Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by alvin23 »

ChZ wrote: 13 May 2018, 23:16 -cut-
Yang asik sebenernya dr beli santi ini krn gak ada guilty feeling beli mobil 500juta++ terondolan. Istilahnya fitur kopong ya udah daripada beli Xpander, udah indent 3 bulan nggak lebih enak dari Santi pulak :big_weee: Buat orang ngerti mobil sayang sih spend 200juta buat beli econobox.
Setuju nih mod, sekarang sweet spotnya mobil bekas saya perhatiin ada di antara 150jt-300 jt ya, bisa dapet mobil bekas keren2 dengan kondisi oke dan umur ga tua2 amat

diatas itu kebanyakan bekas eropaan udah mainnya, masih menarik tapi udh beda level maintenance wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

alvin23 wrote: 13 May 2018, 23:35
ChZ wrote: 13 May 2018, 23:16 -cut-
Yang asik sebenernya dr beli santi ini krn gak ada guilty feeling beli mobil 500juta++ terondolan. Istilahnya fitur kopong ya udah daripada beli Xpander, udah indent 3 bulan nggak lebih enak dari Santi pulak :big_weee: Buat orang ngerti mobil sayang sih spend 200juta buat beli econobox.
Setuju nih mod, sekarang sweet spotnya mobil bekas saya perhatiin ada di antara 150jt-300 jt ya, bisa dapet mobil bekas keren2 dengan kondisi oke dan umur ga tua2 amat

diatas itu kebanyakan bekas eropaan udah mainnya, masih menarik tapi udh beda level maintenance wkwk
Ya oom... level harga segitu sekarang dah bisa dapet mobil mayan keren-keren... Sedan gede macam Accord/Kemri pun dapat. Mayan udah separo harga dibanding barunya. Gengsinya sama. Wkwkwkwkwkw.

Merek Jepang populer sebenernya gak sekuat itu juga sekarang, saya dapet Santi 2013 di 230 sementara CR-V RM non-facelift tipe tertinggi juga dapet di angka 260-an. 260 baru cuma dapet Rush Terios klo SUV :big_slap: yang masih mayan tinggi Fortuner VNT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

psiturism wrote: 13 May 2018, 22:41
vp920b wrote: 11 May 2018, 22:46
Jalan ngebut di tol. Kalau asap hitam berarti solar busuk or pembakaran kotor.

Kalau warna abu abu, itu cuma water condensation. Sering sy alami di sorento.

Kebut aja ampe 190km/h, langsung ilang. Kudu ganti filter solar per 10rb km sekali. Biar selalu bersih.

Santa fe lebih tahan dengan solar busuk, karena tdk ada dpf. Sorento ada dpf, jd mudah sekali ketahuan.

Untuk transmisi menurut saya lebih OK dibanding fortuner 2gd sekarang koq. Masih lebih sigap, cuma downhill suka ga mau engine brake, ya pakai tiptronic aja..
jd santafe ini sama sekali gabisa isi bbm selain dex atau direkomendasikan utk isi dex, tp masih bs kalo dicekokin solbus? kaya misal kalo di mobil saya, isi solbus trus cm konsekuensinya ganti filsol lebih cepet, 5rb KM ud ganti. kalo dex 10rb KM baru ganti gpp.
Kalau terpaksa minum solar busuk bisa.

Bukan boleh minum solbus.

Harus dex apapun ceritanya. Ini diesel kelas european, jadi tidak bisa minum solbus. Euro 3 spec utk santa fe, euro 4 spec utk sorento saya.

Filsol mahal loh, 500rb x 2 filter yakin mau ganti per 5rb km? Belum lg kerjainnya susah ada di belakang? Saya si ogah..

Thanks
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 12 Aug 2016, 13:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Nainggolan21 »

Senang bisa TD mobil ini dipanasnya suhu Bukit Jaddih Bangkalan Madura.
Dan VNT putih berhati hitam juga bisa pose bareng disana
Image
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 24 Jan 2018, 01:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Swedeppon »

ChZ wrote: 13 May 2018, 23:16 Krn saya pegang Harrier 240G dan SantaFe jelas berasa SantaFe lebih direct... bahkan dibanding Camry XV40 yg masih hidrolik jg tetep enak setirnya SantaFe :mky_01: .

