Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by qushay20019 »

Jadi ceritanya di keluarga ane, ane kebagian ngerawat 2 Honda dari 2 jaman dan “aliran” yang sangat berbeda. Di satu sudut ada BRV E MT berusia 1,5 tahun, di sudut lain ada City GD8 MT 10,5 tahun. Ane sempat bawa BRV itu kira2 setahun (user experience nya udah ane posting di viewtopic.php?t=26633).

City dulu dipake sama nyokap, trus bokap, trus adek ane. Waktu adek ane masih hamil muda, tuh City masih dipake wara wiri sama dia, ke kantor lah, ke mall lah, dll. Pas hamilnya udah gede, dikandanginlah tuh City selama hampir 1 tahun. Adek ane tinggal sama ortu sementara ane sendiri sama mertua. Bokap ane yang ngerawat City & mobil lain di keluarga sementara ane yg ngurus BRV.
City ane dengan water mark jorok yg blum sempat dipoles
City ane dengan water mark jorok yg blum sempat dipoles
Singkat cerita, suatu hari di akhir 2017, ane menemukan si City di garasi dalam kondisi yang gak ane sangka2. Dari sisi mobil kecium bau gak enak. Pas ane iseng buka kap mesin, TIKUSSSSS yang lagi nyamar jadi anak kucing lompat dari dalam engine bay. :shocked!: Haddeeeehhh,… panjang nih urusan. Ternyata tuh mobil cuma dipanasin di garasi sama bokap tanpa pernah dipake selama berbulan-bulan. Alasannya bokap males bawa sedan & lebih milih bawa Papanja butut gen.1 nya sementara nyokap bawa Mazda2 nonsky. Ane jujur rada sewot sama bokap gara-gara ini. Dulu waktu ane masih kecil, bokap dapet Corolla jebot mobdin plat merah yang gak dirawat sama sekali sampe jadi besi tua di halaman tetangga. Bokap emang kurang suka ngerawat mobil jadi ane parno jangan sampe ada mobil yang digituin lagi sama bokap. :off_no:

Jadi ane mutusin ngambil tuh City dan nyimpen BRV. Dari situlah rentetan PR mulai ane kerjain satu2 yang sampe hari ini masih nggak kelar2.

PR 1: THE ELEPHANT IN THE ROOM eh… THE RAT IN THE ENGINE BAY
Ane udah khawatir ada kabel ato selang apa kek yang putus. Tapi sebelum dibawa ke BERES, ane tengsin juga sama mekanik kalo sisa2 kehidupan si tikus gak dibersihin dulu. Jadi City ane bawa dulu ke bengkel detailing langganan. Setelah ½ hari dan 500 ribu lewat, engine bay udah hampir gak bau2 lagi. Untungnya kabin sama kabel2 penting gak dijamah sama di Mickey setan…
engine bay udah lumayan bersih & berjejak si miki lagi
engine bay udah lumayan bersih & berjejak si miki lagi
PR 2: THE NOISY FEET (PART 1)
Pas ane bawa buat bersihin dari sisa tikus, sepanjang jalan ada dengungan dari belakang. Ane gak tau apa2 soal mobil krn waktu itu blum join di SM. Jadinya ane bawalah ke beberapa bengkel luaran. Diagnosis pertama ban belakang benjol. Emang sih, ban belakangnya udah 10 taun dipake dari baru sementara ban depannya baru ganti tapi ukurannya belang ama belakang. Jadi standarnya 185-55-R15, trus diganti pake 195 50 R15 di depan. Ane bingung, kok nungging gini, mana aslinya nih mobil udah nungging dari orok lagi… Jangan2 kombinasi kedua kelainan ini yang bikin dengung.

Jadinya ane coba ganti ban dulu. Ane pecahin celengan babi ane trus ganti 4 ban pake Turanza AR20 ukuran standar di keempat bannya. Mahal emang, tapi ane pikir AR20 standarnya aja awet dipake 10 taun, jadi ya udahlah, toh ane emang mentingin durabilitas. Ban 195 nya meski masih baru 1 taun, ane sumbangin aja ke tetangga yang lagi BU biar dia yg jual. Naah, pas di ganti ban inilah mulai ada titik terang. Ternyata bearing roda belakang yang udah harus ganti soalnya pas roda diputar pake tangan, terasa geter sampe shock-nya. Ane gak ada kenalan montir jadi mau gak mau ke BERES lah ane. O ya, ganti 4 AR20 + balancing + spooring + nitrogen ane abis 4.5 jeti.
ban baru di velg lama yg grepes2
ban baru di velg lama yg grepes2
Pas nyampe di BERES, ane ceritalah segala keluhan yg ane tau & diceklah tuh mobil. Selama ini bokap ane emang taunya bawa nih City ke BERES tempat belinya. Jadi dengan riwayat tersebut + keluhan terakhir, sama SA disaranin ganti bearing roda belakang 1 pasang, sekalian ganti oli perseneling karena katanya emang udah waktunya ganti. Ya udah ane iyain aja. Jadi di BERES totalnya mati 4.8 jeti lagi duit ane.

Melihat biaya jasa di BERES yg nggak masuk akal, ane putusin ganti2 oli di bengkel luaran aja deh. Ane mulai tanya kanan kiri bengkel mana yg kerjanya rapi & biayanya terjangkau. Ane cobalah salah satu bengkel tersebut buat ganti oli mesin sama coolant. Ane beli Amsoil Signature Series karna pada titik ini ane udah mulai baca2 trit di SM & langsung keracunan parah, hehehe. Jadinya digantilah oli mesin sama coolant yg ane beli di Beres. Pas udah diganti, gak taunya sekitar 4-5 kilo dari bengkel itu tau2 ngasep mobil ane, overheat. Ane telponlah, mekanik yg tadi ngerjain, namanya Pak A. Ternyata kurang coolant yg masuk. Di buku manual minta 4 liter lebih, sama dia cuman dimasukin 2 liter… ya ngaseplah tuh mesin. Kipas radiator juga gak nyala2. Gara2 ini rencana ane buat ngehindarin BERES gagal deh, soalnya mekanik ini ngarahin ane balik ke beres. Di beres dicek, ternyata sensor ECT (engine coolant temperature) longgar doang, jadi gak ada yg perlu diganti. TAPIIII yang namanya BERES, tetap aja ane disabet 73 rebu…
Hadeeuhh…

PR 3: THE SIMPLE ONES
Ada PR kecil2 yang ane kerjain sendiri, macem ganti karet wiper pake yg silikon (350rebu sepasang) , beliin toolset yang kurang2 (300rebu) , pesenin tutup towing depan yg ilang (100rb), gitu2 deh. Ane juga bawa ke bengkel detailing langganan buat interior cleaning mulai dari bawah sampe headlining dibersihin semua (800rebu). Fan belt yang udah mulai berdecit sama AC yg mulai gak dingin juga ane serahkan ke bengkel luaran lain (ane kapok ama yg sebelumnya) jadi fan belt diganti, evaporator AC dicuci (total 950 rebu).
karet wiper udah ganti pake yg silikon beli di ACE. Yg kanan gak ganti frame krn waktu itu ane blom tau caranya. Pas yg kiri ternyata gampang bener...
karet wiper udah ganti pake yg silikon beli di ACE. Yg kanan gak ganti frame krn waktu itu ane blom tau caranya. Pas yg kiri ternyata gampang bener...
korban windshield baret gara bokap & adel males ganti wiper
korban windshield baret gara bokap & adel males ganti wiper
PR 4: THE NOISY FEET (PART 2)
Naah, pada tahap ini ane yang tiap hari log in ke SM udah mulai ngerti cara diagnosis masalah mobil dikit2. Ane ngerasa kakinya glodakan banget kalo jalan gak supermulus jadi ane curiga ke shockbreaker. Pas ngecek riwayat penggantian shock di BERES, ternyata gak pernah ganti sejak baru. Ya ampuun, bokap ane bener2 tau beres selama “ngerawat” nih mobil…
Jadi sekalian ane suruh periksa semua kaki2, sama sistem rem sekalian. Diagnosis: shock depan mati semua, lower arm musti ganti, tie rod sama long tie rod juga musti ganti. Oli rem musti ganti. AC harus diservis. Total DC: 12.1 jeti. Bangkrut gila ane…

PR 5: THE INCOMPETENT AC JOB
Untuk sementara ane gak mau nyentuh kaki2 dulu. Trauma ane. Trus AC yang ane pikir bakalan dingin krn udah di”servis” sama “beres” (baca: beres-engsek) tetep AC panas. Ane gambling lagi nyari bengkel AC yang kompeten. Akhirnya ketemu 1 deket rumah. Mekaniknya opa2 udah 60 taun sekaligus yg punya bengkel. Dia ngerjain AC mobil sama bis juga, jadi ane pikir harusnya bagus nih kerjaannya Jadi ane dateng tuh jam 8 pagi si opa blom selesai mandi (bengkel sekaligus rumahnya sih). Seharian dikerja, ternyata freon kurang, oli kompresor kurang, filter dryer harus ganti krn gak pernah ganti dari baru. Eeh, pas dryer mo dilepas dari kondensor, gak bisa2. Si opa sama 2 anak buahnya udah keringetan. Janji2 3 jam selesai total malah 6 jam dikerja, soalnya harus buka bemper depan buat ganti dryer sekalian kondensor, sama expansion valve. Si opa ngecas ane 2.6 jeti. AC beneran dingin sih, dan ane jauh lebih seneng “buang duit” 2.6 jeti tapi dingin daripada beres-engsek yg makan 1.1. jeti ane tapi yg dikerjain cuma nyuci blower sama evaporator…

PR 6: BODY
Satu yang bikin ane gendek banget sama perilaku bokap soal perawatan mobil tuh soal risiko karat. Jadi garasi rumah ane semi open krn ada atap tapi dinding samping terbuka jadi kalo ada ujan pasti mobil basah semua. Nah, menurut bokap gak papa tuh garasi kayak gitu. Gak papa tuh mobil basah kena ujan trus dibiarin aja kering sendiri, toh gak kelur rumah ini. Gitu logikanya… Hadeuuh…. Pas ane ngecek bener bodi mobil, korban perilaku bokap tersebut adalah pintu belakang kanan sisi dalam yang gak pernah dikeringin akhirnya mulai retak2 & ancur sedikit demi sedikit gara2 rembesan ujan yg turun lewat kaca jendela masuk ke sisi dalam pintu keluar lagi lewat lubang di bawah. Selain itu, atap mobil & bagasi ada penyok2 mini tapi banyaaak banget. Penyok mini ini gak sampe ngerusak cat sih, tapi keliatan banget kalo mobil baru dicuci. Ane curiga kucing suka mendarat di atap & kap bagasi sampe banyak penyok mininya.
kumpulan minus bodi sebelum dirapiin satu2
kumpulan minus bodi sebelum dirapiin satu2
Akhirnya ane browsing lagi dimana bengkel body repair yg gak mahal2 amat. Akhirnya ane nemu, ane bawa, & didiagnosis perlu repaint 6 panel: bemper depan, bemper belakang, pintu 2, sama quarter panel 2. Setelah 2 minggu lewat, ane liat hasil kerjanya yah lumayanlah buat 3.5 jeti duit ane. Hasil2nya gak sesempurna yg ane mau, tapi minimal bocel2 yg paling parah udah tertangani.
pasca repaint awal
pasca repaint awal
not bod for a 10 year old sedan
not bod for a 10 year old sedan
PR 7: SMELLY BRAKE, BROKEN ME
Pada titik ini ane udah mulai muak ngurus nih mobil. Tapi suatu pagi pas ane baru nyampe kantor, ane nyium bau kampas kebakar. Perasaan ane tadi nyetir nyante banget, tapi baunya jelas sangit kampas kebakar. Ane kelilingin si neng City, trus baunya dari ban kanan belakang, Ane pegang ban, oucchh panas banget sementara 3 ban lagi normal. Ane ke beres lagi deh…
Diagnosis: piston rem lengket. Harus ganti piston rem sama karetnya. Trus ditemukan rembes oli dari sisi mesin sama perbatasan mesin & transmisi. Saran: ganti 2 seal oli (seal panggung ama seal bulan) sama lem ulang bak oli mesin (carter oli). Ya udah, ane udah males nego. Kerjain aja dah semua. Total DC: 3.1 jeti. Yang bikin mahal gila: jasa ganti seal panggung 1.1 jeti (katanya gara2 harus turun transmisi) sementara sealnya sendiri 200 rebuan doang. Ampuuun, ampuuun…


Inilah PR terakhir yang ane kerjain di nih eneng tua. Semua tabungan ane juga udah ludes des des. Di tabungan ane tersisa duit beli bensin doang. Ane udah pinjem duit tabungan istri belasan juta lebih buat ngedanain grobak ane. Bokap ane bantu nalangin 10.8 jeti. Bokap bantu nalangin sekitar 10.7 jeti dari grand total 34.3 jeti. TIGA PULUH EMPAT JUTA RUPIAH MAAAANNN!!!!!!

Niat ane pelan2 mo bikin nih mobil jadi 100% factory standard trus gak dijual sampe nih mobil umurnya kepala 3. Soalnya ane paling seneng liat Civic bangkotan taun 70an di ol-eks, apalagi yg emblem2nya masih utuh & velg nya masih OEM.

Masih banyak PR yang nyisa:
- ganti kaca film yg udah mulai gak kuat nahan panas. Aslinya V-Kool. Mo pake V-Kool lagi 6 juta. Itu 2x gaji ane..
- ganti shock belakang. Masih glodakan. 1 Shock 800an rebu yg asli Ahond. Estimasi biaya + jasa 2 juta
- ganti lampu tombol AC. Nyari2 di toped 200 rebu. Sama ongkir ya 250-300 rebu lah.
lampu tombol AC gak nyala. Not a major issue sih, tapi...
lampu tombol AC gak nyala. Not a major issue sih, tapi...
- total body repaint buat ngilangin penyok2 kecil. Kalo di beres 16 jeti. Kalo di bengkel bodi sebelumnya 13 juta. Still waaaay beyond my budget.
- karpet beludru asli Ahond 250an rebu di toped.
- ganti karpet dasar, karet lis2 jendela, trim2 plastik interior yg bocel2: ??? jeti. Masih gelap
central lock ngelupas. Kayaknya susah nih cari gantinya
central lock ngelupas. Kayaknya susah nih cari gantinya
- ganti velg OEM nya, 6 palang double spoke. Blum tanya harga di Ahond. Kalo bekasan 2-4 juta/ 4 biji.

----
EPILOG (untuk saat ini...)
Kalo ente2 nanya, apakah layak ngerawat sebuah sedan 10 taun yg gak keren2 amat & gak kenceng2 amat (ini City manual, bukan Civic FD2R sodara2), maka jelas jawabannya:

T E R G A N T U N G

Kenapa ane bilang tergantung? Soalnya bagi ane layak, makanya ane bela2in kerja ini semua. Kalo buat ente mungkin gak layak. Kenapa bagi ane layak? Karena meskipun ngelawan semua logika, ini urusan emosi, man.

Ane gak pernah nyetir sampe 160 kph selain di mobil ini.
Ane gak pernah nyari2 alasan keluar rumah biar bisa nyetir selain bawa mobil ini.
Yang namanya fun to drive ane dapetin di mobil ini.
Dan yang paling penting, ane dianter kawin sama bokap nyokap ane pake mobil ini. Taun 2011 Desember tanggal 10 pagi, bokap ane jadi sopirnya nih City, nyokap di sampingnya, ane di blakang sendiri pake baju manten dengan penuh keharuan. Saat orang2 dianter manten pake limosin, pake mersi, pake mobil mentereng/ unik sana sini, ane dibawa sama ortu ane sendiri pake mobil yang mereka beli cash pertama kali. Pake sedan pertama (dan mungkin terakhir) di keluarga ane. Sedan yg ane tabrakin ke tiang rambu pas mundur di kantor nyokap beberapa minggu sebelumnya gara2 kurang konsen & kurang tidur ngurus ini itu acara pernikahan.

Jadi itulah sodara2. By any logic, spending 30+ million on a 10 years old entry level sedan is utterly irrational. Tapi nilai kelayakan itu gak bisa selalu pake logika.

That's my story with the City VTEC MT 2007. Thanks for reading this far.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by ChZ »

Jadi itulah sodara2. By any logic, spending 30+ million on a 10 years old entry level sedan is utterly irrational. Tapi nilai kelayakan itu gak bisa selalu pake logika.


I truly appreciate this, di saat di kamar sebelah ada yang bilang "mobil kok disayang, bini disayang" - ya why not both? Ternyata masih nggak sedikit orang - orang yang punya "niat" seperti ini... ngerawat mobil yang kadang dipandang "mobil begini aja kok ngerawatnya gitu amat"

Bener oom... gak peduli mau mobilnya agya atau mercy atau lamborghini, kalo udah punya sentimental value ya pasti dirawat sebaik mungkin... hehehe... gak cuma mobil mewah yang layak dirawat, banyak yang meskipun mobil entry level masih dirawat dengan baik karena punya sentimental value tinggi. Misal mobil pertama hasil keringet sendiri yang sayang banget mau dijual...
Ane gak pernah nyari2 alasan keluar rumah biar bisa nyetir selain bawa mobil ini.
Yang namanya fun to drive ane dapetin di mobil ini.


Yang bagian ini mirip ane banget... selalu cari-cari alesan supaya bisa bawa civic... :mky_01: dan suatu kesenangan tersendiri sebagai moderator dan aktivis di SM kalau forum SM bisa bawa manfaat dan menularkan enthusiasm buat oom ngerawat City "tua" nya... jadi dapat banyak referensi kan :mky_01:

Lanjutkan oom restorasi nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by qushay20019 »

ChZ wrote: 07 Jul 2018, 21:53
Jadi itulah sodara2. By any logic, spending 30+ million on a 10 years old entry level sedan is utterly irrational. Tapi nilai kelayakan itu gak bisa selalu pake logika.


I truly appreciate this, di saat di kamar sebelah ada yang bilang "mobil kok disayang, bini disayang" - ya why not both? Ternyata masih nggak sedikit orang - orang yang punya "niat" seperti ini... ngerawat mobil yang kadang dipandang "mobil begini aja kok ngerawatnya gitu amat"

Bener oom... gak peduli mau mobilnya agya atau mercy atau lamborghini, kalo udah punya sentimental value ya pasti dirawat sebaik mungkin... hehehe... gak cuma mobil mewah yang layak dirawat, banyak yang meskipun mobil entry level masih dirawat dengan baik karena punya sentimental value tinggi. Misal mobil pertama hasil keringet sendiri yang sayang banget mau dijual...
Ane gak pernah nyari2 alasan keluar rumah biar bisa nyetir selain bawa mobil ini.
Yang namanya fun to drive ane dapetin di mobil ini.


Yang bagian ini mirip ane banget... selalu cari-cari alesan supaya bisa bawa civic... :mky_01: dan suatu kesenangan tersendiri sebagai moderator dan aktivis di SM kalau forum SM bisa bawa manfaat dan menularkan enthusiasm buat oom ngerawat City "tua" nya... jadi dapat banyak referensi kan :mky_01:

Lanjutkan oom restorasi nya.
Thanks mod Chris, ane jadi semangat lagi nih ngemodalin si eneng, hehehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by ChZ »

qushay20019 wrote: 07 Jul 2018, 22:19
Thanks mod Chris, ane jadi semangat lagi nih ngemodalin si eneng, hehehe
Yup om, tetap mobil semurah apapun kalo terawat itu enak ngeliatnya :mky_01: pake nya juga seneng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
razorus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 13 Jun 2015, 17:40

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by razorus »

Nice review and story oom :big_exellent:

Moga tetep di keep oom city nya,
Cuekin kalau ada yang bilang aneh-aneh
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 21 Jan 2018, 07:12

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by Jailanijailani »

Kalo emang masih niat ngerawat sampe usia mobil kepala 3, ada baiknya diberi anti rust protection macam ziebart gitu om
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by fl4b1e »

Waduh.. keren banget reviewnya
sangat terharu.. jadi inget pengalaman saya hingga 2014 merawat City Z bokap tahun 2001 yang saya ambil alih sejak 2011.

Sudah habis dana 25 jutaan tuk restorssi mobil kayak TS, kaki-kaki, cat, ganti kopling, dll.

Ketika suatu kali ane ditagih lagi masalah kaki2 yg ringkih dan steering rack yang bakal habisin dana 12 juta, ane putuskan jual neng city tersayang rp 65 juta tuk dijadikan dp mobil saya sekarang.

Padahal tuh mobil dah nemenin saya dari pacaran sampai nikah; dan ngajarin istri nyetir mobil.. sedih rasanya ketika jual mobil ini.

Ksdang faktor emosi tdk bisa dinilsi dengan uang..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by sintoni »

Salah satu user experience terhadap mobil palng bagus yang pernah ane baca om di seluruh milis atau forum.

Bahasanya simpel tapi dapet banget emosi sama feelingnya om.

Ane doain si Siti ga rewel lg om.

Oh ya om, ane penasaran ortu ente itu jadi ga pernah servis atau ganti parts sama sekali sebelum ente rawat om? Oh ya ini Siti sudah jalan berapa odometernya om?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by qushay20019 »

Jailanijailani wrote: 07 Jul 2018, 22:48 Kalo emang masih niat ngerawat sampe usia mobil kepala 3, ada baiknya diberi anti rust protection macam ziebart gitu om
Oiya ya, tambah 1 lagi nih PR nya, hehehe
fl4b1e wrote: 07 Jul 2018, 22:59 Waduh.. keren banget reviewnya
sangat terharu.. jadi inget pengalaman saya hingga 2014 merawat City Z bokap tahun 2001 yang saya ambil alih sejak 2011.

Sudah habis dana 25 jutaan tuk restorssi mobil kayak TS, kaki-kaki, cat, ganti kopling, dll.

Ketika suatu kali ane ditagih lagi masalah kaki2 yg ringkih dan steering rack yang bakal habisin dana 12 juta, ane putuskan jual neng city tersayang rp 65 juta tuk dijadikan dp mobil saya sekarang.

Padahal tuh mobil dah nemenin saya dari pacaran sampai nikah; dan ngajarin istri nyetir mobil.. sedih rasanya ketika jual mobil ini.

Ksdang faktor emosi tdk bisa dinilsi dengan uang..
Iya om, udah sering ane nemu kasus orang nggak mau jual mobil lama yg biaya rawatnya udah melebihi harga beli mobil baru. Semuanya krn pertimbangan lain, bukan finansial semata2
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by liemivan86 »

Cerita nya bertolak belakang sm saya nih.

Saya waktu perlu perbaikan kaki2 dan ac pajero sport dengan perkiraan biaya 10-15 juta, saya putuskan jual aja. 10-15 juta lebih baik untuk cicil mobil baru aja. Tapi memang ini mobil yang sama sekali tidak ada sentimental value nya..

Dan tetap, saya salut sm TS buat ketelatenan nya merawat mobil tua. Lanjutkan Om, tapi jangan lupa, akal sehat dan kalkulator juga harus tetap dipakai. Soalnya saya uda pengalaman banyak banget merawat mobil tua ortu dulu, dan kadang kalo sudah benar-benar jadi beban, mau gimana pun harus dilepas, daripada malah membebani keuangan keluarga.

Kecuali kalo memang uang nya sudah tidak pakai seri ya..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by maastricht889 »

Mungkin orang2 ada yg bakal nyinyir kl om pake city ini, yg mereka pikir mungkin tuwir lah, jelek. Cuman kl city ini udah pernah punya kenangan, nyinyiran itu sih ndak ada artinya om. Ini user experience pertama yg ndak neko2, tp intinya dapet banget. Sama yg saya rasain sekarang juga, mobil2 yg dipake saya sendiri sm ortu di rumah jg nyimpen banyak cerita, dari ditipu bengkel resmi sampe akhirnya mudeng cara ngerawat sama sistem mekanikalnya. Sampe akhirnya sy mutusin ndak cari2 mobil pengganti yg sekarang dipake.

Mau mobilnya kuno/butut/mogokan, tapi kl ada sentimental value dah pasti bakal jadi istri/anak kedua
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by qushay20019 »

sintoni wrote: 07 Jul 2018, 23:13 Salah satu user experience terhadap mobil palng bagus yang pernah ane baca om di seluruh milis atau forum.

Bahasanya simpel tapi dapet banget emosi sama feelingnya om.

Ane doain si Siti ga rewel lg om.

Oh ya om, ane penasaran ortu ente itu jadi ga pernah servis atau ganti parts sama sekali sebelum ente rawat om? Oh ya ini Siti sudah jalan berapa odometernya om?
Many thanks buat doa & support nya om toni. Skarang km 77 ribu mau 78 ribu.

Jadi nih mobil bukannya gak dirawat ama bokap, cuman perawatan sekedarnya aja. Oli mesin ganti pake ori Honda mulu, ban depan sempet ganti meski salah ukuran, airbag juga udah ganti.

Maksud ane gini: kalo SA nanya pas servis rutin kan cuma: “ada keluhan gak pak? O gak ada ya, ya udah servis rutin aja ya...”
Naah bokap ane awam betul soal mobil, jadi kalo ditanya keluhan sih jawabnya selalu “masih enak kok bawanya” padahal bearing roda udah aus berat, misalnya, ato AC yg harusnya tambah freon tiap brapa taun gak pernah di cek. Apalagi kalo di beres kan kita dilarang nongkrong disamping mobil
liemivan86 wrote: 07 Jul 2018, 23:32 Cerita nya bertolak belakang sm saya nih.

Saya waktu perlu perbaikan kaki2 dan ac pajero sport dengan perkiraan biaya 10-15 juta, saya putuskan jual aja. 10-15 juta lebih baik untuk cicil mobil baru aja. Tapi memang ini mobil yang sama sekali tidak ada sentimental value nya..

Dan tetap, saya salut sm TS buat ketelatenan nya merawat mobil tua. Lanjutkan Om, tapi jangan lupa, akal sehat dan kalkulator juga harus tetap dipakai. Soalnya saya uda pengalaman banyak banget merawat mobil tua ortu dulu, dan kadang kalo sudah benar-benar jadi beban, mau gimana pun harus dilepas, daripada malah membebani keuangan keluarga.

Kecuali kalo memang uang nya sudah tidak pakai seri ya..
Iya om, sepakat ane kalkulator harus nyala terus. Ane malah excel gak pernah ditutup dari laptop krn tiap ada bon dari si City, pasti ane catet serapi2nya buat arsip data & perbandingan harga barang & jasa dari beberapa vendor.

Duit ane emang gak ada serinya om, soalnya udah ilang diserap mobil smua, hahahaha. Dua mobil terjadul di keluarga ane: City ini sama Avanza gen 1 yg dibawa bokap kalo ditotal udah bisa beli motor 4 ekor. Kedua mobil ini gak boleh dijual ama bokap & nyokap ane, padahal bokap juga udah pensiun jadi pemasukan beliau udah gak seperti dulu lagi. Makanya ane suka boong kalo bon di atas 5 juta ane laporin 5 juta aja ke bokap buat direimburse ama beliau. Kalo di bawah 5 juta ane coba tanggung sendiri sedapetnya
erwinign wrote: 07 Jul 2018, 23:40 Mungkin orang2 ada yg bakal nyinyir kl om pake city ini, yg mereka pikir mungkin tuwir lah, jelek. Cuman kl city ini udah pernah punya kenangan, nyinyiran itu sih ndak ada artinya om. Ini user experience pertama yg ndak neko2, tp intinya dapet banget. Sama yg saya rasain sekarang juga, mobil2 yg dipake saya sendiri sm ortu di rumah jg nyimpen banyak cerita, dari ditipu bengkel resmi sampe akhirnya mudeng cara ngerawat sama sistem mekanikalnya. Sampe akhirnya sy mutusin ndak cari2 mobil pengganti yg sekarang dipake.

Mau mobilnya kuno/butut/mogokan, tapi kl ada sentimental value dah pasti bakal jadi istri/anak kedua
Yg nyinyir sih ane gak pernah peduli om, cuman yg nipu2 alus itu paling bikin ane emosi. Jadi skarang ane masih bgantung ama beres ahond kota ane demi nyari sparepart ori. Kalo nyari sparepart murah di toped/ buklap/ gitu2 sih banyak, cuman ane tinggal di luar jawa (Makassar) jadi susah buat konfirm keaslian barang. Mo komplen/ refund juga bikin repot lagi, minimal abis waktu & pikiran buat ngirim barang balik. Blum kalo ketemu barang palsu tapi harga seharga barang ori,, ini yg paling ane ngeri dah.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: 26 Aug 2012, 19:36
Location: Riau
Contact:

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by grandis_GT »

Mantappp , emang ada kepuasan tersendiri om ngerawat mobil yg ada faktor emosional nya dengan kita.
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by P47hos »

Nice review om. Setelah baca ini jd ingat merawat mobil sy Livina x gear 2008, Klo ditotal2 buat ngebenerinnya dah habis banyak jg.. tp karena byk kenangan masih sayang dijual meskipun sudah TD beberapa kandidat pengganti. Btw saran sy tetep cri bengkel yg bisa terpercaya karena Klo mengandalkan BERES pasti terlalu mahal. Sy yg posisi di Kalimantan aja hrs trial and error k beberapa bengkel disini sampe akhirnya dpt 1 bengkel yg Klo diliat tidak bonafit tp ternyata mekanik nya berpengalaman (cukup berumur) dan biaya jasa yg tidak terlalu mencekik.
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 24 Jun 2011, 13:40

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by andisyah »

Mantab om....kenangan mah ngak bisa diukur dengan apa mobilnya...

Om mending pake Honda City, lah ane H miring.. Avega... tapi itu tadi..banyak kenangannya
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: 29 Nov 2012, 12:58
Location: Malang city

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by jar-jit-no »

Salute buat om ts dan bini

Memang kalau ada nilai sentimentalnya harus dirawat terus nih mobil. Semoga masih kuat beresin semua pr nya ya om ts

Padahal Dulu ane waktu piara cielo kena vonis kompresor ac harus ganti dan kena 4,5jt aja bini udah mencak2 dan minta jual..akhirnya jual dah..haha
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by Joehard30 »

Jadi inget ada om yg melihara kijang nusa 89, tu om oe anaknya 3 cew semua, n dia satu2 orang yg bisa nyetir, mana kaki kirinya hbis patah gara2 kecelakaan. Jd krn udah ada mobil perang lain, si boil tu d suruh jual sama istrinya biar g menuhin2 halaman n g ngerepotin om oe, tp kekeh g mau jual krn nilai historisnya, emang boil pertama sih. Oe pernah setirin tu boil, eh kata si om oe kaya orang belajar nyetir, padahal tu mobil yg udah ketuaan, rem nya berasa serem ngeloyor parah 😩

Si om beda banget sama bokap d rumah, kl dah gedek sama barang besok nya kudu ilang dr rumah selaku2 nya, jd inget mobil pertama oe latian nyetir katana corsica 89, tuh mobil kenangan banget, eh tiba2 oe pulang udah ilang aja tuh boil, cm di jual laku 18 juta apa 😥
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
Abangaja
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: 18 Mar 2017, 21:15

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by Abangaja »

Wah baca ceritanya jadi ikut kebawa emosi sentimentilnya, kebetulan saya pernah punya City Idsi 2003 biru, Mobil pertama yg dibeli pake duit sendiri, dicueikin sales Karena saya masuk showroom naek motor, akhirnya SPK Sama temennya yg ramah ladenin sy. Ini mobil enak walaupun bentuk nya banyak orang bilang jelek,keliatan nungging.
Ga peduli mobil Mahal atau murah, Mobil sejuta umat atau Mobil jarang dilihat dijalanan, kalau ketemu pemilik yang telaten ngerawat pasti keliatan terawatnya.
Kadang kenangan itu Susah diukur dengan uang om
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by alvin23 »

mantap om, semangat

susahnya melihara mobil tua soalnya keluar duit cash buat servis2, sementara mobil baru yang depresiasinya lumayan kan ga langsung bolongin dompet hari ini juga, baru nanti pas mau dijual haha.

pasti om skrg udah jauh lebih pintar tentang mobil, dan lama2 seneng sama mobil bekas deh, ngurus mobkas umur 3 tahun jadi gampang banget kl ud experience kyk om
Rocky R ADS CVT 2021
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by VIPSERIES »

ChZ wrote: 07 Jul 2018, 21:53
Jadi itulah sodara2. By any logic, spending 30+ million on a 10 years old entry level sedan is utterly irrational. Tapi nilai kelayakan itu gak bisa selalu pake logika.


I truly appreciate this, di saat di kamar sebelah ada yang bilang "mobil kok disayang, bini disayang" - ya why not both? Ternyata masih nggak sedikit orang - orang yang punya "niat" seperti ini... ngerawat mobil yang kadang dipandang "mobil begini aja kok ngerawatnya gitu amat"

Bener oom... gak peduli mau mobilnya agya atau mercy atau lamborghini, kalo udah punya sentimental value ya pasti dirawat sebaik mungkin... hehehe... gak cuma mobil mewah yang layak dirawat, banyak yang meskipun mobil entry level masih dirawat dengan baik karena punya sentimental value tinggi. Misal mobil pertama hasil keringet sendiri yang sayang banget mau dijual...
Ane gak pernah nyari2 alasan keluar rumah biar bisa nyetir selain bawa mobil ini.
Yang namanya fun to drive ane dapetin di mobil ini.


Yang bagian ini mirip ane banget... selalu cari-cari alesan supaya bisa bawa civic... :mky_01: dan suatu kesenangan tersendiri sebagai moderator dan aktivis di SM kalau forum SM bisa bawa manfaat dan menularkan enthusiasm buat oom ngerawat City "tua" nya... jadi dapat banyak referensi kan :mky_01:

Lanjutkan oom restorasi nya.
Penginjil Honda bukannya udah murtad ke H miring? :ngacir:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by gadjahalphien »

Jadi inget Civic ferionya nyokap.

di pake mulai dari 2001 - 2017an..
penuh kenangan dg mobil ini.

- pertama nyetir dan trip jarak jauh juga.
emang kenangan enggak bisa di ganti dg uang.

semoga langgeng dg neng Citynya ya om
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by michaelgiri93 »

Nice story om
:big_exellent:
Ini story kan bukan review hehehe
Semoga cepat sehat total citinya
Pokoknya jaman sampai menggigit lebih dari yang om bisa kunyah ya om
Ketika sudah dirasa berat, istirahat dahulu, paling gak tu city udah bisa di pake jalan om.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 14 Oct 2014, 22:47

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by imansyx »

waduh om..... kok begitu banget kondisinya...saya juga simpan GD8 i-dsi tapi ditaruh indoor+sarungin, super awet tidak ada problem sama sekali,

1-Tikus= disekitarnya ditaruh kapur dan jebakan tikus, sebisa mungkin jangan ditaro outdoor om kalo mobil ditinggal lama
2-Noisy feet= saya malah belom ganti apa2 sama sekali, kampas rem dan ban michelin vivacy masih bawaan
3-Simple ones= aduh sedih bgt om liat kacanya sampe begitu :big_cry:
5-AC= saya gapernah servis ac juga.....
6-Body= aduh no comment om sedihnya :big_cry:
7-Broken me= sepertinya emg defect om, trim silver saya juga di semua pintu pudar, kaca film juga udah saya ganti

numpang mejeng di 2018 :big_blushing: kok jadi miring yak fotonya :big_slap:

Image

Image
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by mike22 »

Kayanya beres ngerjain mobilnya itu asal beres aja ya, ntar giliran ada part rusak tinggal bilang ganti trus minta biaya jasa+ppn 10%.
Yang kayak gini nih yg bikin sy malas beli mobil sendiri kl dah punya uang cukup. Kl mau beli mobil nanti aja mungkin kl dah bebas finansial 😂
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Honda City GD8 VTEC MT 2007 - my story

Post by qushay20019 »

imansyx wrote: 08 Jul 2018, 19:26 waduh om..... kok begitu banget kondisinya...saya juga simpan GD8 i-dsi tapi ditaruh indoor+sarungin, super awet tidak ada problem sama sekali,

1-Tikus= disekitarnya ditaruh kapur dan jebakan tikus, sebisa mungkin jangan ditaro outdoor om kalo mobil ditinggal lama
2-Noisy feet= saya malah belom ganti apa2 sama sekali, kampas rem dan ban michelin vivacy masih bawaan
3-Simple ones= aduh sedih bgt om liat kacanya sampe begitu :big_cry:
5-AC= saya gapernah servis ac juga.....
6-Body= aduh no comment om sedihnya :big_cry:
7-Broken me= sepertinya emg defect om, trim silver saya juga di semua pintu pudar, kaca film juga udah saya ganti

numpang mejeng di 2018 :big_blushing: kok jadi miring yak fotonya :big_slap:

Image

Image

Ya begitulah om, dulu saya juga gatau apa2 ttg mobil, bokap juga gitu jadi ya diraup aja hasil kecuekan dahulu...

BTW mulus banget om IDSI nya, terawat banget ya. Itu IDSI 2003 ya? Bener itu odo baru segitu?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post