Review: Mercedes-Benz E280 W211 (2009)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 20 Apr 2016, 23:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204
Contact:

Review: Mercedes-Benz E280 W211 (2009)

Post by medkintos » 30 May 2019, 00:40

Halo, setelah lama nggak ngunjungin SM, dan kebetulan lagi gabut, coba ngereview lagi ah.
Sekalian belajar nulis juga buat website, biar enggak caur kalo tiba2 disuruh nulis hehehe

intro.jpg

Background
Sebenernya gue dan babeh dari dulu naksir buat pelihara W211, yang buat gue bentuknya dibanding abang dan adek setingkatnya, W203 dan W220, lebih cakep aja dan proper. Dulu sempet nemu E200, liat harganya wah murah tapi batal karena eks-taksi....

Sampai akhirnya kemaren setelah IIMS main main tuh ke kemayoran liat-liat mobil, dan lagi jalan ketemu sama satu mahluk ini. Tahun masih muda. Langsung liat interior juga kinyis parah, yaudah akhirnya gue dan bokap memutuskan untuk meminang mobil satu ini

Abis itu checkup kan, kaki2 ternyata harus ganti karena oblak yang kiri, pas gue bawa emang bunyi duk duk duk gitu, sekarang udah sehat se sehatsehatnya, jadi mari saya ripiw

Untuk benchmarknya kali ini gue samain sama yang seharihari gue pake, W204 cibo...

Eksterior

IMG_5681.jpg
Seperti yang gue bilang bilang di latar belakang, tarikan W211 secara keselurahan imho pas. Enggak terlalu membulet seperti W220 dan enggak terlalu keliatan cungkring kayak W203

Untuk tipe yang gue ambil ini, yang Elegance, lumayan seksi. Feel sportnya dapet dengan kenalpot kiri kanan dua biji dan velg 17 inci; dan feel “wah” nya juga dapet dengan penempatan chrome yang enggak terlalu rame (sebagai perbandingan, cibo bener-bener chromeless tapi malah suka yang chromeless gini) plus masih grill tanduk alias logo berdiri (karena gue sendiri jujur nggak suka sama grill avangarde yang kurang wah itu)

Lampunya sendiri udah projector xenon, foglamp berfungsi juga sebagai cornering light dan bertabur sensor empat titik di depan dan belakang

Interior dan Printilan

IMG_5693.jpg
Warna interiornya beige ya, baru kali ini sih punya mobil dalemannya warna beginian hahaha. Kabinnya sendiri lega dibanding Cibo, dengan posisi gue duduk nyetir kaki orang masih bisa nyelip dengan nyaman, enggak kayak di Cibo yang harus potong kaki dulu

IMG_5694.jpg
Dan ini Mercedes dengan pengaturan full electric pertama yang menyambangi rumah, dimana GLE bangkunya doang dan Cibo bangkunya juga tapi tanpa elektrik di pengaturan paha sama maju mundur, yang ini bangku sama setir udah elektrik plus udah ada memory seatnya, yang lumayan useful antar gue-bokap-adek yang posisi nyetirnya berbeda. Plus bangku penumpang samping juga kebagian full electric seatnya juga.

Untuk bangkunya sendiri, lebih padet ini dibanding dua itu, kalo kata yang udah naikin sih empuk, tapi kalo buat gue sendiri gue lebih bangkunya Cibo. Gatau kenapa badan gue lebih nyaman disitu dibanding disini...

Stir palang empatnya sendiri gede dan wah, tapi untuk pencet klaksonnya sih gakenak harus setangan di klakson baru bunyi, kalo cibo masih bisa tuh pencet pinggir bunyi.

IMG_5692.jpg
Instrument cluster masih item putih tapi lengkap lah, trus ada jamnya kayak wuling wekekekek :big_peace:

Buat maju mundurnya kebantu sama sensor parkir depan belakangnya, tapi berisik kalo ada motor nyelip

IMG_5686.jpg
Headunitnya sendiri pake yang Audio 20 yang CD + CD Changer, itu tempat ngumpet CD Changernya wah juga ya pencet tombol dibawah tombol hazard terus itu cluster tombolnya naik gitu elektrik.... Suaranya sendiri keseluruhan oke. Sayang belom ada Aux walo udah ada lobang buat nempatin colokannya, soon ditambahin; plus gakada Bluetoothnya, yang sekarang diakalin pake FM Modulator.

AC udah dual zone

Plus ada tuh sunvisor belakang, tapi rusak blom dibetulin...

Headlight udah bisa Auto, which is nice...

Driving Impression
With a great power comes with a great price, dengan mesin M272 dipadu dengan 7G-Tronicnya buat crusing sih termasuk yang enak, suspensinya juga empuk lah buat diperkotaan dan juga jalan jauh

Buat ugal? Masukin ke manual + sport tenaganya dapet dan raungan suara mesin V6nya asik sekali, tapi karena suspensinya keempukan buat gue jadi agak limbung buat nyalip kiri kanan kalo dibanding sama cibo.

Nah tapi ini kenapa gue bilang “with a great price”, average fuel consnya buseeeet itu terakhir liat 1:4,3 untuk dalkot, sama kayak GLE yang enginenya samasama 3.0 V6 tapi tanpa biturbo. Gue gatau sih kalo dibawa dalkot tapi harapan gue harusnya bisa dapet 1:9+ layaknya GLE.

Plus ini mobil udah ada brake holdnya ternyata, enak buat macetmacetan...

Verdict
Siapin budget under 250 juta (kemaren dapet mobilnya 225, plus sisanya buat rapih-rapihin) udah dapet mobil yang comfort dan wah dengan tenaga yang lumayan. Cocok buat weekend car untuk jalan-jalan bareng keluarga kecil atau pacar dan masih bisa nampang lah hahaha

Tapi untuk daily, gue tetep pilih Cibo. Kalo lagi kere, mending setirin HR-V wekekek

IMG_0634.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10

This topic has 16 replies

You must be a registered member and logged in to view the replies in this topic.


Register Login
 
Post Reply