In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by amfibi »

Malem SMers, numpang sharing review dengan bahasa awam (biar mudah dimengerti, eehhhh padahal mah emg dasar ane orang awam aja :ngacir: ) mobil harian ane yg dulu dipake 2014-2016 yaa. Agak sedikit dibanding2kan dengan mobil jaman sekarang juga, biar pada gampang ngebayanginnya hehe berhubung ngga banyak lagi di jalan skrg. Barangkali mbantu jd referensi smers yg penasaran/pengen beli mobil kaya gini/dsb :mky_02:

=====

Image

Image

Mobil ini keluarga ane beli dulu 2014 pertengahan. Hasil jual RAV4 yang harus direlakan dijual karna lagi ngalemin bangkrut, tapi masih butuh 2 mobil untuk dipake bersamaan sama orang2 rumah (dulu cuma ada camry & rav4)... Jadi setelah melalui perhitungan sana sini tersisalah 30jt an buat beli mobil yg apa adanya dan dipake sampe akhirnya bisa beli yg lebih bagus lagi lain waktu. Pertamanya udah nyari2 mobil yg istilahnya 'beater car' yg walaupun kondisinya apa adanya yg penting lancar dipake. Kyk ford laser, hyundai accent, katana, dsb... Tapi beberapa hari setelah nyari2 mobil kaya gitu, ada temen bokap yg butuh jual cepet mobilnya. Dan akhirnya tanpa pikir panjang diangkutlah mobil ini dengan harga 35jt (walaupun pasarannya 20jt an doang)...

Kenapa segitu? Mobil ini baru kelar proses restorasi yg makan sekitar 50jt an mulai dari body kaki2 mesin semua direhab dgn parts original, sampe pas akhirnya dijual jd pindah ke tangan ane mobil ini sudah 100% tanpa PR dan semuanya berfungsi dgn sempurna tanpa satupun cacat cukup dengan beli 35jt. :mky_08:

Image
*kalo lagi nyetir ini, ane suka setel kaset ini dan album2 lainnya dr toto, sesuatu dr tahun 80an yg ane sebagai generasi 90an suka bgt semua albumnya :glodak:

Image

Sedikit flashback, mobil ini diluncurkan tahun 1984 (ane lahir 14 tahun kemudian :mky_03: ). Waktu itu, corolla AE80 ini bikin orang skeptis bgt sama kemampuannya dibanding predecessornya yaitu DX, karna penggerak mobil ini pindah ke depan dari yang sebelomnya belakang. Selama berjalannya penjualan, GL ini juga kena issue2 kyk radiator yg cuma 1ply jd suka overheat, dsb dsb yg intinya bersangkutan sama reliabilitas yg kurang bagus.
Sampe akhirnya baru pas 1986 mobil ini direfresh jadi Corolla SE, yang improvement di kosmetik & mesinnya jauh bgt (8 valve jadi 12 valve, tenaga naik banyak, lebih irit). Barulah di SE ini problem2 yg sebelomnya ada di GL hilang...
Dan di 1988 mobil ini hilang, digantiin sama corolla twincam yg jauuuuuuuuuh lebih advanced daripada si SE baik dari segi desain, mesin, teknologi, semua2 pokoknya. :upss:

Image

Yukk masuk ke desain. GL ini tuh desainnya 80an banget! Pokoknya ga ada unsur2 70/90an didalemnya deh, semuanya serba retro yg mencerminkan bahwa ini adalah barang buatan era 80an. Semuanya serba kotak mulai dari bumper grill lampu2 kaca pintu apapun you name it lah :mky_03: . Buat yg suka tampang retro, this car would suits you well.

Image

Model mobil ini kalo dibanding DX, jauh lebih sleeeeeek (dalam arti 80an). Ngga ada otot2an, semuanya serba kotak simpel. Jujur aja, ane lebih seneng liat DX karna liat mobil ini rasanya ngantuk. Bosenin banget semua garisnya rata, ga ada yang ngesanin mobil ini 'beda' sama mobil2 lain di jamannya... :mky_05:

Image

Seengganya kalo difoto kaya gini, bikin orang ketuker sama Corolla AE86nya tukang tahu di initial D... :mky_03:

Image

Image

Tampak sampingnya juga kotak2 simpel banget, tanpa ada aksen/garis yang aneh2. Velg aslinya ukuran 13 inch kaleng, tapi karna velgnya bulukan diganti deh sama 1 set velg Jazz RS dicat gunmetal yg sekarang bersarang di city ane. (sebenernya cinta bgt sama velg kaleng aslinya, tp mau gimana lagi sementara adanya velg jazz rs waktu itu, jd yaudah aja pake ini dulu :ungg: ). Pas dipasang kaleng asli kalo mulus velgnya, bener2 OEM style bgt mobil ini.

Image

Untuk bagian belakangnya, sama aja kaya bagian2 lain yg serba flat kotak simpel dan tidak berkarakter :e-snooty: Tapi sih ini lampu belakangnya diganti jadi yang USDM version, lumayan lah bikin beda dikit daripada GL lain dijalan...

Secara keseluruhan, di sisi desain malah buat ane jauh lebih berkarakter DX. Mobil ini bosenin banget walaupun kesan retronya kuat, tapi lack of character tersendiri... Subjektif sih, tapi begitulah menurut ane :mky_01:
Yang jelas kalo dijejer sama citycar2 yg ada di masa skrg ini, keliatan banget GL kalo dibenchmark in ke mobil2 skrg kategorinya adalah citycar nya sedan. Sama kecilnya sama mereka sih, ukurannya cuma panjang 4.1 meter dan lebar 1.6 meter, dan wheelbasenya cuma 2.4 meter aja DAN beratnya sekitar 800-900kg gitu. :mky_03:

==============

Image

Masuk ke interior. Kembali lagi mobil ini meneriakkan kata2 "80s!" di dalamnya. Tapi, 80s yg dijumpain disini bukan yang aristokrat mewah berdekorasi macem2 kaya cressida, crown, datsun 910, atau malah mercy tiger. Tapi yg ada disini adalah desain untuk kaum proletar... :ngacir:

Kondisi interior mobil ini masih utuh bersih dan asik banget, baunya juga wangi (abis disalon :ngacir: ), gambarannya kaya om2 masuk ke interiornya altis 2010 deh baunya...

Nuansa interiornya berwarna abu2 kombinasi gelap dan terang (yang berubah di SE jadi warna coklat). Pemilihan warna kaya gini simpel dan ga neko2 sih, tapi somehow buat ane kok maroon/coklat ala 80an lebih melekat di hati ya haha... Modelnya sendiri serba kotak2, dengan peletakan2 instrumen yang sama sekali ga ada masalah untuk menjangkaunya.
Nah, poin plus mobil tua selalu berada di bahan yg digunakan. Bahkan di mobil corolla yg dulunya harganya standar2 aja, udah pake bahan soft touch di bagian dashboardnya. Doortrim juga pake bahan empuk dengan campuran beludru. Kualitas plastiknya semuanya masih bagus & baik bgt lah tanpa cacat dan bahannya tebel2, sesuatu yg ga akan pernah kita temuin di mobil 100 jutaan jaman sekarang ketika udah seusia mobil ini kelak.... :mky_03:

Image

Image

Ruang kemudi mobil ini luaaaaaas, cocok buat kaki ala' bule kayak ane yg kepanjangan dengan tinggi 185cm masih wenak bangets (mungkin karna mobil ini juga diperuntukin buat ke seluruh dunia termasuk US). Posisi nyetirnya lumayan rebah ala sedan, ngga duduk kaya hatchback. Segala kontrol mudah dijangkau & dimengerti posisinya, tapi memang sederhana alias ga ada fitur macem2 yg ngebantu pengendara, cukup gas rem kopling steer tuas transmisi sen wiper dan... gulungan window by power. :mky_03:

Soal visibilitas, jangan ditanya. Pengemudi pemula bakal seneng banget banget banget baaaanget sama mobil ini karna kacanya yg kotak gede2, pillarnya tipis2, dan semua ujung2 keliatan sampe bahkan ujungnya bagasi keliatan dengan jelas (mobil hari gini apa coba yg bisa ngeliat ujung bagasi dengan jelas 100%). :mky_02:

Image

Duduk di belakang, mulai deh kerasa ini mobil kecil buatan tahun 80an. Dengan posisi seat depan yg normal buat orang duduk aja, legroomnya udah cuma sisa kaya di gambar doang. Buat orang 160cm an ngepas aja tapi masih bisa diakomodir. Tapi buat ane kaki mau ga mau harus nempel jok & rada ngangkat dari lantai, alias lutut bertumpu ama jok depan :big_slap:
Dan berhubung mobil ini juga ga lebar, untuk jejer 3 orang di jok belakang kok rasanya berat (dan mobil ini ga ada seatbelt di jok belakang...

Poin plus soal ergonomi ada di headroom, yang cukup lega (thanks to atap kotak)...
Dan bahan joknya ane suka, walaupun masih kerasa bgt kelas mobil proletar (bukan yg kain mewah kayak di corona/cressida), tapi nyaman. Bahannya kuat loh setelah 30 tahunan tetep ga ada sobek, terus juga karna udah dilaundry pelapisnya jd rapih lagi kaya baru :mky_02:

Di dalem kabin ini ngga ada fitur sama sekali deh kayanya, jangan ngarep yg model fitur kalo mundur ada suara mbak2 kaya di mazda 626, speedo digital kaya di cressida, atau bahkan kulkas kaya di crown... bahkan window aja masih by power tangan sendiri & spion juga sama nasibnya. Paling fitur yg standar ada di sini :

Image

AC dan tape. :mky_05: ac nya sendiri karna udah diganti semua komponennya dgn yg baru, jadi dingin total menggigil sampe panas jam 12 di jakarta aja didalem mobil masih kedinginan tingkat dewa. Untuk audionya ini udah diganti sih jadi tape alpine bekas toyota 90an (duh lupa apa ya soluna atau kijang gitu). Speaker masih asli dari tahun jebot (nyala loh ampe dijual 2016 juga), terletak di dashboard bawah bagian kanan dan kiri. Suaranya?

Bayangin aja suara ini :

Image

SMers yg punya ini dirumah pasti tau suaranya kaya gimana. Persis deh pokoknya 99% sama compo phillips ini, bedanya dipasang di mobil. :mky_03:

Image

Image

Bersih ya :mky_03: ban serepnya masih ngasih fullsize, ala mobil jaman dulu. Bagasinya cukup lahh lebih luas daripada hatchback2 jaman sekarang, kalo dijejerin koper muat 2 koper fullsize...

Kesimpulannya, walaupun ga ada yg spesial tapi sebagai pengemudi ane ga ada yg mau dikeluhin sih berlama2 didalem mobil ini juga, masih nyaman. Paling kalo jd penumpang belakang agak kesel sama spacenya yg masih lebih lega baris ketiga innova baru kali :upss:

============

Image

Open the hood, and you will see this :

Image

Mesin 2A 1300cc karburator 8 valve. Tenaganya pas pasan aja dengan 65hp di 6000rpm dan 98Nm yang udah keluar di rpm 3800 aja (ane yakin mobil ini masih sesuai di segitu outputnya karna udah turun mesin dan ganti semua parts2 jd baru, intinya udah indah bgt lah mesinnya). Tenaganya mirip agya yg 1000cc aja kalo secara spec ... :mky_03:

Transmisi mobil ini untungnya udah 5 speed. Coba masih 4, meraung2 deh...

Yang males dari mobil ini aslinya radiatornya cuma 1 ply, yaudah aja deh pas macet kalo lama pasti jarum temperatur langsung pengen mendaki ke posisi H. Tapi yg ini udah diganti sih radiatornya jd 2 ply, jd macet2 amann... :mky_01:

Kalo dites jalan, pengemudi manual yg masih pemula pasti bingung sama mobil ini. Pertama start, koplingnya aneh karna rada dalem dan ga seringan mobil2 sekarang (jujur aja buat ane abis kebiasaan bawa mobil ini, bawa mobil2 manual lainnya jadi gampang banget, mungkin emang kalo pengemudi pemula baiknya belajar pake mobil tua yah sebenernya instead of brio/agya :mky_03: ).
Terus juga ga bisa langsung jalan dari dingin karna biasalah karbu, harus dipanasin dulu. Yg ga pernah megang mobil kaya gini pasti kagok pas pagi2 start kok abis distarter trs digas malah mati :upss:

Respons gasnya cukup ringan dan tentunya ala mobil jaman dulu, digas langsung loncat tanpa ada delay. Ane suka yg kaya begini, mesinnya jd berasa kencenggg :mky_02:

Dipake di dalam kota, kerasa enaknya corolla GL ini. Torsi yang udah muncul dari rpm 3800 aja dan dipadu berat yg cuma 800kg an, bikin mobil jd cepet bgt melaju di puteran rendah. Gearnya termasuk nggak yg panjang sih rationya, jadi agak sedikit pendek range antar giginya. Di dalem kota masih berani lah diadu sama mobil2 citycar baru kaya agya karimun dkk mah. Sama jazz/city/brio/vios gitu mah udah ga berani lagi, udah jelas diasepin mobil ini... :glodak:

Nah kalo puteran atasnya, agak kurang (wajarlah mobil toyota jadul yg ngejer efisiensi). Tenaga atas tuh baru enak di seri yg Corolla SE (12 valve 2E engine), ngisi bgt diatas 100 juga. Mobil ini kurang kalo dibandingin SE mah :mky_01:

Suara mesinnya sendiri, ngga ada yang spesial, tapi ngga terasa bahwa mobil ini ngga mampu buat dipake di jaman sekarang. Masih kerasa fresh lah didengernya, terus juga getarannya standar aja, pas masih panas sih bergetar sedikit tapi pas udah panas mah haluuuuuus. Suara mesin pas dibawa mobilnya tentu masuk ke dalem, tapi ngga sampe taraf mengganggu. Di toll juga suara mesinnya masih anteng ga bikin puyeng.

Soal handling, nah ini dia nih yg terasa lumayan spesial dibanding mobil2 jaman sekarang. Tau rasanya bawa gokart? Nah itulah rasa ngebawa mobil ini. Beratnya yang ringan banget, bentuknya yang sedan, mesinnya yang snappy di putaran bawah, DAN steernya yg no power steering alias steering by power (sumpah pake velg 16 inch nyiksa banget parkir paralel yg banyak belok2 pake mobil ini, kalo pake 13 inch bawaannya mah relatif ga berasa :mky_03: ) bikin pengendaliannya secara keseluruhan jadi asik banget.

Steernya kerasa banget feedback dari jalanan alias sangat natural, terus juga akurat no speeleng2an, dan buat dipake selap selip belok tuh kerasa lincaaaaaaah banget. Buat dipake dalem kota suka senyum2 juga pake mobil ini, asik dibanding brio2an yang kaya bawa mobil mainan. Nah pake GL ini berasa banget bahwa ini adalah sebuah mobil yg bener2 pure dikontrol sama pengemudinya, tapi asik ngga ngebebanin bawanya :mky_02:

Dipake speed tinggi? Duh ane ga pernah, takut juga abisnya udah tua walaupun sehat tapi sayang aja rasanya... Paling maksimal 100 di toll dalam kota/jorr gitu, dan ya masih kaya mobil jaman sekarang. Ngga ada yang aneh2, jalan aja terus stabil dengan tenaga yg masih lumayan lah dan suara2 yg masih masuk batas normal di kuping. Ga kaya bawa 100 di kijang kotak yg rasanya...bikin budeg kuping :upss:

Rem nya cakram di depan dan tromol di belakang, sudah dilengkapi booster juga. Rasa ngeremnya kaya bawa agya, tapi mobil ini remnya lebih halus jadi enak ga nyentak2. Soal rem ga ada keluhan sama sekali lah :D

Bicara soal kenyamanan, biar SMers pada gampang ngira2nya, kira2 sama kaya vios/limo yg 2007-2011 gitu deh (pasti pada pernah naik taxi ini kan :mky_03: ). Bantingannya, rasa2nya yaaa persis itu, which means not bad buat ane karna ini mobil kecil berusia 30 tahunan yg kaki2nya baru direstorasi. Konstruksi kaki2nya sederhana aja, belakang juga masih torsion beam jd yaaa untuk performa kaki2 rasanya ga ada yg spesial.

Duduk lama di jok depan, ngga bikin pegel. Tapi jok belakang kalo udah diatas 1 jam rasanya udah ga nyaman lagi somehow, walaupun keempukannya lumayan. Posisi nyetir nyaman2 aja walaupun ngga ada cerita tilt/telescopic steering. Paling kalo macet kakinya sedikit pegel karna koplingnya ngga seringan citycar jaman sekarang, yaaaa sedikit berat tp ga segimana berat gitu itungannya.

Satu yang bikin bete dari poin kenyamanan : kekedapannya. Standarnya, mobil ini ngga ada peredam sama sekali. Dan karet2 pintunya juga masih karet mati (bukan balon) kaya datsun GO batch yg awal2 dulu. Suara tutup pintu sama merdunya sama suara ngebanting kaleng, dan pas di jalan suara motor sampe suara mesin motor matic yg halus itu pun MASUK SEMUA. Itu buat kuping ane gerah bgt, tapi berhubung ga ada duit buat pasang peredam tambahan jd dibiarin aja :mky_05:

Untuk konsumsi bensinnya, cukup premium aja. Terus juga dalkotan jakarta gitu dapet 1:10, da dasar mobil irit dari barunya juga (untuk mobil karbu jaman purba tanpa teknologi efisiensi ini itu, 1:10an irit banget loh). Tol sekitar 1:13 lah kira, ngga akan nembus 1:20 karna mobil kaya gini ngga dirancang untuk berputar rendah mesinnya di speed tinggi... :mky_03:

Apalagi ya... Terakhir deh, soal perawatannya.
Selama 2 tahun miara, karna pas awal mobil diangkut sama sekali ga ada PR, jadi ngga keluar macem2 buat mobil ini. Dasar corolla cap tangguhnya melekat dari tahun dulu ampe sekarang juga, selama dipake woro2 di jakarta mobil ini relatif jarang bermasalah. Pernah masalah tuh cuma sekali aja, overheat di depan smak 1 penabur jkt gara2 selang radiator ada yg getas. Ini mungkin karna mobil keseringan dijemur tiap hari jadi sebenernya cuma masalah sepele aja :upss:
Senengnya, mobil ini selalu bisa start kapanpun. Walaupun udah tua tapi tetep peace of mind makenya juga, bravo Toyota! :big_comfort:

===========

Sampai juga di bagian kesimpulan. Untuk sedan kecil setua ini, ane rasa di jamannya mobil ini cukup all round lah performanya. Mungkin ngga mewah, juga ngga kenceng, dan ngga segimana bagus, tapi semua poin2nya udah cukup buat dikategorikan worth buat dibeli di jamannya. Dibanding kompetitornya si civic wonder yg tukang overheat (ibu ane pernah punya ini baru, dan dari baru juga udah sering kepanasan mesinnya) dan interiornya buruk rupa dengan bahan full plastic & model dashboard ngga keru2an, rasanya mendingan corolla GL bangeeeet.

Cuma mungkin kalo dibandingin nissan sunny segenerasi (ane pernah coba bawa yg built up), ENAKAN SUNNY JAUH KEMANA2 mulai dari tenaga, kenyamanan, sampe rasa ngebawanya. Nyamaaan banget padahal kondisinya bagusan GL ane :big_slap:

Dan di atas ane bilang mobil ini worth untuk dibeli di jamannya, BUKAN UNTUK JAMAN SEKARANG. Kenapa?
Karna GL ini ga ada poin2 spesialnya buat dibeli sekarang, kecuali anda emang udah ngebet banget atau punya pengalaman sentimentil/historis sama mobil ini dan pengen beli lagi. Mobil ini termasuk all-rounder di segala sisi dan karena itu jd ngga punya rasa spesial untuk dipakai di tahun anda membaca review ini.

Jauh lebih bijaksana beli cressida, atau eropa2 tua kyk 960/740 nya volvo atau E30 nya BMW atau apapun mobil2 lainnya yang kelasnya lebih tinggi dari mobil ini di zamannya masing2 tapi harganya sama. Mobil ini sudah tua, dan kalo ngga dapet yg kondisinya sangat bagus kyk yg ane ini, bakal sama2 ngegerogotin kantong dan tenaga buat ngeberesinnya. Daripada anda repot2 ngeberesin dan ngeluarin duit buat ngebetulin mobil yang sebenernya nggak worth2 banget kemampuannya untuk anda rasain di jaman sekarang ini, mendingan sekalian betulin mobil BAGUS yang mewah di jamannya jd uang yg dikeluarin ga sia2 buat ngebenerinnya dan ketika udah jadi, mobil akan terasa sangaaaaaat nikmat untuk anda kendarai. :drinking:


========

Thanks for reading, semoga menyenangkan untuk dibaca :mky_02:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by NYoman »

Ini seri pas sebelum twincam ya om corolla pertama dengan mode ff? Soalnya waktu saya lahir corolla udah agak bulat (liftback) mesin juga ada pilihan 1.3 dan 1.6.. Karena pernah pelihara si DX (non mark series) jadi keinget juga desain in dan out nya.. Btw nice review om, nostalgia dengan mobil2 lama jadinya.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by ginting »

Pertamax..dulu ane thn 90 numpang mobil ini.rasanya sdh mewah banget. Pulang mandi mandi dari Tuntungan ke Medan. Yg punya teman satu stamboek, anak jl rebab, pasar 2, pdg bulan.

Sent from my K012 using Tapatalk

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by michaelgiri93 »

Nice review om
Journey through time ya ni om baca reviewnya
Langsung inget ae86 inital d
Btw speedonya mirip ya om sama trueno?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by amfibi »

NYoman wrote: Sat Feb 04, 2017 15:22 Ini seri pas sebelum twincam ya om corolla pertama dengan mode ff? Soalnya waktu saya lahir corolla udah agak bulat (liftback) mesin juga ada pilihan 1.3 dan 1.6.. Karena pernah pelihara si DX (non mark series) jadi keinget juga desain in dan out nya.. Btw nice review om, nostalgia dengan mobil2 lama jadinya.
Iyah om nyoman, ini corolla pertama yg FF, nah yang kedua yg twincam (sedan & liftback)...
Makasih om :mky_01: iya nih ujung2nya jadi nostalgia ama mobil2 keluaran lama wkwk...
ginting wrote: Sat Feb 04, 2017 15:26 Pertamax..dulu ane thn 90 numpang mobil ini.rasanya sdh mewah banget. Pulang mandi mandi dari Tuntungan ke Medan. Yg punya teman satu stamboek, anak jl rebab, pasar 2, pdg bulan.

Sent from my K012 using Tapatalk
Dulu sih harusnya termasuk mewah ya, kalo dibandingin kijang super carry gitu2 mah naik ini langsung berasa mewah bgt. :mky_03:
michaelgiri93 wrote: Sat Feb 04, 2017 16:54 Nice review om
Journey through time ya ni om baca reviewnya
Langsung inget ae86 inital d
Btw speedonya mirip ya om sama trueno?
Makasih om michael :mky_02: iya nih bikin article mobil2 tua gini bawaannya jadi flashback ke masa2 lalu wkwkwk...

Image

Ngga sama sih, tapi mirip2 ambientnya wkwk. Semenjak steer orinya diganti jd yg gitu, berasa (((berasa doang yaa))) bawa ae86. Mobilnya lincah bgt lagi, jadi seru aja hahaha :mky_03:
User avatar
cumulonimbus993
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue May 10, 2016 23:38

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by cumulonimbus993 »

:ungg: ngiler ini bikin ngiler :mky_01:

dr dlu inginy punya satu mobil yg spt ini utk hobby jg untuk mejeng jalan2 :big_blushing:

nice review om, sukses bikin ngiler :big_exellent:
it's about your driving style
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by alicevamps »

Depannya mirip dmc de lorean...
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by ginting »

FB_IMG_1486219732737.jpg
Rasanya iklan zaman dulu keren keren ya..
Konsep iklannya gampang dicerna. Straight forward..
Ingin kelihatan sukaes ? Pake produk ini..hreng jreng..
Ini salatunya

Gak kayak sekarang iklan konsep abstrak.


Sent from my K012 using Tapatalk

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by cursQ »

Aihirnyaaa kluar reviewnyaaa..

Coralla yg dsebut2 gagal ya betul itu karena tiba2 ganti jd penggerak depan lah blablabla. Sampe bokap gak mau jg ambil ni mobil dulu... kayaknya berbandng lurus sama corona se saloon nya jg yak..
Ni macam barang NOS..
Simpen om.. jangan dijual..
Enak bgt dpt barang uda jadi gini..

Klo jual agak murah kabarn yah hehe..
Ini seumuran saya mobilnya
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by nurekopriyo »

mantap review-nya...

kayanya mobil ini pada zamannya susah keluar dr bayang2 dx yg relatif sukses..
semoga pemilik barunya maintain mobilnya baik2..
refund
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Jul 23, 2008 4:45

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by refund »

wah... inget tahun 90 bolak balik bandung jakarta via puncak naik mobil ini ber empat di jok belakang... masing2 orang tingginya 170 sd 180cm
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26912
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by DOHC »

buset dah... ini mobil cuman beda beberapa taon doank lebi tua dr ane...

btw mantap nehh mobil retro nya... rapi tenan euyy... itu interior ampe rapi gt aseli ori smua atau ud rekondisi om, atau ampe kanibal sgala ga ?

ntuh momo nya jg mantep tuh... hehehehe...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by keong »

Gile mulus amat mobilnyaa, restorasinya beneran 50jt tu kayanya, ampe dalem2 mulu bener, gak rugi om !

Wah bagus nih reviewnya saya suka, sm perlu disegarkan dengan mobil2 lawas, biar membernya pd bernostalgia
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by amfibi »

cumulonimbus993 wrote: Sat Feb 04, 2017 22:02 :ungg: ngiler ini bikin ngiler :mky_01:

dr dlu inginy punya satu mobil yg spt ini utk hobby jg untuk mejeng jalan2 :big_blushing:

nice review om, sukses bikin ngiler :big_exellent:
Iya kerasa bgt om punya mobil 1 yg kaya gini dibanding yg baruan, pas pindah ke mobil ini berasa standout di jalan (kalo bagus mobilnya) & mesin waktu hahaha :mky_03:
Makasih omm :mky_01:
alicevamps wrote: Sun Feb 05, 2017 0:14 Depannya mirip dmc de lorean...
Iya juga ya diliat2 baru sadar mirip dmc delorean. dari depan doang sih tapi wkwk :mky_03:
ginting wrote: Sun Feb 05, 2017 1:12
FB_IMG_1486219732737.jpg
Rasanya iklan zaman dulu keren keren ya..
Konsep iklannya gampang dicerna. Straight forward..
Ingin kelihatan sukaes ? Pake produk ini..hreng jreng..
Ini salatunya

Gak kayak sekarang iklan konsep abstrak.

Sent from my K012 using Tapatalk
Iya om hahaha, ane juga seneng liat iklan2 jaman dulu karna scenery dibalik objeknya. Ngedoktrin banget sih jatohnya tapi keren :mky_03: :mky_02:

Image

Image

Image

Image
cursQ wrote: Sun Feb 05, 2017 1:34 Aihirnyaaa kluar reviewnyaaa..

Coralla yg dsebut2 gagal ya betul itu karena tiba2 ganti jd penggerak depan lah blablabla. Sampe bokap gak mau jg ambil ni mobil dulu... kayaknya berbandng lurus sama corona se saloon nya jg yak..
Ni macam barang NOS..
Simpen om.. jangan dijual..
Enak bgt dpt barang uda jadi gini..

Klo jual agak murah kabarn yah hehe..
Ini seumuran saya mobilnya
Iya ane bilang mah juga gagal sebenernya. Berhasil sih ningkatin efisiensi, tapi sistem penggerak roda depannya rasanya belom refined kaya mobil2 sekarang, jadi masih enakan bawa dx yg rwd... :big_slap:
Sayang udah dijual om 2016 kemaren hehehe, dirumah ada 3 mobil sama ini tp cuma butuh 2 jd ini dijual deh sayang bgt emg... :big_childish:
nurekopriyo wrote: Sun Feb 05, 2017 1:43 mantap review-nya...

kayanya mobil ini pada zamannya susah keluar dr bayang2 dx yg relatif sukses..
semoga pemilik barunya maintain mobilnya baik2..
Makasih om :mky_02:
Iya orang udah kena stigma DX itu yg paling bagus (dan emg bener sih) jadi ya mobil ini ga begitu sukses, baru sukses lagi di twincam series...
Amiinnn, pemiliknya yg skrg masih kenal sih jadi tetep tau wujud mobilnya gmn dan skrg jg masih bersih :mky_08:
refund wrote: Sun Feb 05, 2017 2:27 wah... inget tahun 90 bolak balik bandung jakarta via puncak naik mobil ini ber empat di jok belakang... masing2 orang tingginya 170 sd 180cm
Buset berempat di belakang via puncak, sempit bgt om wkwk :mky_03:
DOHC wrote: Sun Feb 05, 2017 2:29 buset dah... ini mobil cuman beda beberapa taon doank lebi tua dr ane...

btw mantap nehh mobil retro nya... rapi tenan euyy... itu interior ampe rapi gt aseli ori smua atau ud rekondisi om, atau ampe kanibal sgala ga ?

ntuh momo nya jg mantep tuh... hehehehe...
Iya nih om dohc tua bgt mobilnya kalo dipikir2 30 tahun lebih tapi sampe sekarang masih prima :mky_02:
Asli semua om interiornya emang begitu, dulunya ini tuh mobil bekas pensiunan tni. Jadi sebenernya dr asalnya jg udah kerawat banget, odometer masih di 233.000an terakhir ane pegang...

Nah btw ketemu nih foto asalnya pas temen bokap baru ambil dari pemilik lamanya :

Image

Image

Image

Image

Aslinya warna hijau gitu. Trus direpaint full putih sama benerin keropos2 karat2nya...
keong wrote: Sun Feb 05, 2017 2:53 Gile mulus amat mobilnyaa, restorasinya beneran 50jt tu kayanya, ampe dalem2 mulu bener, gak rugi om !

Wah bagus nih reviewnya saya suka, sm perlu disegarkan dengan mobil2 lawas, biar membernya pd bernostalgia
Iya nih om dulu ane jg sebenernya ga nyangka kan tadinya mau nyari mobil 30jt yg alakadarnya aja asal jalan lancar. Eh malah dapet yg begini :D
Restorasinya mahal di cat, benerin body ama rehab pake parts2 ori sih, sebenernya kalo ga pake parts2 ori bisa direduksi jauh dr 50jt mah wkwkwk...

Makasih om :mky_01: iyah sedikit bernostalgia, berhubung forum ini rasanya terlalu banyak bahas brand-new car. Old car jg berhak dapet tempat buat dibahas dong wkwk :mky_03:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by michaelgiri93 »

amfibi wrote: Sat Feb 04, 2017 16:58
Makasih om michael :mky_02: iya nih bikin article mobil2 tua gini bawaannya jadi flashback ke masa2 lalu wkwkwk...

Image

Ngga sama sih, tapi mirip2 ambientnya wkwk. Semenjak steer orinya diganti jd yg gitu, berasa (((berasa doang yaa))) bawa ae86. Mobilnya lincah bgt lagi, jadi seru aja hahaha :mky_03:
Hahaha
Bener2
Nah itu om, bisa ada sensasi ae86 nya itu om yg penting
Mobil retro yg fun to drive
:mky_02:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by marmut »

pernah naik mobil ini waktu kelas 4 SD, taun 88an lah.... ac-nya dingin banget.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by ransyah1234 »

Nostalgic banget
Baca reviewnya bawa memori waktu dulu naik mobil 80-90 an

Bawa mobil begini ga perlu kebut...rasa nostalgia dan tampil beda nya yg penting...apalagi kalau mobil sehat n ac dingin sehingga rasanya tenang nyetir

Yaa kalau nekat ngebut inget aja neither abs nor airbag available...crumple zone blum advanced..no 2nd row seatbelts

Ada plan angkat 90s apalagi om? Jangan lupa review lagi...hehehe
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by amfibi »

marmut wrote: Sun Feb 05, 2017 6:00 pernah naik mobil ini waktu kelas 4 SD, taun 88an lah.... ac-nya dingin banget.
Setuju hahaha acnya emang dingin banget, mungkin karna kabinnya kecil juga. Yg ane suhu jakarta barat jam 12 siang terik2nya, didalem mobil tetep kedinginan padahal fan udah 1 dan kaca filmnya 3M Clear... :mky_03:
ransyah1234 wrote: Sun Feb 05, 2017 7:07 Nostalgic banget
Baca reviewnya bawa memori waktu dulu naik mobil 80-90 an

Bawa mobil begini ga perlu kebut...rasa nostalgia dan tampil beda nya yg penting...apalagi kalau mobil sehat n ac dingin sehingga rasanya tenang nyetir

Yaa kalau nekat ngebut inget aja neither abs nor airbag available...crumple zone blum advanced..no 2nd row seatbelts

Ada plan angkat 90s apalagi om? Jangan lupa review lagi...hehehe
Iyaa bener bgt om, ga perlu ngebut buat nikmatinnya. 'rasa'nya itu beda bgt sama mobil2 buatan 2000 ke atas, jd pas pindah ke ginian tuh nikmat bgt ngerasain perbedaannya... :mky_02:
Plan angkat sementara sih belom ada, ga ada dananya wkwk :big_childish: paling nyoba2in mobil keluarga/orang aja wkwk... Siap om :big_smile]
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by NYoman »

Kalau DX masih bertebaran mungkin karena part nya berjibun ya (K series) kalau dibandingkan seri mesin E, mungkin lho ya.. Yang paling saya ingat, mobil2 ini pakai independen. Ya, independen di ke empat rodanya bukan depan independen dan belakang torsion bar.. Corolla seri ini termasuk jenis sedan jepang paling empuk dimasanya kalau saya bandingkan dengan DX ya, DX sy dulu malah lucu bawaan nya bingung karena spion di kap. DX coklat ini masih ada di bali dipakai sama saudara gandeng dengan Mazda 323 th 90an..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by paidjho »

Mupeng kalo lihat restorasi old school gini...

Mantabs Om...
[emoji106]
send using tapatalk for win mobile 10
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by amfibi »

NYoman wrote: Sun Feb 05, 2017 7:27 Kalau DX masih bertebaran mungkin karena part nya berjibun ya (K series) kalau dibandingkan seri mesin E, mungkin lho ya.. Yang paling saya ingat, mobil2 ini pakai independen. Ya, independen di ke empat rodanya bukan depan independen dan belakang torsion bar.. Corolla seri ini termasuk jenis sedan jepang paling empuk dimasanya kalau saya bandingkan dengan DX ya, DX sy dulu malah lucu bawaan nya bingung karena spion di kap. DX coklat ini masih ada di bali dipakai sama saudara gandeng dengan Mazda 323 th 90an..
Bisa jadi juga sihh, karna K series kan ampe skrg juga partsnya masih bertebaran dimana2. Terus juga DX digandrungi anak muda bgt, ga kaya mobil ini yg pake bapak2 middle age semua, di komunitasnya juga seruan komunitas DX daripada GL-SE... :big_childish:
Kalo dibilang empuk sih ga segimana empuk sebenernya, yg ane kaki2 baru direhab aja cuma dapet se-vios alias biasa bgt bantingannya. Tapi dibanding DX emang improvement sih :mky_01:
paidjho wrote: Sun Feb 05, 2017 7:43 Mupeng kalo lihat restorasi old school gini...

Mantabs Om...
[emoji106]
send using tapatalk for win mobile 10
Makasih om :mky_02:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by hariy »

Nais ripiu, om...

Meski saya bukan pehobi mobil klasik atau retro, tapi kalo lihat mobil lawas yang masih terawat (priyayi), ya tetep senang lihat nya..

Yang kurang sreg dilihat itu velg RS gun metal nya...
Copot aja, cari orisinil nya dan ganti.

Nah, velg RS nya jual aja ke saya..harganya sesama member SM laaah.. :mrgreen:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by Pboyz97 »

Nice review om

Cakep & mulus nih mobilnya , beruntung juga om ini dengan budget yg ga sampe 50jt udah bisa dapet Corolla yg udah direstore , tapi entah kenapa saya kurang suka sama bentuknya , malah ini merupakan corolla terjelek menurut saya diantara semua gen corolla yang beredar di Indonesia (no offence om :big_peace: )
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by amfibi »

hariy wrote: Sun Feb 05, 2017 9:05 Nais ripiu, om...

Meski saya bukan pehobi mobil klasik atau retro, tapi kalo lihat mobil lawas yang masih terawat (priyayi), ya tetep senang lihat nya..

Yang kurang sreg dilihat itu velg RS gun metal nya...
Copot aja, cari orisinil nya dan ganti.

Nah, velg RS nya jual aja ke saya..harganya sesama member SM laaah.. :mrgreen:
Ehh om hariy, makasih om :mky_02:
Dari dulu masih ngejer velgnya aja om mah :mky_07: sekarang bersarang di city & ga ada rencana ganti....... :ngacir:
Pboyz97 wrote: Sun Feb 05, 2017 9:49 Nice review om

Cakep & mulus nih mobilnya , beruntung juga om ini dengan budget yg ga sampe 50jt udah bisa dapet Corolla yg udah direstore , tapi entah kenapa saya kurang suka sama bentuknya , malah ini merupakan corolla terjelek menurut saya diantara semua gen corolla yang beredar di Indonesia (no offence om :big_peace: )
Makasih om :mky_01: iya padahal rencana mulanya mau beli mobil yg seadanya, eh dapet yang lebih dari cukup.
Gapapa kok soalnya ane juga setuju. Corolla yg lain punya karakter khas, meanwhile mobil ini kaya plain banget aja gitu, sama aja sama all new corolla 96 yg sama2 bosenin diliatnya... :big_childish:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: In-Depth User Review : Toyota Corolla GL 1.3 1984 (E80)

Post by adrevolution »

Wiii barang udah langka inih corolla GL, seneng banget liat masih ada yg rapi, dan warna putih lagi.. :mky_02:
Nggak tau selera sy yg anti mainstream atau gimana yah, kayaknya lebih suka liat corolla GL-SE ketimbang DX... corolla GL-SE bener2 kotak desainnya...lbh keliatan rapi & clean.
Cuma yg saya masih bingung, bener ini mesin corolla GL cuma 65 hp? Sama DX berarti mirip2 tenaganya? Kalau di corolla SE kan kl gak salah basisnya sama kayak mesin starlet kapsul...CMIIW
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE