Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ChZ »

Helauuuu pembaca setia SM....

Setelah lama gak bikin review, kali ini saya akan memberikan pandangan - pandangan singkat soal mobil yang cukup kontroversial :

Suzuki SX4 S-Cross, or i would like to say Suzuki S-Cross..... because of reasons... Yes let's just start the talk.

=====================
Prologue

DISCLAIMER : Prolognya cukup panjang jadi kalo gak mau baca ya diskip aja.

Saya teringat kembali zaman tahun 2008 ketika papa saya sepulang dari gereja ngajak ke dealer Suzuki karena mau beli Swift ST CKD yang waktu itu baru keluar.

Masuk ke showroom saya langsung terkesima dengan sebuah mobil merah yang juga baru saja diluncurkan oleh Suzuki. Yes, sebuah SX4 X-Over unit display. Pikir saya yang masih bocah saat itu (waktu itu saya masih kelas 8 SMP)... Keren bangeeet modelnya :big_love: saat itu awal-awal saya suka mobil dan mobil idaman saya waktu itu selain SX4 adalah Honda Jazz RS GE8 yang baru keluar... Teringat bulan Agustus 2008 bokap SPK 1 unit RS AT saking demen nya saya. Awal awal saya jatuh cinta dengan Honda... sampe sekarang.... Gak kerasa yah... udah 8 tahun.

Singkat cerita Swift ST CKD yang dibeli bokap dirasa udah terlalu kekecilan untuk keluarga kami. Dijuallah mobil itu dan ditukar dengan SX4 X-Road seken. Terhitung sejak saat itu tahun 2009 sampe sekarang sudah 4x miara SX4... 2014 waktu saya kuliah Semester 4 dibeliin bokap SX4 2011 FL AT... dan setengah taun langsung total loss... tabrakan hancur depan. Adik saya buat kuliah juga dibeliin mobil yang sama warna putih. Gak lama mobil yang tabrakan tersebut dijual dan ganti SX4 lagi... dengan taun lebih tua dan odo lebih banyak... Nemenin ane kuliah dari semester 5 sampe lulus sekarang... Yang barusan dijual lagi dan ditukar dengan Ertiga GL AT 2013 yg dipake bokap...

Jadi yah... quite a lot of experience and stories with four different SX4s.... Salah satu mobil yang cukup berkesan selain Honda CR-V yang juga cukup banyak kali punya.

SX4... di awal keluarnya merupakan sebuah terobosan baru. Mobil dengan dimensi gak lebih besar dari sebuah hatchback kecil, punya ground clearance tinggi... Tagline nya waktu itu "the first crossover in Indonesia" .... Yah bisa bener bisa salah since Honda CR-V juga considered as Crossover... Mungkin kata "mini crossover" lebih tepat... karena waktu itu Honda belum keluarkan HR-V, yaaa ada sih HR-V generasi pertama tapi gak resmi, Nissan belom keluarkan Juke. Rush dan Terios masih considered as SUV. Lawan sebandingnya SX4 practically cuma Livina berpopok yang langsung terbabat habis karena SX4 punya kelengkapan lebih mumpuni. Mobil CKD pertama yang fiturnya lebih lengkap dari CBU nya dan di versi CKD SX4 dibagi 3 trim : X-Over sebagai trim tertinggi, X-road sebagai tipe trondol, dan Baleno yang practically kayak Jazz dan City.... SX4 X-Road berbuntut. Well, di masa itu Suzuki cukup kreatif produknya... Jamannya pak Subronto Laras masih jadi head of marketing.... atau CEO ya? Lupa deh, pokoknya jaman dia masih di Indomobil Suzuki.





2009 .... pak Subronto lengser, dan SX4 masih merasa diatas angin karena belom dapet lawan... 2 type X-Road dan Baleno discontinued, sampai muncul sebuah mobil yang kayak datang dari planet lain... Nissan Juke yang sampai sekarang sulit saya cerna design nya. Mobil sok-sok crossover yang malah jadi favorit kaum nonik karena design nya (sampe nyonya kucing pun pake). Sukses membabat habis penjualan SX4. Facelift di 2010 walaupun sudah cukup lengkap pun enggak membantu SX4 melawan hegemoni Juke yang masih punya banyak penggemar. SX4 melakukan last farewell di 2013 dengan mengeluarkan versi full aksesoris RC-1... Sedangkan Juke mulai terseok-seok karena sekian banyak problem yang puncaknya adalah kebakaran yang dialami oleh seorang model... Dan Suzuki gak announce penerus SX4, S-Cross yang waktu itu sudah keluar di India. OK... pasar mini crossover kembali sepi, Outlander Sport pun penjualannya segitu segitu aja... dan trend kembali ke hatchback di tahun 2014 dengan keluarnya All New Yaris

Dan puncaknya adalah di 2015 dimana Honda mengeluarkan HR-V yang langsung laku keras.... even di garasi saya pun sampe kebagian 1 unit type Prestige saking lakunya :ngacir: HR-V sangat laku sampe semua pabrikan pengen ikut kebagian kue nya.. Juke melakukan revolusi dengan "Revolt"... Sebetulnya sebelum HR-V, Ford sudah ngeluarin Ecosport duluan... tapi brand name Ford sepertinya kurang mendapat tempat di hati masyarakat jadi kurang populer.

Well, kenapa sih saya harus cerita panjang soal ini? Sebetulnya saya ingin menceritakan betapa terlambatnya S-Cross mendarat. SX4 dulu sempat meraja karena gak ada lawan berat dari Toyota / Honda yang cuma punya hatchback Yaris dan Jazz. Sekarang Honda sudah punya HR-V.... S-Cross, mau selengkap apapun dan sebagus apapun.... brand name Suzuki tetep gak akan keliatan dibanding Honda. Logo S dianggap mobil "murah" dan logo H dianggap lebih "bergengsi". Apalagi dengan bentuk exterior yang well yah.... begitulah. :mky_05: dari didesain oleh sebuah studio design ternama di Itali sampe didesign oleh...... gak tau, mungkin freelance designer atau anak magang di Maruti Suzuki India yang sukses juga merusak keindahan bokong Swift lama. Mesin pake mesin lama yang seakan-akan "dikembalikan" ke tuningan asal dan diganti transmisi baru 6-speed. Intinya, saya begitu liat mobilnya, denger speknya, langsung garuk garuk kepala.... "Ini nih SX4 baru?"

Dan hari ini adalah hari terakhir pameran S-Cross di Ciputra World, tadi ngajakin anak-anak KuSem gak ada yang bisa, cuma bos hape beserta keluarga dan ane karena nganggur ke Ciputra World lalu ketemu disana.

========================
1. Exterior

Sepertinya anak-anak SM dan WASEM sudah pada tau seberapa bencinya saya dengan exterior design mobil ini.... Design SX4 sebelumnya itu sangat berkarakter, sangat berkelas. S-Cross? Gak blas. Ane hampir gak bisa menemukan dimana sisi bagusnya mobil ini dari luar.

Kalo liat asli memang gak seburuk di foto.... Tapi tetep aja.... Elek.... Lampu depan kebesaran dan terlalu kebawah. Bagian samping malah mirip MPV dibanding crossover, dan velgnya elek. Bagian belakangnya juga gak berkarakter blas.... setidaknya seburuk-buruknya pantat Pajero Sport masih ada karakternya dan mudah dikenali :mky_05: :mky_05:

Ane sampe harus berjuang cari spot yang enak buat dapetin angle foto... karena salah angle sedikit, mobil ini akan terlihat sangat jelek.

Image

Image

Image

Image

Good thing... mobil ini sudah dilengkapi dengan lampu HID dengan manual levelling dengan 3 setelan ketinggian ala mobil Eropa.. :frm_salut: di kelas ini cuma ada S-Cross dan Trax yang punya setelan ini. HR-V mana ada.... Jonpis mah ...

Velg pakai 16inch 205/60/16 sama dengan yang lama... dengan ban yang mirip nama wapres kita... JK Tyres.... :mky_05:

Perbandingan dimensi SX4 dan S-Cross...

Image

Image

2. Interior

Masuk interiornya... Ntah kenapa belum apa-apa saya udah ngerasa bored. Memang dari dulu interior SX4 ya biasa aja, tapi saya lebih prefer yang lama dengan HU in-dash dan gak terlalu copy-paste lineup Suzuki lain... yang ini keliatan sangat plain dan copy-paste doank. Mirip dengan Outlander Sport yang menurut saya juga boring... More convenient? Enggak juga.

Image

Image

Image

At least liat tombol tombol ini gak kosong ya cukup membahagiakan....
Image

Bagasi punya space yang lebih proper... Belom sempat ngukur, tapi sepertinya sedikit lebih luas dari Outlander Sport
Image

Legroom sangat lega dan posisi duduk baris kedua juga lebih nyaman dari yang lama.... Oiya jok juga lebih tebel.
Image

Oiya hal yang noticeable lagi adalah sepertinya entah peredam atau platnya tambah tipis.... karena mobil ini ditutup bener bener gak kayak SX4 lama yang mantep bunyinya. Pintunya enteng sekali, dan dibuka tutup saya ngerasa mobil ini pintunya enteng sekali dan kok ditutup juga gak se-mantep yang lama... sedikit mirip Avanza malah.

Terus bad news... mobil ini GAK PUNYA TWEETER. Padahal yang lama ada. Kayaknya kelakuan si kucing biar M8 nya gak keliatan memalukan.... :ngacir:

3. Driving

Pada akhirnya hanya test drive yang bisa membuktikan apakah mobil ini layak atau enggak.... Sebagai informasi test drive hanya muter mall karena sales nya..... yah begitulah. Bos mapia hape tadi dapet bawa keluar ke jalan gede.... :big_cry:

Image

Jadi karakter transmisi masih agak kurang bisa saya dalami. Tapi kalo mesin yah begitulah sempet bejek bentar waktu agak kosong.

Engine nya.... M15A DOHC VVT, rancang bangun sama persis dengan SX4 lama. Design sama. Spek 109hp / 138Nm. Naik 9hp dan 5Nm.

Image

Engine mounting nya baru, dan terasa sekali memang vibration nya berkurang dibanding SX4 lama
Image

ECM nya sepertinya juga beda... Yang bikin naik 9hp dan 5Nm mungkin (?) .... yang jelas spek ini sebenernya spek aslinya M15A... jadi saya gak kaget, gak bisa bilang ini peningkatan karena dulu de-tuned.
Image

Kesan pertama driving positionnya lebih aneh dibanding SX4 lama. Kayak posisi nyetir SX4 lama di posisi paling tinggi. Jadi too high for my taste, apalagi sekarang pake Civic. Awalnya kukira itu paling tinggi, eh kagak, malah paling rendah. Good thing setirnya Tilt dan Telescopic.

Sebelum jalan nunggu salesnya, saya sempet mainin gas dan WOW.... Exhaust sound nya garing euy. Semacem mobil kalau CCnya dicopot. :big_chicken:

OK kita jalan... Kesan pertama transmisinya lebih halus dan responsif dibanding 4-AT lama..... Kickdown pun gak se-lambat transmisi 4-AT nya... But still.... Mobil ini tetep lemot. Pelan kayak yang lama. Feel yang didapatkan dari mesinnya sama persis kayak yang lama, lemot lemotnya pun sama. Padahal katanya nambah 9hp dan 5Nm :mky_05: bobotnya gak jauh beda sama yang lama juga. Kalo dibejeg baru kerasa perbedaan 9hp nya itu... Nafas RPM tingginya lebih enak dibanding SX4 lama yang kalo dibejek bikin miris....

Setirnya makin ringan... Bener-bener sangat jauh dari yang lama dimana mobil itu pake EPS tapi rasa HPS.... Berat banget. Setir S-Cross ini malah lebih ringan dari setirnya Civic FB2 saya... Good news, mobil ini punya bodyroll lebih minim dibanding yang lama. :off_good_job:

Ride quality hmmm.... Impresi yang didapatkan masih sama dengan SX4 lama. Tetep keras. Karakter damper nya pun sama.

4. Conclusion

Just mediocre. Not a special car. Not much improvement.

Buat yang sudah punya SX4 lama dan pernah merasakan SX4 lama, impresi berkendaranya gak beda jauh sekali. Mungkin iya saya belom coba jauh. Tapi sekilas, gak berbeda jauh amat. Lemot lemotnya sama, kerasnya sama. Setirnya doank tambah ringan.

Price 265mills OTR Surabaya. Not a very high price for such decent equipments. Worth to buy? Ya depends.

Katanya ada program trade-in SX4 lama bisa dapet diskon tambahan ya ko? Worth kah kalau saya nuker SX4 lama saya ke S-Cross?

Kalo diskon tambahannya 100juta saya bilang worth, tapi paling cuma ketambahan 10jt, ya ngapain. Mobilnya sama persis. Sama kayak nuker Yaris lama ke baru. Gak worth sih menurut saya.

Saya punya duit 250-300juta, berkeluarga, mau SUV kecil, worth gak dibeli ?

Di rentang harga itu ada HR-V, Juke, Trax, S-Cross. Tadi saya sempet diskusi dengan bos mapia, milih ini atau HR-V 1.5 ? Kalo SAYA, saya masih lebih suka karakter mesin HR-V 1.5 .... Lemotnya cuma karena respon CVTnya, aslinya kenceng kalo dibejek. Posisi nyetir enak HR-V 1.5, cabin dan bagasi luas HR-V... Aside from features ya, karena saya beli mobil biasa liatnya mesinnya... Hahahaha.

Cuma kalo liat equipments nya, S-Cross cukup komplit, ya kalo memang gak keberatan dengan bentuknya yang wuelek.... Worth aja. Mobil ini bisa jadi another opt buat yang bosen liat HR-V di jalan....

Saya anak kuliahan dan mau dibeliin mobil buat aktivitas sehari-hari, apakah mobil ini cocok?

Sebagai mantan anak kuliahan baru lulus pengguna SX4, ya saya jawab cocok aja.... Cuma kalo nonik cakep sih agak kebanting tampilan mobilnya sama orangnya... :big_biglaugh:

Dan kalo cari warna aneh-aneh, S-Cross ini cuma punya warna abu-abu, putih, biru, silver.... Mau cari warna aneh-aneh? Beli HR-V atau Juke... Jadi heran padahal rentang harganya di level hatchback anak muda yang suka warna aneh-aneh...

==================================

Yah... sekian first glance saya sebagai mantan pengguna SX4 AT 2010... Semoga membantu calon - calon buyer disini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by marmut »

pertamax-kah?
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by nyotnyet »

Tambahan dari saya :
- row kedua legaaa banget
- impresi saya agak berbeda dari chris (tapi saya ga pernah piara sx4 lama), buat dalkot sih mobil ini enak2 aja kok, saya sih tadi cukup impress dengan mobil ini dan sekejap lupa bentuk eksterior aneh wkwkwk
- fitur lengkap banget, auto lamp, auto wiper, auto dimming mirror, minta apa lagi?

Minus nya yang amat sangat mengganggu buat saya :
- coba tekan itu tombol audio (tombol apapun), akan muncul bunyi tut tut tut yg kenceng, dan mengganggu banget, entah bisa dimatiin gak

Diskon 10jt buat pembelian biasa, 15juta kalo trade in

Menurut saya lagi (terlepas dari model), mobil ini worth dibeli kok, tinggal suzuki aja niat ga jualannya


Saran :
- ambil warna silver/grey..greynya mengaburkan bentuk anehnya
- ganti velgnya plis kalo ambil...

Soul Red zoom zoom
User avatar
reyhandikag
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jun 04, 2016 8:56
Location: Depok - Jakarta - Bogor
Daily Vehicle: Vario 125 esp

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by reyhandikag »

Tadi siang baru aja ngeliat TVCnya..
Bokap langsung antusias ngeliatin :upss:

"Wih mobil apa nih han, bagus..." :off_good_job:

"Ohh itu SX4 pak.." :big_smoking:

"Hah?" :big_chicken:

Bahkan bokap aja ga tau dulu suzuki ngeluarin mobil ginian... :glodak:


Anyway keren ripiwnya omm :off_good_job:
K3-DE G M/T 2005 :frm_tumbleft:
HR15DE SV M/T 2013 :frm_tumbright:
:ngacir:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by HouseOfDetailing »

Uwe mantan owner SX-4 CBU Japan angkatan pertama...imo sih designnya jelek kayak...
Image
...yah...bebek

Yang baru ini uwe rasa kek nastar deh ext nya... Score kasih (1.5/10) aja dah
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by liep »

Nice ripiu om...lampu dpnnya nyalanya terang bgt ya..tp mending beli hrv deh hehe
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by b8099ok »

Ga ada esp??? Wtf soesoeki??? :big_slap:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by arfs »

Ralat: Edisi RC1 SX4 lama sudah keluar dari pertengahan 2011 bukan 2013 karena oe punya SX4 RC1 beli akhir tahun 2011 jd inget.
oe baru cuman lihat saja, tp dibanding sx4 lama interior s-cross ini ada soft touch di dashboard depan nya, lalu kursi belakang yg jauh lebih lega.

Plg lucu pas giias kemarin waktu liat nih mobil dan saya bilang, "sayang di luar negeri sudah keluar versi facelift nya". Si sales lantas ngeles dengan bilang "beberapa mobil di tiap negara spek nya ada yg beda." :mky_04:
WTH, ini global product mestinya atleast exterior nya sama. Memang aneh sekali strategi nya soesoekie indo.
Buat pengemar sx4 yg ikutin perkembangan mobil yah jg ogah beli yg ini kalau sudah tau ada yg versi facelift nya di luar IMHO.
nyotnyet wrote: Saran :
- ambil warna silver/grey..greynya mengaburkan bentuk anehnya
- ganti velgnya plis kalo ambil...
Kalau saya suka sama warna biru nya.
Soal velg sebetulnya hanya perlu di cat ulang hitam di beberapa bagian karena kalau saya perhatikan versi luar negeri nya pakai velg sama tapi diberi aksen warna hitam-silver jd masih lebih enak dipandang:
Image
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by JukeJoken »

Wah ternyata ente penggemar SX-4 garis keras ya... Wkwkwkwk
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by PlantFoot »

terima kasih atas reviewnya bung chz..

kl mnrt sy mlh mbl ini cocok ya buat pengguna sx4 lama yg ingin meremajakan sx4 tuwirnya...ya krn impresinya ga jauh beda toh, tp fitur lmyn lengkap..

well shrsnya suzuki merilis juga harga parts fast moving nya sama spt dulu launching r3, shg akan bs tergambar scr jls kira2 bgmn cost maintenance mbl ini utk jangka lama..

mnrt sy dsni biasanya S lbh unggul dr H (plus beres yg lbh sepi), jd kl mmg lbh mrh ini shrnya jd slh satu senjata mlwn hrv.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by iwing »

thx om chz atas review nya. saya pengguna x-over facelift masih blm merasa 'wah' dari design s-cross ini. masih lebih seneng desain s-cross facelift heheheheh. tapi beneran velg nya haduh parah bener dan lampu nya kegedean

btw om plantfoot, harga parts sudah ada di web katalog suzuki kok untuk s-cross ini
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ChZ »

nyotnyet wrote:
Menurut saya lagi (terlepas dari model), mobil ini worth dibeli kok, tinggal suzuki aja niat ga jualannya

Berani jamin kagak bakal... Wkwkwkkwkwkkwkw. Paling launching udah ditaro showroom... Kembali ke kehidupan nyata jualan Ertiga...
reyhandikag wrote:Tadi siang baru aja ngeliat TVCnya..
Bokap langsung antusias ngeliatin :upss:

"Wih mobil apa nih han, bagus..." :off_good_job:

"Ohh itu SX4 pak.." :big_smoking:

"Hah?" :big_chicken:

Bahkan bokap aja ga tau dulu suzuki ngeluarin mobil ginian... :glodak:


Anyway keren ripiwnya omm :off_good_job:
Wkwkwkwkwk.... Sampe terlupakan ya SX4 lama. Padahal dulu 2008 cukup laris....
HouseOfDetailing wrote:Uwe mantan owner SX-4 CBU Japan angkatan pertama...imo sih designnya jelek kayak...
Image
...yah...bebek

Yang baru ini uwe rasa kek nastar deh ext nya... Score kasih (1.5/10) aja dah
Sampe kemarin di kuisionernya tega uwe kasih nilai 1/5.... :mky_07:
liep wrote:Nice ripiu om...lampu dpnnya nyalanya terang bgt ya..tp mending beli hrv deh hehe
Lampu depannya kayak yang lama oom, HID manual levelling.

Yaa kalo saya juga berpikir demikian. HR-V luarnya lebih enak diliat, dalemnya juga lebih enak diliat. Mesinnya lebih enak. Dalem lebih lega. Kerasnya sih mirip mirip lah... Fitur HR-V ya kalah beberapa... gak ada rain sensor, gak ada autolamp, lampunya masih lampu biasa.
b8099ok wrote:Ga ada esp??? Wtf soesoeki??? :big_slap:
:big_slap:
arfs wrote:Ralat: Edisi RC1 SX4 lama sudah keluar dari pertengahan 2011 bukan 2013 karena oe punya SX4 RC1 beli akhir tahun 2011 jd inget.
oe baru cuman lihat saja, tp dibanding sx4 lama interior s-cross ini ada soft touch di dashboard depan nya, lalu kursi belakang yg jauh lebih lega.

Plg lucu pas giias kemarin waktu liat nih mobil dan saya bilang, "sayang di luar negeri sudah keluar versi facelift nya". Si sales lantas ngeles dengan bilang "beberapa mobil di tiap negara spek nya ada yg beda." :mky_04:
WTH, ini global product mestinya atleast exterior nya sama. Memang aneh sekali strategi nya soesoekie indo.
Buat pengemar sx4 yg ikutin perkembangan mobil yah jg ogah beli yg ini kalau sudah tau ada yg versi facelift nya di luar IMHO.
nyotnyet wrote: Saran :
- ambil warna silver/grey..greynya mengaburkan bentuk anehnya
- ganti velgnya plis kalo ambil...
Kalau saya suka sama warna biru nya.
Soal velg sebetulnya hanya perlu di cat ulang hitam di beberapa bagian karena kalau saya perhatikan versi luar negeri nya pakai velg sama tapi diberi aksen warna hitam-silver jd masih lebih enak dipandang:
Image
Oh iyaaa RC-1 keluarnya dari 2011... :big_slap: Uwe ingetnya soalnya terakhir Suzuki cuma jualan RC-1 gak jual yang biasa lagi.

Leh kemarin sales saya malah lucu....
"ko mobil ini bodinya lebih tebel dari HR-V loh... boleh diadu lah...yang sana cuma menang nama tp kualitas kita lebih bagus"

Lah wong yang ini ditutup cem pintunya Avanza... yang dulu ditutup masih agak berasa mahal.... :mky_05:

Saya ogah beli mobil ini simply karena bentuknya... wkwkwkwkwk... buat saya bentuk mobil itu penting. Kalo gak enak dipandang ngapain dibeli.... :big_biglaugh:

Btw itu velgnya beda oom... Hahahahaa
JukeJoken wrote:Wah ternyata ente penggemar SX-4 garis keras ya... Wkwkwkwk
Sudah murtad oom.... :big_biglaugh: SX4 terakhir saya udah dijual.
PlantFoot wrote:terima kasih atas reviewnya bung chz..

kl mnrt sy mlh mbl ini cocok ya buat pengguna sx4 lama yg ingin meremajakan sx4 tuwirnya...ya krn impresinya ga jauh beda toh, tp fitur lmyn lengkap..

well shrsnya suzuki merilis juga harga parts fast moving nya sama spt dulu launching r3, shg akan bs tergambar scr jls kira2 bgmn cost maintenance mbl ini utk jangka lama..

mnrt sy dsni biasanya S lbh unggul dr H (plus beres yg lbh sepi), jd kl mmg lbh mrh ini shrnya jd slh satu senjata mlwn hrv.
Masalah nya yang saya gak sreg dengan impresi mobil nya yang sama persis adalah, se dosa-dosanya SX4 lama (lemot dan keras) itu masih dipertahankan.... Jadi menurut saya kalo upgrade dari yang lama ke baru gak worth. Karena kita upgrade mobil maunya pasti ke mobil yang lebih baik kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ChZ »

iwing wrote:thx om chz atas review nya. saya pengguna x-over facelift masih blm merasa 'wah' dari design s-cross ini. masih lebih seneng desain s-cross facelift heheheheh. tapi beneran velg nya haduh parah bener dan lampu nya kegedean

btw om plantfoot, harga parts sudah ada di web katalog suzuki kok untuk s-cross ini
Terlalu banyak keanehan di design mobil ini kurasa, oom :mky_01: Ntah dari sisi manapun susah menikmati mobil ini wkwkwkwkkw. Dijejerin sama SX4 lama jauh lebih seger yang lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by HouseOfDetailing »

Saya pernah pelihara sekaligus baik S dan H.Urusan after sales saya pilih H.Parts harus ganti langsung di infokan,layanan service jauh lebih cepat H dari S.Lah gimana mau cepat coba,bengkel iya sepi,tapi megang mobil cuma 5-10 menit terus ngilang entah kemana mekaniknya.Parts S mahal sekali,SA nya ntah mengapa sangat membela nama S soal durability.Pads udah hampir habis sampai makan cakram pun di bilang ga usah ganti...the hell with them.Lampu rem SX-4 mahal gila,cepekceng lebih,tahan cuma setahun.H punya hargane cuma 40an rebong,awet 10 tahun.Dan lagi pula ini Indomobil,jualan dengan style hit n run.Begitu penjualan menurun drastis langsung ga stock unit lagi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ChZ »

HouseOfDetailing wrote:Saya pernah pelihara sekaligus baik S dan H.Urusan after sales saya pilih H.Parts harus ganti langsung di infokan,layanan service jauh lebih cepat H dari S.Lah gimana mau cepat coba,bengkel iya sepi,tapi megang mobil cuma 5-10 menit terus ngilang entah kemana mekaniknya.Parts S mahal sekali,SA nya ntah mengapa sangat membela nama S soal durability.Pads udah hampir habis sampai makan cakram pun di bilang ga usah ganti...the hell with them.Lampu rem SX-4 mahal gila,cepekceng lebih,tahan cuma setahun.H punya hargane cuma 40an rebong,awet 10 tahun.Dan lagi pula ini Indomobil,jualan dengan style hit n run.Begitu penjualan menurun drastis langsung ga stock unit lagi
Masih ada yang ngeyel parts S lebih murah dari H kalo gini? :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Miara Civic sama SX4 ongkosnya sama persis, malah beberapa parts lebih murah Civic.... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by iwing »

saya lihat di katalog soal lampu rem kok gak sampe segitu ya om..?? saya blm pernah ganti sih. mungkin yang bikin mahal parts sx4 ada tulisan made in japan kali ya hahahhaha. kalo misal tulisan itu dihapus, kali aja bisa murah

btw harga parts logo S yang 'murah' mungkin berlaku untuk mobil yang 'umum' untuk ukuran S, seperti ertiga atau carry. cmiiw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ChZ »

iwing wrote:saya lihat di katalog soal lampu rem kok gak sampe segitu ya om..?? saya blm pernah ganti sih. mungkin yang bikin mahal parts sx4 ada tulisan made in japan kali ya hahahhaha. kalo misal tulisan itu dihapus, kali aja bisa murah

btw harga parts logo S yang 'murah' mungkin berlaku untuk mobil yang 'umum' untuk ukuran S, seperti ertiga atau carry. cmiiw
Hahaha that's it... local content nya S itu dikit sekali. Temen saya ada yang pernah mau ganti oli NeoBaleno nya dan kaget harga filter oli kok cepeceng.... Dia biasa miara Honda cuma 30-40rebu.

Yups.... Filter olinya SX4 dan Swift lama 110ribu, Ertiga dan Carry 30ribu :mky_05: H ? Brio sampe Odyssey 40rebu :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by adityabp »

ChZ wrote:
iwing wrote:saya lihat di katalog soal lampu rem kok gak sampe segitu ya om..?? saya blm pernah ganti sih. mungkin yang bikin mahal parts sx4 ada tulisan made in japan kali ya hahahhaha. kalo misal tulisan itu dihapus, kali aja bisa murah

btw harga parts logo S yang 'murah' mungkin berlaku untuk mobil yang 'umum' untuk ukuran S, seperti ertiga atau carry. cmiiw
Hahaha that's it... local content nya S itu dikit sekali. Temen saya ada yang pernah mau ganti oli NeoBaleno nya dan kaget harga filter oli kok cepeceng.... Dia biasa miara Honda cuma 30-40rebu.

Yups.... Filter olinya SX4 dan Swift lama 110ribu, Ertiga dan Carry 30ribu :mky_05: H ? Brio sampe Odyssey 40rebu :mky_07:
Itu yg impor om. Kalo yg bikinan indopart mah 20-30rb. :mky_03:
adiguna
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by adiguna »

wah...makasih om reviewnya keren seperti biasanya,btw saya sebagai mantan pengguna sx4 jadi gak napsu lagi setelah baca review om chz....hehee
pdhl tadinya saya dah lumayan menggebu-gebu pingin ganti r3 ke s-cross...
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by lonesnake »

ChZ wrote:
iwing wrote:saya lihat di katalog soal lampu rem kok gak sampe segitu ya om..?? saya blm pernah ganti sih. mungkin yang bikin mahal parts sx4 ada tulisan made in japan kali ya hahahhaha. kalo misal tulisan itu dihapus, kali aja bisa murah

btw harga parts logo S yang 'murah' mungkin berlaku untuk mobil yang 'umum' untuk ukuran S, seperti ertiga atau carry. cmiiw
Hahaha that's it... local content nya S itu dikit sekali. Temen saya ada yang pernah mau ganti oli NeoBaleno nya dan kaget harga filter oli kok cepeceng.... Dia biasa miara Honda cuma 30-40rebu.

