Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Helauuu SMers... Lama ga nulis review...
Kali ini ane akan membuat review mobil yang sudah kita kenal dan cukup "ramai" di SM belakangan ini... Semoga gak bosen - bosen ya.
Entah kenapa tadi tiba-tiba ada yang bawa ke Kantor... Ya udah, ane jajal aja.
All New Putu... eh Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
==============================
Prologue...
Berawal dari rasa penasaran ane dengan Jedug dan Kue Putu... hari sabtu kemarin ane mampir ke salah satu diler Atoyot di kota Surabaya... Sekaligus cari-cari pandangan kandidat pengganti KiSul tuir keluarga ane yang (rencananya) mau dijual...
Dan gagal.... di kantornya ga ada siapa-siapa... Apa gara-gara ane bawa sedan Ahon yang bikin keributan kalo masuk tempat parkir.... uda merek saingan, bikin ribut pulak
Baru ingat... owh hari Sabtu siang pantes sales pada kagak standby...
Dan dari obrollan di grup RoadTrip.... ada rekan yang mau bantu kontak ke cabang... ane kira cuma becandaan... Eh Beneran, waktu lagi di salon tiba-tiba ada miscall dan WA dari seles Atoyot Ok atur appointment... si seles bersedia bawa ke kantor ane... Jam 11 siang sudah ready... Seles nya sempet kebingungan mungkin ini akibat dari navigasi Putuner eh Fortuner yang... Ah sudahlah... nanti aja dibahas.
Dan muncullah seekor Fortuner VRZ warna silper terparkir di halaman parkir kantor ane.... tanpa babibu lagi langsung ane melesat...
=============================
A brief History... Biar gak lupa.
Fortuner... Sebuah SUV besar dengan format sasis tangga yang sudah banyak berkeliaran di Indonesia... Terkenal sebagai mobil favorit para pejabat di Indonesia... baik pejabat daerah maupun pemerintahan pusat.... Nyaris rata-rata mobdin nya adalah Fortuner... dan ANF ini tidak terkecuali.
IMV (Innovative Multi-purpose Vehicle) Project, where it all began... Sebuah proyek yang berbasis di Thailand untuk mengembangkan platform mobil serbaguna untuk pasar negara berkembang. Dari proyek tersebut terlahirlah 3 model dari sasis Hilux : Hilux (IMV1), Fortuner (IMV4), Innova (IMV5). Saking populer dan suksesnya IMV ini, SUV berbasis pick-up menjadi sangat populer... Terutama di Indonesia. Dimana sejak keluar Fortuner mulai bermunculan rival seperti Pajero Sport, Chevrolet TrailBlazer/Isuzu MU-X, Ford Everest. Walaupun sebenarnya Ford Everest sudah mendahului Fortuner, tapi yang bikin populer ya Fortuner... Dan yang ngompor-ngomporin kelas ini.
Fortuner first generation sangat populer karena punya variant mesin diesel dengan mesin 2KD yang terkenal irit.... Cocok buat orang yang itungan banget sama ngisi bensin dan gak beli CR-V atau X-Trail karena takut boros... Ada versi mesin bensin 2TR yang legendaris dan sangat resing... Tapi karena terlalu resing... Eh terlalu boros... Jadi ga se-laku mesin dieselnya.
2KD VNT
Dan belakangan sangat populer karena mudah dioprek... Padahal ya dasarnya memang versi Indon ini komponennya disesuaikan dengan kualitas bahan bakar aja... Termasuk setelan ECU dan boost turbo... Jadi dikilik bentar juga dapet 100% kenaikan tenaga... Makanya di SM rame dikit-dikit nyaranin Ipah D-4D.... Ada dua versi 2KD yang masuk Indonesia. 2KD biasa (102hp/260Nm) di Innova dan Fortuner, serta 2KD VNTurbo (144hp/350Nm).
Terhitung 11 tahun sudah 2KD berjaya (2004 - 2015) sampai di penghujung tahun 2015 dipensiunkan dan diganti dengan jantung pacu yang lebih kuat dan lebih baik *katanya* : 2GD-FTV. Di perkenalkan pertama kali di All New Kijang Innova (ANKI). Berlanjut ke All New Fortuner (ANF). Keduanya punya output yang berbeda. Di ANKI 149hp/360Nm, di ANF 149hp/400Nm. Transmisi yang digunakan juga berbeda dari Aisin A340 4AT jadul dipensiunkan dan diubah menjadi Aisin AC60E yang terkenal dengan Jedugnya yang dahsyat.
Dan mungkin saking panasnya persaingan di kelas SUV Ladder, dulu peluncuran All New Pajero Sport dan All New Fortuner di kampung saya cuma beda seminggu di tempat yang sama Sesuai juga dengan fungsi mobil - mobil ini yang mayoritas hanya akan dipake mejeng di mall dan lobby Hotel... Well... Tampilannya pun dibuat futuristic... Ga kalah dengan SUV monocoque seperti CR-V dan CX-5... Malah ANF dan ANPS terlihat lebih metroseksual dibanding rival monocoque nya. Revolusioner sekali dibanding OPJS dan OF.
Well tanpa banyak ngomong lagi... Mari lanjut ke Review...
============================
1. Exterior
Walau banyak yang bilang bagus... well... Saya tidak terlalu suka... Ada beberapa hal menurut saya menjadi halangan di ANFortuner ini...
Mulai dari depan... Design bodi berbentuk kotak ala GNF lama telah hilang dan berubah menjadi bulat.
Design body terdiri dari banyak panel, membuat tampilan sedikit kurang rapi. VRZ dilengkapi dengan design kaca lampu kecil dan posisi bumper yang cukup tinggi. Masalahnya untuk saat ini belum ada versi TRD Sportivo. Kalau ingin membeli unit ini, saya sarankan memilih warna hitam untuk menutup juga garis bodi yang saya rasa kurang bagus.
Plus meningkatkan kesan garang di jalan kalau pake hitam karena dikira mobdin pejabat mau lewat... Modal strobo silau dan toa...
Sampingnya... Siluet bodi samping ini sepertinya yang dibanggakan oleh desainer ANF... Sampai dilukis di kuncinya... Dengan konsep floating roof sukses membuat ANF ini terlihat lebih modern dibanding GNF lama... Tapi walaupun indah... Tetep ga terlihat indah begitu liat seberapa besar jarak ruang roda dan fendernya.... jadi keliatan culun... Plus ane sangat heran dengan pabrikan sekarang koq ga mau ngasih overfender di SUV "petualang" gini... Mungkin memang bener yang sekarang diciptakan untuk ngemall... kalo kata bosnya bebong garage kayak *beeep* beroda....
Velg dengan motto "Semakin di Depan".... Yah mirip-mirip lah "Moving Forward" dan "Semakin di Depan"...
Akhirnya sampe pada bagian belakang... Hanya bagian belakang yang betul-betul ane suka... Itupun masih terlihat cingkrang please Atoyot, segera luncurkan versi TRD Sportipu....
2. Interior
Yang ane sangat appreciate adalah bagaimana baik ANF dan ANKI meninggalkan kesan mobil "perang" di interior dan menggantinya dengan lebih mewah.... Design-wise. Dan bagusnya lagi mereka gak main copy-paste seperti di Old Fortuner... Tapi kedua mobil ini punya karakter design interior yang berbeda. Dimana ANKI menonjolkan kesan functional dan luxury sebagai mobil keluarga dan ANF menonjolkan kesan tough sebagai sebuah SUV... Bisa dilihat dari model dasbor tengah ANF yang tegak seperti dikasih 2 pilar di antara head unit penanda toughness nya Disini ane sangat salute dan sukses membuat ANPS terlihat sangat outdated secara desain. Well, secara desain....
OK akan ada yang berkomentar ANF dan ANKI keluar pakem karena interiornya gak cocok sebagai mobil perang, terlalu mewah untuk kelas mobil perang, dst dst... Well, Dalam kontek mobil harga premium alasan ini tampaknya kurang berlaku. Akan lebih bagus kalau interior diberi yang lebih baik... tokh kebanyakan mobil juga sering dipakai mejeng di mall...
Secara bahan... Entah kenapa feel murah di ANF ini berasa sekali terutama ketika nyentuh center console dan fake wood panelnya... tombol-tombol pun berasa seperti mainan, kurang padat. Keyfob nya sekilas terlihat mewah tapi rasanya jauh sekali dibanding keyfob kompetitor lain. Acrilicnya pun kurang terlihat mewah. Kalau saya bandingkan dengan mobil sejenis kompetitor yang meski desain'nya sederhana.. tampilan bisa terasa lebih mewah ketika disentuh dengan tangan.
Cluster meter yang terlihat modern dan ini satu-satunya bagian yang identik dengan ANKI. Menampilkan banyak informasi seperti konsumsi BBM rata-rata, real time, dan ECO indikator untuk melihat seberapa irit anda atau supir anda mengemudi, seperti layaknya pejabat pemerintahan yang pake supir.... Jadi kalo supir anda minta duit BBM terus bisa jadi memang cara nyetirnya perlu di edukasi.... Bagusnya lagi, desainnya full TFT, ga seperti kompetitor lain yang biasa pakai layar kalkulator.... entah kenapa pelit bener tu pabrikan kasih display full TFT...
Head Unit dengan interface yang sama dengan ANKI dan product Toyota lain, tanpa Air Gesture yang membuat tangan kita harus bertingkah seperti layaknya pesulap profesional karena gak gerak-gerak Toyota sangat mengerti fitur ini betul-betul payah dan bahkan AN Yasir facelift pun gak pakai fitur ini lagi
Tampilan navigasi yang cukup rempong.... Sama menyedihkannya dengan navigasi di M.OS adik ane... jauh banget dibanding tampilan navigasi mobil Ahon 2014 ane dulu... dan suara panduan navigasi yang kayak suara....... mamak-mamak , bukan suara lembut ala ceceh ceceh teller bank ... Mungkin karena Toyota pengertian yang pake mobil ini biasanya orang uda mapan... Biar ga kepikiran untuk selingkuh dikasih suara galak ala mamak-mamak...
...... dan apa ini maksudnya tombol NAVI video ditekan tidak terjadi apa-apa...
AC Single zone.... in a 500millions car...? Seriously CR-V Prestige yang katanya operprais itu berasa tidak operprais habis liat ini....
Legroom blakang... Ya decent lah, cukup untuk kaki ane... Headroom ga usah ditanya... cukup sempit
Soal fitur dan convenience... ANF VRZ ini ada PBD (yang menurut hemat ane sebenernya gak guna juga tapi nice to have).... 3 airbag... ABS... AT with sequential mode... Udah. Stability control? Nope. Sunroof? Nope. Airbag nya ketambahan 4 biji dan Stability control hanya ada di tipe TetraDraip....
3. Driving and Technical Facts
Well.... Bagian yang paling bikin penasaran. Penasaran bagaimana drivability mobil ini.... Bagaimana soal kenyamanan.... Dan tentu saja bagaimana dengan isu putu dan jedug nya....
Fortuner.... disenjatai dengan mesin 2GD-FTV 149hp @ 3400 RPM dan 400 Nm @ 1600 - 2000 RPM flat. Spek yang terdengar aneh krn biasanya flat torque itu sampai puncak HP.... dengan transmisi 6-AT "JEDUG" Aisin AC60E.
40Nm extra dari Kijang Innova....
Masuk ke mobil ane segera atur posisi duduk.... untuk ukuran tinggi saya, telescopic jarak mainnya terlalu pendek dan ukuran dasbor ketinggian sehingga visibilitas agak terganggu.
Masukkan perseneleng di D... Jalan.... So far no Jedug.... Putu juga nggak terdengar... Keluar dari parkiran kantor ane ke jalan ane cukup impressed dengan mobil ini.... power delivery nya enak.... Low-end torque nya nikmat... far better dari ANKI... apalagi GNKI 2KD dan sempat ane bertanya ke mba sales nya.... ternyata ngisi PERTADEX... pantes kok enak bener, halus lagi.
Keluar ke jalan besar ane coba jalan dengan mode POWER... expecting more POWAAAAAHHHH sensation.... and guess what...? Bukannya tenaga yang kuat, tapi akselerasi mobil terasa ingin loncat melulu kalau di POWER. Jadi terasa kurang nyaman, stop and go terasa jerking mau loncat melulu mobilnya. Dan masalah kedua ini mobil diesel, jerking nya terasa sekali.... Kalo mobil bensin pada saat pedal gas ditekan akan lari, mobil diesel justru makin ilang tenaganya.... Maunya diurut... Makanya paling ideal mode NORMAL. Lebih nyaman untuk pengendaraan di kota, keep di puncak torsi 2000an RPM tekan dikit tenaganya keluar. Walaupun note nya nggak se-garang ANPS... Malah cenderung kasar kalau dibejeg. Persis ANKI.
Positive thing lagi, karena mobil ini pakai HPS... steering mobil ini... Feedback nya sangat enak, mungkin SUV monocoque jaman skrg pun gak seenak ini. Response steeringnya sangat baik dan hidung mobil rasanya nurut kalau dibelokin, bukan tipikal ladder SUV yang hidungnya kemana-mana kalo dibelokin. Body control pun cukup baik bokongnya nggak terasa liar. Lock-to-lock ratio nya gak terlalu besar untuk sebuah ladder SUV. Pajero Sport pun kalah kalau sudah ngomong steering feedback. Ane sangat merindukan feel setir seperti ini yang udah jarang ditemukan di mobil - mobil sekarang.
Ya... sudah... itu saja hal positifnya.... Dan setelah berkendara kurang lebih sejam ane mulai menemukan beberapa ketidaksempurnaan....
Pertama adalah feel remnya yang ngagetin dan kurang nyaman.... Plus behavior mobil saat ngerem... Nose dive nya berasa sekali
Kedua, transmisi yang kebingungan.... Nggak jedug memang... tapi less refined dibanding 6AT lain... Perpindahan kasar dan TCU bingung... Selalu ada kecenderungan early shift khas transmisi Atoyot... Untungnya turbo di 2GD spool up faster drpd 2KD.... Jadi kecover di situ. Walaupun tetep aja lag turbonya berasa.
Dan hal terakhir yang mungkin akan menjadi deal-breaker ketika ane akan membeli Fortuner : Comfort. Mobil ini baru jalan 17ribu KM dan tidak ada gejala shock mati, tapi ride nya sangat terasa kurang unpleasant, padahal harga mobil termasuk premium lho. Guncangan bodi ketika lewat jalan tidak rata itu sangat terasa sekali. Rasanya kurang nyaman, badan terasa bergeter semua dan vibration di body itu rasanya seperti mobil ladder frame yang karet-karet bushing dan mounting ladder frame nya udah kalah (hal yang enggak mungkin terjadi di sebuah mobil SUV ladder frame dengan odo masih 17ribu), padahal aslinya karakter spring / per nya cukup baik dan damper tidak terasa agresif... Tapi getaran di jalan seperti tidak ada yang meredam.
4. Verdict
Fortuner... ane seperti sedang mengalami love-hate relationship dengan mobil ini.
Satu sisi mobil ini begitu enak dikemudikan, dengan feedback setir yang baik dibanding rival sekelas dan seharganya. Tapi di sisi lain, ane merasa Fortuner ini masih sangat inferior di sisi teknikal, dan oh c'mon Toyota.... Apa sulitnya masang modul VSC di mobil harga segini, CKD lagi. Buat ane VSC lebih penting dari 3 airbag karena VSC bersifat preventif.
Dan ane gak tau apakah temen-temen SM merasakan getaran berlebih di bodi Fortuner ketika nyetir dan lewat jalan keriting... Atau ane terlalu sensitip dan perlu edukasi lebih krn biasa pake sedan Ahon...
Kesimpulan akhirnya....
Apakah Fortuner layak beli? Depends.
Kalau anda orang yang tinggal di daerah dan kesulitan akses ke dealership lain selain Toyota... Yah, Fortuner ini layak dipertimbangkan. Apalagi kalau sering keperluan dinas melintasi jalan - jalan kurang bagus... Memang jaringan dealership yang tak terpatahkan dari Sabang sampai Merauke adalah kelebihan nomer satu brand Toyota...
Kalau anda orang yang ga suka dengan bokong ANPS... monggo ambil Fortuner.
Kalau anda tidak paranoid dengan isu jedug putu, gak peduli dengan isu-isu tersebut... Fortuner mobil yang layak untuk dimiliki...
Kepengen tampilan ala pejabat, well Black VRZ 4x2 AT cukup mewakili.... ANPS hitam pun ga terkesan mobil pejabat, lebih terkesan futuristik...
Dan saya sangat recommend ambil type VRZ.... karena dari segi presence pun beda sekali dengan Fortuner G... DRL nya bikin ganteng-o-meter mobil ini meningkat...
Fortuner G.... Beda kan dengan VRZ?
Dan kalau ditanya, apakah saya akan membeli mobil ini?
Sepertinya saya kurang berkenan... saya walaupun menyukai kualitas pengendaraan ANF tetap lebih menyukai ANPS... Lebih terasa mobil premium seharga 500juta, lebih kencang, dan refinement di sisi teknikal yang sangat baik untuk sebuah mobil Jepang... Moreover... Ane akan ambil sedan atau CUV monokok karena lebih drivable...
And finally thanks buat rekan di RoadTrip yang sudah repot-repot hubungin ke Cabang... Walaupun begitu ane tetap tidak terafiliasi atau dibayar oleh Toyota... Review ini 100% Objektif...
============================
Selamat menikmati....
Kali ini ane akan membuat review mobil yang sudah kita kenal dan cukup "ramai" di SM belakangan ini... Semoga gak bosen - bosen ya.
Entah kenapa tadi tiba-tiba ada yang bawa ke Kantor... Ya udah, ane jajal aja.
All New Putu... eh Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
==============================
Prologue...
Berawal dari rasa penasaran ane dengan Jedug dan Kue Putu... hari sabtu kemarin ane mampir ke salah satu diler Atoyot di kota Surabaya... Sekaligus cari-cari pandangan kandidat pengganti KiSul tuir keluarga ane yang (rencananya) mau dijual...
Dan gagal.... di kantornya ga ada siapa-siapa... Apa gara-gara ane bawa sedan Ahon yang bikin keributan kalo masuk tempat parkir.... uda merek saingan, bikin ribut pulak
Baru ingat... owh hari Sabtu siang pantes sales pada kagak standby...
Dan dari obrollan di grup RoadTrip.... ada rekan yang mau bantu kontak ke cabang... ane kira cuma becandaan... Eh Beneran, waktu lagi di salon tiba-tiba ada miscall dan WA dari seles Atoyot Ok atur appointment... si seles bersedia bawa ke kantor ane... Jam 11 siang sudah ready... Seles nya sempet kebingungan mungkin ini akibat dari navigasi Putuner eh Fortuner yang... Ah sudahlah... nanti aja dibahas.
Dan muncullah seekor Fortuner VRZ warna silper terparkir di halaman parkir kantor ane.... tanpa babibu lagi langsung ane melesat...
=============================
A brief History... Biar gak lupa.