Nah balance tapi nurut saya masih kurang fine-tuned sasisnya oom... butuh semacem underbrace ama strutbar. Klo lari di tol kenceng pindah jalur berasa goyangan bodinya loh. Jauh klo saya bandingin sama CX-5 atau CR-V Turbo... tuh dua jepang lebih refined klo buat manuver. Yah tapi bukan masalah berat sih karena ini SUV ya.

Wuidih 730iL... ama SantaFe msh jauh oom. Remnya lumayan soft dan gradual nggak sampe nyentak bikin kaget, tapi pakem buat berentiin mobil sebesar dan sekenceng ini.

Ho oh tapi sebenernya saya cuma expect fitur seperti airbag 7 buah dan fitur standar untuk SUV modern seperti HDC, HSA, VSC. Klo untuk infotainment atau gadget sensor-sensor itu sih rasanya gak terlalu relevan, meskipun SantaFe yang facelift udah dikasih HU yang layar ada 360 degree view... di tipe limited klo ngga salah. Yang AWD barang langka dulu harga klo ngga salah 600juta-an yah oom ? Naksir sih seandainya nemu yang AWD secara kelengkapan bikin miris hati liat yang FWD :big_dunno:

Yang asik sebenernya dr beli santi ini krn gak ada guilty feeling beli mobil 500juta++ terondolan. Istilahnya fitur kopong ya udah daripada beli Xpander, udah indent 3 bulan nggak lebih enak dari Santi pulak :big_weee: Buat orang ngerti mobil sayang sih spend 200juta buat beli econobox.
oalah, artinya perlu strutbar dkk biar lbh refine ya, noted bung
mmg yg awd langka bgt, sy baru baca2 lg web2 lama, yg dijual disini awdnya mid tft vsc hsa komplit dengan steering mode selector dan heater seat tp airbag masih 2 635jt yaampun :frm_bang_head:

itu yg saya bold bikin sy ngak nyesel batal spk sepender, cuma ceritanya beda, sy akhirnya ambil cx5 2.5 touring 13 :mky_01:
sejak ada ntuh mobil, sy nyari mobil ngga mau jauh2 dr yg steering responsenya nurut minimal mirip2 sama ntuh mobil, separah2nya minimal seAnps saya, buat saya itu cukup enak masih ada rasanya biar agak ngambang ky karpet
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

Swedeppon wrote: 14 May 2018, 14:25 oalah, artinya perlu strutbar dkk biar lbh refine ya, noted bung
mmg yg awd langka bgt, sy baru baca2 lg web2 lama, yg dijual disini awdnya mid tft vsc hsa komplit dengan steering mode selector dan heater seat tp airbag masih 2 635jt yaampun :frm_bang_head:

itu yg saya bold bikin sy ngak nyesel batal spk sepender, cuma ceritanya beda, sy akhirnya ambil cx5 2.5 touring 13 :mky_01:
sejak ada ntuh mobil, sy nyari mobil ngga mau jauh2 dr yg steering responsenya nurut minimal mirip2 sama ntuh mobil, separah2nya minimal seAnps saya, buat saya itu cukup enak masih ada rasanya biar agak ngambang ky karpet
Hooh wajib pake chassis reinforcement klo mau agak enak manuvernya. Meskipun tetep lbh mantep daripada duo ladder sih...

AWD airbagnya masih 2 oom? :big_chicken: kirain dapet 6 apa 7 gitu. Brarti ttp ada sunatannya yak.

Wkwkwkwk lumayan kan oom klo budget LMPV baru sekarang bisa dapet SUV yang skrg barunya udah 500juta++ krn resale valuenya jeblok... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 19 Sep 2015, 00:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by psiturism »

vp920b wrote: 14 May 2018, 05:42
psiturism wrote: 13 May 2018, 22:41
vp920b wrote: 11 May 2018, 22:46
Jalan ngebut di tol. Kalau asap hitam berarti solar busuk or pembakaran kotor.

Kalau warna abu abu, itu cuma water condensation. Sering sy alami di sorento.

Kebut aja ampe 190km/h, langsung ilang. Kudu ganti filter solar per 10rb km sekali. Biar selalu bersih.

Santa fe lebih tahan dengan solar busuk, karena tdk ada dpf. Sorento ada dpf, jd mudah sekali ketahuan.

