Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

btw, disaat ipah d4d di dewa2kan, ternyata klupaan sala satu mobil dewa jg nehh... the real hatchback...


nescafe wrote:
DOHC wrote:ahh jadi inget GE ane yg baru dilepas.... itu mobil bener2 ipah versi hatcback...
ciyeee mentang-mentang punya ipah versi 2 door coupe :upss: :weekk: .... :ngacir:

@TS: nice review oom :D :D :D
saya pakai jazz GE dari tahun 2008-2010 dan 2010-2015, perawatan yang saya lakukan selama pemakaian hanya ganti fluida (minyak rem, radiator, oli, oli matic), ganti komponen fast moving (ban, kampas rem, shock absorber) plus tune up. Bukan hal yang merepotkan sih :D
kalau soal feedback steering, dari generasi jazz generasi GD pun sudah minim menurut saya namun jazz seri GE ini dari sisi overall handling rasanya yang paling rigid diantara generasi jazz yang lain (GD dan GK) dan punya tampilan interior yang paling impresif dibanding generasi sebelum atau sesudahnya :D
@ pemilik accord CM5 kutunggu jandamu

ahh apalah ipah versi coupe ktimbang ternak honda mu om... :upss: :upss:

btw skrg pake honda apa aj om koba ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: 07 Apr 2015, 17:34

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Satya21 »

Salam sesama pengguna GE8 om.

Punya saya tahun 2010 m/t, kilometer udah di atas 125ribu, sampai skrg masih enak dan gak ada masalah yg aneh2.

Cuma belakangan ada 3 PR yg muncul.
Setiap injak pedal koplingnya bunyi "ngik ngik" , udah di kasih gemuk masih belum ilang.
Dikecepatan tertentu, ada suara dengung dr ban belakang, kira2 part apa yg bermasalah?
Lalu belakangan ngerasa bantingan nya makin keras. Kira2 kalo per nya diganti per GK5 bisa ndak ya? makin empuk atau ndak ya?

Ntah kenapa, saya lebih suka bentuk ge8 dari pada gk5.
Bentuk bodi nya lebih simpel dan pas, gak banyak lekukan sana sini.
Finn
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 20 Oct 2016, 17:26

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Finn »

Wah ada yg review GE8 nih.. sekalian tambahin testinya deh

Sy jg user GE8 2009 m/t silverstone pakai sampai sekarang (8 tahun) udh tembus 148rb km blom pernah ada masalah yg aneh aneh dan bikin kantong jebol.

Parts yg pernah diganti pun ga banyak sejauh ini kynya hanya aki kering 2x ganti, shock belakang, kampas rem, sisanya perawatan biasa spt ganti oli + tune up aja

Keliatannya sih kecil tp dalemnya cukup spacious menurut saya, sesuai ciri khas ahond

Puas bgt pakenya, kecil kecil cabe rawit.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

mendadak jd pengen bungkus janda GE lg... asemm...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by NestlePureLife »

Wah mobil pertama ane dari 2011 sampai skrg
GE8 FL2 M/T

Secara umum mobil ini ane kasi rate 8.5/10 dari semua mobil yg ane pake (GK5,Yaris Bakpao dkk)
Dari pertama coba sampai 60rb km sama sekali GAK REWEL !
Cuma ganti fast moving ban , oli ,wiper , aki dari awal beli
selama pakai bbrp tips yg ane coba dan sukses itu antara lain pakai oli honda gold 0-20 (biasa epro blue) selisih 30rb perliter kalau gak slh
tapi tarikan dan iritnya jauh berbeda. dari 12.9km/L naik ke 13.4km/L, sangat worth buat selisih harga oli
untuk mesin dikombo ganti knalpot freeflow FP+ DP + perta turbo sangat PD di tol , 60-140 kpj sangat gmpg dicapai di rpm 4k keatas
kekurangan paling parah cuma di gluduk" sama shock terlampau keras... diakali ban lebih tebel gk ngaruh bnyk.. interior suck , audio std cuma buat tutupi suara angin ban di jln beton

Overall bagi sopir harian yg concern nyetirnya sruntulan,mobil ini berat dilepas... akselerasi rpm mid ke atas bener" enak.. feedback setir bagus .. lari 100 kpj ga brasa..

ane sendiri pemakaian 6 thn dari 2011 dari segi mesin ngga ada penurunan signifikan sama sekali , battle proven car , shock juga masi ok.
Cm kepikiran buat peremajaan cuma ganti cx-5 seken 2013/2014 yg bisa kasi driving pleasure lebih
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: RE: Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote:
Yah gmn lg tuntutan... Heheehe... Klw g keluarin lcgc mw jadi apa... Hrg mobil naik trs. Bernasib kek mazda ntar. Volume penjualannya terseok2 pdhl yg rame justru pasar under 200jt.

FB downgrade kualitas tp fitur masi lengkap FB si oom... Cuma yg sayang y downgrade mesin di trim 2.0 ...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Iya sih, dilema juga buat ahond , mau masuk ke pasar mainstream / mempertahankan resep tradisionalnya hehehe, tapi kalo menurut saya ngeluarin LCGC & LMPV boleh aja, tapi jangan downgrade kualitas material line up atasnya juga kalii (CRV RM, RC1 & HRV) :frm_bang_head:
carlzeiss wrote:Saya pakai tipe E CVT 2015 om yang banyak digosipin glodakan kakinya , saya belum ngalamin sih glodakannya sudah setahun pakai , paling waktu km 1000 saya pernah claim driveshaft dan digreassing ulang sampe skrg belom ada problem lg. RU1 oke lah buat dipakai, tp saya rasa ga se asik dan se battle proven Ge8 .
Iya sih, memang lumayan susah nyari mobil ahond jaman sekarang yang se battle-proven GE8 , malah kepikiran hunting jandanya GE8 2013 last FL buat remajain ni GE tuwir, karena saking cintanya saya sama GE8 & cita2 modif belum kesampean hahaha :big_biglaugh:
Billyks wrote:Nice review om. Saya juga ada ge8 2013 at km masih 11000 . So far sih lumayan puas dengan performa sama bentuknya yang cantik even compare to gk5. Yang paling ganggu sih cuman interior yang juelekk nya gak nahan, bikin males liat interiornya. Btw om om skalian mau nanya apa aman ge8 ini dikasih pertamax turbo?? Melihat kompresinya gak terlalu tinggi thx
Busett, GE8nya ga pernah dipake ya om? cuma dipanasin sama dipake keliling komplek doang :wkkk: sampe KMnya rendah begitu buat mobil usia yg hampir 4 tahun, emang sih interiornya bikin males, apalagi keliatan kuno kalo dibandingin sama interiornya GK5, kalo pertamax turbo sih aman2 aja om , secara dikasih selang kuning aja tiap hari aman2 aja, cuma peformanya aja yang ga optimal kalo keseringan diisi selang kuning hahaha.
Yonatanw wrote:Very nice review om.. Saya juga masih pelihara nih njess, unit 2012 RS A/T, odo masih 20rb an..
Akhir² ini jarang dipake sejak ada lio di rumah.. Lagi demen2nya sama CVT soalnya.

All round car, buat lari enak, kabin lega, tanjakan juga libas aja, mobil juga stabil.. Yang asik buat lurkot, nyalip2 tinggal teken paddle pop minus 1 speed, liar dah larinya.. Minus-nya di FC dalkot, nyetir santai juga cmn 9.0 avg-nya (pertamax), beda jauh sama mobilio yang bisa sampe 1:12.5 (pertalite).

IMHO
Wahh masih rendah juga nih KM jazznya, kayanya cuma jalan 5RB km setahun hahaha, kalo FCnya sih emang boros om, saya aja susah dapet 9km/l, malah seringnya dapet 8 kalo nyetirnya kalem :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote:
lepas d angka 90an gemuk... kondisi apa ada nya, baret2 dan bemper full baret depan blakang.. body masi ori.. ban baru

ini mobil mahh cuman fast moving doank yg ane ganti... trakir cuman shock depan blakang ama bearing blakang kiri kanan...

dalkot mahh biasa aj nyetir nya... kl macet di N, kl jalan di glosor aj... ntuh S nyaris ga perna dipake...

resepnya cuman pake oli encer ama tekanan ban dibkin rata 33 depan blakang.. filter udara ama TB rajin di bersihin / lap, oli matic d tap tiap 20 rebu...

btw, skali2 cekokin perta turbo tuh.... GE ane perna di cekokin itu, lgs nendang..
Waduhh, rendah juga pasarannya ,tapi sesuai kondisi sih ya, kalo perta turbo sebenernya pengen juga, tapi harganya ga manusiawi buat mahasiswa tongpes kaya saya hahaha :big_biglaugh: , selain itu bakal useless juga karena mobilnya jarang dipake.
Finn wrote:Wah ada yg review GE8 nih.. sekalian tambahin testinya deh

Sy jg user GE8 2009 m/t silverstone pakai sampai sekarang (8 tahun) udh tembus 148rb km blom pernah ada masalah yg aneh aneh dan bikin kantong jebol.

Parts yg pernah diganti pun ga banyak sejauh ini kynya hanya aki kering 2x ganti, shock belakang, kampas rem, sisanya perawatan biasa spt ganti oli + tune up aja

Keliatannya sih kecil tp dalemnya cukup spacious menurut saya, sesuai ciri khas ahond

Puas bgt pakenya, kecil kecil cabe rawit.
Dipake kemana aja om GEnya sampe tinggi gitu KMnya?, kalo saya sih perawatan mirip2 sama yang om lakuin hehehe, emang kecil2 cabe rawit nih mobil, susah cari penggantinya yang setara, apalagi kalo dilihat dari mobil2 ahond jaman sekarang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

setsuka09 wrote:Ahh GE8... sempat jadi salah satu kandidat wkt hunting dl, walau akhirnya yg dipinang sepupunya GM2 sampai skrg sy sendiri prefer model GE8 drpd GK5.

Usul u/ TS biar daleman agak segar dikit tinggal tambah audio control steer, cuma yg dijual kebanyakan ada tombol cruise control yg sering useless di indo belum lagi kl mo pasang harga modulnya kelewatan.

Next HU kl memang demen, minimal kenob AC di ganti biar ga terlalu gimana gitu.

Oya jgn lupa peredam om biar nyaman.

Sent from my iPhone using Tapatalk
Iya sih, pengen nambah control audio steer, biar ga repot kalo ganti lagu / gedein volume gitu, tapi harganya ga manusiawi buat mahasiswa kaya saya om hahaha, kalo HU , peredam DLL kayanya sampe disini dulu dehh, soalnya mobilnya tinggal nunggu waktu buat dilego karena udah ketuaan :wkkk:
sintoni wrote:Dulu sempet punya mobil ini selama setaunan.

Inden pas belom launching, jadi salah satu pembeli pertama di Surabaya.

Ini mobil emang enak sih, secara handling sama power. Luas juga apalg ada fitur ultra seat.

Kalo irit sih ga juga, tapi lumayan dapat 1:9 untuk dalam kota Surabaya padahal selalu isi 88.

Selain itu emang tenaga di RPM bawah emang agak lemes, tapi ya emang karateristik mesin Honda ya begitu.

Kemaren pas sempet nyari HB di januari 2015, kepikiran untuk ambil yang last batch, tapi akhirnya dikesampingkan secara mau coba brand lain. Akhirnya nyesel, mending GE8 jauh.
Iya sih tarikan bawahnya agak lemot & FCnya ga irit2 amat, tapi enaknya ada di fungisnya, punya handling & power superb, tapi tetep lega & nyaman buat digunain sehari2, btw sekarang pake yasir lele TRD ya om?
indrasir wrote:@ TS
Nice review, om, :big_smile]


Ane juga masih miara GE 8 RS thn 2012, warna merah, km jg masi dikit karena jarang sekali jalan jauh (baru 26 rb'an km).
Kecuali FCnya yg rada boros (rata2 cuma dpt 1:8,5 pake bensin V power buat dalkot, kalau lukot mentok 1:12 lah), i mobil memang nggak nyusahin miaranya. Belum pernah jajan yang aneh2 selain ganti oli rutin dan ganti aki doang. Ada keinginan sih pengen ganti, cuma liat line up honda sekarang kok fit dan finishingnya malah menurun ya ( ane suka liat GK5, tapi kecewa liat bawah kap mesin dan bagian tutup tangki cuma dikasi cat dasar abu2 doang). Trus kualitas plastik interiornya terlihat nggak sebaik GE8, walaupun panel instrumen nya menurut ane memang lebih menarik GK5. Yah mungkin nanti gantinya bukan line up honda lagi (lagi naksir ANPS Dakar soalnya, he,he,he).
Ini mobil emang ga nyusahin buat sebuah honda, selama 7 tahun miara cuma ganti oli ,servis rutin & ganti doang hahaha, btw saya juga termasuk orang yang kecewa sama GK5, soalnya fit n finishnya downgrade + ga se fun to drive GE8, sama kaya saya nih, kayanya ga bakal honda baru lagi nih penggantinya hehehe, malah mau balik ke boyota lagi / ambil majeda, kalo ga beli honda 2nd taun muda buat modif2 hehehe
michaelgiri93 wrote:
iya sih om
yang fl 2 eksteriornya sedep banget di pandang
lampu depan dengan aksen smoke
lampu belakang juga dengan aksen smoke dan dengan led
kelihatan sangat ganteng
:big_love:
tapi GE8 2013 mengerikan om harga bekasnya
temen saya itu beli second pertengahan tahun ini, di harga 190++
low km 30k+
mobilnya masih sangat bagus imo
ah iya warnanya juga silverstone
persis punya om
Wahh sadis juga harganya kalo yang 2013 masih 190++, setau saya udah turun dikit deh jadi 180++ om , soalnya kmrn2 sempet iseng2 hunting GE8 2013 2nd soalnya, emang sangat ganteng om apalagi kalo warnanya putih :big_love: .
Shonen wrote:uhui...kuda besi g buat ngantor nih..hehe..salah satu pemilik ge8 batch pertama di jkt...dl pas kuliah smester tengah ganti ni mobil si eye catcher plus magnet buat ciwi2.. ada perasaan bangga jd pemake pertama di kampus :mky_01: anyway flashback dikit dl angkut ke 182,5 tiga atau empat bulan kemudian krn banyak permintaan membludak buat jazz ini harga naik jadi 192,5 dan kemudian taun depannya naik lagi 10 jtan jadi 202,5 stelah fl di 2011an harga jadi 220... mblnya sama kaya punyak saya itu warnanya alabaster silver kalo dr foto..klo silverstone itu abu2 terang om...
Klo buat mesin sama jajanan ya namanya uda mau 9 thn nemenin saya pasti ada bbrp yg uda mulai usang dan kira2 mgkn pemilik ge8 laen juga ngalamin berikut :
1. spion elektrik ngadat uda ganti motor 2 biji...yg spionnya sering ketabrak motor pasti ngalamin...
2. kampas rem... ya iya lah tiap hr saya ngetol
3. shock absorber 4 biji saya ganti semua uda oblak kalo nikung geter2 ga jelas
4. rattling ada bbrp bagian biasa di bagasi tp tinggal dikencengin bautnya aja..ga gannggu setel aja musik yg kenceng :mky_03:
5. ac kurang freon waktu itu sempet ga dingin...tinggal tambah freon beres..
6. terakhir colokan usb buat ke hu g yg ori dr baru rusak dan blom dibenerin ampe skrg
7. sisanya ga ada.. :big_biglaugh:
This car truly amazing...wins my heart in every aspect...ga nyusahin enak buat sruntulan..minum 88 dr br sampe skrg aman... total g abis 2016 lalu g betulin abis 13jt termasuk ganti kf keliling semobil soalnya kf g dr br uda korosi..sisanya cuman kasi minum sama ganti oli aja..
Agree with yout opinion om, mobil ini emang cocok buat sruntulan & diisi selang kuning ga masalah.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote:mendadak jd pengen bungkus janda GE lg... asemm...
Ayo bungkus lagi aja om, GE8 2013 kayanya mantep nihh ,keren abis exteriornya even compared with GK5 sekalipun :big_love: , nih mobil emang nyaris perfect dimata saya untuk sebuah hatchkback, yang lumyan kerasa perbandingannya dibanding ahond2 jaman sekarang. Btw HRVnya kenapa om? apakah ada glodakan khas honda lagi kalo boleh tau?, soalnya baru ngambil kok malah pengen ganti GE lagi
Satya21 wrote:Salam sesama pengguna GE8 om.

Punya saya tahun 2010 m/t, kilometer udah di atas 125ribu, sampai skrg masih enak dan gak ada masalah yg aneh2.

Cuma belakangan ada 3 PR yg muncul.
Setiap injak pedal koplingnya bunyi "ngik ngik" , udah di kasih gemuk masih belum ilang.
Dikecepatan tertentu, ada suara dengung dr ban belakang, kira2 part apa yg bermasalah?
Lalu belakangan ngerasa bantingan nya makin keras. Kira2 kalo per nya diganti per GK5 bisa ndak ya? makin empuk atau ndak ya?

Ntah kenapa, saya lebih suka bentuk ge8 dari pada gk5.
Bentuk bodi nya lebih simpel dan pas, gak banyak lekukan sana sini.
Salken juga sesama GE8 om, kalo ganti per GK5 kayanya bisa deh & sepertinya makin empuk , soalnya saya pernah TD GK5 juga & suspensinya mengempuk dari GE8 menurut saya (CMIW) :big_peace: . Kalo dari ban belakang mungkin bisa dicek shock / tekanan bannya om / bagian kaki2 lainnya (tie rod dll)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

90an gemuk mahh lmayan om, td nya deal di 100an dikit, tp itu jg ane kasi potong harga buat perpanjang stnk krn ud mau abis plus balik nama ... odo ud 100rebu lebih, mobil 6 taon, body ad baret2 minor, bemper babak belur di grepe2 metromini ama angkot, ga ad servis record beres....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Finn
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 20 Oct 2016, 17:26

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Finn »

DOHC wrote:90an gemuk mahh lmayan om, td nya deal di 100an dikit, tp itu jg ane kasi potong harga buat perpanjang stnk krn ud mau abis plus balik nama ... odo ud 100rebu lebih, mobil 6 taon, body ad baret2 minor, bemper babak belur di grepe2 metromini ama angkot, ga ad servis record beres....
Masa sih segitu om?

Belum lama ini punya saya aja ditawar pedagang 110jt (type S m/t 2009), itu jg belum sy nego jd msh ada kemungkinan lebih tinggi kynya om..

@pboyz97 : dulu kantor di bandung dan rmh di jkt om jd seminggu sekali pp, dan sering road trip jg walaupun msh pulau jawa aja..
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 19 Sep 2015, 00:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by psiturism »

Ach... GE8...

Jadi inget, tempo hari mau tawar mobil teman, GE8 2010 odo masih 31rb KM, termasuk mint condition... mikir2 drpd calsig/brio mending ini..

Ehhh... keburu klontang duluan sebelum ditawar... :big_dunno:

jadilah sampai skrg saya belom beli apa2.. :ngacir:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by michaelgiri93 »

Pboyz97 wrote: Wahh sadis juga harganya kalo yang 2013 masih 190++, setau saya udah turun dikit deh jadi 180++ om , soalnya kmrn2 sempet iseng2 hunting GE8 2013 2nd soalnya, emang sangat ganteng om apalagi kalo warnanya putih :big_love: .
:ungg:
tapi 180++ pun masih mahal om :big_childish:
positifnya, kaya om blg, rvnya sangat stabil sih om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by sintoni »

@TS:

Iya om. Kok banyak yg tau ane pake si Lele TRD yah.

:glodak:
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 17 Aug 2007, 16:03

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by B 0 YZ »

Wah ini mobil legend banget buat saya, pernah punya 2x pertama ge8 rs manual 2009, dijual taun 2015 awal setelah pemakaian 220rb km. Ga pernah rewel, cuma ganti yang habis pakai sama magnetic clutch AC aja, mobil berkali2 keliling pulau jawa, tarikannnya enak banget buat mobil perang, glodakan parah ga masalah asal bisa larinya. Beli 211jt diskon 12jt dijual seharga 133 kondisi apa adanya ke showroom.

Yang kedua ge8 rs at last facelift 2013, karena biasa pake yang manhal begitu beli matic suka gigit jari sendri karena maticny aga boyo. Pake sampe 2016 km 57000 ga ada masalah berarti, mobil harian dalkot aja, ganti oli saja sejak servis gratis habis tidak di servis, overall masih oke hanya glodakan saja, rattle interior dan glodakan kaki2nya. Beli 231jt diskon 29.5jt (waktu lagi perang diskon antar dealer 2013 padahal mobil belum lama launching) jual ke ke pemakai seharga 190jt :upss:
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: 09 Jul 2014, 15:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by brintanizer »

Masih piara ge8 last batch . Sangat memuaskan sekali karena ini hatch paling keren dikelasnya pada waktu itu .

Eksterior GE versi indonesia paling mirip ama jdm . Velg nya aja yg masih cupu .

Dibanding ama yg keliaran di sg & malaysia punya yg banyakan versi hybrid dgn base look Type S di kita

lagi pengen upgrade GE ke GK tp nunggu jonpis masukin discbrake ke roda belakang GK . Wkwkwkwk
- apple, banana, & grape -
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 21 Nov 2014, 09:35

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by donoseraya »

Ikutan nimbrung, sebagai user ge8 2011 MT dari baru, odo baru 47k, perawatan standar aja, oli pake honda blue 5-30, pertamax, overall puas dengan mobil ini, meskipun minim fitur, tapi masih lebih baik dari GK5, IMHO ya, GK5 mesin sama, disc brake belakang hilang.

5 tahun pake masih siap tempur, tarikan lebih enteng (karena manual kali ya), gear ratio pendek, padahal kalo versi jepun kayanya mesin ini dikawinkan dengan 6 speed MT, kalo ga salah, alhasil gigi 5, speed 140 kpj, rpm udah 5000 ++, hahaha, kasian dengerinnya.

AC soso lah, dingin banget pas ujan, kalo siang yg penting ga kepanasan, apa pengaruh dari kabin yang lumayan luas ya?

discbrake depan udah pernah bubut ringan, karena bergetar halus pas rem dari kecepatan tinggi, flywheel pernah ganti, tapi masih dicover factory guarantee.

Nah, mau tanya nih ke sesama user ge8, berhubung sudah 5 tahun, perlukah dilakukan radiator flush?atau biarkan apa?

terima kasih sebelumnya, dan selamat berpetualang lagi dengan ge8-nya om

Old hondas never die, they just get faster :big_deal:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by ipat »

Sy eks user GE8 RS 2012 MT akhir yg facelift,dan 2013 awal facelift lagi(lampu2,velg,HU), mobil ini enak,tarikan ngisi terus,sy suka kalo pas jalan tengah malem suara mesinya enak,handling juga enak ga limbung kyk ipah sy, akomodasi luas,legroom buat orang dewasa pas ga mentok,..
Minusnya,sy dpt unit yg krg bagus, tiap ujan gede lantai 2nd row banjir,entah sumber dari mana, dpt sales yg payah,jendela depan kiri ga bisa dibuka,akhirnya diganti motornya(usia mobil 1 hari), gemuruh kalo lewat jalan kriting brisik banget, catnya ga bisa mengkilap kyk tipis dan gampang kebaret, mobil dipake beberapa saat aja, dijual di 2013 akhir km 5rb an,karna ga mood kalo nyetir ni mobil
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by DOHC »

iya om... ane buka tinggi jg pd emoh... emg sehh kompresor pas nyala ad brisik (tp ga separah bunyi kompresor lipina ane dl) dan kondisi body rada kurang appealing, apalagi bemper kondisi bener2 bonyok... odo jg lmayan tinggi.. btw ane punya jg akta 2009, tp plaat 2010 awal..
Finn wrote:
DOHC wrote:90an gemuk mahh lmayan om, td nya deal di 100an dikit, tp itu jg ane kasi potong harga buat perpanjang stnk krn ud mau abis plus balik nama ... odo ud 100rebu lebih, mobil 6 taon, body ad baret2 minor, bemper babak belur di grepe2 metromini ama angkot, ga ad servis record beres....
Masa sih segitu om?

Belum lama ini punya saya aja ditawar pedagang 110jt (type S m/t 2009), itu jg belum sy nego jd msh ada kemungkinan lebih tinggi kynya om..

@pboyz97 : dulu kantor di bandung dan rmh di jkt om jd seminggu sekali pp, dan sering road trip jg walaupun msh pulau jawa aja..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

psiturism wrote:Ach... GE8...

Jadi inget, tempo hari mau tawar mobil teman, GE8 2010 odo masih 31rb KM, termasuk mint condition... mikir2 drpd calsig/brio mending ini..

Ehhh... keburu klontang duluan sebelum ditawar... :big_dunno:

jadilah sampai skrg saya belom beli apa2.. :ngacir:
Wahh, boleh juga tuh kalo 6 tahun masih 31rb KM , emang nasibnya belum beruntung kali om ,coba hunting lagi GE8nya om, kalo di jkt setau saya lumayan banyak kok GE8 yang merupakan garage queen dengan kondisi yang mirip2 kaya punya temennya om itu(CMIW) :big_peace:

btw saya setuju om, daripada calsig / brio sotoy emang mending ini, soalnya kelasnya lebih tinggi & bukan LCGC hehehe, tapi kalo mau mobil baru yang setara sama harga bekasnya nih GE saya pilih calsig om hehehe, soalnya muat banyak & fiturnya sangat lengkap di harga segitu + bisa dijadiin taksi online kalo kepepet hahaha :wkkk: , sorry kalo malah OOT
ipat wrote:Sy eks user GE8 RS 2012 MT akhir yg facelift,dan 2013 awal facelift lagi(lampu2,velg,HU), mobil ini enak,tarikan ngisi terus,sy suka kalo pas jalan tengah malem suara mesinya enak,handling juga enak ga limbung kyk ipah sy, akomodasi luas,legroom buat orang dewasa pas ga mentok,..
Minusnya,sy dpt unit yg krg bagus, tiap ujan gede lantai 2nd row banjir,entah sumber dari mana, dpt sales yg payah,jendela depan kiri ga bisa dibuka,akhirnya diganti motornya(usia mobil 1 hari), gemuruh kalo lewat jalan kriting brisik banget, catnya ga bisa mengkilap kyk tipis dan gampang kebaret, mobil dipake beberapa saat aja, dijual di 2013 akhir km 5rb an,karna ga mood kalo nyetir ni mobil
Wahh sayang juga ya kalo dapet unit yang kurang bagus, padahal mobil ini enak banget disetir loh dibanding rival2 dieranya, btw sekarang pake apa om kalo boleh tau? hehehe
donoseraya wrote:Ikutan nimbrung, sebagai user ge8 2011 MT dari baru, odo baru 47k, perawatan standar aja, oli pake honda blue 5-30, pertamax, overall puas dengan mobil ini, meskipun minim fitur, tapi masih lebih baik dari GK5, IMHO ya, GK5 mesin sama, disc brake belakang hilang.

5 tahun pake masih siap tempur, tarikan lebih enteng (karena manual kali ya), gear ratio pendek, padahal kalo versi jepun kayanya mesin ini dikawinkan dengan 6 speed MT, kalo ga salah, alhasil gigi 5, speed 140 kpj, rpm udah 5000 ++, hahaha, kasian dengerinnya.

AC soso lah, dingin banget pas ujan, kalo siang yg penting ga kepanasan, apa pengaruh dari kabin yang lumayan luas ya?

discbrake depan udah pernah bubut ringan, karena bergetar halus pas rem dari kecepatan tinggi, flywheel pernah ganti, tapi masih dicover factory guarantee.

Nah, mau tanya nih ke sesama user ge8, berhubung sudah 5 tahun, perlukah dilakukan radiator flush?atau biarkan apa?

terima kasih sebelumnya, dan selamat berpetualang lagi dengan ge8-nya om

Old hondas never die, they just get faster :big_deal:
Agree with your opinion om, memang old hondas never die, karena masih menawarkan sensasi suara vtec yang berkarakter & handling yang superb + rasa fun to drive yang sangat kentara dimasanya, beda jauh dengan ahond2 sekarang yang menurut saya kaya krisis identitas dimana, rasa fun to drivenya berkurang drastis & suara mesin vtecnya kaya perasan tebu & minim karakter menurut saya, kalo radiator flush itu tergantung pemakaian om, kalo mobilnya jarang dipake kayanya dibiarin aja , kecuali mobilnya udah dipake jarak jauh gitu oom. Hehehe, makasih juga om, kayanya masa berpetualangnya hampir habis oom, soalnya usia ga bisa bohong sehingga perlu peremajaan, pengennya sih GE8 lagi tapi yg 2013 last FL warna putih, tapi harga sekennya ga manusiawi buat mahasiswa kaya saya, akhirnya ga diacc bokap deh.
brintanizer wrote:Masih piara ge8 last batch . Sangat memuaskan sekali karena ini hatch paling keren dikelasnya pada waktu itu .

Eksterior GE versi indonesia paling mirip ama jdm . Velg nya aja yg masih cupu .

Dibanding ama yg keliaran di sg & malaysia punya yg banyakan versi hybrid dgn base look Type S di kita

lagi pengen upgrade GE ke GK tp nunggu jonpis masukin discbrake ke roda belakang GK . Wkwkwkwk

Iya sih, paling mirip sama JDM, dari sisi body loh ya, velgnya juga masih cupu menurut saya + fiturnya juga downgrade abis dari versi JDM + Stoplamp bawaannya juga hehehe. Terusin pelihara GE8 last batchnya aja oom, soalnya ini GE8 paling memuaskan menurut saya hehehe, saya juga pengen upgrade GE8 saya ini ke GE8 last batch 2013, tapi harga 2ndnya ga manusiawi banget buat saya hahaha, sempet kepikiran upgrade ke GK juga ,tapi nunggu jonpis masukin discbrake ke roda belakangnya GK seperti kata om diatas + AC digital kaya AN City GM5 , mesin vtec earthdreams 132HPnya & UPGRADE kualitas material & fit n finishnya terutama dibagian enjin bay, soalnya ga layak banget buat mobil 250jt menurut saya tuh fit n finishnya GK5.
B 0 YZ wrote:Wah ini mobil legend banget buat saya, pernah punya 2x pertama ge8 rs manual 2009, dijual taun 2015 awal setelah pemakaian 220rb km. Ga pernah rewel, cuma ganti yang habis pakai sama magnetic clutch AC aja, mobil berkali2 keliling pulau jawa, tarikannnya enak banget buat mobil perang, glodakan parah ga masalah asal bisa larinya. Beli 211jt diskon 12jt dijual seharga 133 kondisi apa adanya ke showroom.

Yang kedua ge8 rs at last facelift 2013, karena biasa pake yang manhal begitu beli matic suka gigit jari sendri karena maticny aga boyo. Pake sampe 2016 km 57000 ga ada masalah berarti, mobil harian dalkot aja, ganti oli saja sejak servis gratis habis tidak di servis, overall masih oke hanya glodakan saja, rattle interior dan glodakan kaki2nya. Beli 231jt diskon 29.5jt (waktu lagi perang diskon antar dealer 2013 padahal mobil belum lama launching) jual ke ke pemakai seharga 190jt :upss:
Iya sih maticnya agak boyo, tapi masih enak buat sruntulan kok hehehe, btw RVnya jazz hebat bener ya, terutama yang last FL 2013, udah belinya lumayan murah karena diskon, eh pas dijual harganya cuma turun 3jtan / tahun hehehe. (soalnya pengen ngangkat jandanya tapi harga 2ndnya muahal ga ketulungan buat mahasiswa kaya saya) :wkkk:
sintoni wrote:@TS:

Iya om. Kok banyak yg tau ane pake si Lele TRD yah.

:glodak:
Kan banyak yang liat review yarisnya om dimari termasuk saya hehehe :big_weee:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rudsteel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 28 Aug 2016, 12:13
Location: Jakarta

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by rudsteel »

Saya pemakai GE 8 S A/T 2012. Mobil kecil dengan bagasi luas. Pakai oli Helix HX7 dan isi premium, tidak pernah servis di beres, km 40ribuan. Sering bawa beban berat. Sampai sekarang belum ada masalah berarti. Cuma sekarang berasa kalo nyalain AC koq bunyi fannya berisik ya, ngga setenang mobil lain. Oya, lampu kenop semburan AC tewas sendirinya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

rudsteel wrote:Saya pemakai GE 8 S A/T 2012. Mobil kecil dengan bagasi luas. Pakai oli Helix HX7 dan isi premium, tidak pernah servis di beres, km 40ribuan. Sering bawa beban berat. Sampai sekarang belum ada masalah berarti. Cuma sekarang berasa kalo nyalain AC koq bunyi fannya berisik ya, ngga setenang mobil lain. Oya, lampu kenop semburan AC tewas sendirinya
Baginya mobil ini emang luas bgt om menurut saya walaupun mobilnya ga gede2 amat dimensinya hahaha, kalo soal Fan berisik saya sih ga ngalamin, mungkin bisa check ke bengkel spesialis / beres buat nanganin masalah ACnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by ipat »

Karna sy tinggal di semarang yg tau lah tempatnya suka banjir,akhirnya diganti pjs dakar,dulu ge8 pernah diajak banjir2an dan plat nomor depan ilang :wkkk: , trus lantai basah,mobil sy kuras dapet 4 ember...
Mobil yg enak,sy sering plg dari jogja-semarang tengah malem,serasa initial-D,jalan menikung naik turun, raungan mesin rpm tinggi enak didengar, mungkin kalo sekelas civic apa accord lebih enak lagi..
Skrg pengen pny honda lagi,entah accord,civic,odisey rb3
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by adrevolution »

Wah nice review om :frm_tumbright:
GE8 ini soal allrounder memang juara di kelasnya saat itu, kabin paling lega, mesin paling powerful. Maticnya juga paling canggih dibanding hatchback jepang lain, dimana mazda 2, yaris bakpau sama swift masih pake 4 speed jazz udah pake 5 speed, paddle shift pula. Buat yg seumuran saya (SMA/kuliah di 2010-2013an) pasti sampe bosen liat GE8 karena banyak bgt temen yang pakek :upss:
GE8 juga yg bikin saya bingung di 2011 antara ambil ini atau mazda 2 DE, yang akhirnya jatuh ke mazda 2 karena salah satu alesannya belum ada temen yang punya :ngacir:
Sebagai long term user mazda 2 DE dan sering nyupirin jazz GE8 temen, ada beberapa kesan-kesan yg saya dapet:
- GE8 jauh lebih manusiawi soal penumpang belakang, mazda 2 DE pas-pasan kabin belakangnya
- bagasi tanpa lipet kursi nggak beda jauh, GE8 menang tinggi mazda 2 DE menang panjang bagasi, 2 2nya masih lbh luas dari yaris bakpau
- tarikan... mazda 2 DE kuat sekali putaran bawah & tengahnya apalagi di rpm 2300-4500, diatas itu mulai kehabisan napas. GE8 tarikan awal nggak segarang mazda 2 DE, tapi begitu lewat 3000an rpm kuat sekali tarikannya sampe diatas 5000 rpm karena VTEC kick in
- gimmick fitur masih menang mazda 2 DE, taun 2011 udah dikasih kamera parkir :mrgreen: maklum jaman itu honda lagi pelit-pelitnya kasih fitur. Gimmick GE8 yg menarik buat saya cuma paddle shift
- handling... saya prefer mazda 2 DE. Body roll berasa lebih minim dari GE8 dan feedback setir biar pake EPS juga enak sekali. Kompensasinya bantingan mazda 2 DE keras banget bahkan lebih keras dari GE8
- build quality mirip-mirip, mazda dulu belum sebagus sekarang BQ nya dan honda masih belum cost down soal material dasbor

Jadi pengen ngereview juga :ngacir:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Long-term review - Honda Jazz RS AT (GE8) 2009

Post by Pboyz97 »

nescafe wrote:
DOHC wrote:ahh jadi inget GE ane yg baru dilepas.... itu mobil bener2 ipah versi hatcback...
ciyeee mentang-mentang punya ipah versi 2 door coupe :upss: :weekk: .... :ngacir:

@TS: nice review oom :D :D :D
saya pakai jazz GE dari tahun 2008-2010 dan 2010-2015, perawatan yang saya lakukan selama pemakaian hanya ganti fluida (minyak rem, radiator, oli, oli matic), ganti komponen fast moving (ban, kampas rem, shock absorber) plus tune up. Bukan hal yang merepotkan sih :D
kalau soal feedback steering, dari generasi jazz generasi GD pun sudah minim menurut saya namun jazz seri GE ini dari sisi overall handling rasanya yang paling rigid diantara generasi jazz yang lain (GD dan GK) dan punya tampilan interior yang paling impresif dibanding generasi sebelum atau sesudahnya :D
Wahh sampe 2x punya nih hehehe, btw pake yang AT/MT om kalo boleh tau?, kalo soal perawatan saya sih mirip2 sama yg dilakuin om diatas, kalo soal feedback steering memang GE8 lebih baik dibanding GK5 yang terasa kelewat enteng setirnya, sehingga membuat response steeringnya terasa dull & minim feedback menurut saya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post