[Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

[Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

Kembali lagi dengan review video SM...

Kali ini kami melakukan review pada mobil Mazda yang juga baru mengalami minor change, yaitu Mazda2 GT. Mungkin ada beberapa rekan yang tidak sadar kalau Mazda2 sudah mengalami facelift di tahun ini karena hype CX-3 dan CX-5 baru.

Tapi cukup wajar, karena ubahannya tidak noticeable. Dari exterior ubahannya berupa spion, foglamp, dan antena sirip.

Ubahan terbesar di Mazda2 GT menurut saya, mobil ini sudah dilengkapi oleh G-Vectoring Control (GVC) yang membuatnya cukup berbeda signifikan secara pengendalian dibanding Mazda2 GT non-facelift.

Seperti apa impresinya ? Simak video kami.



Kesimpulan ringkas (bagi yang fakir bandwith) :

Plus
- Pengendalian masih yang paling baik di kelasnya, terasa lincah dan ringan mobil ini dibanding Jazz maupun Yaris.
- Transmisi cekatan dalam berpindah gigi, sangat baik di kelasnya.
- Tenaga cukupan meskipun mesinnya tidak terasa bersemangat seperti Honda Jazz.
- Build Quality masih yang terbaik
- Styling
- G-Vectoring Control alih - alih mendistraksi pengemudi justru malah menambah unsur fun karena tidak kita rasakan, tapi kita tau sistem ini sedang bekerja.
- Fitur paling komplit.

Minus
- Frickin cheap eco tyre... Apa sulitnya ngasih ban sekelas BS Turanza ke mobil ini...
- Tidak cocok untuk family car... Mending ambil yang lain
- Harga tinggi (316 juta!)
- Gimmick i-ACTIVSENSE seringkali mengganggu daripada membantu, terutama SCBS.
- Kualitas suara biasa saja
- Transmisi terasa gugup ketika di mode normal dan terasa berlebihan di mode sport. Sedihnya, hanya ada dua pilihan mode ini. Mode normalnya terasa seperti mode eco. Masalah di Mazda2 ini torsinya tidak terlalu besar, beda kasus dengan di CX-5 kita bisa pilih mode normal karena torsinya cukup. Di Mazda2 mode normal malah terasa lemot...

*footage di akhir video hanyalah sekedar bentuk terima kasih kami kepada pihak dealer, kami tidak dibayar ataupun terafiliasi dengan merek ini.

Terima kasih sudah menonton...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
setopratomo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Dec 20, 2016 4:18

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by setopratomo »

Mantap review nya om.. :frm_salut:
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by Jupiemx99 »

Nice review bro chz. Saya juga baru ambil mazda 2 tapi tipe r. Dan benar saya terganggu dengan noise dari ban. Kira2 apa yg bisa dilakukan untuk mengurangi noise dari ban?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by kunaskun »

good! closing-nya kocak :mky_07: :mky_07:
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by merkapa »

Harga 316 juta otr surabaya tapi mazda adityawarman berano diskom 35 juta bahkan mkin mentok di 40 an
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ongisnade »

ChZ wrote: Thu Oct 19, 2017 16:29 Kembali lagi dengan review video SM...

Kali ini kami melakukan review pada mobil Mazda yang juga baru mengalami minor change, yaitu Mazda2 GT. Mungkin ada beberapa rekan yang tidak sadar kalau Mazda2 sudah mengalami facelift di tahun ini karena hype CX-3 dan CX-5 baru.

Tapi cukup wajar, karena ubahannya tidak noticeable. Dari exterior ubahannya berupa spion, foglamp, dan antena sirip.

Ubahan terbesar di Mazda2 GT menurut saya, mobil ini sudah dilengkapi oleh G-Vectoring Control (GVC) yang membuatnya cukup berbeda signifikan secara pengendalian dibanding Mazda2 GT non-facelift.

Seperti apa impresinya ? Simak video kami.



Kesimpulan ringkas (bagi yang fakir bandwith) :

Plus
- Pengendalian masih yang paling baik di kelasnya, terasa lincah dan ringan mobil ini dibanding Jazz maupun Yaris.
- Transmisi cekatan dalam berpindah gigi, sangat baik di kelasnya.
- Tenaga cukupan meskipun mesinnya tidak terasa bersemangat seperti Honda Jazz.
- Build Quality masih yang terbaik
- Styling
- G-Vectoring Control alih - alih mendistraksi pengemudi justru malah menambah unsur fun karena tidak kita rasakan, tapi kita tau sistem ini sedang bekerja.
- Fitur paling komplit.

Minus
- Frickin cheap eco tyre... Apa sulitnya ngasih ban sekelas BS Turanza ke mobil ini...
- Tidak cocok untuk family car... Mending ambil yang lain
- Harga tinggi (316 juta!)
- Gimmick i-ACTIVSENSE seringkali mengganggu daripada membantu, terutama SCBS.
- Kualitas suara biasa saja
- Transmisi terasa gugup ketika di mode normal dan terasa berlebihan di mode sport. Sedihnya, hanya ada dua pilihan mode ini. Mode normalnya terasa seperti mode eco. Masalah di Mazda2 ini torsinya tidak terlalu besar, beda kasus dengan di CX-5 kita bisa pilih mode normal karena torsinya cukup. Di Mazda2 mode normal malah terasa lemot...

*footage di akhir video hanyalah sekedar bentuk terima kasih kami kepada pihak dealer, kami tidak dibayar ataupun terafiliasi dengan merek ini.

Terima kasih sudah menonton...
Yang saya bold sebetulnya sama dengan CX5. Awal saya pake CX5 juga seperti itu. Untung ada filter udara KNN, setelah ganti filter mode normal berubah jauh, transmisi lebih responsive dan sigap torsi sangat terasa dan jarum rpm injak sedikit langsung melenting. Sudah mirip mode sport. Bedanya : mode sport selalu ready di rpm 2000 an, mode normal bisa turun hingga 1000 namun saat ditoel rpm langsung bisa melenting. Boleh dicoba ganti filter udara knn buat yang punya Mazda 2 yang lemot di mode normal. Lebih nendang lagi cuci filter yang masih baru dengan sabun cuci sunlight untuk membuang oli dari pabrik yang nempel di filter. Setelah kering olesi dengan oli mesin rajut, dijamin joss...Oli bawaan knn kalau kebanyakan malah bikin sesak nafas karena terlalu kental.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by Pboyz97 »

Nice review bro chris, salah satu kelemahan utamanya memang ga cocok buat family car , sekaligus penyebab utama gw gagal buat meminang mobil ini buat gantiin GE8 tua gw, tapi secara overall, mobil ini memang still the best hatchback on it's class kok, kalau ga mikirin brand, RV, ASS & akomodasi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

setopratomo wrote: Sat Oct 21, 2017 3:13 Mantap review nya om.. :frm_salut:
Terima kasih oom
Jupiemx99 wrote: Sat Oct 21, 2017 3:32 Nice review bro chz. Saya juga baru ambil mazda 2 tapi tipe r. Dan benar saya terganggu dengan noise dari ban. Kira2 apa yg bisa dilakukan untuk mengurangi noise dari ban?
Ganti ban silent om... Ban bawaan M2 memang ampas, mesti dibuang secepatnya.

Heran juga mobil sebagus ini dikasih karet pelampung :mky_05:
kunaskun wrote: Sat Oct 21, 2017 8:16 good! closing-nya kocak :mky_07: :mky_07:
Makasih oom... :mky_01: itu permintaan dari pihak dealer :mky_07:
merkapa wrote: Sat Oct 21, 2017 8:28 Harga 316 juta otr surabaya tapi mazda adityawarman berano diskom 35 juta bahkan mkin mentok di 40 an
Kalau sampe 30juta-an itu sudah worth it banget sih om hehe... saya kemaren lupa nanya diskon... maklum kalo gak beli ya gini nih :frm_bang_head:
ongisnade wrote: Sat Oct 21, 2017 9:39
Yang saya bold sebetulnya sama dengan CX5. Awal saya pake CX5 juga seperti itu. Untung ada filter udara KNN, setelah ganti filter mode normal berubah jauh, transmisi lebih responsive dan sigap torsi sangat terasa dan jarum rpm injak sedikit langsung melenting. Sudah mirip mode sport. Bedanya : mode sport selalu ready di rpm 2000 an, mode normal bisa turun hingga 1000 namun saat ditoel rpm langsung bisa melenting. Boleh dicoba ganti filter udara knn buat yang punya Mazda 2 yang lemot di mode normal. Lebih nendang lagi cuci filter yang masih baru dengan sabun cuci sunlight untuk membuang oli dari pabrik yang nempel di filter. Setelah kering olesi dengan oli mesin rajut, dijamin joss...Oli bawaan knn kalau kebanyakan malah bikin sesak nafas karena terlalu kental.
Setelah bawa mobil ini saya lalu bawa CX-5 baru... dan betul karakter gearbox nya sama... tapi CX-5 ketolong di torsi yang udah ada di 3250 RPM, M2 masih di 4000 RPM. Ganti filter udara bisa jadi solusi juga sih... Hehe...

Klo mau asik lagi ganti exhaust headernya...
Pboyz97 wrote: Sat Oct 21, 2017 12:41 Nice review bro chris, salah satu kelemahan utamanya memang ga cocok buat family car , sekaligus penyebab utama gw gagal buat meminang mobil ini buat gantiin GE8 tua gw, tapi secara overall, mobil ini memang still the best hatchback on it's class kok, kalau ga mikirin brand, RV, ASS & akomodasi
Ya... kelasnya segmented... Bukan selera kebanyakan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by geofreyap »

1 hal yg oe sangat tidak suka dengan Mazda2 di generasi ini : karakter rem nya.
Karakternya sangat berbeda dengan saudara²nya.
Terlalu sensitif. Dan ini agak keluar dari karakter rem mazda yg gradual, smooth, tapi tetep gigit & bisa di percaya saat dibutukan.

Agak penasaran dengan Mazda2 generasi selanjutnya.
Apakah bakal pakai mesin Skyactiv-X ?
Dual clutch ?
Yg pasti bakal memakai bahasa Kodo Design generasi 6.5, cirinya tarikan garis body hanya 1, dari depan ke belakang, kaya di new cx5. :)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by evolution21 »

ChZ wrote: Sun Oct 22, 2017 15:59 Klo mau asik lagi ganti exhaust headernya...
sudah ada yg bikin exhaust header mazda semenjak skyactiv kah?

ane kmarenan cari buat cx5 cuman nemu hks exhaust itupun cuma utk biar suaranya keren aja.
kalo ada yg jual full exhaust buat cx5 tolong infoin yg jual... lumayan buat bikin cx5 makin nampol akselerasinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by racho »

AFAIK, header skyactiv itu basically 4-2-1 dengan posisi katalis di ujung, dan somehow dibuat melingkar supaya deket dengan mesin (biar katalisnya bisa cepet aktif) at the expense of reduced gasflow gegara lekukannya yang... begitulah.

cem ini:
Image

jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

geofreyap wrote: Sun Oct 22, 2017 17:06 1 hal yg oe sangat tidak suka dengan Mazda2 di generasi ini : karakter rem nya.
Karakternya sangat berbeda dengan saudara²nya.
Terlalu sensitif. Dan ini agak keluar dari karakter rem mazda yg gradual, smooth, tapi tetep gigit & bisa di percaya saat dibutukan.

Agak penasaran dengan Mazda2 generasi selanjutnya.
Apakah bakal pakai mesin Skyactiv-X ?
Dual clutch ?
Yg pasti bakal memakai bahasa Kodo Design generasi 6.5, cirinya tarikan garis body hanya 1, dari depan ke belakang, kaya di new cx5. :)
Nah iya remnya M2 ini agak bikin kagok juga di awal kalo gak terbiasa... Sedikit mirip SX4 yang agak ngagetin...

Kalau life-cycle 5 taun (berarti 2019) akan keluar dengan Mazda3 terbaru yang udah pake SKYACTIV-X. Dual clutch kayaknya blom ada kabar ya oom geo... hehehe... kayaknya skrg mereka masih fokus ke SKYACTIV-X nya...

Kalo liat pola nya Mazda males pake teknologi kekinian ... mungkin pertimbangan reliability dan biar nggak keluar pakem... secara DCT itu mahal di development dan bikin mobil berat. Pikiran saya mungkin itu 6-speed jadi 8-speed atau 10-speed sekalian saingan sama Honda Accord terbaru... tapi itupun ane juga gak yakin karena gak sesuai framework Mazda banyak - banyakan speed sama saingannya. Sangat nggak Mazda banget.
evolution21 wrote: Mon Oct 23, 2017 8:55
sudah ada yg bikin exhaust header mazda semenjak skyactiv kah?

ane kmarenan cari buat cx5 cuman nemu hks exhaust itupun cuma utk biar suaranya keren aja.
kalo ada yg jual full exhaust buat cx5 tolong infoin yg jual... lumayan buat bikin cx5 makin nampol akselerasinya
Exhaust Mazda2 sudah ada om... itu bro Billy udah pakai...

Tapi kalau mau custom sebenernya tergantung usaha dan niat tukang lasnya aja... :mky_01:
racho wrote: Mon Oct 23, 2017 9:15 AFAIK, header skyactiv itu basically 4-2-1 dengan posisi katalis di ujung, dan somehow dibuat melingkar supaya deket dengan mesin (biar katalisnya bisa cepet aktif) at the expense of reduced gasflow gegara lekukannya yang... begitulah.

cem ini:
Image

jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.
iya desainnya berlekuk-lekuk kayak uler :big_slap: kalo tukang lasnya gak pusing ya bisa aja. Itu dibuat panjang tujuannya salah satunya juga supaya dapet low-end torque nya... takutnya karakter kurva torsinya yang berubah kalo dipendekin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by kunaskun »

racho wrote: Mon Oct 23, 2017 9:15 AFAIK, header skyactiv itu basically 4-2-1 dengan posisi katalis di ujung, dan somehow dibuat melingkar supaya deket dengan mesin (biar katalisnya bisa cepet aktif) at the expense of reduced gasflow gegara lekukannya yang... begitulah.

cem ini:
Image

jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.
ini emang kelewatan puyengnya si mazda, kalau baca2 di luar soal gimana "canggihnya" engineering si mazda, mestinya si skyactiv ini masuk engine of the year 5 tahun berturut2 bukannya mesin kecil pake turbo2, karena asli kayanya emang paling niat si mazda yang ngoprek mesin N/A sampe segininya.

resikonya ginian giliran uda coba bikin header, ga taunya ngaco karena ya itu skyactiv, kelewat rumit sistemnya. ibarat kata emang kaya udah AMG dari sononya, retune paling segi electrical.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Mon Oct 23, 2017 9:48

Kalau life-cycle 5 taun (berarti 2019) akan keluar dengan Mazda3 terbaru yang udah pake SKYACTIV-X. Dual clutch kayaknya blom ada kabar ya oom geo... hehehe... kayaknya skrg mereka masih fokus ke SKYACTIV-X nya...

Kalo liat pola nya Mazda males pake teknologi kekinian ... mungkin pertimbangan reliability dan biar nggak keluar pakem... secara DCT itu mahal di development dan bikin mobil berat. Pikiran saya mungkin itu 6-speed jadi 8-speed atau 10-speed sekalian saingan sama Honda Accord terbaru... tapi itupun ane juga gak yakin karena gak sesuai framework Mazda banyak - banyakan speed sama saingannya. Sangat nggak Mazda banget.
kalau mau ngejer efisiensi si mestinya ya CVT, tapi ya emang ngerusak kesenangan berkendara, sedangkan geared AT nampaknya sementara ini sudah mentog, kalau maen gear banyak2 yang ada malah kagok gear hunting.. paling pas emang 5-7 speed. tapi ya itu berarti sudah mentok di segi transmisi, balik ke engine lagi.

DCT itu bukannya lebih ringan ya? CMIIW karena menilik design CVT nissan yang sampe bisa celup separoh gitu yang konon sedikit niru DCT. tapi sampe sekarang masih issue reliability kayanya masih kurang ya? ujung2nya geared AT still rules.

Exhaust Mazda2 sudah ada om... itu bro Billy udah pakai...

Tapi kalau mau custom sebenernya tergantung usaha dan niat tukang lasnya aja... :mky_01:
eh uda ada ya, kirain ga ada blas saking njelimet itu header.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Mon Oct 23, 2017 10:36
kalau mau ngejer efisiensi si mestinya ya CVT, tapi ya emang ngerusak kesenangan berkendara, sedangkan geared AT nampaknya sementara ini sudah mentog, kalau maen gear banyak2 yang ada malah kagok gear hunting.. paling pas emang 5-7 speed. tapi ya itu berarti sudah mentok di segi transmisi, balik ke engine lagi.

DCT itu bukannya lebih ringan ya? CMIIW karena menilik design CVT nissan yang sampe bisa celup separoh gitu yang konon sedikit niru DCT. tapi sampe sekarang masih issue reliability kayanya masih kurang ya? ujung2nya geared AT still rules.
DCT lebih berat, komponennya aja jauh lebih kompleks... hehehe... makanya itu jawaban kenapa kayak Lambo dan Ferrari ngotot pakai single-clutch AMT...

Secara data susah juga bilang CVT less-reliable... ya kalau CVT jaman Honda jazz GD dan Odyssey RB1 memang less reliable dan terbukti... kalau CVT Nissan konon di luar negeri pun umurnya lewat 100.000 KM udah rewel... entah CVT merek lain gimana... karna sulit juga justifikasinya gak punya maintenance schedule dan data pemakaian orang - orang...

DCT asal yang wetclutch gak banyak masalah, itupun tergantung cara pake lagi, karna memang ada trik khusus supaya DCT nggak cepet rontok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by liep »

mantap info nya om chz, btw klo ad ksempatan ngantri ripiu mazda5+mazda 6estate+crv 2.0matic+voxy, trims
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 6:59 DCT lebih berat, komponennya aja jauh lebih kompleks... hehehe... makanya itu jawaban kenapa kayak Lambo dan Ferrari ngotot pakai single-clutch AMT...
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan) :mky_01:
Secara data susah juga bilang CVT less-reliable... ya kalau CVT jaman Honda jazz GD dan Odyssey RB1 memang less reliable dan terbukti... kalau CVT Nissan konon di luar negeri pun umurnya lewat 100.000 KM udah rewel... entah CVT merek lain gimana... karna sulit juga justifikasinya gak punya maintenance schedule dan data pemakaian orang - orang...

DCT asal yang wetclutch gak banyak masalah, itupun tergantung cara pake lagi, karna memang ada trik khusus supaya DCT nggak cepet rontok.
yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:20
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan) :mky_01:

yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear :mky_08:
Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya... :mky_01: Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.

Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 9:38
Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya... :mky_01: Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.
ya karena aisin dan jatco kali ya. numero uni di geared at dan cvt.
Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
skyactiv campur dct akan makin serem ga reliability-nya? karena skyactiv udah rumit ketambahan lagi DCT yang hobi jerky.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:46
ya karena aisin dan jatco kali ya. numero uni di geared at dan cvt.

skyactiv campur dct akan makin serem ga reliability-nya? karena skyactiv udah rumit ketambahan lagi DCT yang hobi jerky.
Setau saya Honda gak pakai supplier, mereka bikin sendiri. Mazda juga rasanya, kalo Mazda yang lama model CX-7, CX-9 gitu masih Aisin.

Klo ane jauh lebih percaya Mazda daripada VW om... hehehe... Mazda terkesan bikin mobil dengan passion ketimbang VW yang cenderung berbisnis... Jadi kalopun SKYACTIV-DCT terealisasi ane rasa akan lebih reliabel daripada VW...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by adrevolution »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 9:38
kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:20
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan) :mky_01:

yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear :mky_08:
Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya... :mky_01: Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.

Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactiv
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by efact »

adrevolution wrote: Tue Oct 24, 2017 21:11
ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 9:38
kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:20
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan) :mky_01:

yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear :mky_08:
Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya... :mky_01: Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.

Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactiv
ho'oh,
saya baru ngeh nya kalo mazda 2 DE pake cvt itu wktu dulu nyobain GT6 nya playstation wkwkwkwk
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Tue Oct 24, 2017 21:11
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactiv
Oh ya... wow... hahahaha...

tp yang masuk indo versi 4-speed :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 17:20
Setau saya Honda gak pakai supplier, mereka bikin sendiri. Mazda juga rasanya, kalo Mazda yang lama model CX-7, CX-9 gitu masih Aisin.

Klo ane jauh lebih percaya Mazda daripada VW om... hehehe... Mazda terkesan bikin mobil dengan passion ketimbang VW yang cenderung berbisnis... Jadi kalopun SKYACTIV-DCT terealisasi ane rasa akan lebih reliabel daripada VW...
ah iya si ahond.. jadi keingat i-dsi cvt 7 speed... :mky_04: :mky_04:

http://www2.mazda.com/en/publicity/rele ... 0113a.html

baru tau mazda punya pabrik transmisi sendiri, keren banget :mky_02: :mky_02: :mky_02:

http://www.motorauthority.com/news/1064 ... ns-instead

well, DSG not quick enough kata engineer mazda :mky_02: ya ga aneh juga si karean ternyata punya pabrik transmisi sendiri. macam si ahond, all cvt sekarang, mau turbo engine juga dikasi cvt :mky_01:
adrevolution wrote: Tue Oct 24, 2017 21:11
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactiv
keren :mky_02: