First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 15:03
billyd1773dz wrote:mbl php mahal pula :big_cry:




eniwei.... berbeda dgn Mazda 2... utk dapetin tacho as primary dial gedhe, paddleshift dan HUD yang kini full colour, cukup di type touring................


soo type GT dpt peta navigasi, i-active sense package dan sunroof ajakah? :ungg: dgn beda 60jt hmmmm
Sama mod billy, mobil PHP , kirain pas launching disini, harganya bakal 400 jtan buat top trimnya, ternyata malah tembus 450an dimana kemahalan buat sebuah CUV. Iya mod bil, di tipe touring ini udah lumayan banyak fiturnya, minus BOSE , sunroof & SCBS dkk aja

Kalo soal tipe GTnya sih saya kurang tau mod bil, mungkin bisa lihat pas IIMS nanti buat tipe GTnya hehehe/ kunjungi dealer mazda terdekat hehehe #bukanfanboy #bukansalesmazda


Sent from my iPhone using Tapatalk
Tambahan lagi gan dri utube B-Chanel - Electric seat (driver). Sbnrnya sgt complete package, feature hmpr smua ada seperti di CX 5, hny mslh pricing saja
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

lawyerone wrote: Mon Apr 03, 2017 15:35
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 7:54 CX3 basisnya Mazda 2, untuk posisi mengemudi dan fun to drive ga akan beda jauh dari basisnya dimana yang terbaik di kelasnya. Performa Ok karena mesinya 2.0 (mazda cx5 sport trim) dimana bobot mobil lebih ringan dan Ground Clearance yang hanya lebih tinggi sedikit dari Mazda 2 akan berpengaruh terhadap handling yang lebih baik dan body roll yang lebih minim dibanding kompetitornya. Irit BBM sudah terbukti pada CX5 2.0L, ga akan beda jauh dari klaim yang ada. Untuk lebih detailnya, memang harus di test drive, tp sbgi gambarannya ga akan beda jauh dari Mazda 2.
Menurut saya sih feelnya ga akan mirip-mirip amat sama Mazda2 sih. Pasti beda, secara kelas aja udah beda. Yang satu hatchback, yang satu lagi CUV (atau hatchback dipanjangin? entah). Coba aja bandingin HRV sama Jazz, itu juga 1 platform. Driving feelsnya jauh beda. IMHO.

Lebih baik dari kompetitor? Ga yakin sih.

Jujur aja marketing reviewer mobil itu lumayan jago dan agak bias. Kalo sebenernya mau objektif, in terms of handling, Mazda2 sama GK5 itu entah mengapa berasa lebih mantep GK5. Steering dan handling di Mazda2 itu terkadang berasa kurang precise. Yang bikin Mazda2 lumayan menang menurut saya lebih karena 6AT, karena GK5 CVT nya entah mengapa kurang responsif buat digenjot copot genjot copot (meski kalo sebenernya katanya power dan waktu akselerasi ga beda jauh).

Body roll minim? Ini mesti hati-hati sih. Jujur menurut saya Mazda2 itu meski suspensi keras tapi body roll lumayan berasa. Untuk mobil yang seceper dan suspensinya sekeras ini semestinya body roll lebih sedikit. Atau nggak? Mohon dikoreksi kalau saya salah. Tapi untungnya mobilnya ga limbung.
Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 15:10
mahesoo wrote:Dulu nunggu bgt mobil ini siapa tau harga cocok, padahal kemarin2 ngeliat hrv bermasalah gitu mikirnya hrv overprice eh ini harganya lebih gila lagi. Sbenernya cx3 ini potensial bgt jadi rival hrv apalagi chr aja masih belum jelas. Sayang sepertinya eurokars lebih ingin bermain di pasar 'niche' kasian sih dealer2 mazda yg di kota kecil padahal liat mazda 2 sempat banyak di kota kecil tempat ane tinggal tapi kayaknya sekarang makin gak terjangkau. Ujung2nya jakarta dan beberapa kota besar aja yg masyarakatnya mampu beli mazda.
Menurut ane di pasar crossover paling worth itu trax,hrv,os, baru cx3 ini jadi minder liat harga cx3 udah kerja banting tulang keluar harganya jauh bgt dari rival2nya ahhaha soalnya rata2 yg beli cuv itu masih agak2 price sensitive beda kalau level ya udah crv keatas.
Ya oom, sepertinya Eurokars ingin bermain di pasar "niche" which is ga mentingin penjualan / bulan & sepertinya pengen jadiin mazda ini sebagai entry levelnya premium japanese brand di Indonesia,
makanya pricingnya lebih sadis daripada MMI dulu menurut saya.

Iya sih om, saya sendiri juga kaget lihat harganya, soalnya bokap juga udah ngebet pengen Minang ni mobil buat gantiin CRV yg udah penyakitan, tapi kalo liat harganya jadi mundur teratur dehh. Kita cuma bisa berharap kalo harga pas launching resmi ga semahal ini.

Yaa bukan masyarakat kota besar lagi om yang bakal beli mobil ini , mungkin cuma mazda enthusiast / hobbyst yang bakal beli mobil ini , minimal orang yang hobi nyetir sendiri / gimmick & techno freak lah menurut saya. kalo orang awam sih mikir mending beli S-cross / trax yang harganya jauh lebih murah tapi kelasnya ga jauh beda / naik kelas sekalian ke CRV RM FL / CX5 FL / T32, bisa juga ke SUV ladder kaya MUX & Trailblazer FL.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Hahaha, sama. Menurut saya CX3 memang way too overpriced. Saya kayaknya kalo disuruh milih akan ambil HRV Prestige sih, apalagi kalo bayangin interiornya persis sama kayak Mazda2. Mau seperti apapun, pelastik tipis akan tetap menjadi pelastik tipis. Fitur cuman gimmick, dan interior mazda meski rapi tetep aja punya batasan. Hasil hard plastics dan ujung-ujungnya tetap ga akan ngalahin mobil yang interiorya penuh dengan soft padding. Kecuali soft pad nya berantakan ya hehehe.

Jujur aja menurut saya kalo Eurokars mau coba naroh Mazda di entry level premium car jepang kayaknya agak susah sih. Orang yang beli mobil kan pasti mikir juga, dengan fitur sekian dan harga sekian apakah worth atau ngga. Misalnya saya, pas dapet Mazda2 GT harga 240++ setelah diskon yah jelas saya ambil, secara fitur oke dan kompetitor di harga yang sama ga selengkap itu (walau saya lumayan kemakan review sih :')). Padahal awalnya ada niat mau ambil Golf Mk7. Memang pasti ada plus minusnya kan.

Asumsi nih, si Eurokars mau taroh harga setara mobil yang 1 tingkat di atasnya, yah menurut saya orang akan lebih pilih ambil mobil yang 1 tingkat di atasnya. Apalagi ini orang Indo. Saya setuju banget sama pendapat om kalo ini masih market yang price sensitive. Mungkin oke dia mau cari niche market, tapi kalo misalnya kita main di harga 400++ itu udah brand oriented menurut saya. Jadi agak susah juga sebenernya kalo mereka mau play premium.


Yah kita lihat aja sih kedepannya mereka gimana. Tapi menurut saya yah harga naik dikit pasti memang ada alasannya. Menurut saya lebih karena si MMI ga nutup pas harganya bersaing, jadi naik dikit biar at least bisa survive. Tapi kalo main harganya naik jauh, saya rasa akan makin susah sih untuk survive.


CMIIW.

Iya gan, ane bawa c OK y dibanding GK. Mgkn stiap org beda" feelnya, tp buat ane Mazda 2 sgt OK. No offense ya.
Mobil mazda feelnya mirip smua (bawa 2 sama CX 5), napak bgt ke jalan dan feelnya dapet (In my own opinion). Ground Clearance CX 3 pendek hanya 155mm dan beda tipis dengan mazda 2 di 140-an mm. Banyak yang bilang lebih cocok sebagai Hatchback dibanding CUV, ketolong dengan over fender tebal dan velg besar. Ane rasa ga bakal beda terlalu jauh dengan 2. Bandingkan dengan HRV dgn ground clearance 189 mm, jelas feelnya akan berbeda krn jauh lbh tinggi dibanding GK.

Untuk suspensi, hrznya lbh rigit kl keras dan body roll minim, kurang tau juga cz ga prnh dibawa ngebut kl belokan :big_grin:

Yg ane masuk lbih baik dr kompetitor dlm hal majority aspect (mesin, transmisi, BQ, features, design) walau minus di akomodasi dan bagasi yang kecil. Tergantung pandangan masing" org jg gan, setiap org punya kbutuhan yg berbeda.\

Kl CVT emnk cmn bisa smooth driving tp emnk CVT honda emnk paling sigap dibanding yg lain (mgkn beda setting-annya). Ane harian pk CVT mrek sebelah rasanya mau ngamuk, stiap kali ada mobil depan berhenti dan rem trus mau nyalip injek gas, berasa tuh tenaga ilang dan mobil diem kaga bsa nyalip. Super kzelll..... :big_dunno:
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

dimassn25 wrote: Tue Apr 04, 2017 0:36
kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2017 19:46 No offence to everyone dan maaf kalo super oot,
Saya rada bingung kalo dibilang mazda ga mentingin penjualan perbulan dgn alesan mau jd brand premium, ngincer pasar niche, dll dll.
Kalo analisis bego saya ada brp masalah yg ga segampng itu bikin mazda langsung mau maen di segmen niche.


1. Profit. Kalo dibilang ga mentingin penjualan/bulan, ga masuk akal saya ya. Merk premium kaya bmw or merc aja pasti mikirin penjualan/bln kok.
okelah kalo kita ngmngnya rolls atau porsche yg profit/unit terjualnya bisa tinggi (maybe sampe brp ratus jt per unit) tp ini mazda. Apa bisa si eurokars untungnya ampe brp ratus jt/ unit? Saya rasa nggak.

2. Masalah ASS. Menurut saya ini masalah utama. Otomatis dgn jumlah populasi mazda yg "terlanjur" banyak, jumlah part yg harus ready ga bisa disamain dgn porsche atau rolls. Konsumen rolls atau porsche saya rasa ga masalah kalo ada problem n nunggu part sampe 1-2 bulan. Toh ga mungkin mobil mrk jd daily warrior kemana2. Pasti mrk punya mobil lain. Tp kalo mazda saya rasa saat ini cukup banyak yg jadiin mazda mobil wara-wiri kemana2 n bahkan mungkin cuma itu satu2nya mbl di garasi. Kalo bukan mazda diehard dan beli mazda sebatas karena baru tau produknya cukup baik tp harus nunggu part sampe brp bulan Ya lama2 jg kabur semua. Part mahal n inden trus=RV ancur2an. RV ancur2an= ga bakal laku di indo.
Selain part jg bengkel n showroom mazda uda banyak. otomatis makin banyak bengkel n showroom running cost jg besar (ga kaya bengkel rolls atau porsche yg ga masalah cuman ada di jakarta, surabaya atau kota besar lain, saya gatau pasti jg).
Disini complicatednya. Mereka terlanjur bukan merk premium yg konsumennya ga masalah cuma ada 1 bengkel doang dlm 1 kota, orng jg ga masalah kalo part indent lama.

3. Masalah mindset. Dari awal mazda memang bukan merk premium dan ga bermain di pasar niche. ga gampng untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat nilai mazda ya sebanding ama H dan T. Kalo mau ngubah brand jd merk premium, Butuh perjuangan bertahun2 atau mungkin sampe puluhan tahun untuk bisa ngubah itu. Bmw or merc ga dibangun jd merk premium dlm 1-2 dekade. Saya rasa H dan T bisa kalo mo bikin mbl on par dgn bmw or merc. Tp memang mereka gamau, karena dr awal ya H dan T bukan merk premium. Mindset masyarakat ya uda mikir mrk adalah mbl yg affordable. Makanya si T juga bikin lini premium sendiri yaitu lexus. Karena mau ngeluarin prosuk semewah apapun tetep judulnya T. Wong lexus aja juga tetep dibilang T versi mewah dikit doang kok ama mafia2 SM :mky_03:
Mazda skrng secara produk memang better dibanding H dan T (at least di indo) tp masalah brand value saya rasa masi sebanding, ga lebih premium drpd H or T.

4. Masalah produk. Saya ambil salah satu contoh aja. Sejak MMI masukin CX5 memang produknya jauh lebih baik drpd CRV. Dgn harga mirip2 n fitur menang jauh tetap lakuan crv. Kalo dgn alasan mau masuk pasar niche CX5 gen 2 jauh lebih mahal drpd CRV gen 5 ya bablas orng pd ambil CRV. Saya rasa gap CX5 gen 2 vs CRV gen 5 ga sejauh CX5 gen 1 vs crv gen 4 krn honda juga uda banyak berbenah.

Ya segitu dulu analisis awam saya. Kalo ada yg ga setuju or mau nambahkan ya monggo. No offence sekali lg, saya hanya awam yg penasaran doang mau dibawa kemana brand mazda ini. Mudah2an si ga mati suri kaya merk2 lain.
Untuk CX3 sendiri, saya yakin ni mbl adalah mbl yg bagus biar saya blm ngeliat langsung sendiri, tp saya penasaran bakal brp banyak populasinya di indo.
Setuju nih. Mustahil dia ga mentingin penjualan. Kecuali emang pabrikan sekelas lambo atau ferarri yang beberapa produknya limited edition

Saya juga ngerasa mazda belum masuk ke kelas premium walaupun saya ngerasa ada usaha buat kesitu. Contohnya sales marketingnya menurut saya pengetahuan soal mobilnya lebih bagus dibandingin honda apalagi toyota. Mereka engga lebay dalam melebih lebihkan produk mereka. Pengalaman ini saya dapet di giias 2016 dengan ngobrol beberapa sales dari banyak brand.

Setuju cx5 nanti kalo jauh lebih mahal dari crv gabakal laku. Orang Indonesia itu suka paket lengkap, contohnya suka mobil bentuknya bagus, bandel, fun to drive, bisa muat banyak. Harusnya mazda mulai mikir biar bisa muat banyak itu. Karena se driving oriented seseorang ada kalanya banyak yang minta nebeng hahaha.
Eurokars sebenarnya punya target untuk sales tahun ini lebih tinggi dibanding MMI;

“Tahun lalu sekira 5.100-an ya penjualannya (MMI). Tahun ini kami harapkan penjualan, kenaikannya bisa menjadi di angka 6.000 sampai 7.000 unit"

Tapi kata" kami harapkan bias (antara genjot sales hingga mencapai target atau pasrah dengan mengeluarkan produk" baru dan berharap bisa tercapai)
Harusnya Mazda consider untuk buka pabrik di Indonesia (at least joint venture dgn local company) supaya bisa menekan pricing-nya. Malaysia saja sudah CKD untuk beberapa produknya dan ini yg sangat disayangkan.

Mindset org Indonesia memang tetap seprti brand Japan lainnya hanya full feature dan BQ baik, tp masih banyak juga yang membeli mobil hanya mikir ASS, brand, yg ptg bisa jalan, dan ga nyusahin. Ya mau gimana lagi susah kl mindsetnya gtu, wong mbl setengah miliar aja masih mikir isinya bensin subsidi. Eurokar harus berpikir keras utk menjadikan mobil" mereka tetap menarik di mata konsumen walaupun hrgnya yg diatas rata".

Sepertinya pricing CX 5 second generation ga akan berbeda jauh dari yg skrg kecuali untuk Trim GT yg pasti banyaq fitur" baru, tp kebanyakan konsumen cukup dgn type Touring karena sudah lebih dr cukup utk daily car. Utk 7 seater akan launch tahun ini di Japan, let's see apakah layak disebuk 7 seater or lagi" 5+2
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by dimassn25 »

Rickz wrote: Tue Apr 04, 2017 2:23
Eurokars sebenarnya punya target untuk sales tahun ini lebih tinggi dibanding MMI;

“Tahun lalu sekira 5.100-an ya penjualannya (MMI). Tahun ini kami harapkan penjualan, kenaikannya bisa menjadi di angka 6.000 sampai 7.000 unit"

Tapi kata" kami harapkan bias (antara genjot sales hingga mencapai target atau pasrah dengan mengeluarkan produk" baru dan berharap bisa tercapai)
Harusnya Mazda consider untuk buka pabrik di Indonesia (at least joint venture dgn local company) supaya bisa menekan pricing-nya. Malaysia saja sudah CKD untuk beberapa produknya dan ini yg sangat disayangkan.

Mindset org Indonesia memang tetap seprti brand Japan lainnya hanya full feature dan BQ baik, tp masih banyak juga yang membeli mobil hanya mikir ASS, brand, yg ptg bisa jalan, dan ga nyusahin. Ya mau gimana lagi susah kl mindsetnya gtu, wong mbl setengah miliar aja masih mikir isinya bensin subsidi. Eurokar harus berpikir keras utk menjadikan mobil" mereka tetap menarik di mata konsumen walaupun hrgnya yg diatas rata".

Sepertinya pricing CX 5 second generation ga akan berbeda jauh dari yg skrg kecuali untuk Trim GT yg pasti banyaq fitur" baru, tp kebanyakan konsumen cukup dgn type Touring karena sudah lebih dr cukup utk daily car. Utk 7 seater akan launch tahun ini di Japan, let's see apakah layak disebuk 7 seater or lagi" 5+2
Nah eurokars menurut saya terlalu terburu buru launching produk. Yang saya salut itu nissan dan mitsu. Nissan gamau ngeluarin produk baru dulu tapi mereka mau perbaiki assnya dulu (mungkin nissan baru sadar pentingnya ass)

Mitsu juga dari tahun lalu mau memperbanyak jaringan dealer dan bengkel sebelum anps jadi ckd dan xm concept release.

Kalo di kota besar menurut pandangan saya rata hampir semua merk ada. Mazda juga banyak kok di kota besar. Cuma kalo yang didaerah kayak ga punya pilihan paling merk itu itu aja.

Dan chevy dengan trax nya menurut saya secara data udah outstanding dengan harga 305jt (belum diskon). Itu tandanya chevy emang mau main serius di pasar Indonesia, dan trailblazer juga demikian. Padahal trax rakitan korea loh.

Kalo seperti ini eurokars ga lebih kayak imprortir umum yang ga perduli harga yang ditawarkan walaupun fitur ga ada yang disunat.
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

dimassn25 wrote: Tue Apr 04, 2017 5:12
Rickz wrote: Tue Apr 04, 2017 2:23
Eurokars sebenarnya punya target untuk sales tahun ini lebih tinggi dibanding MMI;

“Tahun lalu sekira 5.100-an ya penjualannya (MMI). Tahun ini kami harapkan penjualan, kenaikannya bisa menjadi di angka 6.000 sampai 7.000 unit"

Tapi kata" kami harapkan bias (antara genjot sales hingga mencapai target atau pasrah dengan mengeluarkan produk" baru dan berharap bisa tercapai)
Harusnya Mazda consider untuk buka pabrik di Indonesia (at least joint venture dgn local company) supaya bisa menekan pricing-nya. Malaysia saja sudah CKD untuk beberapa produknya dan ini yg sangat disayangkan.