Fortuner... Sebuah SUV besar dengan format sasis tangga yang sudah banyak berkeliaran di Indonesia... Terkenal sebagai mobil favorit para pejabat di Indonesia... baik pejabat daerah maupun pemerintahan pusat.... Nyaris rata-rata mobdin nya adalah Fortuner... dan ANF ini tidak terkecuali.
IMV (Innovative Multi-purpose Vehicle) Project, where it all began... Sebuah proyek yang berbasis di Thailand untuk mengembangkan platform mobil serbaguna untuk pasar negara berkembang. Dari proyek tersebut terlahirlah 3 model dari sasis Hilux : Hilux (IMV1), Fortuner (IMV4), Innova (IMV5). Saking populer dan suksesnya IMV ini, SUV berbasis pick-up menjadi sangat populer... Terutama di Indonesia. Dimana sejak keluar Fortuner mulai bermunculan rival seperti Pajero Sport, Chevrolet TrailBlazer/Isuzu MU-X, Ford Everest. Walaupun sebenarnya Ford Everest sudah mendahului Fortuner, tapi yang bikin populer ya Fortuner... Dan yang ngompor-ngomporin kelas ini.
Fortuner first generation sangat populer karena punya variant mesin diesel dengan mesin 2KD yang terkenal irit.... Cocok buat orang yang itungan banget sama ngisi bensin dan gak beli CR-V atau X-Trail karena takut boros... Ada versi mesin bensin 2TR yang legendaris dan sangat resing... Tapi karena terlalu resing... Eh terlalu boros... Jadi ga se-laku mesin dieselnya.
2KD VNT
Dan belakangan sangat populer karena mudah dioprek... Padahal ya dasarnya memang versi Indon ini komponennya disesuaikan dengan kualitas bahan bakar aja... Termasuk setelan ECU dan boost turbo... Jadi dikilik bentar juga dapet 100% kenaikan tenaga... Makanya di SM rame dikit-dikit nyaranin Ipah D-4D.... Ada dua versi 2KD yang masuk Indonesia. 2KD biasa (102hp/260Nm) di Innova dan Fortuner, serta 2KD VNTurbo (144hp/350Nm).
Terhitung 11 tahun sudah 2KD berjaya (2004 - 2015) sampai di penghujung tahun 2015 dipensiunkan dan diganti dengan jantung pacu yang lebih kuat dan lebih baik *katanya* : 2GD-FTV. Di perkenalkan pertama kali di All New Kijang Innova (ANKI). Berlanjut ke All New Fortuner (ANF). Keduanya punya output yang berbeda. Di ANKI 149hp/360Nm, di ANF 149hp/400Nm. Transmisi yang digunakan juga berbeda dari Aisin A340 4AT jadul dipensiunkan dan diubah menjadi Aisin AC60E yang terkenal dengan Jedugnya yang dahsyat.
Dan mungkin saking panasnya persaingan di kelas SUV Ladder, dulu peluncuran All New Pajero Sport dan All New Fortuner di kampung saya cuma beda seminggu di tempat yang sama Sesuai juga dengan fungsi mobil - mobil ini yang mayoritas hanya akan dipake mejeng di mall dan lobby Hotel... Well... Tampilannya pun dibuat futuristic... Ga kalah dengan SUV monocoque seperti CR-V dan CX-5... Malah ANF dan ANPS terlihat lebih metroseksual dibanding rival monocoque nya. Revolusioner sekali dibanding OPJS dan OF.
Well tanpa banyak ngomong lagi... Mari lanjut ke Review...
============================
1. Exterior
Walau banyak yang bilang bagus... well... Saya tidak terlalu suka... Ada beberapa hal menurut saya menjadi halangan di ANFortuner ini...
Mulai dari depan... Design bodi berbentuk kotak ala GNF lama telah hilang dan berubah menjadi bulat.
Design body terdiri dari banyak panel, membuat tampilan sedikit kurang rapi. VRZ dilengkapi dengan design kaca lampu kecil dan posisi bumper yang cukup tinggi. Masalahnya untuk saat ini belum ada versi TRD Sportivo. Kalau ingin membeli unit ini, saya sarankan memilih warna hitam untuk menutup juga garis bodi yang saya rasa kurang bagus.
Plus meningkatkan kesan garang di jalan kalau pake hitam karena dikira mobdin pejabat mau lewat... Modal strobo silau dan toa...
Sampingnya... Siluet bodi samping ini sepertinya yang dibanggakan oleh desainer ANF... Sampai dilukis di kuncinya... Dengan konsep floating roof sukses membuat ANF ini terlihat lebih modern dibanding GNF lama... Tapi walaupun indah... Tetep ga terlihat indah begitu liat seberapa besar jarak ruang roda dan fendernya.... jadi keliatan culun... Plus ane sangat heran dengan pabrikan sekarang koq ga mau ngasih overfender di SUV "petualang" gini... Mungkin memang bener yang sekarang diciptakan untuk ngemall... kalo kata bosnya bebong garage kayak *beeep* beroda....
Velg dengan motto "Semakin di Depan".... Yah mirip-mirip lah "Moving Forward" dan "Semakin di Depan"...
Akhirnya sampe pada bagian belakang... Hanya bagian belakang yang betul-betul ane suka... Itupun masih terlihat cingkrang please Atoyot, segera luncurkan versi TRD Sportipu....
2. Interior
Yang ane sangat appreciate adalah bagaimana baik ANF dan ANKI meninggalkan kesan mobil "perang" di interior dan menggantinya dengan lebih mewah.... Design-wise. Dan bagusnya lagi mereka gak main copy-paste seperti di Old Fortuner... Tapi kedua mobil ini punya karakter design interior yang berbeda. Dimana ANKI menonjolkan kesan functional dan luxury sebagai mobil keluarga dan ANF menonjolkan kesan tough sebagai sebuah SUV... Bisa dilihat dari model dasbor tengah ANF yang tegak seperti dikasih 2 pilar di antara head unit penanda toughness nya Disini ane sangat salute dan sukses membuat ANPS terlihat sangat outdated secara desain. Well, secara desain....
OK akan ada yang berkomentar ANF dan ANKI keluar pakem karena interiornya gak cocok sebagai mobil perang, terlalu mewah untuk kelas mobil perang, dst dst... Well, Dalam kontek mobil harga premium alasan ini tampaknya kurang berlaku. Akan lebih bagus kalau interior diberi yang lebih baik... tokh kebanyakan mobil juga sering dipakai mejeng di mall...
