Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

"Fenboi H tegak selingkuh ke H miring ?"

Nyaris lama sekali keluarga kami tidak menyentuh yang namanya merek Korea. Mobil Korea terakhir yang kami pegang itu KIA Picanto 2004 Matic yang saya pakai buat belajar nyetir (udah 10 taun belajar nyetir, gak berasa...) - dan Chevrolet Captiva VCDi 2008 (kalo dianggep mobil Korea). Di keluarga kami, bisa dibilang kami cari yang practical aja : ngambil merek mainstream Jepangan.

Kalo buat mobil kerja ya merek T, yang agak mewahan ambil H, selingkuh dikit-dikit ke N dan S... Muternya ya itu-itu melulu.

Mobil Korea dan Eropa nyaris tidak pernah masuk daftar belanja mobil kami - sampai akhirnya tahun 2018 ini.

Meskipun udah lama ngidam, tapi kota Semarang yang mana brand "non-mainstream" jarang unitnya membuat kami kesulitan untuk menemukan mobil bekas selain brand Jepangan yang populer. Sangat overkill beli mobil kondisi baru minim diskon kalo tipikal orang yang "gampang bosen". Ngambil kondisi baru pun kadang karena sreg dengan model dan diskon yang bagus - itupun selalu merek populer.

Percayalah kata-kata "beli mobil kan dinikmatin, ngapain mikir jual lagi" itu irrelevant buat kami. Nggak segampang itu tinggal di daerah ngejual mobil non-mainstream. Bukan masalah resale value nyungsep, boro-boro nyungsep deh, ditawarnya kadang sadis dan malah showroom pada kagak berani ngambil takut jadi barang "mangkrak" krn sepi peminat.

Di awal kemunculannya Hyundai Santa Fe CRDi sudah menarik hati dengan modelnya yang kontemporer dan revolusioner - berbeda dengan mobil Korea lawas yang cenderung datar dan boring - thanks to orang Eropa yang pada rela "dibajak" ke pabrikan KorSel (sampai Hyundai punya Motorsport Division berkat ex orang BMW ///M). Sayang harga baru yang out of budget dan sulitnya unit bekas membuat kami baru kesampean ngangkut janda nya di 2018 ini - 6 tahun tepat setelah model generasi 3 ini diperkenalkan dan sudah keluar model penggantinya di pasar internasional.

Entah karena jodoh atau apa, ini cuma berawal dari obrolan iseng makan siang kami liat-liat di web mobil bekas - malah awalnya mau cari plat Jatim saja kalo nggak nemu di Jateng. Eh, nggak lama mata kami tertuju ke sebuah Hyundai SantaFe CRDi putih di sebuah dealer mobil bekas. Setelah sempatkan diri mampir, nyoba dan tawar - tawaran harga, akhirnya deal di harga yang cukup "cakep" sesuai tahun dan kondisi.

Dan karena satu dan lain hal, akhirnya disepakati : mobil ini ditukar-tambahkan ke Civic 2012 saya yang kondisinya acakadut. So, the car is currently in my possession right now. Jadi beberapa rekan yang ngerti saya begitu cinta dengan merek H - ngegodain saya selingkuh ke H miring... gakpapa, masih sama-sama merek H kan ?

Eh ya nggak selingkuh juga deng, masih ada CiBo Hatchback di rumah...

So, this is our first Korean car since 10 years ago... and the second time we got a Commonrail Diesel in our garage...

Image

------------------------------------------
Vehicle Spec

Hyundai SantaFe CRDi A/T (Chassis code : DM)
Model Year 2013
2.2Liter DOHC CRDi 16V - Front Wheel Drive, Monocoque
195HP / 445Nm
Automatic, 6-speed Torque Converter
ODO Read : 129.[cencored] (currently)
Type of Fuel : Diesel (DEX Only - officially stated by Hyundai)

---------------------------------------
Styling

Mobil ini lahir sezaman dengan Honda CR-V RM (generasi 4) dan Mazda CX-5 generasi pertama. Dan anda mestinya setuju kalau mobil ini dijejerkan dengan Honda CR-V RW (generasi 5 - CR-V Turbo) dan Mazda CX-5 generasi kedua, SantaFe masih belum terlihat ketinggalan zaman. Well ya, we are comparing a car that comes from 5 years ago and still cope with today's SUV design.

Image

Image

Image

Mungkin ini ada pengaruhnya juga dari kiblat desain Korea yang mengarah ke Eropa : timeless. Desain SantaFe seakan dibuat untuk bertahan hingga 3-5 tahun ke depan.

Image

Image

Image

Image

Proporsinya pas secara panjang, lebar, dan tinggi. Panjang tapi nggak terlalu panjang, lebar tanpa harus norak diakalin pake over-fender, tinggi tanpa harus berlebihan. Secara proporsi, menurut saya yang comes close hanya CR-V Turbo, tapi ya sekali lagi ini subjektif.

Image

Yah mobil ini lebarnya 1.880mm... lebih lebar 65mm dibanding Pajero Sport lama...

Nggak ada cacat sama sekali di desainnya, semua mengalir, kesan modern dan tough berpadu di sini. Velg 19 inch yang digunakan pun serasi dengan proporsi tubuhnya.

Lho, tapi kan SantaFe sebenernya lawan dari CX-9 ?

Menurut saya ada mis-information disini. Yang jadi lawannya CX-9 (dan CX-8 kalau sekarang) adalah SantaFe LWB (dimensi panjangnya sekitar 4.9 meter dan wheelbase 2.8 meter - menyerupai CX-9), sedangkan SantaFe spek Indonesia (along with Sorento) adalah "SantaFe Sport" dengan dimensi yang lebih menyerupai kelas Nissan X-Trail, Honda CR-V, dan Mazda CX-5.

Image

Interior dan Akomodasi

Indah, tapi kurang intuitif. Ini kalimat yang pas menggambarkan betapa bagus sekaligus kacaunya desain interior SantaFe bagi saya.

Kita mulai dari yang bagus dulu.

Terlihat desainer Hyundai sengaja ingin menunjukkan kesan modern di interior SantaFe dengan banyak lekukan - lekukan dan model dasbor bertumpuk. Tidak lagi datar seperti SantaFe generasi sebelumnya. Bahkan, jauh lebih atraktif dibanding rival Jepangnya.

Image

Image

Cluster meter menggunakan desain yang atraktif dan modern - di zaman awal keluar mobil ini liat speedometer CR-V RM jadi berasa miris. MID di tengah meskipun bukan full pixel tapi lumayanlah, untuk zamannya... lainnya juga masih belum full pixel. Kecuali Outlander Sport PX.