Mindset org Indonesia memang tetap seprti brand Japan lainnya hanya full feature dan BQ baik, tp masih banyak juga yang membeli mobil hanya mikir ASS, brand, yg ptg bisa jalan, dan ga nyusahin. Ya mau gimana lagi susah kl mindsetnya gtu, wong mbl setengah miliar aja masih mikir isinya bensin subsidi. Eurokar harus berpikir keras utk menjadikan mobil" mereka tetap menarik di mata konsumen walaupun hrgnya yg diatas rata".

Sepertinya pricing CX 5 second generation ga akan berbeda jauh dari yg skrg kecuali untuk Trim GT yg pasti banyaq fitur" baru, tp kebanyakan konsumen cukup dgn type Touring karena sudah lebih dr cukup utk daily car. Utk 7 seater akan launch tahun ini di Japan, let's see apakah layak disebuk 7 seater or lagi" 5+2
Nah eurokars menurut saya terlalu terburu buru launching produk. Yang saya salut itu nissan dan mitsu. Nissan gamau ngeluarin produk baru dulu tapi mereka mau perbaiki assnya dulu (mungkin nissan baru sadar pentingnya ass)

Mitsu juga dari tahun lalu mau memperbanyak jaringan dealer dan bengkel sebelum anps jadi ckd dan xm concept release.

Kalo di kota besar menurut pandangan saya rata hampir semua merk ada. Mazda juga banyak kok di kota besar. Cuma kalo yang didaerah kayak ga punya pilihan paling merk itu itu aja.

Dan chevy dengan trax nya menurut saya secara data udah outstanding dengan harga 305jt (belum diskon). Itu tandanya chevy emang mau main serius di pasar Indonesia, dan trailblazer juga demikian. Padahal trax rakitan korea loh.

Kalo seperti ini eurokars ga lebih kayak imprortir umum yang ga perduli harga yang ditawarkan walaupun fitur ga ada yang disunat.
Sepertinya Eurokars mau all out di awal sebagai pemegang distributor resmi Mazda. Kita akan show up mobil" yg tidak ada sebelumnya di pasar Indonesia kl Mazda punya banyaq line-up yang sangat menarik dan bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Sebenernya ga salah, cuman mslh pricingnya saja yang masih demanding utk org" biasa yang ingin memiliki Mazda :big_biglaugh:

Trax mobil yang sangat menarik sampai ke bawa mimpi hbs test drive :big_peace: Tenaganya linear walau turbo tp tidak menggebu" dengan torsi besarnya dan suprisingly nyaman jika tekanan ban tidak berlebihan. Kokoh dan solid.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by ChZ »

Kalau mau flashback ke 2012 lalu, Mazda CX-5 2.0 keluar pertama sebetulnya dengan price tag yang tidak murah juga. Menyamai CR-V 2.4 Prestige yang keluar 4 bulan kemudian.

Tp entah kenapa taun 2013, CX-5 2.5 GT bisa keluar dengan harga kompetitif bahkan setara dengan CR-V 2.4 Prestige... Apa mungkin actual price nya nggak segitu ya :big_think: krn saya mikirnya juga gimana CX-5 dengan equipment bejibun begitu, 2.5liter, CBU Japan bisa harga kompetitif... Saya mikirnya ada subsidi silang atau MMI jual rugi :big_think: pernah denger jg MMI dan prinsipal Japan hubungannya g terlalu bagus...

sama seperti teka-teki knp dulu Subaru bisa jual kendaraan AWD dengan harga kompetitif, sekarang terjawab... ternyata ngemplang pajek.

Apalagi sejak keluarnya CX-3 dengan harga segini ini makin buat mikir... Gap harganya jauh sekali dengan HR-V Prestige apalagi Outlander Sport.

Klw Mazda2 itu masih make sense krn CBU Thai.

Batu makam dan Suzuki walaupun dengan mobilnya yang begitulah... setidaknya harganya paling waras menurut saya skrg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 6:16 Kalau mau flashback ke 2012 lalu, Mazda CX-5 2.0 keluar pertama sebetulnya dengan price tag yang tidak murah juga. Menyamai CR-V 2.4 Prestige yang keluar 4 bulan kemudian.

Tp entah kenapa taun 2013, CX-5 2.5 GT bisa keluar dengan harga kompetitif bahkan setara dengan CR-V 2.4 Prestige... Apa mungkin actual price nya nggak segitu ya :big_think: krn saya mikirnya juga gimana CX-5 dengan equipment bejibun begitu, 2.5liter, CBU Japan bisa harga kompetitif... Saya mikirnya ada subsidi silang atau MMI jual rugi :big_think: pernah denger jg MMI dan prinsipal Japan hubungannya g terlalu bagus...

sama seperti teka-teki knp dulu Subaru bisa jual kendaraan AWD dengan harga kompetitif, sekarang terjawab... ternyata ngemplang pajek.

Apalagi sejak keluarnya CX-3 dengan harga segini ini makin buat mikir... Gap harganya jauh sekali dengan HR-V Prestige apalagi Outlander Sport.


Klw Mazda2 itu masih make sense krn CBU Thai.

Batu makam dan Suzuki walaupun dengan mobilnya yang begitulah... setidaknya harganya paling waras menurut saya skrg.
Bisa jadi gan.Terlalu maksain pricing nempel CRV dan ujung"nya biaya operasional ga nutup dan memutuskan ganti kepemilikan agen. Bukan Eurokars yang kasih harga kemahalan, memang itu hrg wajar yang harus dijual cmn karena sudah terbiasa liat harga CX 5 yang dipegang MMI, jadi berasa overprice.
Kenapa y cx 3 tidak diimpor dr Thai saja ? apakah demand disana masih tinggi dan belom siap utk export ?

Batu makam sangat value for money dengan feature lengkap dan harga miring, ASS juga not bad krn ane make juga. Cuman kl sudah masuk 5 tahun mulai banyak jajan :big_dunno:

Chevy mnurut bro Chrz gimana ?
Jedi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Feb 07, 2017 4:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CX-5

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Jedi »

Ini orang2 eurokars masih kanget aja biasa megang mobil mahal.
Ntar juga adaptasi
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by dimassn25 »

ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 6:16 Kalau mau flashback ke 2012 lalu, Mazda CX-5 2.0 keluar pertama sebetulnya dengan price tag yang tidak murah juga. Menyamai CR-V 2.4 Prestige yang keluar 4 bulan kemudian.

Tp entah kenapa taun 2013, CX-5 2.5 GT bisa keluar dengan harga kompetitif bahkan setara dengan CR-V 2.4 Prestige... Apa mungkin actual price nya nggak segitu ya :big_think: krn saya mikirnya juga gimana CX-5 dengan equipment bejibun begitu, 2.5liter, CBU Japan bisa harga kompetitif... Saya mikirnya ada subsidi silang atau MMI jual rugi :big_think: pernah denger jg MMI dan prinsipal Japan hubungannya g terlalu bagus...

sama seperti teka-teki knp dulu Subaru bisa jual kendaraan AWD dengan harga kompetitif, sekarang terjawab... ternyata ngemplang pajek.

Apalagi sejak keluarnya CX-3 dengan harga segini ini makin buat mikir... Gap harganya jauh sekali dengan HR-V Prestige apalagi Outlander Sport.

Klw Mazda2 itu masih make sense krn CBU Thai.

Batu makam dan Suzuki walaupun dengan mobilnya yang begitulah... setidaknya harganya paling waras menurut saya skrg.
Saya curiga juga dulu cx5 bisa kompetitif. M2 type r juga kompetitif buat jazz rs dan yasir trd. Sedangkan type gt setara ff ecoboost. Biante juga demikian. Mobil mazda tiap kelasnya emang paling mahal tapi ga pernah selisih jauh tapi ngasih fitur lebih banyak. Jangan jangan emang subsidi.

Well sekarang mahal banget berasa eurokars kayak importir umum aja fitur komplit dengan pricing yang begitulah....

Iya batu makan dengan xtrail dan serena jadi terlihat masuk akal banget harganya. Dan sijuki belom ngeluarin vitara brezza nya loh. Dan animo masyarakat terlihat bagus pas di giias 2016 suzuki nampilin vitara brezza.

Kalo sampe vitara brezza launching dengan harga khas suzuki kayaknya mazda bakal ngeluarin cx3 dengan type terendah lagi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by ChZ »


Rickz wrote: Bisa jadi gan.Terlalu maksain pricing nempel CRV dan ujung"nya biaya operasional ga nutup dan memutuskan ganti kepemilikan agen. Bukan Eurokars yang kasih harga kemahalan, memang itu hrg wajar yang harus dijual cmn karena sudah terbiasa liat harga CX 5 yang dipegang MMI, jadi berasa overprice.
Kenapa y cx 3 tidak diimpor dr Thai saja ? apakah demand disana masih tinggi dan belom siap utk export ?

Batu makam sangat value for money dengan feature lengkap dan harga miring, ASS juga not bad krn ane make juga. Cuman kl sudah masuk 5 tahun mulai banyak jajan :big_dunno:

Chevy mnurut bro Chrz gimana ?

dimassn25 wrote:
Saya curiga juga dulu cx5 bisa kompetitif. M2 type r juga kompetitif buat jazz rs dan yasir trd. Sedangkan type gt setara ff ecoboost. Biante juga demikian. Mobil mazda tiap kelasnya emang paling mahal tapi ga pernah selisih jauh tapi ngasih fitur lebih banyak. Jangan jangan emang subsidi.

Well sekarang mahal banget berasa eurokars kayak importir umum aja fitur komplit dengan pricing yang begitulah....

Iya batu makan dengan xtrail dan serena jadi terlihat masuk akal banget harganya. Dan sijuki belom ngeluarin vitara brezza nya loh. Dan animo masyarakat terlihat bagus pas di giias 2016 suzuki nampilin vitara brezza.

Kalo sampe vitara brezza launching dengan harga khas suzuki kayaknya mazda bakal ngeluarin cx3 dengan type terendah lagi.
Saya punya pikiran jelek gini...

Inget VX-1?

Dugaan sy MMI ini subsidi silang bwat nurunin harga CX-5 dengan VX-1, VX-1 kan CKD jd ambil untung bisa gede, cuma modal rebadging lagi. Eh gatot juga itu proyek VX-1... Alhasil si Mzd Japan ngamuk. MMI nanggung kerugian besar.

Krn timing nya pas banget... VX-1 keluar tahun 2013 juga, VX-1 discontinued waktu MMI di isukan "kabur".

Cuma yah sebatas pikiran jelek aja... Krn anything can happen in business...

CX-3 mungkin sama kayak M2 dulu keluar awal versi japan bru setelah rentang waktu tertentu cbu thai... Ya semoga aja begitu.

Chevy bagus... Sayang mereka hrs invest more di kualitas after sales nya...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by iwing »

harga mahal mungkin karena eurokars terbiasa sebagai IU kali makanya harganya begini. eurokars blm terbiasa sebagai atpm hehehehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by ChZ »

iwing wrote:harga mahal mungkin karena eurokars terbiasa sebagai IU kali makanya harganya begini. eurokars blm terbiasa sebagai atpm hehehehe
Eurokars itu dealership, bukan IU bukan ATPM. Jaringan dealershipnya banyak, dan mereka sdh pegang mzd dari lama sblm dilepas MMI.

Mrk pegang Mzd, BMW, Porsche...

Yg IU itu garansindo...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: RE: Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 7:51
Rickz wrote: Bisa jadi gan.Terlalu maksain pricing nempel CRV dan ujung"nya biaya operasional ga nutup dan memutuskan ganti kepemilikan agen. Bukan Eurokars yang kasih harga kemahalan, memang itu hrg wajar yang harus dijual cmn karena sudah terbiasa liat harga CX 5 yang dipegang MMI, jadi berasa overprice.
Kenapa y cx 3 tidak diimpor dr Thai saja ? apakah demand disana masih tinggi dan belom siap utk export ?

Batu makam sangat value for money dengan feature lengkap dan harga miring, ASS juga not bad krn ane make juga. Cuman kl sudah masuk 5 tahun mulai banyak jajan :big_dunno:

Chevy mnurut bro Chrz gimana ?

dimassn25 wrote:
Saya curiga juga dulu cx5 bisa kompetitif. M2 type r juga kompetitif buat jazz rs dan yasir trd. Sedangkan type gt setara ff ecoboost. Biante juga demikian. Mobil mazda tiap kelasnya emang paling mahal tapi ga pernah selisih jauh tapi ngasih fitur lebih banyak. Jangan jangan emang subsidi.

Well sekarang mahal banget berasa eurokars kayak importir umum aja fitur komplit dengan pricing yang begitulah....

Iya batu makan dengan xtrail dan serena jadi terlihat masuk akal banget harganya. Dan sijuki belom ngeluarin vitara brezza nya loh. Dan animo masyarakat terlihat bagus pas di giias 2016 suzuki nampilin vitara brezza.

Kalo sampe vitara brezza launching dengan harga khas suzuki kayaknya mazda bakal ngeluarin cx3 dengan type terendah lagi.
Saya punya pikiran jelek gini...

Inget VX-1?

Dugaan sy MMI ini subsidi silang bwat nurunin harga CX-5 dengan VX-1, VX-1 kan CKD jd ambil untung bisa gede, cuma modal rebadging lagi. Eh gatot juga itu proyek VX-1... Alhasil si Mzd Japan ngamuk. MMI nanggung kerugian besar.

Krn timing nya pas banget... VX-1 keluar tahun 2013 juga, VX-1 discontinued waktu MMI di isukan "kabur".

Cuma yah sebatas pikiran jelek aja... Krn anything can happen in business...

CX-3 mungkin sama kayak M2 dulu keluar awal versi japan bru setelah rentang waktu tertentu cbu thai... Ya semoga aja begitu.

Chevy bagus... Sayang mereka hrs invest more di kualitas after sales nya...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Bisa jadi seperti itu dan akhirnya MMI nanggung kerugiannya. Andai VX-1 di rubah bentuk mukanya ngikutin kodo design seperti mazda lainnya, mgkn bisa lebih baik jualannya drpd skedar rebagde. Jika Mazda buka pabrik disini sepertinya akan sangat menarik ketika mereka mendesign LMPV untuk pasar asean dan penasaran seperti apa bentuknya :big_biglaugh:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: RE: Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by mobilover »

Rickz wrote: Tue Apr 04, 2017 8:00
ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 7:51
Rickz wrote: Bisa jadi gan.Terlalu maksain pricing nempel CRV dan ujung"nya biaya operasional ga nutup dan memutuskan ganti kepemilikan agen. Bukan Eurokars yang kasih harga kemahalan, memang itu hrg wajar yang harus dijual cmn karena sudah terbiasa liat harga CX 5 yang dipegang MMI, jadi berasa overprice.
Kenapa y cx 3 tidak diimpor dr Thai saja ? apakah demand disana masih tinggi dan belom siap utk export ?

Batu makam sangat value for money dengan feature lengkap dan harga miring, ASS juga not bad krn ane make juga. Cuman kl sudah masuk 5 tahun mulai banyak jajan :big_dunno:

Chevy mnurut bro Chrz gimana ?

dimassn25 wrote:
Saya curiga juga dulu cx5 bisa kompetitif. M2 type r juga kompetitif buat jazz rs dan yasir trd. Sedangkan type gt setara ff ecoboost. Biante juga demikian. Mobil mazda tiap kelasnya emang paling mahal tapi ga pernah selisih jauh tapi ngasih fitur lebih banyak. Jangan jangan emang subsidi.

Well sekarang mahal banget berasa eurokars kayak importir umum aja fitur komplit dengan pricing yang begitulah....

Iya batu makan dengan xtrail dan serena jadi terlihat masuk akal banget harganya. Dan sijuki belom ngeluarin vitara brezza nya loh. Dan animo masyarakat terlihat bagus pas di giias 2016 suzuki nampilin vitara brezza.

Kalo sampe vitara brezza launching dengan harga khas suzuki kayaknya mazda bakal ngeluarin cx3 dengan type terendah lagi.
Saya punya pikiran jelek gini...

Inget VX-1?

Dugaan sy MMI ini subsidi silang bwat nurunin harga CX-5 dengan VX-1, VX-1 kan CKD jd ambil untung bisa gede, cuma modal rebadging lagi. Eh gatot juga itu proyek VX-1... Alhasil si Mzd Japan ngamuk. MMI nanggung kerugian besar.

Krn timing nya pas banget... VX-1 keluar tahun 2013 juga, VX-1 discontinued waktu MMI di isukan "kabur".

Cuma yah sebatas pikiran jelek aja... Krn anything can happen in business...

CX-3 mungkin sama kayak M2 dulu keluar awal versi japan bru setelah rentang waktu tertentu cbu thai... Ya semoga aja begitu.

Chevy bagus... Sayang mereka hrs invest more di kualitas after sales nya...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Bisa jadi seperti itu dan akhirnya MMI nanggung kerugiannya. Andai VX-1 di rubah bentuk mukanya ngikutin kodo design seperti mazda lainnya, mgkn bisa lebih baik jualannya drpd skedar rebagde. Jika Mazda buka pabrik disini sepertinya akan sangat menarik ketika mereka mendesign LMPV untuk pasar asean dan penasaran seperti apa bentuknya :big_biglaugh:
Mazda ga bakal buka pabrik di sini. Wong principalnya udah lepas penjualan ke Eurokars. Kalau MMI masih exist dan penjualan Mazda stabil di 10 ribu unit per tahun, saya rasa sih buka pabrik itu masuk akal. Investasi pabrik di Indonesia itu ga kecil loh. Yg kuat modal yah big player seperti T,H,S,M. Player baru seperti Wu ling pun meragukan bisa tahan lama ato gak.

Anyway, reminder aja pricing Eurokars yg bikin gempar itu CX 3 aja. Mazda 2, Biante, CX 5 semua masih setara harganya dengan rival sekelasnya. Kecuali Top trim Mazda 2 GT yg fiturnya lengkap banget (leather seat, line departure warning, 6 airbag,dll) tapi harganya tembus 300 jt.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Pboyz97 »

lawyerone wrote: Mon Apr 03, 2017 15:35
Menurut saya sih feelnya ga akan mirip-mirip amat sama Mazda2 sih. Pasti beda, secara kelas aja udah beda. Yang satu hatchback, yang satu lagi CUV (atau hatchback dipanjangin? entah). Coba aja bandingin HRV sama Jazz, itu juga 1 platform. Driving feelsnya jauh beda. IMHO.

Lebih baik dari kompetitor? Ga yakin sih.

Jujur aja marketing reviewer mobil itu lumayan jago dan agak bias. Kalo sebenernya mau objektif, in terms of handling, Mazda2 sama GK5 itu entah mengapa berasa lebih mantep GK5. Steering dan handling di Mazda2 itu terkadang berasa kurang precise. Yang bikin Mazda2 lumayan menang menurut saya lebih karena 6AT, karena GK5 CVT nya entah mengapa kurang responsif buat digenjot copot genjot copot (meski kalo sebenernya katanya power dan waktu akselerasi ga beda jauh).

Body roll minim? Ini mesti hati-hati sih. Jujur menurut saya Mazda2 itu meski suspensi keras tapi body roll lumayan berasa. Untuk mobil yang seceper dan suspensinya sekeras ini semestinya body roll lebih sedikit. Atau nggak? Mohon dikoreksi kalau saya salah. Tapi untungnya mobilnya ga limbung.



Hahaha, sama. Menurut saya CX3 memang way too overpriced. Saya kayaknya kalo disuruh milih akan ambil HRV Prestige sih, apalagi kalo bayangin interiornya persis sama kayak Mazda2. Mau seperti apapun, pelastik tipis akan tetap menjadi pelastik tipis. Fitur cuman gimmick, dan interior mazda meski rapi tetep aja punya batasan. Hasil hard plastics dan ujung-ujungnya tetap ga akan ngalahin mobil yang interiorya penuh dengan soft padding. Kecuali soft pad nya berantakan ya hehehe.

Jujur aja menurut saya kalo Eurokars mau coba naroh Mazda di entry level premium car jepang kayaknya agak susah sih. Orang yang beli mobil kan pasti mikir juga, dengan fitur sekian dan harga sekian apakah worth atau ngga. Misalnya saya, pas dapet Mazda2 GT harga 240++ setelah diskon yah jelas saya ambil, secara fitur oke dan kompetitor di harga yang sama ga selengkap itu (walau saya lumayan kemakan review sih :')). Padahal awalnya ada niat mau ambil Golf Mk7. Memang pasti ada plus minusnya kan.

Asumsi nih, si Eurokars mau taroh harga setara mobil yang 1 tingkat di atasnya, yah menurut saya orang akan lebih pilih ambil mobil yang 1 tingkat di atasnya. Apalagi ini orang Indo. Saya setuju banget sama pendapat om kalo ini masih market yang price sensitive. Mungkin oke dia mau cari niche market, tapi kalo misalnya kita main di harga 400++ itu udah brand oriented menurut saya. Jadi agak susah juga sebenernya kalo mereka mau play premium.


Yah kita lihat aja sih kedepannya mereka gimana. Tapi menurut saya yah harga naik dikit pasti memang ada alasannya. Menurut saya lebih karena si MMI ga nutup pas harganya bersaing, jadi naik dikit biar at least bisa survive. Tapi kalo main harganya naik jauh, saya rasa akan makin susah sih untuk survive.


CMIIW.
Sama oom, saya kalo ngincer CUV di budget 400an juga bakal milih HRV Prestige, walaupun sebenernya hati pengennya ke CX3, tapi lihat harganya, mending mundur teratur deh, soalnya 450jt itu kemahalan buat M2 yg dipopokin menurut saya. Iya sih, eurokars mungkin mau masukkin mazda ke entry level premium car menurut saya . dilihat dari strategi pricingnya, tapi agak susah sih, kalo mau premium mending ambil BMW / Mercy sih sekalian kalo saya, karena buat sebagian besar orang itu, mazda valuenya sama dengan brand jepang lain di Indonesia kaya T&H, cuma dengan kualitas yang lebih oke aja.

Setuju oom, kalo asumsi om eurokars berniat buat ngasih pricing mazda ini 1 tingkat diatas kompetitornya sih agak berat, apalagi buat CUV model gini, yaa kalau begitu orang mending ambil mobil yang kelasnya lebih tinggi di range harga yang mirip. Btw, ok lah kalo eurokars mau coba peruntungan dengan masukkin mazda ini ke "niche" market, tapi sebaiknya dilihat dulu jenis mobil & kelasnya apa, kalau mobilnya ada di kelas dengan range 500jt kebawah itu sih masih "brand-oriented" seperti yg om sebutkan diatas, jadi berat kalo mau bikin mobil CUV kaya begini buat play premium meskipun versi Indonya full-spek alias tanpa sunatan sama sekali.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Pboyz97 »

puteraadrian wrote: Mon Apr 03, 2017 16:04 Nice review om, kalau bener mazda naro harganya seperti ini, selamat... yakin bakal pada mundur teratur
Iyanih om, kalo naro harganya kemahalan gini ya bakal pada mundur teratur lah, apalagi akomodasi & kepraktisannya jadi poin kelemahan yang sangat fatal buat pasar Indonesia yang mementingkan akomodasi & kepraktisan sebagai pertimbangan utama dalam membeli mobil baru.
billyd1773dz wrote: Mon Apr 03, 2017 16:06 kya merk sodaranya yg masang harga g wajar d produk barunya... pdhl tu produk sangat bagus dan sangat d tunggu2.....



beberapa bulan kemudian kabur...


ya semoga tidak...






well.. nunggu hrv tembus 400 bru deh... itu pun yg touring yg bisa bersaing

klw fuel eu4 beneran ada dan skyactiv D 1.5 bisa dijual cbu thai mungkin baru bisa competitive pricenya...

:beer:
Ya semoga ga kaya F**d deh, yaa semoga deh om, ada CX3 1.5 & CBU Thai seperti M2, jadi bisa kompetitif harganya disini mod Bil.
iwidiyanto wrote: Mon Apr 03, 2017 16:08 at the end of the day....mereka ttp butuh gross margin dalam nilai mata uang..bukan dlm prosentase....kecuali semua expenses mrk bersifat variable....dan ini g mungkin...
Setuju om
nyotnyet wrote: Mon Apr 03, 2017 18:14 Mobil yang sangat saya tunggu2, dan seketika harapan musnah...karna tembus 450jt...
Kalo below 400 highest trim sih masih bisa diusahakan.
Kalo ngomongin gengsi sih, saya kalo liat orang naik cx5 kok biasa aja ya perasaan...hehehe...


Sent from my iPhone using Tapatalk
Iya nih om nyotnyet, bapak saya merupakan salah satu orangnya , udah nunggu2 sejak lama nih mobil & langsung mundur teratur liat harganya, 450jt buat CUV sih kemahalan banget menurut saya, mending naik kelas ke CX5 / T32 sekalian, yaa sama oom, kalo top trimnya 400-420 masih bisa ditoleransi. Wahh, sepemahaman nihh, saya sebagai user CX5 juga merasa biasa aja make tuh mobil, soalnya udah banyak banget di kota tempat saya tinggal :big_slap:
kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2017 19:46 No offence to everyone dan maaf kalo super oot,
Saya rada bingung kalo dibilang mazda ga mentingin penjualan perbulan dgn alesan mau jd brand premium, ngincer pasar niche, dll dll.
Kalo analisis bego saya ada brp masalah yg ga segampng itu bikin mazda langsung mau maen di segmen niche.


1. Profit. Kalo dibilang ga mentingin penjualan/bulan, ga masuk akal saya ya. Merk premium kaya bmw or merc aja pasti mikirin penjualan/bln kok.
okelah kalo kita ngmngnya rolls atau porsche yg profit/unit terjualnya bisa tinggi (maybe sampe brp ratus jt per unit) tp ini mazda. Apa bisa si eurokars untungnya ampe brp ratus jt/ unit? Saya rasa nggak.

2. Masalah ASS. Menurut saya ini masalah utama. Otomatis dgn jumlah populasi mazda yg "terlanjur" banyak, jumlah part yg harus ready ga bisa disamain dgn porsche atau rolls. Konsumen rolls atau porsche saya rasa ga masalah kalo ada problem n nunggu part sampe 1-2 bulan. Toh ga mungkin mobil mrk jd daily warrior kemana2. Pasti mrk punya mobil lain. Tp kalo mazda saya rasa saat ini cukup banyak yg jadiin mazda mobil wara-wiri kemana2 n bahkan mungkin cuma itu satu2nya mbl di garasi. Kalo bukan mazda diehard dan beli mazda sebatas karena baru tau produknya cukup baik tp harus nunggu part sampe brp bulan Ya lama2 jg kabur semua. Part mahal n inden trus=RV ancur2an. RV ancur2an= ga bakal laku di indo.
Selain part jg bengkel n showroom mazda uda banyak. otomatis makin banyak bengkel n showroom running cost jg besar (ga kaya bengkel rolls atau porsche yg ga masalah cuman ada di jakarta, surabaya atau kota besar lain, saya gatau pasti jg).
Disini complicatednya. Mereka terlanjur bukan merk premium yg konsumennya ga masalah cuma ada 1 bengkel doang dlm 1 kota, orng jg ga masalah kalo part indent lama.

3. Masalah mindset. Dari awal mazda memang bukan merk premium dan ga bermain di pasar niche. ga gampng untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat nilai mazda ya sebanding ama H dan T. Kalo mau ngubah brand jd merk premium, Butuh perjuangan bertahun2 atau mungkin sampe puluhan tahun untuk bisa ngubah itu. Bmw or merc ga dibangun jd merk premium dlm 1-2 dekade. Saya rasa H dan T bisa kalo mo bikin mbl on par dgn bmw or merc. Tp memang mereka gamau, karena dr awal ya H dan T bukan merk premium. Mindset masyarakat ya uda mikir mrk adalah mbl yg affordable. Makanya si T juga bikin lini premium sendiri yaitu lexus. Karena mau ngeluarin prosuk semewah apapun tetep judulnya T. Wong lexus aja juga tetep dibilang T versi mewah dikit doang kok ama mafia2 SM :mky_03:
Mazda skrng secara produk memang better dibanding H dan T (at least di indo) tp masalah brand value saya rasa masi sebanding, ga lebih premium drpd H or T.

4. Masalah produk. Saya ambil salah satu contoh aja. Sejak MMI masukin CX5 memang produknya jauh lebih baik drpd CRV. Dgn harga mirip2 n fitur menang jauh tetap lakuan crv. Kalo dgn alasan mau masuk pasar niche CX5 gen 2 jauh lebih mahal drpd CRV gen 5 ya bablas orng pd ambil CRV. Saya rasa gap CX5 gen 2 vs CRV gen 5 ga sejauh CX5 gen 1 vs crv gen 4 krn honda juga uda banyak berbenah.

Ya segitu dulu analisis awam saya. Kalo ada yg ga setuju or mau nambahkan ya monggo. No offence sekali lg, saya hanya awam yg penasaran doang mau dibawa kemana brand mazda ini. Mudah2an si ga mati suri kaya merk2 lain.
Untuk CX3 sendiri, saya yakin ni mbl adalah mbl yg bagus biar saya blm ngeliat langsung sendiri, tp saya penasaran bakal brp banyak populasinya di indo.
Analisa yg bagus om, overall saya setuju dengan analisis om diatas.
1. Sependapat om, tiap brand pasti punya target penjualan bulanan, soalnya kalo ga punya, gimana mereka nentuin langkah selanjutnya ya, kaya bangun dealer / pabrik baru, nambah produk baru dll. Kalo soal mazda sih, saya juga ragu oom, soalnya mazda kan dari dulu terkenal sebagai brand yang setingkat dengan T&H yaitu brand jepang mainstream, saya mencoba berpikir positif aja, mungkin eurokars masih belum terbiasa buat jualan mazda di Indonesia, soalnya selama ini mereka terkenal dengan merek2 premium seperti Porsche & Rolls Royce, mungkin lama2 bakal terbiasa kok menurut saya, hanya masalah adaptasi & pembiasaan saja, semoga penjualan mazda dibawah eurokars memuaskan deh, at least target penjualan bulanan yang mereka gembar - gemborkan dimedia yaitu sebesar 6000-7000 unit setahun bisa tercapai. Kalo untung ratusan juta / unit sih, saya rasa juga berat buat eurokars oom.
2. Sebagai pengguna CX5 2013 selama 3 tahun , saya setuju dengan pernyataan om diatas.
3. Nahh, ini dia kendala utamanya, mazda itu dikenal hanya sebagai brand jepang mainstream yg valuenya sama dengan T&H, cuma kualitas produk mereka better than 2 brand pemimpin pasar tersebut, itulah yg menjadi PR buat eurokars kedepannya buat ngasih pricing yg tepat & mengeluarkan produk yg sesuai dengan selera pasar Indonesia kedepannya.
4.Setuju om, dengan harga yang mirip aja, CX5 tetep gabisa fight lawan CRV , penyebabnya udah pasti kehalang di akomodasi & brand name dimana 2 poin tersebut sangat krusial buat pasar Indonesia. Yaa semoga ga terjadi deh, saya tetep berharap kalo eurokars bakal jual CX5 gen 2 dengan harga yang ga jauh beda dengan CRV gen 5, soalnya agak susah buat cari alasan buat beli CX5 kecuali orang itu merupakan mazda fanboy /driving , gimmick & techno enthusiast, soalnya kalo poin yg krusial buat pasar Indo yaitu Brand name dan akomodasi udah pasti bakal diembat sama CRV menurut saya.
DMS2812 wrote: Mon Apr 03, 2017 21:40 Ini mobil gantengnya gak bisa nyantai..
:big_love:
Iya nih om, CUV paling ganteng dikelasnya menurut saya :big_love:
gobale wrote: Tue Apr 04, 2017 0:31 ya mazda dan eurokars sekarang ga ubahnya IU...harga jadi makin mahal...ga ada subsidi mungkin
Yaa kurleb seperti itu lah oom, walaupun ga bisa dibilang IU murni jugaa si eurokars ini :big_slap:
ipat wrote: Tue Apr 04, 2017 0:34 Padahal sy mau cari mobil kecil,antara hrv,os,cx3,dan ketika cx3 udh keluar malah harganya kejauhan...
Iyanih om, takutnya ini merek bakal mati suri kek ford karena ditinggal oleh calon konsumen gara2 harganya kemahalan.
dimassn25 wrote: Tue Apr 04, 2017 0:36

Setuju nih. Mustahil dia ga mentingin penjualan. Kecuali emang pabrikan sekelas lambo atau ferarri yang beberapa produknya limited edition

Saya juga ngerasa mazda belum masuk ke kelas premium walaupun saya ngerasa ada usaha buat kesitu. Contohnya sales marketingnya menurut saya pengetahuan soal mobilnya lebih bagus dibandingin honda apalagi toyota. Mereka engga lebay dalam melebih lebihkan produk mereka. Pengalaman ini saya dapet di giias 2016 dengan ngobrol beberapa sales dari banyak brand.

Setuju cx5 nanti kalo jauh lebih mahal dari crv gabakal laku. Orang Indonesia itu suka paket lengkap, contohnya suka mobil bentuknya bagus, bandel, fun to drive, bisa muat banyak. Harusnya mazda mulai mikir biar bisa muat banyak itu. Karena se driving oriented seseorang ada kalanya banyak yang minta nebeng hahaha.
Iya nih om, saat harganya mirip aja susah laku, apalagi kalo jauh lebih mahal dari CRV :big_slap: , lebih tepatnya orang Indonesia suka dengan mobil yang bentuknya bagus, bandel , perawatan gampang , bisa minum BBM subsidi, Brand name & akomodasi, biar bisa nampung banyak barang didalem, kalo fun to drive kayanya bukan pertimbangan orang Indo deh, orang kebanyakan yg beli mobil kelas ini sukanya disopirin kok hahaha menurut pengamatan saya , dimana paket lengkap tersebut dimenangkan oleh CRV menurut saya. Kalimat terakhir yg saya bold itu pernah terjadi pada CX5 saya, dimana saat itu , CX5 saya pernah dinaiki oleh 5 orang full load (termasuk saya dan bapak saya) dengan saya sebagai pengemudinya hahaha, dimana para penumpang mobil CX5 saya tersebut merasa kalau bangku belakang CX5 pas2an & ga lega2 amat :big_slap:
Zaxis wrote: Tue Apr 04, 2017 1:27 Tinggal nungguin diskon 50 jt aja baru pas harga nya
Semoga dehh, kalau diskon 50jt bapak saya kemungkinan bakal SPK yang tipe GTnya
ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 6:16 Kalau mau flashback ke 2012 lalu, Mazda CX-5 2.0 keluar pertama sebetulnya dengan price tag yang tidak murah juga. Menyamai CR-V 2.4 Prestige yang keluar 4 bulan kemudian.

Tp entah kenapa taun 2013, CX-5 2.5 GT bisa keluar dengan harga kompetitif bahkan setara dengan CR-V 2.4 Prestige... Apa mungkin actual price nya nggak segitu ya :big_think: krn saya mikirnya juga gimana CX-5 dengan equipment bejibun begitu, 2.5liter, CBU Japan bisa harga kompetitif... Saya mikirnya ada subsidi silang atau MMI jual rugi :big_think: pernah denger jg MMI dan prinsipal Japan hubungannya g terlalu bagus...

sama seperti teka-teki knp dulu Subaru bisa jual kendaraan AWD dengan harga kompetitif, sekarang terjawab... ternyata ngemplang pajek.

Apalagi sejak keluarnya CX-3 dengan harga segini ini makin buat mikir... Gap harganya jauh sekali dengan HR-V Prestige apalagi Outlander Sport.

Klw Mazda2 itu masih make sense krn CBU Thai.

Batu makam dan Suzuki walaupun dengan mobilnya yang begitulah... setidaknya harganya paling waras menurut saya skrg.
Setuju mod, pas 2012 lalu itu seinget saya CX5 2.0 Touring launch dengan harga 410jt , dimana hampir sama dengan CRV RM Prestige pada saat itu, yaa pas 2013 tiba2 keluarlah CX5 2.5 GT (ga ada angin ga ada ujan) , dengan harga yang sangat mirip dengan CRV RM Prestige , saya juga heran kok bisa MMI sukses menset harga CX5 yang notabene CBU jepang & CC yang gedenya sama kaya CRV di range harga yg mirip dgn CRV yg CKD, apalagi CX5 GT dibekali dengan fitur , rasa fun to drive , konsumsi BBM & BQ yg jauh lebih baik daripada CRV, saat itu saya merasa CRV RM hanya menang lega & nama saja, tapi sayangnya penjualan CX5 2.5 GT tetap terkapar & ga bisa menyaingi CRV karena kalah di akomodasi & merek. Mungkin MMI dikasih subsidi kali ya ketika itu :big_think:

Yaa oom, kalo CX3 harga segitu sih jelas kemahalan lah, mending naik kelas ke med SUV / SUV ladder sekalian di range harga yg mirip menurut saya.

Kalo batu makan & sijuki sih harganya emang masih waras menurut saya saat ini, mobilnya pun bagus2 , tapi ASSnya yang begitulah, kan tau sendiri merek kalo dibawah Indomob nasibnya kaya gimana hahaha
Jedi wrote: Tue Apr 04, 2017 6:46 Ini orang2 eurokars masih kanget aja biasa megang mobil mahal.
Ntar juga adaptasi
Semoga deh oom
iwing wrote: Tue Apr 04, 2017 7:56 harga mahal mungkin karena eurokars terbiasa sebagai IU kali makanya harganya begini. eurokars blm terbiasa sebagai atpm hehehehe
Yaa ga bisa dibilang IU murni juga sih, lebih tepatnya sebagai ATPM brand premium eropa kay rolls royce & porsche
mobilover wrote: Tue Apr 04, 2017 8:15
Rickz wrote: Tue Apr 04, 2017 8:00
ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 7:51





Saya punya pikiran jelek gini...

Inget VX-1?

Dugaan sy MMI ini subsidi silang bwat nurunin harga CX-5 dengan VX-1, VX-1 kan CKD jd ambil untung bisa gede, cuma modal rebadging lagi. Eh gatot juga itu proyek VX-1... Alhasil si Mzd Japan ngamuk. MMI nanggung kerugian besar.

Krn timing nya pas banget... VX-1 keluar tahun 2013 juga, VX-1 discontinued waktu MMI di isukan "kabur".

Cuma yah sebatas pikiran jelek aja... Krn anything can happen in business...

CX-3 mungkin sama kayak M2 dulu keluar awal versi japan bru setelah rentang waktu tertentu cbu thai... Ya semoga aja begitu.

Chevy bagus... Sayang mereka hrs invest more di kualitas after sales nya...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Bisa jadi seperti itu dan akhirnya MMI nanggung kerugiannya. Andai VX-1 di rubah bentuk mukanya ngikutin kodo design seperti mazda lainnya, mgkn bisa lebih baik jualannya drpd skedar rebagde. Jika Mazda buka pabrik disini sepertinya akan sangat menarik ketika mereka mendesign LMPV untuk pasar asean dan penasaran seperti apa bentuknya :big_biglaugh:
Mazda ga bakal buka pabrik di sini. Wong principalnya udah lepas penjualan ke Eurokars. Kalau MMI masih exist dan penjualan Mazda stabil di 10 ribu unit per tahun, saya rasa sih buka pabrik itu masuk akal. Investasi pabrik di Indonesia itu ga kecil loh. Yg kuat modal yah big player seperti T,H,S,M. Player baru seperti Wu ling pun meragukan bisa tahan lama ato gak.

Anyway, reminder aja pricing Eurokars yg bikin gempar itu CX 3 aja. Mazda 2, Biante, CX 5 semua masih setara harganya dengan rival sekelasnya. Kecuali Top trim Mazda 2 GT yg fiturnya lengkap banget (leather seat, line departure warning, 6 airbag,dll) tapi harganya tembus 300 jt.
Setuju om, cuma CX3 aja yg bikin gempar harganya, at least untuk saat ini menurut saya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by adrevolution »

Mending loncat ke Mazda 3 sekalian dehh, kabarnya top trim gak sampe 460 jeteng :ngacir:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2017 19:46 No offence to everyone dan maaf kalo super oot,
Saya rada bingung kalo dibilang mazda ga mentingin penjualan perbulan dgn alesan mau jd brand premium, ngincer pasar niche, dll dll.
Kalo analisis bego saya ada brp masalah yg ga segampng itu bikin mazda langsung mau maen di segmen niche.


1. Profit. Kalo dibilang ga mentingin penjualan/bulan, ga masuk akal saya ya. Merk premium kaya bmw or merc aja pasti mikirin penjualan/bln kok.
okelah kalo kita ngmngnya rolls atau porsche yg profit/unit terjualnya bisa tinggi (maybe sampe brp ratus jt per unit) tp ini mazda. Apa bisa si eurokars untungnya ampe brp ratus jt/ unit? Saya rasa nggak.

2. Masalah ASS. Menurut saya ini masalah utama. Otomatis dgn jumlah populasi mazda yg "terlanjur" banyak, jumlah part yg harus ready ga bisa disamain dgn porsche atau rolls. Konsumen rolls atau porsche saya rasa ga masalah kalo ada problem n nunggu part sampe 1-2 bulan. Toh ga mungkin mobil mrk jd daily warrior kemana2. Pasti mrk punya mobil lain. Tp kalo mazda saya rasa saat ini cukup banyak yg jadiin mazda mobil wara-wiri kemana2 n bahkan mungkin cuma itu satu2nya mbl di garasi. Kalo bukan mazda diehard dan beli mazda sebatas karena baru tau produknya cukup baik tp harus nunggu part sampe brp bulan Ya lama2 jg kabur semua. Part mahal n inden trus=RV ancur2an. RV ancur2an= ga bakal laku di indo.
Selain part jg bengkel n showroom mazda uda banyak. otomatis makin banyak bengkel n showroom running cost jg besar (ga kaya bengkel rolls atau porsche yg ga masalah cuman ada di jakarta, surabaya atau kota besar lain, saya gatau pasti jg).
Disini complicatednya. Mereka terlanjur bukan merk premium yg konsumennya ga masalah cuma ada 1 bengkel doang dlm 1 kota, orng jg ga masalah kalo part indent lama.

3. Masalah mindset. Dari awal mazda memang bukan merk premium dan ga bermain di pasar niche. ga gampng untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat nilai mazda ya sebanding ama H dan T. Kalo mau ngubah brand jd merk premium, Butuh perjuangan bertahun2 atau mungkin sampe puluhan tahun untuk bisa ngubah itu. Bmw or merc ga dibangun jd merk premium dlm 1-2 dekade. Saya rasa H dan T bisa kalo mo bikin mbl on par dgn bmw or merc. Tp memang mereka gamau, karena dr awal ya H dan T bukan merk premium. Mindset masyarakat ya uda mikir mrk adalah mbl yg affordable. Makanya si T juga bikin lini premium sendiri yaitu lexus. Karena mau ngeluarin prosuk semewah apapun tetep judulnya T. Wong lexus aja juga tetep dibilang T versi mewah dikit doang kok ama mafia2 SM :mky_03:
Mazda skrng secara produk memang better dibanding H dan T (at least di indo) tp masalah brand value saya rasa masi sebanding, ga lebih premium drpd H or T.

4. Masalah produk. Saya ambil salah satu contoh aja. Sejak MMI masukin CX5 memang produknya jauh lebih baik drpd CRV. Dgn harga mirip2 n fitur menang jauh tetap lakuan crv. Kalo dgn alasan mau masuk pasar niche CX5 gen 2 jauh lebih mahal drpd CRV gen 5 ya bablas orng pd ambil CRV. Saya rasa gap CX5 gen 2 vs CRV gen 5 ga sejauh CX5 gen 1 vs crv gen 4 krn honda juga uda banyak berbenah.

Ya segitu dulu analisis awam saya. Kalo ada yg ga setuju or mau nambahkan ya monggo. No offence sekali lg, saya hanya awam yg penasaran doang mau dibawa kemana brand mazda ini. Mudah2an si ga mati suri kaya merk2 lain.
Untuk CX3 sendiri, saya yakin ni mbl adalah mbl yg bagus biar saya blm ngeliat langsung sendiri, tp saya penasaran bakal brp banyak populasinya di indo.
Baru nyadar ada posting begini... dan yup ane setuju 1000% dengan yang disampaikan oleh oom kendibocor...

Merek yang ga mikirin penjualan perbulan biasanya mobilnya bisa spot order dan customized sesuka yang beli... Istilahnya, nurut yang punya duit. Konsumen mobil dengan harga milyaran cenderung gak mau diatur dan mereka tau itu, makanya opsi personalized di brand premium seperti Rolls, Porsche, Lambo itu sangat ditekankan... Porsche sendiri merupakan brand yang terkenal dengan banyaknya opt di mobilnya.

Ciri produk niche lainnya adalah mereka punya penggemar fanatik... contohnya Jeep, MINI, Vespa, dan Harley-Davidson. Istilahnya : classics.

Mazda, personalized dan spot order? Nope. Penggemar fanatik, nope. Paling cuma seekor kuceng disini penggemarnya... :ngacir:

Mazda di luar negeri itu brand image nya kuat justru karena sports car nya (MX-5 dan Rotary lineups RX-7 dan RX-8)... Disini cuma penggemar mobil dan ababil yang main NFS yang tau MX-5 Miata itu mobil apa...

Mazda disini udah kalah start dari dulu, plus comeback nya di saat yang tidak tepat... Coba kita liat brand - brand Jepang lain ngerintisnya juga udah dari 90s... Toyota Honda Mitsubishi Nissan Suzuki... Dan masing - masing punya produk unggulan di early 2000s dan udah mapan sekarang.

Mazda di 90s dan early 2000s sih nasibnya terpuruk banget karena di bawah Indomobil... Comeback di 2006/2007... Yang lain terlanjur udah establish dengan produk masing - masing ini baru ngerintis... Toyota dengan Kijang dilanjut Avanza... Honda dengan Jazz dan CR-V... Mitsubishi yang walaupun passengernya terpuruk tapi setidaknya fleetnya bagus dan passenger car MItsu brand image nya udah kebentuk : born to run... Suzuki dengan compact cars seperti Swift SX4... Nissan dengan Grand Livina dan X-Trail...

Mazda 323? Orang lebih inget Ford Laser rasanya... Cronos/626... Cuma segelintir yang inget... orang yang hidup di zaman itu atau orang yang penggemar mobil... coba tanya generasi millenial sekarang yang bukan penggemar mobil tau ngga mobil namanya Cronos? Dijamin hah-hoh alias gak tau... Boro-boro nanya Cronos yang tua, coba tanya Mazda6 aja dijamin bingung semua mobil apa itu Mazda6...

Ngeclaim diri sebagai brand premium? Telat brooo... Bagus-bagus nasibnya nggak kayak Subaru.

Saya kira MMI maupun Eurokars pasti struggle juga mau positioning Mazda gimana.

Bukan konsumen Indonesia yang brand minded, tapi dimana - mana yang namanya branding dan marketing memang penting...

Bukan salah strategi pemasaran... Memang timingnya aja kurang pas...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by psiturism »

Kemaren jg lihat mobil ini di tumplekblek bareng om aratha... First impression emg ini mobil bagus.. Dilihat dari mana jg berasa bagusnya.. Cm sayang belom ada peredam kap mesin..

Masuk kedalem.. Mazda 2 banget hehe.. Walaupun joknya sudab jauh lebih empuk dan enak dibanding mazda" lainnya.. Tp akomodasi masih sama aja.. Saya tinggi 182 cm, kalo dari posisi nyetir saya, penumpang belakang pasti ga dapet legroom kalau tingginya setara dgn saya.. Fitur ya.. Yg terpasang sih menurut saya memang fitur yg sudah seharusnya ada di mobil 400jt+.. Unless tipe GT dpt i-Activsense.. Itupun harganya setara dgn koleos non pano yg fiturnya notabene sama anehnya dgn naikan yg tentu jauh enak koleos..

In the end.. Salesnya sendiri bilang.. Skrg masih ada cx5 nik 16 touring.. Dgn diskon yg lmyn besar, sales tsb sendiri mengakui lebih memilih cx5 drpd cx3.. Kelas ga bohong gan hehehe..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by dimassn25 »

psiturism wrote: Tue Apr 04, 2017 16:38 Kemaren jg lihat mobil ini di tumplekblek bareng om aratha... First impression emg ini mobil bagus.. Dilihat dari mana jg berasa bagusnya.. Cm sayang belom ada peredam kap mesin..

Masuk kedalem.. Mazda 2 banget hehe.. Walaupun joknya sudab jauh lebih empuk dan enak dibanding mazda" lainnya.. Tp akomodasi masih sama aja.. Saya tinggi 182 cm, kalo dari posisi nyetir saya, penumpang belakang pasti ga dapet legroom kalau tingginya setara dgn saya.. Fitur ya.. Yg terpasang sih menurut saya memang fitur yg sudah seharusnya ada di mobil 400jt+.. Unless tipe GT dpt i-Activsense.. Itupun harganya setara dgn koleos non pano yg fiturnya notabene sama anehnya dgn naikan yg tentu jauh enak koleos..

In the end.. Salesnya sendiri bilang.. Skrg masih ada cx5 nik 16 touring.. Dgn diskon yg lmyn besar, sales tsb sendiri mengakui lebih memilih cx5 drpd cx3.. Kelas ga bohong gan hehehe..
What? Luas kabin sama sama aja? Expect saya dengan mobil ini adalah se fun to drive cx3 tapi dengan luas kabin yang lebih baik. Kayaknya sih lebih baik tapi engga signifikan.

Dan ground clearencenya juga engga beda jauh sama m2. Berarti kelebihan cx3 dibandingin m2:
1. Mesin 2000cc
2. Tampilan "Gagah"(?) Dan lebih modern.
3. Sunroof (cx3GT)

Dengan selisih 90jtan dari m2 GT ke cx3 Touring selain mesin 2000cc dapet apalagi ya?

Semoga eurokars baca forum ini biar mendengarkan terus menyesuaikan apa yang di inginkan konsumen. Dan kayaknya butuh trim lebih rendah dari Touring
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by billyd1773dz »

hahhaa.. berharap banyak ke driving impressionnya utk outweigh priceny...



fyi power to weight rationya yg paling baik di antara suv sekelas,
150hp dgn peak torque dri 2800rpm, berat hanya 1.2T
rivalnya
HRV138hp peaktorque di 4000an 1.3T
OS 150hp peaktorque d 4000an jg 1.4T
Trax 140hp peaktorque di 1850 1.3T

torque to weight menang trax aja sie

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

dimassn25 wrote: Wed Apr 05, 2017 1:08
psiturism wrote: Tue Apr 04, 2017 16:38 Kemaren jg lihat mobil ini di tumplekblek bareng om aratha... First impression emg ini mobil bagus.. Dilihat dari mana jg berasa bagusnya.. Cm sayang belom ada peredam kap mesin..

Masuk kedalem.. Mazda 2 banget hehe.. Walaupun joknya sudab jauh lebih empuk dan enak dibanding mazda" lainnya.. Tp akomodasi masih sama aja.. Saya tinggi 182 cm, kalo dari posisi nyetir saya, penumpang belakang pasti ga dapet legroom kalau tingginya setara dgn saya.. Fitur ya.. Yg terpasang sih menurut saya memang fitur yg sudah seharusnya ada di mobil 400jt+.. Unless tipe GT dpt i-Activsense.. Itupun harganya setara dgn koleos non pano yg fiturnya notabene sama anehnya dgn naikan yg tentu jauh enak koleos..

In the end.. Salesnya sendiri bilang.. Skrg masih ada cx5 nik 16 touring.. Dgn diskon yg lmyn besar, sales tsb sendiri mengakui lebih memilih cx5 drpd cx3.. Kelas ga bohong gan hehehe..
What? Luas kabin sama sama aja? Expect saya dengan mobil ini adalah se fun to drive cx3 tapi dengan luas kabin yang lebih baik. Kayaknya sih lebih baik tapi engga signifikan.

Dan ground clearencenya juga engga beda jauh sama m2. Berarti kelebihan cx3 dibandingin m2:
1. Mesin 2000cc
2. Tampilan "Gagah"(?) Dan lebih modern.
3. Sunroof (cx3GT)

Dengan selisih 90jtan dari m2 GT ke cx3 Touring selain mesin 2000cc dapet apalagi ya?

Semoga eurokars baca forum ini biar mendengarkan terus menyesuaikan apa yang di inginkan konsumen. Dan kayaknya butuh trim lebih rendah dari Touring
Kl type yg dibawah touring (Sport), kopongan bgt gan. Layar head unit kalkulator, velg 16", No drl and projector headlamp, No foglamp, Fabric seat, No red leather, No keyless dan dijual 350-an masih kemahalan, nambah dikit dpt HRV 1.8 full feature. Paling masuk akal consider 1.5L, cmn di negara lain jg ga ada, cmn ada yg diesel
Touring sudah cukup sbnrnya, hmpir smua featurenya kepake utk daily car. Kl diskon mngkn lmayan bisa nempel HRV 1.8, sbnrnya HRV 1.8 juga ga wow amat featurenya, mrip sama yg touring cmn minus di sunroof saja
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Syauqi »

Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 13:01 Iya nih om, 450jt sih kemahalan buat sebuah Mazda 2 ditinggiin, mending ambil HRV Prestige / naik kelas sekalian ke T32 di budget segitu. Oh iya, trax emang value for moneynya bagus menurut saya, hemat 130jt dari CX3 udah dapet mobil 1.5L turbo, walaupun kelasnya agak beda hehehe, terus 130jtnya masih bisa beli Calya E Manual lagi menurut saya , jadi bisa dapet 2 mobil di budget 450jtan , yaitu trax & calya oom hehehe
Yup, betul itu. Mending beli t32/hrv prestige, atau nambah 30jt udah dpt koleos panoramic yg lebih gede & gak kalah ganteng. Padahal mazda 2 skyactiv menurt saya sih bagus & pricingnya mantap, buktinya dia lumayan laku juga ya walaupun penjualanya gak bisa dibandingkan sama yaris-jazz. Lah ini yg masih 1 platform kesannya kok jadi overprice. Tapi btw berani bener ya eurokars, 5 mobil langsung dimasukkin walaupun belum ada harganya. Mazda 6 estate bagus juga kayaknya, walaupun nanti bakalan 650anjt tapi sukses banget buat mata ngelirik, lumayan buat mobil caper
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

billyd1773dz wrote: Wed Apr 05, 2017 1:46 hahhaa.. berharap banyak ke driving impressionnya utk outweigh priceny...



fyi power to weight rationya yg paling baik di antara suv sekelas,
150hp dgn peak torque dri 2800rpm, berat hanya 1.2T
rivalnya
HRV138hp peaktorque di 4000an 1.3T
OS 150hp peaktorque d 4000an jg 1.4T
Trax 140hp peaktorque di 1850 1.3T

torque to weight menang trax aja sie

:beer:
Trax krn turbo jd didapet dr RPM rendah, enaq c gan dibawanya ga berasa bawa mobil turbo, linear ga kenceng" amat, tp ga lemot
HRV dan OS terhambat CVT
Penasaran juga drivingnya CX-3 seperti apa, hrznya bakalan enaq cz tenaga besar dan bobot yg lbh ringan ditambah transmisi yg sigap.
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by dimassn25 »

Rickz wrote: Wed Apr 05, 2017 2:48 Kl type yg dibawah touring (Sport), kopongan bgt gan. Layar head unit kalkulator, velg 16", No drl and projector headlamp, No foglamp, Fabric seat, No red leather, No keyless dan dijual 350-an masih kemahalan, nambah dikit dpt HRV 1.8 full feature. Paling masuk akal consider 1.5L, cmn di negara lain jg ga ada, cmn ada yg diesel
Touring sudah cukup sbnrnya, hmpir smua featurenya kepake utk daily car. Kl diskon mngkn lmayan bisa nempel HRV 1.8, sbnrnya HRV 1.8 juga ga wow amat featurenya, mrip sama yg touring cmn minus di sunroof saja
Mazda2 type R dan Type GT itu selisihnya 30juta loh. Fiturnya cx3 touring itu setara m2 gt. Mungkin dari 400 juta jadi 370 juta masih masuk kayaknya. Walaupun gimmick fitur jadi kalah telak sama hrv prestige.

Saya curiga selain fitur apa gara gara cbu jepang? Rebault koleos dan chevy trax yang cbu korea aja harganya bisa kompetitif.