Page 4 of 6

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Fri May 25, 2018 14:17
by ipOi78
Omongin chasis reinforcement buat santi, lebih efektif model strutbar yg dimesin atau jenis roll bar yang dikolong depan / belakang ya ? Pengen juga sih nambahin ini krn sifatnya tinggal pasang...

Trus kmrn pas di beres,filter solar di santi ane di bypass jadi cuman pake yg diatas aja..aman ga tuh ? Sa nya sih bilang gpp asal pake dex always

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Fri May 25, 2018 22:20
by batumakam
ngalih wrote: Thu May 24, 2018 15:05 Secondnya AWD susah cari ya? Mahalkah?
Jarang yg punya, Kalaupun ada pasti suseh ditawar kwkwkw.. Coba cari aja expat dari korsel,rata-rata rekan saya yg dari korsel mayoritas beli ni santafe awd,....
Dulu si kena 700an belum sampe 800 jeti...
Anyway ada yg pernah mengalami kalo pas dipake puter balik stir kayaknya ngelawan gitu? Jadi diputer ke kanan ada gaya berlawanan yg narik stir ke kiri? Kerasa kalo hampir diputer mentok? Kalo dilihat sekilas kaki kaki aman ga ada suara aneh, apa mungkin steering rack ya?
Awalnya saya pikir efek dari jambakan torsi, pas dicoba lepas gas malah makin kerasa kwkwkw.. (Santafe AWD 2016)

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Fri May 25, 2018 23:16
by Frd3005
Gan mau tanya dong,,ane pake Santi 2013 crdi,,km sudah tembus 125rb’an skrng k’lo lari di atas 120km pas ngerem STIE goyang,trus indikator rem tangan dan abs selalu nyala,sXan gan untuk foglamp nyari dimana ya??apa bisa di service??soalnya berembun dan ada lampu” kecil mati

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Sat May 26, 2018 10:09
by kunaskun
memang must admit, ini mobil macam mazda design. time less. tetangga satu kompleks di desa ada yang pakai, tetap timeless memang, walau kelihatan dari tampilan luar tidak ada yang berbau kekinian, tapi overall emang timeless. soal interior sejak dari awal saya si ga suka, its way too dark, kesan gelapnya itu bukan mewah, tapi seperti liat american spartan, apalagi lampu2 biru2 gitu, ya korean emang galau sampe sekarang, even genesis saja mevvah exterior, pas liat interior lah seperti designer dari negara entahlah mana yang totally different culture.

btw untuk biaya restorasi suprisingly ga ngeri2 amat ya untuk ukuran beres, kirain bakalan ngeri sekali, kaki2 8 juta si nampaknya memang harus cari bengkel kaki2 di luaran, siapa tahu ada yang bisa dikadalin dikit.

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Tue Jun 05, 2018 7:21
by ChZ
Update pemakaian si Santi 1 bulan pertama.

Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.

Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...

Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.

- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.

- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.

- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...

Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.

Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Tue Jun 05, 2018 7:56
by sintoni
ChZ wrote: Tue Jun 05, 2018 7:21
Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.

Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Tue Jun 05, 2018 8:08
by ChZ
sintoni wrote: Tue Jun 05, 2018 7:56
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.

Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?
Ga isok. Mbah bebonk ora gelem ngutek metik... jarene kudu nggo samtjan FRD... yo main tiptronic

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Tue Jun 05, 2018 9:14
by kunaskun
ChZ wrote: Tue Jun 05, 2018 8:08
sintoni wrote: Tue Jun 05, 2018 7:56
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.

Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?
Ga isok. Mbah bebonk ora gelem ngutek metik... jarene kudu nggo samtjan FRD... yo main tiptronic
diesel monster ditaro di roda depan jadilah gini. gimana kalau ganti ban saja? pilot sport 4 seems a good choice :mky_08: (inch up the wheels)

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Tue Jun 05, 2018 12:17
by carl
ini bannya pake apa om? katanya ukurannya ga umum ya...

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Tue Jun 05, 2018 12:46
by vp920b
Ukuran ban 235 55 19

Lebarin saja ke 255 50 19

More grip..

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Wed Jun 06, 2018 3:52
by ChZ
kunaskun wrote: Tue Jun 05, 2018 9:14
diesel monster ditaro di roda depan jadilah gini. gimana kalau ganti ban saja? pilot sport 4 seems a good choice :mky_08: (inch up the wheels)
vp920b wrote: Tue Jun 05, 2018 12:46 Ukuran ban 235 55 19

Lebarin saja ke 255 50 19

More grip..
20inch PS4 seems a good choice... :big_love:
carl wrote: Tue Jun 05, 2018 12:17 ini bannya pake apa om? katanya ukurannya ga umum ya...
Di saya dapet Nexen Roadian 581 235/55/19... di komunitas Santi pada ga suka ama ini ban, kurang bagus permukaannya gampang cuil...

Yang skrg kayaknya pada dikasih Kumho Cruger.

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Wed Jun 06, 2018 8:43
by vp920b
Yang penting tapaknya dilebarin. Kalau gedein velg sayang juga, 19 inchny uda cakep.

