Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by adityawei »

Halo mods, om2, tante2 sekalian, kali ini piyik mau membuat review seekor ertiga diesel.

Setelah beberapa lama ditunggu, akhirnya Suzuki meluncurkan ertiga diesel, LMPV kedua dengan mesin diesel yg diluncurkan di Indonesia ( setelah chevy spin yg sudah disuntik mati :ngacir: )

Latar Belakang

Beberapa hari yg lalu, piyiks di whatsapp oleh seorang sales sijuki untuk dtg undangan test drive, dan tentunya dengan jamuan makan malam, akhirnya karena memang hari itu sedang kosong, meluncurlah saya ke venue test drive di sebuah mall di kota Solo..

Ertiga diesel sebelumnya sudah meluncur di India, dan disambut baik disana. Di India, Ertiga diesel punya 2 varian yaitu ZDI dan ZDI+ dan hanya manual.
Suzuki Indonesia memasukkan Ertiga Diesel ke Indonesia diimport langsung dari India hanya untuk tipe ZDI ( the cipe trim ), dengan trasmisi manual tentunya..

Saya ga akan jelaskan panjang lebar ttg eksterior dan interiornya, karena memang mobil ini sudah berkeliaran cukup lama, serta banyak member disini yg sudah pelihara mobil ini..

Eksterior

Tidak perlu banyak dijelaskan, penampakan mobil ini SAMA PERSIS dengan versi bensinnya, kecuali ada emblem DDIS di samping kanan kiri ( menggantikan VVT ) serta emblem Hybrid dan ZDI di belakang.

Image
Emblem DDIS ( Diesel direct injection system )

Image
Emblem ZDI dan hybrid

Image
Ban pakai Goodyear Assurance ukuran 185/65 R15, ukuran sama persis ertiga bensin..

Image
Ada inner fender, bahkan LMPV sebelah yg harganya lebih mahal dicat aja nggak..

Image
Blok mesin diesel yg dipakai oleh suzuki ertiga diesel, cukup rapi dan kelihatan padat

Image
Pakai aki kapasitas 70Ah, untuk mendukung sistem ISG ( Integrated Starter Generator ) yang ke hybrid2an oleh suzuki

Sisanya tidak ada perbedaan dari eksterior..

Interior dan akomodasi
TIdak ada perbedaan juga di interior secara sekilas, hanya perbedaan pada motif jok, dan beberapa fitur tambahan

Image
Interiornya ( sorry miring )

Image
Komplit dengan steering switch, HU model in dash

Image
switch leveling lampu ( di bensin ga ada ), fog lamp, matiin auto start-stop engine, dan matiin sensor parkir

Image
Pengaturan ac lebih komplit dengan heater, defogger, dll ( ga ada di bensin )

Untuk build quality, cukup oke walaupun rasanya jok yg bensin lebih halus, fit and finish rasanya sedikit lebih kasar daripada versi CKD indonesia, walaupun masih lebih bagus daripada merk sebelah :ngacir: :ngacir:

Engine
Mesin yang dipakai adalah mesin dengan kode D13A kapasitas 1248cc yang diklaim punya tenaga 90HP @ 4000rpm dan torsi 200NM @1750rpm *katanya*( terbesar di kelasnya )
Blok mesin ini sebelumnya dipakai di chevy spin diesel yg terkenal sangat irit, tapi sekarang sudah dimodif oleh suzuki ditambah VGT dan ISG yang dipakai oleh SHVS ( Smart Hybrid Vehicle by Suzuki )
Mesin ini hanya direkomendasikan menggunakan DEXLITE atau PERTAMINA DEX, DILARANG KERAS SOLAR BUSUK, bisa menghilangkan garansi..

Sistem kerja dari SHVS ini adalah :
1. Saat mobil melakukan pengereman, ISG akan melakukan charging ke aki yang nantinya akan digunakan oleh motor listrik ketika mobil berjalan di putaran bawah, yang katanya akan membantu agar mobil terasa responsif di segala putaran dan lebih hemat BBM.
2. Auto start stop engine buat menghemat bahan bakar, tapi yg jadi masalah, ketika mesin mati kompresor AC juga mati, jadi AC akan lebih panas :mky_05:

Mesin ini diklaim oleh suzuki dapet 22.6km / liter, sampe dibikinin stiker gede banget di mobil test drivenya

Image

Tulisan Hybrid segede itu sebenernya agak kurang pas menurut oe, karena ini hybridnya bukan bener2 ada motor listrik gede yang bisa jalanin mesin tanpa harus ngidupin "main" enginenya, lebih cocok mild hybrid, tapi karena untuk marketing purpose ya terserah lahhh..

Driving Impression

Pertama kali distarter, kerasa getar dikiiiiit banget. Hampir ga berasa kalau ini adalah seekor mobil diesel, sangat jauh getaran dan berisiknya dari dalam kabin kalau dibandingkan dengan kucing tua saya :mky_01:
Oke, langsung tancep gas keluar dari parkiran, kopling rasanya sama persis kaya ertiga bensin, pas buat saya walaupun rasanya masih agak keras.
Gigi 1 agak, errrrr... lemot :big_slap: , torsi yang diklaim mulai nonjok di RPM 1750 ini hanya omong kosong di gigi 1, walaupun untuk rev lebih dari 3k masih cepet naiknya, efek dari turbo yg disematkan didalam mesin ini.
Masuk ke gigi 2, 3 dan seterusnya, torsi yang nonjok baru kerasa di RPM 2200an, disini baru kerasa banget karakter mesin dieselnya, jambakan torsi yang ga mungkin didapatkan di LMPV lain, sangaaatttt nikmat, andaikan mobil ini digandengkan dengan transmisi matic yang pintar, pasti jadi lebih enak lagi..
Suara mesin masuk ke dalam kabin ketika mencapai RPM 2500 ke atas, walaupun semasuk2nya suara mesinnya masih aja halus.. *remember my benchmark is a 14 years old isuzu panther NA enjin*
Peredaman kabin cukup baik, dari kolong juga baik untuk jalan aspal, tapi untuk jalan paving blok semua itu sirna. Suara kolong masuk ke dalam, ga enak sama sekali, ga tau kenapa bisa kaya gini, padahal bannya sudah cukup bagus..
Untuk handlingnya, sama persis dengan ertiga bensin, bukan yang paling fun to drive, tapi juga ga ajrut2an. Posisi ditengah2 diantara rival2nya, tapi yg jelas joknya paling enak karena tebel..

Untuk auto start-stop enginennya, mesin akan otomatis mati ketika kita dari posisi jalan, lalu berhenti, posisi gigi di Netral, kaki lepas dari kopling maka otomatis mesin akan mati dan indikator A warna hijau di cluster akan nyala
Image
Mesin akan kembali nyala ketika kita injak koplingnya, dan nyalanya juga sangat cepat dan halus, jadi tidak akan mengganggu respon ketika akan jalan dari lampu merah.
Contoh kasus dimana auto start-stop ini agak ... errrr.. bodoh :big_slap: yaitu ketika kita iseng injek kopling di lampu merah mesin akan nyala dan ga akan kembali mati setelah beberapa saat walaupun kita ga injak gas sedikit pun..

Cluster ertiga diesel memiliki ambient warna yang berbeda dibanding yg bensin yg warnanya orange, cluster ertiga diesel lebih enak dipandang ketika nyetir
Image
Gear indikator bulat, artinya kita berada di gigi yang tepat / optimal untuk efisiensi bahan bakar

Image
Indikator panah atas diikuti angka artinya kita suruh shift up ke gigi tersebut ( dalam hal ini dari gigi 2 ke 3 )

Image
Indikator panah bawah diikuti angka artinya kita suruh shift down ke gigi tersebut ( dalam hal ini dari gigi 4 ke 3 )

Image
Ketika berjalan dan kita melakukan pengereman, ISG akan melakukan charge ke aki untuk memutar motor listrik nantinya, ditandai dengan indikator SHVS warna hijau di cluster menyala..

Konsumsi BBM dalam kota bisa dilihat dari MID diatas, berada diatas 16KPL secara terus menerus, padahal waktu nubi bawa mobil ini selalu saya usahakan di RPM 3000an :big_blushing:

Kesimpulan
Ertiga diesel sama persis secara handling, akomodasi dan karakternya dengan ertiga bensin, tidak perlu dijelaskan lagi seperti apa.
Tapi mesin diesel disini merubah feel drivingnya menjadi jauh lebih menyenangkan karena torsinya yang melimpah.

Kelebihan :
1. Mesin diesel yang cukup baik di kelasnya
2. Satu2nya LMPV diesel yg masih dipasarkan saat ini
3. Torsi gedeee
4. Harga murah ( 211jt after disc )
5. Kelengkapan fitur lebih baik daripada ertiga versi bensinnya.

Kekurangan :
1. MT ONLEEHHHH
2. Build quality lebih buruk dibanding ertiga bensin CKD.
3. No more solbus :big_cry:

Sekian review dari nubi.. jika ada kekurangan, nubi mohon maap :off_good:
Last edited by adityawei on Sat Mar 18, 2017 12:16, edited 1 time in total.
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by ginting »

Pertamax..,semoga gak dicekoki solar busuk...dan ketika mleduk user nyalahi pabrikan..

Sent from my K012 using Tapatalk

User avatar
udangrebus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 06, 2015 15:18

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by udangrebus »

wah bannya udah ganti goodyear ya :big_love: perasaan kemarin masih ban merk india awal2 :mky_04:
suka pemilihan warna clusternya :big_exellent:
wah sekarang udah boleh dexlite ya kemarin awal2 bilang cuma bisa dex kabar bagus untuk daerah yang susah dex :big_exellent:
itu SHVS g yakin bakal kepakai di kota besar yg sekali macet >5 menit :big_bored: bisa mateng didalem mobil :big_slap:
overall cukup salut sama suzuki yg berani masukin dieselnya kesini :big_exellent: semoga lmpv lain juga jadi ikut2an masukin versi diesel kesini :big_childish:
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by memphisraines »

ingin beli.. nabung dulu..

Sent from my MI MAX using Tapatalk

whatever your flag..we share the same road..
omwin
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Feb 19, 2016 19:34
Daily Vehicle: Cx5

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by omwin »

Nunggu versi matic-nya... Strategi marketing ga sekalian ngeluarin versi matic..?
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by adityawei »

ginting wrote:Pertamax..,semoga gak dicekoki solar busuk...dan ketika mleduk user nyalahi pabrikan..

Sent from my K012 using Tapatalk
Iya om.. Sudah diedukasi sebenernya. Tp di solo ketersediaan dexlite masih ga ada.. Adanya cuma pertamina dex yg harganya cukup tinggi [emoji55]
udangrebus wrote:wah bannya udah ganti goodyear ya :big_love: perasaan kemarin masih ban merk india awal2 :mky_04:
suka pemilihan warna clusternya :big_exellent:
wah sekarang udah boleh dexlite ya kemarin awal2 bilang cuma bisa dex kabar bagus untuk daerah yang susah dex :big_exellent:
itu SHVS g yakin bakal kepakai di kota besar yg sekali macet >5 menit :big_bored: bisa mateng didalem mobil :big_slap:
overall cukup salut sama suzuki yg berani masukin dieselnya kesini :big_exellent: semoga lmpv lain juga jadi ikut2an masukin versi diesel kesini :big_childish:
Iya om, kmrn sih goodyear..
Kalau kata salesnya sih minimal dexlite om.. Lebih langka dexlite drpd pertamina dex kayanya kalau di daerah..
memphisraines wrote:ingin beli.. nabung dulu..

Sent from my MI MAX using Tapatalk
Monggo om [emoji23]

Sent from my LG-H990 using Seraya Motor mobile app

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by halooo »

Semoga suzuki masukin mobil diesel lainnya dan ertiga diesel segera ada maticnya
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by coklatMetalik »

Ketika denger mobil ini pake aki gede buat sistem hybridnya, sy langsung mengira akinya >100 Ah. Ehh ternyata "cuma" 70Ah, gk gede2 amat ini sih, sama kyk Kijang 7K-E...

Auto start stopnya ternyata ngikut pedal kopling ya. Ini mungkin gk akan berfungsi utk bbrp orang. Krn ada bbrp orang (saya kadang2) yg ketika lampu merahnya gk terlalu lama, mobil berhenti tp masuk gear 1 sambil kopling & rem diinjak....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
supersae
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sun Oct 16, 2016 12:53

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by supersae »

211jt after diskon bisa kurang lagi gak ya kira2 ? ini vin 2016 ya?
itu lokasinya keknya di HM solobaru..
KacupingAlus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Thu Mar 16, 2017 17:25
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suv

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by KacupingAlus »

omwin wrote: Sat Mar 18, 2017 12:59 Nunggu versi matic-nya... Strategi marketing ga sekalian ngeluarin versi matic..?
Saya bantu jawab waktu itu sempat liat wawancara salah satu petinggi suzuki indo. Dia cuma bilang liat pasar nya dulu. Klo respon bagus mereka akan keluarin versi AT nya sekarang sudah tahap study malahan. Kembali lagi liat respon pasar
" Life is like riding a bicycle, to keep ur balance, you must keep moving" :ngacir: Honda HRV 1.5 s cvt
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by adityawei »

halooo wrote:Semoga suzuki masukin mobil diesel lainnya dan ertiga diesel segera ada maticnya
Semoga aja om.. Harapan saya sih vitara diesel [emoji23]
coklatMetalik wrote:Ketika denger mobil ini pake aki gede buat sistem hybridnya, sy langsung mengira akinya >100 Ah. Ehh ternyata "cuma" 70Ah, gk gede2 amat ini sih, sama kyk Kijang 7K-E...

Auto start stopnya ternyata ngikut pedal kopling ya. Ini mungkin gk akan berfungsi utk bbrp orang. Krn ada bbrp orang (saya kadang2) yg ketika lampu merahnya gk terlalu lama, mobil berhenti tp masuk gear 1 sambil kopling & rem diinjak....
Sama kaya aki panther jg om.. 75Ah malahan panther saya..
Kalau saya sih model netralin kalau waktunya panjang..
supersae wrote:211jt after diskon bisa kurang lagi gak ya kira2 ? ini vin 2016 ya?
itu lokasinya keknya di HM solobaru..
Udah mentok om.. Dari 224.900 diskon 11 katanya aslinya,.selama event ini diskon jadi 13..
Iya om di HM soba, test drive dpt voucher makan di lubos [emoji23]
KacupingAlus wrote:
omwin wrote: Sat Mar 18, 2017 12:59 Nunggu versi matic-nya... Strategi marketing ga sekalian ngeluarin versi matic..?
Saya bantu jawab waktu itu sempat liat wawancara salah satu petinggi suzuki indo. Dia cuma bilang liat pasar nya dulu. Klo respon bagus mereka akan keluarin versi AT nya sekarang sudah tahap study malahan. Kembali lagi liat respon pasar
Bener om, katanya sih tunggu respon pasar, dan yg jelas jadi CKD.. Tapi mendingan ckd sih drpd cbu india

Sent from my LG-H990 using Seraya Motor mobile app

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by evolution21 »

menarik, coba kalo desain extreiornya di gantengin dikit
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by Pboyz97 »

Nice review om
Ertiga diesel ini memang salah satu LMPV diesel yg value for money di Indonesia + menjadi pembuka kebangkitan LMPV diesel di Indonesia sepeninggal spin, moga2 aja segera ada versi maticnya


Sent from my iPhone using Tapatalk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kenzi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Mar 18, 2017 7:44
Location: lampung
Daily Vehicle: mobilo

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by kenzi »

Belum bisa terima eksteriornya ertiga.kurang enak dipandang
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5689
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Coba ada metiknya, pasti banyak yang beli. Kalo skrg berharap buat taxi online aja.

