Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by coklatMetalik »

fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 7:15
coklatMetalik wrote:Kualitas interior & eksterior klo dibandingkan avanza NR bagusan mana?
Interior kualitas bagus avanza om jauh

Saya tahun lalu minang juga kaget liat kualitas dashboard sama doortrim brv ini model bagus kualitas sampah asli, dashboard bisa meleot" begitu, baru 2 hari keluar dari dealer uda rattle dashboardnya
Minang brv ini antara puas dan kecewa berat sih di 1 sisi saya kebanyakan nyetir sendiri makanya suka bawa brv di sisi lain tiap kali liat dan pegang interiornya terasa kecewa nya luar biasa kenapa g ambil si X
Klo plat bodinya gmn? Apakah kaleng tipis kyk avanza 1st gen?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

coklatMetalik wrote: Mon Feb 19, 2018 8:53 Klo plat bodinya gmn? Apakah kaleng tipis kyk avanza 1st gen?
bokap ane make avanza 1st gen smp skrang. Kayaknya mirip2 sih om, cuman ane gak bisa ngasih jawaban dengan yakin krn gak tau juga cara yg baik dalam menilai kualitas plat bodi.

kalo member klonengan lugintot yg itu mah mending ditimpuk bata aja. sayangnya gak ada fitur bata2an di SM ini...
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by fikrebi »

coklatMetalik wrote:
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 7:15
coklatMetalik wrote:Kualitas interior & eksterior klo dibandingkan avanza NR bagusan mana?
Interior kualitas bagus avanza om jauh

Saya tahun lalu minang juga kaget liat kualitas dashboard sama doortrim brv ini model bagus kualitas sampah asli, dashboard bisa meleot" begitu, baru 2 hari keluar dari dealer uda rattle dashboardnya
Minang brv ini antara puas dan kecewa berat sih di 1 sisi saya kebanyakan nyetir sendiri makanya suka bawa brv di sisi lain tiap kali liat dan pegang interiornya terasa kecewa nya luar biasa kenapa g ambil si X
Klo plat bodinya gmn? Apakah kaleng tipis kyk avanza 1st gen?
Kalo plat bodi kurang tau juga om
Soalnya kan kita cuma liat tampak luar
Cuma kalo di pencet" rasanya biasa aja sih om g beda jauh sama gnki di rumah sama" meleot" nya(opini pribadi ya om) kalo buka kap mesin baru terasa beda brv ringan banget gnki agak berat
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Mastermax »

Nice review om..real owner experience.. :big_okay:
btw kuat juga tendangan baby nya sampai patah gitu..

*atw plastiknya emang..... :big_grin:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by coklatMetalik »

fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 10:07
coklatMetalik wrote:
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 7:15 Interior kualitas bagus avanza om jauh

Saya tahun lalu minang juga kaget liat kualitas dashboard sama doortrim brv ini model bagus kualitas sampah asli, dashboard bisa meleot" begitu, baru 2 hari keluar dari dealer uda rattle dashboardnya
Minang brv ini antara puas dan kecewa berat sih di 1 sisi saya kebanyakan nyetir sendiri makanya suka bawa brv di sisi lain tiap kali liat dan pegang interiornya terasa kecewa nya luar biasa kenapa g ambil si X
Klo plat bodinya gmn? Apakah kaleng tipis kyk avanza 1st gen?
Kalo plat bodi kurang tau juga om
Soalnya kan kita cuma liat tampak luar
Cuma kalo di pencet" rasanya biasa aja sih om g beda jauh sama gnki di rumah sama" meleot" nya(opini pribadi ya om) kalo buka kap mesin baru terasa beda brv ringan banget gnki agak berat
Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by fikrebi »

coklatMetalik wrote:
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 10:07
coklatMetalik wrote: Klo plat bodinya gmn? Apakah kaleng tipis kyk avanza 1st gen?
Kalo plat bodi kurang tau juga om
Soalnya kan kita cuma liat tampak luar
Cuma kalo di pencet" rasanya biasa aja sih om g beda jauh sama gnki di rumah sama" meleot" nya(opini pribadi ya om) kalo buka kap mesin baru terasa beda brv ringan banget gnki agak berat
Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
Oohhh kalo di tekan kuat" meleot om tapi g sampe parah banget sih
Kebetulan juga kalo tutup kap mesin saya g pernah banting sukanya tutup pelan" baru tekan
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by coklatMetalik »

fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 11:25
coklatMetalik wrote:
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 10:07 Kalo plat bodi kurang tau juga om
Soalnya kan kita cuma liat tampak luar
Cuma kalo di pencet" rasanya biasa aja sih om g beda jauh sama gnki di rumah sama" meleot" nya(opini pribadi ya om) kalo buka kap mesin baru terasa beda brv ringan banget gnki agak berat
Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
Oohhh kalo di tekan kuat" meleot om tapi g sampe parah banget sih
Kebetulan juga kalo tutup kap mesin saya g pernah banting sukanya tutup pelan" baru tekan
Ohh bgt toh, berarti mirip2 mobil2 lain yg sekelas ya....

Ketebalan Kap mesin ini mnurut sy bs menggambarkan kualitas plat mobil secara keseluruhan, krn ini bagian tertipis dr mobil. Bagian2 lain akan lbh tebal tp kan gk akan jauh bedanya. Gk mungkin kan body setebal panther tp kap setipis ayla & sebaliknya....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by fikrebi »

coklatMetalik wrote:
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 11:25
coklatMetalik wrote: Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
Oohhh kalo di tekan kuat" meleot om tapi g sampe parah banget sih
Kebetulan juga kalo tutup kap mesin saya g pernah banting sukanya tutup pelan" baru tekan
Ohh bgt toh, berarti mirip2 mobil2 lain yg sekelas ya....

Ketebalan Kap mesin ini mnurut sy bs menggambarkan kualitas plat mobil secara keseluruhan, krn ini bagian tertipis dr mobil. Bagian2 lain akan lbh tebal tp kan gk akan jauh bedanya. Gk mungkin kan body setebal panther tp kap setipis ayla & sebaliknya....
Iya om
Kebetulan dulu pas ambil avanza 2nd gen sempat di kasi tau sales "kalo tutup kap mesin di banting ya jangan di tekan nanti rusak kap mesin nya" tapi selama pemakaian hampir 7 thn g pernah saya banting selalu tekan dan kap mesin masih tentram damai sentosa soalnya kalo di banting malah takut rusak om
kipasangin
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Mar 15, 2016 21:27

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by kipasangin »

liemivan86 wrote: Sun Feb 18, 2018 18:06
kipasangin wrote:Yup setuju ma ts.
Baru boyong brv e cvt buat gantiin ipah bensin, kerasa bener downgrade kualitas interiornya.
Nutup pintu pun kalo dulu di ipah mah anak ogut yang umur 5th ga bisa rapet, kalo yang ini langsung jleb makklontang
Jleb makklontang? Serius?

Padahal dulu saya merasa BRV ini pintu nya lebih mending dibanding mobilio lho. Tapi mobilio yang sebelum facelift ya. Setelah facelift saya nda pernah lihat lagi..
Serius om bener, saya bandingkan dengan innova beda jauh, kalo di innova nutup pintu harus pake tenaga kalo brv ibarat disenggol pake pinggul aja udah rapet kaya nya.
Jadi ada nilai plus nya ini, pernah kejadian di innova gara2 ada 1 pintu yang ga rapet aki jadi tekor om, tuh innova ga dpake seminggu
Kalo ini sih kayanya ga bakal kejadian kek gitu
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by iwing »

coklatMetalik wrote: Mon Feb 19, 2018 11:21
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 10:07
coklatMetalik wrote:
Klo plat bodinya gmn? Apakah kaleng tipis kyk avanza 1st gen?
Kalo plat bodi kurang tau juga om
Soalnya kan kita cuma liat tampak luar
Cuma kalo di pencet" rasanya biasa aja sih om g beda jauh sama gnki di rumah sama" meleot" nya(opini pribadi ya om) kalo buka kap mesin baru terasa beda brv ringan banget gnki agak berat
Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
kalo melihat tebel tipis nya kap mesin, bisa dilihat dari posisi penyangga kap mesin gak..?? misal kalo kap mesin tipis, peyangga biasanya ditempatin di ujung kap mesin (bagian terdepan) tapi kalo kap mesin tebel, penyangga biasanya diletakkan agak kebawah/gak diujung kap mesin (samping bawah)
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by coklatMetalik »

iwing wrote:
coklatMetalik wrote: Mon Feb 19, 2018 11:21
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 10:07 Kalo plat bodi kurang tau juga om
Soalnya kan kita cuma liat tampak luar
Cuma kalo di pencet" rasanya biasa aja sih om g beda jauh sama gnki di rumah sama" meleot" nya(opini pribadi ya om) kalo buka kap mesin baru terasa beda brv ringan banget gnki agak berat
Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
kalo melihat tebel tipis nya kap mesin, bisa dilihat dari posisi penyangga kap mesin gak..?? misal kalo kap mesin tipis, peyangga biasanya ditempatin di ujung kap mesin (bagian terdepan) tapi kalo kap mesin tebel, penyangga biasanya diletakkan agak kebawah/gak diujung kap mesin (samping bawah)
Klo mobil jaman skrg sy kurang tau sih om. Tp klo mobil jadul rata2 penyangganya ttp nyantol di bagian terdepan walaupun kapnya tebel
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Update:
Ane & fam baru pulang dari perjalanan luar kota sejauh 190an km pas weekend kemarin. Pas pergi jalan jam 7.30 malam sampai jam 1.45 dinihari. Mertua naik Dakar '14, ipar naik Fortie '12, ane ngintil di blkg ngos2an ngejer, hehehe..

