Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

Hallo agan2, master2, suhu2, piyikers & OOTers SM, kali ini saya ingin kembali mereview sebuah mobil lagi, yaitu mobil sejuta umat (/ 2 juta umat bahkan 10 juta umat saking lakunya :mky_04: )
Toyota Avanza,
Hmm... pasti anda semua sudah sangat familiar dengan mobil ini , bagi yang ga tau avanza mungkin kurang update dalam dunia otomotif / sudah lama merantau ke negeri sebrang. Mobil ini menjadi mobil terlaris di Indonesia selama puluhan tahun lamanya, sebelum ditumbangkan oleh adiknya sendiri, calya pada bulan september lalu (CMIW) :big_peace:. Saking lakunya, mobil ini diberi julukan "mobil yang paling susah disalip", karena tiap kali abis disalip ternyata ada lagi didepan ...dst.
Selain itu mobil ini juga dijuluki sebagai "ahlinya jalanan indonesia", karena sudah terbukti kehandalannya dalam melewati berbagai medan di Indonesia yang rata2 kondisi jalannya ga begitu mulus selama puluhan tahun lamanya, serta terkenal "badak", badak dalam artian battle - proven, karena mobil ini masih bisa dipakai dengan normal walau hanya dengan servis & ganti oli ala kadarnya aja :wkkk: , belom lagi ASS Toyota yang tersebar di setiap daerah di Indonesia + banyaknya part subtitusi yang tersedia dimana2 menjadikan sparepart & perawatan mobil ini murah meriah, sehingga membuatnya paling durable dikelasnya (soalnya ini semua udah pada tau lah ya, jadi ga perlu edukasi lagi kaya 2 kakaknya yang lebih mahal :ngacir: ).
Namun , jika meruntut jauh kebelakang (14 tahun lalu) , mobil ini memang diciptakan sebagai mobil murah yang benar2 basic (pada saat itu) , sehingga menuai banyak cacian & celaan dimana2, diantaranya "mobil kaleng kerupuk" , "limbung" , "minim fitur", "ajrut2tan, "interior jelek" dll, bahkan sempat menjadi salah satu suciadal car di Indonesia karena banyaknya kecelakaan yang melibatkan mobil ini & menimbulkan korban meninggal dunia ,terutama pada generasi pertamanya. Selain itu, mobil ini menjadi incaran maling no 1 di Indonesia bersama saudara kembarnya yaitu xenia karena minimnya fitur keamanan dimobil ini sehingga mudah untuk dibobol! :big_slap: . Namun ,seiring berjalannya waktu & munculnya pesaing2 dengan value yang lebih baik, avanza mulai berbenah diri, yang dimulai dengan penambahan dual airbag pada semua tipenya di pertengahan tahun 2013 lalu. Di Indonesia, avanza masuk ke kelas LMPV & bersaing dengan Xenia, Ertiga , Spin (discontinued) & Grand Livina .
Ok, let's go to the review
1. Prologue:
Ditengah kegalauan saya dalam mencari kandidat pengganti GE8 tua saya, maka saya kepikiran untuk menjadikan mobil sepuluh juta umat ini sebagai alternatif pengganti selain LCGC 7 - seater , serta kandidat utama yaitu jenis "hatchback " & CUV", maka saya memutuskan untuk pergi ke showroom ayotot di bilangan jaksel di siang bolong dengan menggunakan GE8 tua saya yang berstatus hampir janda untuk liat2 sekalian TD mobil ini.
2. History
Kalo soal sejarahnya , saya ga perlu menjelaskan lagi dimari karena sudah dijelaskan secara panjang, lebar , tinggi & bundar oleh om CHZ di thread viewtopic.php?f=19&t=22690
ChZ wrote: Toyota Avanza....

Well bukan nama yang asing, karena tiap hari kita pelototin di jalan. Orang Indonesia gak tau Avanza mungkin sudah lama gak turun gunung atau lama merantau ke negeri seberang.

Image
First Generation Avanza (2003-2006)

Image
Avanza VVT-i (2006-2011)

Image
All New Avanza (2011-2015)

Image
All New Avanza Veloz (2011-2015)

Pelopor di kelas LMPV, cikal bakal "mobil murah". Proyek joint-venture Toyota-Daihatsu yang terbilang sangat sukses karena penjualannya tak tergoyahkan selama 10 tahun terakhir. Avanza-Xenia menjadi people mover favorit karena murah, perawatan mudah, dan didukung jaringan nasional Toyota... Ya itu kata orang-orang dan kata orang marketing Toyota.

Sampai ada jokes bilang, mobil paling susah disalip di Indonesia ya Avanza, karena begitu disalip di depan eh ada lagi :big_weee:

Tapi populernya Avanza ini jadi buah simalakama.

Karena harganya yang murah (di awal peluncuran th.2003 akhir cuma 99juta untuk type G), maka bisa dibilang harga sebanding kualitas (baca = murahan), dan efek dari murah ini adalah fasilitas yang sangat minim. Avanza - Xenia jadi incaran maling nomer satu selain Kijang karena saking gampangnya dimaling (hitungan detik!), juga fakta bahwa tingkat safety Avanza Xenia generasi pertama sangatlah buruk, ABS nggak ada, Airbag apalagi, rangka tipis, side impact beam nggak ada. Di kala itu tahun 2003 mungkin masih wajar karena harganya sangat murah.

Masalah timbul ketika Avanza Xenia generasi kedua meluncur di akhir 2011 dimana harga Avanza Xenia sudah sangat tinggi dan dengan fitur keselamatan dan keamanan yang sama minimnya dengan generasi pertama. Dan di 2012 kelas LMPV mulai ramai dengan hadirnya Ertiga yang tingkat keamanan dan keselamatannya lebih baik, disusul Mobilio di tahun 2014. Perlahan Avanza pun mendapat perbaikan kualitas mulai dari kursi lebih tebal, ABS, Airbag di semua tipe.

Dan Agustus tahun 2015 bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Avanza - Xenia melakukan facelift lagi. Diberi nama sesuai trend alay Toyota : Grand New Avanza dan Grand New Veloz (ya, nggak lagi pakai kata "Avanza" di tipe Veloz, ikut-ikutan Subaru dengan WRX STi dan Nissan dengan GT-R). Kali ini, ubahannya cukup signifikan :

1. Yang pasti berubah tampangnya jadi makin seporti dan elegan.... menurut iklannya dan orang marketing Toyota.
2. Kekedapan meningkat 19%.
3. Warna jok berubah
4. Support jok diperbaiki
5. Immobilizer .... Akhirnya.... Bentuk kuncinya gak lagi kayak kunci kost-kost an ane.
6. ABS dan Airbag di tipe G dan Veloz.
7. SIDE IMPACT BEAM sampai ditulis di brosur... kayak pengakuan kalau Avanza yang lama memang gak dilengkapi benda ini.
8. Mekanisme pelipatan jok baris ketiga 50:50
9. Head Unit baru
10. Suspensi yang (katanya) dilakukan penyesuaian biar lebih nyaman
11. Dan yang terakhir ini yang paling signifikan menurut ane... Mesin K3-VE dan 3SZ-VE zaman bahula itu sudah dipensiunkan dan diganti dengan mesin 1NR-VE dan 2NR-VE yang berteknologi Dual VVT-i dan Drive by Wire. Akhirnya setelah 10 tahun kita disuguhi teknologi zaman bahula....
12. Untuk Grand New Veloz ada pilihan tipe 1.3L, tipe 1.5 G tetap dijual (ini masih gak masuk logika bodoh ane).
Unit TD merupakan tipe Veloz 1.3 Automatic berwarna hitam dengan odo yang sudah mencapai 15rb KM.
Exterior
Image
Tampak depannya berubah cukup signifikan dari versi PFLnya, yang menjadi pembeda ada di grill & lampunya , hmm looks simple & proporsional, mungkin yang terbaik dikelasnya, lebih baik daripada Mobilio RS apalagi Ertiga Dreza yang kaya badut joker itu :wkkk: ,oh iya tampilan depannya mirip dengan New Vios & Yaris lele saya lebih menyukai tampilan GN Veloz daripada GN Avanzanya yang mangap itu.
Image
Image
Tampak samping, ga ada perubahan singifikan dari versi PFLnya, namun tetep simpel & enak dilihat, ga tabrakan kaya Mobilio RS, Nice try Toyota :off_good_job:
Image
Tampak belakang, nyaris ga ada perubahan kecuali stoplampnya & reflektor tempelan itu + emblem automaticnya yang ngikutin Xtronic CVTnya Nissan. Hmm, cukup baik , yang menggangu hanya reflektornya saja, terkesan murahan & ga rapih, tapi masih acceptable lah buat saya, memang ga sebaik Mobilio RS & ANGL, tapi masih lebih baik daripada Reflektornya Ertiga FL yang terkesan dipaksakan menurut saya.
Score : 8/10, Looks good & simple, mungkin yang terbaik dikelasnya, yang menganggu hanya reflektornya saja, lebih baik kalau tidak pakai.
Interior
Image
Nyaris ga ada perubahan yang singifikan dari sisi interiornya, masih mirip dengan model sebelumnya, namun dengan tambahan HU 2 din non-touchscreen yang bisa bluetooth yang sama persis dengan kepunyaan tipe G, serta didominasi warna black, yang membuatnya terlihat murah, sebaiknya dikasih warna kecoklatan aja kaya tipe E&G biar terlihat lebih "mahal". Selain itu interiornya dipenuhi dengan hard-plastic yang sesuai dengan kelas mobil ini, namun BQnya cukup baik, memang belum sebaik ertiga & ANGL, namun sedikit lebih baik daripada Mobilio Dashlift. Serta jok juga cukup tebal, lebih tebal daripada veloz sebelumnya, namun ga setebal Ertiga, namun lebih tebal daripada mobilio.
Image
Image
Duduk di baris ke2 Gn veloz ini cukup lega, masih memadai untuk saya yang tingginya 170CM, mungkin ga selega mobilio & ANGL , tapi setara dengan ertiga mungkin. Soal kenyamanan avanza juga cukup nyaman, lebih nyaman daripada gen sebelumnya, namun sayangnya belom bisa mengimbangi lawan2nya seperti ertiga ,ANGL & Mobilio.
Image
Jok yang bisa dilipat 50:50, sayangnya ga bisa dililipet rata lantai. Kemudian, duduk di baris ke3 ga lega2 amat, ga selega mobilio & ANGL ,tapi masih lebih baik daripada ertiga yang baris ke3nya hanya cocok buat 2 orang. Kemudian, bagasi juga cukup luas , namun masih kalah luas dari mobilio, tapi lebih luas daripada ertiga. Selain itu mobil ini juga practical, karena mempunyai lebih dari 10 cup holer sehingga bisa menaruh minuman dalam jumlah banyak + tempat penyimpanan lainnya , mungkin yang terbanyak dikelasnya. :big_exellent: .
Score : 7/10, interior cukup baik, sayang pemilihan warna agak menganggu & terlihat murah dibanding tipe dibawahnya (E&G), kemudian mobil ini juga cukup practical & nyaman untuk perjalanan jauh.
Fitur
Image
Akhirnya ga pake kunci kos2an lagi & bentuknya mirip dengan kunci GE8 saya & kunci yang sama digunakan pula di calya.
Image
Soal fitur, avanza dilengkapi fitur yang cukup lengkap, ia sudah dilengkapi dual airbag & ABS ,serta Immobilizer . Kemudian GN Veloz ini juga memiliki setir yang hampir sama dengan kepunyaan tipe G, namun belum dilengkapi tombol audio seperti di versi 1.5 nya. Kemudian ada fitur tambahan yaitu pessanger seatbelt reminder, yaitu fitur yang berguna untuk memperingati penumpang depan ketika melepas seatbeltnya saat perjalanan (di semua tipenya) , hmmm sangat baik untuk sebuah avanza , serta ada juga fitur tersembunyi (entah benar / tidak) yaitu auto door lock, dimana pintu akan mengunci sendiri saat mobil berjalan diatas 40 kmh, kalau benar, fitur yang cukup langka & sangat baik untuk sebuah LMPV. :off_good_job: . Selain itu, mobil ini juga dilengkapi side impact beam, yang mengindikasikan plat bodi mobil ini sudah lebih tebal daripada sebelumnya , terbukti dengan buka tutup pintunya yang lebih mantap dari sebelumnya "blep", bukan "BRAAKK" kaya model sebelumnya yang kaya nendang kaleng k***g g*an, mungkin sudah setara dengan ertiga & lebih baik daripada mobilio RS yang masih agak kaleng kalo buka tutup pintunya. :mky_07: , serta kekedapan yang diklaim lebih baik 19% dari sebelumnya, hmmm akan saya bahas di driving impression.
Score : 8/10, lumayan banyak improvement dari segi fiturnya, terutama fitur safetynya, andai AC kenop kompornya berganti menjadi digital, mungkin akan menjadi sangat menarik.
Driving Impression
Engine bay
Image
Jujur saja, saya penasaran dengan mesin barunya & ingin membandingkan dengan avanza 1.5 S AT 2009 & Veloz AT 2013 PFL yang pernah saya setir . GN Veloz ini dilengkapi dengan mesin baru 2NR Dual VVTI 1.300 CC yang sama persis dengan tipe E& 1.3G dengan transmisi automatic 4 percepatan + teknologi drive by wire. Colok kunci kontaknya & surprise!!, suara mesin 2NR ini sangat halus sekali, mungkin setara dengan HR15nya ANGL, jauh lebih halus dari K3VE & SZVEnya avanza lama yang kasar sekali waktu distarter (kaya mobil 90an ) , mencoba jalan, kok diinjek dikit kaya ga mau jalan gitu, sepertinya bakal lempot diputaran bawah, beda sama avanza sebelumnya yang nendang diputaran bawah sehingga cocok buat sruntulan, bahkan 2nr ini lebih lemot daripada CVTnya mobilio :frm_bang_head: , but at least, jumlah avanza yang sruntulan bakal berkurang & it's doesn't suciadal car anymore, karena respon gasnya mungkin diperuntukkan untuk efisiensi, hmm, coba gas lagi, agak enakan & another surprise happened, torsinya terasa nendang diputaran atas, lebih baik dari avanza lama yang kaya kehabisan napas di RPM tinggi, bahkan sedikit lebih baik daripada 4AT nya ertiga & CVTnya ANGL, namun tetap saja belum bisa menyaingi CVTnya mobilio, sepertinya mesin 2NR Dual vvti ini diperuntukkan untuk MID-High rev, beda dengan single VVTI yang diperuntukkan untuk low-mid rev. Kemudian posisi nyetir agak tinggi (mungkin kebiasa bawa GE8 yang pendek kali ya), kemudian posisi nyetirnya juga lumayan suportif buat saya. Mencoba ditengah kemacetan jakarta, mobil ini cukup baik untuk pemakaian dalam kota, respon transmisi juga lebih baik daripada sebelumnya yang nyentak2 kaya ditendang kuda :big_dunno: , walaupun masih agak jerky untuk stop n go, tapi perpindahan giginya cukup halus, lebih halus daripada old avanza. Kemudian, putar balik & jalanan agak kosong, saatnya gaspol, hmmm... sepertinya versi maticnya kurang cocok buat yang nyetir agresif, kalo ngincer peforma lebih baik beli manualnya, soalnya saat mencoba gaspol transmisinya terasa agak gugup saat akan melakukan perpindahan gigi & terasa agak "ngeden sedikit " dengan raungan khas 2nr yang cukup halus menurut saya. FCnya pun cukup irit menurut saya untuk dalkotnya, walaupun agak khwatir karena unit TD yang saya kendarai bensinnya tinggal 1 strip :big_chicken: :big_slap: , untungnya bensinnya masih cukup untuk kembali ke dealer boyota tempat saya TD. Oh iya, mobil ini juga cukup enak dikemudian, walaupun ga seenak mobilio, tapi lebih baik dibanding ertiga & ANGL. Ini ada beberapa foto tambahan.
Image
Image
Cluster meter sangat cantik, mungkin yang tercantik dikelasnya, kemudian mengingatkan saya pada GE8 & sukses membuat cluster avanza sebelumnya terlihat...... kuno :big_biglaugh: .
Skor: 6,5/10 , cukup enak untuk dikemudikan , tapi versi manual lebih baik bagi yang mengincar peforma lebih, karena maticnya agak boyo & masih terasa limbung dikecepatan tinggi walaupun berkurang jauh daripada gen sebelumnya.
Conclusion
Banyak hal yang tidak terduga pada new veloz ini, improvement yang dilakukan pada GN Veloz ini membuatnya terlihat lebih baik daripada avanza sebelumnya bahkan dapat mengimbangi lawan2nya dalam beberapa aspek. Namun sayangnya, improvement ini diikuti dengan kenaikan harga yang lumayan tinggi, mencapai 200jtan untuk tipe 1.3 Veloz, mungkin terasa kurang worth untuk sebuah avanza, tapi buat saya worth2 saja karena sepadan dengan improve yang dilakukan oleh atoyot terhadap mobil ini & simply karena saya ga terlalu suka sama exteriornya mobilio & kecewa sama FL nya ertiga yang blunder abis kalo menurut saya. Selain itu ,mobil ini juga cocok buat mahasiswa kaya saya karena cocok buat "partner in crime", seperti bawa temen dalam jumlah besar , gampang dimodif & cocok buat pemakaian dalkot & lukot, serta ga nyusahin karena perawatannya murah meriah & terkenal BADAK alias tahan lama.
Belilah avanza jika:
- Anda menginginkan real 7-seater RWD
- Sering keluar kota
- Suka lewat jalan rusak
- Jangka waktu pemakaian 5 tahun /lebih
- RV jadi prioritas
- Ga mau repot dalam urusan perawatan mobil
- Anda anak kuliahan tapi ingin mobil dengan GC tinggi untuk membawa teman2 anda dalam jumlah banyak
- Anda ingin mobil MPV yang ga terlalu gede, sehingga gampang parkir & radius putarnya kecil.
- Anda yang gengsi dengan LCGC Tapi budget mepet.
- Anda suka modifikasi tapi ingin mobil yang pasaran.
- Ingin mencari mobil yang minim perawatan untuk dijadikan taksi online / rental.
Jangan ambil avanza jika:
- Anda masih gengsi dengan image "mobil sejuta umat"
- Anda ingin mobil yang antimainstream
- Ingin LMPV FWD
- Keasyikan mengemudi jadi prioritas
- Lebih sering melewati jalan mulus daripada jalan rusak
Pros:
- Improvement , improvement & improvement from previous gen
- The only RWD on it's class
- Kekedapan lebih baik daripada sebelumnya
- ASS & Durability
- RV terbaik dikelasnya
- Desain exterior & Interior
- Fitur cukup lengkap
- Radius putar kecil
- Irit BBM
- Suara mesin halus
- Suara mirip bearing rusak pada avanza sebelumnya sudah hilang
Cons:
- Maticnya agak boyo
- Masih terasa limbung dikecepatan tinggi
- Mahall
- Pemilihan warna hitam di interior membuatnya terasa murah.

Sekian review saya kali ini, mohon maaf kalo masih berantakan.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by dimassn25 »

Sempet nyetirin sodara pake grand avanzanya dan saya sangat terkejut bahwa.............mobil kayak gini bisa 200juta. Btw sepupu pake GNA 1.3G m/t, menurut saya manualnya juga agak jerky kalo neken gasnya kurang dalem. Tetep lebih baik maticnya mungkin.

Yang paling saya komplain itu posisi duduknya, bahkan calya lebih baik driving positionnya.

Intinya sih kalo pandangan saya mobil ini buat orang yang pake mobil sampe rusak, atau lebih dari 5 tahun. Karena emang kaki kakinya saya akuin senyap banget walau lewat jalanan rusak.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by kunaskun »

btw masih penasaran ini matiknya masih pake kabel kickdown atau sudah pure electronic ya? tiap kali ke dealer dimari pasti ga ada unit yang matiknya... maklum di daerah jd masih banyak pecinta kopling.

dan apa remnya masih pas2an? kalau suspensi ya masih avanza lah :XD:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by DOHC »

kunaskun wrote:
dan apa remnya masih pas2an? kalau suspensi ya masih avanza lah :XD:
ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by doge »

Nice review...

Thing that most ppl overlooked:

Ntah knp discbrake avxen dr awal kluar smpe skrg msh solid disk... bahkan veloz1.5 jg (iirc)

Apa ventilated disk segitu mahalnya y...
:ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by coklatMetalik »

Nice review om...

BTW untuk bentuk moncong, saya lbh suka yg veloz drpd G & E. Entah knapa geli bgt liat grill yg mangap sampe jeroannya keliatan gitu. Malah awalnya saya nyangka itu avanza abis tabrakan sampe ada bagian bemper yg copot...
Di sisi lain, dengan grill mangap gitu jika kalo ada cipratan air/lumpur dr depan mungkin langsung mengotori radiatornya.....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by NYoman »

Kebetulan sekali, kemarin di Bali sempat sewa dan kebetulan kembar (sewa 2)
Daihatsu Xenia R Sport AT dan Veloz 1.5 AT yang baru nyentuh angkat 1500an KM (karena langganan jadi dikasih matic fresh pula)..

Yang saya rasakan satu, keduanya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya dan sepertinya ini karena predensesornya yang buat saya masih terasa gak layak untuk harga segitu (yang gini juga sih) serta tekanan dari kompetitor terutama Ertiga dan Mobilio.. Matic jauh lebih halus, daleman nya sedikit lebih presisi, jok lebih tebal (sedikit) dan lebih empuk dari predensesornya. Yang saya rasakan, kedua mobil ini punya mesin yang berbeda (1.3 vs 1.5) tapi terasa responsif milik Xenia. Yang lucu, iya ini kebiasaan dari Toyota peredaman di Veloz jauh lebih kedap dari Xenia (RSport) dan memang buat saya yang pernah naik 3 mobil dikelas ini mungkin Veloz paling kedap. Untuk suspensi lebih empuk iya nyaman, sayangnya saat di isi 4 orang kondisi normal mobil agak limbung (lebih limbung dari predensesor nya) yang membuat satu mobil mabuk darat dengan gaya menyetir saya yang agak kasar saat menyalip truck2 pasir di Bali. Yang gak berubah, rem nya masih kayak ada delay saat di injak (btw sudah dilengkapi abs untuk kedua nya jadi saat nyetir saya merasa keduanya mirip). Jadi kesimpulan, sebetulnya gak banyak berubah dari generasi pertama kecuali kelengkapan, kehalusan transmisi dan kualitas plastik interior (sedikit) membaik. Tapi ini cukup sih buat yang mau upgrade dari seri lama ke seri ini (catatan buat seri 2005 ya)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Yonatanw »

Nice review om..

Waktu itu sempet TD singkat karena unit TD bensinnya tinggal 1 bar.
Saya coba bandingin dengan xenia tua ane, dan yang muncul di kepala adalah sbb:
-Begitu duduk, terasa mirip2 aja dengan yang lama.. Posisi duduk persis, dengan tambahan spon dikit.
-Mesin waktu idle kerasa lebih halus dari K3, tapi pas kaca jendela dibuka, sama aja..
-Penyakit suspensi mengayun belum hilang.
-Buka kap mesin ada lobang segedhe gaban di pinggir kiri kanan, dan masih ada pemandangan kabel kawat kopling.

Yang bikin impressed :
- bunyi gardan mendengung kayaknya uda ilang ya? CMIIW
- ngga ndut2an seperti yang lama

Begitu lihat price list.. dan confirmed (waktu itu) tanpa diskon, ane mundur teratur..

IMHO
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

dimassn25 wrote:Sempet nyetirin sodara pake grand avanzanya dan saya sangat terkejut bahwa.............mobil kayak gini bisa 200juta. Btw sepupu pake GNA 1.3G m/t, menurut saya manualnya juga agak jerky kalo neken gasnya kurang dalem. Tetep lebih baik maticnya mungkin.

Yang paling saya komplain itu posisi duduknya, bahkan calya lebih baik driving positionnya.

Intinya sih kalo pandangan saya mobil ini buat orang yang pake mobil sampe rusak, atau lebih dari 5 tahun. Karena emang kaki kakinya saya akuin senyap banget walau lewat jalanan rusak.
Iya sih kalo orang yang beli mobil ini itu orang yang ga mau repot soal mobil & biasanya dipake sampe rusak dengan perawatan alakadarnya aja, kalo kaki2nya sih emang paling badak dikelasnya oom, lewat jalan mulus hayuk , lewatin jalan rusak juga hayuk hahaha, btw kok agak jerky ya? setau saya kopling avanza itu enteng deh, kalo maticnya sih lebih baik buat orang yang nyetirnya santai hehehe, soalnya lumayan boyo diputaran bawah.
Yonatanw wrote:Nice review om..

Waktu itu sempet TD singkat karena unit TD bensinnya tinggal 1 bar.
Saya coba bandingin dengan xenia tua ane, dan yang muncul di kepala adalah sbb:
-Begitu duduk, terasa mirip2 aja dengan yang lama.. Posisi duduk persis, dengan tambahan spon dikit.
-Mesin waktu idle kerasa lebih halus dari K3, tapi pas kaca jendela dibuka, sama aja..
-Penyakit suspensi mengayun belum hilang.
-Buka kap mesin ada lobang segedhe gaban di pinggir kiri kanan, dan masih ada pemandangan kabel kawat kopling.

Yang bikin impressed :
- bunyi gardan mendengung kayaknya uda ilang ya? CMIIW
- ngga ndut2an seperti yang lama

Begitu lihat price list.. dan confirmed (waktu itu) tanpa diskon, ane mundur teratur..

IMHO
Kalo gardan mendengung udah ilang oom, soalnya kalo pas bawa yang lama kedengeran suara gardan rusak gitu , sedangkan pas TD yang baru itu , bunyi2annya udah ilang hehehe, kalo ndut2an emang lebih baik daripada yang lama oom, suspensinya lebih ngikutin kontur jalan gitu, beda sama yang lama yang kaya dilempar2 kalo jadi penumpang. Kalo suspensi kayanya emang belum ilang , tapi udah mendingan daripada yang lama, kalo starter mesin sih jauh lebih halus ya, tapi pas jendela dibuka kayanya lebih halus dikit deh mesin 1NR nya (sorry bukan 2NR yang saya tulis diatas.) (CMIW) :big_peace:
NYoman wrote:Kebetulan sekali, kemarin di Bali sempat sewa dan kebetulan kembar (sewa 2)
Daihatsu Xenia R Sport AT dan Veloz 1.5 AT yang baru nyentuh angkat 1500an KM (karena langganan jadi dikasih matic fresh pula)..

Yang saya rasakan satu, keduanya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya dan sepertinya ini karena predensesornya yang buat saya masih terasa gak layak untuk harga segitu (yang gini juga sih) serta tekanan dari kompetitor terutama Ertiga dan Mobilio.. Matic jauh lebih halus, daleman nya sedikit lebih presisi, jok lebih tebal (sedikit) dan lebih empuk dari predensesornya. Yang saya rasakan, kedua mobil ini punya mesin yang berbeda (1.3 vs 1.5) tapi terasa responsif milik Xenia. Yang lucu, iya ini kebiasaan dari Toyota peredaman di Veloz jauh lebih kedap dari Xenia (RSport) dan memang buat saya yang pernah naik 3 mobil dikelas ini mungkin Veloz paling kedap. Untuk suspensi lebih empuk iya nyaman, sayangnya saat di isi 4 orang kondisi normal mobil agak limbung (lebih limbung dari predensesor nya) yang membuat satu mobil mabuk darat dengan gaya menyetir saya yang agak kasar saat menyalip truck2 pasir di Bali. Yang gak berubah, rem nya masih kayak ada delay saat di injak (btw sudah dilengkapi abs untuk kedua nya jadi saat nyetir saya merasa keduanya mirip). Jadi kesimpulan, sebetulnya gak banyak berubah dari generasi pertama kecuali kelengkapan, kehalusan transmisi dan kualitas plastik interior (sedikit) membaik. Tapi ini cukup sih buat yang mau upgrade dari seri lama ke seri ini (catatan buat seri 2005 ya)
Wahh nice review om, akhirnya ada juga yang ngasih impresi sebagai penumpangnya , soalnya saya belom pernah rental Avanza yang baru ini, seringnya yang lama hahaha, terus saya juga pernahnya naik yang E&G pas nebeng taksi online di jkt oom , itupun jalannya mulus2, btw impresi yang saya rasakan hampir sama kaya yang om katakan diatas kecuali saya merasa kalo diisi 4 orang dalam kondisi normal kayanya udah mendingan deh limbungnya dari gen sebelumnya (IMHO) ya, soalnya pas nyewa yang lama di bali waktu itu rasanya kaya mabuk darat gitu oom, apalagi kalo supirnya sruntulan & lewatin jalan rusak. :big_peace: , sedangkan yang baru lebih mendingan suspensinya.
coklatMetalik wrote:Nice review om...

BTW untuk bentuk moncong, saya lbh suka yg veloz drpd G & E. Entah knapa geli bgt liat grill yg mangap sampe jeroannya keliatan gitu. Malah awalnya saya nyangka itu avanza abis tabrakan sampe ada bagian bemper yg copot...
Di sisi lain, dengan grill mangap gitu jika kalo ada cipratan air/lumpur dr depan mungkin langsung mengotori radiatornya.....
Sama kaya saya oom, yang G&E itu kok kaya mangap gitu ya, jadinya terkesan aneh, tapi at least masih mendingan lah dari suzuki dreza yang depannya kaya badut joker overchrome itu. :ngacir:
doge wrote:Nice review...

Thing that most ppl overlooked:

Ntah knp discbrake avxen dr awal kluar smpe skrg msh solid disk... bahkan veloz1.5 jg (iirc)

Apa ventilated disk segitu mahalnya y...
Kayanya buat cost reduction deh setau saya.
DOHC wrote:
kunaskun wrote:
dan apa remnya masih pas2an? kalau suspensi ya masih avanza lah :XD:
ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
kunaskun wrote:btw masih penasaran ini matiknya masih pake kabel kickdown atau sudah pure electronic ya? tiap kali ke dealer dimari pasti ga ada unit yang matiknya... maklum di daerah jd masih banyak pecinta kopling.

dan apa remnya masih pas2an? kalau suspensi ya masih avanza lah :XD:
@DOHC Kalo remnya menurut saya udah mendingan dari sebelumnya, mungkin berkat ABS yang membuat remnya lebih pakem daripada gen sebelumnya oom , kalo suspensi memang masih khas avanza, tapi sepertinya sudah ada perbaikan dibanding generasi sebelumnya om , kalo sruntulan dalkot kayanya susah deh di avanza baru ini, soalnya rpmnya agak boyo diputaran bawah (pernah naik yang manualnya sebagai penumpang), kalo maticnya emang dari dulu udah boyo oom, tapi yang sekarang lebih halus perpindahan giginya ajaa :big_grin:
@Kunaskun Kayanya masih kabel kickdown deh om, kalo dealer dijkt justru banyakan yang matic unit TDnya hehehe, malah yang manual nyaris ga ada dimari.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Emamg Pelos ini menurut ane tengah2 antara Monyong RS atau Ertiga.

Ga sporty amat dibanding Monyong tapi masih lebih baik dari Ertiga.

Terus ga seenak itu untuk penumpang dibanding Ertiga tapi masih lebih baik dari Monyong.

Ane penasaran bedanya sama yang 1.5 selain mesin sama HU touchscreen apalg ya?

Apa mesin 1NR ini lebih irit dari mesin lama?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

sintoni wrote:Nais ripiu om.

Emamg Pelos ini menurut ane tengah2 antara Monyong RS atau Ertiga.

Ga sporty amat dibanding Monyong tapi masih lebih baik dari Ertiga.

Terus ga seenak itu untuk penumpang dibanding Ertiga tapi masih lebih baik dari Monyong.

Ane penasaran bedanya sama yang 1.5 selain mesin sama HU touchscreen apalg ya?

Apa mesin 1NR ini lebih irit dari mesin lama?
Kalo bedanya 1.5 & 1.3 Veloz ada di :
- Velg, yang 1.5 warna silver kehitaman gitu, 1.3 putih polos
- Setir yang 1.5 udah ada tombol audionya, yang 1.3 belum
- Mesin, udah pasti, 1.5 pake 2NR, 1.3 pake 1 NR
Itu aja setau saya. Kalo mesin 1NR sepertinya lebih irit om daripada yang lama, soalnya udah dilengkapi mode eco & respon gasnya dibuat lemot diputaran bawah, jadinya lebih irit karena tenaganya baru ngisi diputaran tengah-atas, beda sama yang lama dimana tenaganya malah ngisi di putaran bawah-tengah, pas putaran atasnya justru udah kehabisan napas tuh mesinnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by psiturism »

sy udh coba GNA ini, kebetulan libur natal kemarin balik ke kampung, dan rental 1 unit GNA 1.3 G A/T... mobil masih baru, odo baru 5.6k pas saya ambil...

dibanding avanza lama, ini udh improve banget soal kekedapan kabin dan bantingan suspensinya.. memang masih sedikit terasa mental mentul, tp sudah jauh membaik even dibanding yg versi sebelumnya (karena sebelum ada mobil ini sy selalu sewa avanza/xenia yg versi sebelum ini atau ertiga).. fitur jg cukup oke, immob, abs, airbag, udh ada semua di mobil ini.. utk HUnya pun cukup oke karena sdh ada blututnya walopun belum touchscreen (even mobilio RS belom ada blututnya).. jd saya, free user setia spot***, bisa memainkan lagu tanpa ada halangan berarti hehehe...

minusnya, mesinnya jd kaya mesin2 honda. dimana putaran bawahnya lemot abis.. walaupun utk seruntulan masih bisa (harus tega sedikit hehehe).. waktu dibawa keluar kota, seperti ke solo, magelang, yogyakarta, dimana jalurnya lumayan nanjak2 dan liku2, saya harus selalu mainin gear di 2/3 utk menjaga putaran mesin diatas 3.000 RPM agar bs keep up sama mobil lain.. dan berefek ke kons. BBM yg boros.. utk dalkot semarang saya hanya sekali menyentuh angka 1/8.0 based on MID di mobil ini, dan utk kons BBM lukot, hanya dapat angka 1/9.7 based on MID paling iritnya..

jd, saya agak ragu kalau disuruh pilih mobil ini.. karena kons BBMnya boros, masa mobil 1.3 sama kaya xtrail yg 2.0L? sepertinya, tetap, mobilio, ertiga, adalah mobil yg lebih baik dibanding mobil ini.. tp, kalau masih ngincer merk, mobil ini boleh dipertimbangkan mengingat improvementnya cukup oke walaupun sy tidak mengerti kenapa mobil ini tidak bisa irit..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

psiturism wrote:sy udh coba GNA ini, kebetulan libur natal kemarin balik ke kampung, dan rental 1 unit GNA 1.3 G A/T... mobil masih baru, odo baru 5.6k pas saya ambil...

dibanding avanza lama, ini udh improve banget soal kekedapan kabin dan bantingan suspensinya.. memang masih sedikit terasa mental mentul, tp sudah jauh membaik even dibanding yg versi sebelumnya (karena sebelum ada mobil ini sy selalu sewa avanza/xenia yg versi sebelum ini atau ertiga).. fitur jg cukup oke, immob, abs, airbag, udh ada semua di mobil ini.. utk HUnya pun cukup oke karena sdh ada blututnya walopun belum touchscreen (even mobilio RS belom ada blututnya).. jd saya, free user setia spot***, bisa memainkan lagu tanpa ada halangan berarti hehehe...

minusnya, mesinnya jd kaya mesin2 honda. dimana putaran bawahnya lemot abis.. walaupun utk seruntulan masih bisa (harus tega sedikit hehehe).. waktu dibawa keluar kota, seperti ke solo, magelang, yogyakarta, dimana jalurnya lumayan nanjak2 dan liku2, saya harus selalu mainin gear di 2/3 utk menjaga putaran mesin diatas 3.000 RPM agar bs keep up sama mobil lain.. dan berefek ke kons. BBM yg boros.. utk dalkot semarang saya hanya sekali menyentuh angka 1/8.0 based on MID di mobil ini, dan utk kons BBM lukot, hanya dapat angka 1/9.7 based on MID paling iritnya..

jd, saya agak ragu kalau disuruh pilih mobil ini.. karena kons BBMnya boros, masa mobil 1.3 sama kaya xtrail yg 2.0L? sepertinya, tetap, mobilio, ertiga, adalah mobil yg lebih baik dibanding mobil ini.. tp, kalau masih ngincer merk, mobil ini boleh dipertimbangkan mengingat improvementnya cukup oke walaupun sy tidak mengerti kenapa mobil ini tidak bisa irit..
Mungkin bawanya sruntulan kali om, karena menurut saya maticnya kurang cocok buat sruntulan & nanjak hahaha, kalo irit mestinya bisa lah diatas 10 dalkotnya, orang respon gasnya lebih lemot dari yang lama :mky_04: , yaaa kalo bawanya sruntulan mobil apapun juga bakal boros oom FCnya hahaha :big_peace: , kalo saya pribadi masih pegang avanza kalo buat LMPV, karena cocok dipake buat segala medan, kalo mobilio /ertiga sih saya pilih ertiga tapi yang PFL, karena yang FLnya sangat mengecewakan & ga terlalu suka sama exteriornya mobilio . Kalo improvement sih emang udah jauh lebih baik yang ini daripada yang lama menurut saya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by sintoni »

Mungkin karena bawahnya lemot, jadi harus injek lebih dalem buat stop n go jadi bikin lebih boros mungkin ya kalo buat sehari2 dalam kota?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by NYoman »

Kalau yang di Veloz 1.3 dan 1.5 saya belum pernah rasakan.. Tapi rasanya 1.3 hampir sama dengan R sport nya Dai. Dari hasil coba2 kemarin, kita yang hobi naik turun gunung jalur Kintamani dapat rata2 10.2km/L dari data MID untuk Veloz dan 11.1km/L untuk Rsport. Baru ingat juga ternyata kemarin sewa 1.3 generasi pas dibawah seri ini (non veloz, VVTi manual) tarikan nya masih enak yang lama untuk putaran bawah, kemungkinan karena perbedaan rasio juga berhubung manual dan suspensinya sangat nyaman tidak limbung serta "anteng" karena ada rahasianya..

TADA~
Image
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by kunaskun »

DOHC wrote:
kunaskun wrote:
dan apa remnya masih pas2an? kalau suspensi ya masih avanza lah :XD:
ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
:big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:
doge wrote:Nice review...

Thing that most ppl overlooked:

Ntah knp discbrake avxen dr awal kluar smpe skrg msh solid disk... bahkan veloz1.5 jg (iirc)

Apa ventilated disk segitu mahalnya y...
bukannya front rotor sudah ventilated om sejak facelift ganti mesin ini?
Pboyz97 wrote: @DOHC Kalo remnya menurut saya udah mendingan dari sebelumnya, mungkin berkat ABS yang membuat remnya lebih pakem daripada gen sebelumnya oom , kalo suspensi memang masih khas avanza, tapi sepertinya sudah ada perbaikan dibanding generasi sebelumnya om , kalo sruntulan dalkot kayanya susah deh di avanza baru ini, soalnya rpmnya agak boyo diputaran bawah (pernah naik yang manualnya sebagai penumpang), kalo maticnya emang dari dulu udah boyo oom, tapi yang sekarang lebih halus perpindahan giginya ajaa :big_grin:
@Kunaskun Kayanya masih kabel kickdown deh om, kalo dealer dijkt justru banyakan yang matic unit TDnya hehehe, malah yang manual nyaris ga ada dimari.
mestinya dengan adanya ABS rem ga lebih pake, tapi better feel (+sugesti) mungkin iya. kaya saya pernah gantian nyetir avanza 2009 S 1.5AT dengan avanza 2010 G 1.3AT, mirip banget remnya, hanya yg 1.5S ada ABS jadi sugesti lebih pakem :big_biglaugh:

