Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by adri31 »

tambahan om,
Tenaga dan torsi mesin menigkat dari versi sebelumnya, jadi pemasangan 2 VVTi ini terlihat ada fungsinya :off_good_job: :frm_tumbleft: Berarti kedewasaan pengemudi wajib meningkat, di yg lama saja bisa mencapai 140 km/jam, tidak tahu di mesin baru. Serem juga lmpv limbung plat tipis jalan segitu,
Di versi 1.5, torsi tertinggi didapat di rpm yg lebih rendah (200 rpm lebih rendah). Tapi tenaganya sama saja :big_think:
power steeringnya enteng banget. Jalan udah 80 km/jam tetep kerasa enteng, jadi agak bahaya :e-snooty:
Untuk peredam, buat saya masih kurang, karena suara motor di sebelah masih kedengeran, walaupun ini aman (soalnya tahu ada kendaraan di sebelah)
Untuk sound system, sedikittt ada perbaikan. Di tipe G sudah ada bluetooth, walaupun kualitas suaranya masih beututh :off_no: Kapan ya toyota bikin sound standar yg agak bagus? Bahkan di kelas innova aja masih begitu aja soundnya. Gak tahu kalau fortuner, belum pernah coba, tapi sepertinya gak bakal jauh berbeda
Grill yang kayak mulut dibuka lebar dengan celah besar (kayak gini :big_biglaugh: ) di mana kerikil bahan aspal bisa masuk dan menyenggol radiator , jadi kalau bisa dipasang kisi2 tambahan di dalamnya

Sekalian mau tanya, kalau dibandingin versi 1 VVTi, konsumsi bensin apakah lebih irit atau sama saja?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

adrevolution wrote: Fri Mar 03, 2017 11:42 Keknya ini mobil hampir semua konsumennya taksi onlen dah... uber or grab or go-car... saya selalu dapetnya GN avanza e m/t :mky_01:
Tapi naikannya semenjak facelift bener jadi lebih nyaman bahkan dibanding avanza G atau veloz sekalipun yg sama2 pre-FL gen 2... lebih proper joknya sama bantingannya
Tapi tampangnya beuh... jauh mending yg lama kalo kata saya. Aneh buanget avanza skrg
Iya om, mobil ini emang kebanyakan dibeli buat dijadiin taksi online, setuju om , yang versi FL ini jadi lebih nyaman daripada gen sebelumnya, suspensi & joknya sudah diimprove dari sebelumnya, oh iya saya juga udah pernah naik GNA E ini seharian sebagai penumpang row 1 & impresinya jauh lebih baik daripada gen sebelumnya dimana kalo di GNA ini saya nyaman2 aja duduknya , mirip2 naik ertiga ,beda sama gen sebelumnya yang ajrut2an dimana bikin saya mabok darat kalo perjalanan jauh , apalagi gaya nyetir supirnya agresif hahaha
adri31 wrote: Sat Mar 04, 2017 2:28 tambahan om,
Tenaga dan torsi mesin menigkat dari versi sebelumnya, jadi pemasangan 2 VVTi ini terlihat ada fungsinya :off_good_job: :frm_tumbleft: Berarti kedewasaan pengemudi wajib meningkat, di yg lama saja bisa mencapai 140 km/jam, tidak tahu di mesin baru. Serem juga lmpv limbung plat tipis jalan segitu,
Di versi 1.5, torsi tertinggi didapat di rpm yg lebih rendah (200 rpm lebih rendah). Tapi tenaganya sama saja :big_think:
power steeringnya enteng banget. Jalan udah 80 km/jam tetep kerasa enteng, jadi agak bahaya :e-snooty:
Untuk peredam, buat saya masih kurang, karena suara motor di sebelah masih kedengeran, walaupun ini aman (soalnya tahu ada kendaraan di sebelah)
Untuk sound system, sedikittt ada perbaikan. Di tipe G sudah ada bluetooth, walaupun kualitas suaranya masih beututh :off_no: Kapan ya toyota bikin sound standar yg agak bagus? Bahkan di kelas innova aja masih begitu aja soundnya. Gak tahu kalau fortuner, belum pernah coba, tapi sepertinya gak bakal jauh berbeda
Grill yang kayak mulut dibuka lebar dengan celah besar (kayak gini :big_biglaugh: ) di mana kerikil bahan aspal bisa masuk dan menyenggol radiator , jadi kalau bisa dipasang kisi2 tambahan di dalamnya

Sekalian mau tanya, kalau dibandingin versi 1 VVTi, konsumsi bensin apakah lebih irit atau sama saja?
Wahh trims om atas infonya, kalo dibandingin sama single VVTI yang FL ini lebih irit, soalnya kalo single VVTI tenaga putaran bawahnya lumayan nendang , tapi putaran atasnya ngempos sehingga bikin dia boros BBM , kalo di Dual VVTI , putaran bawahnya lebih belet, tapi putaran atasnya lebih ngisi jadinya lebih irit BBM (itu kalo yg manual, kalo matic kayanya ga jauh beda, soalnya maticnya sama2 4 speed jadul :mky_07: ), iya nih om, grillnya kegedean jadi rawan masuk kerikil hahaha, kedepannya sih sodara saya berencana mau pasang peredam kaya karton/triplek gitu di GNAnya ini, biar kerikil ga masuk & nyenggol kisi2 radiatornya
Venturtle wrote: Fri Mar 03, 2017 18:20 btw, request juga review crv RE nya om :big_smile]
Nanti ya , kalau ada kesempatan akan saya buat reviewnya dimari :big_grin:
grandis_GT wrote: Fri Mar 03, 2017 16:50 nih mboil langganan perusahaan dan instansi , mulai dari hotel,rumahsakit, sampe travel ya avanza pilihannya :ngacir:
Iya om, memang perusahaan / instansi nyarinya mobil yg durable, perawatan murah , ASS terjamin & bisa melewati segala kondisi medan jalan di Indonesia tapi yang harganya terjangkau hehehe, jadinya terpilihlah avanza ini karena paling memenuhi semua kriteria tersebut :ngacir:
cursQ wrote: Fri Mar 03, 2017 13:40 Nice review om.. papanjah ini balik lagi selera emang deh.. klo yg ini mukanya saya gak suka hahaa imho..
Trims om, memang balik ke selera masing2 orang , saya juga ga suka sama grill yang GNA ini, tapi kalo yang GNVnya saya suka banget, lebih bagus dari Lio FL 2017 sekalipun menurut saya depannya.
Bulgogi wrote: Fri Mar 03, 2017 13:02 Beberapa kali naik uber, GNA ini peredamannya jauh lebih baik dr gen sebelumnya.. udah mendekati ertiga, meskipun lebih kedap ertiga..

IMO, drpd ambil calya, saya lebih prefer ambil avanza E, atau xenia R std.. cz batch awal biar gimanapun ga mungkin trouble free.. ada aja masalahnya.. kalo GNA/GNX kan udh 3x facelift yg artinya produknya makin sempurna..
Impresi saya juga sama kaya yg om rasakan ketika naik GNA ini seharian sebagai penumpang , soalnya saya udah pernah naik taksol ertiga juga, jadi bisa komparasi keduanya .

Ya semua tergantung prefrensi masing2 orang sih, kan kebutuhan , selera & budget orang beda2 oom, tapi ada benernya juga kalo Batch awal biasanya ada bugnya, mungkin setelah FL pertama & seterusnya akan dilakukan improvement & penyempurnaan.
Venturtle wrote: Fri Mar 03, 2017 12:26

lebih ganteng yang lama ya.. :mky_03:
Iya om, kalo yang GNA E &G ini memang lebih ganteng yg lama, tapi kalo versi veloznya lebih gantengan yg baru menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

ddyta27 wrote: Fri Mar 03, 2017 12:45

sama om :D bini ane malah muntah perjalanan jauh..

aneh juga yah, dari versi facelift ke vvti kan udah revisi suspensi belakang, generasi ANA juga direvisi lagi, terakhir GNA direvisi lagi, tapi kata saya mah sama aja gitu gitu aja :)

suara dengung gardan masih ada, dan rasio gigi masih tetap meraung raung
Masa sih, kalo menurut saya suara gardannya udah ilang total deh, kalo rasio gigi sih emang masih meraung2 tapi udah jauh mendingan daripada gen sebelumnya oom
fuchu92 wrote: Fri Mar 03, 2017 12:33
Belum kebiasaan kali ntar lama" juga biasa :mky_03:
Gna emank muka agak gimana gitu, tp buat yg gn veloz mukanya gw suka, grill ala" OS :mky_02:
Hehehe, setuju om, lama2 juga biasa kok, mobil ini kan mobil sejuta umat yg populasinya banyak bgt dijalan, setuju om gw juga suka yg veloz , grill ala2 os tapi simpel & enak dilihat, beda sama yg GNAnya dimana Grillnya pengen niru HRV tapi fail :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by cursQ »

Mobil saya terakhir GNV 1.3 MT cuma berhubung kebutuhan mendesak jd dijual.. dan iyes setuju waktu itu ambil GNV 1.3 MT hanya karena muka GNA gak suka hahaha pdh mah pas jual nyesel.. GNV cuma bisa laku klo yg 1.5 apalagi yang AT. GNV 1.3 MT mah bisa seharga GNA G harganya aseeem haha
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

cursQ wrote: Sat Mar 04, 2017 7:35 Mobil saya terakhir GNV 1.3 MT cuma berhubung kebutuhan mendesak jd dijual.. dan iyes setuju waktu itu ambil GNV 1.3 MT hanya karena muka GNA gak suka hahaha pdh mah pas jual nyesel.. GNV cuma bisa laku klo yg 1.5 apalagi yang AT. GNV 1.3 MT mah bisa seharga GNA G harganya aseeem haha
Wahh sayang banget dijual, padahal belom 2 tahun ya umurnya kalo gasalah?, wahh serem juga kalo RV nya cuma seharga GNA G , iya sih kalo mau laku mesti yang 1.5, soalnya kalo GNV 1.3 itu nanggung, soalnya mesinnya cuma 1.3 tetapi dikasih bodi veloz & fiturnya juga gajauh beda sama GNA G menurut saya (pernah TD GNV 1.3 AT juga) + harganya lebih mahal daripada GNA G, tapi menurut saya nasibnya masih lebih baik daripada GNA 1.5G hahaha, soalnya saya masih lebih sering lihat GNV 1.3 daripada 1.5G, soalnya yang GNA 1.5G bisa dihitung jari setiap kali ketemu dijalan saking jarangnya :mky_07:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by ZEXELGRIFONE »

Selamat tuk mobil barunya..

IMHO klo siang, tampang depan mobil ini emang agak gimana gitu.. dengan grillnya yg kelewat besar. Tapi klo pas malem (gelap) tampang grill besar itu hilang (ya iyalah, gelapp) dan sorot bentuk lampu utamanya itu bagus..
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by cursQ »

Pboyz97 wrote: Sat Mar 04, 2017 7:42
cursQ wrote: Sat Mar 04, 2017 7:35 Mobil saya terakhir GNV 1.3 MT cuma berhubung kebutuhan mendesak jd dijual.. dan iyes setuju waktu itu ambil GNV 1.3 MT hanya karena muka GNA gak suka hahaha pdh mah pas jual nyesel.. GNV cuma bisa laku klo yg 1.5 apalagi yang AT. GNV 1.3 MT mah bisa seharga GNA G harganya aseeem haha
Wahh sayang banget dijual, padahal belom 2 tahun ya umurnya kalo gasalah?, wahh serem juga kalo RV nya cuma seharga GNA G , iya sih kalo mau laku mesti yang 1.5, soalnya kalo GNV 1.3 itu nanggung, soalnya mesinnya cuma 1.3 tetapi dikasih bodi veloz & fiturnya juga gajauh beda sama GNA G menurut saya (pernah TD GNV 1.3 AT juga) + harganya lebih mahal daripada GNA G, tapi menurut saya nasibnya masih lebih baik daripada GNA 1.5G hahaha, soalnya saya masih lebih sering lihat GNV 1.3 daripada 1.5G, soalnya yang GNA 1.5G bisa dihitung jari setiap kali ketemu dijalan saking jarangnya :mky_07:
Iyaa om baru 13 bulan hehe.. odometer gak terlalu low tp kok sekitar 20ribuan.. kondisi mah kaya baru hehe.. si om inget2 aja :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by ChZ »

Yonatanw wrote: Fri Mar 03, 2017 11:08
saya ngeh sih..
cmn pribadi kurang sependapat aja..
dr awal keluar 13 taon lalu kok ga pernah merasa BQ merk ini (bukan sebelah) bagus..

just personal opinion, no offense..

Sent from my SM-J510FN using Seraya Motor mobile app
D banding Mobilio pre dashlift mungkin iya... Tapi Mobilio pasca dashlift gak buruk-buruk amat... Udah ganteng banget dasbornya Mobilio pasca dashlift... Dibandingin sama Apanja jg masih sebanding lah... Ane juga bingung... Malah di beberapa point dasbornya Mobilio dashlift punya kesan premium berkat AC digital... In fact Mobilio dashlift punya kesamaan design element seperti di Civic Turbo...

Jadi bisa dibayangin mungkin suatu saat Mobilio bakal jadi LMPV pertama yang pake speedo digital... :big_weee:

Setidaknya doortrim Mobilio ga ngelotok kalo dipake taunan.. Krn single tone ga pake finishing silver yang malah kalo terlalu cheapo berisiko ngelontok kya di Apansa yg udah2...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by ybyb »

kalo kata karyawan tmmin krw mesin 1.3 dan 1.5 itu sama cuma beda langkah piston saja shg yg 1.5 performa tdk maksimal...ini tujuannya krn demi common part mudah assembly
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by ChZ »

ybyb wrote: Sat Mar 04, 2017 12:25 kalo kata karyawan tmmin krw mesin 1.3 dan 1.5 itu sama cuma beda langkah piston saja shg yg 1.5 performa tdk maksimal...ini tujuannya krn demi common part mudah assembly
Yeap... kebanyakan mainnya gitu om... same engine different stroke... moar cuan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pugman »

ChZ wrote: Sat Mar 04, 2017 13:41
ybyb wrote: Sat Mar 04, 2017 12:25 kalo kata karyawan tmmin krw mesin 1.3 dan 1.5 itu sama cuma beda langkah piston saja shg yg 1.5 performa tdk maksimal...ini tujuannya krn demi common part mudah assembly
Yeap... kebanyakan mainnya gitu om... same engine different stroke... moar cuan...
Iyalah, margin makin tebel, naik stroke secara fisik yang terlihat diganti cuma ubah bandul/kruk as sama panjangin silinder blok, lainnya sama tinggal remap ecu dan seting sensor-sensor. Coba kalau bore up, itu hampir sama dengan desain mesin baru. Artinya juga, dengan stroke up seting redline rpm mesin bakal sedikit lebih rendah dari yang 1.3 itu kalau di set dengan piston speed yang sama. Tapi berapa persen seh user Avanza yang ngerev mesin sampai redline? Saya aja kalau bawa Avanza gen 2 cuma 2500-3000 udah shift up dan hanya saat mendahului sampai 4000.

Soal bantingan Suspensi, berarti feeling saya sama dengan si Om, Avanza baru ini memang lebih lembut dari yang gen 2 meski masih dibawah spin, ertiga dan ANGL. Kalau mobilio ga tahu saya, belum pernah naik.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

ZEXELGRIFONE wrote: Sat Mar 04, 2017 8:14 Selamat tuk mobil barunya..

IMHO klo siang, tampang depan mobil ini emang agak gimana gitu.. dengan grillnya yg kelewat besar. Tapi klo pas malem (gelap) tampang grill besar itu hilang (ya iyalah, gelapp) dan sorot bentuk lampu utamanya itu bagus..
Makasih om, iya nih kaya mobil obesitas gitu tampang depannya, untung yg ini warna item jadinya agak tersamarkan grill segede gabannya itu hehehe, memang lampu utamanya bagus om menurut saya kalo malam sorotannya
Pugman wrote: Sat Mar 04, 2017 14:50

Iyalah, margin makin tebel, naik stroke secara fisik yang terlihat diganti cuma ubah bandul/kruk as sama panjangin silinder blok, lainnya sama tinggal remap ecu dan seting sensor-sensor. Coba kalau bore up, itu hampir sama dengan desain mesin baru. Artinya juga, dengan stroke up seting redline rpm mesin bakal sedikit lebih rendah dari yang 1.3 itu kalau di set dengan piston speed yang sama. Tapi berapa persen seh user Avanza yang ngerev mesin sampai redline? Saya aja kalau bawa Avanza gen 2 cuma 2500-3000 udah shift up dan hanya saat mendahului sampai 4000.

Soal bantingan Suspensi, berarti feeling saya sama dengan si Om, Avanza baru ini memang lebih lembut dari yang gen 2 meski masih dibawah spin, ertiga dan ANGL. Kalau mobilio ga tahu saya, belum pernah naik.
Saya bantu jawab ya om, soalnya udah pernah naik taksol mobilio juga, suspensi mobilio lebih keras dibanding spin, ertiga & ANGL, tapi mirip2 sama GN Avanza ini, tapi untuk karakternya, suspensi mobilio menurut saya lebih baik dibanding GNA.
ybyb wrote: Sat Mar 04, 2017 12:25 kalo kata karyawan tmmin krw mesin 1.3 dan 1.5 itu sama cuma beda langkah piston saja shg yg 1.5 performa tdk maksimal...ini tujuannya krn demi common part mudah assembly
Sepertinya sih begitu & juga demi mengejar profit & cuan yg maksimal hahaha :ngacir:
ChZ wrote: Sat Mar 04, 2017 12:01

D banding Mobilio pre dashlift mungkin iya... Tapi Mobilio pasca dashlift gak buruk-buruk amat... Udah ganteng banget dasbornya Mobilio pasca dashlift... Dibandingin sama Apanja jg masih sebanding lah... Ane juga bingung... Malah di beberapa point dasbornya Mobilio dashlift punya kesan premium berkat AC digital... In fact Mobilio dashlift punya kesamaan design element seperti di Civic Turbo...

Jadi bisa dibayangin mungkin suatu saat Mobilio bakal jadi LMPV pertama yang pake speedo digital... :big_weee:


Setidaknya doortrim Mobilio ga ngelotok kalo dipake taunan.. Krn single tone ga pake finishing silver yang malah kalo terlalu cheapo berisiko ngelontok kya di Apansa yg udah2...
Ya semoga deh, soalnya mobilio juga LMPV pertama yg menerapkan VSC & HSA sebagai fitur safetynya walaupun cuma di trim tertingginya aja (RS CVT) & juga biar LMPV kompetitor ikutan berbenah & improve fitur. Ya oom, kalo dibanding mobilio gen awal memang BQ Avanza lebih baik, tapi entah kenapa saya merasakan kalo BQ Mobilio dashlift masih 11 12 sama yg lama ya, cuma ketutup sama desain dashboardnya yang cukup menarik & futuristis untuk kelasnya, kalo urusan equipment & fitur sih menang mobilio kemana2 om dibanding apansa hahaha, semoga di GNA ini ga ngelotok lagi deh doortrimnya kaya yg lama.
cursQ wrote: Sat Mar 04, 2017 10:23
Iyaa om baru 13 bulan hehe.. odometer gak terlalu low tp kok sekitar 20ribuan.. kondisi mah kaya baru hehe.. si om inget2 aja :big_grin:
Kan saya baca thread review hyundai birmancakra om juga :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by ybyb »

avanza yg baru ini apakah kalo nyetir lama 4-6 jam gamoang capek nggak? atau pas macet pake setengah kolping gampang capek nggak? dulu ane punya xenia 1.3 generasi awal capek banget mulai kaki kiri u kopling sampe pinggang...lalu muncul lio 2014 ganti lio manual...jok tipis lapisi jok n tambah busa..skrg kalo nyetir enteng banget nggak capek mulai kopling perseneleng setir enteng..jd nyetir lama macet pun tak capek...gigi 1 nggak dut2an saat merayap dikemacetan...xenia dut2an shg hrs pake kopling..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pugman »

ybyb wrote: Sat Mar 04, 2017 23:24 avanza yg baru ini apakah kalo nyetir lama 4-6 jam gamoang capek nggak? atau pas macet pake setengah kolping gampang capek nggak? dulu ane punya xenia 1.3 generasi awal capek banget mulai kaki kiri u kopling sampe pinggang...lalu muncul lio 2014 ganti lio manual...jok tipis lapisi jok n tambah busa..skrg kalo nyetir enteng banget nggak capek mulai kopling perseneleng setir enteng..jd nyetir lama macet pun tak capek...gigi 1 nggak dut2an saat merayap dikemacetan...xenia dut2an shg hrs pake kopling..
Selain posisi duduk, jok dan kopling, saya rasa CC mesin juga pengaruh, si Om pakai Lio 1,5 juga pengaruh bisa lebih nyaman dibandingkan xenia 1.3. Saya pakai Avanza 1.5 juga jarang pakai setengah kopling. Pakai sedan 2000cc manual, kopling lebih berat dari Avanza bisa lebih nyaman karena posisi duduk rendah dan cukup lepas kopling pelan2 mobil jalan.

Sayangnya sejauh yang saya tahu, LMPV dari merek apapun yang ada di Indonesia ga sediakan footrest kaki kiri baik matic maupun manual.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

ybyb wrote: Sat Mar 04, 2017 23:24 avanza yg baru ini apakah kalo nyetir lama 4-6 jam gamoang capek nggak? atau pas macet pake setengah kolping gampang capek nggak? dulu ane punya xenia 1.3 generasi awal capek banget mulai kaki kiri u kopling sampe pinggang...lalu muncul lio 2014 ganti lio manual...jok tipis lapisi jok n tambah busa..skrg kalo nyetir enteng banget nggak capek mulai kopling perseneleng setir enteng..jd nyetir lama macet pun tak capek...gigi 1 nggak dut2an saat merayap dikemacetan...xenia dut2an shg hrs pake kopling..
Kurang tau om, soalnya belom pernah bawa yang manual & sodara saya belom pernah ngetes keluar kota pake GNA ini . Sama dengan yang saya rasakan ketika nyetir Xenia 1.0 manual 2008 punya kantor bapak saya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by fuchu92 »

ybyb wrote: Sat Mar 04, 2017 23:24 avanza yg baru ini apakah kalo nyetir lama 4-6 jam gamoang capek nggak? atau pas macet pake setengah kolping gampang capek nggak? dulu ane punya xenia 1.3 generasi awal capek banget mulai kaki kiri u kopling sampe pinggang...lalu muncul lio 2014 ganti lio manual...jok tipis lapisi jok n tambah busa..skrg kalo nyetir enteng banget nggak capek mulai kopling perseneleng setir enteng..jd nyetir lama macet pun tak capek...gigi 1 nggak dut2an saat merayap dikemacetan...xenia dut2an shg hrs pake kopling..
Bantu jawab om berhubung user gnv, Pengalaman nyetir 5 jam nonstop luar kota, capek om, tp emank karena ane mungkin jarang nyetir jauh" makanya kayanya g kebiasa, tp menurut ane nyaman kok, kalo da kebiasaan rasanya g bakal capek" amat, ane bawa pajero juga 5 jam sama capeknya

Soal kopling, so far di kemacetan oke, apakah karena efek pake dbw? Karakternya bueda ama generasi sebelumnya, kalo di gen sebelumnya kalo g setengah kopling pasti ndut" an mobilnya, gen sebelumnya mau dialusin bejek kopling kalo g kebiasa juga bakal ndut" an, nah di gen baru ini ndut"annya udah ilang, or apa mungkin ada tp minim?
Selama ini nyetir uda 10ribukm g pernah ndut"an si, jalan puelanpun ama lepas kopling g bakal ndut" an lbih alus kok karakter mesinnya, cuma ya gitu ga bisa seruntulan karena agak bolot tarikan bawahnya :mky_05: tapi begitu rpm di 2000 an ke atas baru kerasa tenaganya
Pernah suatu ketika pas jalan 20-30km/jam ada motor motong jalan seenaknya :frm_snipper: dan pas ane lg g sigap, bejek rem sampe mobil posisi hampir stop dan telat bejek kopling, g sampe stalling mesinnya
Lepas koplingpun uda jalan pelan mobilnya, asal nglepasnya jangan cepet"
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by hafizh »

Kemaren nyoba pakai gna operasional kantor, dipake berenam klo lewati poldur mentok stoper, posisi duduk lebih tinggi jd agak kagok cari posisi nyetir yg pas belum ada tilt steering, suara mesin halus dan kopling enteng tp gak kerasa "feel" koplingnya, agak susah cari timing yg pas kapan lepas pedal, rpm sering gak cocok dgn kecepatan, terutama digigi satu, satu lagi radius putar kecil jadi enak sekali buat puter balik cocok buat jalur2 yg sempit..
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by fuchu92 »

hafizh wrote: Wed Mar 08, 2017 22:44 Kemaren nyoba pakai gna operasional kantor, dipake berenam klo lewati poldur mentok stoper, posisi duduk lebih tinggi jd agak kagok cari posisi nyetir yg pas belum ada tilt steering, suara mesin halus dan kopling enteng tp gak kerasa "feel" koplingnya, agak susah cari timing yg pas kapan lepas pedal, rpm sering gak cocok dgn kecepatan, terutama digigi satu, satu lagi radius putar kecil jadi enak sekali buat puter balik cocok buat jalur2 yg sempit..
Lah gna kan uda ada tilt steering, emank yg gna tipe e ga ada y?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

fuchu92 wrote: Thu Mar 09, 2017 2:14
hafizh wrote: Wed Mar 08, 2017 22:44 Kemaren nyoba pakai gna operasional kantor, dipake berenam klo lewati poldur mentok stoper, posisi duduk lebih tinggi jd agak kagok cari posisi nyetir yg pas belum ada tilt steering, suara mesin halus dan kopling enteng tp gak kerasa "feel" koplingnya, agak susah cari timing yg pas kapan lepas pedal, rpm sering gak cocok dgn kecepatan, terutama digigi satu, satu lagi radius putar kecil jadi enak sekali buat puter balik cocok buat jalur2 yg sempit..
Lah gna kan uda ada tilt steering, emank yg gna tipe e ga ada y?
Udah ada kok om , walaupun di GNA tipe E setau saya (CMIW) :big_peace:
fuchu92 wrote: Wed Mar 08, 2017 18:46 Bantu jawab om berhubung user gnv, Pengalaman nyetir 5 jam nonstop luar kota, capek om, tp emank karena ane mungkin jarang nyetir jauh" makanya kayanya g kebiasa, tp menurut ane nyaman kok, kalo da kebiasaan rasanya g bakal capek" amat, ane bawa pajero juga 5 jam sama capeknya

Soal kopling, so far di kemacetan oke, apakah karena efek pake dbw? Karakternya bueda ama generasi sebelumnya, kalo di gen sebelumnya kalo g setengah kopling pasti ndut" an mobilnya, gen sebelumnya mau dialusin bejek kopling kalo g kebiasa juga bakal ndut" an, nah di gen baru ini ndut"annya udah ilang, or apa mungkin ada tp minim?
Selama ini nyetir uda 10ribukm g pernah ndut"an si, jalan puelanpun ama lepas kopling g bakal ndut" an lbih alus kok karakter mesinnya, cuma ya gitu ga bisa seruntulan karena agak bolot tarikan bawahnya :mky_05: tapi begitu rpm di 2000 an ke atas baru kerasa tenaganya
Pernah suatu ketika pas jalan 20-30km/jam ada motor motong jalan seenaknya :frm_snipper: dan pas ane lg g sigap, bejek rem sampe mobil posisi hampir stop dan telat bejek kopling, g sampe stalling mesinnya
Lepas koplingpun uda jalan pelan mobilnya, asal nglepasnya jangan cepet"
Nice user impression om, karekternya emang beda dari gen sebelumnya menurut saya, saya bantu jawab ya, kalo soal kopling, pas saya nyoba sebagai penumpang di GNA E ini, yg saya rasakan ,endut2an nya masih berasa (pas om saya ( pengemudi) lagi ngoper ke gigi 2 dari gigi 1) , tapi untungnya udah minim banget menurut saya,malah kalo buat stop n go dikemacetan ndut2annya udah hilang , jauh membaik dibanding gen sebelumnya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by Pboyz97 »

Update: Belum lama ini, saya TD GNA E MT punya saudara saya ini , berhubung rutenya pendek, yaitu cuma muter2 komplek & jalan raya sekitar tempat tinggal saya aja, maaf kalau impresi soal FC ga bisa saya jabarkan disini, yang saya rasakan adalah:
- Improvement disegala sisi dibanding gen sebelumnya, terutama di sisi kenyamanan
- Bantingan suspensi mengempuk daripada yang lama, walaupun ga seempuk ertiga & ANGL , tapi better than mobilio yang keras menurut saya
- Rasio gigi putaran bawah lebih panjang daripada yang lama
- Gejala ndut2an masih terasa sedikit walaupun sudah berkurang jauh daripada yang lama
- Peredaman membaik dibanding yang lama
- Kopling sepertinya masih sama aja kaya yang lama (sama entengnya)
- Suara bearing khas avanza lama sudah hilang di GNA ini.
- Kenyamanan membaik dibanding yang lama, walaupun belum bisa menandingi ANGL & Ertiga
- Konsumsi BBM lebih irit dibanding yang lama (menurut sodara saya sebagai pemilik mobil, dalkot bisa 1: 9-10 km/l katanya)
- 100 km/h dicapai di gigi5 pada rpm 3000-4000 (kata sodara saya juga sebagai pemilik mobil)
Image
Maaf kalau fotonya cuma 1, mungkin saya akan update lagi dimari kalau bisa TD dengan jarak yang lebih jauh hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by arfs »

Pboyz97 wrote: Sun Jul 16, 2017 9:04 Update: Belum lama ini, saya TD GNA E MT punya saudara saya ini , berhubung rutenya pendek, yaitu cuma muter2 komplek & jalan raya sekitar tempat tinggal saya aja, maaf kalau impresi soal FC ga bisa saya jabarkan disini, yang saya rasakan adalah:
- Improvement disegala sisi dibanding gen sebelumnya, terutama di sisi kenyamanan
- Bantingan suspensi mengempuk daripada yang lama, walaupun ga seempuk ertiga & ANGL , tapi better than mobilio yang keras menurut saya
- Rasio gigi putaran bawah lebih panjang daripada yang lama
- Gejala ndut2an masih terasa sedikit walaupun sudah berkurang jauh daripada yang lama
- Peredaman membaik dibanding yang lama
- Kopling sepertinya masih sama aja kaya yang lama (sama entengnya)
- Suara bearing khas avanza lama sudah hilang di GNA ini.
- Kenyamanan membaik dibanding yang lama, walaupun belum bisa menandingi ANGL & Ertiga
- Konsumsi BBM lebih irit dibanding yang lama (menurut sodara saya sebagai pemilik mobil, dalkot bisa 1: 9-10 km/l katanya)
- 100 km/h dicapai di gigi5 pada rpm 3000-4000 (kata sodara saya juga sebagai pemilik mobil)
Image
Maaf kalau fotonya cuma 1, mungkin saya akan update lagi dimari kalau bisa TD dengan jarak yang lebih jauh hehehe
yg saya bold, berarti gigi 5 nya punya variable ratio dong... bisa diantara 3000-4000 rpm...
baru tau saya GNA ada fitur baru itu... :snipersmile: :glodak: :frm_snipper:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
kampretosss
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Tue Sep 27, 2016 0:36

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by kampretosss »

sedikit notice pas mudik pake GNA 1.3 MT lebaran kemaren, 100 kpj gigi 5 rpm 3500an kalo gak salah lihat, mentok naik ke 120 kpj rpm mepet 4000an, mobil isi 6 orang dewasa plus bagasi full tas isi pakaian, sikon jalanan sepi di tol legundi-kertosono (orang jatim yang lewat sana pasti paham, gak pake eco2an)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by ChZ »

arfs wrote: Sun Jul 16, 2017 9:41

yg saya bold, berarti gigi 5 nya punya variable ratio dong... bisa diantara 3000-4000 rpm...
baru tau saya GNA ada fitur baru itu... :snipersmile: :glodak: :frm_snipper:
Avanza nya pake CVT rip... changgih... rasio variabel...

Tapi tetep lah mobil terbaik ... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by arfs »

ChZ wrote:
arfs wrote: Sun Jul 16, 2017 9:41

yg saya bold, berarti gigi 5 nya punya variable ratio dong... bisa diantara 3000-4000 rpm...
baru tau saya GNA ada fitur baru itu... :snipersmile: :glodak: :frm_snipper:
Avanza nya pake CVT rip... changgih... rasio variabel...

Tapi tetep lah mobil terbaik ... :ngacir:
Cvt only in the 5th gear.... Beri beri resing.... :ngacir:

Sent from my MI 5s

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
dioda
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Sep 07, 2015 8:07

Re: Review Toyota Grand New Avanza E M/T 2016

Post by dioda »

Saya pake gna 1.3g mt udah jalan 12rban km, fc rata 14,5km/l di mid, kira2 boros apa kagak om?