Isi mobil dewasa 3, balita 2, barus ketiga full barang. Makin terasa kalo keunggulan BRV ini ada di drivetrain-nya. Buat nyalip2 truk di jalan sempit 1 jalur lumayan pd krn ane punya yg MT jd gak harus nunggu lag transmisi kalo dibejek.
FC full to full 1:14 dgn kondisi hampir full load + full AC + lalu lintas malam. Di MID sih angkanya 1:17 tp ane gak tlalu yakin.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by octafiantos »

AT juga mestinya enggak nunggu. By default memang D didesain untuk econo. Tinggal pake S kalo butuh respon segera. Saya jarang ngebut, di tol juga paling 110-120 kalo kosong, tapi sering geser S kalo butuh.

Kavling kosong, bisa dikridit.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Leonhart »

coklatMetalik wrote: Mon Feb 19, 2018 11:32
fikrebi wrote: Mon Feb 19, 2018 11:25
coklatMetalik wrote:
Klo sy sih simple aja dlm menilai ketipisan plat bodi, cara plg sederhana:
Berani gk tutup kap mesin dgn cara gk dibanting dr atas, tp simpan pelan2 baru kemudian ditekan kuat2 pk tangan....
Klo tebel kan gk akan knapa2 tuh kap mesin. Klo agak tipis ya paling meleot tp gk penyok. Klo kyk avanza 1st gen mungkin langsung penyok tuh....
Oohhh kalo di tekan kuat" meleot om tapi g sampe parah banget sih
Kebetulan juga kalo tutup kap mesin saya g pernah banting sukanya tutup pelan" baru tekan
Ohh bgt toh, berarti mirip2 mobil2 lain yg sekelas ya....

Ketebalan Kap mesin ini mnurut sy bs menggambarkan kualitas plat mobil secara keseluruhan, krn ini bagian tertipis dr mobil. Bagian2 lain akan lbh tebal tp kan gk akan jauh bedanya. Gk mungkin kan body setebal panther tp kap setipis ayla & sebaliknya....

Plat paling tipis itu bagian quartel panel om (bagian sekitar tutup tanki bensin)
Bukan kap mesin

Kap mesin masih lebih tebal daripada quartel panel
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Mozawa »

Review yg menarik...ane pake jazz gk5 cvt , selalu mania premium sampai saat ini udh 4 th. Jarak tempuh 70.000.
Gak ada masalah dg ngelitik dll. Fc antara perta cs premi juga 11 12. gak signifikan .

Menurut hemat saya , engine na dgn kompresi segituan ( bukan skyactive) mubazir dikasih pertamax...pake full premium 10 tahunpun lalu jual tuh mobil, ane yakin gak ada masalah dg engine...pokok jangan ngelitik keterlaluan.

Ane pake avanza yg ngelituk for lifepun gak aga masalh .
Pake accord 20 tahun yg ngelitik kalo gas pol, juga gak masalah.. apalagi l15 yg bisa ngatur waktu npengapian otomatis. Gak kayak engine jadul yg harus mundurin distributor dan pake vacum majuin pengapian..

Intinya mesin l15 ini terbukti tahan premium .ngapain pake pertamax...mending duit selisihnya utk beli hal lain yg lbg berguna..

Semisal pemakaian bbm pertamax sebulan 2 juta...katakan ada penghematan 22 persen ..sekita 500 ribuan...per bulan...

Kalau 5 tahun udah 30 juta.... kalo 10 tahun 60 juta.mending duitnya dipake utk kebutuhan sehari2.

5 tahun , jual ganti mbl yg lbh baru...harga bekasnya juga masih sama.





qushay20019 wrote: Fri Feb 16, 2018 3:03 Salam kenal SMers semua,
kenalin ane nubie mau nyoba2 sharing hasil owning experience Honda BRV E MT 2016 akhir. Ini adalah mobil hibah dari ortu ane karena ane udah ada 2 buntut tapi masih tetep nangkring sama mertua. Kata ortu ane biar ane gak malu-maluin udah numpang, trus bawa mobil punya bini ke mana2, ane harus punya mobil sendiri. Padahal ane juga gak ngerasa butuh mobil kedua di keluarga kecil ane. Jadinya ya di syukurin aja; masih banyaaaaaaak banget orang mau makan aja susah, boro2 punya 2 mobil... :big_slap:

BTT. Jadi BRV ini kan ada 4 trim ya: S MT (terendah), E MT (punya ane), E CVT, Prestige CVT (tertinggi). Sebenarnya mobil ini sudah ada beberapa trit review, tapi yg udah ada review E CVT ke atas doang kayaknya. Kalo yang manual kayaknya blum ada.
Ane di Makassar waktu Des 2016 itu dikasih pricelist 250.6jt buat E MT (beda 15an juta kayaknya ama pricelist Jakarta). Minta diskon mentok di 234.5. Ya udah ortu udah ngebet liat mobil baru angkut aja deh… :off_good:


EKSTERIOR
Karena exterior hampir gak ada beda antara E CVT dengan E MT kecuali badge CVT di belakang. Kalo di punya ane cuma badge E aja.
4 - E badge.jpg

Bedanya sama E MT sama Prestige agak banyak di interior sama eksterior, tapi beda harganya juga agak banyak, jadi waktu itu ane pikir ya udah ambil yg manual aja soalnya waktu itu blum tau pentingnya VSC yang cuma ada di Prestige. :big_chicken: :big_slap:
Lagian pas ane tanya menkeu, dia juga lebih milih manual aja. Kalo waktu bisa diputar sih ane milih Prestige, soalnya udah belajar di SM bahwa mending ambil trim tertinggi kalo keuangan memungkinkan. Urusan ama menkeu mah suruh belajar aja. Tapi ya udah terjadi, apa boleh buat…

Yang ane lebih demen pada E MT yang punya ane skarang daripada punya Prestige salah satunya adalah velg, soalnya polanya yg berkelok kelihatan lebih dinamis daripada pola palang 5 lurus punya Prestige.
7 wheel.jpg

Muffler cutter E MT juga lebih simpel daripada Prestige yg ber krom. Ntah kenapa menurut ane Prestige agak lebay soal krom2an ini, soalnya selain di muffler cutter, di lis antara lampu juga ada. Kalo di trim selain Prestige lis nya merah aja dan terus terang, ane lebih demen yg merah daripada krom krn garisnya lebih menyatu dengan warna lampu. Di lain pihak, sayap di atas pintu belakang sama shark fin antenanya emang lebih keren punya Prestige sih. Bisa aja ane pasang sendiri di E MT ane tapi males, mending duitnya buat beli BBM. Lagian sayap itu pasti nambah massa total mobil. Ini soal selera, jadi subjektif aja sih, no offense buat yg beda selera…
3 rear.jpg

O ya, soal kaca film ane di wanti2 ama ortu harus yang V-K**l. Masalahnya itu cuma ada di Prestige, sementara harga Prestige di kota ane agak overbudget. Jadinya ane suruh kaca film yg *uper **tik bawaan diganti total dgn V-K**l. Kena deh ane 5.7jt buat semobil, padahal kalo ane tau kaca film bawaannya gak jelek2 amat, gak bakalan ane ganti. Maklum nubitoltoltoltol, waktu itu blum ngarti parameter kualitas kaca film macam TSER, VLT, dll.

Masa-masa itu juga ane keburu napsu masang ceramic coating. Setelah iseng nanya di 2 tempat (Sona* & S*uto), ane nekat pilih Sona*. Katanya ceramic coating bagus biar mobil gampang dicuci & debu gak gampang nempel. Pas diliatin efek daun talas kalo disiram gitu yg bisa tahan sampe 1 tahun, kemakan rayuan deh ane. Pasang coating gituan 1 mobil kena 4.8 jt. Mana tahannya cuman 6 bulanan lagi, pas bulan ke 7 udah mulai gak ada tuh efek daun talas. Gak lagi deh coating2 segala. Mending cuci aja yang bener tiap kotor, keringin pake microfiber, kalo perlu sarungin pake sarung mobil yg rada mahalan di A*E hardware.

Abis itu, ane liat ban serepnya di kolong mobil sering kotor kalo musin hujan. Jadinya ane pesen sarung ban serep yang bisa ditutup total di toko reparasi tas & sepatu. Ini kena 400rb. Ini juga nih yang sedikit bikin adem sama BRV ane; ban serepnya full size jadi gak kentara2 amat kalo lagi dipasang. Cuman, ban bawaanya Dun**p Ehnasip ane gak demen. Baru 3 bulanan dipake udah bolong 2 kali di ban yang sama, padahal rute ane rumah-kantor-mall aja paling. Dibandingin ban BS di X-Over bini, kualitas beda banget dari segi durabilitas, noise, & respon setir. Mau ganti, udah kempes kantong ane gara2 coating & pasang vk**l. Aaaaaapeeeesss. [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno]

INTERIOR
Interior ini salah satu kelemahan terbesar BRV & Ahond jaman 2015 ke atas secara umum. Di BRV ane, kualitasnya lebih jelek dibandingkan X-Over bini, City GD8 2007 adek, bahkan Avanza gen 1 2004 punya bokap. This feel preposterously cheap.
Yang paling ane gak suka adalah handle pembuka pintu dalam yang kayak plastik mainan anak murahan yg dijual di pinggir jalan. NVH (noise, vibration & harshness) juga lebih kasar daripada X-Over. Ane inget kesan pertama ane ini mobil bensin tapi kok bunyi mesinnya macam panter kotak sohib kuliah ane…
Itu tuas buat milih aliran udara luar ato aliran udara sirkulasi udah patah gara2 ditendang anak bayi ane pas dipangku di depan. Tendangan pertama lepas doang. Tendangan kedua patah bener deh. Mo di lem gak bisa soalnya tipis banget. Ya udah biarin aja.


Trus itu plastik hitam di bibir pintu depan kiri kanan bunyi keriyet2 mampus sampe mo lepas kalo diinjek pas ane mau ngelap atap mobil bagian depan. Gila, sejelek2nya Avanza bokap yg sampe skarang udah 14 tahun aja gak pernah tuh bunyi ginian. Trus bagian belakang rel jok depan gak tertutup plastik, jadi penumpang di baris tengah kalo kakinya kepentok ke rel tersebut bakal langsung ngadu sama besi; nyeri, nyeri deh…
Yang ngeselin juga adalah laci dashboard. Ini harus dibanting biar nutup rapat. Tiap kali ane nutup laci dashboard X-Over punya bini dengan elegannya, ane keinget betapa beda prinsip desain sizuka ama ahond. Si S kotak prinsipnya gak banyak ngejreng tapi elegan & fungsional. Si H ngejreng sana sini, krom sana sini, bedakin sana sini, isinya ya gitu deh… Makan tuh duit!

Hal ketiga yang ane gak suka adalah jok sopir yg rendah & gak ada seat height adjuster. Ane demen posisi tinggi yang minimal bisa ngeliat sedikit kap mesin. Nah di BRV ini rendah banget bikin ane frustrasi sampe ane beli bantal memory foam buat diselipin di bawah sarung jok. Bantal memory foamnya lumayan membantu tapi pas bokap liat, bokap cuman geleng2 kepala. Akhirnya ane nekat ke toko variasi, minta nambahin busa biar tinggi sekalian pasang jok kulit asli Nappa tapi khusus buat jok sopir aja. Ane kena 4.5jeti buat satu jok itu doang tapi serius, ane puasssssss banget ngerasain Nappa leather di atas jok tinggi soalnya punggung ane jadi gak basah. Skarang2 ini kalo bawa mobil lain ane betul2 nyadar punggung ane basah kalo habis bawa mobil yg jok supirnya dilapis kulit ACDC alias semisintetis gitu. Nah, kalo jok selain sopir tetap aja ane pakein mbte*h termurah yang ada d toped (1.3jt + ongkir 0.3 jt di toped).

Napsu variasi ane masih berlanjut, maklum baru sekali ini punya mobil yg bebas mo diapa2in, hehehe. Di toko variasi yang sama, ane pasang sensor parkir depan (350rb), tambah kain peredam di lantai mobil (400rb) , sama ganti karpet dasarnya dengan yg lebih tebel (800rb). Ane juga beli karet balon pintu sepaket buat BRV (lagi-lagi di toped, 900rb) trus dipasangin di toko variasi itu (tip doang, kasih 100rb buat dibagi2 ke instalaturnya). Setelah jok kulit, sensor parkir depan, & karpet dasar baru terpasang, ane ngerasa mobil ini udah mulai hampir “jadi”.
Di saat ini ane baru nyadar kalo segala duit tabungan ane lari ke mobil doang, padahal anak pertama mau sekolah & uang pangkal playgroup/ TK jaman sekarang sodara2, buset dah ngalahin SPP kuliah ane dulu… Jadi buru2 ane hentikan menatap trit2 racun di forum2, termasuk di SM ini. Eeehhh, namanya malang tak dapat ditolak, sekali waktu pas abis nyuci di salon mobil, udah kinclong abis, ane mo keluar parkiran mundur belok rada nanjak, ehhh ada pick up busuk parkir di pinggir jalan gak ane liat. Bokong BRV ane nyosor bak tuh pick up karna ane baru belajar senteran nih mobil, padahal tuh sensor parkir udah bipbipbip, ada kamera mundur pula; dasar nubitoltoltol.

Hasilnya mika lampu kanan ane pecah (untung gak sampe bolong ke dalam ruang balon lampunya). Panel sudut kanan belakang codet berat. Pintu bagasi juga codet ringan & agak meleyot ke dalam. Ane cek tuh pickup se*an gapapa, ya iyalah bak besi gitu lawan plastik & mika. Karna ane orangnya rada penyakit jiwa yg namanya OCD & perfectionism, ane segera meluncur ke dealer minta digantiin lampu belakang & panelnya. Pintu bagasinya akhirnya ane diemin aja krn catnya dikiiiit banget yg nglupas, kira2 1 mm persegi doang. Meleyot nya pun gak keliatan amat sama mata awam. Total kena hampir 4 juta lagi buat ganti itu semua krn ane gak pake asuransi. Habis itu ane teringet kalo ane ada kewajiban ama Yang Di Atas yang ane tunda2 mulu, makanya ane ditegor dengan musibah ini. Sampe sekarang Alhamdulillah ane aman di jalan setelah urusan ama Yang Di Atas ane kelarin.

MESIN
Kalo ada sisi positif dari BRV, ane pikir mesinnya adalah salah satu poin utama. Setelah make setahun diisi pertamax mulu (pernah pertabo, tapi gak pernah di bawah pertamax), ane bisa dapet 1:13an kecil which is sangat hemat dibandingkan X-Over yang mentok di 1:11an. Ini tercapai dengan penuh perjuangan seluruh anggota badan ane. Kaki kanan & kiri ane sekolah tinggi. Gas & rem ane usahakan sehalus mungkin. Target ane supaya rpm selalu antara 1000-1500 rpm. Kalopun ane harus akselerasi dikit, ane lakuin dengan mindahin giginya di-skip. Misalnya kalo mau nyalip, dari gigi 4 langsung ke 6. Kadang malah kalo lagi buru2, dari gigi 2 bejek sampe 2000 rpm trus langsung ke gigi 5 biar gak lama2 di rpm tinggi. Sedapat mungkin ane injek kopling full (bukan stengah kopling yg merusak kampas kopling) atau gak sekalian coasting/ meluncur di gigi netral.
Supaya ane bisa melakukan ini semua, ane selalu buka alas kaki kalo bawa mobil biar feel pedal bisa sangat presisi. Selain itu, ane pasang tekanan ban 2 psi lebih tinggi dari standar pabrik. Masang AC pun hanya bila bener2 panas kalo ane sendiri atau kalo pas ada orang lain di mobil. Kalo ane buka kaca jendela, ane buka silang (sisi sopir sama sisi penumpang kiri belakang). Trik2 hypermiling ini ane coba, tapi ya emang ada yg belum sempat dicoba misalnya pake oli 0W-20 yang mahal tapi katanya bisa menghemat SEDIKIT. Trik ecomodding seperti menutup ban belakang sampe bawah biar lebih aerodinamis juga gak ane lakuin, soalnya ane lebih mentingin kondisi standar se-standar2nya, kecuali sangat diperlukan, misalnya jok kulit custom tadi itu.

Mesin BRV yang 1.5 L ini juga ane rasain lebih bertenaga daripada mesin 1.5 L di X-Over. Selain karena peak power & peak torque yg lebih tinggi, bobot BRV juga lebih ringan daripada X-Over. Di sinilah ane mulai menerima kekurangan2 BRV ane. Kata bule, it is an acquired taste. Waktu bulan2 awal, saking gendeknya ama noh mobil, ane udah mo jual aja sebelum ultah pertamanya. Tapi ngeliat depresiasi mobil ini yang lebih tinggi (12an % per tahun) daripada X-Over & mobil2 lain di keluarga besar ane yg cuma 9-10an% pertahun, ane tahan2 deh napsu ini. Ini bukan pekerjaan mental yang ringan sodara2, ditambah adanya Xpander, Confero, dll yang bikin mupeng diberbagai forum & channel, ane galau berbulan2 sodara2. Syukurlah ane masih tahan godaan2 itu karena BRV ane betul2 perlahan tapi pasti mulai kena di hati ane.
Sekarang ini ane lagi eksperimen dengan BBM. Kalo pada umur 0-14 bulan, BRV ane nenggak pertamax dengan konsumsi seperti di atas, sekarang ane ngoplos pertabo 20L + premium 18 + sisa pertamax di tangki kayaknya 4 L. Hasilnya ane dapet RON 93an kecil. Efeknya, tarikan lebih enak sedikit.

Ane bisa pindah gigi di rpm 1100an, kalo pake pertamax murni bisanya di 1200-1300an (jalan datar). MID juga nunjukin 1:14. Tapi berhubung ini baru dilakuin 2 mingguan, ntar ane update lagi deh setelah pake oplosan ini beberapa bulan. Alasan ane ngoplos simpel: urusan duit. Kalo ngoplos pertabo+premium 1:1, hasilnya ane dapat RON 93 dengan Rp. 8625/L dibanding pertamax RON 92 doang harga lebih tinggi Rp.8800 (harga Makassar per 20 Jan 2018). Yeah, it’s not much, I know. Tapi ane aja yang jarang keluar rumah ngisi bensin 3x sebulan. Itungan kasar ane penghematannya “cuma” 500ribuan setahun. Tapi lumayan banget lah, itung2 nambah2an buat biaya pajak yang kena Rp.2950rb di tahun pertama (ini total, bukan PKB doang).

O ya, soal perawatan rutin, ane waktu beli mobil sekalin beli paket cermat yg katanya lebih murah jatuh2nya. Ane beli yang 3 tahun seharga Rp.3850rb. Ane udah 2 kali bawa ke bengkel waktu km 1000/ bulan pertama sama km 10.000/ bulan ke enam. Nah, masalahnya kalo nunggu km nya gak bakalan sampe krn pemakaian ane sangat minim, sekitar 8300an km doan setaun (standar pabrik 20ribu km/thn!). Jadi ya udah, ane ganti oli dll ngikutin waktu aja. Ane pikir dengan merawat mesin sesuai standar pabrik, secara long term menguntungkan ane juga kok ujung2nya. Cuman, dasar dealer mo cuan gede mulu , ane baru tau pas datang kedua kali bahwa penggantian filter oli yg ngambil paket cermat itu TIDAK dilakukan tiap kali ganti oli, melainkan 2 kali ganti oli baru ganti filter. Oh my goodness, gillaaaaakkkkkkk mo meleduk kepala ane saking keselnya. Soalnya sejak beli, mulai dari sales, SA-SA sbelumnya, bahkan kepala bengkel gak ada yang nyebut2 hal ini. [emo-mark-F] [emo-mark-F] [emo-mark-F]

Ane sempet tergoda mau tega2an ngasih prebus ke BRV ane, tapi inget prinsip standar se-standar2nya, ane stick to the f***king manual book. Bukan apa2, soal tarikan pas mo nyalip + kesehatan mesin jangka panjang menurut ane lebih penting. Ane rencana tahan nih mobil sampe sekuat2nya ane ngerawat. Syukur2 bisa 20 tahun, jadi ane bisa ngajarin anak nyetir pake mobil ini, aamiiinn. Avanza gen 1 bokap aja keluaran 2004 masih dipake jadi mobil perang; kenapa ini nggak? Ane nubitolotoltol nyadar kalo kerjaan ane belum memungkinkan buat beli mobil se"mahal" ini, jadi yg bisa ane lakuin cuma memastikan mobil ini terawat sesuai atau bahkan melebihi standarnya biar bisa dipake selama mungkin.

Sekian deh review one year owning experience ane. 19 more to go, hehehe.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by solar_kerosen »

alexdonovan wrote: Fri Feb 16, 2018 21:12 Great review. Interior BRV ternyata menyedihkan ya... Saya pernah lihat interiornya aja di BRV punya temen, tapi memang mata saya mata orang awam untuk lihat hal begini.

BTW, itu serius ga pernah sentuh 2000 rpm dan change gear sampe di-skip gitu purpose-nya apa? Resiko oil pressure kurang dan kanvas kopling cepet kena tuh.

Kanvas kopling Livina saya (saat itu km masih dibawah 10k) pernah kebakar setelah dipinjem beberapa jam ama orang... Ternyata cara bawa dia kayak Oom TS. Kena deh saya 2 juta buat kopling.

*saya inget manual book Ecosport saya, untuk M/T "do not operate below 2000 rpm"
Gue malah start awal 6000 ... 😀
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Update lagi ah, 2 years & 2 months:

Sekarang BRV ane minumnya pertalite aja + racun Redline CFSC, dosis 50an cc (kira2 1 jari) tiap 1/2 atau full tangki. Ane itung2 cost total per km masih lebih murah daripada minum pertamax tok. Dengan kondisi demikian, FC 1:11 smp 1:12 rute campur.
Tekanan ban akhirnya ane samain dgn standar pabrik, 32 dpn 30 blk krn suspensi rasanya terlalu keras kalo ane isi angin lebih dari itu. Ada niat sih pengen ganti Mich Primacy 4ST ato Yoko Advan DB, tapi Dunlpop bawaan pabrik masih muda banget meski udah ada tambalan.

Switch pengatur sumber udara AC yang patah juga pengen ane ganti, tp setelah tanya di beres, harus pesen 1 set cover area AC seharga 3jutaan belum ongkos pasang. Jadinya mikir2 dulu deh.
F8ED58B7-C3FC-4F3A-936C-C3E37914AF2E.jpeg
Ane juga rencana pasang peredam spakbor & firewall yg katanya dilipat2 itu trus diselipin di ruang2 kosong. Liat dari harga topednya sih lumayan terjangkau kayaknya, cuman ane harus nyari bengkel di area Makassar & skitarnya yg mau pasangin.

Mesin & transmisi sih masih lancar jaya, AlhamduliLlah, soalnya ane ganti oli selalu ikut bulan. Oli MT pun udah ganti. Tapi biarpun oli transmisi baru, rasa pindah giginya masih jauh lebih enak di City VTEC jadul ane, :mky_04:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by FR6 »

Seru banget baca reviewnya haha tp emang engine L15 Honda itu sangat overkill dibanding kualitas interiornya.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

FR6 wrote: Wed Feb 27, 2019 7:33 Seru banget baca reviewnya haha tp emang engine L15 Honda itu sangat overkill dibanding kualitas interiornya.
Thanks om. Kalo ane sih ngeliatnya malah kebalik: kualitas interior yg sangat dikorbankan demi menekan harga jual. “Jenius” banget emang di Jonpis..., :drinking:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Update user experience 2.5 years:
Barusan pasang peredam tempel dari bahan butyl rubber + plat aluminium di keempat pintu sama kedua sisi quarter panel, abis 20 lembar. Sekalian pasang tweeter ori Ahond di pilar A & ganti klakson Hella Twin Tone Red.

Impresi berkendara: tarikan jadi sedikit lebih berat akibat peredam tersebut, tapi entah kenapa ane jadi lebih suka seperti ini karena tenaga terasa lebih linear. Impresi suara sound system jadi lebih enak (menurut kuping kaleng ane). Tadinya setting equalizer harus ane set bentuk V (bass & treble dikuatin, mid range diset di rata2 aja). Sekarang equalizer flat sekalipun bisa kedengaran enak, apalagi kalo di set V shape.

Berikutnya mau pasang peredam gulung untuk di spakbor, ganti jok sopir pake punya BRV 2019 yg udah ada seat height adjuster, sama ganti ban Michelin 205-55-R16.
inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by inrandomthoughts »

qushay20019 wrote: Wed May 08, 2019 11:23 Update user experience 2.5 years:
Barusan pasang peredam tempel dari bahan butyl rubber + plat aluminium di keempat pintu sama kedua sisi quarter panel, abis 20 lembar. Sekalian pasang tweeter ori Ahond di pilar A & ganti klakson Hella Twin Tone Red.

Impresi berkendara: tarikan jadi sedikit lebih berat akibat peredam tersebut, tapi entah kenapa ane jadi lebih suka seperti ini karena tenaga terasa lebih linear. Impresi suara sound system jadi lebih enak (menurut kuping kaleng ane). Tadinya setting equalizer harus ane set bentuk V (bass & treble dikuatin, mid range diset di rata2 aja). Sekarang equalizer flat sekalipun bisa kedengaran enak, apalagi kalo di set V shape.

Berikutnya mau pasang peredam gulung untuk di spakbor, ganti jok sopir pake punya BRV 2019 yg udah ada seat height adjuster, sama ganti ban Michelin 205-55-R16.

Ganti grill depan yang 2019 facelift menarik juga om. saya lg hunting nih. black piano gitu. drpd chrome2 kaya skrg..
IG: @inrandomthoughts
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Winz »

Iqbalnugraha wrote: Thu May 09, 2019 8:22
qushay20019 wrote: Wed May 08, 2019 11:23 Update user experience 2.5 years:
Barusan pasang peredam tempel dari bahan butyl rubber + plat aluminium di keempat pintu sama kedua sisi quarter panel, abis 20 lembar. Sekalian pasang tweeter ori Ahond di pilar A & ganti klakson Hella Twin Tone Red.

Impresi berkendara: tarikan jadi sedikit lebih berat akibat peredam tersebut, tapi entah kenapa ane jadi lebih suka seperti ini karena tenaga terasa lebih linear. Impresi suara sound system jadi lebih enak (menurut kuping kaleng ane). Tadinya setting equalizer harus ane set bentuk V (bass & treble dikuatin, mid range diset di rata2 aja). Sekarang equalizer flat sekalipun bisa kedengaran enak, apalagi kalo di set V shape.

Berikutnya mau pasang peredam gulung untuk di spakbor, ganti jok sopir pake punya BRV 2019 yg udah ada seat height adjuster, sama ganti ban Michelin 205-55-R16.

Ganti grill depan yang 2019 facelift menarik juga om. saya lg hunting nih. black piano gitu. drpd chrome2 kaya skrg..
Pakai Sticker aja, om, minim Oracal 651 atau di atasnya
inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by inrandomthoughts »

Winz wrote: Thu May 09, 2019 8:37

Pakai Sticker aja, om, minim Oracal 651 atau di atasnya
Udah coba pakai sticker yg motif carbon, bertahan hampir 1 tahun.. terus warna dan teksturnya mulai berubah.. skrg lagi saya pakai plastidip yang blackmatte. Tapi naksir juga sama grill yg baru mirip jazz GK5 ini. hehe
IG: @inrandomthoughts
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Iqbalnugraha wrote: Thu May 09, 2019 8:22
Ganti grill depan yang 2019 facelift menarik juga om. saya lg hunting nih. black piano gitu. drpd chrome2 kaya skrg..
Ane lebih milih ganti jok sopir sih om, MASALAHNYA ahond rada rese nih kalo urusan upgrade sparepart ke model facelift. Baik di dealer maupun di seller yg gede di online marketplace minta nomor rangka brv facelift kalo mau pesen...mau dapet dari mana pula???! :frm_bang_head: :frm_snipper:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by lemonadelovers »

qushay20019 wrote: Thu May 09, 2019 9:31
Iqbalnugraha wrote: Thu May 09, 2019 8:22
Ganti grill depan yang 2019 facelift menarik juga om. saya lg hunting nih. black piano gitu. drpd chrome2 kaya skrg..
Ane lebih milih ganti jok sopir sih om, MASALAHNYA ahond rada rese nih kalo urusan upgrade sparepart ke model facelift. Baik di dealer maupun di seller yg gede di online marketplace minta nomor rangka brv facelift kalo mau pesen...mau dapet dari mana pula???! :frm_bang_head: :frm_snipper:
Gampang om, liat aja mobil display d dealer lihat peneng/ plat yg dirivet d body mobil foto/catet beres dah
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT