Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Salam kenal SMers semua,
kenalin ane nubie mau nyoba2 sharing hasil owning experience Honda BRV E MT 2016 akhir. Ini adalah mobil hibah dari ortu ane karena ane udah ada 2 buntut tapi masih tetep nangkring sama mertua. Kata ortu ane biar ane gak malu-maluin udah numpang, trus bawa mobil punya bini ke mana2, ane harus punya mobil sendiri. Padahal ane juga gak ngerasa butuh mobil kedua di keluarga kecil ane. Jadinya ya di syukurin aja; masih banyaaaaaaak banget orang mau makan aja susah, boro2 punya 2 mobil... :big_slap:

BTT. Jadi BRV ini kan ada 4 trim ya: S MT (terendah), E MT (punya ane), E CVT, Prestige CVT (tertinggi). Sebenarnya mobil ini sudah ada beberapa trit review, tapi yg udah ada review E CVT ke atas doang kayaknya. Kalo yang manual kayaknya blum ada.
Ane di Makassar waktu Des 2016 itu dikasih pricelist 250.6jt buat E MT (beda 15an juta kayaknya ama pricelist Jakarta). Minta diskon mentok di 234.5. Ya udah ortu udah ngebet liat mobil baru angkut aja deh… :off_good:


EKSTERIOR
Karena exterior hampir gak ada beda antara E CVT dengan E MT kecuali badge CVT di belakang. Kalo di punya ane cuma badge E aja.
4 - E badge.jpg
Bedanya sama E MT sama Prestige agak banyak di interior sama eksterior, tapi beda harganya juga agak banyak, jadi waktu itu ane pikir ya udah ambil yg manual aja soalnya waktu itu blum tau pentingnya VSC yang cuma ada di Prestige. :big_chicken: :big_slap:
Lagian pas ane tanya menkeu, dia juga lebih milih manual aja. Kalo waktu bisa diputar sih ane milih Prestige, soalnya udah belajar di SM bahwa mending ambil trim tertinggi kalo keuangan memungkinkan. Urusan ama menkeu mah suruh belajar aja. Tapi ya udah terjadi, apa boleh buat…

Yang ane lebih demen pada E MT yang punya ane skarang daripada punya Prestige salah satunya adalah velg, soalnya polanya yg berkelok kelihatan lebih dinamis daripada pola palang 5 lurus punya Prestige.
7 wheel.jpg
Muffler cutter E MT juga lebih simpel daripada Prestige yg ber krom. Ntah kenapa menurut ane Prestige agak lebay soal krom2an ini, soalnya selain di muffler cutter, di lis antara lampu juga ada. Kalo di trim selain Prestige lis nya merah aja dan terus terang, ane lebih demen yg merah daripada krom krn garisnya lebih menyatu dengan warna lampu. Di lain pihak, sayap di atas pintu belakang sama shark fin antenanya emang lebih keren punya Prestige sih. Bisa aja ane pasang sendiri di E MT ane tapi males, mending duitnya buat beli BBM. Lagian sayap itu pasti nambah massa total mobil. Ini soal selera, jadi subjektif aja sih, no offense buat yg beda selera…
3 rear.jpg
O ya, soal kaca film ane di wanti2 ama ortu harus yang V-K**l. Masalahnya itu cuma ada di Prestige, sementara harga Prestige di kota ane agak overbudget. Jadinya ane suruh kaca film yg *uper **tik bawaan diganti total dgn V-K**l. Kena deh ane 5.7jt buat semobil, padahal kalo ane tau kaca film bawaannya gak jelek2 amat, gak bakalan ane ganti. Maklum nubitoltoltoltol, waktu itu blum ngarti parameter kualitas kaca film macam TSER, VLT, dll.

Masa-masa itu juga ane keburu napsu masang ceramic coating. Setelah iseng nanya di 2 tempat (Sona* & S*uto), ane nekat pilih Sona*. Katanya ceramic coating bagus biar mobil gampang dicuci & debu gak gampang nempel. Pas diliatin efek daun talas kalo disiram gitu yg bisa tahan sampe 1 tahun, kemakan rayuan deh ane. Pasang coating gituan 1 mobil kena 4.8 jt. Mana tahannya cuman 6 bulanan lagi, pas bulan ke 7 udah mulai gak ada tuh efek daun talas. Gak lagi deh coating2 segala. Mending cuci aja yang bener tiap kotor, keringin pake microfiber, kalo perlu sarungin pake sarung mobil yg rada mahalan di A*E hardware.

Abis itu, ane liat ban serepnya di kolong mobil sering kotor kalo musin hujan. Jadinya ane pesen sarung ban serep yang bisa ditutup total di toko reparasi tas & sepatu. Ini kena 400rb. Ini juga nih yang sedikit bikin adem sama BRV ane; ban serepnya full size jadi gak kentara2 amat kalo lagi dipasang. Cuman, ban bawaanya Dun**p Ehnasip ane gak demen. Baru 3 bulanan dipake udah bolong 2 kali di ban yang sama, padahal rute ane rumah-kantor-mall aja paling. Dibandingin ban BS di X-Over bini, kualitas beda banget dari segi durabilitas, noise, & respon setir. Mau ganti, udah kempes kantong ane gara2 coating & pasang vk**l. Aaaaaapeeeesss. [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno]

INTERIOR
Interior ini salah satu kelemahan terbesar BRV & Ahond jaman 2015 ke atas secara umum. Di BRV ane, kualitasnya lebih jelek dibandingkan X-Over bini, City GD8 2007 adek, bahkan Avanza gen 1 2004 punya bokap. This feel preposterously cheap.
Yang paling ane gak suka adalah handle pembuka pintu dalam yang kayak plastik mainan anak murahan yg dijual di pinggir jalan. NVH (noise, vibration & harshness) juga lebih kasar daripada X-Over. Ane inget kesan pertama ane ini mobil bensin tapi kok bunyi mesinnya macam panter kotak sohib kuliah ane…
Itu tuas buat milih aliran udara luar ato aliran udara sirkulasi udah patah gara2 ditendang anak bayi ane pas dipangku di depan. Tendangan pertama lepas doang. Tendangan kedua patah bener deh. Mo di lem gak bisa soalnya tipis banget. Ya udah biarin aja.


Trus itu plastik hitam di bibir pintu depan kiri kanan bunyi keriyet2 mampus sampe mo lepas kalo diinjek pas ane mau ngelap atap mobil bagian depan. Gila, sejelek2nya Avanza bokap yg sampe skarang udah 14 tahun aja gak pernah tuh bunyi ginian. Trus bagian belakang rel jok depan gak tertutup plastik, jadi penumpang di baris tengah kalo kakinya kepentok ke rel tersebut bakal langsung ngadu sama besi; nyeri, nyeri deh…
Yang ngeselin juga adalah laci dashboard. Ini harus dibanting biar nutup rapat. Tiap kali ane nutup laci dashboard X-Over punya bini dengan elegannya, ane keinget betapa beda prinsip desain sizuka ama ahond. Si S kotak prinsipnya gak banyak ngejreng tapi elegan & fungsional. Si H ngejreng sana sini, krom sana sini, bedakin sana sini, isinya ya gitu deh… Makan tuh duit!

Hal ketiga yang ane gak suka adalah jok sopir yg rendah & gak ada seat height adjuster. Ane demen posisi tinggi yang minimal bisa ngeliat sedikit kap mesin. Nah di BRV ini rendah banget bikin ane frustrasi sampe ane beli bantal memory foam buat diselipin di bawah sarung jok. Bantal memory foamnya lumayan membantu tapi pas bokap liat, bokap cuman geleng2 kepala. Akhirnya ane nekat ke toko variasi, minta nambahin busa biar tinggi sekalian pasang jok kulit asli Nappa tapi khusus buat jok sopir aja. Ane kena 4.5jeti buat satu jok itu doang tapi serius, ane puasssssss banget ngerasain Nappa leather di atas jok tinggi soalnya punggung ane jadi gak basah. Skarang2 ini kalo bawa mobil lain ane betul2 nyadar punggung ane basah kalo habis bawa mobil yg jok supirnya dilapis kulit ACDC alias semisintetis gitu. Nah, kalo jok selain sopir tetap aja ane pakein mbte*h termurah yang ada d toped (1.3jt + ongkir 0.3 jt di toped).

Napsu variasi ane masih berlanjut, maklum baru sekali ini punya mobil yg bebas mo diapa2in, hehehe. Di toko variasi yang sama, ane pasang sensor parkir depan (350rb), tambah kain peredam di lantai mobil (400rb) , sama ganti karpet dasarnya dengan yg lebih tebel (800rb). Ane juga beli karet balon pintu sepaket buat BRV (lagi-lagi di toped, 900rb) trus dipasangin di toko variasi itu (tip doang, kasih 100rb buat dibagi2 ke instalaturnya). Setelah jok kulit, sensor parkir depan, & karpet dasar baru terpasang, ane ngerasa mobil ini udah mulai hampir “jadi”.
Di saat ini ane baru nyadar kalo segala duit tabungan ane lari ke mobil doang, padahal anak pertama mau sekolah & uang pangkal playgroup/ TK jaman sekarang sodara2, buset dah ngalahin SPP kuliah ane dulu… Jadi buru2 ane hentikan menatap trit2 racun di forum2, termasuk di SM ini. Eeehhh, namanya malang tak dapat ditolak, sekali waktu pas abis nyuci di salon mobil, udah kinclong abis, ane mo keluar parkiran mundur belok rada nanjak, ehhh ada pick up busuk parkir di pinggir jalan gak ane liat. Bokong BRV ane nyosor bak tuh pick up karna ane baru belajar senteran nih mobil, padahal tuh sensor parkir udah bipbipbip, ada kamera mundur pula; dasar nubitoltoltol.

Hasilnya mika lampu kanan ane pecah (untung gak sampe bolong ke dalam ruang balon lampunya). Panel sudut kanan belakang codet berat. Pintu bagasi juga codet ringan & agak meleyot ke dalam. Ane cek tuh pickup se*an gapapa, ya iyalah bak besi gitu lawan plastik & mika. Karna ane orangnya rada penyakit jiwa yg namanya OCD & perfectionism, ane segera meluncur ke dealer minta digantiin lampu belakang & panelnya. Pintu bagasinya akhirnya ane diemin aja krn catnya dikiiiit banget yg nglupas, kira2 1 mm persegi doang. Meleyot nya pun gak keliatan amat sama mata awam. Total kena hampir 4 juta lagi buat ganti itu semua krn ane gak pake asuransi. Habis itu ane teringet kalo ane ada kewajiban ama Yang Di Atas yang ane tunda2 mulu, makanya ane ditegor dengan musibah ini. Sampe sekarang Alhamdulillah ane aman di jalan setelah urusan ama Yang Di Atas ane kelarin.

MESIN
Kalo ada sisi positif dari BRV, ane pikir mesinnya adalah salah satu poin utama. Setelah make setahun diisi pertamax mulu (pernah pertabo, tapi gak pernah di bawah pertamax), ane bisa dapet 1:13an kecil which is sangat hemat dibandingkan X-Over yang mentok di 1:11an. Ini tercapai dengan penuh perjuangan seluruh anggota badan ane. Kaki kanan & kiri ane sekolah tinggi. Gas & rem ane usahakan sehalus mungkin. Target ane supaya rpm selalu antara 1000-1500 rpm. Kalopun ane harus akselerasi dikit, ane lakuin dengan mindahin giginya di-skip. Misalnya kalo mau nyalip, dari gigi 4 langsung ke 6. Kadang malah kalo lagi buru2, dari gigi 2 bejek sampe 2000 rpm trus langsung ke gigi 5 biar gak lama2 di rpm tinggi. Sedapat mungkin ane injek kopling full (bukan stengah kopling yg merusak kampas kopling) atau gak sekalian coasting/ meluncur di gigi netral.
Supaya ane bisa melakukan ini semua, ane selalu buka alas kaki kalo bawa mobil biar feel pedal bisa sangat presisi. Selain itu, ane pasang tekanan ban 2 psi lebih tinggi dari standar pabrik. Masang AC pun hanya bila bener2 panas kalo ane sendiri atau kalo pas ada orang lain di mobil. Kalo ane buka kaca jendela, ane buka silang (sisi sopir sama sisi penumpang kiri belakang). Trik2 hypermiling ini ane coba, tapi ya emang ada yg belum sempat dicoba misalnya pake oli 0W-20 yang mahal tapi katanya bisa menghemat SEDIKIT. Trik ecomodding seperti menutup ban belakang sampe bawah biar lebih aerodinamis juga gak ane lakuin, soalnya ane lebih mentingin kondisi standar se-standar2nya, kecuali sangat diperlukan, misalnya jok kulit custom tadi itu.

Mesin BRV yang 1.5 L ini juga ane rasain lebih bertenaga daripada mesin 1.5 L di X-Over. Selain karena peak power & peak torque yg lebih tinggi, bobot BRV juga lebih ringan daripada X-Over. Di sinilah ane mulai menerima kekurangan2 BRV ane. Kata bule, it is an acquired taste. Waktu bulan2 awal, saking gendeknya ama noh mobil, ane udah mo jual aja sebelum ultah pertamanya. Tapi ngeliat depresiasi mobil ini yang lebih tinggi (12an % per tahun) daripada X-Over & mobil2 lain di keluarga besar ane yg cuma 9-10an% pertahun, ane tahan2 deh napsu ini. Ini bukan pekerjaan mental yang ringan sodara2, ditambah adanya Xpander, Confero, dll yang bikin mupeng diberbagai forum & channel, ane galau berbulan2 sodara2. Syukurlah ane masih tahan godaan2 itu karena BRV ane betul2 perlahan tapi pasti mulai kena di hati ane.
Sekarang ini ane lagi eksperimen dengan BBM. Kalo pada umur 0-14 bulan, BRV ane nenggak pertamax dengan konsumsi seperti di atas, sekarang ane ngoplos pertabo 20L + premium 18 + sisa pertamax di tangki kayaknya 4 L. Hasilnya ane dapet RON 93an kecil. Efeknya, tarikan lebih enak sedikit.

Ane bisa pindah gigi di rpm 1100an, kalo pake pertamax murni bisanya di 1200-1300an (jalan datar). MID juga nunjukin 1:14. Tapi berhubung ini baru dilakuin 2 mingguan, ntar ane update lagi deh setelah pake oplosan ini beberapa bulan. Alasan ane ngoplos simpel: urusan duit. Kalo ngoplos pertabo+premium 1:1, hasilnya ane dapat RON 93 dengan Rp. 8625/L dibanding pertamax RON 92 doang harga lebih tinggi Rp.8800 (harga Makassar per 20 Jan 2018). Yeah, it’s not much, I know. Tapi ane aja yang jarang keluar rumah ngisi bensin 3x sebulan. Itungan kasar ane penghematannya “cuma” 500ribuan setahun. Tapi lumayan banget lah, itung2 nambah2an buat biaya pajak yang kena Rp.2950rb di tahun pertama (ini total, bukan PKB doang).

O ya, soal perawatan rutin, ane waktu beli mobil sekalin beli paket cermat yg katanya lebih murah jatuh2nya. Ane beli yang 3 tahun seharga Rp.3850rb. Ane udah 2 kali bawa ke bengkel waktu km 1000/ bulan pertama sama km 10.000/ bulan ke enam. Nah, masalahnya kalo nunggu km nya gak bakalan sampe krn pemakaian ane sangat minim, sekitar 8300an km doan setaun (standar pabrik 20ribu km/thn!). Jadi ya udah, ane ganti oli dll ngikutin waktu aja. Ane pikir dengan merawat mesin sesuai standar pabrik, secara long term menguntungkan ane juga kok ujung2nya. Cuman, dasar dealer mo cuan gede mulu , ane baru tau pas datang kedua kali bahwa penggantian filter oli yg ngambil paket cermat itu TIDAK dilakukan tiap kali ganti oli, melainkan 2 kali ganti oli baru ganti filter. Oh my goodness, gillaaaaakkkkkkk mo meleduk kepala ane saking keselnya. Soalnya sejak beli, mulai dari sales, SA-SA sbelumnya, bahkan kepala bengkel gak ada yang nyebut2 hal ini. [emo-mark-F] [emo-mark-F] [emo-mark-F]

