First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by ChZ »

Dat510 wrote: Wed May 30, 2018 3:49 Nice review Mod ChZ.. Dari segi akomodasi masing-masing 1st row, 2nd row, 3rd row, dan bagasi lebih oke mana sama expander?
Space masih lebih gede Xpander oom... tapi buat kenyamanan baris ketiga 11-12 aja sih, legroom gak terlalu beda banyak juga.
dream_theater wrote: Wed May 30, 2018 17:58
S13rra wrote: Wed May 30, 2018 2:39 Nambah satu lagi fitur yang disunat di All New R3 :
- Fitur semburan AC, yang baru jadi cuma 2 pilihan, berasa old Avanza
Setuju...dulu keunggulan ertiga adalah mode semburan ACnya yg lengkap, jadi pembeda dgn mobilio, grand livina & avanza-xenia (baik old maupun new). :frm_tumbright:
Mobilio, sampai trim RS sekalipun, walau penampilan tombol ACnya digital, tapi tetap saja modenya hanya 2... cuma pencitraan... :big_weee:
Sekarang new ertiga dikebiri gak bisa ke kaca depan. Bagi saya ini fitur yg penting & berguna saat cuaca diluar dingin (hujan lebat/kabut tebal)
Sudah gitu desain tombolnya yg menyedihkan.... :off_no: Kesan mewah dari panel kayu jadi kebanting.... :big_dunno:
Bagi saya, tombol puteran ala rinnai gak masalah, selama desainnya bagus seperti di mirage/xpander. Desain tombol AC new ertiga hanya pantas untuk trim terendah saja.
Ya semoga aja yah oom nanti di facelift ditambahin... :big_slap: emang kayak separo niat sih jualannya.
vp920b wrote: Thu May 31, 2018 8:56 Jadi verdictnya gimana om CHZ?

Kalau dibanding sama ertiga lama banyak perbedaan ga dari sisi kenyamanan? Apakah sudah coba yang manual juga?

Masih galau ama mobil mertua, ertiganya awet bener ga rusak rusak.. hehehe
Kalo dari butt-o-meter ane, dari sisi kenyamanan ANErtiga masih lebih enak... beberapa hal yang saya rasakan di old Ertiga udah gak kerasa disini. Misal getaran suspensi ke kanan-kiri yang terasa waktu lari medium speed - high speed... kaki-kaki juga nggak berisik dibanding yang lama. Cuma yaaa itu kalo berharap sama equipment mungkin mesti nunggu nanti tipe GS ya, semoga aja gak mengecewakan.
kunaskun wrote: Thu May 31, 2018 9:07 first impression ini mobil dimari: exteriornya ganteng, saya vote ini kedua paling serius setelah xpander, asal jangan lihat velg ya, karena itu dari depan ke belakang bener2 niat banget, ga ada aneh2 pula dengan rasa indihe padahal ini mobil akan dijual juga di sana, untuk front end bener2 kasih identitas bagus, dan kesannya besar mengesankan ini MPV besar (emang besar tapi dibandingkan yang dulu), untuk buntut memang love and hate, saya termasuk yang ga terlalu suka, tapi ya soal design toh itu selalu subyektif.

interior top, seandainya itu ac digital dan model frame HU ga bau2 aftermarket akan mengesankan nuansa mewah yang terbaik, yang mungkin terbaik di kelasnya. saya termasuk yang tidak suka dengan panjang yang melar tapi ternyata dimaksimalkan dengan baik oleh suzuki untuk bagasi yang jauh lebih lega dan jok belakang tetap rata lantai, akses masuk ke baris ketiga pun jadi lebih masuk akal.

overall, dari segi pricing pun memang suzuki menghindar (dan ini cerdas) dari xpander, coba2 saja colong konsumen yang inden xpander kelamaan, males hunting batalan spk xpander, ngantri terios kelamaan, ga doyan mobilio seperti saya, eneg sama duo kaleng, dan tentu ex ertiga user. oh ya entah perasaan saya saja atau gimana, ini ertiga baru diatas kertas lebih rendah sedikit tapi kalau dilihat dari luar kok rasanya jauh lebih tinggi.
Fairly judged, setuju sekali... seperti ane bilang... desainnya punya charm tersendiri baik luar-dalem.

Mobil yang well designed tapi tidak well-equipped if I must say.

Nah sama, feelingnya waktu liat asli kok rasanya badan lebih kotak dan tinggi dibanding yang lama, padahal on paper lebih rendah.

Target nya mungkin ngejer libur lebaran juga ya, karena statusnya ready stock tinggal delivery ngga pake indent sampe bini hamil kedua macem Xpander...
rakjatdoni wrote: Thu May 31, 2018 10:25 :big_grin: sekilas, kalo nengok di spion belakang ada ertiga, ada miripnya sama GNKI.
di all new ertiga ini, juga ada mirip sama ANKI.
apalagi kalo malem, hehe.

jadi pengen TD abis baca review om Chz. :big_grin:
Wajib TD oom... Kalo sudah TD baru terasa semua kelebihan dari ANErtiga ini.
Boeds wrote: Fri Jun 01, 2018 15:33 Siplah kalo begitu..
Berarti tinggal nunggu improvement facelift.
Mesin dan handling sudah improved.
Saya sudah sempat pesan 1 yg lama stok akhir.
Nanti kalo facelift sudah keluar, semoga sesuai ekspetasi dr penyempurnaan yg banyak dikeluhkan
Wow kebagian NOS nya... dapet berapa diskon oom? Sebenernya bargain sih kalo bisa dapet NOS nya. Jatohnya sama kayak CalSig dan Confero.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by liemivan86 »


ChZ wrote:
Dat510 wrote: Wed May 30, 2018 3:49 Nice review Mod ChZ.. Dari segi akomodasi masing-masing 1st row, 2nd row, 3rd row, dan bagasi lebih oke mana sama expander?
Space masih lebih gede Xpander oom... tapi buat kenyamanan baris ketiga 11-12 aja sih, legroom gak terlalu beda banyak juga.
Soal space ini adalah salah satu kelemahan desain Suzuki. Kemarin iseng liat lagi di supermal Surabaya untuk ke 3 kalinya (atau 4 ya?). Di dalam kap mesin, antara mesin dan radiator, ada space sekitar 20 cm yang cuma kosong aja, tidak ada isinya. Ini sebenarnya kan buang2 space, seharusnya bisa diatur lagi supaya mesin maju 20 cm, dashboard maju 20 cm, dalam Kabin semakin lapang 20 cm. Saya berandai2, kalo Honda atau Toyota, pasti sudah habis itu space sampai mepet banget.

Cuma ya entah kalo nanti diisi mesin diesel apa masih ada space itu atau tidak..
dhanuindra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Mon Nov 20, 2017 3:47
Location: semarang
Daily Vehicle: bhb2017

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by dhanuindra »

liemivan86 wrote: Sat Jun 02, 2018 11:48
ChZ wrote:
Dat510 wrote: Wed May 30, 2018 3:49 Nice review Mod ChZ.. Dari segi akomodasi masing-masing 1st row, 2nd row, 3rd row, dan bagasi lebih oke mana sama expander?
Space masih lebih gede Xpander oom... tapi buat kenyamanan baris ketiga 11-12 aja sih, legroom gak terlalu beda banyak juga.
Soal space ini adalah salah satu kelemahan desain Suzuki. Kemarin iseng liat lagi di supermal Surabaya untuk ke 3 kalinya (atau 4 ya?). Di dalam kap mesin, antara mesin dan radiator, ada space sekitar 20 cm yang cuma kosong aja, tidak ada isinya. Ini sebenarnya kan buang2 space, seharusnya bisa diatur lagi supaya mesin maju 20 cm, dashboard maju 20 cm, dalam Kabin semakin lapang 20 cm. Saya berandai2, kalo Honda atau Toyota, pasti sudah habis itu space sampai mepet banget.

Cuma ya entah kalo nanti diisi mesin diesel apa masih ada space itu atau tidak..
Kalau soal bonnet lowong sih sama kasusnya dengan baleno hetbek bensin, lowong banget sampai kalo parkir di luar agak kuatir kalo ada penumpang gelap macam kucing masuk ke ruang mesin.

Tapi memang kalo diisi mesin dijel atau turbo seperti model indiahe jadi ga lowong lagi :D
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by patrickstar »

Secara keseluruhan, Ertiga ini emang serba woles di semua sektor :
- Mesin yg woles alias kurang responsif di tarikan awal & tengah, efeknya jarang saya lihat Ertiga yg sruntulan, walaupun manteb ditarikan atas.
- Jualannya yg woles ngga ngejar no 1, stabil 2-3ribuan
- Komunitasnya yg woles jarang ribut2
Santai dijalan, nikmati hidup.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Boeds »


ChZ wrote:
Wow kebagian NOS nya... dapet berapa diskon oom? Sebenernya bargain sih kalo bisa dapet NOS nya. Jatohnya sama kayak CalSig dan Confero.
Diskon 36jt om.
Kalo dibandingkan dengan dulu ane bayar pertama keluar di harga 165jt utk gx mt, sekarang ane hanya nambah 17jt utk dapat unit baru yg double blower, spion lipat dan auto window plus bbrp perbaikan lainnya. Menurut ane bargain banget makanya dibela-belain peremajaan unit daripada ambil all new.
Rencana pake 2-3 tahun, saat all new ertiga sudah mature faceliftnya, baru ganti all new (kalo masih setia di ertiga, hehe)
baruhut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Jun 05, 2012 5:49

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by baruhut »

pretty well explain om CHZ.. terima kasih utk reviewnya.
ane butuh saran, apa worth klo 2kd trim V 2010 ditukar dengan ANER? fitur safety unggul ANER, lbh irit.. galau antara segala kemewahan mobil baru atau peremajaan 2kd yg masih nyaman dipakai dan the power of diesel. sementara ada kebutuhan istri yg ga mau bawa innova karena dimensinya kebesaran merasa kerepotan utk dibawa kerja terabas macetnya bekasi-kelapa gading.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Or4cle »

baruhut wrote: Fri Jun 08, 2018 5:14 pretty well explain om CHZ.. terima kasih utk reviewnya.
ane butuh saran, apa worth klo 2kd trim V 2010 ditukar dengan ANER? fitur safety unggul ANER, lbh irit.. galau antara segala kemewahan mobil baru atau peremajaan 2kd yg masih nyaman dipakai dan the power of diesel. sementara ada kebutuhan istri yg ga mau bawa innova karena dimensinya kebesaran merasa kerepotan utk dibawa kerja terabas macetnya bekasi-kelapa gading.
Menurut saya tetap pertahankan 2KD karena terbukti relatif nyaman, realible, gampang dioprek dan cukup irit.
Ertiga bukan tandingan Innova dari berbagai sisi.

# Bukan fanboy Toyota
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by ChZ »

baruhut wrote:pretty well explain om CHZ.. terima kasih utk reviewnya.
ane butuh saran, apa worth klo 2kd trim V 2010 ditukar dengan ANER? fitur safety unggul ANER, lbh irit.. galau antara segala kemewahan mobil baru atau peremajaan 2kd yg masih nyaman dipakai dan the power of diesel. sementara ada kebutuhan istri yg ga mau bawa innova karena dimensinya kebesaran merasa kerepotan utk dibawa kerja terabas macetnya bekasi-kelapa gading.
Liat kebutuhan ajaa... Hehehe...

Nurut saya klo emang butuhnya mobil kecil ya worth it saja tuker... Hehehe...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
baruhut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Jun 05, 2012 5:49

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by baruhut »

ChZ wrote: Fri Jun 08, 2018 6:31 Liat kebutuhan ajaa... Hehehe...

Nurut saya klo emang butuhnya mobil kecil ya worth it saja tuker... Hehehe...
iya om.. sebenernya 7 seater is a must, others may follow
Or4cle wrote: Fri Jun 08, 2018 6:25 Menurut saya tetap pertahankan 2KD karena terbukti relatif nyaman, realible, gampang dioprek dan cukup irit.
Ertiga bukan tandingan Innova dari berbagai sisi.

# Bukan fanboy Toyota
punya 2kd sebagai mobil pertama bikin males ganti mobil.. #selainitudananyajgbelumada :big_childish:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by romi10 »

baruhut wrote: Fri Jun 08, 2018 5:14 pretty well explain om CHZ.. terima kasih utk reviewnya.
ane butuh saran, apa worth klo 2kd trim V 2010 ditukar dengan ANER? fitur safety unggul ANER, lbh irit.. galau antara segala kemewahan mobil baru atau peremajaan 2kd yg masih nyaman dipakai dan the power of diesel. sementara ada kebutuhan istri yg ga mau bawa innova karena dimensinya kebesaran merasa kerepotan utk dibawa kerja terabas macetnya bekasi-kelapa gading.
Ga salah ni pertanyaannya? yg ada orang dari ertiga pindah ke 2kd..apalagi trim V pulak
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by liemivan86 »

baruhut wrote:pretty well explain om CHZ.. terima kasih utk reviewnya.
ane butuh saran, apa worth klo 2kd trim V 2010 ditukar dengan ANER? fitur safety unggul ANER, lbh irit.. galau antara segala kemewahan mobil baru atau peremajaan 2kd yg masih nyaman dipakai dan the power of diesel. sementara ada kebutuhan istri yg ga mau bawa innova karena dimensinya kebesaran merasa kerepotan utk dibawa kerja terabas macetnya bekasi-kelapa gading.
Kalo pengen ganti nya karena dimensi, ertiga baru ini tidak terlalu jauh dari Innova lho. Cuma dari segi kenyamanan, kalo saya sih lebih nyaman ertiga ya, ya diluar mesin nya deh. Diesel Innova memang enak soalnya..

Coba aja nyonyah nya test drive aja dulu..
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by mike22 »

baruhut wrote: Fri Jun 08, 2018 5:14 pretty well explain om CHZ.. terima kasih utk reviewnya.
ane butuh saran, apa worth klo 2kd trim V 2010 ditukar dengan ANER? fitur safety unggul ANER, lbh irit.. galau antara segala kemewahan mobil baru atau peremajaan 2kd yg masih nyaman dipakai dan the power of diesel. sementara ada kebutuhan istri yg ga mau bawa innova karena dimensinya kebesaran merasa kerepotan utk dibawa kerja terabas macetnya bekasi-kelapa gading.
Kalo buat dipake daily drive apalagi macet2an sih worth aja om, mumpung harga innova 2nd masih agak bagus kalo mau dijual jd nambahnya ga banyak.

Kecuali kl buat mobil
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Koddy »

liemivan86 wrote:
ChZ wrote:
Dat510 wrote: Wed May 30, 2018 3:49 Nice review Mod ChZ.. Dari segi akomodasi masing-masing 1st row, 2nd row, 3rd row, dan bagasi lebih oke mana sama expander?
Space masih lebih gede Xpander oom... tapi buat kenyamanan baris ketiga 11-12 aja sih, legroom gak terlalu beda banyak juga.
Soal space ini adalah salah satu kelemahan desain Suzuki. Kemarin iseng liat lagi di supermal Surabaya untuk ke 3 kalinya (atau 4 ya?). Di dalam kap mesin, antara mesin dan radiator, ada space sekitar 20 cm yang cuma kosong aja, tidak ada isinya. Ini sebenarnya kan buang2 space, seharusnya bisa diatur lagi supaya mesin maju 20 cm, dashboard maju 20 cm, dalam Kabin semakin lapang 20 cm. Saya berandai2, kalo Honda atau Toyota, pasti sudah habis itu space sampai mepet banget.

Cuma ya entah kalo nanti diisi mesin diesel apa masih ada space itu atau tidak..
Belum pernah liat space ANKI diesel? Coba buka kap mesin, dilihat dari batas mesin sampai bemper depan, ruang kosong berapa cm? Ada 30 cm an loh...
Coba itu dimajuin, dashboard maju, ruang kabin lebih besar juga....
(Mengulang berita Anda, yang bilang coba itu Toyota, yang bikin habis itu space sampai mepet banget [emoji29])
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by iwing »

mungkin memang sengaja di buat kosong untuk mengantisipasi panas mesin, terutama dari header knalpot terhadap kipas radiator (jika pas di depan nya) atau radiator itu sendiri. imho
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by martinnn »

barusan liat di jalan...h gw masih gak bisa mencerna desain belakangnya
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by liemivan86 »


Koddy wrote: Belum pernah liat space ANKI diesel? Coba buka kap mesin, dilihat dari batas mesin sampai bemper depan, ruang kosong berapa cm? Ada 30 cm an loh...
Coba itu dimajuin, dashboard maju, ruang kabin lebih besar juga....
(Mengulang berita Anda, yang bilang coba itu Toyota, yang bikin habis itu space sampai mepet banget [emoji29])
Siap om. Saya memang tidak pernah lihat space di Innova baru sih. Soalnya di Innova lama yang di rumah lumayan mepet. Bahkan fan belt aja di irit space nya dengan hanya pakai 1 untuk semua pulley.

Thanks info nya...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by kunaskun »

iwing wrote: Fri Jun 08, 2018 14:04 mungkin memang sengaja di buat kosong untuk mengantisipasi panas mesin, terutama dari header knalpot terhadap kipas radiator (jika pas di depan nya) atau radiator itu sendiri. imho
tebakan saya karena ini untuk engine yang lebih besar, biasanya ya. kalau toyota si karena hobi manjang2in moncong, lihat saja di yaris lele, calya sigra, avanza, innova dono. tapi ada bagusnya si ada space nganggur biar gampang untuk perbaikan, dan dari segi safety: safer for pedestrian, crumple zone, dsb. menurut saya umum lah untuk mobil zaman now, malah kalau ada yang ga kosong itu menarik.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by sandal »

2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by liemivan86 »

sandal wrote:Image

*speedometer warna biru?

Sumber : http://www.team-bhp.com/news/2nd-gen-ma ... ic-gearbox
AC digital!
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by maastricht889 »

sandal wrote: Tue Jun 12, 2018 9:30 Image

*speedometer warna biru?

Sumber : http://www.team-bhp.com/news/2nd-gen-ma ... ic-gearbox
Tweeter!!
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by Fearised »

Sepi kali ya om, masih pada mudik ya. Ditunggu review all new ertelunya buat mudik :)
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by FU27 »

Tetap idealis pabrikan satu ini, gak mobil, gak motor. Secara teknis mantab, tapi ga dibungkus dengan kemasan menarik.
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by adrianomyman »

Tetap disayangkan ga ada arm rest di baris 2. Kalau crossover atw SUV sih bs maklum, lah ini MPV kok gitu.
tulusbp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Mar 02, 2017 9:08
Location: jakarta
Daily Vehicle: ertiga

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by tulusbp »

nah...pertanyaanku di blog tentang perbandingan dgn xpandir ternyata dijawab disini.... ini poin yg paling penting,,,,, tetep pilih new ertiga deh dibanding xpander klo ada duitnya
Software Payroll Indonesia : https://payrollgratis.wordpress.com
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Drive : 2018 Suzuki Ertiga GX AT

Post by ChZ »

Review Lengkap Ertiga Generasi 2 versi Video :

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7