Image

Bahan plastik yang digunakan pun berkualitas, panelgap konsisten, dan jujur yang membuat SantaFe jelas meninggalkan SUV Jepang modern adalah kepresisian dari interiornya. Di saat SUV Jepang modern yang udah CKD belasan tahun masih nggak bisa menghadirkan kualitas yang konsisten - apalagi sampe tombol shiftknob patah, ini sebuah mobil Korea underdog dengan odometer lebih dari 100k dan berusia 5 tahun - not a single rattle or peel in the interior. Seluruh bagian interior masih sangat konsisten untuk ukuran mobil yang saya bilang "capek". :frm_salut: sebuah progress besar dari merek yang masih dipandang sebelah mata.

Image

Image

I like how the button feels, semua bagian terasa mahalnya. Ngebuka pintu serasa mobil Eropa, berat dan padat. Jadi miris kalo ketemu Fortuner atau CR-V baru yang gak bisa ngasih feeling nutup pintu sepadat ini. Terasa bener-bener di mobil "mahal" bukan di mobil "sunatan" yang dimahalin walaupun status CKD demi mengisi kantong - kantong para kapitalis...

Oke, lalu bagian buruknya ?

Sayangnya ini yang membuat SantaFe walaupun konsisten secara kualitas, tapi masih perlu banyak belajar dari Honda. Why Honda ?

Seumur-umur saya pake Honda, I always love how those Japanese guys (ya sekarang American...) design a car. Setiap detail design betul-betul intuitif untuk penggunanya. Peletakan tombol - tombol, posisi setir, jok, interior, semuanya terasa pas dan mudah dioperasikan meskipun di Honda yang american-developed sekarang cenderung posturnya orang bule yang dipake (Civic dan CR-V Turbo diset di posisi paling rendah kurang friendly buat postur orang Asia kebanyakan - terutama wanita).

Di SantaFe, flawnya banyak sekali, sorry to say. Bukan karena saya penggemar Honda (di bagian sebelumnya saya udah kritik Honda habis-habisan soal kualitas), tapi even postur saya yang cukup bisa dibilang tinggi pun, saya ngerasa tenggelam di dalem SantaFe. Not a good thing...

Saya punya kebiasaan selalu set posisi duduk di paling rendah apapun mobilnya. Dan bagi saya settingan tempat duduk SantaFe bukan yang terlalu tinggi dan terlalu rendah, tapi saya tetep ngerasa tenggelam. Profil dasbornya tinggi karena maksa desain bertumpuk tadi, lalu setir juga terlalu besar ukurannya.

Akibatnya, nyetir SantaFe harus jadi extra cautious karena banyak tertutup blind spot.

Belum laci dasbor tengah yang meminjam kata om AD74YA : perlu tangan sepanjang simpanse buat meraihnya. Lalu yang saya kurang suka lainnya posisi gear lever yang nggak level dengan armrestnya. Armrestnya tebel dan besar, sementara gear levernya pendek. Jadi menimbulkan posisi yang kurang nyaman waktu ngoper.

Heran, padahal postur orang Korea itu sebenernya ya nggak jauh sama orang Jepang atau orang Indonesia. I know this karena saya kerja berurusan dengan banyak orang Korea. Mungkin karena chief designernya orang Jerman jadi ngikut postur orang bule juga...?

Selain flaw design, kekurangan lain ada pada fitur. Mungkin kalo diadu kalah - kalahan fitur, cuma Fortuner VRZ yang lebih miris. Masalahnya, SantaFe sekarang OTRnya 50 juta lebih mahal dari VRZ TRD.

Airbag cuma 2 (CX-5 dan CR-V Prestige ada 6, Pajero Ultimate ada 7, bahkan semiskin-miskinnya VRZ masih ada 3), ABS, EBD, BA, tidak ada Stability Control, tidak ada Hill-start assist, tidak ada Hill-descent control, tidak AWD. Instead, HMI malah memasukkan cruise control (totally useless in Indonesia) dan Panoramic Roof. Well ya, panoramic roof itu gimmick keren, tapi I would like to trade it with extra 4 airbags, VSC, HDC, HSA.

Setidaknya, kalopun nggak kepake, saya jadi ngerasa mobil ini worth it dengan harga segitu gitu lho. Mosok 570 juta kelengkapan kalah sama Innova V...

Image

Belom head unit yang layar biru monokrom dan interface nya kurang user friendly.

Image

Whatever, saya belinya juga seharga LMPV baru... Setidaknya itu menghibur karena udah de-valued kurang dari 1/2 harga barunya.

Soal akomodasi, this car is big, really big. Lebarnya 1880mm, lebih lebar dari Pajero Sport, dan ini lebar asli bukan karena overfender. Ruang kabinnya luas, ruang kepalanya berlimpah, ruang kaki pun demikian. Sayangnya baris ketiga ya kayak cuma hiasan. Ngeliat sisa legroom jadi nggak tega masukin orang ke sana.

Plus, akses baris ketiganya agak butuh otot sedikit karena buka tutup jok baris kedua nya itu berat. Joknya tebel banget.

-----------------------------------------------
Driving

Mendapatkan sebuah SantaFe dengan odometer tinggi membuat saya justru pede dengan ketahanan mesin ini. Hyundai Indonesia sangat pede ketika pertama kali membawa SantaFe CRDi ke Indonesia dengan mesin yang spesifikasinya tidak di-tone down sama sekali untuk "menyenangkan" orang banyak.

Image

Bahkan saking Hyundai merasa pede dengan mesinnya dan yakin pembelinya segmented, di fuel cap dan di buku manual servis semuanya penuh dengan tulisan "WAJIB MENGGUNAKAN PERTAMINA DEX". OK mungkin ini adalah cara marketing Pertamina, tapi saya berharap makin banyak pabrikan yang "berani jujur" dengan barang jualannya, terakhir Suzuki di Ertiga ZDi juga sangat saya apresiasi.

Selain itu, makin banyak tuntutan mobil yang wajib pake DEX, tentunya Pertamina juga punya kewajiban mendistribusikan DEX dengan lebih intensif lagi ke daerah - daerah.

Spek mesin ini untuk sebuah diesel CRD di Indonesia sangat tinggi - bahkan dibanding merek Eropa sekalipun. Berkode R2.2 2.200cc 4 silinder DOHC dengan tenaga 195HP @ 3800 RPM dan torsi raksasa 445 Nm @ 1800 - 2500 RPM. Gila! Saat itu mesin diesel Jepang paling kuat tenaganya hanyalah Pajero Sport Dakar dengan 178 HP dan torsi 350 Nm.

Saat itu transmisinya juga paling canggih di saat Fortuner VNT masih stay dengan 4-speed, Pajero Sport dengan 5-speed, Hyundai dengan 6-speed (along with KIA Sorento CRDi yang juga bermesin sama).

Dibanding rival bermesin bensin seperti CR-V 2.4 Liter dan CX-5 2.5 Liter pun ia masih yang tertinggi. So, performa SantaFe ini terdengar sangat menjanjikan. Best of both worlds antara Petrol dan Diesel. HP nya bensin dapat, Torsi diesel pun dapat.

Start mesin dan saya takjub dengan suara mesin dieselnya yang halus - meskipun punya saya terdengar sedikit kasar karena pemakaian dan kemarin diagnose di Hyundai harus ganti pulley damper assy nya. Tapi sekali lagi wajar karena pemakaian, itupun masih terdengar halus. Di kabin, peredamannya superb! Nyaris tidak terdengar rattle khas mesin diesel dari dalam kabin kecuali waktu digas saja.

Saat jalan, yang pertama terasa adalah setirnya yang punya cukup feedback dibanding Civic FB saya, ternyata baru sadar kalau SantaFe ini pakai Hydraulic. Pantes. Feeling setirnya pun nggak vague seperti Toyota Harrier yang HPS tapi rasa EPS : cuma dapet beratnya doang. Setir di SantaFe ini cukup komunikatif dan bobotnya pas. Di SantaFe tidak ada mode-mode pengatur bobot setir (Yang membuat Tucson terbaru meskipun punya level chassis setara CX-5, tapi steeringnya kayak main wangan... sintetik). Ada mode Eco tapi hanya throttle response saja yang diatur. Meskipun saya tetap struggling karena setirnya besar dan rasio setirnya tidak se agresif CR-V RW maupun CX-5.

Dengan pengalaman setir yang demikian, rasanya akan lebih cocok jika SantaFe dibawa bersantai saja tanpa harus banyak meliuk-liuk. Mungkin memang ia berbeda dari RW maupun CX-5. Baiklah, dan dugaan saya tepat. Masuk ke jalan tol, SantaFe begitu rileks untuk dikemudikan. Tidak perlu effort besar, mesin berkitir di bawah 2000 RPM saat lari 100 km/jam, dan karakter suspensi yang lembut bikin sensasinya mirip naik kapal - in a good way. Tidak se "kapal" All New Pajero Sport, tapi tidak keras juga. Setidaknya format sasis monokok membuatnya punya low center of gravity sehingga nggak limbung-limbung amat.

Rem mobil ini karakternya pedalnya cukup soft, perlu pembiasaan di awal kalau terbiasa bawa mobil Jepang. Tapi remnya cukup pakem dan nggak terasa kedodoran.

Bagaimana dengan mesinnya ?

Inilah nilai plus terbesar dari Hyundai SantaFe CRDi. Mesinnya tidak terasa meledak - ledak di awal seperti Fortuner VRZ, lebih memberikan kesan smooth, padahal ia front-wheel drive. Jadi torsi 445Nm itu efektif dan lebih merata karakternya. Walaupun jika kita usil sedikit, di gerbang tol mobil ini mudah sekali untuk melakukan wheelspin. Tapi sekali lagi, dengan karakter suspensi dan setir yang lebih orientasi ke kenyamanan - mobil ini agak kurang bersahabat untuk dibawa ngebut. Ditambah tanpa kontrol stabilitas, lebih baik dipake santai aja.

Konon, 0-100 nya mobil ini menurut versi beberapa media ada di bawah angka 9 detik. Berimbang dengan SUV bensin modern seperti All New CX-5 dan CR-V Turbo.

Sayangnya semua kebaikan dari mesinnya mesti "dikebiri" oleh tuning TCU yang kurang pinter dikit. Memang 6 speed dan canggih pada zamannya, tapi inilah penyakit yang saya temukan di beberapa mobil Korea seperti Hyundai Tucson bensin 2014 (yang dulu saya buat reviewnya dan cukup kontroversial karena bingung dengan karakter mobil itu), All New Tucson CRDi 2.0, dan SantaFe/Sorento Diesel. Penyakitnya : transmisi suka kagetan dan bingung.

Di SantaFe CRDi, jika dari kondisi cruise ditambah gas atau direm tiba - tiba, terkadang transmisi suka bingung milih gigi sendiri. Kickdown kadang bingung antara milih gigi 2 atau gigi 1, lalu ngerem kadang bisa engine brake kadang bisa ngeloyor gak nurunin gigi. Ini bukan karena ATFnya butuh servis - karakternya memang gini. Referensi dari review om AD74YA 5 taun lalu juga mengatakan demikian. Memang sih bisa diakalin dengan mode sekuensialnya, tapi pointnya beli mobil matic kan bukan itu...

Untuk sementara ini berdasarkan MID konsumsi BBM dalam kota sekitar 1 : 9 - 10 km/l, sebenarnya saya berharap lebih karena ini kondisi belum ganti filter solar dan lain - lainnya, baru oli aja yang baru.

Oh ya, BBM selalu isi DEX. Keras buat dompet mengingat tangkinya dalem, tapi worth the pain...

----------------------------------------------------
Need for Maintenance

Ngambil mobil bekas dengan odo tinggi seperti ini tentunya punya resiko besar di maintenance. Potensi problem akan sangat banyak, dan sejauh ini di mobil saya problem list nya :
- Ganti kompresor AC - udah dibenerin waktu beli.
- Set fanbelt (tensioner, damper pulley, etc... ketahuan waktu general check)
- Kaki-kaki, dan ini problem terkompleks di unit saya. Semua bagian kaki - kakinya bekas rekondisi dan sepertinya kena abuse dari user sebelumnya (ya odometer tinggi untuk mobil tahun segini pastinya kena abuse).

Image

Image

Oh ya, sejauh ini spare part yang udah diganti :
- Kampas rem belakang 1.5 juta
- Filter Solar 478 ribu
- Filter Udara 174ribu
- Cleaning Injector 480ribu
- ATF Genuine @198ribu x 5

ABS sensor sempat menyala, tapi direset oleh bengkel resmi dan sampe sekarang masih belom nyala lagi. Jadi rencana ganti wheel hub belakang kiri ditunda sementara karena masih liat kondisi gimana.

Untuk biaya jasa service nya sendiri agak ngeri di kilo 120ribu (karena gak tau record sebelumnya jadi dimasukin ke paket 120ribu), jasa thok itu 2juta... Total udah habis 6 juta buat benerin nih mobil... kaki-kaki estimasi sekitar 8 juta lagi...

Service sejauh ini dilakukan di dealer Hyundai Surabaya Jl. Sulawesi.

Image

----------------------------------------------------
Conclusion

Bagi penggila fitur, mobil ini akan sangat terlihat menyedihkan karena banyak tombol kosongnya.

Tapi tentunya SantaFe kondisi bekas ini sangat menarik bagi yang mengidamkan SUV Diesel dengan tongkrongan gagah, dengan mesin dieselnya yang merupakan salah satu yang paling canggih, nyaman untuk getaway car di hari libur, dan reliabel. Kapan lagi dapat mobil harga dekat 600 juta dengan harga kurang dari separuhnya ?

Kebutuhan BBM yang mahal ? Ah, mahal itu relatif. Sekarang sama aja beli BBM murah tapi keawetan mesinnya nggak terjamin, belum lagi resiko garansi gugur kan... Pabrikan rekomen apa, ya isilah sesuai rekomendasi pabrikan, jangan ditawar-tawar. Mereka lebih ngerti mesin itu umurnya bisa berapa lama.

Kalo mobil rusak atau sering bolak-balik servis gara-gara ngisi BBM jelek, itu konsekuensi nya nggak cuma hilang uang, tapi hilang waktu, yang otomatis jadi nggak produktif juga kan ?

Dan fakta bahwa unit saya yang kurang terawat saja masih enak dipakai, juga salah satu bukti bahwa mobil Korea tidak perlu lagi diragukan ketahanannya. It has the same level of reliability as Japanese, and better build quality than most Japanese CKDs.

Dengan dana 200-250juta, meng-quote kembali kata - kata bro Jose di review Camry Q nya : anda bisa mengubur dalam-dalam impian anda sebagai seorang petrolhead dan memilih sensibility lalu membeli LMPVs seperti Avanza, Mobilio, Ertiga, Xpander, atau membeli sebuah SUV besar CRD yang will cost you more on fuel and maintenance, tapi sebanding dengan kenikmatannya...

dan bagi SMer yang kenal saya sebagai "raw car" fanboy, SantaFe got enough for a big-sized Diesel SUV with 230 millions rupiah : decent engine and refinement. Not too much gimmick that will cause potential problem in the future.

Reference :

Review Hyundai SantaFe 2013 by AD74YA
viewtopic.php?f=19&t=17456
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by andrijet »

“...Seumur-umur saya pake Honda, I always love how those Japanese guys (ya sekarang American...) design a car. Setiap detail design betul-betul intuitif untuk penggunanya. Peletakan tombol - tombol, posisi setir, jok, interior, semuanya terasa pas dan mudah dioperasikan meskipun di Honda yang american-developed sekarang cenderung posturnya orang bule yang dipake (Civic dan CR-V Turbo diset di posisi paling rendah kurang friendly buat postur orang Asia kebanyakan - terutama wanita)...”

Termasuk yg ini gak, om?
Image
:mky_03: :big_peace:
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by marr »

nice revieww mod emg ganteng parah ni mobil, blm lama ini juga slh satu reviewer kondang jg baru ambil ni boil, emg mantep bgt kyknya buat bejek2 gaspol akap apalagi harga sekennnya cmn seharga lmpv tapi mesinnya so far kyknya blm ada suv monokok/ladder sekelas yg bisa ngimbangin
tuperware
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Mon Mar 28, 2005 4:52

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by tuperware »

wah, kebetulan banget ni emang dari kemaren liat terus di OLX pantau Santa Fe, karena tergiur sama modelnya yang keren, dan panoramic sunroofnya, kebayang kita jalan ke jogja malang dari jakarta bisa dibuka tu panoramic, dan menikmati bintang atau udara segar di Batu Malang atau spot gunung lainnya, dan anakku bisa keluar liat dari atas.. wow.. kebanyang banget.. tapi di jabodetabek rata2 pada mobil capek dan kondisinya banyak yang kurang bagus.. masih belum dapat yg mau jual dengan kondisi oke, atau simpanan.

oh ia om.. ini emang beneran blom ada ABS dan EBD atau BA?
btw boleh info kemaren angkat brapa om?
thanks
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by sintoni »

Nais ripiu Chris.

Enak nih emang mobil on paper.

Tapi ane jg ga suka sama desain centre consolenya, kayak gimana gitu, ga elegan banget.

Ane suk desain centre console yang ga neko2, apalg kalo ingat ini mobil belum dikasi HU touchscreen.

Besok dibawa ya biar ane bisa TD jg. Hahahaha.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

andrijet wrote:“...Seumur-umur saya pake Honda, I always love how those Japanese guys (ya sekarang American...) design a car. Setiap detail design betul-betul intuitif untuk penggunanya. Peletakan tombol - tombol, posisi setir, jok, interior, semuanya terasa pas dan mudah dioperasikan meskipun di Honda yang american-developed sekarang cenderung posturnya orang bule yang dipake (Civic dan CR-V Turbo diset di posisi paling rendah kurang friendly buat postur orang Asia kebanyakan - terutama wanita)...”

Termasuk yg ini gak, om?
Image
:mky_03: :big_peace:
Ah katanya situ suka yang keliatan high tech...

Saya mah tombol AC kompor juga hayuk aja... Penting ademmm...

Dan I'm not a fan of touch panel AC... Jadi yes touch panel di HRV pun menurut saya gak intuitif, meskipun sejauh pake HRV gak pernah sampe terganggu juga.

Tapi harus diakui itu peletakan panel ACnya gak sulit diraih dalam posisi nyetir normal...

I'm kinda practical person. Suka yang simpel simpel aja.
marr wrote:nice revieww mod emg ganteng parah ni mobil, blm lama ini juga slh satu reviewer kondang jg baru ambil ni boil, emg mantep bgt kyknya buat bejek2 gaspol akap apalagi harga sekennnya cmn seharga lmpv tapi mesinnya so far kyknya blm ada suv monokok/ladder sekelas yg bisa ngimbangin
Wkwkwkwk iya ngambil juga karena terinspirasi si reviewer kondang tsb.

Sampe hari ini untuk spek mesin masih salah satu yang paling tinggi... Bahkan dibanding BMW 2.0 liter Diesel sekalipun hpnya masih lebih tinggi Hyundai. Ngeri emang speknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

tuperware wrote: Fri May 11, 2018 10:21 wah, kebetulan banget ni emang dari kemaren liat terus di OLX pantau Santa Fe, karena tergiur sama modelnya yang keren, dan panoramic sunroofnya, kebayang kita jalan ke jogja malang dari jakarta bisa dibuka tu panoramic, dan menikmati bintang atau udara segar di Batu Malang atau spot gunung lainnya, dan anakku bisa keluar liat dari atas.. wow.. kebanyang banget.. tapi di jabodetabek rata2 pada mobil capek dan kondisinya banyak yang kurang bagus.. masih belum dapat yg mau jual dengan kondisi oke, atau simpanan.

oh ia om.. ini emang beneran blom ada ABS dan EBD atau BA?
btw boleh info kemaren angkat brapa om?
thanks
Ni dia om... SantaFe lucunya justru rata-rata capek kondisinya. Hehehe. Rasanya tipikal user SantaFe ya dipake aja gitu.

ABS EBD BA udah kok om... yang belom ada stability control, HSA, HDC, ngeri sih kalo liat fiturnya... ngeri miris maksudnya. Secara harga 70 juta lebih mahal dari CR-V Turbo dan ANF VRZ... 50 juta dari ANF VRZ TRD... Tapi jadi worth it kalo meminang jandanya.

Kemaren penjualnya buka di 240 juta, tapi ditawar 230 juta... karena banyak PR.
sintoni wrote: Fri May 11, 2018 10:25 Nais ripiu Chris.

Enak nih emang mobil on paper.

Tapi ane jg ga suka sama desain centre consolenya, kayak gimana gitu, ga elegan banget.

Ane suk desain centre console yang ga neko2, apalg kalo ingat ini mobil belum dikasi HU touchscreen.

Besok dibawa ya biar ane bisa TD jg. Hahahaha.
Yang feslip model sekarang udah ada HU layar dengan 360 degree view... ini first batch jadi jelek gitu tampangnya.

Ya pasti dibawa lah mobil cuma ini :big_childish: tapi apalah mobil diesel cupu ane dibanding mesin 1NZ legendaris yang lebih kencang dari Bugatti Veyron...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by adiputra4 »

Model exteriornya oke bgt, tp sayang sekali saya gak suka sm bentuk dashboardnya :big_dunno:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by mr_mytplx »

nice review mod.

wow murah y seharga ertiga baru. hahahah. mantabb.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by andrijet »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 10:27
andrijet wrote:“...Seumur-umur saya pake Honda, I always love how those Japanese guys (ya sekarang American...) design a car. Setiap detail design betul-betul intuitif untuk penggunanya. Peletakan tombol - tombol, posisi setir, jok, interior, semuanya terasa pas dan mudah dioperasikan meskipun di Honda yang american-developed sekarang cenderung posturnya orang bule yang dipake (Civic dan CR-V Turbo diset di posisi paling rendah kurang friendly buat postur orang Asia kebanyakan - terutama wanita)...”

Termasuk yg ini gak, om?
Image
:mky_03: :big_peace:
Ah katanya situ suka yang keliatan high tech...

Saya mah tombol AC kompor juga hayuk aja... Penting ademmm...

Dan I'm not a fan of touch panel AC... Jadi yes touch panel di HRV pun menurut saya gak intuitif, meskipun sejauh pake HRV gak pernah sampe terganggu juga.

Tapi harus diakui itu peletakan panel ACnya gak sulit diraih dalam posisi nyetir normal...

I'm kinda practical person. Suka yang simpel simpel aja.
marr wrote:nice revieww mod emg ganteng parah ni mobil, blm lama ini juga slh satu reviewer kondang jg baru ambil ni boil, emg mantep bgt kyknya buat bejek2 gaspol akap apalagi harga sekennnya cmn seharga lmpv tapi mesinnya so far kyknya blm ada suv monokok/ladder sekelas yg bisa ngimbangin
Wkwkwkwk iya ngambil juga karena terinspirasi si reviewer kondang tsb.

Sampe hari ini untuk spek mesin masih salah satu yang paling tinggi... Bahkan dibanding BMW 2.0 liter Diesel sekalipun hpnya masih lebih tinggi Hyundai. Ngeri emang speknya.
Kyk gitu dibilang hi tech..?
:big_chicken:
Hi tech apa dumb tech...
:big_peace:

Yang ini gimana detail dan peletakannya? Pas juga kah?
Image

Touch panel AC yg ‘hi tech’ itu gak cuma di HRV lho, udah merambah Jazz dan City jg CMIIW.
Dan ‘canopy hi tech’ itu gak cuma buat Mobilio, ada versi Honda lainnya juga untuk membuat headunit Honda yg hi tech bisa diliat mata manusia.

Fansboy oke, tapi gak perlu overrated lha, jd ngerasa bias baca reviewnya.
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

adiputra4 wrote: Fri May 11, 2018 10:49 Model exteriornya oke bgt, tp sayang sekali saya gak suka sm bentuk dashboardnya :big_dunno:
Hahahaha desainnya memang agak berlebihan sih om... yang bikin saya bingung juga itu. agak bikin blindspot.
mr_mytplx wrote: Fri May 11, 2018 11:01 nice review mod.

wow murah y seharga ertiga baru. hahahah. mantabb.
ho oh, untuk level mobil segini harga bekasnya menarik.. hehehe...
andrijet wrote: Fri May 11, 2018 11:03 Touch panel AC yg ‘hi tech’ itu gak cuma di HRV lho, udah merambah Jazz dan City jg CMIIW.
Dan ‘canopy hi tech’ itu gak cuma buat Mobilio, ada versi Honda lainnya juga untuk membuat headunit Honda yg hi tech bisa diliat mata manusia.

Fansboy oke, tapi gak perlu overrated lha, jd ngerasa bias baca reviewnya.
:big_peace:
Dikira saya suka touch panel AC di HRV ? Gak sama sekali. Hahaha. Overkill. Gimmick.

Yg harusnya tanya gitu tuh saya. What's wrong with you ?

Saya jg kritik Honda habis-habisan soal kualitas kok, bisa dibaca. Knp giliran saya muji Honda soal interiornya malah dituduh fanboy ? This is a fair subjective opinion based on personal experience... gak setuju boleh, tp jangan asal ngegas apalagi ngatain bias tanpa bukti.

Klo saya biasa pake BMW, ya saya akan bandingkan dengan BMW, tapi karena biasa pake Honda, gak boleh gitu bandingin sama Honda?

Klo cuma mau personal attack, mending ga usah komentar...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by mr_mytplx »

kalau soal pelayanan beres dan ketersediaan spare part gmn mod?

kl jasa 2 jt asal hasil sip sih IMO masih bisa diterima.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Asik.. welcome to the korean club broo..

Harganya miring kaya LMPV tapi naikan european..

Ini yang bikin saya bingung mau jual sorento apa kagak.. hehehe.. karena susah nemuin mobil bagus seharga LMPV jaman sekarang walaupun fiturnya terondol. Tapi build quality ga bohong, semua dibikin 1.5-2x lipet lebih kuat dr mobil jepang, mekanik langganan ane aja lihat kaget, beda banget lah.

Kalau butuh spare part apa, kabarin aja bro chris, nanti sy bantu dari jakarta. Sy dpt diskon masalahnya.. hehehe

Semoga kaki kakinya beres. Saya hampir 50rb km, 3 tahun ga ada masalah.. cuma harus rutin spooring..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

mr_mytplx wrote: Fri May 11, 2018 11:20 kalau soal pelayanan beres dan ketersediaan spare part gmn mod?

kl jasa 2 jt asal hasil sip sih IMO masih bisa diterima.
Ketersediaan spare parts untuk fast moving sih ready stock semua om, kalo slow moving katanya indent maksimal 10 hari...

Nah jujur pelayanan BeRes sebenernya secara SDM oke, tapi entah kenapa SOP nya masih gak bisa se-rapi Jepangan, even sekelas Nissan atau Suzuki masih jauh lebih rapi SOP nya. Tadi ane selesai servis juga mobil ngambil sendiri ditinggal di depan nggak dianterin sama SA nya. Kalo di merek Jepangan pengalaman selalu dianter sampe ke mobil...

Whatever, lebih gak sakit hati nyervis mobil sekelas ini habis 4juta daripada servis Brio bos ane kapan hari habis 1.8 juta :mky_05: :big_slap:
vp920b wrote: Fri May 11, 2018 11:23 Asik.. welcome to the korean club broo..

Harganya miring kaya LMPV tapi naikan european..

Ini yang bikin saya bingung mau jual sorento apa kagak.. hehehe.. karena susah nemuin mobil bagus seharga LMPV jaman sekarang walaupun fiturnya terondol. Tapi build quality ga bohong, semua dibikin 1.5-2x lipet lebih kuat dr mobil jepang, mekanik langganan ane aja lihat kaget, beda banget lah.

Kalau butuh spare part apa, kabarin aja bro chris, nanti sy bantu dari jakarta. Sy dpt diskon masalahnya.. hehehe

Semoga kaki kakinya beres. Saya hampir 50rb km, 3 tahun ga ada masalah.. cuma harus rutin spooring..
Ni dia oom vp920b... Pindah dari Honda ke Hyundai, kok bukan berasa downgrade malah upgrade :big_slap:

Yang ane takjub, meskipun fitur minim tapi gak bohong kalo kena speedbump atau jalanan dengan kontur kurang rata. Entah kenapa ada feel European di bantingan suspensinya. Nyaman sekali.

Reliability juga kuat banget dan bagus banget untuk mobil dengan mileage segini.

Wah siap oom, kebetulan tadi bokap saya baru pesan beberapa parts untuk kaki-kaki. Tar balik semarang mau diberesin kaki-kakinya. Semua rusaknya rata-rata masalah wear n tear saja bukan engineering failure.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by maastricht889 »

Soal transmisi feel e kyk honda 5AT ndak koh? Di crv RE tambah gas dikit downshift, turunan gombel engine brake pol2an, buat ngoper gigi kudu nyari rpm yg pas biar alus wkwk
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by andrijet »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 11:11
adiputra4 wrote: Fri May 11, 2018 10:49 Model exteriornya oke bgt, tp sayang sekali saya gak suka sm bentuk dashboardnya :big_dunno:
Hahahaha desainnya memang agak berlebihan sih om... yang bikin saya bingung juga itu. agak bikin blindspot.
mr_mytplx wrote: Fri May 11, 2018 11:01 nice review mod.

wow murah y seharga ertiga baru. hahahah. mantabb.
ho oh, untuk level mobil segini harga bekasnya menarik.. hehehe...
andrijet wrote: Fri May 11, 2018 11:03 Touch panel AC yg ‘hi tech’ itu gak cuma di HRV lho, udah merambah Jazz dan City jg CMIIW.
Dan ‘canopy hi tech’ itu gak cuma buat Mobilio, ada versi Honda lainnya juga untuk membuat headunit Honda yg hi tech bisa diliat mata manusia.

Fansboy oke, tapi gak perlu overrated lha, jd ngerasa bias baca reviewnya.
:big_peace:
Dikira saya suka touch panel AC di HRV ? Gak sama sekali. Hahaha. Overkill. Gimmick.

Yg harusnya tanya gitu tuh saya. What's wrong with you ? Saya jg kritik Honda habis-habisan soal kualitas kok, bisa dibaca. Knp giliran saya muji Honda soal interiornya malah dituduh fanboy ? This is a subjective opinion based on personal experience... gak setuju boleh, tp jangan asal ngegas apalagi ngatain bias.

Bias dimana review nya ? Bisa disebutin ?
:mky_03:
Ahaha....
Asal ngegas?
Itu emote ketawa2 kurang banyak?
Ngegas bagian mananya seh, om...

Itu lho yg bias saya quote (lagi).
“...Seumur-umur saya pake Honda, I always love how those Japanese guys (ya sekarang American...) design a car. Setiap detail design betul-betul intuitif untuk penggunanya. Peletakan tombol - tombol, posisi setir, jok, interior, semuanya terasa pas dan mudah dioperasikan meskipun di Honda yang american-developed sekarang cenderung posturnya orang bule yang dipake (Civic dan CR-V Turbo diset di posisi paling rendah kurang friendly buat postur orang Asia kebanyakan - terutama wanita)...”

Gak semua Honda interiornya intuitif dan bagus peletakannya.
Touch panel AC aja udah di 3 mobil berbeda.
Belum lagi penempatan headunit yg bikin glare di siang hari.
Beberapa mobil jg yg ngalamin itu.
2 video di bawah juga menunjukan Honda belum bisa membuktikan paragraf yg om sebutkan di atas.



Don’t take it personal ya, om.
:big_smile]
People critics cause they care.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Bro andrijet,

Saya bukan bela bro Chz, tapi ya setiap orang punya opini beda beda. Pastilah bias. Kaya saya fanatik bmw, jujur sy pasti bilang bmw lebih bagus dr merc, tapi nyonyah suka merc, jadi susah deh.

Jadi kalau masalah tempat duduk n ergonomis, itu relatif sih. Ibu saya 160cm, duduk di sorento seneng banget, malah lebih seneng naik sorento dibanding merc krn mudah pengoperasian, padahal harganya merc 3x lipet.. hehehe..

Jadi take it easy aja broo.. susah loh buat orang yg fanatik T dan H untuk pindah hati ke korean cars.. padahal korean cars kalau diluar negri 7 years warranty/150.000 miles. Sayang aja principal ga mau buka pabrik di indo, padahal bs ekspor ke aussie region dan south east asia..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

erwinign wrote: Fri May 11, 2018 11:28 Soal transmisi feel e kyk honda 5AT ndak koh? Di crv RE tambah gas dikit downshift, turunan gombel engine brake pol2an, buat ngoper gigi kudu nyari rpm yg pas biar alus wkwk
Lebih tepatnya transmisi 6AT Hyundai ini bingungan :big_childish: sampe yang pake juga bingung.

Kadang tambah gas bisa upshift, kadang bisa downshift... TCU nya kurang refined. Kadang direm bisa downshift engine brake, kadang cuma lepas gas juga bisa downshift... masih mempelajari karakter transmisi yang cukup membingungkan ini... :big_childish:
andrijet wrote: Fri May 11, 2018 11:29 :mky_03:
Ahaha....
Asal ngegas?
Itu emote ketawa2 kurang banyak?
Ngegas bagian mananya seh, om...

Itu lho yg bias saya quote (lagi).
“...Seumur-umur saya pake Honda, I always love how those Japanese guys (ya sekarang American...) design a car. Setiap detail design betul-betul intuitif untuk penggunanya. Peletakan tombol - tombol, posisi setir, jok, interior, semuanya terasa pas dan mudah dioperasikan meskipun di Honda yang american-developed sekarang cenderung posturnya orang bule yang dipake (Civic dan CR-V Turbo diset di posisi paling rendah kurang friendly buat postur orang Asia kebanyakan - terutama wanita)...”

Gak semua Honda interiornya intuitif dan bagus peletakannya.
Touch panel AC aja udah di 3 mobil berbeda.
Belum lagi penempatan headunit yg bikin glare di siang hari.
Beberapa mobil jg yg ngalamin itu.
2 video di bawah juga menunjukan Honda belum bisa membuktikan paragraf yg om sebutkan di atas.



Don’t take it personal ya, om.
:big_smile]
People critics cause they care.
Ya nggak semua Honda oom, sy akui... Di Honda Brio pun sebenernya kurang intuitif, lampu cabin cuma di tengah itu saya nggak suka.

Yah sekali lagi ane masih menyelipkan sedikit kritikan untuk modern days Honda secara design : didesain di negara bule. Coba liat CR-V posisi nyetirnya di paling mentok bawah itu agak tenggelem dan kehalang kap mesin.

Patokan saya sebenernya Honda zaman old seperti Civic FD, CR-V RE, yang masih didesain mostly oleh Japanese, bukan American. Honda skrg kebanyakan didesain either American atau Indian... Kurang cocok dengan postur orang kita.

Masalahnya, mungkin salah paham kita karena definisi "intuitif" bagi saya dan oom Andri nggak sama... makanya nggak ketemu. Context saya adalah every single compartment di Honda itu nggak perlu kita gerakin badan berlebihan buat ngeraih.

Bagaimanapun, dibanding Jepangan manapun, tetep Hyundai inferior di sisi ini... mesti banyak belajar gimana ngedesain kokpit yang manusiawi.

Yah ginilah namanya juga di dunia maya, salah paham gampang terjadi... klo dah kopdar juga nanti cair :big_peace: pardon me for my roughness.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by andrijet »

vp920b wrote: Fri May 11, 2018 11:36 Bro andrijet,

Saya bukan bela bro Chz, tapi ya setiap orang punya opini beda beda. Pastilah bias. Kaya saya fanatik bmw, jujur sy pasti bilang bmw lebih bagus dr merc, tapi nyonyah suka merc, jadi susah deh.

Jadi kalau masalah tempat duduk n ergonomis, itu relatif sih. Ibu saya 160cm, duduk di sorento seneng banget, malah lebih seneng naik sorento dibanding merc krn mudah pengoperasian, padahal harganya merc 3x lipet.. hehehe..

Jadi take it easy aja broo.. susah loh buat orang yg fanatik T dan H untuk pindah hati ke korean cars.. padahal korean cars kalau diluar negri 7 years warranty/150.000 miles. Sayang aja principal ga mau buka pabrik di indo, padahal bs ekspor ke aussie region dan south east asia..
Seeep..
Santai om, dr tadi saya sambil ngopi dan leyeh2 aja ini.
Mungkin karena media text gak bisa sampein emosi dan intonasi dgn pas, hehehe...
No hard feeling yak buat semua.
:big_sorry: :big_grin:

Saya juga udah abis banyak kok produk2nya Honda.
Brio, Jazz 2x, Freed, sama Accord 2x.
Lagi ngomongin dashboard td, bukan ergonomis tempat duduk.
Di luar ‘dosa’ di beberapa produknya saya setuju sm om ChZ.
Freed sama Civic enak banget posisi instrumentnya.
Ergonomis, intuitif, revolusioner.
Kyknya Honda pelopor deh dan diikuti Peugeot sekarang.
Filosofi big buttonnya juga oke pada zaman dl ketika mobil blm secanggih skrg.
Paling bete aja seh sampe sini jd banyak dummy gr2 potong fitur.

BTW, saya juga fansboy beberapa brand.
Tunjukin deh kekurangan produk yg saya kagumi.
Dijamin saya amini sambil ngakak!
:wkkk:
Namanya jg fansboy...
(kl masih denial sm kekurangannya, berarti blm jd fans, ahaha...)

Sekali lagi mohon maaf yak kl ada statement saya yg dinilai offensive.
:big_sorry:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 11:24
Ni dia oom vp920b... Pindah dari Honda ke Hyundai, kok bukan berasa downgrade malah upgrade :big_slap:

Yang ane takjub, meskipun fitur minim tapi gak bohong kalo kena speedbump atau jalanan dengan kontur kurang rata. Entah kenapa ada feel European di bantingan suspensinya. Nyaman sekali.

Reliability juga kuat banget dan bagus banget untuk mobil dengan mileage segini.

Wah siap oom, kebetulan tadi bokap saya baru pesan beberapa parts untuk kaki-kaki. Tar balik semarang mau diberesin kaki-kakinya. Semua rusaknya rata-rata masalah wear n tear saja bukan engineering failure.
wah lha ini bikin galau. hahahaha.

maksudnya downgrade itu dari honda apa mod? civic turbo kah?

kl sama CRV manteb mana suspensinya bro?

kaki2nya kurang sehat aja masih nyaman y. :big_dunno: :big_dunno:

mantabb. :big_exellent:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Pugman »

Nice review Om, nah ini orang sering merasa kejebak beli mobkas A atau mobkas B karena yang dihitung harga mobilnya saja tanpa persiapan bahwa bagaimanapun dalam mobkas pasti ada part yang perlu diremajakan. Seperti saudara saya kemarin beli Innova bekas yang setelah beberapa bulan dibeli ternyata perlu ganti kopling dan ini dianggap sebagai trouble, padahal buat saya itu ya termasuk consumable.
BTT to mobilnya, dibandingkan sodaranya KIA, saya lebih suka desainnya H miring ini.. Fluidric Sclupture..

:big_grin:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by andrijet »

Cheers om ChZ...!
:emo-flowerforyou:

Back to Hyundai, it just me atau emang interior Hyundai belum catch up sama mobil Jerman yak desainnya?
Hasil desainer bajakan Jerman, exterior kan udah cakep2, interiornya kok masih kerasa desain Koreanya yak..?
Gak fair seh, hehehe.., gara2 bajak orang Audi dan BMW, jd interiornya dibandingin sama brand premium juga.

Kona sang CHR dari Hyundai:
Image

Dalemnya:
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

mr_mytplx wrote: Fri May 11, 2018 11:52
wah lha ini bikin galau. hahahaha.

maksudnya downgrade itu dari honda apa mod? civic turbo kah?

kl sama CRV manteb mana suspensinya bro?

kaki2nya kurang sehat aja masih nyaman y. :big_dunno: :big_dunno:

mantabb. :big_exellent:
Civic FB... dan benchmarking ke rival sezaman nya CR-V RM yang pernah ane pakai sekitar 2 taunan oom.

Klo sama CR-V RW dan Civic Hatch baru deh on-par... Tapi ya masalahnya SantaFe juga udah keluar generasi terbaru. Heheheh. Jadi tinggal nunggu aja masuk Indonesia seberapa jauh improvementnya.

Masalahnya waktu ngomong Hyundai sekarang improvement di sisi engineeringnya cepat sekali. Saya terakhir coba Tucson CRDi Facelift sasisnya punya level rigidity yang sudah menyamai Mazda. Sampe kaget saya ini mobil Hyundai loh, kenapa bisa seenak ini sasisnya... Sayangnya Tucson CRDi udah ganti pake EPS yang buat saya keentengan.

Tu dia... dengan kondisi kurang sehat aja masih nyaman... waktu di diagnose di bengkel resmi gak nyangka rusaknya banyak juga padahal dipake nyaman-nyaman aja.

Mobil begini biasa lewat dari radar mainstream buyer... banyakan nyari SUV diesel larinya ke Pajero atau Fortuner melulu... klo ngomong mobil bekas 250jutaan di SM jawabnya pada Innova D-4D :ngacir: tapi ya sayang juga sih kalo kena orang gak ngerti diisi solar goceng...
Pugman wrote: Fri May 11, 2018 12:00 Nice review Om, nah ini orang sering merasa kejebak beli mobkas A atau mobkas B karena yang dihitung harga mobilnya saja tanpa persiapan bahwa bagaimanapun dalam mobkas pasti ada part yang perlu diremajakan. Seperti saudara saya kemarin beli Innova bekas yang setelah beberapa bulan dibeli ternyata perlu ganti kopling dan ini dianggap sebagai trouble, padahal buat saya itu ya termasuk consumable.
BTT to mobilnya, dibandingkan sodaranya KIA, saya lebih suka desainnya H miring ini.. Fluidric Sclupture..

:big_grin:
Ho oh, makanya saya pajang biaya servis dan harga part supaya nggak misleading. Gimanapun ini mobil kelas 500 juta up, gak bisa biaya maintenance disamain sama Avanza meskipun dapet di OTR sama, belom pajaknya.

Saya sih nggak kaget dengan mileage segini di diagnose isinya wear n tear semua, Masih dalam kategori reliabel karena belom sampe pada level problem elektrikal serius. biaya udah siap, tadi aja habis restorasi mesin total baru berasa enak larinya, kemaren semingguan pake berasa agak berat.
andrijet wrote: Fri May 11, 2018 12:06 Cheers om ChZ...!
:emo-flowerforyou:

Back to Hyundai, it just me atau emang interior Hyundai belum catch up sama mobil Jerman yak desainnya?
Hasil desainer bajakan Jerman, exterior kan udah cakep2, interiornya kok masih kerasa desain Koreanya yak..?
Gak fair seh, hehehe.., gara2 bajak orang Audi dan BMW, jd interiornya dibandingin sama brand premium juga.

Kona sang CHR dari Hyundai:
Image

Dalemnya:
Image
Soal interior memang Hyundai-KIA ini saya rasa masih bingung pakemnya kemana.

Interior New Tucson dan SantaFe itu flownya beda banget. New Tucson cenderung datar sementara SantaFe berlekuk-lekuk. Gak punya pakem jelas misal kayak Mazda gitu yang sama semua layout nya. Interior New Tucson malah cenderung balik ke zaman SantaFe generasi kedua. Padahal Tucson sebelum ini modelnya mirip SantaFe layout dasbornya.

Jadi luar cakep, dalemnya bingung mau gimana kesannya :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
tuperware
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Mon Mar 28, 2005 4:52

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by tuperware »

Tau kalo user sebelumnya pakai dex juga darimana y om? Takutnya dicekok solbus
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

tuperware wrote:Tau kalo user sebelumnya pakai dex juga darimana y om? Takutnya dicekok solbus
Sebenernya saya juga ngga tau cara ngecek nya, mungkin paling ketauan dari suara mesin sih.

Diesel CRD modern diisi solar busuk klo dah umur ketauan dari suara dan getaran. Dulu miara Captiva VCDi isi solar busuk terus, dibanding sama yang brand new berasa banget sih...

Mungkin ada pakar diesel yang mw share gmn cara bedainnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7