Ane sempet tergoda mau tega2an ngasih prebus ke BRV ane, tapi inget prinsip standar se-standar2nya, ane stick to the f***king manual book. Bukan apa2, soal tarikan pas mo nyalip + kesehatan mesin jangka panjang menurut ane lebih penting. Ane rencana tahan nih mobil sampe sekuat2nya ane ngerawat. Syukur2 bisa 20 tahun, jadi ane bisa ngajarin anak nyetir pake mobil ini, aamiiinn. Avanza gen 1 bokap aja keluaran 2004 masih dipake jadi mobil perang; kenapa ini nggak? Ane nubitolotoltol nyadar kalo kerjaan ane belum memungkinkan buat beli mobil se"mahal" ini, jadi yg bisa ane lakuin cuma memastikan mobil ini terawat sesuai atau bahkan melebihi standarnya biar bisa dipake selama mungkin.

Sekian deh review one year owning experience ane. 19 more to go, hehehe.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by fl4b1e »

Mantap sekali reviewnya Om! Bener2 owning experience yang lengjap. Sama seperti Om TS, awal2 punya mobil sendiri rasanya gatel banget pengen mau ke toko variasi :) itu saja langsung membuat istri cemburu.. hahahaha
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

fl4b1e wrote: 16 Feb 2018, 11:14 Mantap sekali reviewnya Om! Bener2 owning experience yang lengjap. Sama seperti Om TS, awal2 punya mobil sendiri rasanya gatel banget pengen mau ke toko variasi :) itu saja langsung membuat istri cemburu.. hahahaha
Thanks om, iya nih, umur udah segini aja masih demen jajanin mobil. Gimana kalo ane dikaish mobil pas remaja ya? Untung ortu gak ngasih ane pas masih labil gitu.
Ini aja ane skarang lagi mau ngetes oli2 full synth yg katanya bisa tahan sedikit lebih lama. Tapi ngetesnya di mobil bini sm mobil adek ane, hehehe
Capcayghodok
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 30 Jan 2018, 12:40
Location: BANDUNG
Daily Vehicle: HondaBrv

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Capcayghodok »

Very nice review om... :big_exellent:
Kebetulan gua punya honda brv e-cvt nih om.. sama juga dpt hibah dr ortu.. wkwk.. bersyukur bgt bisa punya ini mobil.. walopun sampe skrg blom ada yg di tambah kecuali pasang talang air, karpet alas dadar dan jok kursi pake mbtech.. yg lain nya masih standar dr original brv nya.. kepikir sih mau pasang kamera utk depan spy enak pas parkir.. :big_blushing:
12valves
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 21 Feb 2016, 02:03

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by 12valves »

Sangat memprihatinkan kualitas interior Honda.

Apa ga ambil pelajaran Brand Elektronik jepang berhasil disalip Korea, kalo ga berbenah gak lama Otomotif jepang disalip cina.

Sampah dijual ratusan juta. Dan bergantung sm brand awareness mereka tahun 90an which is top notch. Manajemen Mobil2 jepang sekarang itu cuma mikirin profit aja. Kualitas nol.

Anyway verygood review, sy suka prespektif dan pendekatan tulisan ente. Jujur, Banyak humor dan informatif. Ane doakan awet BRV ente ya bosss
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.

Free Proffesional concultancy : 081293578630
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 15 Jan 2016, 22:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by Rundeer »

Very nice review om... Saya ngakak terus baca reviewnya :big_biglaugh:

Honda sekarang BQ interiornya memprihatinkan. Mana si toyodai udah mulai ngikut jg BQ amburadul begitu :e-wall:
Amit amit kalo mobil 10 tahun ke depan interiornya pada pake plastik li*n star
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Capcayghodok wrote: 16 Feb 2018, 12:39 ...pasang talang air, karpet alas dadar dan jok kursi pake mbtech.. yg lain nya masih standar dr original brv nya.. kepikir sih mau pasang kamera utk depan spy enak pas parkir.. :big_blushing:
Thanks berat om. Ane gak pasang talang air soalnya pengalaman kaca bagian atas jadi rentan kena jamur kalo gak teliti pas ngeringinnya. Di sisi lain, kalo suka nyelipin kanebo buat ngeringin ujung atas kaca, lama2 talang itu bakal lepas lemnya.
Naah kalo kamera 360 buat eagle eye view ane sepakat, sangat fungsional itu kalo parkir mepet. Jangan kayak kebiasaan orang eropa yg markir main nyenggol depan belakang. :off_no:
12valves wrote: 16 Feb 2018, 13:39 ...Anyway verygood review, sy suka prespektif dan pendekatan tulisan ente. Jujur, Banyak humor dan informatif. Ane doakan awet BRV ente ya bosss
Thanks om, it means a lot coming from an SM senior like you
Rundeer wrote: 16 Feb 2018, 16:20 ...Amit amit kalo mobil 10 tahun ke depan interiornya pada pake plastik li*n star
Thanks om. Wanjiiir lio* star, nanti dia dipake di boil project gabungan antara lio ama highwa* star...
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by pengendiesel »

Om TS, berapa rpm pas cruising 100km/h di gigi 6?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

pengendiesel wrote: 16 Feb 2018, 18:26 Om TS, berapa rpm pas cruising 100km/h di gigi 6?
Seinget ane 2600an rpm om, tapi itu akselerasi sih, soalnya tol di Makassar pendek2
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 10 May 2014, 20:56
Location: Surabaya

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by sprint07 »

Apa bener belinya di makassar 234.5jt ya pas des 2016? Saya juga beli yg prestige tp dpt lbh murah dikit di surabaya waktu itu.
Interior saya rattle dari awal beli, dasbor awalnya stlh bbrp waktu pilar menyusul rattle
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by daftar »

nice review, :big_exellent: review setengah curcol nih jadinya
apa ada masalah pada drive shaft seperti kasus kebanyakan?


menurut ane tahun 2016 tahun yang nggak bagus buat beli Mpv baru di range segitu.
xpander n rush baru belum keluar, brv cuman beda dikit sama mobilio., apalagi avanza ertiga yang udah lama.
paling pilihan yang model baru waktu itu cuman sienta.
:ngacir:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by octafiantos »

Ini kayaknya aseso yang nempel kalo dikumpulin dapet yang E-CVT ha ha ha.
Kavling kosong, bisa dikridit.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

sprint07 wrote: 16 Feb 2018, 21:28 Apa bener belinya di makassar 234.5jt ya pas des 2016? Saya juga beli yg prestige tp dpt lbh murah dikit di surabaya waktu itu.
Interior saya rattle dari awal beli, dasbor awalnya stlh bbrp waktu pilar menyusul rattle
antara 234.5 ato 234.6 om, lupa saya. Tapi iya bener angkanya segitu. Yah, kalo harga luar Jawa vs Jawa sih jangan dibandingin om, makanya banyak banget mobil2 baru plat B sama plat L ngider2 di Makassar, mulai dari mobil rakyat sampe kelas Porsche juga ane pernah liat sendiri
daftar wrote: 16 Feb 2018, 22:42 nice review, :big_exellent: review setengah curcol nih jadinya
apa ada masalah pada drive shaft seperti kasus kebanyakan?

menurut ane tahun 2016 tahun yang nggak bagus buat beli Mpv baru di range segitu.
xpander n rush baru belum keluar, brv cuman beda dikit sama mobilio., apalagi avanza ertiga yang udah lama.
paling pilihan yang model baru waktu itu cuman sienta.
bukan setengah lagi om, ini mah udah full curhat mode. :mky_01: Skarang sih yg busuk2nya udah ane ketawain aja, tapi taun kemarin ane empet setengah gila ama segala yg berbau ahond, apalagi cuma beberapa bulan berikutnya keluar Lio facelift yg bentuknya jauh lebih keren daripada Lio sebelumnya, bahkan daripada BRV. Eh di taun yg sama keluar xpander yg dipuji2 semua orang despite it's little first-batch problems. Ane ngelusssss aja nih dada :wkkk: padahal udah ane bilangin ke ortu kalo ane blum kebutuhan buat nambah mobil lagi, ada apa daya ortu udah super ngebet liat ane bawa gerobak sendiri :big_dunno:

Kalo masalah drive shaft ane gak pernah denger tuh om. Emang gejalanya apa ya? Yang sempet ane bawa ke dealer kemarin yang masalah master brake cylinder yg emang di recall ama HPM.
octafiantos wrote: 16 Feb 2018, 23:10 Ini kayaknya aseso yang nempel kalo dikumpulin dapet yang E-CVT ha ha ha.
bukan E- CVT lagi om, dapet yg Prestige malah! Dasar nubitol kalap ya gitu deh :wkkk: :wkkk:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Coba lagi masukin foto ah. Dari kemarin pas posting gak keluar foto2nya. Mungkin gak boleh di preview kali ya??

ini tuas yang patah kena tendangan putar bayi ane :big_biglaugh:
13 broken air circulatur switch.JPG
sensor parkir depan sama saklarnya.
12 front parking sensor.jpg
11 switch for front parking sensor.jpg
jok custom ane
8 front row.jpg
9 - custom seat.jpg
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by pernahmiskin »

Mantap reviewnya
Bener2 real owner experience
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by alexdonovan »

Great review. Interior BRV ternyata menyedihkan ya... Saya pernah lihat interiornya aja di BRV punya temen, tapi memang mata saya mata orang awam untuk lihat hal begini.

BTW, itu serius ga pernah sentuh 2000 rpm dan change gear sampe di-skip gitu purpose-nya apa? Resiko oil pressure kurang dan kanvas kopling cepet kena tuh.

Kanvas kopling Livina saya (saat itu km masih dibawah 10k) pernah kebakar setelah dipinjem beberapa jam ama orang... Ternyata cara bawa dia kayak Oom TS. Kena deh saya 2 juta buat kopling.

*saya inget manual book Ecosport saya, untuk M/T "do not operate below 2000 rpm"
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 29 Dec 2013, 06:45

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by halooo »

Ni brv mbl yg di idam2kan bini ane. Suatu hari keturutan naik brv punya sodara baru ngeh kalau interiornya jauh banged kualitasnya sama ertiga ane th 2014. Alhasil ngga pernah lagi ngomong soal brv sampai detik ini..... masih nyari kandidat mobil lain sampai skrg
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

alexdonovan wrote: 17 Feb 2018, 04:12 BTW, itu serius ga pernah sentuh 2000 rpm dan change gear sampe di-skip gitu purpose-nya apa? Resiko oil pressure kurang dan kanvas kopling cepet kena tuh.
Kanvas kopling Livina saya (saat itu km masih dibawah 10k) pernah kebakar setelah dipinjem beberapa jam ama orang... Ternyata cara bawa dia kayak Oom TS. Kena deh saya 2 juta buat kopling.
*saya inget manual book Ecosport saya, untuk M/T "do not operate below 2000 rpm"
Yaah rpm nyentuh 2000+ sih pernah lah, tapi sesekali doang kalo pas cruising ato lagi italian tune up di tol. Tapi itu jaraaaang banget, mungkin 1 -2 kali doang sebulan.
O baru tau ane kalo skip gear gitu bisa ngebakar kopling. Purpose nya sih gak lain ya menjaga rpm serendah mungkin tapi tetap di atas rpm idle sekitar 700-800 rpm. Kalo koplingnya kebakar mungkin karena gantung kopling yah. Kalo ane sih emang sangat menghindari gantung kopling krn setau ane itu yg berisiko tinggi merusak kampas kopling.
Kalo di manual BRV sendiri sih seingat ane gak ada kalimat do not operate below NNN rpm sih om, makanya ane pake terus kebiasaan ini sejak make X-Over bini mulai 2012-skarang. Syukurnya sih gak ada masalah sejauh ini baik di X-Over ato di BRV ane.
halooo wrote: 17 Feb 2018, 17:03 Ni brv mbl yg di idam2kan bini ane. Suatu hari keturutan naik brv punya sodara baru ngeh kalau interiornya jauh banged kualitasnya sama ertiga ane th 2014. Alhasil ngga pernah lagi ngomong soal brv sampai detik ini..... masih nyari kandidat mobil lain sampai skrg
emang jauh banget om. kalo ane tugas luar kota kadang diantar jemput pake ertiga, itu beneran nyaman di dalam mobil meskipun tenaga mesin ya so so lah. Ane sebenernya ngebet mau Ertiga ato Ertiga diesel, apa daya ortu udah kadung suka duluan ama BRV pas ada pameran di mal. Pas ane bilang gimana kalo Ertiga, eh malah ditolak mentah2. Kayaknya ortu ane ama ane bener2 beda prinsip kalo urusan mobil...
kipasangin
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 16 Mar 2016, 04:27

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by kipasangin »

Yup setuju ma ts.
Baru boyong brv e cvt buat gantiin ipah bensin, kerasa bener downgrade kualitas interiornya.
Nutup pintu pun kalo dulu di ipah mah anak ogut yang umur 5th ga bisa rapet, kalo yang ini langsung jleb makklontang
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by liemivan86 »

kipasangin wrote:Yup setuju ma ts.
Baru boyong brv e cvt buat gantiin ipah bensin, kerasa bener downgrade kualitas interiornya.
Nutup pintu pun kalo dulu di ipah mah anak ogut yang umur 5th ga bisa rapet, kalo yang ini langsung jleb makklontang
Jleb makklontang? Serius?

Padahal dulu saya merasa BRV ini pintu nya lebih mending dibanding mobilio lho. Tapi mobilio yang sebelum facelift ya. Setelah facelift saya nda pernah lihat lagi..
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by qushay20019 »

Well, kalo boleh nebak isi pikiran jonpis dkk sih kayaknya di mindset mereka yg penting luar keliatan oke, mesin bisa lari. urusan interior, kenyamanan dlm kabin paling terakhirlah. kesian bener kan jadi konsumen indo... :mky_04: :big_dunno:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by liemivan86 »

qushay20019 wrote:Well, kalo boleh nebak isi pikiran jonpis dkk sih kayaknya di mindset mereka yg penting luar keliatan oke, mesin bisa lari. urusan interior, kenyamanan dlm kabin paling terakhirlah. kesian bener kan jadi konsumen indo... :mky_04: :big_dunno:
Mirip kayak statement salah satu member sini kan?

"di dunia permobilan yang paling penting itu mesin dan handling. Yang lainnya itu tidak penting"

*ngacir*
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by coklatMetalik »

Kualitas interior & eksterior klo dibandingkan avanza NR bagusan mana?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by fikrebi »

coklatMetalik wrote:Kualitas interior & eksterior klo dibandingkan avanza NR bagusan mana?
Interior kualitas bagus avanza om jauh

Saya tahun lalu minang juga kaget liat kualitas dashboard sama doortrim brv ini model bagus kualitas sampah asli, dashboard bisa meleot" begitu, baru 2 hari keluar dari dealer uda rattle dashboardnya
Minang brv ini antara puas dan kecewa berat sih di 1 sisi saya kebanyakan nyetir sendiri makanya suka bawa brv di sisi lain tiap kali liat dan pegang interiornya terasa kecewa nya luar biasa kenapa g ambil si X
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 14 Jul 2016, 17:45

Re: Review BRV E MT 2016 akhir - one year owning experience

Post by ybyb »

beli honda jgn yg mahal...rugi.... yg lcgc sj...kan nyari mesin dan handling sj...bq interior kayak datsun..kalo cari yg mahal nyesek dpt interior jelek..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post