[In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by billyd1773dz »

Pboyz97 wrote: Sun Feb 05, 2017 9:44 Very nice review om bil & congrats atas mobil barunya
Akhirnya kejawab juga nih misteri city car yang dimaksud buat gantiin lenjernya om hehehe

Bokap hampir SPK nih mobil pas 2015 kemarin,sayang kepaksa mundur teratur karena row2 nya sempit banget & tempat penyimpanannya minim (padahal ASSnya lumayan bagus menurut saya karena udah punya CX5 juga, jadinya pengen nambah mazda lagi hahaha) , btw mobil ini memang hatchback paling value for money dikelasnya , sekaligus yang terbaik juga dikelasnya dari segala sisi menurut saya, andai AN M2 Skyactiv ini lebih roomy & practical perfect udah nih mobil buat kelasnya
hehehehe iya om... makasih ya om... :mky_01: ya bgtulah om, tiap mbl ada spesialiasi masing-masing haha :D
roomy n practical just not one of its strength.
ChZ wrote: Sun Feb 05, 2017 9:46
billyd1773dz wrote: Sun Feb 05, 2017 9:17 crissss :emo-big_love: thx yuu

hehehe iya nie uda order :mky_01:

yappp betul criss..... soal highrev ahon masih rajanya... :D ratio drivetrainya jg lebih di optimize untuk highspeed di highway.. wkwkw :D pasti ada plus minusnya ya.. :D

nahh blm pernah coba nie saya mesin earth dreamnya ahon, cvt nya aja pling yg katanya "earth dream" :D sya cari infonya tentang apasih "earthdream" itu sebenernya jg minim atau kurang detail. at least tdk sedetail penjelesanan mazda dan subaru mengenai sisi teknisnya. hehe... klw yg diluar sudah gdi semua ya?

yaappp keong4lyfe... :D

downsizing + keong klw tujuanya ngehemat fc.. errmmmm buktinya fc bedanya tdk terlalu signifikan.. tapi soal performa n curve torque... muantapp. :D
Dulu kena indoktrinasi kucing bahwa H itu worthless.... :snipersmile:

Nahh no further explanation tentang EarthDreams selain low-friction, weight reduction, dan GDI engine... :big_bored:

Wkwkwkw jadi sebenernya fuel-efficient ini hanya bonus ... Krn broader torque curve... dan dijadiin marketing gimmick bwat narik perhatian calon konsumen :mky_03:
hahahaha :D

iya broo... kyany gtu.......

petrol yg bener2 fuel efficient ya mbl yg low capacity n g bikin napsu bwat gas pol wkwk..... bisa karna lemot atw ngerik.... klw dikasih torque gede gini, ya maunya gaspol ujung2ny boros jg haha
madcat015 wrote: Sun Feb 05, 2017 10:06 Nice ripiu bil! :mky_02: per usual, macam thesis aja... Dan ditemani foto2 berkualitas...

@Chz: yeap. Still worthless... :ngacir:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
thx yuu om darr.. kemana aja hahaha :D jd antek ente ni :big_cry:
sprint07 wrote: Sun Feb 05, 2017 11:59 Nice review om billy....
Sebagai pemilik mazda2 sky, saya saja sampai tidak tahu semua fiturnya.
Dulu di group wa om bil pernah tanya ke saya mazda2 vs hrv 1.8 (karena pernah pakai hrv 1.8) dan saya jawab mazda2. Tadi tanya lagi ke istri jawaban tetap mantap jawab mazda2 pilihannya
thx om sur...

hahaha iya om sur... thx yu sarannya hehehee :D :mky_02:
walid_007 wrote: Sun Feb 05, 2017 13:48 Wah kalo dilihat fiturnya ok sekali untuk harga dan segmen ini , sayang seoerti yg perna sy rasakan akomodasi row 2 m2 ini sempit ato bisa dibilanh tdk nyaman

Tp jelas pabrik sebelah seperti membuat mobil jaman batu
walid_007 wrote: Sun Feb 05, 2017 14:17 Ha ha ha

Sayangnya konsumen disini ngak isa mengapresiasi barang bagus terutama fitur keamanan ..ya ini.. driving exp dsb

Disatu sisi brang "itu" hiduo krn citra merk nya saja.. dan tentunya entah apa yg dimaksud fanatismenya..

Dan yg satunya lagi entah kenapa gada ide revolusioner /setidknya one step ahead.. yg ada malah jadi sapu jagat..

But emang kita tinggal di sini.. dimana2 jalan bergelomban..lebih2 rusak.. speed juga 30 40 aja udah sukur klo ga kena macet.. toll isi truk (sby).. polisi tidur... pengendara lain yg you know.. ah sudahlah lupakan sj..
hahaha
saya rasa manufaktur ini meski mereka ga ngaku(karna illegal).. mereka melakukan kartel.. atw berusaha untuk itu... :D

jika konsumen ini sebuah pie... toyota akan menarget konsumen yang mayoritas, kriterianya gmn? ya mereka yg butuh mbl dgn requirement relatif basic untuk aktifitas a ke b lain2nya bonus, tp yg utama reliable dan kepastian karna mayoritas konsumen indo memiliki uncertainty avoidance tinggi. lebih baik ga enak tp dijamin aman(finacialy and peace of mind) baik maintenance dan di jual lagi g rugi banyak.

lucunya untuk bangung brand image ini sulit dan ga bisa d lakukan instan.. ini jd barrier to entry bwat yg ingin ambil pasar mayoritas.

bgtu T bikin mbl yg lebih canggih malah jd hrs nge edukasi konsumenya... hahaha :D *no offense*


honda juga kyanya skrng ingin narget mayoritas, tp harus ada diferensiasi untuk bersaing, jadi di geser dikit ke yg lebih well.. educated tp masih beririsan dgn type yg pertama.

tinggal lihat saja kmn arah gerak pasar mayoritas indo..


yang lain lain gimana? pasti hrs narget konsumen yg beda lagi yang tdk masuk ke irisan type 1 n 2 yg mayoritas apalagi klw produk mereka tdk bisa bersaing ke konsumen type 1 n 2...
jumlahny uda lebih dikit.. sampai ada yg narget konsumen yg niche tp sanggup bayar mahal...

jd klw ada yg tanya knp brand market leader bikin mbl seperti jaman batu? ya karna mayoritas konsumenya lebih suka mbl jaman batu.... lol lol

tentu driver enthusiast dan yg appreasi tech tinggi juga ada, di indo minoritas, negara lain mungkin banyak seperti oz disitu makananya mazda, d oz mazda top 5 best selling.

dan pling gampang bagi newcomer untuk bersaing ya dgn memberi value lebih dari tech.

dan lucunya mereka sepakat tdk bikin mbl "pamungkas" yg semua ada haha.. sya yakin bukan ga bisa.




skrng yg sulit macam hyundai kia di segment 200jtan ini.. haha.. brand g ada, tech jg engga. price g jg...

cmiiw

arfs wrote: Sun Feb 05, 2017 13:51 Nice review om Bil. :big_exellent:
Yg saya plg seneng di variant GT ini adalah center tachometer nya di instrument nya.
serasa seaakan bawa Porscha Carryra atau Farrire 854 yg di tengah juga tachometer nya. :big_slap:

Sebetulnya ane juga penasaran sama Mazda 2 skyactiv yg manual 6 speed. yg katanya di kasi short-throw lever dan crisp shift feel.
makasih om... :D :D

iyap cakep banget... haha :D tu iming pernah td yg MT *gesermic*

ktanya di develop langsung dari miata... harusnya sangat bagus.. ntah lah.. hehe :D
niubi wrote: Sun Feb 05, 2017 14:26 mobil keren, review keren, foto keren...
superb oom bil, seperti baca majalah, malah better, soalnya detail pro cons nya :)

cruising 100 kmph tetap mayan tinggi juga ya rpm nya seperti old m2, padahal sudah 6at

ditunggu long-term review nya, terutama penyakit umum m2 apa di New m2 ini masih sama juga, dan juga mods nya (mungkinkah ganti full exhaust, poles tb, dan unichip q+ atau remap ecu)
haha thx yu om... :D
owh old m2 sgtu juga ya cruise rev nya. klw di old m2 penyakitnya apa aja om?

hehe siapp pasti terus di update.
DOHC wrote: Sun Feb 05, 2017 15:03
billyd1773dz wrote: Sun Feb 05, 2017 9:17
DOHC wrote: Sun Feb 05, 2017 2:24 mantep review nya mods...

perna baca review m2 nya mods djay, skrg baca review nya mods bil... kayanya ini m2 lmayan value for money jg yahh ktimbang hatchback laen..
btw tuh row 2 kl dr foto koq sempit yah, ane perna coba mirage row 2 nya dan ckup sempit, kl dbanding ini rasa nya gmana mods ??

middle tacho ?? me likey... sperti mini cooper atau mobil f1 jadul atau supercar jadul... kbiasaan nyetir manual bertaon2, emg jd kebiasaan sering liatin tacho...

*ngelirik tacho si hrv yg ga perna beranjak dr 2000 rpm pas cruising, dibejeg jg mentok di bawah 4000.... mending dhapus aj tuh tulisan 4000 keatas...
thx yuu om dohc hehe :D jika anda seorng drivier enthusiast mbl ini layak di pertimbangkan... klw accommodation on 2nd row masih tinggi di prioritas anda, lebih baik coret aja mbl ini hehe :D

iyap lebih sempit dikit dari mirage.... tp uda ada headrest..... padahal wheelbase lebih panjang jauh aneh juga. hood nya kelewat panjang sepertinya.

nahh i love that big tacho.... :emo-big_love: wkwkw.... :D hrv harusnya klw di bejek pol bisa sampai redline kan om? sya bru pernah td yang 1.5 aja hehe :D

kl masi mobil sharing ama kluarga susah om ignore row 2 nya... walaupun dah ad ipah tuwir tp tetep aj kdg pengen jalan2 dgn mobil laen..

kl ga sehh, ntuh kmaren dah ane bungkus tuh OS PX 2014, kondisi mint harga ok.... ktimbang neh hrv... beda 500cc berasa jg pas lg ngejar rpm tinggi .. sayang, tuh OS row 2 nya rada ga manusiawi

ga bsa mods, ane dah coba bejeg mentok d 4000 rpm ud shift up... pake S jg plg banter d 5000an ud shift up... ane punya jg yg 1.5 mods...

malah lebi enak GE8 ane dl, pindah ke S kl di bejeg bsa lebi tinggi rpm nya dr si hrv ini..
haha iya om...... ini jg g bilang 2nd rowny sempit bngt... :mky_03: pling ibu dan adik cewe aja di blkng dan ukuranya cukup s..


hmmmm sya pernah td hrv 1.5 bisa deh om..... memang ga langsung naik. tp di atas 120 sih dia uda di 6500rpm.... apalagi klw pke mode paddleshift sih pasti ke redline kan om?

peaknya di 6600 apa jadinya klw rpm ga bisa sampai situ :big_dunno:
KielConstantine wrote: Sun Feb 05, 2017 18:20
DOHC wrote: Sun Feb 05, 2017 2:24 *ngelirik tacho si hrv yg ga perna beranjak dr 2000 rpm pas cruising, dibejeg jg mentok di bawah 4000.... mending dhapus aj tuh tulisan 4000 keatas...
DOHC wrote: ga bsa mods, ane dah coba bejeg mentok d 4000 rpm ud shift up... pake S jg plg banter d 5000an ud shift up... ane punya jg yg 1.5 mods...
Kasian bener om klep.. mgkn gara2 cvt ya?

Pernah sempet nyetir HRV 1.5 cvt punya rekan bisnis bokap, emang rada ngeden gitu, di gas cuman berani sampe 3000rpm aja takut di pelototin hahaha...


ChZ wrote: Coba dikocok pedal gasnya juga enggak dapet diatas 4000?
Ane kapan lalu coba bisa om klep soalnya... sampe 4000, lepas gas lalu injek lagi... 1.5 ya ini... kalo 1.8 ane tinggal injek pol aja gampang banget mentokinnya
Maksudnya yg bs di gaspol sampe redline,
1.8 HRV apa Civic FB chris?
Klo di civic mgkn wajar bs sampe mentok redline
soalnya pake 5 speed a/t konvensional. (cmiiw yah)

Yg jd pertanyaan..
Apa klo trans cvt di gas pol kaga bs mentok redline?
Di rpm 4k - 5k otomatis shift up gitu?
Pake mode S juga kaga nolong ?






-----------------------------------------------------------------------
Btw, nice and superb review as usually mod Billy.
Pengalamannya dapet, edukasinya dapet, imajinasinya dapet, & great photography. Salute!
ばいなーんす( ´ ▽ ` )ノ

Semoga langgeng sama Mazda 2 GT nya.
Nanti di update yah klo udh pasang piggy & ganti exhaust system.. xixixixi
pke paddleshift harusnya bisa... hmmmmmmmmmmm ntah lah.. haha

makasih omm i try my best... hehehe :D

m2 sky orng lain yg sudah2 skrng di 157hp 191nm.... tp ada yg bilang kurang cocok pke dastek :big_think:
Bulgogi wrote: Sun Feb 05, 2017 19:57 Wah nice review om bil..

Ga kebayang fitur SCBS di pake di jakarta pas jam pulang kantor, pasti disturbing bgt ngerem2 mulu.. cz banyak motor & bajaj yg nempel mepet2.. [emoji16][emoji16]

Btw peredam bakar itu kaya gimana ya om bil?Saya baru denger.. taunya aspal & semprot doang.. [emoji28]
makasih om.. :D

hahaha, lucunya cuma 3x itu aja dia ganggu, lain2nya berkali-kali di potong motor jarak lebih dekat ga pernah aktif.....

:big_think:

seperti system glitch gtu...

peredam bakar= aspal om.. yg di tempel di di kabin sambil di panasin. hehe :D
mayan jauh perbedaanya.
cursQ wrote: Mon Feb 06, 2017 1:22 Reviewnya ajiibbb bet.. detail bgt2.. foto2nya jg keren2.. mobilnyan jg keren bgt ternyata fitur2nya.. :big_exellent:
thxx yuuu om.. :D :D
egibaio wrote: Mon Feb 06, 2017 1:53 What a high class review om billy. Appreciate it a lot.

Sukses membuat saya merasa berdosa melihara GK5 MT dibanding mazda ini
thx yuu om... :D

wah gk5 MT sie enak di opreknya wkwkwk.. uda bnyk yg 160hp n.a gtu klw g salah.
martinnn wrote: Mon Feb 06, 2017 2:17 keren reviewnya :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
thx yuu om... :emo-big_love:
speedfreak wrote: Mon Feb 06, 2017 3:15 very detail and superb review om billy.
saya sampai baca review ini beberapa kali karena gak bisa langsung kelar dalam sekali baca..
jadi ngerasa sedikit menyesal dulu gak jadi ambil mazda 2 ini dan malah bungkus mobilio e prestige (untuk gantiin nissan march) karena saya termasuk enthusiasts driver namun mengingat kadang mobil masih dipakai bareng keluarga dan row 2 si mazda 2 ini sempit jadi ya gitu deh.. :big_childish:
hahaha makasih bngt ommm.. :D :D

haha ya beda peruntukan mobilio sih om hehehe.. dibanding lmpv lain imho mobilio termasuk paling enak disupirin. :D syang cvt nya g ada peddlepop aja

:mky_01:




:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: Mon Feb 06, 2017 3:30

hahahaha :D

iya broo... kyany gtu.......

petrol yg bener2 fuel efficient ya mbl yg low capacity n g bikin napsu bwat gas pol wkwk..... bisa karna lemot atw ngerik.... klw dikasih torque gede gini, ya maunya gaspol ujung2ny boros jg haha

jd klw ada yg tanya knp brand market leader bikin mbl seperti jaman batu? ya karna mayoritas konsumenya lebih suka mbl jaman batu.... lol lol


Bikin g nafsu bejek pol seperti LCGC 3 cylinder yang klw dibejek kayak mau meleduk mesinnya :ngacir: atau M8 yang 13 secs :ngacir:

Yang dibold bener banget, d sini juga kan, pada g bisa move on dari mobil zaman batu... lolol.

Rewel mobil overprice teknologi zaman batu padahal sendirinya kasih teknologi canggih jg bilang "too computerized, un-natural" lah, atau "rewel" lah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by Or4cle »

Good job ! Very very nice review :big_exellent:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by Kaleng »

Yang paling super dari review om billy adalah foto-fotonya. mantap!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by DOHC »

@ mods bill , chris , kiel...

td pagi ane bawa ke beres ahond complain tuh transmisi yg super bloon... seinget ane dl waktu akap pake mobilio matic lincah bener2 tuh cvt... masa enjin tranny sama di hrv jd super lemot gini...

entah di apain ama montir nya (beres ahond emg semprul, ga bole liatin mobil, giliran deketin mobil ntuh ad alarm norak meraung2 d ruangan bengkel)... ud agak mendingan... tp tetep kl di D, shift up di bawah 4000... kcuali pake cara mods chz, bejeg, lepas trus bejeg lg... bsa nyentuh 4000an rpm... tp kl di pindah ke S, ini baru nendang skrg, bejeg lgs all the way up ampe redline... tp td coba bejeg pake mode D lari 140 masi 4000an rpm...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
plesterputih
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 31, 2014 15:06

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by plesterputih »

luar biasa fotonya omm..... 4 thumbs up..
Kaleng wrote: Mon Feb 06, 2017 10:59 Yang paling super dari review om billy adalah foto-fotonya. mantap!
setuju banget om... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by PlantFoot »

wah btul2 in-depth tyt reviewnya..

terima kasih byk oom billy utk reviewnya..terasa bgt passionnya 'geek' nya.. :e-clap:

enjoy bgt sy bc smbil dgr lagu klasik biar lbh meresapi hahaha :e-boohoo: :upss:

lucunya d jiran sini kl sy ga slh nangkep dr sales nya, dibedain 2 spek yg 1 pk bohlam yg 1 pk LED, selisih nya 5000 rm :big_bored:

reviewnya sukses bikin sy galau lg..pdhl kmrn sempet mantep mau pilih new city yg dah facelift dibanding 2 sedan....ya gpp lah belinya jg msh lama hahaha :wkkk:
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by r12qiSonH4ji »

very very detail Review dari master lumpur
:emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:

Mazda 2 ini merupakan cita2 istri ane klo misalkan dibeliin mobil. setelah membaca review om Bil, semakin bersemangat ane nanti mau meminang ini mobil buat istri. Insya Allah ada rejeki buat beli ini mobil :big_deal:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by billyd1773dz »

ChZ wrote: Mon Feb 06, 2017 3:49
billyd1773dz wrote: Mon Feb 06, 2017 3:30

hahahaha :D

iya broo... kyany gtu.......

petrol yg bener2 fuel efficient ya mbl yg low capacity n g bikin napsu bwat gas pol wkwk..... bisa karna lemot atw ngerik.... klw dikasih torque gede gini, ya maunya gaspol ujung2ny boros jg haha

jd klw ada yg tanya knp brand market leader bikin mbl seperti jaman batu? ya karna mayoritas konsumenya lebih suka mbl jaman batu.... lol lol


Bikin g nafsu bejek pol seperti LCGC 3 cylinder yang klw dibejek kayak mau meleduk mesinnya :ngacir: atau M8 yang 13 secs :ngacir:

Yang dibold bener banget, d sini juga kan, pada g bisa move on dari mobil zaman batu... lolol.

Rewel mobil overprice teknologi zaman batu padahal sendirinya kasih teknologi canggih jg bilang "too computerized, un-natural" lah, atau "rewel" lah...
hahahaha :D
ya bgtulah mau nya konsumen....apalagi klw konsumen yg dianggap "aneh" ini mayoritas.. wkwk mau ga mau klw produsen itu commit jd market leader ya hars ngikutin maunya si mayoritas ini ... wkwk



klw targetny bukan si mayoritas, apalagi klw memang niche bisa mertahanin idealisme dan bebas ngembangin produk sesukanya.
Or4cle wrote: Mon Feb 06, 2017 5:19 Good job ! Very very nice review :big_exellent:
thx yuu ommmm :D :D
Kaleng wrote: Mon Feb 06, 2017 10:59 Yang paling super dari review om billy adalah foto-fotonya. mantap!
hahaha sekalian hobi lucu2an om.. hehe makasih om :D
DOHC wrote: Mon Feb 06, 2017 12:10 @ mods bill , chris , kiel...

td pagi ane bawa ke beres ahond complain tuh transmisi yg super bloon... seinget ane dl waktu akap pake mobilio matic lincah bener2 tuh cvt... masa enjin tranny sama di hrv jd super lemot gini...

entah di apain ama montir nya (beres ahond emg semprul, ga bole liatin mobil, giliran deketin mobil ntuh ad alarm norak meraung2 d ruangan bengkel)... ud agak mendingan... tp tetep kl di D, shift up di bawah 4000... kcuali pake cara mods chz, bejeg, lepas trus bejeg lg... bsa nyentuh 4000an rpm... tp kl di pindah ke S, ini baru nendang skrg, bejeg lgs all the way up ampe redline... tp td coba bejeg pake mode D lari 140 masi 4000an rpm...
sudah coba pke paddleshift om?
plesterputih wrote: Mon Feb 06, 2017 14:31 luar biasa fotonya omm..... 4 thumbs up..
Kaleng wrote: Mon Feb 06, 2017 10:59 Yang paling super dari review om billy adalah foto-fotonya. mantap!
setuju banget om... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
hahaha makasih bngt omm... :D
PlantFoot wrote: Tue Feb 07, 2017 1:20 wah btul2 in-depth tyt reviewnya..

terima kasih byk oom billy utk reviewnya..terasa bgt passionnya 'geek' nya.. :e-clap:

enjoy bgt sy bc smbil dgr lagu klasik biar lbh meresapi hahaha :e-boohoo: :upss:

lucunya d jiran sini kl sy ga slh nangkep dr sales nya, dibedain 2 spek yg 1 pk bohlam yg 1 pk LED, selisih nya 5000 rm :big_bored:

reviewnya sukses bikin sy galau lg..pdhl kmrn sempet mantep mau pilih new city yg dah facelift dibanding 2 sedan....ya gpp lah belinya jg msh lama hahaha :wkkk:
makasih om.. :D :D i'm just a nerd who love cars.. :D

owhh gtu ya di malay, di indo yang trim V aja yg masi pke reflektor klw g salah. di malay ada yg diesel g om ?

hahaha... di testdrive aja om keduanya wkwk :D yg pasti akomondasi M2 kalah jauh, tinggal driving impressionya aja menurut om worth tdk ngorbanin akomondasi
r12qiSonH4ji wrote: Tue Feb 07, 2017 6:04 very very detail Review dari master lumpur
:emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:

Mazda 2 ini merupakan cita2 istri ane klo misalkan dibeliin mobil. setelah membaca review om Bil, semakin bersemangat ane nanti mau meminang ini mobil buat istri. Insya Allah ada rejeki buat beli ini mobil :big_deal:
hahaha makasih omm.. :D

nyokap n ade gw jg demen bentuknya mbl ini, jadi g perlu babibu langsung di acc...... beda dgn polo.. susah bngt.. sampe nyerah :mky_01: hehe

semoga dilancarkan rejekinya om, dan bisa beli mbl yang sesuai harapan.. aminn :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by haristk7 »

cuma bisa ngiler baca reviewnya billy, mantep banget :emo-big_love:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by ngalih »

Dibanding kia rio gimana om? Masih nyimak ney
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by lawyerone »

Wahhh, jok kulitnya bikin dimana om? Specsnya dan merek serta tipe ap aya om? Keren!
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by hehe001 »

Mobilnya kece, poto2 lengkap. Review nya mantab.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by evolution21 »

ditunggu kelanjutan upgrade performancenya
penasaran jg potensi mesin skyaktiv bila stage 1 bisa sampe seberapa
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by DOHC »

@ mods bill

ane punya type S om... ga ad paddle pop nya... hehehe
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by billyd1773dz »

haristk7 wrote: Tue Feb 07, 2017 15:45 cuma bisa ngiler baca reviewnya billy, mantep banget :emo-big_love:
hahahaha thx you captt
ngalih wrote: Wed Feb 08, 2017 12:34 Dibanding kia rio gimana om? Masih nyimak ney
wah.... rio yg mana om? yg baru blm nongol diindo
lawyerone wrote: Wed Feb 08, 2017 14:40 Wahhh, jok kulitnya bikin dimana om? Specsnya dan merek serta tipe ap aya om? Keren!
hahaha thx you om... mbtech + acura klw g salah. synthetis om bukan kulit asli, targetnya harus sama coraknya dgn yang di dashhboard dan trim
evolution21 wrote: Sat Feb 11, 2017 14:32 ditunggu kelanjutan upgrade performancenya
penasaran jg potensi mesin skyaktiv bila stage 1 bisa sampe seberapa
lg research2 om... pling tinggi n.a skrng 157hp 191nm di MT, itu uda naik 47hp dri standar. klw di AT pling tinggi 147hp....

target sya di atas 140hp aja deh.. hehe :D
skyactiv yg paling potensial rasanya yg 2000cc, di Mazda 3 dan miata sudah 220hp n.a
yang 1.5 di miata 160hp, tp camshaftnya beda dgn M2.

thx you om.. :D
DOHC wrote: Sat Feb 11, 2017 15:27 @ mods bill

ane punya type S om... ga ad paddle pop nya... hehehe
hooooo pantes hahaha :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by bapakne_satya »

Seperti variant yg dikembangkan dari golf yg (katanya) tidak senikmat golf, kira2 apakah CX 3 yg based on 2 juga akan kehilangan rasa aslinya?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by evolution21 »

bapakne_satya wrote: Sun Feb 12, 2017 1:00 Seperti variant yg dikembangkan dari golf yg (katanya) tidak senikmat golf, kira2 apakah CX 3 yg based on 2 juga akan kehilangan rasa aslinya?
Umumnya begitu ya, semua versi sedan / hatch yg di kembangkan jd suv atau mpv
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by lawyerone »

bapakne_satya wrote: Sun Feb 12, 2017 1:00 Seperti variant yg dikembangkan dari golf yg (katanya) tidak senikmat golf, kira2 apakah CX 3 yg based on 2 juga akan kehilangan rasa aslinya?
Hmmm. Katanya CX3 sih agak berat ya, tapi kalo mesinnya lebih gede mestinya sih bukan masalah.

Baca review katanya feelnya ga beda jauh, mungkin karena CX3 tetap ceper sih. Kalo crossover lain kan ditinggiin, jadi mungkin agak beda. Tapi gatau juga, belom cobain soalnya. Kita tunggu ajah :D
arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by arinugroho14 »

Very nice in-depth review, dan foto nya bagus - bagus

Saya pake M2 lama, tapi juga sering bawa M2 Sky

Setuju mengenai transmisinya yang lock-up nya cepet, dan responsif kl di sports mode serasa pake dual clutch (kebetulan sya pernah bawa Ford EcoSport).
Kl sedang cruising di tol pas lancar, sya pindah ke manual, oper ke gigi yg lbh tinggi spy rpm nya turun, jadi bantu keiritan BBM
i-Stop sya nyalakan kl pagi berangkat kerja (AC off), bisa 1m 20s, lumayan buat di lampu merah dan antri drive thru fastfood

Kekurangannya bagi saya, posisi control knop volume di console agak tinggi dan mundur, jadi harus menekukkan lengan.
Jika di cupholder tengah di taruh botol minuman atau cup minuman takeaway dr restoran2, sedotan atau kepala botolnya kena lengan pengemudi dan mengatur MZD dari knop tengah menjadi terganggu

Tp gpp, krna handlingnya mantab (meskipun setirnya menurut saya terlalu ringan) dan transmisi matic AT nya yang serasa DCT
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by geofreyap »

Great post !!!

Anu, soal manual mode, dari pengalaman oe sih, meski oe tidak upshift saat redline, mobil tetap akan upshift sendiri.
Meski memang agak lama, sekitar 2-3 sec setelahnya. Dicoba deh om :)

Lalu entah kenapa oe lebih suka sport mode dinyalakan. RPM lebih siap saat dibutuhkan. Engine brake juga lebih terasa.
Mungkin karena oe lebih suka & terbiasa pakai MT daripada AT torque converter seperti ini :D

Lalu boleh juga ganti ban Toyo DRB (ada ga ya ukuran 185/60/16... Oe lupa..).
Setir jadi jauh lebih berat, grip mantap. Sekedar share pengalaman aja saat oe pakai 195/50/16 :)

Congrats anw !!! :)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by qushay20019 »

thanx om billy buat review dan foto2nya yg udah sekelas reviewer internasional

tapi maap nih nubi lancang & rada OOT, kok di beberapa foto rasanya lebih ngejar bokeh (DOF sempit banget) daripada exposure yak? jadinya di mata nubi rasanya rada gelap & rada gemes krn pengen tau detail bagian lain di foto tapi ke blur, hehehe.

anyway, congrats for the new ride om, & for the award juga sbg best reviewer :)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by billyd1773dz »

bapakne_satya wrote: Sun Feb 12, 2017 1:00 Seperti variant yg dikembangkan dari golf yg (katanya) tidak senikmat golf, kira2 apakah CX 3 yg based on 2 juga akan kehilangan rasa aslinya?
evolution21 wrote: Sun Feb 12, 2017 1:46
bapakne_satya wrote: Sun Feb 12, 2017 1:00 Seperti variant yg dikembangkan dari golf yg (katanya) tidak senikmat golf, kira2 apakah CX 3 yg based on 2 juga akan kehilangan rasa aslinya?
Umumnya begitu ya, semua versi sedan / hatch yg di kembangkan jd suv atau mpv
lawyerone wrote: Sun Feb 12, 2017 3:30
bapakne_satya wrote: Sun Feb 12, 2017 1:00 Seperti variant yg dikembangkan dari golf yg (katanya) tidak senikmat golf, kira2 apakah CX 3 yg based on 2 juga akan kehilangan rasa aslinya?
Hmmm. Katanya CX3 sih agak berat ya, tapi kalo mesinnya lebih gede mestinya sih bukan masalah.

Baca review katanya feelnya ga beda jauh, mungkin karena CX3 tetap ceper sih. Kalo crossover lain kan ditinggiin, jadi mungkin agak beda. Tapi gatau juga, belom cobain soalnya. Kita tunggu ajah :D

nahhh gud question.... :mky_02: hasilny akhirnya memang harus di TD.. tp ya untuk skrng kita teliti data teknisnya saja :D

jadi gw bikin perbandingan ini
Image
lihat M2 vs CX3

Wheelbase sama 2570.. so manuverability hrsnya (hampir) sama.
Groundclearence M2 152mm vs CX3 155mm surely CX3 lebih tinggi dikiitt... so.. center of gravity tidak banyak robah
Lebar Track axle M2 1495/1485 vs CX3 1525/1520 yep.. CX3 lebih lebar 3/3.5cm.. disini seharusny ada efek ke pengendalian jd lebih baik.
Berat M2 1038kg vs 1252 nah.. disini jelas CX3 lebih berat... tp tunggu dulu..
M2 110hp/141nm vs 155hp/204nm power to weight ratio adalah 0.106hp/kg sedang kan CX3 0.123hp/kg begtu juga torsi 0.1356nm/kg vs 0.1629nm/kg, dan torsi CX3 peaknya di 2800rpm makin nunjukin karakter midrev ala skyactivny yg beda dibanding mesin n.a lain.

ratio transmisi sama.

perbedaan lain, baut roda CX3 ada 5 artinya komponen kaki2 berbeda dan (bisa jadi) punya load rating lebih tinggi.

Image
wheelbase sama, tp CX3 lebih panjang, sepertinya bagasi lebih gede dan kabin lebih lebar juga tinggi, tp legroom tdk berharap terlalu banyak.

so... klw dibilang rasa "aslinya" hilang atw tidak saya rasa tidak. karna imho benchmark skyactiv sebagai "rasa asli" itu dari jinba ittainya miata. (meski yg skyactiv ND nongol blkngan) bukan dari m6, m3 apa lagi m2.

in summary CX3 itu versi lebih kencang dari M2, lebih masculine, dan lebih ganteng atleast menurut saya.....
dia lebih kencang 0-100 cukup 8.8s hampir sama dgn CX5 2.5 dan lebih kencang hampir 2s dari mazda2. gc beda tipis dan track lebih lebar.... berat 1.2T lebih ringan dri small suv lain, di 1.3-1.4T, meski CX3 overall yg paling kecil jg.

fitur2 tergantung eurokars, bisa jadi CX3 lebih lengkap dri M2. kemungkinan cx3 ada sunroof

tapi...
lebih mahal... pasti... lebih boros.. pasti.. ukuran kabin.. ya well sama - sama sempit.. gc juga mirip2.....
nah radius putar.. M2 4.7 vs CX3 5.3 yg ini beda jauh..


soo.. sya rasa, jika suka modelnya.. ingin small suv bertenaga besar.. tidak masalah gcnya rendah.. tidak masalah lebih boros dan sanggup bayarnya.. dan tahan nunggu sampe nongol... go for cx3

soo deal breakernya saya rasa di Harga dan turning radius + lebar + kaga rilis rilis....

soal pengendalian no worries.

terus terang gw ngefanss bngt ama CX3.. tp gara-gara suatu hal yg berujung terkena php oleh oknum tertentu... jadi ya sudah lah..... :big_cry:


salah satu video yg bikin gw ngefans :big_love:


arinugroho14 wrote: Sun Feb 12, 2017 5:50 Very nice in-depth review, dan foto nya bagus - bagus

Saya pake M2 lama, tapi juga sering bawa M2 Sky

Setuju mengenai transmisinya yang lock-up nya cepet, dan responsif kl di sports mode serasa pake dual clutch (kebetulan sya pernah bawa Ford EcoSport).
Kl sedang cruising di tol pas lancar, sya pindah ke manual, oper ke gigi yg lbh tinggi spy rpm nya turun, jadi bantu keiritan BBM
i-Stop sya nyalakan kl pagi berangkat kerja (AC off), bisa 1m 20s, lumayan buat di lampu merah dan antri drive thru fastfood

Kekurangannya bagi saya, posisi control knop volume di console agak tinggi dan mundur, jadi harus menekukkan lengan.
Jika di cupholder tengah di taruh botol minuman atau cup minuman takeaway dr restoran2, sedotan atau kepala botolnya kena lengan pengemudi dan mengatur MZD dari knop tengah menjadi terganggu

Tp gpp, krna handlingnya mantab (meskipun setirnya menurut saya terlalu ringan) dan transmisi matic AT nya yang serasa DCT
trms om... hehe :D
betul om, klw kita gasnya kencang dia shift dgn sigap layaknya DCT... tp klw kita gas halus.. dia shiftnya juga slow n smooth... hehe

i stop klw malam hari ac off audio off... bisa sampai 5 menit tu hehe... :D sangat bergantung load elektronik dan suhu ac sih ya.

nah.. betul om.. :D tergantung posisi kursi kita sie yah bisa jadi terlalu maju atw mundur hehehe... :D



yg lucu...... klw drivernya sedang pke shiftronic tangan kiri di tuas.... co driver mau pindahin mzd atw ngatur volume audio dgn tangan kanan.. bisa terjadi hal-hal tdk di inginkan apalagi klw kedua nya cowo bisa nimbulkan pitnah... kya kejadian roadtrip ke gath kemarin :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hahahahaha :D
geofreyap wrote: Sun Feb 12, 2017 7:04 Great post !!!

Anu, soal manual mode, dari pengalaman oe sih, meski oe tidak upshift saat redline, mobil tetap akan upshift sendiri.
Meski memang agak lama, sekitar 2-3 sec setelahnya. Dicoba deh om :)

Lalu entah kenapa oe lebih suka sport mode dinyalakan. RPM lebih siap saat dibutuhkan. Engine brake juga lebih terasa.
Mungkin karena oe lebih suka & terbiasa pakai MT daripada AT torque converter seperti ini :D

Lalu boleh juga ganti ban Toyo DRB (ada ga ya ukuran 185/60/16... Oe lupa..).
Setir jadi jauh lebih berat, grip mantap. Sekedar share pengalaman aja saat oe pakai 195/50/16 :)

Congrats anw !!! :)
thx yu om... hehe

wah blm pernah dicoba... ga tega haha.. :D klw sudah kena revlimiter langsung nahan mesinya, pasti langsung di upshift manual, paling lama saya lupa upshift 1-2s an.. hehe nanti deh di coba.. tp klw jebol tanggung jawab yah :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance: hahaha

ya enak sie pke sport mode klw memang niatnya mw gaspol-polan..... rev ngejaga di atas 4000 terus, enjin brake kuat karna pke gigi rendah terus, pedal jauh lebih sensitif.... lag dri throttle jdi minim.... hehehe :D


hehehe seepp gw catet omm... sya cari ban yg lebih silent dan comfort ni hehe :D yg lain juga klw ada masukan monggo :off_good_job:
qushay20019 wrote: Mon Feb 13, 2017 3:08 thanx om billy buat review dan foto2nya yg udah sekelas reviewer internasional

tapi maap nih nubi lancang & rada OOT, kok di beberapa foto rasanya lebih ngejar bokeh (DOF sempit banget) daripada exposure yak? jadinya di mata nubi rasanya rada gelap & rada gemes krn pengen tau detail bagian lain di foto tapi ke blur, hehehe.

anyway, congrats for the new ride om, & for the award juga sbg best reviewer :)
thx you ommm :D

wah gpp om seneng gw ngobrol fotografi hahah :D

jadi.. sya kan sengaja nyewa lensa maut yg hargany sinting for a day.. just for this photo sension.. so a bit carried out with the lens bokehlicious haha :D tapi ntah lah di monitor saya exposure sudah cukup terang. dan bagian yang tajam dan terang memang bagian yang di highlight dan akan di bahas agar terlihat sebagai vokal point utama.

ada kemungkinan juga, monitor om yg di set terlalu gelap atau.. memang beberapa monitor berjenis TN, ada yang dari sananya tdk terlalu akurat warnanya, dan sering jadi tampil lebih gelap. (well just like in my leptop yg asliny cukup parah, trus gw kalibrasi di usahain sama dgn d ips dan beberapa ponsel yg rating kalibrasi warnanya baik) editing gambarnya sendiri di pc yg pke ips panel. well cheap ips panel... :big_cry:

tp klw ga keliat karna blur.. ya well.. maafkan saya.. hahaha :mky_01: trms input nextime will be better hehehe :D








=============================================================================
oh ya soal award makasih banget semua :mky_02: much appreciated, tidak sia sia,sya ngetik bermalam - malam dan sampai nyewa beberapa equipment hehehe

memang its just for fun,hobby photography dan automotive knp tdk di gabung saja haha
alhamdullilah ada yg mengapresiasi bisa menghibur dan membantu yg lagi galau di pasar otomotif indo hehe :D

cheers sukses selalu


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
capman
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Feb 14, 2017 5:28

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by capman »

congratz M2 nya oom, suspensi belakang pake torsion beam apa multilink ya om?
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

Post by ABEDUL »

entah mau ngetik apa di thread nya om billy selain bagus sekali dan fotonya yg apik, walaupun saya tidak begitu faham saat ini (mungkin nanti sambil di cerna)

and, selamat ya om atas penghargaan nya