Naksir banget sama clusternya, cantik sekaleee..
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by michaelgiri93 »

Nice review om wei
:mky_04:
Td ng ndi coy?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by ngalih »

200an jt dpt diesel torsi ok, irit pula. Top markotop wis.... patut ditunggu matiknya
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by Wistuwis »

KacupingAlus wrote: Sat Mar 18, 2017 13:44
Saya bantu jawab waktu itu sempat liat wawancara salah satu petinggi suzuki indo. Dia cuma bilang liat pasar nya dulu. Klo respon bagus mereka akan keluarin versi AT nya sekarang sudah tahap study malahan. Kembali lagi liat respon pasar
Begitu maticnya keluar, demandnya sudah keburu beli matic merk lain. Xixixi...
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by adityawei »

evolution21 wrote:menarik, coba kalo desain extreiornya di gantengin dikit
Kayanya ga mgkn deh [emoji23]
Pboyz97 wrote:Nice review om
Ertiga diesel ini memang salah satu LMPV diesel yg value for money di Indonesia + menjadi pembuka kebangkitan LMPV diesel di Indonesia sepeninggal spin, moga2 aja segera ada versi maticnya


Sent from my iPhone using Tapatalk
Iya om.. Satu2nya pejuang diesel LMPV saat ini..
Semoga aja taun ini masuk..
kenzi wrote:Belum bisa terima eksteriornya ertiga.kurang enak dipandang
Ya bukan selera semua orang sih om..
sintoni wrote:Nais ripiu om.

Coba ada metiknya, pasti banyak yang beli. Kalo skrg berharap buat taxi online aja.

Naksir banget sama clusternya, cantik sekaleee..
Makasih om..
Buat taxi online kayanya running cost agak ketinggian kalau minumnya pertamina dex..
michaelgiri93 wrote:Nice review om wei
:mky_04:
Td ng ndi coy?
Neng HM omm.. Koe neng jogja to ndek kamis ?
ngalih wrote:200an jt dpt diesel torsi ok, irit pula. Top markotop wis.... patut ditunggu matiknya
Iya om.. Tapi abis ini naik harganya [emoji55]

Sent from my LG-H990 using Seraya Motor mobile app

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by silentIm2 »

Oya biasanya diesel sekarang ga bisa minum oli diesel konventional 15w 40, biasanya sekarang harus full syntetic 5w 30. Ertiga gimana?

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by michaelgiri93 »

adityawei wrote: Sat Mar 18, 2017 16:22
Neng HM omm.. Koe neng jogja to ndek kamis ?
Owalahh
Wah ora iq
Emailku drung d bales kro dosenku :big_sorry:
Btw
Turbo ertigane kui keroso lag e ra?
Opo lagi keroso boost e pas rpm 2200++?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by ybyb »

kata om suara roda jln di aspal ok tp di pafling blok berisik...kalo di aspal kriting gmana om?
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by halooo »

supersae wrote: Sat Mar 18, 2017 13:23 211jt after diskon bisa kurang lagi gak ya kira2 ? ini vin 2016 ya?
itu lokasinya keknya di HM solobaru..
Inget minggu lalu pameran di solo salesnya sy bilang bagus ini sdh pake turbo, dia bilang belum pake turbo wahhh..... gimana nich knowledge productnya..... harusnya turbo bisa jd salah satu selling point utk ertiga diesel ini...
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by Mastermax »

naiz repiew om..
Kalau suara dikolong terdengar berisik mah tinggal nambah peredam saja..dan ini stok 2016, berarti tinggal ngabisin stok/nunggu respon pasar....
Patut ditunggu matic nya sama ckd Indo. Mudah2 ga ada jedug dan siul putu... [emo-yesno]
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T

Post by Woompy »

silentIm2 wrote: Sat Mar 18, 2017 16:57 Oya biasanya diesel sekarang ga bisa minum oli diesel konventional 15w 40, biasanya sekarang harus full syntetic 5w 30. Ertiga gimana?

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Baca di salah satu web sih 5w30
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20