Secara bahan... Entah kenapa feel murah di ANF ini berasa sekali terutama ketika nyentuh center console dan fake wood panelnya... tombol-tombol pun berasa seperti mainan, kurang padat. Keyfob nya sekilas terlihat mewah tapi rasanya jauh sekali dibanding keyfob kompetitor lain. Acrilicnya pun kurang terlihat mewah. Kalau saya bandingkan dengan mobil sejenis kompetitor yang meski desain'nya sederhana.. tampilan bisa terasa lebih mewah ketika disentuh dengan tangan.
Cluster meter yang terlihat modern dan ini satu-satunya bagian yang identik dengan ANKI. Menampilkan banyak informasi seperti konsumsi BBM rata-rata, real time, dan ECO indikator untuk melihat seberapa irit anda atau supir anda mengemudi, seperti layaknya pejabat pemerintahan yang pake supir.... Jadi kalo supir anda minta duit BBM terus bisa jadi memang cara nyetirnya perlu di edukasi.... Bagusnya lagi, desainnya full TFT, ga seperti kompetitor lain yang biasa pakai layar kalkulator.... entah kenapa pelit bener tu pabrikan kasih display full TFT...
Head Unit dengan interface yang sama dengan ANKI dan product Toyota lain, tanpa Air Gesture yang membuat tangan kita harus bertingkah seperti layaknya pesulap profesional karena gak gerak-gerak Toyota sangat mengerti fitur ini betul-betul payah dan bahkan AN Yasir facelift pun gak pakai fitur ini lagi
Tampilan navigasi yang cukup rempong.... Sama menyedihkannya dengan navigasi di M.OS adik ane... jauh banget dibanding tampilan navigasi mobil Ahon 2014 ane dulu... dan suara panduan navigasi yang kayak suara....... mamak-mamak , bukan suara lembut ala ceceh ceceh teller bank ... Mungkin karena Toyota pengertian yang pake mobil ini biasanya orang uda mapan... Biar ga kepikiran untuk selingkuh dikasih suara galak ala mamak-mamak...
...... dan apa ini maksudnya tombol NAVI video ditekan tidak terjadi apa-apa...
AC Single zone.... in a 500millions car...? Seriously CR-V Prestige yang katanya operprais itu berasa tidak operprais habis liat ini....
Legroom blakang... Ya decent lah, cukup untuk kaki ane... Headroom ga usah ditanya... cukup sempit
Soal fitur dan convenience... ANF VRZ ini ada PBD (yang menurut hemat ane sebenernya gak guna juga tapi nice to have).... 3 airbag... ABS... AT with sequential mode... Udah. Stability control? Nope. Sunroof? Nope. Airbag nya ketambahan 4 biji dan Stability control hanya ada di tipe TetraDraip....
3. Driving and Technical Facts
Well.... Bagian yang paling bikin penasaran. Penasaran bagaimana drivability mobil ini.... Bagaimana soal kenyamanan.... Dan tentu saja bagaimana dengan isu putu dan jedug nya....
Fortuner.... disenjatai dengan mesin 2GD-FTV 149hp @ 3400 RPM dan 400 Nm @ 1600 - 2000 RPM flat. Spek yang terdengar aneh krn biasanya flat torque itu sampai puncak HP.... dengan transmisi 6-AT "JEDUG" Aisin AC60E.
40Nm extra dari Kijang Innova....
Masuk ke mobil ane segera atur posisi duduk.... untuk ukuran tinggi saya, telescopic jarak mainnya terlalu pendek dan ukuran dasbor ketinggian sehingga visibilitas agak terganggu.
Masukkan perseneleng di D... Jalan.... So far no Jedug.... Putu juga nggak terdengar... Keluar dari parkiran kantor ane ke jalan ane cukup impressed dengan mobil ini.... power delivery nya enak.... Low-end torque nya nikmat... far better dari ANKI... apalagi GNKI 2KD dan sempat ane bertanya ke mba sales nya.... ternyata ngisi PERTADEX... pantes kok enak bener, halus lagi.
Keluar ke jalan besar ane coba jalan dengan mode POWER... expecting more POWAAAAAHHHH sensation.... and guess what...? Bukannya tenaga yang kuat, tapi akselerasi mobil terasa ingin loncat melulu kalau di POWER. Jadi terasa kurang nyaman, stop and go terasa jerking mau loncat melulu mobilnya. Dan masalah kedua ini mobil diesel, jerking nya terasa sekali.... Kalo mobil bensin pada saat pedal gas ditekan akan lari, mobil diesel justru makin ilang tenaganya.... Maunya diurut... Makanya paling ideal mode NORMAL. Lebih nyaman untuk pengendaraan di kota, keep di puncak torsi 2000an RPM tekan dikit tenaganya keluar. Walaupun note nya nggak se-garang ANPS... Malah cenderung kasar kalau dibejeg. Persis ANKI.
Positive thing lagi, karena mobil ini pakai HPS... steering mobil ini... Feedback nya sangat enak, mungkin SUV monocoque jaman skrg pun gak seenak ini. Response steeringnya sangat baik dan hidung mobil rasanya nurut kalau dibelokin, bukan tipikal ladder SUV yang hidungnya kemana-mana kalo dibelokin. Body control pun cukup baik bokongnya nggak terasa liar. Lock-to-lock ratio nya gak terlalu besar untuk sebuah ladder SUV. Pajero Sport pun kalah kalau sudah ngomong steering feedback. Ane sangat merindukan feel setir seperti ini yang udah jarang ditemukan di mobil - mobil sekarang.
Ya... sudah... itu saja hal positifnya.... Dan setelah berkendara kurang lebih sejam ane mulai menemukan beberapa ketidaksempurnaan....
Pertama adalah feel remnya yang ngagetin dan kurang nyaman.... Plus behavior mobil saat ngerem... Nose dive nya berasa sekali
Kedua, transmisi yang kebingungan.... Nggak jedug memang... tapi less refined dibanding 6AT lain... Perpindahan kasar dan TCU bingung... Selalu ada kecenderungan early shift khas transmisi Atoyot... Untungnya turbo di 2GD spool up faster drpd 2KD.... Jadi kecover di situ. Walaupun tetep aja lag turbonya berasa.
Dan hal terakhir yang mungkin akan menjadi deal-breaker ketika ane akan membeli Fortuner : Comfort. Mobil ini baru jalan 17ribu KM dan tidak ada gejala shock mati, tapi ride nya sangat terasa kurang unpleasant, padahal harga mobil termasuk premium lho. Guncangan bodi ketika lewat jalan tidak rata itu sangat terasa sekali. Rasanya kurang nyaman, badan terasa bergeter semua dan vibration di body itu rasanya seperti mobil ladder frame yang karet-karet bushing dan mounting ladder frame nya udah kalah (hal yang enggak mungkin terjadi di sebuah mobil SUV ladder frame dengan odo masih 17ribu), padahal aslinya karakter spring / per nya cukup baik dan damper tidak terasa agresif... Tapi getaran di jalan seperti tidak ada yang meredam.
4. Verdict
Fortuner... ane seperti sedang mengalami love-hate relationship dengan mobil ini.
Satu sisi mobil ini begitu enak dikemudikan, dengan feedback setir yang baik dibanding rival sekelas dan seharganya. Tapi di sisi lain, ane merasa Fortuner ini masih sangat inferior di sisi teknikal, dan oh c'mon Toyota.... Apa sulitnya masang modul VSC di mobil harga segini, CKD lagi. Buat ane VSC lebih penting dari 3 airbag karena VSC bersifat preventif.
Dan ane gak tau apakah temen-temen SM merasakan getaran berlebih di bodi Fortuner ketika nyetir dan lewat jalan keriting... Atau ane terlalu sensitip dan perlu edukasi lebih krn biasa pake sedan Ahon...
Kesimpulan akhirnya....
Apakah Fortuner layak beli? Depends.
Kalau anda orang yang tinggal di daerah dan kesulitan akses ke dealership lain selain Toyota... Yah, Fortuner ini layak dipertimbangkan. Apalagi kalau sering keperluan dinas melintasi jalan - jalan kurang bagus... Memang jaringan dealership yang tak terpatahkan dari Sabang sampai Merauke adalah kelebihan nomer satu brand Toyota...
Kalau anda orang yang ga suka dengan bokong ANPS... monggo ambil Fortuner.
Kalau anda tidak paranoid dengan isu jedug putu, gak peduli dengan isu-isu tersebut... Fortuner mobil yang layak untuk dimiliki...
Kepengen tampilan ala pejabat, well Black VRZ 4x2 AT cukup mewakili.... ANPS hitam pun ga terkesan mobil pejabat, lebih terkesan futuristik...
Dan saya sangat recommend ambil type VRZ.... karena dari segi presence pun beda sekali dengan Fortuner G... DRL nya bikin ganteng-o-meter mobil ini meningkat...
Fortuner G.... Beda kan dengan VRZ?
Dan kalau ditanya, apakah saya akan membeli mobil ini?
Sepertinya saya kurang berkenan... saya walaupun menyukai kualitas pengendaraan ANF tetap lebih menyukai ANPS... Lebih terasa mobil premium seharga 500juta, lebih kencang, dan refinement di sisi teknikal yang sangat baik untuk sebuah mobil Jepang... Moreover... Ane akan ambil sedan atau CUV monokok karena lebih drivable...
And finally thanks buat rekan di RoadTrip yang sudah repot-repot hubungin ke Cabang... Walaupun begitu ane tetap tidak terafiliasi atau dibayar oleh Toyota... Review ini 100% Objektif...
============================
Selamat menikmati....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
PERTAMAX..........
nais ripiu, by the way
nais ripiu, by the way
Last edited by 3mul on Mon Jan 09, 2017 11:27, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
nice review om hehe....
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Loh, pencet tombol baper eh power mode kaga ada efek resing berbiboxnya?
FWD + RWD + 4WD =
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Om chz..perbandingan nyamannya dg xtrail 2016 dan captiva diesel ltz 2016 dan crv 2016...enak mana? Kmrn ane ama istri test drive 2 mbl tsb tp ga pnah stir crv dan anf..pada banjir diskon
-
- SM Specialist
- Posts: 4720
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Geter semua ya om ChZ..??
Wkwkwkwk... jangan2 ...
[emoji44][emoji44][emoji44] omg....
Sent from my SM-A910F using Seraya Motor mobile app
Wkwkwkwk... jangan2 ...
[emoji44][emoji44][emoji44] omg....
Sent from my SM-A910F using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice review om,
ANF ini memang cocok buat orang yang pengen tambil gagah tapi ga mau repot soal perawatan & ASS, serta cuek dengan isu jedug putunya, saya juga udah pernah TD ANF VRZ ini, yang saya rasakan adalah suara mesin 2GDnya lebih halus daripada old fortuner, desain inteiror pun kelihatan futuristik, serta cocok buat orang yg mengemudi santai & disopirin, belom lagi suspensinya sangat empuk untuk mobil sekelas ini, mungkin yg terempuk dikelasnya menurut saya, sampe2 bokap bilang kalo abis dari ANF ini balik ke CX5 suspensi CX5 kerasnya ampun2an kaya batu hahaha . Sayangnya , fiturnya tergolong minim dikelasnya, ANF ini remnya masih tromol, mobil 500jtan bok , bahkan fitur keselamatan tambahan kaya VSC HSA dll ga dikasih di mobil ini, helllo toyota , BRV prestige aja ada , masa di mobil 500jtan ini ga dikasih.
ANF ini memang cocok buat orang yang pengen tambil gagah tapi ga mau repot soal perawatan & ASS, serta cuek dengan isu jedug putunya, saya juga udah pernah TD ANF VRZ ini, yang saya rasakan adalah suara mesin 2GDnya lebih halus daripada old fortuner, desain inteiror pun kelihatan futuristik, serta cocok buat orang yg mengemudi santai & disopirin, belom lagi suspensinya sangat empuk untuk mobil sekelas ini, mungkin yg terempuk dikelasnya menurut saya, sampe2 bokap bilang kalo abis dari ANF ini balik ke CX5 suspensi CX5 kerasnya ampun2an kaya batu hahaha . Sayangnya , fiturnya tergolong minim dikelasnya, ANF ini remnya masih tromol, mobil 500jtan bok , bahkan fitur keselamatan tambahan kaya VSC HSA dll ga dikasih di mobil ini, helllo toyota , BRV prestige aja ada , masa di mobil 500jtan ini ga dikasih.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
inilah kehebatan toyota,bisa ngejual mbl 500 juta tanpa perlu fitur yg terlalu canggih yg penting kosmetik oke dan laku keras
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Oct 30, 2012 7:09
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice review Mod jadi tdk salah nih ambil anps
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Ya. Anki pun di jalan gelombang kecil2pun geter kok body nya nice review!
Emang trans ini bener2 kayak sibuk sndri nyari dimana letak gear yg tepat pas lagi di bejek atau apa.
Emang trans ini bener2 kayak sibuk sndri nyari dimana letak gear yg tepat pas lagi di bejek atau apa.
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Wow, memang benar2 super review dari om Chris
Akhirnya terobati jg kangen sm review om Chris,
Klo dr pengalaman ane, anf ini lbh sempit row ke3 dibanding vnt ane.
Akhirnya terobati jg kangen sm review om Chris,
Klo dr pengalaman ane, anf ini lbh sempit row ke3 dibanding vnt ane.
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nais ripiu.
VRZ sih ride quality ama tenaganya biasa aja, jauh dibanding dakar yg dampingnya nyaman bgt & tenaganya besar...,
Tapi kalo bagi orang2 seperti bokap gw yg ngeliat bokong ANPS sangat-sangat unforgiveable bahkan dengan cara apapun, dia bakal ttp milih fortuner walo gw blg ada problem jedug dll
VRZ sih ride quality ama tenaganya biasa aja, jauh dibanding dakar yg dampingnya nyaman bgt & tenaganya besar...,
Tapi kalo bagi orang2 seperti bokap gw yg ngeliat bokong ANPS sangat-sangat unforgiveable bahkan dengan cara apapun, dia bakal ttp milih fortuner walo gw blg ada problem jedug dll
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Thu Sep 01, 2016 12:20
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice reviewnya om CHZ. Berarti gak semua ANF / ANKI terkena isu jedugnya dong?? Suatu yg sesuatu. Kalau masalah fitur sih menurut ane, tiap pabrikan emang kek gitu om. Nanti facelift/LCI nya baru deh masuk fitur" yg "kekinian". Same with brand eropa. F30 320D ane pun banyak yg disunat. Banyak dalam arti ya banyak bgt ya. Walopun di LCI jg tetep jg masih ada aja fitur yg disunat. [emoji85][emoji85][emoji85][emoji85][emoji85][emoji85][emoji85][emoji85].. Btw nice reviewnya. [emoji106][emoji106][emoji106][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120][emoji120]
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26907
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
tumben fanboy ahond ngereview atoyot... btw, kl ane sehh dr exterior tetep lebi megang ANPS om, despite tuh lampu blakang model meleleh kepanasan nya... tp kl interior, merem mata ini ANF lebi mevvah...
bokap ane aj ampe ari ini masi sabar nungguin tuh kabar anki jedug... dah ane racunin buat bungkus suv mrek sebelah jg ga bergeming..
drpd hrv... keras kaga, kelewat lembut iya... berasa nyetir pake shock mati, ngayun mulu...ChZ wrote:
Dan hal terakhir yang mungkin akan menjadi deal-breaker ketika ane akan membeli Fortuner : Comfort. Mobil ini baru jalan 17ribu KM dan tidak ada gejala shock mati, tapi ride nya sangat terasa kurang unpleasant, padahal harga mobil termasuk premium lho. Guncangan bodi ketika lewat jalan tidak rata itu sangat terasa sekali. Rasanya kurang nyaman, badan terasa bergeter semua dan vibration di body itu rasanya seperti mobil ladder frame yang karet-karet bushing dan mounting ladder frame nya udah kalah (hal yang enggak mungkin terjadi di sebuah mobil SUV ladder frame dengan odo masih 17ribu), padahal aslinya karakter spring / per nya cukup baik dan damper tidak terasa agresif... Tapi getaran di jalan seperti tidak ada yang meredam.
susah om... atoyot mahh ud ngebrainwash orang2 tua macam bokap2 kita... toh emg tujuan pangsa pasar atoyot jg kalangan jebot..ricz wrote:Nais ripiu.
Tapi kalo bagi orang2 seperti bokap gw yg ngeliat bokong ANPS sangat-sangat unforgiveable bahkan dengan cara apapun, dia bakal ttp milih fortuner walo gw blg ada problem jedug dll
bokap ane aj ampe ari ini masi sabar nungguin tuh kabar anki jedug... dah ane racunin buat bungkus suv mrek sebelah jg ga bergeming..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice review om ChZ... lumayan buat ngasih consideration ke bokap karena dia lagi kesengsem sama ANF karena exteriornya nggak senyeleneh ANPS, padahal dari sisi mechanical kok kayaknya lebih bagus ANPS. Anyway toyota kok agak pelit ya kasi fitur safety di ANF padahal di ANKI Q diesel yg notabene 1 platform bisa nunjukkin kalo toyota bisa royal fitur safetynya (7 airbags, VSC)
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Mon Nov 21, 2016 7:16
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Akhirnya selesai baca review Om Chris
Objective bgt reviewnya
Sabtu lalu baru ngangkat ANF, utk menggantikan Yaris Bakpao yg sdh dipelihara 5th 3bln
Keluarga kami 3org (saya, istri & junior)
Yaris Bakpao -> ANF = Its High Loop for me
Pros :
1. Akomodasi keluarga sangat tercukupi
2. Interior cukup hening (+/- 48dB), junior tidur mulu di carseat
3. Driving position tinggi, jd cukup PD motong jalur mobil lain
4. Kualitas audio cukup baik (ngga tahu kualitas BOSE di CX5 kayak apa)
5. Mobil nurut ketika ditekuk-tekuk kemudinya
Cons :
1. Suspensi terlalu lembut & goyang2, even kena poldur kecil
2. Belum ketemu posisi driving yg cocok
3. Saat idle, suara mesin masuk kabin. Istri bilang kok kayak suara Isuzu Elf?
Akhirnya gedein aja volume audio
Thats all...
Walau ada pros-cons. Akhirnya kami manteb pilih ANF
Bagi kami ANF = 1paket lengkap (akomodasi, efisien, durability, aftersales, resale value)
Yang pasti jadi modal Long Roadtrip...
Hapie Roadtrip = Hapie Family
Objective bgt reviewnya
Sabtu lalu baru ngangkat ANF, utk menggantikan Yaris Bakpao yg sdh dipelihara 5th 3bln
Keluarga kami 3org (saya, istri & junior)
Yaris Bakpao -> ANF = Its High Loop for me
Pros :
1. Akomodasi keluarga sangat tercukupi
2. Interior cukup hening (+/- 48dB), junior tidur mulu di carseat
3. Driving position tinggi, jd cukup PD motong jalur mobil lain
4. Kualitas audio cukup baik (ngga tahu kualitas BOSE di CX5 kayak apa)
5. Mobil nurut ketika ditekuk-tekuk kemudinya
Cons :
1. Suspensi terlalu lembut & goyang2, even kena poldur kecil
2. Belum ketemu posisi driving yg cocok
3. Saat idle, suara mesin masuk kabin. Istri bilang kok kayak suara Isuzu Elf?
Akhirnya gedein aja volume audio
Thats all...
Walau ada pros-cons. Akhirnya kami manteb pilih ANF
Bagi kami ANF = 1paket lengkap (akomodasi, efisien, durability, aftersales, resale value)
Yang pasti jadi modal Long Roadtrip...
Hapie Roadtrip = Hapie Family
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice review om. Btw saya selalu ada keinginan utk ganti SUV ladder, karena selama ini pake SUV monokok terus (Xtrail, Captiva, Escudo, CRV), kira2 rasanya gmn ya?
Bokap agak susah dirayu utk beli ladder....
Bokap agak susah dirayu utk beli ladder....
Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11010
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
komen dulu, baca blakangan mumpung pejwan.
lampu sen makin lama makin ngga imbang dengan ukuran body. apalagi dari depan, lampu sen ga keliatan kedipnya baik siang atau malem kecuali kita mentelengi bener2 sampe mata kunang2 kena DRL/headlamp.
lampu sen makin lama makin ngga imbang dengan ukuran body. apalagi dari depan, lampu sen ga keliatan kedipnya baik siang atau malem kecuali kita mentelengi bener2 sampe mata kunang2 kena DRL/headlamp.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Thu Sep 01, 2016 12:20
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Mending test drive dulu om sebelum beli. Persepsi tiap orang kan beda". Jgn ampe beli terus nyesel. Kenapa gak ini kenapa gak itu.adty wrote:Nice review om. Btw saya selalu ada keinginan utk ganti SUV ladder, karena selama ini pake SUV monokok terus (Xtrail, Captiva, Escudo, CRV), kira2 rasanya gmn ya?
Bokap agak susah dirayu utk beli ladder....
Sent from my iPhone using Tapatalk
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice review criss...
Uwe blm pernah coba anf.. tp dri berbagai review di luar, stir nya memang di perbaiki, lock to lock jd sekitar 3.3-3.4x hampir setara ranger, dan jauh lebih baik dri anps... Jd benar ya klw stirnya layak di apresiasi. Wkwk
Suspensi dunno blom coba, tp anps bwat selera saya kaya perahu bngt, nose dive besar dan body roll besar.. yet waktu coba anki.. terasa lebih parah lg, hanya kebantu stroke anki pendek jd dive nya lebih kurang.. klw anf strokenya pasti panjang... Bisa jd sama or worse
Saya penasaran paddleshift/shiftronic yg di gosipin sama dgn gate shift biasa, bener tidak ya
Uwe blm pernah coba anf.. tp dri berbagai review di luar, stir nya memang di perbaiki, lock to lock jd sekitar 3.3-3.4x hampir setara ranger, dan jauh lebih baik dri anps... Jd benar ya klw stirnya layak di apresiasi. Wkwk
Suspensi dunno blom coba, tp anps bwat selera saya kaya perahu bngt, nose dive besar dan body roll besar.. yet waktu coba anki.. terasa lebih parah lg, hanya kebantu stroke anki pendek jd dive nya lebih kurang.. klw anf strokenya pasti panjang... Bisa jd sama or worse
Saya penasaran paddleshift/shiftronic yg di gosipin sama dgn gate shift biasa, bener tidak ya
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Menurut om bagaimana impresi performa mesin 2gd ini dibandingkan dengan 2kd-vnt terdahulu?? Better or worse?
Walaupun hp dan torsi bertambah akan tetapi berat bodi jg bertambah jd angka tdk bisa jd patokan
Walaupun hp dan torsi bertambah akan tetapi berat bodi jg bertambah jd angka tdk bisa jd patokan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 473
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Setelah liat ini terus ngebandingin mobilio facelift nanti (yang katanya) pake vsc Perasaan anf jadi ga ada apa apanya.
Rem belakang tromol + ga ada vsc + ga ada BA untuk mobil 500juta. Mending power back door yang ga ada daripada fitur safetynya minim banget
Rem belakang tromol + ga ada vsc + ga ada BA untuk mobil 500juta. Mending power back door yang ga ada daripada fitur safetynya minim banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
tos dulu....ricz wrote:Nais ripiu.
VRZ sih ride quality ama tenaganya biasa aja, jauh dibanding dakar yg dampingnya nyaman bgt & tenaganya besar...,
Tapi kalo bagi orang2 seperti bokap gw yg ngeliat bokong ANPS sangat-sangat unforgiveable bahkan dengan cara apapun, dia bakal ttp milih fortuner walo gw blg ada problem jedug dll
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Nice review oom ChZ..
Sebenarnya kalo mobil itu bisa kawin silang, tentu bisa ambil sisi positif dari ANF dan ANPS..
btw, saya jg sedih liat mobil harga setengah eM,..tapi fitur kalahbdgn mobil 250 jtan..
Atau mmg COGSnya sdh dihabiskan untuk mechanical parts,..jadi gimmick2 VSC, HSA ditiadakan..
Sent from my K012 using Tapatalk
Sebenarnya kalo mobil itu bisa kawin silang, tentu bisa ambil sisi positif dari ANF dan ANPS..
btw, saya jg sedih liat mobil harga setengah eM,..tapi fitur kalahbdgn mobil 250 jtan..
Atau mmg COGSnya sdh dihabiskan untuk mechanical parts,..jadi gimmick2 VSC, HSA ditiadakan..
Sent from my K012 using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Afternoon Drive with Toyota Fortuner VRZ 2.4 4x2 AT
Quote
Kedua, transmisi yang kebingungan.... Nggak jedug memang... tapi less refined dibanding 6AT lain... Perpindahan kasar dan TCU bingung... Selalu ada kecenderungan early shift khas transmisi Atoyot... Untungnya turbo di 2GD spool up faster drpd 2KD.... Jadi kecover di situ. Walaupun tetep aja lag turbonya berasa.
Kalo di benua sebrang sana ada TSB utk eliminir masalah ini
Kedua, transmisi yang kebingungan.... Nggak jedug memang... tapi less refined dibanding 6AT lain... Perpindahan kasar dan TCU bingung... Selalu ada kecenderungan early shift khas transmisi Atoyot... Untungnya turbo di 2GD spool up faster drpd 2KD.... Jadi kecover di situ. Walaupun tetep aja lag turbonya berasa.
Kalo di benua sebrang sana ada TSB utk eliminir masalah ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.