[Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by amfibi »

kerlinsia wrote: 05 Feb 2017, 18:08 Beneran gan perawatan dan sparepartnya gak lebih mahal dari innova? Masak sih mobil semahal ini bisa segampang itu dirawatnya? Dan kalau dibandingkan Mercy New Eyes E230 gimana gan??? Perawatannya gak bakal Menyayat hati dan menyentuh Qalbu seperti E230 kah???

Cerita sedikit, dirumah ada New Eyes, beli dari 2014 lalu kondisi oke. Pakenya Disiksa macem agan pakai Camrynya(atau malah lebih parah? TLC diesel aja gak kuat sama siksaan ortu ane....) . Sepanjang pemakaian, bermacam macam penyakit datang ke mobil itu, dan berhubung tinggal dikota kecil, perawatan pun gak bisa jadi concern utama karena sulit.

Dan sekarang..... Mobil itu mangkrak digarasi, dengan mesin brebet dan Wiper + Lampu-lampu gak bisa idup akibat ada modul didekat ECU yang ngaco......
Ane dulu dirumah total pernah punya innova 3 kali (semuanya bensin 2007)... Running costnya kalo diitung2 ngga jauh beda sama camry ini, tapi enak makenya langit bumi bgt enakan camry... :mky_01:

Masalah siksaan, sebenernya sedan kaya gini kodratnya ngga untuk disiksa, termasuk mercy NE juga apalagi... Kebetulan camry gen ini karna dasar toyota jd dipake gradakan gitu juga survive baik2 aja. Nah kalo mercy makenya emg harus apik dan paling ga boleh namanya rusak dibiarin aja. Kaya toyota kan rusak sedikit2 yaa mobil nya terus jalan, nah kalo di mobil2 eropa ada satu hal yg rusak yaa harus segera dibenerin biar ga merembet...

Jd kalo perawatan NEnya dirasa merobek dompet tapi cara makenya kaya gitu, sebenernya wajar2 aja karna memang ga diciptain utk dipake kasar :mky_01:
Nah kalo mau yg nyamannya mirip2 NE tapi kuat, boleh pertimbangin buat angkut mobil yg kaya ane ini deh, yg 2.4 juga boleh. :mky_01:
indratyo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 15 Apr 2017, 10:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand_Livina_XV_MT_2012

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by indratyo »

private0809 wrote: 04 Feb 2017, 09:46
cursQ wrote: 04 Feb 2017, 08:15
arfyano wrote: 04 Feb 2017, 06:53

terakhir 2 bulan lalu saya bantu jualin xv30 pnya tmn thn 2002 laku 45jt om (dr orangnya 42jt), pajak mati setahun. itu aja minus nya, udah ane coba ga ada trouble.
Murah amat om?? :big_slap:
Di olx paling murah angka 70an nih.. karena 50an aja yg model lamanya tuh yang tipis (me like it)
gede juga depresiasinya pertahun dibanding harrier atw alphard
:big_slap:
Permisi suhu2 dan senior2.. ane tertarik XV30 ini, dan prefer yang 3.0 V6. untuk problem lainnya seperti elektrikal apa ada masalah? kemudian service kaki2 berapa mahal ya?
kalau XV30 dibandingkan dengan nissan teana j31 taun yang sama, kira2 mending yang mana?
trims sebelumnya..
Donygnwn
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 10 Jul 2017, 08:21
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Camry

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by Donygnwn »

2-2 nya mbl enak om...meski saya blm pernah pake teana. Sy pake xv30 v6, kebetulan gak ada masalah mbl saya pake, cuman ini power window druver macet. Kalo kaki kaki ya stabdar saja om, mau yg rekondisi ada, tp kenyamanan berkurang dlm wqktu tertentu, so baiknya ganti ori supaya image nyaman tetap terjaga.
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by adhika »

Ini mobil yang ada di The Raid 2 itu ya? Yang dipake buat ngejar si Eka dan akhirnya nabrak dan ringsek sebelum percabangan underpass SCBD?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by amfibi »

indratyo wrote: 27 Jun 2017, 15:11
private0809 wrote: 04 Feb 2017, 09:46
cursQ wrote: 04 Feb 2017, 08:15

Murah amat om?? :big_slap:
Di olx paling murah angka 70an nih.. karena 50an aja yg model lamanya tuh yang tipis (me like it)
gede juga depresiasinya pertahun dibanding harrier atw alphard
:big_slap:
Permisi suhu2 dan senior2.. ane tertarik XV30 ini, dan prefer yang 3.0 V6. untuk problem lainnya seperti elektrikal apa ada masalah? kemudian service kaki2 berapa mahal ya?
kalau XV30 dibandingkan dengan nissan teana j31 taun yang sama, kira2 mending yang mana?
trims sebelumnya..
Elektrikal ngga ada masalah om sejauh ini. Paling terakhir tuh sekring lampu belakang error jd lampu remna nyala terus, tinggal ganti murah meriah kelar deh :D
Kalo kaki-kaki juga kuat, udah bertahun-tahun dipake cuma ganti shockbreaker doang pas 2013... Sampe sekarang masih senyap bunyi kaki2nya :mky_01:
Tapi kalo service rasanya ga akan bisa semurah mpv2 sih. Ga tau jg karna ga pernah kena hehehe...

Dibanding teana, kalo buat bawa sendiri enakan teana banget. Walaupun tenaga gedean 3.0V ini, tapi teana jauuh lebih stabil buat belok2 (camry ini stabil pas kenceng, tapi kalo buat belok kaya perahu... suspensinya keempukan + velg r16 ban tebel... :mky_05:
Model, ane pribadi sukaan teana, tp model sih selera ya wkwkwk...
Buat reliability, setau ane teana termasuk nissan yg awet sih ga banyak keluhan, seharusnya on par ya untuk kekuatannya mah :D
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by amfibi »

Donygnwn wrote: 10 Jul 2017, 08:30 2-2 nya mbl enak om...meski saya blm pernah pake teana. Sy pake xv30 v6, kebetulan gak ada masalah mbl saya pake, cuman ini power window druver macet. Kalo kaki kaki ya stabdar saja om, mau yg rekondisi ada, tp kenyamanan berkurang dlm wqktu tertentu, so baiknya ganti ori supaya image nyaman tetap terjaga.
Power windownya macet ga mau naik apa motornya rusak om? Kalo ane kemaren juga macett, tapi cukup dibongkar terus dikasih grease normal lagi deh...
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by amfibi »

adhika wrote: 11 Jul 2017, 11:42 Ini mobil yang ada di The Raid 2 itu ya? Yang dipake buat ngejar si Eka dan akhirnya nabrak dan ringsek sebelum percabangan underpass SCBD?
Iyaa om wkwkw, tapi yg itu 2.4G sih bukan yg 3.0V... Belinya murah tuh buat syuting tapi masih nimbulin efek wow gara2 terlihat mewah n ditabrakin :mky_03:
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 09 Jan 2018, 08:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by impactful »

masih ada camry nya om fib? udah jalan brp km?
liat liat ripiuw di benua tetangga rata2 udah jalan 15 tahun dan 330.000 km.

disono pada bilang awet krn pakai hi-octane dan fullsyn walau perawatan standart saja (bukan seadanya)
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by Kent »

Mantap mobil nya.
Mobil sedan toyota memang GC nya tinggi-tinggi.
Standard GC nya Toyota selalu tertinggi (sgt mengerti kondisi indonesia) hahaha...

Msh sangat oke ya Camry nya, Badak bener-bener Toyota.
Bensin nya bs di bilang irit untuk 3.0 dpt 7km/ltr dalam kota.
pertalite lg isinya, ini bener2 value.
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: 24 Nov 2016, 11:11

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by Dekyarov »

Camry kalo di arab yg make orang baduy..

Punya darah corona nih mobil.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by diidoot »

amfibi wrote: 29 Jan 2017, 10:50
Walaupun menghentak jg tetep jalan kan om hahaha... :mky_03:
Kalo di US/aussie sih sebenernya mobil ini kelasnya sedan medium biasa bgt, harganya jg ga semahal disini. Makanya disana banyak seliweran & dipake perang alias diabuse... Dan emg kuat bgt :mky_02:
Bener nih om. Camry di sana udah kayak Avanza di sini. Robust :mky_08:
-
ryzen1950x
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 22 Feb 2018, 10:56
Location: Parahyangan
Daily Vehicle: Matic

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by ryzen1950x »

Mantap ya Camry XV30 ini. Buat saya masih terlihat elegan kalo nemu di jalan.
Dipug
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 08 Aug 2018, 20:16

Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years

Post by Dipug »

amfibi wrote: 21 Jan 2017, 10:54 Permisii SMers, numpang bikin report dengan bahasa awam (bukan review wkwk) sedan tua ane ya hehehe, barangkali bisa jd referensi bagi yg minat sama sedan murah mewah kaya camry seri ini (berhubung secondnya skrg ancuurrrr banget, 60 besar-90 aja (2002-2005) tergantung nawarnya brp :mky_03:

====
n.b : THIS CAR SCREAMS RELIABLE & COMFORT OVER EVERYTHING :glodak:


Image

Mobil ini sebenernya tuh fungsinya family car dirumah (dipake sama ane/supir/nyokap/bokap buat kemanapun tujuannya), dibeli second seharga 135jt (seharga second camry xv40 2006-2007 pas review ini dibuat :mky_03: ) pas 2013 awal di sebuah showroom di fatmawati jaksel buat gantiin innova g at 2007 yang rasanya sama sekali ga nyaman (dibanding sedan2 besar sejenis ini) & rasanya lebih perlu sedan daripada mpv 7 seater... :mky_01:
Tadinya mau beli yang 2.4 aja, tapi dulu udah pernah punya jd diputusin deh beli yg 3.0 aja biar beda...

====

Image

Pas pertama beli, odo mobil 70 ribuan (service record). Kondisi mobil sempurna tanpa cela apaun dari exterior mulus bukan bekas tabrak, mesin sempurna, interior mulus, kondisi full standart, surat2 lengkap dsb dsb), paling kaca film VKOOL nya aja udah mulai menua muncul gelembung2 gitu dan dibiarin sampe sekarang :mky_03: terus juga ganti shockbreaker 4-4nya biar tetep nyaman.

Sampe sekarang camry ini dipake buat woro2 keliling jakarta tiap hari ama keluar kota yang jalannya masih banyakan tol (banten, bandung, puncak) dan dipake ke proyek yg jalannya grajal grujul ama ada tanah2nya. Kaya cara orang2 make innova aja gimana hehehe

Image

Selama pemakaian masalah2 datengnya baru pas 2015 mobil ini agak kurang dirawat (ga pernah dicek dan diganti coolant radiatornya, dipake ga pernah dipanasin, ga pernah cek ruang mesin, service rutin kalo inget aja kelewat terus, sekalinya service karna ga pernah dikontrol giliran mau ganti oli malah dikasih oli mineral yg kentel buat mobil tua gitu :off_no: ). Alhasil setahun mobil overheat 3x sampe berasep dan pernah dipaksa jalan 1km ampe mesin mati sendiri full asep. Akhirnya ganti radiator karna jebol dan ganti selang2 yang getas (radiatornya sekitar 5jt sama pasang tapi ini di bengkel resmi, kalo di toko spareparts harusnya jauh lebih murah). Udah deh lancar lagi jalan :mky_03: :mky_02:

DAN walaupun dipaksa jalan sambil berasep gitu tapi pas di checkup mesin mobil ini masih sempurna tanpa bocor kompresi/ancur/dsb. Kuat banget :upss:

Terakhir service macem2 lagi tuh pas 2016 akhir kemaren (posisi odo 120.000 something lupa persisnya brp). Ganti bohlam lampu HID yang mati sebelah, ganti paking2 yang getas jd bikin rembes oli mesin, ganti kampas rem 4 roda, beresin kaki2 yg sedikit gluduk2, ganti ATF, tuneup, spooring balancing, dsb dsb (abis sekitar 2jt an). Udah deh jadi perfect lagi :mky_03:

BTW selain service2 yang ane sebutin diatas, mobil ini ga pernah servis apapun lagi selain service rutin yg ganti oli filter doangan...

Di usianya yang ke 14 tahun, termasuk masih enak loh miara camry ini. Dengan pemakaian yang persis ala2 orang make innova pada umumnya sampe sekarang alias bukan mobil yg buat dielus2 tapi buat kerja & mobilitas sehari2 (tujuan pas dibelinya juga buat gantiin posisi innova dirumah kok :mky_03: ), dia tetep bisa setangguh innova. Sama kaya innova (ane miara di jakarta yaa btw), partsnya mudah banget didapet di bengkel2 yg nyedian parts toyota pasti nyediain parts mobil ini (ane service selalu di bengkel umum, resmi cuma sekali doang). Harganya juga masih masuk banget ke kantong, ngga nyekek sama sekali.

Image

Kondisi mobilnya sendiri di 2017 ini setelah ngarungin 4 tahun dan 50 ribuan kilometer di keluarga ane setelah dibeli second di 2013 (sekarang posisi odo 122.000), masih sama aja kaya dulu overall. Paling wear & tear sehari2 kaya head unit error bagian cd nya, kulit steer ngelotok, kaca film makin ngegelembung sama mika lampu depan jadi menguning.
Sisanya masih okeee banget mulai dari kaki2 diem, ga ada rattling sama sekali walaupun sering lewat jalan jelek (meanwhile mobil2 baru udh pada rattle :upss: ), tenaga masih mumpuni, kaki2 masih oke, mesin yummy, rem halus dan pakem, dan yg paling seneng AC nya ga pernah bermasalahhh selalu dingin beku :mky_02:

Image

Tentang mobilnya sendiri, ane rasa cocok bgt mobil ini buat :
-dipake sekeluarga jalan2
-gantiin fungsi innova anda dirumah
-yang pengen sedan nyaman tapi ga mau ada cerita gasruk2
-yang pengen sedan cc besar tapi ga mau bayar bensin lebih
-ketemu klien/kondangan tapi ga mau yang ngerawatnya ribet
-cruising santai ngarungin jalan santai dan ga mau cepet pegel kalo nyetir sendiri
-disupirin dan duduk di belakang
-antar jemput anak in s t y l e
-ngasih istri mobil mewah yang sebenernya belinya seharga ayla :mky_07:

Image


Karakter camry gen ini tuh serba halus dan nyaman. Gasnya lembut, remnya lembut, joknya enak, suspensinya lembut bahkan lebih enak daripada naik alphard yang 2003-2008. Handlingnya kaya bawa kapal, kalo dipake manuver walaupun ga selimbung mpv tapi tetep aja limbung buat seukuran sedan gini.
Komposisi ini camry ane bilang tuh persis kaya niru Ford Panther Platform (crown victoria, grand marquis, towncar) di US. Reliable, spacious, comfortable, and best for cruising at the freeway bcs it has crappy handling for maneuvering purpose :mky_03:

Image

Matic 4 speednya halus & ga bego, terus tenaga mesin 3000cc v6 nya enak. Jalan2 yg lewat cipularang/nagrek/puncak enak bgt pake mobil ini buat yg nyetir. Tenaga selalu berlimpah di tol & tanjakan dan 0-160 gampang banget ga berasa apa2 dan stabil, diatas itu baru mulai melayang.
Denger kata2 3000cc dan v6 lagi, pasti langsung pada mikir boros. Tapi ternyata fcnya asik banget kalo pake pertalite dalkot 1:7 lukot 1:11-12, kalo pake pertamax turbo kemaren ngitung dalkot jkt dapet 1:8.5, irit loh kaya innova bensin yg 2000cc aja persis bgt tp tenaga jauhh :mky_02:
+bonus suara mesin enak didenger khas 6 cylinder, ga kaya bawa camry 2.4 yg berasa lagi denger suara mesin vios wkwk...

Tapi mungkin drawback dari keiritannya ama kekuatannya (as usual toyota), performa mesin kalah kalo dibanding mesin2 3.0 v6 di mobil lain... 0-100 masih di angka 8 detikan aja...

Kabinnya enak ambientnya, audio bagus, kedap peredamannya dan luas, bahkan paling luas diantara semua gen camry. Ane yg 185cm aja kalo lg nyetir diliat sama penumpang belakang berasa kecil kata mereka, padahal kalo di mobil2 lain anenya keliatan gambot :upss: . Space belakangnya juga bisa jejer 4 orang dewasa tanpa kesempitan2 banget, lebarrr :mky_02:
Bagasinya juga enak banget buat nyimpen koper2 besar buat liburan atau tas golf (yg selalu bersarang di mobil ini). Nyimpen mayat kira2 muat 4 dengan nyaman lah :ngacir:

Untuk fitur rasanya masih oke. Jok kulit asli di seluruh kursi, automatic headlamp yg nyala otomatis kalo gelep dan sudah HID, cruise control (yang masih jarang ditemuin di toyota indo), all auto power window, spion retract otomatis, electric seat di kursi penumpang dan driver, head unit built-in 6cd, dan buat keselamatan ada dual airbag, abs ebd ba, traction control.

Dibanding camry xv40 (ane nyoba yg 2.4V 2011), 22nya kaya orang yg berbeda. XV40 steernya lebih berat jauh, yg ini lebih ringan. XV40 gasnya lebih kaya yaris yg ringan & dipencet loncat, yg ini dalem. Kabin xv40 lebih sempit dari yg ini, tapi somehow ane rasa yg ini terasa t e r l a l u l e g a jadi enakan xv40 luas kabinnya karna pas. Handling ama lincahnya xv40 jauh lebih baik dari xv30 yg kaya kapal, tapi xv30 jauh lebih empuk banget daripada xv40 yg termasuk rada keras. Konsumsi bensin xv40 2.4 jauuuuhhhh lebih boros dari xv30 3.0, yg xv40 dalkotnya 1:5-6 doang dapetnya...

Kelemahan mobil camry yg generasi ini, ngga cocok buat orang2 mini. Under 160cm nyetir mobil ini rasanya serba kebesaran & tenggelem... terus juga handling sih yg sama sekali ga ada fun2 & gesitnya, ga bisa dipake kaya lg nyetir vios, honda civic apa bmw seri 5... enaknya dipake kalem karna aura nyetir mobil ini tuh aura2 males2 nyaman pengen bobo... sama somehow yaa ini tetep sebuah toyota yg fungsi utamanya buat mobilitas sehari2. Ga ada rasa seneng2 spesial beda gimanaaa gitu, kontras sama pas lg bawa BMW/mercedes hehe :mky_01:
Terus karna ukurannya yg termasuk gede buat dipake di Indo, pastiin garasi rumah cukup karna mobi ini bakal makan space garasi bgt kalo spacenya limited...
Satu lagi, buat mobil yg sekennya cuma segitu pajaknya masih lumayan mahal, 3jt setahun...

Kesimpulannya ane puas sama camry ini, memenuhin semua kebutuhan banget mulai dr kenyamanan, tenaga, ama kebadakannya. Buat yg pengen sedan rasanya ngga ada salahnya buat ngelirik ini mobil kalo sesuai sama kriteria yg dibutuhin walaupun udah lumayan lama umurnya & secondhand :big_smile]
Om mau nanya, oli nya pake apa ya? Yg enak buat camry ini om
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post