Page 1 of 1

Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sun Oct 21, 2018 4:39
by solar_kerosen
Pendahuluan :
Berhubung mobil tua gue semakin sering penyakitan taft gt dan timor dohc , yg intensnya semakin tinggi dari setiap bulan hingga sampai setiap minggu.

akhirnya dirasa perlu diganti juga dan juga komsumsi bbm keduanya menggila. taft gt 5 km/liter, timor 4 km/ liter inilah akibatnya kedua mobil pernah overhaul mesin pasti ukuran piston oversize dan kegilaan dimulai boros bbm .

Sulit bengkel biasa bahkan beres menyaingi kepresisian mesin baru rakitan pabrik.saya ga rekomen mesin overhaul kecuali untuk dijual lg :mrgreen:

Setelah membandingkan satu sama lain di kelasnya akhirnya ambil AN Ertiga


Exterior
PhotoGrid_1540091820559.jpg
PhotoGrid_1540092341324.jpg








Ukuran bodi kompak sama seperti avanza tp lbh pendek dari lio. lampu dpn mirip dgn inova reborn dan dilengkapi dgn projector lampu dekat pake projector lampu jauh pake projector dan halogen biasa jd dia pake 2 bohlam dalam 1 lampu hingga total 4 lampu mirip seperti inova reborn dan wuling seri tengah dilihat dari samping masih mirip model yg lama . Tsmpak belakang mirip crv baru dan xpander

Interior :

Image



Masuk ke dalam trim gl , tampilan beda jauh dari yg lama dashboard lebih solid dan kokoh mengingatkan bentuk dari punya gnki terlihat kuat . Ke bagian head unit sederhana cuma layar kecil monochrome ga bisa nonton . Ada beberapa printilan yg hilang dari seri lama yaitu cup holder retract yg di kursi depan penumpang ,handle retract di samping penumpang

Drive train (mesin dan transmisi)



Mesin sdh pake yg baru ,nambah dikit Ccnya tenaga naik dari 90 menjadi 103,... ps


Driving impression :

Image

Ini mobil kelas Lmpv jgn berharap banyak , menggunakan trsnsmisi manual tarikan gigi 1 cukup sigap, gigi 2 cukup bertenaga dan gigi 3 buat jarak jauh di kota. jarang gigi 3 karena speed rata" cuma 20-60 km/ jam bagaimana dgn handling stir lumayan ada rasa gue bilang . Lebih responsif dari ertiga lama tp jauh lbh nikmat dari avanza yg hambar stirnya .

cobain narik 80 km/jam body agak goyang tp suara mesin masih halus wajar..... ini mpv low bukan sedan dikasih premium mesin agak getar kayaknya cocok pertamax secara euro 4 spek mesinnya

Kesimpulan :

AN ertiga ini adalah mobil bentuk kompromi antara mpv dan juga sedan, fun to drivenya dpt akomodasi juga dapat .sdh dilengkapi rem abs+ebd serta ac double blower dan murah spare part

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sun Oct 21, 2018 5:05
by marmut
solar_kerosen wrote: Sun Oct 21, 2018 4:39
-

.... inilah akibatnya kedua mobil pernah overhaul mesin pasti ukuran piston oversize dan kegilaan dimulai boros bbm .

Sulit bengkel biasa bahkan beres menyaingi kepresisian mesin baru rakitan pabrik.saya ga rekomen mesin overhaul kecuali untuk dijual lg

-

overhaul mesin gagal penyebabnya cuma 2, mekanik bego, atau pemilik mobil nggak punya duit buat ganti part yang seharusnya diganti.

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sun Oct 21, 2018 6:11
by solar_kerosen
Rusak nih edit post kok jd aneh gini gambar ogah keluar

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sun Oct 21, 2018 8:48
by Bulgogi
solar_kerosen wrote:Rusak nih edit post kok jd aneh gini gambar ogah keluar
Buat thread baru lagi aja om solar, yg ini di hapus [emoji28]

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Oct 22, 2018 8:48
by iwing
edit mulai awal lagi aja om :upss:

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Tue Oct 23, 2018 6:16
by solar_kerosen
Dari pabrik , tekanan ban 38 psi pantas keras bantingan dan tdk rata ada yg 32

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Thu Oct 25, 2018 0:13
by bero89
Bikin trit nya dari aplikasi ya om? Coba lewat website aja deh om, ini kyk ada bugs nya gitu kalo lewat aps, pernah posting malah eror g aturan

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Wed Nov 14, 2018 5:54
by solar_kerosen
20181114_124931.jpg
20181114_125053.jpg
Gak doyan premium mesinnya , stir kerasa getaran dr mesin :off_no:

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sat Nov 17, 2018 12:24
by solar_kerosen
Pake pertalite keiritan cuma naik 0,2 % premium 9,7-9,8 km /liter kl pertalite 9,9-10 km/ liter
20181031_103825.jpg

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sat Nov 17, 2018 14:17
by philosophie
Pake pertalite lebih enak ga om?
Getar2 kyk premium apa hilang sama skali?

