Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 01 Apr 2014, 22:04

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ipOi78 »

Omongin chasis reinforcement buat santi, lebih efektif model strutbar yg dimesin atau jenis roll bar yang dikolong depan / belakang ya ? Pengen juga sih nambahin ini krn sifatnya tinggal pasang...

Trus kmrn pas di beres,filter solar di santi ane di bypass jadi cuman pake yg diatas aja..aman ga tuh ? Sa nya sih bilang gpp asal pake dex always
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: 09 Sep 2013, 18:59

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by batumakam »

ngalih wrote: 24 May 2018, 22:05 Secondnya AWD susah cari ya? Mahalkah?
Jarang yg punya, Kalaupun ada pasti suseh ditawar kwkwkw.. Coba cari aja expat dari korsel,rata-rata rekan saya yg dari korsel mayoritas beli ni santafe awd,....
Dulu si kena 700an belum sampe 800 jeti...
Anyway ada yg pernah mengalami kalo pas dipake puter balik stir kayaknya ngelawan gitu? Jadi diputer ke kanan ada gaya berlawanan yg narik stir ke kiri? Kerasa kalo hampir diputer mentok? Kalo dilihat sekilas kaki kaki aman ga ada suara aneh, apa mungkin steering rack ya?
Awalnya saya pikir efek dari jambakan torsi, pas dicoba lepas gas malah makin kerasa kwkwkw.. (Santafe AWD 2016)
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
Frd3005
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 26 May 2018, 05:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Santa fe

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Frd3005 »

Gan mau tanya dong,,ane pake Santi 2013 crdi,,km sudah tembus 125rb’an skrng k’lo lari di atas 120km pas ngerem STIE goyang,trus indikator rem tangan dan abs selalu nyala,sXan gan untuk foglamp nyari dimana ya??apa bisa di service??soalnya berembun dan ada lampu” kecil mati
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by kunaskun »

memang must admit, ini mobil macam mazda design. time less. tetangga satu kompleks di desa ada yang pakai, tetap timeless memang, walau kelihatan dari tampilan luar tidak ada yang berbau kekinian, tapi overall emang timeless. soal interior sejak dari awal saya si ga suka, its way too dark, kesan gelapnya itu bukan mewah, tapi seperti liat american spartan, apalagi lampu2 biru2 gitu, ya korean emang galau sampe sekarang, even genesis saja mevvah exterior, pas liat interior lah seperti designer dari negara entahlah mana yang totally different culture.

btw untuk biaya restorasi suprisingly ga ngeri2 amat ya untuk ukuran beres, kirain bakalan ngeri sekali, kaki2 8 juta si nampaknya memang harus cari bengkel kaki2 di luaran, siapa tahu ada yang bisa dikadalin dikit.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

Update pemakaian si Santi 1 bulan pertama.

Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.

Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...

Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.

- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.

- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.

- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...

Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.

Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by sintoni »

ChZ wrote: 05 Jun 2018, 14:21
Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.

Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

sintoni wrote: 05 Jun 2018, 14:56
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.

Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?
Ga isok. Mbah bebonk ora gelem ngutek metik... jarene kudu nggo samtjan FRD... yo main tiptronic
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 05 Jun 2018, 15:08
sintoni wrote: 05 Jun 2018, 14:56
Bahaya sih ini, apalg belom ada VSC.

Ga iso diotak atik emang untuk kepintaran transmisinya? Main dari ECU mungkin?
Ga isok. Mbah bebonk ora gelem ngutek metik... jarene kudu nggo samtjan FRD... yo main tiptronic
diesel monster ditaro di roda depan jadilah gini. gimana kalau ganti ban saja? pilot sport 4 seems a good choice :mky_08: (inch up the wheels)
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by carl »

ini bannya pake apa om? katanya ukurannya ga umum ya...
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Ukuran ban 235 55 19

Lebarin saja ke 255 50 19

More grip..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

kunaskun wrote: 05 Jun 2018, 16:14
diesel monster ditaro di roda depan jadilah gini. gimana kalau ganti ban saja? pilot sport 4 seems a good choice :mky_08: (inch up the wheels)
vp920b wrote: 05 Jun 2018, 19:46 Ukuran ban 235 55 19

Lebarin saja ke 255 50 19

More grip..
20inch PS4 seems a good choice... :big_love:
carl wrote: 05 Jun 2018, 19:17 ini bannya pake apa om? katanya ukurannya ga umum ya...
Di saya dapet Nexen Roadian 581 235/55/19... di komunitas Santi pada ga suka ama ini ban, kurang bagus permukaannya gampang cuil...

Yang skrg kayaknya pada dikasih Kumho Cruger.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Yang penting tapaknya dilebarin. Kalau gedein velg sayang juga, 19 inchny uda cakep.

Kalau mau empuk ya ke 18 inch. Heheh
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 12 Aug 2016, 13:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Nainggolan21 »

ChZ wrote: 05 Jun 2018, 14:21 Update pemakaian si Santi 1 bulan pertama.

Odo read skrg sudah 130.9xx, nyaris 131k. Sudah berpetualang ke beberapa tempat seperti bukit Jaddih Madura dan Malang Selatan. Makanya odometer naiknya cepet.

Review seiring pemakaian :
- Untuk pemakaian ke luar kota tak ada keluhan, kalo nyetirnya anteng dan gak banyak salip salipan bawa mobil ini gak capek. Joknya tebel, konturnya juga seperti dibuat untuk perjalanan jauh. Kursi belakang ? Lebih asik lagi... nyaman sekali buat tiduran apalagi sudut recline nya cukup rebah. Sayang kursi belakangnya berat jadi sulit kalo mau naik/turunin. Nyetir dari Surabaya 5 jam ke Malang selatan...

Tapi kalo ugal-ugalan bakal capek... bodyroll mobil ini besar.

- Torsi mesinnya gak masalah tapi transmisi yang kadang ngeselin waktu kena turunan/tanjakan, mesti ngakal pake mode tiptronicnya... Nyalip motor di tanjakan jalur malang selatan ane nyaris senggol motornya karena torque steer... gigi ngga mau turun, waktu gas didalemin turun gigi malah torque steer dan jalanan licin... untung bisa sy koreksi.

- Setirnya besar dan gak lincah... kewalahan kalo mesti ketemu jalur yang banyak tikungan sempitnya.

- Untuk yang biasa pake mobil Honda kayak saya, blindspotnya mengerikan, asli, kalo masuk gang sempit harus celingak celinguk dulu ...

Konsumsi bahan bakar :
1L / 9 KM rata-rata di dalem kota. MID tidak akurat, selisih 0.7 km/l dari aktualnya. Hemat / Tidak hemat, menurut saya untuk ukuran diesel kurang hemat... meskipun dengan tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan diesel BMW 2.0 Liter. Setting komputer transmisi yang kurang bagus sepertinya penyebab utamanya. Belum bobot mobil juga tidak ringan... nyaris 2 ton.

Permasalahan lain :
- Bohlam depan kanan mati satu kemaren hari Jumat. Minggu saya cek ternyata ballast nya yang rusak dan mau ganti salah satu aja socketnya beda jadi mesti ganti dua duanya... skrg pakai 9Nine HID. Merek aftermarket kebetulan ditawarin murah jatohnya di bawah sejuta sepasang termasuk ongkos pasang.
- Baru aja ganti tensioner set nya... damper pulley, auto tensioner, dll... mesinnya agak kasar bunyinya.
- Kaki-kaki baru akan diberesin nanti setelah tgl 25 ...
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih :mky_01: :mky_01:
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 05 Sep 2013, 05:34
Location: Jakarta

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by B1335AM »

Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?

Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?

Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?

Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 09 Mar 2016, 12:49

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Jupiemx99 »

Kalau dibandingkan dengan captiva diesel mending mana ya? Dengan harga yg sama bisa dapat tahun 2015.
Kebetulan lagi cari2 mobil bekas berkualitas.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by liemivan86 »

B1335AM wrote:Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?

Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?

Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?

Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
Santa Fe CBU Korea om.

Dan jawaban kenapa tidak produksi lokal, adalah sales number. Jumlah penjualan Santa Fe di Indonesia tidak cukup tinggi untuk buat feasibility test nya jadi feasible atau layak dilakukan. Investasi nya terlalu tinggi, dan kalo penjualan nya hanya sedikit, mereka malah lebih rugi daripada cuma kulakan kayak skr. Apalagi pabrik harus produksi terus menerus, jadi serapan pasar juga harus terus menerus.

Daripada ambil resiko besar, ya mending impor aja deh...
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 05 Sep 2013, 05:34
Location: Jakarta

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by B1335AM »

Seluruh kawasan Asia Pasifik (+Aussie) itu juga impor CBU Ulsan Korsel buia ajakan, atau kecuali di Malaysia aja?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by sintoni »

Jupiemx99 wrote: 07 Jun 2018, 23:51 Kalau dibandingkan dengan captiva diesel mending mana ya? Dengan harga yg sama bisa dapat tahun 2015.
Kebetulan lagi cari2 mobil bekas berkualitas.
Kalo ane personal sih,

Captiva menang fitur.

Kalo Santi menang model sama power.
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Dieselmani4 »

Nainggolan21 wrote: 06 Jun 2018, 15:55
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih :mky_01: :mky_01:
Hahaha.. sama Om
Anak saya juga seneng bgt liat Santa Fe sama new Tucson. Trus seneng liat2 reviewnya di youtube. Jadi mobil idaman. Lagi nabung buat cari sekenan
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ngalih »

Sorento jg bisa dipertimbangkan dong om... Sportage jg. Mirip2 kan fiturnya. Mesin jg sama dgn santafe dan tucson.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by Dieselmani4 »

vp920b wrote: 11 Jun 2018, 11:07 Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
Sorentonya masih dipelihara om?
Mo nambah korean yg mana om?
Mantap dah
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by ChZ »

Nainggolan21 wrote: 06 Jun 2018, 15:55
Anak saya sekarang kalo liat Santi nolehnya ampe patah tuh leher. Gara2 TD santi Om CHZ nihdi Bukit Jaddih :mky_01: :mky_01:
dah vienti nya tuker sama santi aja, remap ke mbah bebonk, ga kalah beringas koq :ngacir: tp siap siap tagihan ban tiap taun klo bawanya resing :ngacir:
B1335AM wrote: 07 Jun 2018, 22:23 Untuk yang tau lokasi assembly Santa Fe untuk pasar ASEAN & Aussie, Hyundai Aussie mengimpor Santa Fe dari USA atau Ulsan Korsel?

Apakah pabrik Hyundai di Malaysia betul2 ngerakit Santa Fe?

Plus, mengapa Hyundai Indonesia ga bikin assembly line Santa Fe di Pondok Ungu atau buka impor dari negara ASEAN lainnya, atau numpang assembly line H1 a.k.a. Starex?

Padahal kalo gitu, bisa mangkas pajak impor luar ASEAN yang bejibun (bikin harga super ngelunjak) sekaligus optimalisasi kelengkapan fitur untuk pasar Indonesia, sekaligus ningkatin devisa negara dengan membuka kran ekspor ke negara2 ASEAN & Aussie.
masih jadi pertanyaan juga... hehehe...

mungkin karena orderan starex/H-1 mayoritas fleet ya jadi harus ready stock mereka bikin CKD... ambulans dan beberapa instansi kan pake nih benda... tiap ke hyundai pasti deh paling enggak ada ambulance servis :mky_01:

sementara santafe/tucson mereka mungkin masih nggak pede untuk bersaing... la nggak pede tapi equipment dilucuti harga selangit, piye. seandainya ikut pricetag sekarang dikasih spek AWDnya sih boleh banget... hyundai di luar negeri kan terkenal value for money tinggi.
vp920b wrote: 11 Jun 2018, 11:07 Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
wow mantap om... hehehe...

santafe sy abis operasi kaki-kaki di hartono onderstel semarang... skrg masih nginep benerin busa jok dan retrim setir...

klo dah bener semua rencana ini buat daily bokap, t32 x-trail dijual... abis naik santafe entah kenapa sekeluarga kecewa berat naik t32... :mky_01: papa saya juga bilang abis biasa naik santafe balik pake t32 kok mendal mendal ya suspensinya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by vp920b »

Dieselmani4 wrote: 02 Jul 2018, 20:24
vp920b wrote: 11 Jun 2018, 11:07 Akhirnya merc ane jual juga gantinya korean lagi nih..

Lagi nunggu plat nomer.. hehehe
Sorentonya masih dipelihara om?
Mo nambah korean yg mana om?
Mantap dah
Sorento dipelihara setahun lg lah..

Nanti ya bikin reviewnya, belum ada plat ga bisa review total..

Kemarin abis coating sih ama bos zee.. wkwkwkw
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 19 Sep 2015, 00:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Modern Korean : A Story of High-Mileage 2013 Hyundai SantaFe (DM) CRDi

Post by psiturism »

mobil impian yg belum kesampaian :big_cry:

nek mampir smg tak td yo chris :mky_03:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post