Kalau mau empuk ya ke 18 inch. Heheh

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Wed Jun 06, 2018 8:55
by Nainggolan21
ChZ wrote: Tue Jun 05, 2018 7:21 Update pemakaian si Santi 1 bulan pertama.

Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.

Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...

Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.

- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.

- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.

- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...

Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.

Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih :mky_01: :mky_01:

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Thu Jun 07, 2018 15:23
by B1335AM
Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?

Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?

Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?

Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Thu Jun 07, 2018 16:51
by Jupiemx99
Kalau dibandingkan dengan captiva diesel mending mana ya? Dengan harga yg sama bisa dapat tahun 2015.
Kebetulan lagi cari2 mobil bekas berkualitas.

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Thu Jun 07, 2018 17:07
by liemivan86
B1335AM wrote:Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?

Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?

Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?

Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
Santa Fe CBU Korea om.

Dan jawaban kenapa tidak produksi lokal, adalah sales number. Jumlah penjualan Santa Fe di Indonesia tidak cukup tinggi untuk buat feasibility test nya jadi feasible atau layak dilakukan. Investasi nya terlalu tinggi, dan kalo penjualan nya hanya sedikit, mereka malah lebih rugi daripada cuma kulakan kayak skr. Apalagi pabrik harus produksi terus menerus, jadi serapan pasar juga harus terus menerus.

Daripada ambil resiko besar, ya mending impor aja deh...

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Thu Jun 07, 2018 21:21
by B1335AM
Seluruh kawasan Asia Pasifik (+Aussie) itu juga impor CBU Ulsan Korsel buia ajakan, atau kecuali di Malaysia aja?

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Fri Jun 08, 2018 1:48
by sintoni
Jupiemx99 wrote: Thu Jun 07, 2018 16:51 Kalau dibandingkan dengan captiva diesel mending mana ya? Dengan harga yg sama bisa dapat tahun 2015.
Kebetulan lagi cari2 mobil bekas berkualitas.
Kalo ane personal sih,

Captiva menang fitur.

Kalo Santi menang model sama power.

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jun 11, 2018 2:06
by Dieselmani4
Nainggolan21 wrote: Wed Jun 06, 2018 8:55
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih :mky_01: :mky_01:
Hahaha.. sama Om
Anak saya juga seneng bgt liat Santa Fe sama new Tucson. Trus seneng liat2 reviewnya di youtube. Jadi mobil idaman. Lagi nabung buat cari sekenan

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jun 11, 2018 2:32
by ngalih
Sorento jg bisa dipertimbangkan dong om... Sportage jg. Mirip2 kan fiturnya. Mesin jg sama dgn santafe dan tucson.

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jun 11, 2018 4:07
by vp920b
Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jul 02, 2018 13:24
by Dieselmani4
vp920b wrote: Mon Jun 11, 2018 4:07 Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
Sorentonya masih dipelihara om?
Mo nambah korean yg mana om?
Mantap dah

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jul 02, 2018 16:33
by ChZ
Nainggolan21 wrote: Wed Jun 06, 2018 8:55
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih :mky_01: :mky_01:
dah vienti nya tuker sama santi aja, remap ke mbah bebonk, ga kalah beringas koq :ngacir: tp siap siap tagihan ban tiap taun klo bawanya resing :ngacir:
B1335AM wrote: Thu Jun 07, 2018 15:23 Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?

Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?

Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?

Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
masih jadi pertanyaan juga... hehehe...

mungkin karena orderan starex/H-1 mayoritas fleet ya jadi harus ready stock mereka bikin CKD... ambulans dan beberapa instansi kan pake nih benda... tiap ke hyundai pasti deh paling enggak ada ambulance servis :mky_01:

sementara santafe/tucson mereka mungkin masih nggak pede untuk bersaing... la nggak pede tapi equipment dilucuti harga selangit, piye. seandainya ikut pricetag sekarang dikasih spek AWDnya sih boleh banget... hyundai di luar negeri kan terkenal value for money tinggi.
vp920b wrote: Mon Jun 11, 2018 4:07 Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
wow mantap om... hehehe...

santafe sy abis operasi kaki-kaki di hartono onderstel semarang... skrg masih nginep benerin busa jok dan retrim setir...

klo dah bener semua rencana ini buat daily bokap, t32 x-trail dijual... abis naik santafe entah kenapa sekeluarga kecewa berat naik t32... :mky_01: papa saya juga bilang abis biasa naik santafe balik pake t32 kok mendal mendal ya suspensinya...

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jul 02, 2018 16:44
by vp920b
Dieselmani4 wrote: Mon Jul 02, 2018 13:24
vp920b wrote: Mon Jun 11, 2018 4:07 Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
Sorentonya masih dipelihara om?
Mo nambah korean yg mana om?
Mantap dah
Sorento dipelihara setahun lg lah..

Nanti ya bikin reviewnya, belum ada plat ga bisa review total..

Kemarin abis coating sih ama bos zee.. wkwkwkw

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Posted: Mon Jul 02, 2018 16:46
by psiturism
mobil impian yg belum kesampaian :big_cry:

nek mampir smg tak td yo chris :mky_03: