Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Omongin chasis reinforcement buat santi, lebih efektif model strutbar yg dimesin atau jenis roll bar yang dikolong depan / belakang ya ? Pengen juga sih nambahin ini krn sifatnya tinggal pasang...
Trus kmrn pas di beres,filter solar di santi ane di bypass jadi cuman pake yg diatas aja..aman ga tuh ? Sa nya sih bilang gpp asal pake dex always
Trus kmrn pas di beres,filter solar di santi ane di bypass jadi cuman pake yg diatas aja..aman ga tuh ? Sa nya sih bilang gpp asal pake dex always
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Jarang yg punya, Kalaupun ada pasti suseh ditawar kwkwkw.. Coba cari aja expat dari korsel,rata-rata rekan saya yg dari korsel mayoritas beli ni santafe awd,....
Dulu si kena 700an belum sampe 800 jeti...
Anyway ada yg pernah mengalami kalo pas dipake puter balik stir kayaknya ngelawan gitu? Jadi diputer ke kanan ada gaya berlawanan yg narik stir ke kiri? Kerasa kalo hampir diputer mentok? Kalo dilihat sekilas kaki kaki aman ga ada suara aneh, apa mungkin steering rack ya?
Awalnya saya pikir efek dari jambakan torsi, pas dicoba lepas gas malah makin kerasa kwkwkw.. (Santafe AWD 2016)
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri May 25, 2018 22:59
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Santa fe
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Gan mau tanya dong,,ane pake Santi 2013 crdi,,km sudah tembus 125rb’an skrng k’lo lari di atas 120km pas ngerem STIE goyang,trus indikator rem tangan dan abs selalu nyala,sXan gan untuk foglamp nyari dimana ya??apa bisa di service??soalnya berembun dan ada lampu” kecil mati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
memang must admit, ini mobil macam mazda design. time less. tetangga satu kompleks di desa ada yang pakai, tetap timeless memang, walau kelihatan dari tampilan luar tidak ada yang berbau kekinian, tapi overall emang timeless. soal interior sejak dari awal saya si ga suka, its way too dark, kesan gelapnya itu bukan mewah, tapi seperti liat american spartan, apalagi lampu2 biru2 gitu, ya korean emang galau sampe sekarang, even genesis saja mevvah exterior, pas liat interior lah seperti designer dari negara entahlah mana yang totally different culture.
btw untuk biaya restorasi suprisingly ga ngeri2 amat ya untuk ukuran beres, kirain bakalan ngeri sekali, kaki2 8 juta si nampaknya memang harus cari bengkel kaki2 di luaran, siapa tahu ada yang bisa dikadalin dikit.
btw untuk biaya restorasi suprisingly ga ngeri2 amat ya untuk ukuran beres, kirain bakalan ngeri sekali, kaki2 8 juta si nampaknya memang harus cari bengkel kaki2 di luaran, siapa tahu ada yang bisa dikadalin dikit.
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Update pemakaian si Santi 1 bulan pertama.
Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.
Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...
Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.
- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.
- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.
- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...
Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.
Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...
Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.
Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...
Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.
- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.
- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.
- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...
Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.
Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5716
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.ChZ wrote: ↑Tue Jun 05, 2018 7:21
Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.
Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Ga isok. Mbah bebonk ora gelem ngutek metik... jarene kudu nggo samtjan FRD... yo main tiptronic
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
diesel monster ditaro di roda depan jadilah gini. gimana kalau ganti ban saja? pilot sport 4 seems a good choice (inch up the wheels)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
ini bannya pake apa om? katanya ukurannya ga umum ya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Ukuran ban 235 55 19
Lebarin saja ke 255 50 19
More grip..
Lebarin saja ke 255 50 19
More grip..
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
20inch PS4 seems a good choice...
Di saya dapet Nexen Roadian 581 235/55/19... di komunitas Santi pada ga suka ama ini ban, kurang bagus permukaannya gampang cuil...
Yang skrg kayaknya pada dikasih Kumho Cruger.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Yang penting tapaknya dilebarin. Kalau gedein velg sayang juga, 19 inchny uda cakep.
Kalau mau empuk ya ke 18 inch. Heheh
Kalau mau empuk ya ke 18 inch. Heheh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit JaddihChZ wrote: ↑Tue Jun 05, 2018 7:21 Update pemakaian si Santi 1 bulan pertama.
Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.
Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...
Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.
- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.
- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.
- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...
Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.
Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?
Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?
Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?
Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?
Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?
Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Kalau dibandingkan dengan captiva diesel mending mana ya? Dengan harga yg sama bisa dapat tahun 2015.
Kebetulan lagi cari2 mobil bekas berkualitas.
Kebetulan lagi cari2 mobil bekas berkualitas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Santa Fe CBU Korea om.B1335AM wrote:Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?
Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?
Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?
Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
Dan jawaban kenapa tidak produksi lokal, adalah sales number. Jumlah penjualan Santa Fe di Indonesia tidak cukup tinggi untuk buat feasibility test nya jadi feasible atau layak dilakukan. Investasi nya terlalu tinggi, dan kalo penjualan nya hanya sedikit, mereka malah lebih rugi daripada cuma kulakan kayak skr. Apalagi pabrik harus produksi terus menerus, jadi serapan pasar juga harus terus menerus.
Daripada ambil resiko besar, ya mending impor aja deh...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Seluruh kawasan Asia Pasifik (+Aussie) itu juga impor CBU Ulsan Korsel buia ajakan, atau kecuali di Malaysia aja?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5716
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
- Location: bandung
- Daily Vehicle: innova
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Hahaha.. sama OmNainggolan21 wrote: ↑Wed Jun 06, 2018 8:55
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih
Anak saya juga seneng bgt liat Santa Fe sama new Tucson. Trus seneng liat2 reviewnya di youtube. Jadi mobil idaman. Lagi nabung buat cari sekenan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
- Location: lenteng agung jakarta
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Sorento jg bisa dipertimbangkan dong om... Sportage jg. Mirip2 kan fiturnya. Mesin jg sama dgn santafe dan tucson.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..
Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
- Location: bandung
- Daily Vehicle: innova
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
dah vienti nya tuker sama santi aja, remap ke mbah bebonk, ga kalah beringas koq tp siap siap tagihan ban tiap taun klo bawanya resingNainggolan21 wrote: ↑Wed Jun 06, 2018 8:55
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih
masih jadi pertanyaan juga... hehehe...B1335AM wrote: ↑Thu Jun 07, 2018 15:23 Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?
Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?
Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?
Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
mungkin karena orderan starex/H-1 mayoritas fleet ya jadi harus ready stock mereka bikin CKD... ambulans dan beberapa instansi kan pake nih benda... tiap ke hyundai pasti deh paling enggak ada ambulance servis
sementara santafe/tucson mereka mungkin masih nggak pede untuk bersaing... la nggak pede tapi equipment dilucuti harga selangit, piye. seandainya ikut pricetag sekarang dikasih spek AWDnya sih boleh banget... hyundai di luar negeri kan terkenal value for money tinggi.
wow mantap om... hehehe...
santafe sy abis operasi kaki-kaki di hartono onderstel semarang... skrg masih nginep benerin busa jok dan retrim setir...
klo dah bener semua rencana ini buat daily bokap, t32 x-trail dijual... abis naik santafe entah kenapa sekeluarga kecewa berat naik t32... papa saya juga bilang abis biasa naik santafe balik pake t32 kok mendal mendal ya suspensinya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
Sorento dipelihara setahun lg lah..Dieselmani4 wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 13:24Sorentonya masih dipelihara om?
Mo nambah korean yg mana om?
Mantap dah
Nanti ya bikin reviewnya, belum ada plat ga bisa review total..
Kemarin abis coating sih ama bos zee.. wkwkwkw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi
mobil impian yg belum kesampaian
nek mampir smg tak td yo chris
nek mampir smg tak td yo chris
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT