Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by RVR »

liemivan86 wrote: Wed Oct 11, 2017 3:11
RVR wrote:
maksudnya ' kalo buat sehari-hari ampun dah .....' itu apa ya
Ampun dah, karena di Surabaya sekarang mulai macet juga dimana-mana. Saya sehari-hari aja average speed hanya bisa di kisaran 15-17 km/jam. Jadi kalo pake manual ya ampun deh, capek nya luar biasa..

Walaupun kadang masih ingin pakai mobil manual sekali2.
lho
Surabaya sekarang macet ya
tapi ga separah jkt kan ya
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by sendguruh »

vp920b wrote: Tue Oct 10, 2017 10:51 Suspensi lebih baik dari mirage, ga empuk banget, ga keras banget.

Setir lebih baik ga keentengan koq. Tapi responsif
makasih infonya om... brarti mitsubishi berbenah ya dr pengalaman mirage

bahkan KOS nya dapat 2 kunci, tdk spt mirage yg 1 KOS yg 1 dummy

mslh rel di bangku kedua mmg ganggu pergerakan kaki row 3
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by artoodetoo »

sintoni wrote: Mon Oct 09, 2017 13:46 Petromak.

Nais ripiu om Yahya, ini emang mobil mantep banget di kelas LMPV.

Menurut ane cukup all round di atas kertas sama dari review2 awal. Tinggal tunggu aja apa ada problem membandel yang belum bisa diliat sekarang.
Terima kasih om.
Semoga saja tidak ada problem mayor. Problem minor sih dugaan saya bakalan muncul karena mengejar orderan yg begitu banyak :mky_01:

vp920b wrote: Mon Oct 09, 2017 13:56 kalau ada test drive manual saya minat banget di jakarta buat mertua.

tadi test drive ultimate AT.

Prosnya:

Transmisi alus
Mesin alus
Paling kedap suara
Tinggi
Setir paling responsif geraknya

Cons:

Rem nekennya harus dalem
mesin ga kenceng amat
inden lama bener
harganya sama sienta diskonan sama

jadi galau.. wkwkwk
Soal rem, saya kok tidak merasakan sesuatu yang uncommon ya, entah kalau yang A/T, semoga nanti ada kesempatan tes drive juga

Venturtle wrote: Mon Oct 09, 2017 14:27 very nice review om yahya.. :mky_02:
tapi lain kali kalo bisa gambar gambarnya ditambah lagi.. :mky_01:
btw, request review mobil mobil lain dong om.. :mky_02:
Thanks om.
Anu, soal foto2, saya memang rada kurang telaten kalau banyak2 :big_blushing:
Review mobil lain? Yach, semoga ada kesempatan ya om

Pboyz97 wrote: Mon Oct 09, 2017 14:32 Nice review om, calon pengganti GE8 tua saya nih hehehe, btw setuju sama yg dikatakan sm om vp920b diatas, indennya lama bener, pada bosen liat LMPV yg gitu2 aja kali ya, soalnya xpander merupakan the best LMPV dikelasnya menurut saya
Setuju

iwing wrote: Mon Oct 09, 2017 15:40 om itu posisi handbrake mengganggu gak terutama pada saat perpindahan transmisi..??

Ya sebenarnya gak juga sih, cuma awkward aja :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by artoodetoo »

fikrebi wrote: Mon Oct 09, 2017 15:42
iwing wrote:om itu posisi handbrake mengganggu gak terutama pada saat perpindahan transmisi..??
G mengganggu kok om
Cuma posisinya agak ketinggian jadi agak "kaku" kalo mau narik
Ya, rada canggung gitu rasanya
michaelgiri93 wrote: Mon Oct 09, 2017 18:31 Nice review om
Kebetulan saya kepo sama xpander yang m/t
Btw jadi pengen test drive nih
:mky_01:
Oiya, itu tuas presneling mantab kah om perpindahannya? Di bandingin avanza gitu?
Soal handbrake besar, kalo saya kok malah demen ya, rasanya lebih "macho" :wkkk:
(Ngutip om mobi)

Thanks om.
Soal perpindahan tuas persneling ini, tergantung definisi mantap masing2, hehe :big_grin:
Xpander perpindahannya ringan banget, semacam "tidak terasa" kalau udah pindah. Nyaman sih, cuma ya sensasinya aja agak kurang :upss:

RVR wrote: Mon Oct 09, 2017 18:32
👍🏾👍🏾👍🏾👍🏾Review

Hanya om yahya kurang dikit mungkin commentnya soal ‘tuas handbrake segede gaban’—>disukai ib* ib* :mky_01:
Thanks om.
Hahaha, soal tuas segede gaban yg disukai ibu2, errrrr .... itu bukan domain saya om ....... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

adrevolution wrote: Mon Oct 09, 2017 22:01 Nice review om. Akhirnya ada yg review yg M/T karena prediksi saya pasti banyakan review Xpander A/T haha. Tarikan rpm bawah responsif kah kek avanza lama? Atau lebih linear, ngisi trs ampe rpm atas? Tapi hebat juga engineernya sih kalo bisa bikin ini mobil kenceng & irit secara body paling gambot dr LMPV lainnya.

Sayang gak ada tipe sport M/T gitu, atau bahkan ultimate M/T, konsumen LMPV terutama di daerah masih banyak yg pengen trim atas M/T loh, kayak veloz M/T sama mobilio RS M/T masih cukup sering liat. Even sampe ANKI V M/T aja msh lumayan sering nemu di daerah pinggiran sini deket rumah saya haha.

Thanks om.
Tarikannya lebih responsif dibandingkan Avanza G 1.3 punya mertua saya (ya iyalah [emo-yesno] ) dan memang kesannya lebih linear sampai RPM atas. Soal irit, itu based on MID ya, entah untuk jangka panjangnya.

marama wrote: Tue Oct 10, 2017 2:13 nice review om, kyknya sensasi manualnya bagus ya, compare sama best seller avanza G manual yg feel nya gitu deh.

Jadi pingin test drive juga nih. Oiya kalau exceed A/T saya sampai skrg blm liat unitnya apa yg matic aloksinya lbh besar ke sport dan ultimate ya?
Thanks om, iya sensasinya memang lebih sensasional dibandingkan Avanza :big_cat:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by artoodetoo »

efact wrote: Tue Oct 10, 2017 2:45
PRBS wrote: Tue Oct 10, 2017 2:39 Katanya yg versi AT lebih lemot ya? Lebih fun to drive yg MT?
betul om..
tp normal kok, a/t model biasanya memang lebih lemot dibanding m/t unless a/t nya adalah DCT :mrgreen:
Saya belum sempat TD yg A/T sih, semoga suatu saat nanti ada kesempatan :mky_01:
defreas wrote: Tue Oct 10, 2017 3:29 Iya, benar sekali. Varian atasnya gk ada MT :big_dunno:
Entah kenapa Mitsu gk contoh jualannya Toyota, yg bahkan sampai varian atas pun ada MT.

Yach, strategi masing2 ATPM beda2 sih ... :mky_01:
adityabp wrote: Tue Oct 10, 2017 3:49
Namun adrenalin itu sempat drop ke titik terendah ketika kunci kontak saya masukkan ke lubang kunci dan memutar starter. Loh, kok gak bunyi?
Haha, ternyata untuk menyalakan mesin Xpander, pedal kopling kudu diinjak dulu. Maklum ndeso. Jadi barulah ketika pedal kopling saya injak, mesin mau menyala.
Waduh, sama ndesonya donk saya. :mky_03:
Berarti kalo mo start mesin mesti masuk dan duduk dulu donk. [emo-yesno]
Kebiasaan saya selama ini kalo start mesin cukup buka pintu, masukin kunci kontak, putar dan start, mesin nyala, turunin kaca pintu dan tutup pintu.
:mky_01:
Haha, harus mengubah kebiasaan om kalau punya Xpander. Vios manual juga begitu khan, kopling kudu diinjak :mky_07:

sendguruh wrote: Tue Oct 10, 2017 9:56 mantep reviewnya,om sebagai pengguna mirage apabila dibandingkan xpander gmn suspensinya? terlalu empuk kah spt mirage? feedback setirnya mirip mirage kah yg kurang baik?
Wah, suspensi jauh lebih baik Xpander Om, Mirage itu limbungnya kebangetan.
Kalau feedback setir, saya kok jujur masih lebih suka Mirage ya, sedikit2 masih terasa lah feedbacknya, kalau Xpander ringan banget seperti steering wheel di game2 komputer itu :mky_07:

vp920b wrote: Tue Oct 10, 2017 10:51 Suspensi lebih baik dari mirage, ga empuk banget, ga keras banget.

Setir lebih baik ga keentengan koq. Tapi responsif
Yg saya coba kok enteng banget ya, jangan2 bannya dipompa keras banget nih .... :big_think:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by artoodetoo »

xenialxrs wrote: Tue Oct 10, 2017 13:16 Nah, ini yg disayangkan dari xpander. 2 tipe teratas ga dikasih manual, padahal pasar manual di beberapa daerah masih menjanjikan. Disini ANKI Q MT aja ada yg beli wkwkwk
Iya ya, kalau dipikir2, pangsa pasar mobil M/T masih cukup besar ya.....
Michaelktp wrote: Tue Oct 10, 2017 13:21 Nice review! Dari dulu saya lebih tertarik pada 3 pedal daripada 2 pedal hehe secara kaki kiri susah kalau tidak menginjak kopling dan tidak mahir kick down A/T. Power weight to ratio pasti lebih baik di M/T apalagi dengan displacement 1.5L doang.
Bonnet Xpander ini ternyata pendek sekali, dibanding bonnet ANGL sementara dimensi panjang seperti ANGL. Mungkin itu yang menyebabkan space kabin terasa luas di kelasnya. Yang saya kurang suka hanya tidak ada cover engine sehingga kabel-kabel berkleweran berantakan di dapur pacunya. Semoga nanti akan ada cover enginenya dan ada displacement diatas 1.5L hehe

Wah, soal kabel berantakan itu, saya tidak terlalu memperhatikan :mky_01:
Ya semoga nanti ada perbaikan
Harchi wrote: Tue Oct 10, 2017 14:24 Ini mah bukan review dari kacamata reviewer hp, tapi dari kacamata fanboy...hahaha just kidding.
Eniwei, nice review om, mobilnya jg menarik bgt n so far paling menarik di antara lmpv lain
Anu .... aslinya saya ini fanboy Toyota loooh :mky_01: *dipentung @RyanSteele
liemivan86 wrote: Tue Oct 10, 2017 15:01 Kayaknya maksud nya bukan power to weight ratio, tapi selip kopling nya di manual lebih minim, hampir tidak ada, jadi tenaga lebih kontan. Sedangkan Matic, ada sedikit "slip" sebelum torque converter lock up.

Memang tenaga instan manual itu enak. Saya juga masih suka bawa xenia 1.3 manual, sekali2. Ditarik tenaga nya terasa instan. Tapi kalo buat sehari-hari, ampun dah...
RVR wrote: Tue Oct 10, 2017 23:16 maksudnya ' kalo buat sehari-hari ampun dah .....' itu apa ya
liemivan86 wrote: Wed Oct 11, 2017 3:11 Ampun dah, karena di Surabaya sekarang mulai macet juga dimana-mana. Saya sehari-hari aja average speed hanya bisa di kisaran 15-17 km/jam. Jadi kalo pake manual ya ampun deh, capek nya luar biasa..

Walaupun kadang masih ingin pakai mobil manual sekali2.
Yup, mobil manual memang punya sensasi tersendiri. Kata seseorang yg cukup terkenal di Jogja: karakter nyetirmu akan terlihat saat nyetir mobil manual :big_smoking:
Tapi ya memang kalau musuhnya macet ... nyerah deh :big_dunno:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
papafara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Sep 17, 2016 11:58

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by papafara »

Starter mobil manual sambil injek kopling buat keamanan. Diajarin ini sama Bapak dari pertama belajar setir dulu, dan akhirnya jadi kebiasaan. Pas ganti mobil matik, kebiasaannya ilang. Walhasil, suatu hari mindahin mobil kakak langsung puter kunci, ternyata parkirnya kondisi persneling masuk gigi 1. Nyundul innova yg parkir depan deh...

Anyway, nice review Om..
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by vp920b »

artoodetoo wrote: Thu Oct 12, 2017 2:41
sintoni wrote: Mon Oct 09, 2017 13:46 Petromak.

Nais ripiu om Yahya, ini emang mobil mantep banget di kelas LMPV.

Menurut ane cukup all round di atas kertas sama dari review2 awal. Tinggal tunggu aja apa ada problem membandel yang belum bisa diliat sekarang.
Terima kasih om.
Semoga saja tidak ada problem mayor. Problem minor sih dugaan saya bakalan muncul karena mengejar orderan yg begitu banyak :mky_01:

vp920b wrote: Mon Oct 09, 2017 13:56 kalau ada test drive manual saya minat banget di jakarta buat mertua.

tadi test drive ultimate AT.

Prosnya:

Transmisi alus
Mesin alus
Paling kedap suara
Tinggi
Setir paling responsif geraknya

Cons:

Rem nekennya harus dalem
mesin ga kenceng amat
inden lama bener
harganya sama sienta diskonan sama

jadi galau.. wkwkwk
Soal rem, saya kok tidak merasakan sesuatu yang uncommon ya, entah kalau yang A/T, semoga nanti ada kesempatan tes drive juga

Venturtle wrote: Mon Oct 09, 2017 14:27 very nice review om yahya.. :mky_02:
tapi lain kali kalo bisa gambar gambarnya ditambah lagi.. :mky_01:
btw, request review mobil mobil lain dong om.. :mky_02:
Thanks om.
Anu, soal foto2, saya memang rada kurang telaten kalau banyak2 :big_blushing:
Review mobil lain? Yach, semoga ada kesempatan ya om

Pboyz97 wrote: Mon Oct 09, 2017 14:32 Nice review om, calon pengganti GE8 tua saya nih hehehe, btw setuju sama yg dikatakan sm om vp920b diatas, indennya lama bener, pada bosen liat LMPV yg gitu2 aja kali ya, soalnya xpander merupakan the best LMPV dikelasnya menurut saya
Setuju

iwing wrote: Mon Oct 09, 2017 15:40 om itu posisi handbrake mengganggu gak terutama pada saat perpindahan transmisi..??

Ya sebenarnya gak juga sih, cuma awkward aja :upss:
Update lagi setelah test untuk kedua kalinya..

Kena hujan lagi hari ini, memang paling kedap dikelasnya, suspensi ter-pas dikelasnya. Rem kali ini juga ok banget, ga ada yang aneh.. Kemarin terasa dalem banget loh.. Mesti di bleed lagi kali yaa

Sama info, kalau mau GLS MT di dealer yang saya coba malah ready stok.. :wkkk:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by liemivan86 »

Soal karakter rem, kayaknya masalah kebiasaan aja ya? Soalnya karakter rem Mitsubishi dan Nissan memang ada feel nya gitu, injak dikit rem dikit, injak dalam mobil baru berhenti. Tidak seperti Toyota dan Honda yang injak sedikit mobil langsung berhenti.

Soalnya dulu istri saya waktu setir pajero sport lama juga ngeluh kalo rem nya tidak pakem seperti CRV nya yang injak dikit langsung gigit. Buat saya sih tidak terasa sih kalo tidak pakem. Jadi mungkin memang karakter Mitsubishi dan masalah kebiasaan saja.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by liemivan86 »

papafara wrote:Starter mobil manual sambil injek kopling buat keamanan. Diajarin ini sama Bapak dari pertama belajar setir dulu, dan akhirnya jadi kebiasaan. Pas ganti mobil matik, kebiasaannya ilang. Walhasil, suatu hari mindahin mobil kakak langsung puter kunci, ternyata parkirnya kondisi persneling masuk gigi 1. Nyundul innova yg parkir depan deh...

Anyway, nice review Om..
Kalo saya, kebiasaan sejak dahulu, begitu masuk mobil manual, langsung goyang tongkat persneling. Jadi kalo gigi masuk, langsung tahu.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by artoodetoo »

liemivan86 wrote: Thu Oct 12, 2017 15:06 Soal karakter rem, kayaknya masalah kebiasaan aja ya? Soalnya karakter rem Mitsubishi dan Nissan memang ada feel nya gitu, injak dikit rem dikit, injak dalam mobil baru berhenti. Tidak seperti Toyota dan Honda yang injak sedikit mobil langsung berhenti.

Soalnya dulu istri saya waktu setir pajero sport lama juga ngeluh kalo rem nya tidak pakem seperti CRV nya yang injak dikit langsung gigit. Buat saya sih tidak terasa sih kalo tidak pakem. Jadi mungkin memang karakter Mitsubishi dan masalah kebiasaan saja.
Kalau Pajero Sport memang gitu Om, seperti gak pakem. Saya pernah tes drive dan pernah saya tulis juga di sini viewtopic.php?f=19&t=19750 dan di blog saya https://yahyakurniawan.net/otomotif/pen ... dakar-4x2/
Tapi kalau sehari2 saya bawa Mirage berganti2 dengan Brio, rasanya sama saja kok, maksudnya sama2 pakem dan karakter perlambatannya hampir sama.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
jeepTruck
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Oct 26, 2017 12:08

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by jeepTruck »

Karena tinggalnya bukan daerah macet..
Nungguin ultimate m/t brapa taon lagi yah....
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by artoodetoo »

Sundul.
Banyak yg tanya kenapa SM gak ada review Xpander.
Ini ada loh. Apa karena M/T jadi gak laku?
:big_cry:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by Venturtle »

so, apakah akan ada varian baru diatas ultimate yang ada kamera 360 derajat, headrest tengah baris kedua, defogger belakang, dan jok kulit? :mky_03:
asluvih
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed Feb 14, 2018 8:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by asluvih »

Venturtle wrote: Fri Jan 12, 2018 12:56 so, apakah akan ada varian baru diatas ultimate yang ada kamera 360 derajat, headrest tengah baris kedua, defogger belakang, dan jok kulit? :mky_03:
belum ada setau sy.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by TUFF Stough »

artoodetoo wrote: Sun Jan 07, 2018 3:45 Sundul.
Banyak yg tanya kenapa SM gak ada review Xpander.
Ini ada loh. Apa karena M/T jadi gak laku?
:big_cry:
banyak yg esmosi gegara indent yg kelamaan dan dealer yg ngulur2 terus. masa biar cepat konsumen disuruh nambah duit aksesoris sampe 8.5jt? itupun gak ada jaminan dari dealer bakal lebih cepat. yg udah terima unit pun surat2nya diulur-ulur lagi ama dealer. :big_bored:

ya pada hijrah ke lain hati. rela batalin SPK walau duit cuman balik setengah. ada terios, ada cortez.
leoleoleo94
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Mar 06, 2018 13:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Vios,Calya,CBR

Re: Kesan Test Drive Xpander Exceed M/T Dari Kacamata Reviewer Hape

Post by leoleoleo94 »

Pencet kopling sambil starter kayaknya udah jadi standar mobil manual masa kini ya om?

Btw ane pake Vios Manual juga harus pencet kopling dulu,di Mazda 2 Skyactiv pacar saya juga gitu