[REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

[REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by tremonti »

Prolog
Selamat malam, rekan2 SM. Izinkan newbie membahas mobil yang cukup menarik perhatian di 2018 ini, All New Toyota Rush. Mohon maaf apabila ada penggunaan bahasa yang kurang baik maupun subjektivitas yang berlebih. Sekali lagi , ini hanyalah hasil pengalaman saya.

Eksterior
Namanya 10 tahun ga ganti model terus berubah drastis, yah jadinya seger sih. Beda dengan yang lama yg banyak membulat, desain Rush baru ini lebih banyak garis tegas. Sepertinya meniru lineup CalSig yg juga mulai banyak garis. Tapi karena desain ini udah banyak dipakai di Honda, jadinya kurang orisinil aja. Ampe temen ada yang bilang “ dari samping mirip Mobilio ya.” Hehehe...
Grill depan dominan warna hitam, berbeda dengan saudara kembarnya, Terios (yang pilih pakai chrome silver). Jujur, selera pribadi, lebih senang warna hitam. Makanya, akhirnya saya ambil Rush.
Bagian samping bodi, karena ambil varian Sportivo, jadi dapat hiasan “lintah” hitam dan cutting stiker TRD Sportivo. Saya pribadi sih doyan (belum pernah punya dan nempelin Sportivo sih). Yah ini subjektif lha. :big_bored:
Image

Untuk ban, saya malah dapat ban Dunlop Enasave, bukan Bridgestone Alenza. Ga terlalu ngerti karakteristik ban, tapi R17 bikin ni mobil jadi gagah dengan GC 22 cm nya. :big_cat:
Image

Interior
Secara umum, didominasi warna hitam. Jok hitam, karpet juga hitam, interior pintu juga hitam. Memang ga ada kesan mewah seperti wood panel. Tapi buat saya cukup wah, maklum karena dulu bawa Terios 2013.
Area Dasbor juga didominasi bahan plastik. Ada softouch putih asli yg dijahit di bagian bawah, khusus varian S TRD(kalau di ADM semua masih plastik putih dengan jahitan palsu). Khusus Rush, bagian kiri ada grafir “Rush” dekat blower AC.
Image

Fitur
Head Unit dengan merk Toyota (Terios merk Kenwood kalau tidak salah). Saya tidak tahu ini rebranding HU mana. Secara umum layar kapasitif OK, enak dipencet dan ga nyusahin seperti Terios lama saya(karena dulu ga sesensitif ini layarnya). Fitur Miracast membantu, walaupun saya menemukan adanya lag kadang2) saat memutar video.
Image

Steering wheel sudah dilengkapi tombol2 audio dan tombol telepon. Tombol audio membantu banget untuk memindah lagu atau menaikkan volume tanpa perlu pencet2 HU. Tombol telepon ga saya coba karena ga suka nelpon & terima telpon saat nyetir. Ukuran steering wheel sendiri standar, walaupun kalau dilihat dari brosur cukup kecil.
ABS,EBD,HSA dan VSC sudah ada. Lengkap terpasang. HSA juga sudah dites di tanjakan, 3 detik mobil ga merosot.
AC sudah digital dan kecepatan fan menyesuaikan dengan temperatur di dalam kabin.
Power Outlet ada di tiap row dan bisa buat charge gadget bagi penumpang. Yang disayangkan, tempat kartu yang ada di RushTeri lama dihilangkan. Cukup mengganggu, padahal sekarang rutin pakai kartu untuk masuk tol.

Driving Impression.
Tekan tombol sekali, LED kuning berkedip, baru tekan lagi sambil injak kopling, barulah engine 2NR-FE menyala. Hmm, peredaman agak mending daripada yang lama. Tapi subjektif ya, karena ga ukur SPL nya.
Saya kurang setuju dengan anggapan kalau bawa RushTeri mirip dengan Avxen. Secara subjektif, saya malah merasa cukup berbeda. Avxen yg saya bawa, umumnya mobil operasional kantor, selalu saya rasa terlalau ringan. Ketika digas, saya selalu merasa gas “kurang” dan berkeinginan untuk menekan pedal gas lebih dalam. :mky_08:
RushTeri sebaliknya. Feel menyetir mobil ini, menurut saya, agak mirip dengan Kijang Kapsul. Selalu merasa ngos2an dan “berat”. Dibawa diatas 120 kpj, putaran mesin hampir menyentuh 5000 rpm.
Untuk ANR, ketika saya bawa ke tol, cek kecepatan 100 kpj di 3000 rpm... wow.. kalau yang lama buat bawa ke 100kpj sudah ngos2an. Saya tetap tancap gas hingga 140 kpj, ternyata masih di 4000 rpm. Cukup enak tarikan di kecepatan tinggi.
Soal setir, entah mengapa, setir ANR terasa sangat ringan saat membelok. Malah dibanding Yaris atau Terios lama, masih terasa ringan ANR ini.
Soal bantingan, dibandingkan RushTeri lama, saya merasa ada perbaikan. Namun belum senyaman Innova, bahkan Innova lama sekalipun. Walau demikian, kestabilan mobil ini cukup baik, lagi2 bila dibandingkan RushTeri lama. Mobil ini terasa firm saat kecepatan tinggi dan gejala bodyroll cukup berkurang saat membelok. :big_childish:
Ketika membelok, ada satu hal yang menurut saya mengganggu. Pilar A baik kanan maupun kiri cukup tebal sehingga menyebabkan blindspot. Beberapa kali, saya terganggu dengan hal ini. :big_slap:

Fuel Consumption
Metode yang saya pakai ada 2, yakni full to full dan via MID. Saya isi full saat odometer menunjukkan km 959 dan bahan bakar berkurang setengahnya di km 1222. Dengan kapasitas tangki bensin 45 liter, maka di indikator setengah, ANR sudah menghabiskan 25 liter. FC yang didapat adalah 263 km berbanding 25 liter, setara dengan 10,52 km/l. :big_deal:

Image


(Maaf di km 1222, saya tidak bisa berhenti, jadi baru difoto saat km 1237)
Image

Untuk MID, angka rata2, fuel consumption saya di 10,9 km/l, tanpa pernah saya reset MID (sementara ini sudah menempuh 1263 km). Tetap lebih irit daripada RushTeri lama, yang saya biasa ukur di 9km/liter.
Rute yang umum saya lalui adalah Kebon Jeruk-Sunter (via Daan Mogot dan Tol Angke-Ancol). Soal rata2 kecepatan, saya tidak ingat. Yang jelas, fuel consumption ini berdasarkan rute kombinasi. Oh ya, satu lagi, karena saya tes full to full di Liburan Imlek, jalanan tidak terlalu macet sehingga konsumsi bahan bakar sedikit berpengaruh.

Konklusi
Secara singkat saya jabarkan kelebihan dan kekurangan mobil ini.
Pros
1. Eksterior dan Interior yang segar (subjektif, masih saya bandingkan dengan tipe lama)
2. GC tinggi untuk menerobos banjir
3. Merk dengan bengkel dan jaringan luas
4. Fitur banyak
5. Konsumsi BBM yang lebih irit (dibandingkan tipe terdahulunya)
6. Kestabilan Mobil (dibandingkan tipe terdahulu)
7. Bagasi luas
Cons
1. Bantingan masih keras
2. Pilar A yang mengganggu pandangan
3. Rem agak ngelosor saat kecepatan tinggi (subjektif ya)
4. Card Holder di console tengah hilang, menyebabkan pengaturan kartu dan barang lain agak acak2an
5. Ban spare dibawah, menjadi sulit ganti ban (tipe terdahulu lebih mudah)
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by gadjahalphien »

Sundul cuy

Akhirnya tayang juga nih repiew
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by tremonti »

gadjahalphien wrote: Wed Feb 21, 2018 16:34 Sundul cuy

Akhirnya tayang juga nih repiew
tidur cuy.... masih banyak D14 yang bakal digarap...wkwkwk
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
son96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:21

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by son96 »

:big_exellent: Nice review bro
Softpad di anr pas saya sentuh agak aneh kek tempel pake lem ujung" ny
Kaki nya belum cumload s3 kek disbelah bisa ampe 14km/L#kidding
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by gadjahalphien »

tremonti wrote: Wed Feb 21, 2018 16:42
gadjahalphien wrote: Wed Feb 21, 2018 16:34 Sundul cuy

Akhirnya tayang juga nih repiew
tidur cuy.... masih banyak D14 yang bakal digarap...wkwkwk
Tu foto enggak muncul cuy..
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by rajapb »

Nice review, bagus tes fc nya langsung metode full to full😁
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by pernahmiskin »

Hasil full to full akhirnya ada juga.....
No bad'lah dpt 10,52 km/liter
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by ddyta27 »

injek kopling berarti manual yah om? hmm.. berarti matiknya di kisaran 1:9an kali yah..
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by Rundeer »

Nice ripiu om, reviewnya lumayan subjektif :big_okay:

Akhirnya ada yg review fc dengan metode full to full...
Bentar lagi si momod bakal muncul....
"Kaki lu belum S3 cumloun"
:big_biglaugh:

Edit: objektif ya bukan subjektif :big_slap:
Last edited by Rundeer on Thu Feb 22, 2018 0:36, edited 1 time in total.
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by PRBS »

Rundeer wrote: Wed Feb 21, 2018 22:48 Nice ripiu om, reviewnya lumayan subjektif :big_okay:

Akhirnya ada yg review fc dengan metode full to full...
Bentar lagi si momod bakal muncul....
"Kaki lu belum S3 cumloun"
:big_biglaugh:
Saya yakin doi ga akan berkomentar..

Anyway, nicee review. Semua metode ada landasan prakteknya.. entah metode full to full or MID.. juga disertai range kilometer yg dilalui.

Fc seperti yg sudah diperkirakan di range 1:10-1:11.. dan itu oke sekali dibanding gen sebelumnya..

:big_exellent:
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by tremonti »

Sori gambar tidak muncul... Nanti malam akan saya perbaiki..

Iya, mobilnya manual..
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
D03ng90
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Jul 03, 2017 5:47

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by D03ng90 »

Nice review, akhirnya ada yg review anr..
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by apoge »

Arm rest tengahnya coba di senggol kleplek2 gak kokoh dan plastiknya tipisss ampe plastik yg di tuas transmisi. Dah itu aja dari ane :big_peace:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by farizfsa »

Nice review dan objektif

Lumayan lah segitu lewat 1:10

Overall rasanya masih spartan kaya rush lama atau ga ya um?
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by Wistuwis »

Cons point 3 itu memang bisa berbahaya bagi yg belum biasa. Sy testdrive juga hampir nabrak mobil depan krn remnya ngelosor. Hati2 kalo mobilnya dipinjem temen. Hehe...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by ak4ng »

120kmh dgn 5000rpm, kebayang kencingnya itu bensin :mky_03: btw dgn old ruster, sisi pengereman ada perbaikan kah?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ic3m4ns
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Jan 24, 2018 10:11
Daily Vehicle: BMW

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by ic3m4ns »

nice review gan.. thanks infonya.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by marama »

Nice review om, saya kok langsung cari MID konsumsi BBM nya brp ya di review ini hehe
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by sintoni »

Nais ripiu om!

Lah, kok cuma dapat 10.5km untuk 1 liter bensin om?

Ada kerusakan ya di bagian mesinnya?

Ane baca di trit sebelah bisa setara sama Toyota Prius om.
rwi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Thu Jan 04, 2018 2:53
Daily Vehicle: honda

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by rwi »

nice review om, ini baru pembanding dengan model yang sebelumnya, jadi lebih objektif. dibanding kan sama mobil merek lain :).

ko gak keluar ya gambarnya di sini.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by jivos »

Nais repiu jg um

----------

Ayo modngakak..tempelin n counter FC nya disini ...jgn mau kalah, malu khan klo hrs telen balik ludah. :big_chicken:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
hendranata
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Thu Dec 07, 2017 6:47
Location: sby
Daily Vehicle: hrv

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by hendranata »

nah ada defect bawaan ga? apa blom ketahuan? atau memang rush baru ini memang aman?
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by Mastermax »

sp log in pagi2..hehe..
as expected..dgn full to full zdpt angka real.
1:14 mah summa cumloud s4 hehe..
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by liemivan86 »

IMHO, kalo dibaca lebih teliti, metode TS bukan full to full deh, tapi lebih ke metode kira-kira, karena setelah jalan sekian km, tangki bensin tidak di isi full, tapi hanya kira2 dari posisi jarum dan kapasitas tangki..

Tapi saya yakin mendekati asli nya sih, soalnya saya dulu Veloz Matic juga sekitar 1:9-9.5 km/L, jadi manual ya harusnya sekitar 1:10-11 an..
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: [REVIEW] 1000 KM pertama dengan All New Toyota Rush 2018

Post by tremonti »

farizfsa wrote: Thu Feb 22, 2018 0:57 Nice review dan objektif

Lumayan lah segitu lewat 1:10

Overall rasanya masih spartan kaya rush lama atau ga ya um?
Spartan maksudnya gimana,om? "Kasar" gitu,om?


@ om ak4ng
Ngeremnya malah agak aneh kalau punya saya.. di tol, saya malah ambil ancang2 rem lebih jauh drpada yang lama..

Kalau armrest tengah belum klepek2 si, walaupun sering nyender disana
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae