Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Sat Dec 17, 2016 6:23
- Location: Bandung
Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Assalamualaikum wr.wb. Selamat malam, salam sejahtera penghuni SM dimanapun berada.
Dalam kesempatan kali ini, saya akan me-review sebuah.. mm... Toyota Avanza.
Sejarah :
Kayaknya mayoritas member SM udah hapal yah sejarah Avanza kayak gimana. November 2003 diluncurkan, tahun 2006 tambah VVTi, 2008 facelift, 2011 ganti model, 2015 ganti mesin.
Intro :
Jadi, karena mobil keluarga saya yg sebelumnya ( dulu juga pake Avanza ) udah masuk umur 5 tahun, karena mulai sakit-sakitan, diputuskanlah untuk dijual, dan ganti dengan Avanza yang baru. Oh iya, yang saya review kali ini tipe G Manual 1300 cc, tipe paling mainstream
Galeri :
NB : Foto diatas udah diedit, aslinya masih perawan tingting kok
Mari kita mulai reviewnya...
1. Eksterior
Secara eksterior sih, masih mirip dengan Avanza generasi 2011. Yang beda hanya grill yang besar dan penuh krom seperti ini
dan tambahan reflektor yang ga penting-penting amat. Overall penilaian dari saya 7/10, kalau kromnya dikurangi bisa lebih.
2. Interior
Interiornya juga, masih mirip dengan Avanza gen. 2011
Head unitnya sudah bisa memutar Radio AM/FM, CD, USB, AUX, dan Bluetooth. lebih baik dari sebelumnya yg hanya bisa radio dan CD
Untuk driver dan penumpang depan mendapatkan Airbag, dan juga sensor sabuk pengaman yg akan berbunyi cerewet setelah 20 kpj
Joknya kebetulan dari dealer diberikan sarung jok berwarna hitam, supaya mirip dengan Veloz. Interiornya sendiri berwarna kombinasi hitam dan coklat, dengan material yang... hmmmm...
Lampu speedometer sekarang berwarna putih, lebih adem di mata.
Penilaian dari saya, 7,5/10.
3. Mesin
Ini dia yang berubah. Setelah mesin K3 menemani Avanza dari tahun 2003, akhirnya digantikan juga, oleh mesin 1NRVE, berkapasitas 1329 cc, yang dapat menghasilkan 97 hp/120 Nm, dengan rasio kompresi 10,5:1. Saya pribadi sih inginnya Toyota pakai yg versi Eropa ( 99 hp/132 Nm, kompresi 11,5:1 ), tapi tentu ga bisa minum BBM RON 90
Mesinnya menurut saya lumayan enak, dikombinasi transmisi 5-speed manual. Walaupun respon di RPM awal kurang enak karena menggunakan Drive By Wire.
Surprisingly, mesin ini walaupun dikombinasi rasio gigi yg kasar, tetap bisa irit. Libur Lebaran kemarin, saya sekeluarga pakai mobil ini ke Yogyakarta via Pantura, untuk cruising di kecepatan 100-120 kpj masih bisa mendapatkan konsumsi BBM 1:16, lumayan membaik dari Avanza sebelumnya yg hanya bisa 1:13. Untuk luarkota kombinasi berada di angka 1:13-15. Dalam kota 1:10-11.
Penilaian dari saya, 8/10. Saran dari saya ( barangkali ada orang TAM disini ), rasio giginya diperhalus, supaya lebih enak untuk cruising dan BBM lebih hemat.
4. Kenyamanan
Kenyamanan, sisi ini relatif yah, tapi menurut sensor bokong saya, ini lebih enak dari Avanza sebelumnya. lebih stabil, lebih empuk, lebih hening. sayangnya kekedapannya terganggu oleh ban eco ( Bristun Ekopiya )
Penilaian dari saya, 7,5/10.
Kesimpulan :
Avanza generasi terbaru ini banyak perbaikan dibanding generasi Avanza sebelumnya, dari sisi mesin, suspensi, dan fitur keamanan.sayangnya, tetap saja ini sebuah Avanza, bukan Innova, bukan Alphard apalagi Sonderklasse
Plus (+)
+ Toyota
+ Hemat BBM
+ Kenyamanan membaik
+ Fitur safety terhitung lengkap
+ HU bisa Bluetooth
Minus (-)
- Rasio gigi kasar
- Ban bawaan yg kurang bagus
- Krom berlebihan, bikin sakit mata ibarat perempuan, kromnya Avanza ini seperti perempuan menor yg dandan berlebihan
Belilah Avanza jika :
- Anda nyambi jadi driver taksi online
- Anda butuh armada rental
- Wilayah Anda tinggal banyak tanjakan
- Anda ga malu ketemu banyak kembaran di jalan ( fyi, di komplek saya ada 3 orang yg punya Avanza yg sama persis seperti kepunyaan saya )
- Anda Toyota Mania
Jangan beli Avanza jika :
- Anda suka cruising di kecepatan tinggi & rpm rendah
- Anda ga suka mobil mainstream
- Anda haters Toyota
Sekian review dari saya. Terimakasih sudah menyimak, mohon maaf jika ada kekurangan, mohon maklum karena ini review pertama saya. Wassalamualaikum wr.wb
Dalam kesempatan kali ini, saya akan me-review sebuah.. mm... Toyota Avanza.
Sejarah :
Kayaknya mayoritas member SM udah hapal yah sejarah Avanza kayak gimana. November 2003 diluncurkan, tahun 2006 tambah VVTi, 2008 facelift, 2011 ganti model, 2015 ganti mesin.
Intro :
Jadi, karena mobil keluarga saya yg sebelumnya ( dulu juga pake Avanza ) udah masuk umur 5 tahun, karena mulai sakit-sakitan, diputuskanlah untuk dijual, dan ganti dengan Avanza yang baru. Oh iya, yang saya review kali ini tipe G Manual 1300 cc, tipe paling mainstream
Galeri :
NB : Foto diatas udah diedit, aslinya masih perawan tingting kok
Mari kita mulai reviewnya...
1. Eksterior
Secara eksterior sih, masih mirip dengan Avanza generasi 2011. Yang beda hanya grill yang besar dan penuh krom seperti ini
dan tambahan reflektor yang ga penting-penting amat. Overall penilaian dari saya 7/10, kalau kromnya dikurangi bisa lebih.
2. Interior
Interiornya juga, masih mirip dengan Avanza gen. 2011
Head unitnya sudah bisa memutar Radio AM/FM, CD, USB, AUX, dan Bluetooth. lebih baik dari sebelumnya yg hanya bisa radio dan CD
Untuk driver dan penumpang depan mendapatkan Airbag, dan juga sensor sabuk pengaman yg akan berbunyi cerewet setelah 20 kpj
Joknya kebetulan dari dealer diberikan sarung jok berwarna hitam, supaya mirip dengan Veloz. Interiornya sendiri berwarna kombinasi hitam dan coklat, dengan material yang... hmmmm...
Lampu speedometer sekarang berwarna putih, lebih adem di mata.
Penilaian dari saya, 7,5/10.
3. Mesin
Ini dia yang berubah. Setelah mesin K3 menemani Avanza dari tahun 2003, akhirnya digantikan juga, oleh mesin 1NRVE, berkapasitas 1329 cc, yang dapat menghasilkan 97 hp/120 Nm, dengan rasio kompresi 10,5:1. Saya pribadi sih inginnya Toyota pakai yg versi Eropa ( 99 hp/132 Nm, kompresi 11,5:1 ), tapi tentu ga bisa minum BBM RON 90
Mesinnya menurut saya lumayan enak, dikombinasi transmisi 5-speed manual. Walaupun respon di RPM awal kurang enak karena menggunakan Drive By Wire.
Surprisingly, mesin ini walaupun dikombinasi rasio gigi yg kasar, tetap bisa irit. Libur Lebaran kemarin, saya sekeluarga pakai mobil ini ke Yogyakarta via Pantura, untuk cruising di kecepatan 100-120 kpj masih bisa mendapatkan konsumsi BBM 1:16, lumayan membaik dari Avanza sebelumnya yg hanya bisa 1:13. Untuk luarkota kombinasi berada di angka 1:13-15. Dalam kota 1:10-11.
Penilaian dari saya, 8/10. Saran dari saya ( barangkali ada orang TAM disini ), rasio giginya diperhalus, supaya lebih enak untuk cruising dan BBM lebih hemat.
4. Kenyamanan
Kenyamanan, sisi ini relatif yah, tapi menurut sensor bokong saya, ini lebih enak dari Avanza sebelumnya. lebih stabil, lebih empuk, lebih hening. sayangnya kekedapannya terganggu oleh ban eco ( Bristun Ekopiya )
Penilaian dari saya, 7,5/10.
Kesimpulan :
Avanza generasi terbaru ini banyak perbaikan dibanding generasi Avanza sebelumnya, dari sisi mesin, suspensi, dan fitur keamanan.sayangnya, tetap saja ini sebuah Avanza, bukan Innova, bukan Alphard apalagi Sonderklasse
Plus (+)
+ Toyota
+ Hemat BBM
+ Kenyamanan membaik
+ Fitur safety terhitung lengkap
+ HU bisa Bluetooth
Minus (-)
- Rasio gigi kasar
- Ban bawaan yg kurang bagus
- Krom berlebihan, bikin sakit mata ibarat perempuan, kromnya Avanza ini seperti perempuan menor yg dandan berlebihan
Belilah Avanza jika :
- Anda nyambi jadi driver taksi online
- Anda butuh armada rental
- Wilayah Anda tinggal banyak tanjakan
- Anda ga malu ketemu banyak kembaran di jalan ( fyi, di komplek saya ada 3 orang yg punya Avanza yg sama persis seperti kepunyaan saya )
- Anda Toyota Mania
Jangan beli Avanza jika :
- Anda suka cruising di kecepatan tinggi & rpm rendah
- Anda ga suka mobil mainstream
- Anda haters Toyota
Sekian review dari saya. Terimakasih sudah menyimak, mohon maaf jika ada kekurangan, mohon maklum karena ini review pertama saya. Wassalamualaikum wr.wb
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Wah review sodaranya mobil saya....xenia R m/t
Buat dalam kota kok saya ga suka ya manualnya...hahahaha
Sent from my iPhone using Tapatalk
Buat dalam kota kok saya ga suka ya manualnya...hahahaha
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Mantapp reviewnya bukannya ban eco harusnya lebih senyap?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 789
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Mantap omm, emang sih kalo dibandingin avanza gen 1 ini improvement banget
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Rasio gigi masi kasar yah? Gigi 5 rpm berapa om?
Mungkin biar dibilang jago nanjak kali yah rasio gigi dikasarin... kl dialusin kayak LMPV lain tar kemakan iklannya sendiri
Tapi emg keknya mesin NR irit bener sih, di calya aja FC nya hebat, mungkin krn DBW kali yah jadinya bukaan throttle kecil padahal dah diinjek lumayan, makanya jd agak lemot compared to avanza lama
Mungkin biar dibilang jago nanjak kali yah rasio gigi dikasarin... kl dialusin kayak LMPV lain tar kemakan iklannya sendiri
Tapi emg keknya mesin NR irit bener sih, di calya aja FC nya hebat, mungkin krn DBW kali yah jadinya bukaan throttle kecil padahal dah diinjek lumayan, makanya jd agak lemot compared to avanza lama
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Avanza sekarang waktu 100km/h gigi 5 rpm berapa?
Dulu pernah pakai xenia xi 2004 rpmnya tinggi bener kalau 100km/h gigi 5, bikin gak nyaman, gak ada tachometer jadi gak ada angka pasti, kisaran 4000-an sepertinya
Di kota lincah bener sih, gear ratio-nya rapat seperti mobil rally saja...
Dulu pernah pakai xenia xi 2004 rpmnya tinggi bener kalau 100km/h gigi 5, bikin gak nyaman, gak ada tachometer jadi gak ada angka pasti, kisaran 4000-an sepertinya
Di kota lincah bener sih, gear ratio-nya rapat seperti mobil rally saja...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Torsinya gmn om?
Dr berhenti langsung pk gigi 2 kuat gk?
Dr berhenti langsung pk gigi 2 kuat gk?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Kemarin coba mobil sodara GN xenia 100km/h hampir 4000rpm
Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Feb 29, 2016 10:26
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Lagi intip2 n nunggu ertiga matic disel... masih imbang ga ya?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Feb 22, 2017 11:08
- Location: Cirebon
- Daily Vehicle: Daihatsu
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Tinggi juga ya, kalo 3000rpm jalan 80km/h mungkin ya?Ajun06 wrote: βTue Jul 04, 2017 2:11 Kemarin coba mobil sodara GN xenia 100km/h hampir 4000rpm
Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Sama nih, jadi ikut penasaran berapa rpm nya di 100 km/h.
Di Avanza 1500 M/T 2008, 100 km/h sekitar 3400 rpm.
Di Avanza 1500 M/T 2008, 100 km/h sekitar 3400 rpm.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Nice review om, saya pernah bawa GNA E MT 2016 punya sodara & belum lama ini rental GNX X MT 2017 & impresinya kurleb sama kaya yang om sebutin diatas (tapi kalo yg GNA bedanya ada krom2an yang ga sebanyak tipe G hehehe , ga ada reflektor ala2 ipah dono kaya tipe G + HU yang belom bluetooth, sayang belom immobilizer ) , yg saya paling suka dari GNA ini adalah improvementnya jauh lebih baik dibanding gen 1 & gen2 PFLnya.
Oh iya, saya mau tambahin lagi nih , jangan beli avanza kalau anda Gengsi sama image LMPV Sejuta umat , mobil rental & mobil kaleng (padahal yang sekarang udah ga sekaleng dulu , terutama gen1 yg kaleng bgt bodinya menurut saya) hahaha . Kalo soal gengsi, Mobilio, ertiga & ANGL masih lebih bergengsi buat ukuran LMPV daripada avanza menurut saya.
Oh iya, saya mau tambahin lagi nih , jangan beli avanza kalau anda Gengsi sama image LMPV Sejuta umat , mobil rental & mobil kaleng (padahal yang sekarang udah ga sekaleng dulu , terutama gen1 yg kaleng bgt bodinya menurut saya) hahaha . Kalo soal gengsi, Mobilio, ertiga & ANGL masih lebih bergengsi buat ukuran LMPV daripada avanza menurut saya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Saya bantu jawab ya, avanza sekarang 100 km/h nya pas gigi 5 itu rpm kisaran 3000-4000 an ( tergantung cara bawa pengemudinya juga sih), pernah bawa GNA E MT punya sodara soalnya. Btw, kalo RPM tinggi sih setau saya gamungkin 4000 deh, kayanya 4500 keatas CMIWadriangaut wrote: βMon Jul 03, 2017 22:44 Avanza sekarang waktu 100km/h gigi 5 rpm berapa?
Dulu pernah pakai xenia xi 2004 rpmnya tinggi bener kalau 100km/h gigi 5, bikin gak nyaman, gak ada tachometer jadi gak ada angka pasti, kisaran 4000-an sepertinya
Di kota lincah bener sih, gear ratio-nya rapat seperti mobil rally saja...
Iya nih, yg lama, terutama gen1 lincah bener, gear rationya pendek2 terutama diputaran bawah, kalo yang sekarang kayanya udah ga selincah yang lama deh oom, soalnya rasio gigi putaran bawahnya lebih panjang daripada yang lama
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Numpang cerita.
Kebetulan di rumah ada 1unit avanza 1NR matic tipe G 2016 akhir.
IMHO, Avanza mending piara yang manual, gesit juga tuh buat selap selip dalkot.
Dulu pernah pake operasional kantor beberapa unit semua manual, dalkot 1:10-11an, Tol dapet 1:14-15an
Pake yang matic minusnya selain lemot, BBM jg agak bocor kl pemakaian dalkot.
Lukotnya sih lumayan bisa diatas 1:10-12. Dalkot cuma di kisaran 1:8-9an (apalagi yang mesin lawas sebelum dual vvti yah)
Emang sih buat deket2 enak matic santai, tapi kalo udah diisi diatas 5 penumpang, berasa banget lelet nya yang matic.
Mana suka kayak bingung gear matic nya kalo agak full load antara naik turun
Kebetulan di rumah ada 1unit avanza 1NR matic tipe G 2016 akhir.
IMHO, Avanza mending piara yang manual, gesit juga tuh buat selap selip dalkot.
Dulu pernah pake operasional kantor beberapa unit semua manual, dalkot 1:10-11an, Tol dapet 1:14-15an
Pake yang matic minusnya selain lemot, BBM jg agak bocor kl pemakaian dalkot.
Lukotnya sih lumayan bisa diatas 1:10-12. Dalkot cuma di kisaran 1:8-9an (apalagi yang mesin lawas sebelum dual vvti yah)
Emang sih buat deket2 enak matic santai, tapi kalo udah diisi diatas 5 penumpang, berasa banget lelet nya yang matic.
Mana suka kayak bingung gear matic nya kalo agak full load antara naik turun
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
yg bikin lemod di GNA adalah sistem TBW nya... supaya mengurangi populasi orang yg mau bunuh diri pake apansa nyetir seruntulan kya bawa BMW... saking stres setoran taxol ga lancar keknya... good guy tam...
ngga kaya ahond yang udah tau level orang pake mobil begini pada mau bunuh diri kebut-kebutan malah dikasih 120 hp hi rev engine...
suzuki lebih sableng lg malah dikasih diesel torsi 200Nm... ntu pabrikan tidak mengedukasi konsumen dengan baik... jadilah seperti tam... edukasi konsumen dengan cara bikin lemod mobil...
gren niu apansa bagus lah... diciptakan oleh orang yang mengerti kelakuan driver di indonesia dan mengedukasi sekali... ahond ma suzuki mah apaan... tdk mengedukasi itu... mobil mpv dikasih mesin kenchang...
ngga kaya ahond yang udah tau level orang pake mobil begini pada mau bunuh diri kebut-kebutan malah dikasih 120 hp hi rev engine...
suzuki lebih sableng lg malah dikasih diesel torsi 200Nm... ntu pabrikan tidak mengedukasi konsumen dengan baik... jadilah seperti tam... edukasi konsumen dengan cara bikin lemod mobil...
gren niu apansa bagus lah... diciptakan oleh orang yang mengerti kelakuan driver di indonesia dan mengedukasi sekali... ahond ma suzuki mah apaan... tdk mengedukasi itu... mobil mpv dikasih mesin kenchang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Apakah semua TBW itu lemot?ChZ wrote: βTue Jul 04, 2017 7:54 yg bikin lemod di GNA adalah sistem TBW nya... supaya mengurangi populasi orang yg mau bunuh diri pake apansa nyetir seruntulan kya bawa BMW...
good guy tam... ngga kaya ahond yang udah tau level orang pake mobil begini pada mau bunuh diri kebut-kebutan malah dikasih 120 hp...
suzuki lebih sableng lg malah dikasih diesel torsi 200Nm... ntu pabrikan tidak mengedukasi konsumen dengan baik... jadilah seperti tam... edukasi konsumen dengan cara bikin lemod mobil...
Atau GNA jd lemot gara2 TBW yg dipasang adalah TBW kualitas murah?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
TBW lebih lemod dari tali gas responnya... tp engga semua TBW lemod... tergantung settingan pabrik.coklatMetalik wrote: βTue Jul 04, 2017 7:56Apakah semua TBW itu lemot?ChZ wrote: βTue Jul 04, 2017 7:54 yg bikin lemod di GNA adalah sistem TBW nya... supaya mengurangi populasi orang yg mau bunuh diri pake apansa nyetir seruntulan kya bawa BMW...
good guy tam... ngga kaya ahond yang udah tau level orang pake mobil begini pada mau bunuh diri kebut-kebutan malah dikasih 120 hp...
suzuki lebih sableng lg malah dikasih diesel torsi 200Nm... ntu pabrikan tidak mengedukasi konsumen dengan baik... jadilah seperti tam... edukasi konsumen dengan cara bikin lemod mobil...
Atau GNA jd lemot gara2 TBW yg dipasang adalah TBW kualitas murah?
Bisa diakalin pake Throttle controller atau remap 500 ribuan yg bikin sugesti lebih "kenchang"...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Bergantung settingan tohh..ChZ wrote: βTue Jul 04, 2017 7:59TBW lebih lemod dari tali gas responnya... tp engga semua TBW lemod... tergantung settingan pabrik.coklatMetalik wrote: βTue Jul 04, 2017 7:56Apakah semua TBW itu lemot?ChZ wrote: βTue Jul 04, 2017 7:54 yg bikin lemod di GNA adalah sistem TBW nya... supaya mengurangi populasi orang yg mau bunuh diri pake apansa nyetir seruntulan kya bawa BMW...
good guy tam... ngga kaya ahond yang udah tau level orang pake mobil begini pada mau bunuh diri kebut-kebutan malah dikasih 120 hp...
suzuki lebih sableng lg malah dikasih diesel torsi 200Nm... ntu pabrikan tidak mengedukasi konsumen dengan baik... jadilah seperti tam... edukasi konsumen dengan cara bikin lemod mobil...
Atau GNA jd lemot gara2 TBW yg dipasang adalah TBW kualitas murah?
Bisa diakalin pake Throttle controller atau remap 500 ribuan yg bikin sugesti lebih "kenchang"...
Brarti hrsnya bisa aja respon gas GNA diakalin supaya gk kalah sm avanza 1st gen (anggap ratio gearbox dll diabaikan dulu)?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Bisa banget....coklatMetalik wrote: βTue Jul 04, 2017 8:02
Bergantung settingan tohh..
Brarti hrsnya bisa aja respon gas GNA diakalin supaya gk kalah sm avanza 1st gen (anggap ratio gearbox dll diabaikan dulu)?
Tp tali gas avz 1st gen juga bisa diakalin supaya lebih ngibrit lagi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Mar 14, 2017 6:47
- Location: makassar
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Nice review Om
Sy pakai Avanza dari semua generasi, mulai sejak keluar 2004, Vvti 2006, 1,5S 2009, 1,3 2010,New Avz 2012, dan AllNew2017. Fanboy? Bukan. Krn mobil Dinas. Apa yg berubah? Suspensi sedikit lbh empuk, tp pola bantingan tetap sama. Handling ngeri bila >80km/j. Tp kagum krn banyak yg bw jauh lebih kencang.
Gen terakhir mesin lebih halus, tp gampang stall. Transmisi sepertinya hanya berubah di Final gear, membuat rpm sedikit lebih rendah di Hi speed 80km/j 3000, 100km/j sekitar 3500. Yg lama 100km/j hampir 4000, sangat meraung. Tapi ubahannya mengorbankan kenikmatan avanza di low speed, jd lemot.
Sent from my Lenovo S1a40
Sy pakai Avanza dari semua generasi, mulai sejak keluar 2004, Vvti 2006, 1,5S 2009, 1,3 2010,New Avz 2012, dan AllNew2017. Fanboy? Bukan. Krn mobil Dinas. Apa yg berubah? Suspensi sedikit lbh empuk, tp pola bantingan tetap sama. Handling ngeri bila >80km/j. Tp kagum krn banyak yg bw jauh lebih kencang.
Gen terakhir mesin lebih halus, tp gampang stall. Transmisi sepertinya hanya berubah di Final gear, membuat rpm sedikit lebih rendah di Hi speed 80km/j 3000, 100km/j sekitar 3500. Yg lama 100km/j hampir 4000, sangat meraung. Tapi ubahannya mengorbankan kenikmatan avanza di low speed, jd lemot.
Sent from my Lenovo S1a40
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Mar 14, 2017 6:47
- Location: makassar
Re: Review : Toyota Grand New Avanza 1.3 G MT 2017
Rasanya butuh gigi 6 buat cruising
Sent from my Lenovo S1a40
Sent from my Lenovo S1a40