gue coba adalah boom boom car hahahaha. Gue sehari-hari pakai mesin boxer (Subaru), dan pernah mencoba hybrid di merek T, jadi ini beneran pengalaman pertama.

Exterior dan Interior
Nissan Leaf gen-2 ini benar-benar layaknya mobil “normal”, tidak ada bentuk aneh dari luar yang membuat mobil ini sering dikira hybrid oleh orang-orang. Dengan panjang 4.4m, lebar 1.79m, Leaf ini setara dengan Mazda 3 baru, dan sedikit lebih kecil dari Honda Civic Hatch.
Headlamp manis, dengan DRL boomerang terbalik vs X-Trail (karena diatas), LED projector jauh dan dekat dan grill (yang tidak bolong) dengan nuansa translucence biru, membuat mobil ini terasa elegant walau tidak terlalu futuristic. Dari belakang lupakan bentuk aneh di gen-1, buritan model ini gue suka banget, dengan warna hitam dual tone hingga setengah bagasi dan garis biru di bagian diffuser membuat kesan elegant semakin kentara.
Masuk ke Interior, kesan “normal” makin terasa, head-unit, setir, dashboard semua masih terasa normal tidak seperti Tesla yang terkesan futuristic, tapi melihat product positioning dari Leaf menjadi cukup masuk akal. Melihat ke tengah, tuas transmisi hilang dan digantikan sebuah tombol seperti kancing atau fidget spinner yang berguna untuk pindah dari D,R dan N. Untuk P tinggal pencet tombol diatas. Diatas “transmisi” terdapat tombol “e-pedal” yang cukup mengusik perhatian gue, dan akan dijelaskan nanti.
Pindah ke belakang, tidak banyak hal yang bisa diceritakan, semua normal dengan leg-room yang cukup baik khas hatchback menengah.

Now let’s hit the track

Masuk…
Tekan start/stop button….
Lalu hening….

Tidak ada indikasi suara apapun yang memberitahukan kalau mobil sudah menyala, hanya icon “ready to drive” berbentuk mobil warna hijau di dashboard yang jadi patokan.

Lepas auto park, dan saatnya pun tiba….

Awalnya gue coba membiasakan diri dari rasa menyetir mobil elektrik ini di beberapa meter berjalan, sedikit aneh dan kikuk, karena respon gas (?) yang instant serta absennya suara menjadi hal yang harus dibiasakan. Setelah mulai PD, gue menginjak pedal akselerasi dalam-dalam dan tiba-tiba torsi raksasa 320NM menghempaskan badan dari detik pertama. Well what the f*ck is this!!

Mobil santai saja melewati tikungan pertama seperti layaknya hatchback normal dengan sasis yang mumpuni. Setelah itu terdapat track lurus hampir 1km yang kaki ini rasanya sudah gatal untuk mengulang sensasi pertama tadi.

Injak….wussssss….. Badan terhempas kembali, tanpa sadar sudah melewati 120km/h dalam sekejap, sepertinya 0-100 dibawah 8 detik. Kalau tidak melihat spidometer, gue enggak akan sadar kalau sudah sekencang itu, karena tidak ada suara mesin dan RPM sebagai referensi. Berulang kali gue mencoba rem dan banzai untuk merasakan sensasi tersebut, tidak ada obatnya!!! Darah “petrol-head” saya perlahan berubah jadi “electric-head” hahahaha. Di cruising normal 80km/h kabin terasa sangat senyap, karena suara hanya berasal dari ban dan radio.

Setelah adrenalin normal, gue mencoba fitur lain yang tombolnya menarik perhatian dari pertama, “e-pedal”. Tarik tuas “e-pedal” ke belakang, dan mencoba berjalan. Hmm tidak ada yang berubah, lepas pedal gas, ternyata mobil seperti mendapat efek engine brake yang membuat mobil ini berhenti perlahan dengan lampu rem menyala. Well ternyata gue bisa nyetir dengan menggunakan 1 pedal saja, how convenient, walau prosesnya harus dibiasakan agar tidak kagok.

Well tanpa terasa waktunya sudah habis, dan dengan berat hati gue mengakhiri kencan singkat dengan mobil masa depan ini. Mobil ini akan mengaspal tahun depan, dan kalau di charge di rumah membutuhkan waktu 8-10 jam dari 0 hingga full, atau charger saja setiap malam kalau tidak ingin khawatir kehabisan daya.

Singkat kata, itu adalah impresi gue mencoba mobil listrik yang sangat impressive dari akselerasi, handling, dan kelegaan kabin. Gue berharap aturan mobil listrik dapat membuat harga Leaf menjadi masuk akal dan dapat dinikmati oleh banyak orang, karena sensasinya cukup mind blowing (mungkin agak berlebihan hahaha). and last time... Who said electric car is boring?! Trying is beliEVing....

Bonus: Gue jg test Note e-power mereka sih, ada yang tertarik?

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Wed Sep 11, 2019 13:44
by kunaskun
ninodiablo wrote: Wed Sep 11, 2019 13:16 Awalnya gue coba membiasakan diri dari rasa menyetir mobil elektrik ini di beberapa meter berjalan, sedikit aneh dan kikuk, karena respon gas (?) yang instant serta absennya suara menjadi hal yang harus dibiasakan. Setelah mulai PD, gue menginjak pedal akselerasi dalam-dalam dan tiba-tiba torsi raksasa 320NM menghempaskan badan dari detik pertama. Well what the f*ck is this!!

Injak….wussssss….. Badan terhempas kembali, tanpa sadar sudah melewati 120km/h dalam sekejap, sepertinya 0-100 dibawah 8 detik. Kalau tidak melihat spidometer, gue enggak akan sadar kalau sudah sekencang itu, karena tidak ada suara mesin dan RPM sebagai referensi. Berulang kali gue mencoba rem dan banzai untuk merasakan sensasi tersebut, tidak ada obatnya!!! Darah “petrol-head” saya perlahan berubah jadi “electric-head” hahahaha. Di cruising normal 80km/h kabin terasa sangat senyap, karena suara hanya berasal dari ban dan radio.
wow beruntung banget bisa cobain mobil "antik" ini. yang saya yakin akan banyak dihujat netijen maha benar. sudahlah EV, merek nissan pula... [emo-yesno]

yang saya paling ingat dari kendaran EV ini, saya ada coba skuter listrik di IIMS kemarin. itu skuter amat sangat berbahaya, mestinya dikasi reduction gear atau throttle mesti dikasi range yang jauh, karena kalau di tangan orang indo yang gemar mendekatkan diri ke sang Pencipta maka akan sangat berbahaya untuk sekitarnya. itu throttle salah toel dikit, langsung wheelie, padahal saya beratnya sudah setara 2 karung besar. ga kebayang di mobil gimana :mky_06:

tapi memang bagusnya itu EV disini kan, effortless driving. no turbo lag, no rev, etc. :emo-big_love:

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Wed Sep 11, 2019 13:56
by Herman7103
Baru pertama kali ini saya baca review mobil EV di SM. Nice Review Om, dan saya berharap akan banyak yang review EV di SM.

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 3:32
by ninodiablo
Rasanya memang effortless saat akselerasi, torsi ada dari detik pertama, tp di kecepatan menengah diatas 100km/h mulai rata kurva powernya, jadi enggak ada sensasi boost lagi.

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 4:04
by ddmt
kunaskun wrote: Wed Sep 11, 2019 13:44
wow beruntung banget bisa cobain mobil "antik" ini. yang saya yakin akan banyak dihujat netijen maha benar. sudahlah EV, merek nissan pula... [emo-yesno]
So true :wkkk:

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 4:14
by kunaskun
ninodiablo wrote: Thu Sep 12, 2019 3:32 Rasanya memang effortless saat akselerasi, torsi ada dari detik pertama, tp di kecepatan menengah diatas 100km/h mulai rata kurva powernya, jadi enggak ada sensasi boost lagi.
mostly EV setahu saya gitu. kalau ban besar, bisa dapat top speed lebih jauh lagi tapi ya lebih boros daya tentunya.
problem EV itu sulit untuk dipasang gearbox = mahal banget, gearboxnya mau berapa duit buat nahan instant torque diatas 300 nM gitu :mky_01: jauh lebih mudah mainin input power motor.
ddmt wrote: Thu Sep 12, 2019 4:04
kunaskun wrote: Wed Sep 11, 2019 13:44
wow beruntung banget bisa cobain mobil "antik" ini. yang saya yakin akan banyak dihujat netijen maha benar. sudahlah EV, merek nissan pula... [emo-yesno]
So true :wkkk:
:mky_01:

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 4:54
by Kaleng
mantap betul om. semoga bisa segera meluncur juga biar tambah rame pasar otomotif

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 6:19
by sintoni
Nais ripiu om.

Dari dulu pengen punya mobil EV, apalg gara2 sering liat ripiu Tesla di yutub.

Kapan ya mulai dijual di Indo?

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 7:03
by martinnn
:emo-big_love: Cool ... Car of future

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 7:26
by alexdonovan
ninodiablo wrote: Wed Sep 11, 2019 13:16 -edited

Bonus: Gue jg test Note e-power mereka sih, ada yang tertarik?
Sayaaa... Lebih tertarik sama Note e-power karena bukan plug-in EV

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 8:08
by Zaxis
Semoga aja skema pajak EV berubah
Terus rakit lokal jual harga 400an
Biar kompetitif bisa saingan dgn civic

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 9:08
by ninodiablo
Kaleng wrote: Thu Sep 12, 2019 4:54 mantap betul om. semoga bisa segera meluncur juga biar tambah rame pasar otomotif
Katanya 2020 bakal meluncur, harga blom tau nih...
alexdonovan wrote: Thu Sep 12, 2019 7:26
ninodiablo wrote: Wed Sep 11, 2019 13:16 -edited

Bonus: Gue jg test Note e-power mereka sih, ada yang tertarik?
Sayaaa... Lebih tertarik sama Note e-power karena bukan plug-in EV
E-power menarik, ev tp enggak perlu charger.. hahaha

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 13:55
by skylion
Wuih.. mantap superb reviewnya.
Sangat menarik EV ini.
Tapi buat yg tinggal di apartemen kaya aku mau nyolok dimana. Lebih cocok yg tinggal di rumah landed bukan yg lapis hihi..
[emoji16][emoji41]

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Thu Sep 12, 2019 17:01
by Tats
Setuju sama temen2 di atas
Sy lebih seneng e-power yg masuk indo dibanding ev
Kan kalau mayoritas listrik rumah di bawah 4400 watt
Kurang efektif skr ini pakai full electric car
Kalau mau ga tanggung2 phev sekalian, siapa tau mall2 menyediakan charging station di parkiran

Tapi... kalau e-power perawatannya lebih mahal kah?
Setiap 6 bulan or 1 taun harus service mesin bensinnya lalu setiap (kira2) 5 tahun kan ganti baterai
Biaya perawatannya berlipat ganda demi cons bbm 20-30 km/l?
Apa masih ekonomis?

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Fri Sep 13, 2019 2:13
by alexdonovan
Tats wrote: Thu Sep 12, 2019 17:01 -edited

Tapi... kalau e-power perawatannya lebih mahal kah?
Setiap 6 bulan or 1 taun harus service mesin bensinnya lalu setiap (kira2) 5 tahun kan ganti baterai
Biaya perawatannya berlipat ganda demi cons bbm 20-30 km/l?
Apa masih ekonomis?
Maintain ala genset aja Om. 6 bulan sekali ganti oli sudah cukup. Bahkan fuel requirement bisa jadi cukup pakai bensin terburuk di negeri ini. Menurut saya sih masih worth-it, bahkan jika battery ganti tiap 5 tahun (meskipun ini tergantung usage). Apalagi kalo 1:20 itu angka dalam kota

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Fri Sep 13, 2019 10:32
by ninodiablo
alexdonovan wrote: Fri Sep 13, 2019 2:13
Tats wrote: Thu Sep 12, 2019 17:01 -edited

Tapi... kalau e-power perawatannya lebih mahal kah?
Setiap 6 bulan or 1 taun harus service mesin bensinnya lalu setiap (kira2) 5 tahun kan ganti baterai
Biaya perawatannya berlipat ganda demi cons bbm 20-30 km/l?
Apa masih ekonomis?
Maintain ala genset aja Om. 6 bulan sekali ganti oli sudah cukup. Bahkan fuel requirement bisa jadi cukup pakai bensin terburuk di negeri ini. Menurut saya sih masih worth-it, bahkan jika battery ganti tiap 5 tahun (meskipun ini tergantung usage). Apalagi kalo 1:20 itu angka dalam kota
Yes, karena mesinnya kecil dan kerjanya enggak seberat mesin normal, jadi ganti oli aja cukup. Dan baterai juga karena kecil vs Leaf gantinya enggak akan semahal full elektrik dan kl ky Leaf garansinya smp 8 tahun.

Nanti gue bahas lbh jauh dr first drive Note e-power deh

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Fri Sep 13, 2019 15:34
by Suryaputra
sintoni wrote: Thu Sep 12, 2019 6:19 Nais ripiu om.

Dari dulu pengen punya mobil EV, apalg gara2 sering liat ripiu Tesla di yutub.

Kapan ya mulai dijual di Indo?
Dan biasanya...biasanya yah..
Ditambah... mbl jepang more reliable and robust + instant torque and powah :ngacir:

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sat Sep 14, 2019 1:50
by gust1
Harusnya Ada opsi tanpa genset, jadi bisa pakai merk pilihan sendiri. Bisa pakai 5KVA solar.[emoji16]
alexdonovan wrote:
Tats wrote: Thu Sep 12, 2019 17:01 -edited

Tapi... kalau e-power perawatannya lebih mahal kah?
Setiap 6 bulan or 1 taun harus service mesin bensinnya lalu setiap (kira2) 5 tahun kan ganti baterai
Biaya perawatannya berlipat ganda demi cons bbm 20-30 km/l?
Apa masih ekonomis?
Maintain ala genset aja Om. 6 bulan sekali ganti oli sudah cukup. Bahkan fuel requirement bisa jadi cukup pakai bensin terburuk di negeri ini. Menurut saya sih masih worth-it, bahkan jika battery ganti tiap 5 tahun (meskipun ini tergantung usage). Apalagi kalo 1:20 itu angka dalam kota

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sat Sep 14, 2019 17:24
by geofreyap
Image

Kalo oe pny segway model yg mirip begini, china made, dengan diameter roda besar, berbahan karet, dan bisa di pompa, jadi memang layak turun ke jalanan, bukan sekedar indoor use.

nah waktu oe coba turun ke jalanan komplek, melewati berbagai macam obstacle dengan sengaja, oe puas banget dengan torsinya. :big_exellent:

Di beberapa kondisi oe kira bakal ga kuat maju, ternyata yg terjadi malah kekencengan, karena torsinya guede. :mky_02:

Trus oe sempat berpikir agak oon, "gimana kalo misalnya oe ke kantor naik begituan, dengan safety cukup pakai helm sepeda + masker + kacamata + pelindung lutut, sikut, dkk ?"
Trus cukup pakai backpack + bawa batre cadangan & tools yg diperlukan.
Dan kebetulan depan - belakang ada lampu juga.
:mky_01:

Soalnya bisa cukup kenceng lho.
Bisa hampir 30kph kalo ga salah, sebelum dia otomatis mengaktifkan rem otomatisnya.

Makannya ga heran electric car yg kapasitas volume & output berlipat kali ganda bisa kuenceng banget & dgn mudah asepin ICE powered-car. Apalagi model Rimac. Beuuhhh :big_exellent:


Ngomong² kendaraan heavy duty yg full electric powered apa ya ?
Forklift lotte mart macam gitu full electric bukan sih ?
:big_think:

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sun Sep 15, 2019 2:58
by ZEXELGRIFONE
Nice review om.. ditunggu pembahasan Note e-power nya..

Pernah baca di berita dan liat review yutub, katanya Leaf ini butuh min 4000W buat ngecas.

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sun Sep 15, 2019 3:36
by Tampanman
Mobilnya tenaga listrik, tapi pembangkit listriknya tenaga minyak bumi. Sama aja bohong...

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sun Sep 15, 2019 3:45
by skylion
Tampanman wrote:Mobilnya tenaga listrik, tapi pembangkit listriknya tenaga minyak bumi. Sama aja bohong...
Hahaha
Bener juga

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sun Sep 15, 2019 5:17
by Tampanman
skylion wrote: Sun Sep 15, 2019 3:45
Tampanman wrote:Mobilnya tenaga listrik, tapi pembangkit listriknya tenaga minyak bumi. Sama aja bohong...
Hahaha
Bener juga
Kalau menurut saya di indo ini sebelum menggalakan penggunaan mobil listrik, lebih baik pembangkit listrik dibenahi dulu dengan yang ramah lingkungan. Setelah siap baru dilanjutkan dengan penggunaan mobil listrik..

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sun Sep 15, 2019 7:48
by Shonen
gila gila... cuman denger2 harga tembus 1M lebih.. ya kalo 1M si mending beli luxury car ya dan entah kenapa bangku belakang di EV tu selalu kaya jongkok... di tesla juga liat kaya begitu juga bangkunya...utk skrg kalo ga di subsidi EV masuk kategori luxury car... moga2 pemerintah bisa subsidi sekalian dibagusin bebas ganjil genap dkk...harga wajar si 500jt uda oke lah kalo 1M infra belom ada sape yang mau beli..tempat ngecas di mall2 dibangun jadi semakin mudah...mungkin 10 taon lagi uda merakyat cem ride hailing makin lama makin gede dan bikin orang ketergantungan..mungkin ini juga bisa begitu..ramah lingkungan dan murah..bbm fosil gedein pajaknya jadi mau ga mau orang pake EV..mungkin jekardah ga polusi lagi

Re: [First Drive] Nissan Leaf 2019

Posted: Sun Sep 15, 2019 11:18
by kunaskun
Tampanman wrote: Sun Sep 15, 2019 5:17 Kalau menurut saya di indo ini sebelum menggalakan penggunaan mobil listrik, lebih baik pembangkit listrik dibenahi dulu dengan yang ramah lingkungan. Setelah siap baru dilanjutkan dengan penggunaan mobil listrik..
ini jadi lingkaran setan yang ga ada abisnya. kecuali pindah ke nuklir :mky_08:
menurut saya si, biarpun pembangkit listrik fossil, setidaknya dengan EV, berkurang satu sumber polusi.
https://www.forbes.com/sites/energyinno ... 22fdb971f8
asalkan, barengan dengan PLT non fossiel fuel.

kalau sekarang, paling cepet ya hybrid, tapi ya itu karena govt mikirian batere buat EV, jadinya EV yang dikasih keringanan gede, kalau jadi.