Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Koddy »

Lebih bingung mana TCU nya Santa Fe ini dibanding dengan ANKI ANF yang sama aja gear hunting?[emoji3]
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by efact »

Setuju sihh.. dibanding ripiw tucson dulu yg kontroversial dan berkesan menjelekkan h miring, ripiw ini sedikit banyak udah lebih objektif sih.. enjoy the ride oom :mrgreen:
Anw, karakter transmisinya masi sama dg tucson dong ya, yg kadang2 suka gelagapan ga jelas wkwkw...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by haristk7 »

Ini Santa Fe paling ganteng dan paling proporsional menurut gw dari sisi desain dan dimensi mobil..bahkan ama yang paling baru pun gw lebih suka yang ini, kalem dan mengalir desainnya

mungkin kalo Santa Fe spek sini itu ada tambahan VSC dan 6 airbags, mungkin bisa aja ini yang nongkrong di garasi rumah..bukan CX5, hahaha
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 14:11
tuperware wrote:Tau kalo user sebelumnya pakai dex juga darimana y om? Takutnya dicekok solbus
Sebenernya saya juga ngga tau cara ngecek nya, mungkin paling ketauan dari suara mesin sih.

Diesel CRD modern diisi solar busuk klo dah umur ketauan dari suara dan getaran. Dulu miara Captiva VCDi isi solar busuk terus, dibanding sama yang brand new berasa banget sih...

Mungkin ada pakar diesel yang mw share gmn cara bedainnya.
Jalan ngebut di tol. Kalau asap hitam berarti solar busuk or pembakaran kotor.

Kalau warna abu abu, itu cuma water condensation. Sering sy alami di sorento.

Kebut aja ampe 190km/h, langsung ilang. Kudu ganti filter solar per 10rb km sekali. Biar selalu bersih.

Santa fe lebih tahan dengan solar busuk, karena tdk ada dpf. Sorento ada dpf, jd mudah sekali ketahuan.

Untuk transmisi menurut saya lebih OK dibanding fortuner 2gd sekarang koq. Masih lebih sigap, cuma downhill suka ga mau engine brake, ya pakai tiptronic aja..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

Koddy wrote: Fri May 11, 2018 14:12 Lebih bingung mana TCU nya Santa Fe ini dibanding dengan ANKI ANF yang sama aja gear hunting?[emoji3]
tetep masih lebih mending TCUnya Santi dibanding ANF/ANKI seh... :ngacir:
efact wrote: Fri May 11, 2018 14:17 Setuju sihh.. dibanding ripiw tucson dulu yg kontroversial dan berkesan menjelekkan h miring, ripiw ini sedikit banyak udah lebih objektif sih.. enjoy the ride oom :mrgreen:
Anw, karakter transmisinya masi sama dg tucson dong ya, yg kadang2 suka gelagapan ga jelas wkwkw...
Tapi Tucson yang dulu entah itu shocknya rusak atau gimana... naikannya aneh banget :big_slap:

campur bete dijutekin sales konternya :big_slap:
haristk7 wrote: Fri May 11, 2018 14:50 Ini Santa Fe paling ganteng dan paling proporsional menurut gw dari sisi desain dan dimensi mobil..bahkan ama yang paling baru pun gw lebih suka yang ini, kalem dan mengalir desainnya

mungkin kalo Santa Fe spek sini itu ada tambahan VSC dan 6 airbags, mungkin bisa aja ini yang nongkrong di garasi rumah..bukan CX5, hahaha
Yang gw ngeri ini bro... ntar kalo masuk sini itu Santi gen 4 kayaknya bakal dihajar lawan All New CX-9...

Soalnya sejauh ini liat kok cuma ada tipe LWB aja...

Image

Mesin sama, tenaga dan torsi turun... hmmm....

Santi model ini entah dipensiunkan atau dipertahankan... atau ntar amunisinya lawan CR-V dkk pake Tucson krn harganya Santi dah gak karuan.

Tapi better dikasih harga 800 juta full spec lawan head on dengan CX-9 langsung sih. Klo dapet AWD opt seru tuh since CX-9 malah jadi FWD aja.
vp920b wrote: Fri May 11, 2018 15:46
Jalan ngebut di tol. Kalau asap hitam berarti solar busuk or pembakaran kotor.

Kalau warna abu abu, itu cuma water condensation. Sering sy alami di sorento.

Kebut aja ampe 190km/h, langsung ilang. Kudu ganti filter solar per 10rb km sekali. Biar selalu bersih.

Santa fe lebih tahan dengan solar busuk, karena tdk ada dpf. Sorento ada dpf, jd mudah sekali ketahuan.

Untuk transmisi menurut saya lebih OK dibanding fortuner 2gd sekarang koq. Masih lebih sigap, cuma downhill suka ga mau engine brake, ya pakai tiptronic aja..
Owh ya bener juga ketauan dari asap cumi-cumi... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ngalih »

Klo pake dex apakah ndak asep cumi?
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Pakai dex water condensation aja adanya.. asap abu abu..

Kalau asap hitam itu yg bahaya..

Di jakarta jarang sih lihat santa fe ngebul hitam.. mungkin karena sering pakai kalinya, jadinya pembakaran juga bersih..
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ngalih »

Oya bikin video reviewnya dong... Bulan ni blom ada video baru
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ddyta27 »

di kantor saya banyak nih santa fee crdi dan tucson bensin yang pakai plat RF*
enak yah dibayarin negara :D
tuperware
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Mon Mar 28, 2005 4:52

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by tuperware »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 14:11
tuperware wrote:Tau kalo user sebelumnya pakai dex juga darimana y om? Takutnya dicekok solbus
Sebenernya saya juga ngga tau cara ngecek nya, mungkin paling ketauan dari suara mesin sih.

Diesel CRD modern diisi solar busuk klo dah umur ketauan dari suara dan getaran. Dulu miara Captiva VCDi isi solar busuk terus, dibanding sama yang brand new berasa banget sih...

Mungkin ada pakar diesel yang mw share gmn cara bedainnya.
uda purging jg blom om? brapa biaya purgingnya?
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by liep »

baca ripiunya sambil mikir..om chz kok nyari mslh dg beli korean...yg odo tinggi ga jelas angkanya dan byk prnya...tp mungkin itu yg dmaksud demen raw cars ya? ane blm selevel itu nyalinya...maklum duit cekak...bolak balik ke bengkel bakal diomeli bini...beli mbl kok spt ini bikin repot

seenak2nya fe ini...brani beli baru dr awal? ato cuma worthed klo dpt seken harga miring?
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Venturtle »

Nice review om..
Foto2nya mantap banget.. :mky_02:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ipat »

Mobil korea yg cantik dari depan sampe belakang, terutama rearlamp kalo nyala keren.. beberapa yg saya liat, rata2 bumper belakang deket exhaust tips item bekas asap solar,padahal kalo lagi akselerasi ga ngebul parah ni mobil
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Swedeppon »

Reviewnya baik sekali bung, saya dulu baca review tucson disini ternyata tulisannya sama dari bung chz juga hehe
kebetulan baru tadi sy nanya dipage sebelah dijawab oleh bung chz soal handling dn feedback dari santafe, eh tiba2 lgs dibuatkan reviewnya juga
ChZ wrote: Fri May 11, 2018 9:51 Saat jalan, yang pertama terasa adalah setirnya yang punya cukup feedback dibanding Civic FB saya, ternyata baru sadar kalau SantaFe ini pakai Hydraulic. Pantes. Feeling setirnya pun nggak vague seperti Toyota Harrier yang HPS tapi rasa EPS : cuma dapet beratnya doang. Setir di SantaFe ini cukup komunikatif dan bobotnya pas. Di SantaFe tidak ada mode-mode pengatur bobot setir (Yang membuat Tucson terbaru meskipun punya level chassis setara CX-5, tapi steeringnya kayak main wangan... sintetik). Ada mode Eco tapi hanya throttle response saja yang diatur. Meskipun saya tetap struggling karena setirnya besar dan rasio setirnya tidak se agresif CR-V RW maupun CX-5.
nah yang ini, mungkin memang tipikal toyota rata2 begitu kali ya, saya pernah pakai harrier yg dulu, ngak ada enak2nya itu setir
ChZ wrote: Fri May 11, 2018 9:51 Dengan pengalaman setir yang demikian, rasanya akan lebih cocok jika SantaFe dibawa bersantai saja tanpa harus banyak meliuk-liuk. Mungkin memang ia berbeda dari RW maupun CX-5. Baiklah, dan dugaan saya tepat. Masuk ke jalan tol, SantaFe begitu rileks untuk dikemudikan. Tidak perlu effort besar, mesin berkitir di bawah 2000 RPM saat lari 100 km/jam, dan karakter suspensi yang lembut bikin sensasinya mirip naik kapal - in a good way. Tidak se "kapal" All New Pajero Sport, tapi tidak keras juga. Setidaknya format sasis monokok membuatnya punya low center of gravity sehingga nggak limbung-limbung amat.

Rem mobil ini karakternya pedalnya cukup soft, perlu pembiasaan di awal kalau terbiasa bawa mobil Jepang. Tapi remnya cukup pakem dan nggak terasa kedodoran.
artinya untuk suspensi memang dia bisa balance ya diantara kedua itu, new pjs saya rasakan memang nyaman suspensinya tp agak terasa mengambang sedikit, sementara kerasnya cx5 menurut saya sdh cukup seimbang tp itu sy rasakan saat nyetir, berbeda saat jd penumpang agak agak kekerasan sedikit

karakter remnya artinya spt rem eropa ya, salah satu rem eropa yg pernah sy coba dan sy paling suka di e38 730il, sangat halus dan gradual,dimana saya bisa ngerem dengan sangat presisi dan gaada tuh namanya nyentak2, suspensinya juga amazing, libas poldur kaya ngga ada poldurnya

soal fitur sebetulnya tidak terlalu relevan saya rasa apalagi kita beli mobil untuk mstinya menikmati ride qualitynya , secara value for money untuk mobil bekas , ride quality dan fitur yg ada saya rasa lbh baik dr dakar lama, dan sy dulu pernah tanya2 disatu page soal spec trim awd yg langka sekali dimana vsc hsa sdh standard tp ntah jumlah airbagnya brp, dulu sy sempat lihat unitnya di iims 2013, dan dulu karena nemani org dan buru2,sy hanya notice passenger eseat dengan heater seat, sayangnya itu sj
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by batumakam »

Cobain yg versi awd
Worth every penny!
Btw yg di indo kayaknya swb ya? Waktu 'main' ke korea sempat nyoba yg versi 'lokal' , perasan saya lebih panjang plus lebih lega baris ke-2
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by sintoni »

Kalo semua mau beli bekasnya, ga ada yg mau beli baru, gimana ada stok bekasnya?

Hahaha.
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ngalih »

Klo dibanding dgn sodaranya sorento?
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Jose »

Beberapa minggu gak login SM krn lagi ngebolang ke negeri orang, tiba2 liat status IG nya bro chz yg mulai merambah diesel, langsung tau berarti udah ada reviewnya di SM :D

Mobil ini tadinya sempat masuk kandidat utk saya pinang sebelum akhirnya putusin ambil sedan V6, krn powertrain spec-nya bener2 menggiurkan. Namun akhirnya harus dicoret krn saya bener2 buta maintenance mobil2 korea & parts masih rada susah di sentra onderdil.

Tapi baru2 ini saya dibikin penasaran lagi sm santa fe, krn mobil ini satu2nya SUV diesel non eropa yg bisa nguntit 3.5Q saya sampe 180 kpj, diatas itu baru bisa saya tinggalin. Biasanya diesel2 lain (kondisi standar) udah ketinggalan dari 150 kpj. Sempet wow juga sih..maybe sometimes ketika maintenance & parts H miring mulai bersahabat saya bisa minang mobilnya.

Mengenai Quote saya.. Owning a powerful car is fun..asyiknya skrg kita punya jalan pintas krn mobil2 seperti ini nilainya tersungkur hingga seharga LMPV/LCGC thanks to global green/Eco car trending.. sebuah kesempatan menyalurkan jiwa petrolhead with reasonable price yg mungkin tidak akan terulang lagi di masa mendatang ketika pasar mobkas pun sudah dibanjiri mobil green/ECO cars..populasi mobil2 powerful sudah menyusut karena sebagian besar sudah jadi penghuni junkyard dan unit yg tersisa sudah berada ditangan kolektor.
Increase speed = increase Risk
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by devin96 »

Sadis nih om torsi sm hp nya, oh iya klo di hyundai di rekomen ganti filter solar nya tiap brp km om? tiap 10 rb kah?
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

devin96 wrote: Sat May 12, 2018 19:21 Sadis nih om torsi sm hp nya, oh iya klo di hyundai di rekomen ganti filter solar nya tiap brp km om? tiap 10 rb kah?
Main filter 10rb KM

Filter dua duanya ganti di 20rb KM

Selama isi dex yaa..
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

ngalih wrote: Sat May 12, 2018 16:01 Klo dibanding dgn sodaranya sorento?
Sama aja mobilnya.

Cuma beda tampilan dan interior seperti nokia jadul aja, bisa ganti casing.

Beda secara mekanikal ga ada. Cuma palingan santa fe ga ada diesel particulate filter, klakson masih positif dan negatif biasa, velg besaran, lampu hid.

Kalau sorento yang masuk sini masih Korean Domestic Market punya, jadi pakai DPF, klaksonnya punya soket khusus yang saya punya mati ganti pakai BMW seri 7 Fiamm karena colokannya mirip dan saya modifikasi sendiri ama temen, velg 18 dan lampu masih halogen terintegrasi sama penutupnya(harus modif penutup lampu kalau mau HID).

Sisanya sama aja sih. Shock sama, rem sama, brake pad sama, filter solar sama, hampir semua sama sih.. oh ya, santa fe hidrolik steering, sorento sudah EPS jadi enteng banget setirnya dan sy akalin ganti ban besaran. Dan santa fe lebih responsif dan galak urusan tarikan karena non DPF tersebut, sorento lebih linear dan di urut tarikannya.

Problem utama dulu ya cari klakson yang cocok.. hehehe
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Jose wrote: Sat May 12, 2018 18:32 Beberapa minggu gak login SM krn lagi ngebolang ke negeri orang, tiba2 liat status IG nya bro chz yg mulai merambah diesel, langsung tau berarti udah ada reviewnya di SM :D

Mobil ini tadinya sempat masuk kandidat utk saya pinang sebelum akhirnya putusin ambil sedan V6, krn powertrain spec-nya bener2 menggiurkan. Namun akhirnya harus dicoret krn saya bener2 buta maintenance mobil2 korea & parts masih rada susah di sentra onderdil.

Tapi baru2 ini saya dibikin penasaran lagi sm santa fe, krn mobil ini satu2nya SUV diesel non eropa yg bisa nguntit 3.5Q saya sampe 180 kpj, diatas itu baru bisa saya tinggalin. Biasanya diesel2 lain (kondisi standar) udah ketinggalan dari 150 kpj. Sempet wow juga sih..maybe sometimes ketika maintenance & parts H miring mulai bersahabat saya bisa minang mobilnya.

Mengenai Quote saya.. Owning a powerful car is fun..asyiknya skrg kita punya jalan pintas krn mobil2 seperti ini nilainya tersungkur hingga seharga LMPV/LCGC thanks to global green/Eco car trending.. sebuah kesempatan menyalurkan jiwa petrolhead with reasonable price yg mungkin tidak akan terulang lagi di masa mendatang ketika pasar mobkas pun sudah dibanjiri mobil green/ECO cars..populasi mobil2 powerful sudah menyusut karena sebagian besar sudah jadi penghuni junkyard dan unit yg tersisa sudah berada ditangan kolektor.
Urusan tarikan memang korean brothers ini paling kuat. Tapi top speed di limited 190km/h sehingga ga bisa ikutin mobil bro. Padahal tenaga masih ada..

But over 190km/h yg harus di perhatikan adalah remnya, karena remnya masih blm bisa sekuat mobil european..

Pengen sih iseng ke om member SM di serpong ya, tuning sorento biar 500an NM, tapi takut remnya nih sama bannya harus di lebarin lg.. wkwkwkkw.. padahal lebar 255 sudah pas bener di kolong, kalau 265 takut mentok shock.
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by psiturism »

vp920b wrote: Fri May 11, 2018 15:46
Jalan ngebut di tol. Kalau asap hitam berarti solar busuk or pembakaran kotor.

Kalau warna abu abu, itu cuma water condensation. Sering sy alami di sorento.

Kebut aja ampe 190km/h, langsung ilang. Kudu ganti filter solar per 10rb km sekali. Biar selalu bersih.

Santa fe lebih tahan dengan solar busuk, karena tdk ada dpf. Sorento ada dpf, jd mudah sekali ketahuan.

Untuk transmisi menurut saya lebih OK dibanding fortuner 2gd sekarang koq. Masih lebih sigap, cuma downhill suka ga mau engine brake, ya pakai tiptronic aja..
jd santafe ini sama sekali gabisa isi bbm selain dex atau direkomendasikan utk isi dex, tp masih bs kalo dicekokin solbus? kaya misal kalo di mobil saya, isi solbus trus cm konsekuensinya ganti filsol lebih cepet, 5rb KM ud ganti. kalo dex 10rb KM baru ganti gpp.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

ngalih wrote: Sat May 12, 2018 3:32 Oya bikin video reviewnya dong... Bulan ni blom ada video baru
Ditunggu oom... :mky_01:

video barunya mobil LCGC aja kok :mky_01:

masih banyak bahan belom sempat kesentuh...
tuperware wrote: Sat May 12, 2018 6:21
uda purging jg blom om? brapa biaya purgingnya?
Purging di santi susah om... ga sembarang bengkel brani krn jalurnya agak rumit. Saya si waktu dapet pertama pake LiquiMoly Diesel Purge dituang ke tank pas posisi 1/2 tank...
liep wrote: Sat May 12, 2018 9:04 baca ripiunya sambil mikir..om chz kok nyari mslh dg beli korean...yg odo tinggi ga jelas angkanya dan byk prnya...tp mungkin itu yg dmaksud demen raw cars ya? ane blm selevel itu nyalinya...maklum duit cekak...bolak balik ke bengkel bakal diomeli bini...beli mbl kok spt ini bikin repot

seenak2nya fe ini...brani beli baru dr awal? ato cuma worthed klo dpt seken harga miring?
Sbnrnya yg cari "masalah" ni bokap ane... :mky_01: wong awalnya mau CR-V Turbo eh larinya malah ke korean odo capek. Tapi alesan demen dan susah unitnya ya uda dibungkus aje...

Saya demen mobil yang bagus dan enak om... :mky_01: raw cars yang nggak bikin sulit kehidupan nggak kebanyakan elektronik. Hidup uda susah coy jangan dibikin tambah susah.

Yg worth it seken om... klo baru speknya cukup menyedihkan buat harga 570juta... :big_childish: ga tau malang ama sby OTRnya sama ngga om liep... di sby kemaren cek sih CRDi AT baru 570juta.. yg limited lebih mahal
Venturtle wrote: Sat May 12, 2018 11:56 Nice review om..
Foto2nya mantap banget.. :mky_02:
makasih oom :mky_01:
Swedeppon wrote: Sat May 12, 2018 15:06 Reviewnya baik sekali bung, saya dulu baca review tucson disini ternyata tulisannya sama dari bung chz juga hehe
kebetulan baru tadi sy nanya dipage sebelah dijawab oleh bung chz soal handling dn feedback dari santafe, eh tiba2 lgs dibuatkan reviewnya juga

nah yang ini, mungkin memang tipikal toyota rata2 begitu kali ya, saya pernah pakai harrier yg dulu, ngak ada enak2nya itu setir

artinya untuk suspensi memang dia bisa balance ya diantara kedua itu, new pjs saya rasakan memang nyaman suspensinya tp agak terasa mengambang sedikit, sementara kerasnya cx5 menurut saya sdh cukup seimbang tp itu sy rasakan saat nyetir, berbeda saat jd penumpang agak agak kekerasan sedikit

karakter remnya artinya spt rem eropa ya, salah satu rem eropa yg pernah sy coba dan sy paling suka di e38 730il, sangat halus dan gradual,dimana saya bisa ngerem dengan sangat presisi dan gaada tuh namanya nyentak2, suspensinya juga amazing, libas poldur kaya ngga ada poldurnya

soal fitur sebetulnya tidak terlalu relevan saya rasa apalagi kita beli mobil untuk mstinya menikmati ride qualitynya , secara value for money untuk mobil bekas , ride quality dan fitur yg ada saya rasa lbh baik dr dakar lama, dan sy dulu pernah tanya2 disatu page soal spec trim awd yg langka sekali dimana vsc hsa sdh standard tp ntah jumlah airbagnya brp, dulu sy sempat lihat unitnya di iims 2013, dan dulu karena nemani org dan buru2,sy hanya notice passenger eseat dengan heater seat, sayangnya itu sj
Krn saya pegang Harrier 240G dan SantaFe jelas berasa SantaFe lebih direct... bahkan dibanding Camry XV40 yg masih hidrolik jg tetep enak setirnya SantaFe :mky_01: .

Nah balance tapi nurut saya masih kurang fine-tuned sasisnya oom... butuh semacem underbrace ama strutbar. Klo lari di tol kenceng pindah jalur berasa goyangan bodinya loh. Jauh klo saya bandingin sama CX-5 atau CR-V Turbo... tuh dua jepang lebih refined klo buat manuver. Yah tapi bukan masalah berat sih karena ini SUV ya.

Wuidih 730iL... ama SantaFe msh jauh oom. Remnya lumayan soft dan gradual nggak sampe nyentak bikin kaget, tapi pakem buat berentiin mobil sebesar dan sekenceng ini.

Ho oh tapi sebenernya saya cuma expect fitur seperti airbag 7 buah dan fitur standar untuk SUV modern seperti HDC, HSA, VSC. Klo untuk infotainment atau gadget sensor-sensor itu sih rasanya gak terlalu relevan, meskipun SantaFe yang facelift udah dikasih HU yang layar ada 360 degree view... di tipe limited klo ngga salah. Yang AWD barang langka dulu harga klo ngga salah 600juta-an yah oom ? Naksir sih seandainya nemu yang AWD secara kelengkapan bikin miris hati liat yang FWD :big_dunno:
batumakam wrote: Sat May 12, 2018 15:40 Cobain yg versi awd
Worth every penny!
Btw yg di indo kayaknya swb ya? Waktu 'main' ke korea sempat nyoba yg versi 'lokal' , perasan saya lebih panjang plus lebih lega baris ke-2
Di Indo cuma ada yang SWB om FWD/AWD... yang LWB ngga masuk. Naksir yang AWD tp barunya dah ngga ada dan sekennya jarang :e-wall:
sintoni wrote: Sat May 12, 2018 15:48 Kalo semua mau beli bekasnya, ga ada yg mau beli baru, gimana ada stok bekasnya?

Hahaha.
Ya situ lah yang borong bos... bos balikpapan 570jt kan kayak ngeluarin receh...

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jose wrote: Sat May 12, 2018 18:32 Beberapa minggu gak login SM krn lagi ngebolang ke negeri orang, tiba2 liat status IG nya bro chz yg mulai merambah diesel, langsung tau berarti udah ada reviewnya di SM :D

Mobil ini tadinya sempat masuk kandidat utk saya pinang sebelum akhirnya putusin ambil sedan V6, krn powertrain spec-nya bener2 menggiurkan. Namun akhirnya harus dicoret krn saya bener2 buta maintenance mobil2 korea & parts masih rada susah di sentra onderdil.

Tapi baru2 ini saya dibikin penasaran lagi sm santa fe, krn mobil ini satu2nya SUV diesel non eropa yg bisa nguntit 3.5Q saya sampe 180 kpj, diatas itu baru bisa saya tinggalin. Biasanya diesel2 lain (kondisi standar) udah ketinggalan dari 150 kpj. Sempet wow juga sih..maybe sometimes ketika maintenance & parts H miring mulai bersahabat saya bisa minang mobilnya.

Mengenai Quote saya.. Owning a powerful car is fun..asyiknya skrg kita punya jalan pintas krn mobil2 seperti ini nilainya tersungkur hingga seharga LMPV/LCGC thanks to global green/Eco car trending.. sebuah kesempatan menyalurkan jiwa petrolhead with reasonable price yg mungkin tidak akan terulang lagi di masa mendatang ketika pasar mobkas pun sudah dibanjiri mobil green/ECO cars..populasi mobil2 powerful sudah menyusut karena sebagian besar sudah jadi penghuni junkyard dan unit yg tersisa sudah berada ditangan kolektor.
Wow oom Jose nongol... kena copyright infringement nih gue :ngacir:

Sebenernya meminang Santi odo tinggi dan buta maintenis koreaan juga gak didasarkan pada logika berpikir manusia normal ... krn alasan terkuat bokap ane meminang santi adalah : kepengen, ngidam, bukan butuh :big_slap: semacem pelampiasan midlife crisisnya dia.

Which is makanya ane bawa ke BeRes krn buta maintenis Korea sama sekali... palagi gak biasa pegang Turbodiesel jd ngga ngerti ritual apa aja yg mesti dikerjain. Masalahnya buat mobil Diesel, Santi juga bukan Diesel yang "gampang" buat bengkel luar :big_slap: klo bawa Pajero/Fortuner uda gampang suruh orang luar pegang.

Kemarin waktu jalan roadtrip sama temen-temen SM Roadtrip ke Madura sempet nyentuh 160 kpj dan masih powerful sekali buat nambah... sayang banyak truk ke Madura :big_slap: ngeri ye om mobil sedan V6 bisa dikuntit ama SUV turbodiesel Korea :mky_01: Paling seneng klo ngerjain alay-alay pake avanza di tol... naikin gas dikit ke 2000-3000 RPM torsi flatnya langsung "kick-in" :mky_01: ketinggalan gak ngejer semua.

Yang asik sebenernya dr beli santi ini krn gak ada guilty feeling beli mobil 500juta++ terondolan. Istilahnya fitur kopong ya udah daripada beli Xpander, udah indent 3 bulan nggak lebih enak dari Santi pulak :big_weee: Buat orang ngerti mobil sayang sih spend 200juta buat beli econobox.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Woompy »

Kangen sama review komprehensif ala mod chz + banyak foto2, nice review mod :big_exellent:

Anyway, sebagai orang yang suka sama karakter mesin bensin yg middle-high rev, pakai dieselnya santa fe gimana? Apa dijelnya santa fe sama kayak dijelnya r3 yang middle-high revnya enak?
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20