Update 3.5 years of owning experience:
Mo berbagi pelajaran dari kesalahan ane pasang peredam butyl rubber di pintu2. Kalo pasang beginian, JANGAN di pintu bagasi. Kalopun pasang, jangan di seluruh panel dalam sampe nutupin baut2, kabel, terminal2, dll. Dikit aja, di panel sisi luar yang betul2 polos. Soalnya di BRV ane, pintu bagasi ini jadi berat banget krn instalaturnya masang di seluruh outer panel (pelat yg jadi kulit pintu bagasi) DITAMBAH di inner panel pintu (persis di balik doortrim). Ujung2nya pintu bagasi jadi berat banget & hidrolik pintu bagasi jadi gak kuat ngangkat. Hampir aja ane menambah kesalahan bodoh dengan mengganti hidrolik bagasi yang gak salah apa2. Ini ane sadari waktu mau ganti lis krom di pintu bagasi.
lis krom cacat.jpg
Itu lis krom gak tau kena apa jadi codet gitu, mungkin pas mundur kena sesuatu.
Sekitar taun lalu ane minta dicat waktu beres tapi dibilangnya harus ganti lis sekalian. Mungkin krn gak ada stok cat krom ato mungkin beres mo cari cuan suruh ganti satu lis
. Ane males dong ditodong gitu, jadi pending dulu deh.
Tapi setelah berbulan2 kok mata gak enak mulu liatnya tiap kali ke arah situ, jadi akhirnya ane pesen lis yg orinya di trusted seller di toko ijo gara2 nganggur masa karantina. Ane iseng pasang sendiri tadi sore. Naah, pas pasang kan harus buka doortrim bagasi nih, eh posisi baut2 & lubang klipnya ketutupan sama butyl rubber 2 lapis. Jadi ane buang tuh semua yg di inner panel sama sebagian besar yg di outer panel. Ane timbang ada 2,5 kg hasil diet pintu bagasi. Alhasil, hidrolik bagasi jadi normal lagi deh, gak meleyot turun kayak sebelumnya. Lis kromnya juga udah mulus lagi kek K-pop artis
Satu lagi kesalahan bodoh ane gara2 urusan butyl rubber ini. Jadi sempet baca2 kalo mau BRV empukan, pasang per mobilio di 4 sisi, katanya plug and play. Jadi ane gantilah pernya 1 set full. MASALAHNYA, berat bodi mobil ane kan udah gak standar lagi akibat adanya butyl rubber itu. Nah kombinasi maut antara bodi berat + per mobilio bikin rebound suspensi jadi kacau. Ane mabok pas nyetir dengan per mobilio ini. Jadiiii, kalo mo pilih metode meng-empukkan BRV ente, pilih 1 aja, jangan campur acakadut macam ane
Yang jadi korban adalah shock breakernya jadi mati. Akhirnya pasang per BRV lagi sama ganti shock depan. Ane minta ganti shock belakang sekalian tapi katanya belum bocor. Ya sukur dehh...
Di sisi lain, ane udah ganti panel kontrol AC yang tuas penggesernya patah ketendang baby ane. Mahal & sulit nih pengerjaannya. Mahal krn harus ganti 1 panel (3.5 juta barang doang di luar jasa). Sulit krn harus buka dashboard, trus ane harus bolak balik beres gara2 kabel yang menghubungkan tuasnya & katup udaranya keselip mulu di dalam dashboard, jadi udara luar masuk mulu meskipun tuas udah digeser full ke arah resirkulasi. Setelah 3 kali ke beres, baru beres beneran
Update terakhir, paket cermat 3 taun ane abis pas Des 2019 kemarin, jadi skarang pake oli sendiri. Ane splurge pake Amsoil SS 5W-30, rencana buat setaun.
Udah segitu dulu deh. Nanti update lagi kalo ada ksotoyan ane lagi yg penting buat dihindari di BRV ente2