hmm masih kabel kickdown ya.. berarti confirmed ya itu transmisi AT purba masih belum diganti, no wonder makin aneh feel berkendaranya, dengan mesin lama aja uda ga nyambung apalagi dengan mesin modern... :big_chicken:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

sintoni wrote:Mungkin karena bawahnya lemot, jadi harus injek lebih dalem buat stop n go jadi bikin lebih boros mungkin ya kalo buat sehari2 dalam kota?
Iya sih kalo yang matic, kalo yang manual kurang tau om, soalnya belom pernah nyoba yang manual.
NYoman wrote:Kalau yang di Veloz 1.3 dan 1.5 saya belum pernah rasakan.. Tapi rasanya 1.3 hampir sama dengan R sport nya Dai. Dari hasil coba2 kemarin, kita yang hobi naik turun gunung jalur Kintamani dapat rata2 10.2km/L dari data MID untuk Veloz dan 11.1km/L untuk Rsport. Baru ingat juga ternyata kemarin sewa 1.3 generasi pas dibawah seri ini (non veloz, VVTi manual) tarikan nya masih enak yang lama untuk putaran bawah, kemungkinan karena perbedaan rasio juga berhubung manual dan suspensinya sangat nyaman tidak limbung serta "anteng" karena ada rahasianya..

TADA~
Image
Wahh pantesan suspensinya nyaman, orang bannya udah diganti yang profilnya lebih tebel & velg racing pula hehehe.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote:
mestinya dengan adanya ABS rem ga lebih pake, tapi better feel (+sugesti) mungkin iya. kaya saya pernah gantian nyetir avanza 2009 S 1.5AT dengan avanza 2010 G 1.3AT, mirip banget remnya, hanya yg 1.5S ada ABS jadi sugesti lebih pakem :big_biglaugh:

hmm masih kabel kickdown ya.. berarti confirmed ya itu transmisi AT purba masih belum diganti, no wonder makin aneh feel berkendaranya, dengan mesin lama aja uda ga nyambung apalagi dengan mesin modern... :big_chicken:
Iya nih, kalo ABS memang lebih pakem karena lebih ga ngunci kalo rem mendadak oom, kayanya sih masih kabel kickdown, soalnya transmisinya masih 4AT Purba menurut saya, hanya saja lebih diperhalus rasio & pengoperan giginya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by snoepje »

Pernah coba jadi penumpang di kursi baris kedua nggak om ?

Di GN Veloz ini, karet balon yang nempel di pintu baris kedua kan nggak ada,
pengaruh kekedapannya signifikan nggak ya om, kalo jadi penumpangnya ?
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ddyta27 »

kalo diperhatiin, avanza dari awal keluar sampai yang mesin baru kenapa gear rasionya kasar banget yah..

100km/jam udah diatas 4ribuan.. ga enak banget kalo di tol mesin meraung.. terutama yang manual :(
User avatar
YK16
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by YK16 »

Ralat dikit ya mengenai Head Unit nya

HU veloz 1.3 beda sama punya nya 1.3 G

Trus fitur auto lock Sudah tersedia
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual

Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ChZ »

Good review, om...

Ane sangat heran dengan respon gas elektroniknya Toyota yang rata rata lemot.... Settingnya dibuat halus tapi kelewat "halus". Plus karakter transmisi AT nya yang banyak selip.

Improvement terbesar di model 1NR Dual VVT-i ini adalah karakter power yang lebih linear dari previous K3-VE.

Soal engineering Toyota sangat harus belajar dari lawan-lawannya.... Mobil Toyota selalu inferior di sisi engineering... Not to mention Toyota 86 which is actually a Subaru...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ultimate0
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ultimate0 »

ddyta27 wrote:kalo diperhatiin, avanza dari awal keluar sampai yang mesin baru kenapa gear rasionya kasar banget yah..

100km/jam udah diatas 4ribuan.. ga enak banget kalo di tol mesin meraung.. terutama yang manual :(
Itu brarti gear ratio pendek2. Lebih kuat nanjak harusnya,dan bisa kuat buat bw beban berat.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ween »

ChZ wrote:Good review, om...

Ane sangat heran dengan respon gas elektroniknya Toyota yang rata rata lemot.... Settingnya dibuat halus tapi kelewat "halus". Plus karakter transmisi AT nya yang banyak selip.

Improvement terbesar di model 1NR Dual VVT-i ini adalah karakter power yang lebih linear dari previous K3-VE.

Soal engineering Toyota sangat harus belajar dari lawan-lawannya.... Mobil Toyota selalu inferior di sisi engineering... Not to mention Toyota 86 which is actually a Subaru...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Sebetulnya gear di buat kasar bertujuan mengakali kapasitas & tenaga mesin yang kecil supaya kuat nanjak & angkut beban berat, gan......
Hasilnya tarikan bawah & daya angkut kuat....tapi high speed meraung2.....

Kalau mau daya angkut & nanjak tetap kuat & high speed juga dapet, solusinya tenaga mesin harus digedein.....entah perbesar cc atau dgn force induction....
Harusnya menurut ane idealnya avanza pakai mesin 1500-1800cc n/a
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Xous »

Klo mau enak jgn lupa matikan eco mode. Yg baru ini kmrn sy cb bw lbh hening seh, suspensi hantam lubang ud enak, jlebnya mantap. Tp y gitu AT girbok purba plus eco mode yg lsg ON. Buat rasa berkendaranya hambar amat