Untuk transmisi menurut saya lebih OK dibanding fortuner 2gd sekarang koq. Masih lebih sigap, cuma downhill suka ga mau engine brake, ya pakai tiptronic aja..
jd santafe ini sama sekali gabisa isi bbm selain dex atau direkomendasikan utk isi dex, tp masih bs kalo dicekokin solbus? kaya misal kalo di mobil saya, isi solbus trus cm konsekuensinya ganti filsol lebih cepet, 5rb KM ud ganti. kalo dex 10rb KM baru ganti gpp.
Kalau terpaksa minum solar busuk bisa.

Bukan boleh minum solbus.

Harus dex apapun ceritanya. Ini diesel kelas european, jadi tidak bisa minum solbus. Euro 3 spec utk santa fe, euro 4 spec utk sorento saya.

Filsol mahal loh, 500rb x 2 filter yakin mau ganti per 5rb km? Belum lg kerjainnya susah ada di belakang? Saya si ogah..

Thanks
oalah gitu ya om..

maklum om biasa pake dijel ngebul2, blm prnh miara dijel kelas yurop.

cm tertarik aja liat harga sekennya anjlok hehe

:big_peace:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 07 Nov 2017, 09:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by kramatbatu »

santa fe ini keliatan gagah & mewah ( apalagi diliat dr blkg pas lampu nyala ) jd salah 1 mbl impian sy yg pgen dibeli hehe. tp tempo hari lg servis mbl di bengkel nemu 1 biji santa fe 2013 ngejogrok lg turun mesin & body sampe debuan parah ( kt montirnya lg nunggu spareparts dr korea & sdh ada di bngkel itu 1bulanan ) mgkin user nya jorok smpe rusak sebegitunya. utk perawatan mesin terbilang mahal/murah & susah apa engga cr sparepartsnya om? :mky_01:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by diidoot »

wah saya baru baca ada yang review hando miring. Excited aja bacanya kalau ada yang review mobil korea gini karena sebagai user mobil korea pasti ada rasa gimana pas merk mobilnya direview

nice review om as usual. Semenjak angkatan i10, i20, i30 (grand avega), new tucson, H1 sama santa fe ini, desain H miring emang mayan outstanding di tahunnya. Bahkan i20 ibu saya kalau disebelahin sama jazz baru juga ga keliatan tua.

Sebenernya saya masih penasaran sama crdi si i20, tapi adanya yang manual tok dan dari trim terbawah. i20 ibu saya yang tipe SG (dapet sunroof sama fitur gimmick yang banyak berguna)
-
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by evolution21 »

ini mobil yg bikin gw kepikiran terus buat family car
kepengen karena exterior gagah, tenaga besar, nyaman, dengernya irit, kayanya cocok utk perjalanan luar kota yg kondisi aspal ga menentu

tp yg bikin ragu, mau ganti model, setirnya ga fun (gw dulu pake captiva bosen krn hal ini), interior jadul, masuk baris 3 ga praktis, transmisi gak pinter? (mirip kaya captiva jg brati ya?)

akhirnya sampe skarang masi mikir2 sambil dipake dulu grandisnya buat family cAR.. hehehe
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: 06 Jun 2012, 21:18

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by jdm86 »

ChZ wrote: 14 May 2018, 15:22
Hooh wajib pake chassis reinforcement klo mau agak enak manuvernya. Meskipun tetep lbh mantep daripada duo ladder sih...

AWD airbagnya masih 2 oom? :big_chicken: kirain dapet 6 apa 7 gitu. Brarti ttp ada sunatannya yak.

Wkwkwkwk lumayan kan oom klo budget LMPV baru sekarang bisa dapet SUV yang skrg barunya udah 500juta++ krn resale valuenya jeblok... :mky_01:
Yang AWD airbagnya 6 kok mod, nanti kalau nemu brochurenya saya upload
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by liemivan86 »

Santa Fe.. Mobil idaman ini...

Sempat test drive sebelum ambil T32, tapi mundur teratur karena harga barunya ngeri banget, plus diskon minim. Waktu saya coba di jalan (semi) off road di daerah galaxy mall Surabaya, istri yang duduk di row 2 santai aja, bahkan dia suka banget duduk di sana, jauh sekali dibanding pajero sport lama yang waktu itu saya pakai. Dan waktu iseng coba pedal to (almost) carpet, literally badan ini nempel di kursi dan nda bisa maju in badan. Mesin nya ngeri banget torsi nya, tapi super fun dengan tenaga sebesar itu.

230 murah sih, di Surabaya rata-rata bekas 2013-2014 minta kisaran 300 an, cuma memang ya kilometer cuma 50rb an sih biasa nya. Kalo uda 70rb, saya uda serem sendiri.

Btw Chris, bengkel Hyundai Sulawesi ok ya? Saya agak ngeri liat bengkel nya kecil banget gitu, mirip kayak bengkel perorangan gitu. Terus untuk diagnosa sebelum pembelian gimana? Apa lumayan detail untuk tahu pr nya apa aja sebelum beli?

Oh, dan kalo mau, safari utama di a yani juga masih bengkel authorized Hyundai, cuma memang dia bukan dealer lagi. Saya kebetulan kenal sama om Hendro, yang punya.
User avatar
dknee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 11 Aug 2013, 23:36

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by dknee »

Ni dia oom vp920b... Pindah dari Honda ke Hyundai, kok bukan berasa downgrade malah upgrade :big_slap:

Yang ane takjub, meskipun fitur minim tapi gak bohong kalo kena speedbump atau jalanan dengan kontur kurang rata. Entah kenapa ada feel European di bantingan suspensinya. Nyaman sekali.

Reliability juga kuat banget dan bagus banget untuk mobil dengan mileage segini.

Wah siap oom, kebetulan tadi bokap saya baru pesan beberapa parts untuk kaki-kaki. Tar balik semarang mau diberesin kaki-kakinya. Semua rusaknya rata-rata masalah wear n tear saja bukan engineering failure.
[/quote]

Gabung SOCI aja om Chz...
Spare parts 10%
Service 15%
Itu sudah pasti heheh

oiya nice review om
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by syafimsa »

mod kris gmana rasanya pake mesin dijel yg harus "nggantung gas" padahal dulunya pake civic FB dan full throttle, apa santafe ini trasa rada "kosong" juga rpm tingginya kaya dijel 2gd gitu?
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ngalih »

syafimsa wrote: 19 May 2018, 20:39 mod kris gmana rasanya pake mesin dijel yg harus "nggantung gas" padahal dulunya pake civic FB dan full throttle, apa santafe ini trasa rada "kosong" juga rpm tingginya kaya dijel 2gd gitu?
Nggantung gas yg gmn ya?
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by syafimsa »

ngalih wrote: 20 May 2018, 04:19
syafimsa wrote: 19 May 2018, 20:39 mod kris gmana rasanya pake mesin dijel yg harus "nggantung gas" padahal dulunya pake civic FB dan full throttle, apa santafe ini trasa rada "kosong" juga rpm tingginya kaya dijel 2gd gitu?
Nggantung gas yg gmn ya?
maksudnya kalo dijel torq nya ngisi di low to middle rev om. seinget saya modkris pernah blg di review mblnya om Jose cmiiw.
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by efact »

Turbo disel seh harusnya / umumnya bawah kopong cenderung laggy, tengah ngejambak, atasnya bengek wkkwk, ntah di santi ini...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by gaspol »

kalo santafe yang saya rasa sih powernya lebih merata di tiap range rpm nya..sampai 4k rpm masih ngisi kok saya perhatikan.
kalo saya bandingkan dengan karakter diesel nya captiva yang non facelift & facelift yang saya punya terlebih dahulu cenderung rpm bawahnya berasa lag nya, rpm atasnya cenderung flat mulai rpm 3k-3,5k. atau kalo saya bandingkan dgn karakter mesin old pjs dakar yang rpm bawahnya kosong, tenaga kumpul di rpm menengah - atas saja :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

Nainggolan21 wrote: 14 May 2018, 13:23 Senang bisa TD mobil ini dipanasnya suhu Bukit Jaddih Bangkalan Madura.
Dan VNT putih berhati hitam juga bisa pose bareng disana
Image
wah baru nyadar mbah nai nongol disini... sungkem dulu... serem liat VNT putih berhati hitamnya... :ngacir:
jdm86 wrote: 17 May 2018, 14:46
Yang AWD airbagnya 6 kok mod, nanti kalau nemu brochurenya saya upload
oh 6 ya... makanya seinget saya yang AWD fullspek 6 airbag... :mky_01:
liemivan86 wrote: 18 May 2018, 00:45 Santa Fe.. Mobil idaman ini...

Sempat test drive sebelum ambil T32, tapi mundur teratur karena harga barunya ngeri banget, plus diskon minim. Waktu saya coba di jalan (semi) off road di daerah galaxy mall Surabaya, istri yang duduk di row 2 santai aja, bahkan dia suka banget duduk di sana, jauh sekali dibanding pajero sport lama yang waktu itu saya pakai. Dan waktu iseng coba pedal to (almost) carpet, literally badan ini nempel di kursi dan nda bisa maju in badan. Mesin nya ngeri banget torsi nya, tapi super fun dengan tenaga sebesar itu.

230 murah sih, di Surabaya rata-rata bekas 2013-2014 minta kisaran 300 an, cuma memang ya kilometer cuma 50rb an sih biasa nya. Kalo uda 70rb, saya uda serem sendiri.

Btw Chris, bengkel Hyundai Sulawesi ok ya? Saya agak ngeri liat bengkel nya kecil banget gitu, mirip kayak bengkel perorangan gitu. Terus untuk diagnosa sebelum pembelian gimana? Apa lumayan detail untuk tahu pr nya apa aja sebelum beli?

Oh, dan kalo mau, safari utama di a yani juga masih bengkel authorized Hyundai, cuma memang dia bukan dealer lagi. Saya kebetulan kenal sama om Hendro, yang punya.
Hyundai Sulawesi secara SDM sebenernya oke tapi kurang update dengan informasi terbaru... contoh soal sensor ABS nyala itu kemarin ngobrol sama anak2 SOCI bisa ganti switch nya aja 200ribu... di sono dibilang mesti ganti assy hubnya... 2.5juta bok. 10x lipet. Makanya dirujuk sama anak2 ke Wiyung aja... tp jauhnya :big_cry:

dan SOP yang menurut saya kurang diperhatikan... barang simpel : se kacrut kacrutnya SDM di BeRes Honda SOPnya jelas : selesai servis dianter SA ke kasir bayar lalu dianter ke mobil. Ini habis bayar SA nya malah duduk diem gak nganterin ke mobil... ya saya sih cuek ya, tapi klo user lain yang biasa dapet layanan kelas wahid dari A2k pasti langsung kaget liat betapa jomplangnya SOP nya...

Saya jujur beli ndak terlalu liat kondisi mobil... cuma PR kaki-kaki aja waktu itu karena pemakaian. Penting sih tetep record ya... Santi ini cukup reliabel kok, cuma switch ABS itu yang lumayan rewel.

Thanks om buat referensinya... :mky_01:
diidoot wrote: 17 May 2018, 10:05 wah saya baru baca ada yang review hando miring. Excited aja bacanya kalau ada yang review mobil korea gini karena sebagai user mobil korea pasti ada rasa gimana pas merk mobilnya direview

nice review om as usual. Semenjak angkatan i10, i20, i30 (grand avega), new tucson, H1 sama santa fe ini, desain H miring emang mayan outstanding di tahunnya. Bahkan i20 ibu saya kalau disebelahin sama jazz baru juga ga keliatan tua.

Sebenernya saya masih penasaran sama crdi si i20, tapi adanya yang manual tok dan dari trim terbawah. i20 ibu saya yang tipe SG (dapet sunroof sama fitur gimmick yang banyak berguna)
hooh... user mobil Korea di SM aja udah jadi minoritas apalagi di indo... sering kok ditanya "kok ngambil hyundai? sparepart gimana tuh ? gampang ga servisnya" sukses bikin banyak orang penasaran... bahkan kemaren digilir di Jaddih sama rekan-rekan SM Road Trip yang penasaran :mky_01:

Agak ada bangga nya gitu karena sering jadi bahan pembicaraan orang... :mky_01: entah kenapa juga sense of brotherhoodnya kuat banget sesama user koreaan :mky_01:
evolution21 wrote: 17 May 2018, 10:58 ini mobil yg bikin gw kepikiran terus buat family car
kepengen karena exterior gagah, tenaga besar, nyaman, dengernya irit, kayanya cocok utk perjalanan luar kota yg kondisi aspal ga menentu

tp yg bikin ragu, mau ganti model, setirnya ga fun (gw dulu pake captiva bosen krn hal ini), interior jadul, masuk baris 3 ga praktis, transmisi gak pinter? (mirip kaya captiva jg brati ya?)

akhirnya sampe skarang masi mikir2 sambil dipake dulu grandisnya buat family cAR.. hehehe
To be simple : iya. Agak mirip Captiva karakternya, apalagi ngomongin setirnya yang aduhai... besar sekali. Klo nyari fun emang mobil ini fun nya sebatas bunyiin ban di gerbang tol atau lamer... :ngacir: dibelokin bodyroll masih besar... dan terkesan gak lincah juga beda sama bawa CR-V atau CX-5.
dknee wrote: 18 May 2018, 13:12
Gabung SOCI aja om Chz...
Spare parts 10%
Service 15%
Itu sudah pasti heheh

oiya nice review om
saya kan dah di SOCI oom... :mky_01: baru gabung kemarin Jumat...

Krn buta mobil Korea jd lumayan membantu info-infonya di SOCI... :mky_01:
syafimsa wrote: 20 May 2018, 06:10
ngalih wrote: 20 May 2018, 04:19
syafimsa wrote: 19 May 2018, 20:39 mod kris gmana rasanya pake mesin dijel yg harus "nggantung gas" padahal dulunya pake civic FB dan full throttle, apa santafe ini trasa rada "kosong" juga rpm tingginya kaya dijel 2gd gitu?
Nggantung gas yg gmn ya?
maksudnya kalo dijel torq nya ngisi di low to middle rev om. seinget saya modkris pernah blg di review mblnya om Jose cmiiw.
efact wrote: 20 May 2018, 09:46 Turbo disel seh harusnya / umumnya bawah kopong cenderung laggy, tengah ngejambak, atasnya bengek wkkwk, ntah di santi ini...
gaspol wrote: 20 May 2018, 12:40 kalo santafe yang saya rasa sih powernya lebih merata di tiap range rpm nya..sampai 4k rpm masih ngisi kok saya perhatikan.
kalo saya bandingkan dengan karakter diesel nya captiva yang non facelift & facelift yang saya punya terlebih dahulu cenderung rpm bawahnya berasa lag nya, rpm atasnya cenderung flat mulai rpm 3k-3,5k. atau kalo saya bandingkan dgn karakter mesin old pjs dakar yang rpm bawahnya kosong, tenaga kumpul di rpm menengah - atas saja :big_peace:
Nah justru itu... di SantaFe dari Civic FB itu yang paling kentara adalah udah punya torsi gede jadi nggantung gas pun udah rasanya powerful, mau nyusul tambah gas dikit aja dah ngejambak... masalahnya si Santi klo gasnya dinakalin dikit setirnya jadi liar... :mky_01:

Betul powernya cukup merata kok, low revnya gak berasa se- "jambak" Fortuner VRZ tapi masuk 2000 RPM lewat ya kelibas itu VRZ... :mky_01: sweet spotnya ada di sekitar 2000 - 3000 RPM saat torque nya flat. Kurang lebih karena udah terbiasa dengan karakter mesin torsi flat di CiBo jadi gak terlalu banyak penyesuaian.

Malah gara-gara bawa Santi, skrg nyetir 2000 RPM aja rasanya kok tinggi amat ya... gara-gara display tachonya jaraknya jauh-jauh... kirain udah 3000an eh ternyata masih 2000 RPM...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 24 Jan 2018, 01:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Swedeppon »

ChZ wrote: 14 May 2018, 15:22
Swedeppon wrote: 14 May 2018, 14:25 oalah, artinya perlu strutbar dkk biar lbh refine ya, noted bung
mmg yg awd langka bgt, sy baru baca2 lg web2 lama, yg dijual disini awdnya mid tft vsc hsa komplit dengan steering mode selector dan heater seat tp airbag masih 2 635jt yaampun :frm_bang_head:

itu yg saya bold bikin sy ngak nyesel batal spk sepender, cuma ceritanya beda, sy akhirnya ambil cx5 2.5 touring 13 :mky_01:
sejak ada ntuh mobil, sy nyari mobil ngga mau jauh2 dr yg steering responsenya nurut minimal mirip2 sama ntuh mobil, separah2nya minimal seAnps saya, buat saya itu cukup enak masih ada rasanya biar agak ngambang ky karpet
Hooh wajib pake chassis reinforcement klo mau agak enak manuvernya. Meskipun tetep lbh mantep daripada duo ladder sih...

AWD airbagnya masih 2 oom? :big_chicken: kirain dapet 6 apa 7 gitu. Brarti ttp ada sunatannya yak.

Wkwkwkwk lumayan kan oom klo budget LMPV baru sekarang bisa dapet SUV yang skrg barunya udah 500juta++ krn resale valuenya jeblok... :mky_01:
airbag 2 itu sy baca2 di forum santafe mungkin benar atau salah

tp mmg kalau RV sdh jeblok, banyak yg jd harapan untuk pasar mobil bekas, btw santafe salah satu produk hyundai yg RVnya tergolong sangat kuat
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: 06 Jun 2012, 21:18

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by jdm86 »

Siapa tau masih berminat, Hyundai masih terima order santa fe AWD
Harganya 850 juta ( tidak yakin ini OTR apa bukan ) DP : 50 %
waiting time sekitar 4 - 5 bulan.

Tapi 850 juta udah dapet X3 2nd haha...
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Koddy »

jdm86 wrote:Siapa tau masih berminat, Hyundai masih terima order santa fe AWD
Harganya 850 juta ( tidak yakin ini OTR apa bukan ) DP : 50 %
waiting time sekitar 4 - 5 bulan.

Tapi 850 juta udah dapet X3 2nd haha...
X3 diesel baru NIK 2016 saja waktu awal tahun 2018 ini dilego 900jt kok......
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by sintoni »

Koddy wrote: 22 May 2018, 13:53
jdm86 wrote:Siapa tau masih berminat, Hyundai masih terima order santa fe AWD
Harganya 850 juta ( tidak yakin ini OTR apa bukan ) DP : 50 %
waiting time sekitar 4 - 5 bulan.

Tapi 850 juta udah dapet X3 2nd haha...
X3 diesel baru NIK 2016 saja waktu awal tahun 2018 ini dilego 900jt kok......
850 juta sih gimana gitu. Hahahahahahaa.
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 05 Sep 2013, 05:34
Location: Jakarta

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by B1335AM »

ChZ wrote: 11 May 2018, 17:43
tuperware wrote: 11 May 2018, 17:21 wah, kebetulan banget ni emang dari kemaren liat terus di OLX pantau Santa Fe, karena tergiur sama modelnya yang keren, dan panoramic sunroofnya, kebayang kita jalan ke jogja malang dari jakarta bisa dibuka tu panoramic, dan menikmati bintang atau udara segar di Batu Malang atau spot gunung lainnya, dan anakku bisa keluar liat dari atas.. wow.. kebanyang banget.. tapi di jabodetabek rata2 pada mobil capek dan kondisinya banyak yang kurang bagus.. masih belum dapat yg mau jual dengan kondisi oke, atau simpanan.

oh ia om.. ini emang beneran blom ada ABS dan EBD atau BA?
btw boleh info kemaren angkat brapa om?
thanks
Ni dia om... SantaFe lucunya justru rata-rata capek kondisinya. Hehehe. Rasanya tipikal user SantaFe ya dipake aja gitu.

ABS EBD BA udah kok om... yang belom ada stability control, HSA, HDC, ngeri sih kalo liat fiturnya... ngeri miris maksudnya. Secara harga 70 juta lebih mahal dari CR-V Turbo dan ANF VRZ... 50 juta dari ANF VRZ TRD... Tapi jadi worth it kalo meminang jandanya.

Kemaren penjualnya buka di 240 juta, tapi ditawar 230 juta... karena banyak PR.
sintoni wrote: 11 May 2018, 17:25 Nais ripiu Chris.

Enak nih emang mobil on paper.

Tapi ane jg ga suka sama desain centre consolenya, kayak gimana gitu, ga elegan banget.

Ane suk desain centre console yang ga neko2, apalg kalo ingat ini mobil belum dikasi HU touchscreen.

Besok dibawa ya biar ane bisa TD jg. Hahahaha.
Yang feslip model sekarang udah ada HU layar dengan 360 degree view... ini first batch jadi jelek gitu tampangnya.

Ya pasti dibawa lah mobil cuma ini :big_childish: tapi apalah mobil diesel cupu ane dibanding mesin 1NZ legendaris yang lebih kencang dari Bugatti Veyron...
Ini emang produk CBU Korsel (dari luar ASEAN). Otomatis pajak impor lebih gede. Kalo ditambahin fitur kayak VSC, HSA, headlamp washer, cornering sensor, dll, harganya bisa sangat mahal.

Gua juga punya Santa Fe. Overall mobilnya bagus, tai sayangnya HYUNDAI. :mky_01: :mky_01: Abis itu dimensi lebar 188cm, lebih susah masuk jalan kampung, apalagi kalo kudu papasan di gang sempit. :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry:

Pernah gua ajak ganti mobil pas 2015, malah masih pada kesemsem ama ini mobil.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ngalih »

Secondnya AWD susah cari ya? Mahalkah?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post