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sun Nov 18, 2018 14:35
by solar_kerosen
philosophie wrote: Sat Nov 17, 2018 14:17 Pake pertalite lebih enak ga om?
Getar2 kyk premium apa hilang sama skali?
Hilang getaran stir jd kalem tp lbh oke pertamax sih secara mesin dah pake catalyc dan euro 4

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Nov 19, 2018 13:57
by masel
Nyimak dulu deh, naksir juga si r3 tp liat stoplamp nya agak gimanaaa

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Tue Nov 27, 2018 9:52
by solar_kerosen
Yg mau beli hati " manualnya kl masuk gigi mundur suka error , malah jadi maju , bahaya kl parkir sempit bisa jepit mbl orang atau tembok

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Wed Nov 28, 2018 2:53
by philosophie
solar_kerosen wrote: Tue Nov 27, 2018 9:52 Yg mau beli hati " manualnya kl masuk gigi mundur suka error , malah jadi maju , bahaya kl parkir sempit bisa jepit mbl orang atau tembok
Oli bawaanya diganti aja om.
Jelek jadi susah masuk gigi. Klo ganti 75w-90 hrusnya lancar.
Di ertiga lama soalnya kyk gitu juga. Tp dgnti yg lebi encer jd lancar

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Wed Nov 28, 2018 3:05
by kapsul 97
overall kalau masalah insulasi nya bagaimana Oom..?

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Wed Nov 28, 2018 3:09
by solar_kerosen
kapsul 97 wrote: Wed Nov 28, 2018 3:05 overall kalau masalah insulasi nya bagaimana Oom..?
Sama kaya yg lama , penyakitnya ada 2 nih radio milih" usb sama gigi mundur error kmaren mobil gue sangkut tiang beton

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Wed Nov 28, 2018 3:21
by kapsul 97
solar_kerosen wrote: Wed Nov 28, 2018 3:09
kapsul 97 wrote: Wed Nov 28, 2018 3:05 overall kalau masalah insulasi nya bagaimana Oom..?
Sama kaya yg lama , penyakitnya ada 2 nih radio milih" usb sama gigi mundur error kmaren mobil gue sangkut tiang beton
waduuhh...

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Jan 14, 2019 8:52
by imsan
Ternyata ada reviewnya juga. Maaf ikut ngomporin review, tapi malah ga tau dan ga pernah liat, karena ga nongol update nya di aplikasi. Yang sering muncul malah trit All New Ertiga.

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Jan 14, 2019 9:02
by imsan
Sekalian mau minta bantuan, kalo di plat informasinya tidak ada ukuran tekanan ban standar, sebaiknya gimana ya? Tolong lihat gambar.
Ini wajar? Produk keliwatan? Atau, perlu penjelasan lebih lanjut dari Suzuki?
Apakah di All New Ertiga yang lain memang kosong seperti ini?
Dan, berapa rekomendasi nya ya?

Mohon maaf kalo nge-gas, ini First experience saya. Bahkan gerobak lama saya saja ada, dan baru nyadar ketika mau isi Nitrogen.
DSC_0145.JPG

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Jan 14, 2019 10:16
by solar_kerosen
imsan wrote: Mon Jan 14, 2019 9:02 Sekalian mau minta bantuan, kalo di plat informasinya tidak ada ukuran tekanan ban standar, sebaiknya gimana ya? Tolong lihat gambar.
Ini wajar? Produk keliwatan? Atau, perlu penjelasan lebih lanjut dari Suzuki?
Apakah di All New Ertiga yang lain memang kosong seperti ini?
Dan, berapa rekomendasi nya ya?

Mohon maaf kalo nge-gas, ini First experience saya. Bahkan gerobak lama saya saja ada, dan baru nyadar ketika mau isi Nitrogen. DSC_0145.JPG
Kalo ga lupasaya liat di pintu supir atau pilar b ada tulisannya , 29 psi kl 4 penumpang , kalo 7 penumpang plus barang berat 32-36 psi

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Jan 14, 2019 10:32
by vp920b
Rata aja 33 semua..

Saya pakai ukuran 5 penumpang+barang jd rata 33. So far so good sih mertua punya.

Improvement dari yang lama cukup lumayan..

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Mon Jan 14, 2019 10:54
by imsan
Noted Om Solar, Om Vp
29 dan 32-36
Serta 33 rata. Nanti dicoba.
Jawaban masih bervariasi, Halo Suzuki 30 Psi front, 35 Psi rear.
Teknisi via sales, nulisnya 30-32 kpa. Trus, ta komplain bukan Psi, berubah jadi Psi, kpa lebih besar satuannya. [emoji22]

Saya sebetulnya ga mau neko2, kalo ada yg standard, saya ikuti. Nah, di buku bilang lihat plat, di plat malah kosong. [emoji27] [emoji27]

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Tue Jan 15, 2019 5:28
by liemivan86
imsan wrote:Noted Om Solar, Om Vp
29 dan 32-36
Serta 33 rata. Nanti dicoba.
Jawaban masih bervariasi, Halo Suzuki 30 Psi front, 35 Psi rear.
Teknisi via sales, nulisnya 30-32 kpa. Trus, ta komplain bukan Psi, berubah jadi Psi, kpa lebih besar satuannya. [emoji22]

Saya sebetulnya ga mau neko2, kalo ada yg standard, saya ikuti. Nah, di buku bilang lihat plat, di plat malah kosong. [emoji27] [emoji27]
Setau saya, tekanan ban itu di Sticker di pintu mobil Om. Bukan di plat nomor chassis itu.. Coba cari di pintu lainnya..

Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective

Posted: Sun Jan 27, 2019 14:42
by Pboyz97
Nice review om, ertiga ini memang lebih mewah secara desain, namun sayangnya ada beberapa fitur yg di downgrade , misalnya foglamp yg sblmnya ada di ertiga GL gen sblmnya, malah dihilangkan di AN Ertiga ini