Yups.... Filter olinya SX4 dan Swift lama 110ribu, Ertiga dan Carry 30ribu :mky_05: H ? Brio sampe Odyssey 40rebu :mky_07:
Ya betul, tapi saya sebagai pemakai berbagai merk, saya ndak suka dengan filter oli yang murah, karena luas elemen filtrasinya pasti beda, CMIIW, filter oli swift dan sx4 lama masih made in Japan, toyo roki asli. Kalo Honda paling sakura.

Saya pakai Innova diesel, filter oli dulunya ada 3 macam, maaf ndak ingat part numbernya, tapi yang paling murah adalah buatan lokal dan di filter olinya ada tulisan diganti tiap 5.000 km. Dulu yang paling mahal 90915-TB001, skg udah ndak ada kayaknya

:big_smile]
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204

Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by medkintos »

Nice review om chris,

Dulu bokap sempet TD SX4 gen 1 (yang CBU berarti ya, masih bocah dulu gangerti begitu) impressionnya bawanya enak, tapi mengingat udah megang Grand Vitara gen 1 ya ngapain nambah mobil lagi hehe

Mungkin selera gue yang beda sendiri karena gue liat difoto secara interior dan eksterior oke oke aja (tapi gatau langsungnya) sama beberapa fitur diatas japs car lainnya menurut gue

selama megang suzuki, kata bokap sama nyokap servisnya termasuk yang murah sama bandel... Gvitara udah 10 tahun dan masih enak walopun borosnya horror minta ampun (masa pulogebang-kuningan-pulogebang hampir stengah tengki...)

Btw gue kira om jauh diatas gue umurnya.... Ternyata beda setahun...


Sent from my iPhone using Tapatalk
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
Meilang
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Apr 28, 2016 22:42

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by Meilang »

Om-om, sekalian numpang tanya. Kalau dibandingin dengan Swift GS AT pilih mana ya? Penggunaan akan lebih banyak untuk dalam kota dan kebanyakan yang terisi hanya bangku depan saja (akomodasi bangku belakang tidak terlalu penting). Awalnya sudah yakin dengan Swift, tapi begitu keluar S-Cross ini, kelengkapan kecil2nya membuat galau lagi (auto wiper dll). Mohon masukannya. Terima kasih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ChZ »

lonesnake wrote: Ya betul, tapi saya sebagai pemakai berbagai merk, saya ndak suka dengan filter oli yang murah, karena luas elemen filtrasinya pasti beda, CMIIW, filter oli swift dan sx4 lama masih made in Japan, toyo roki asli. Kalo Honda paling sakura.

Saya pakai Innova diesel, filter oli dulunya ada 3 macam, maaf ndak ingat part numbernya, tapi yang paling murah adalah buatan lokal dan di filter olinya ada tulisan diganti tiap 5.000 km. Dulu yang paling mahal 90915-TB001, skg udah ndak ada kayaknya

:big_smile]
Yes memang harga gak bohong... Tapi masalahnya.... Umurnya filter oli H dan S sama-sama 10ribu KM, oom... :mky_01: Mungkin filter oli Suzuki cocok buat yang suka ganti oli telat telat dan suka pake oli jelek.... :mky_01:
medkintos wrote:Nice review om chris,

Dulu bokap sempet TD SX4 gen 1 (yang CBU berarti ya, masih bocah dulu gangerti begitu) impressionnya bawanya enak, tapi mengingat udah megang Grand Vitara gen 1 ya ngapain nambah mobil lagi hehe

Mungkin selera gue yang beda sendiri karena gue liat difoto secara interior dan eksterior oke oke aja (tapi gatau langsungnya) sama beberapa fitur diatas japs car lainnya menurut gue

selama megang suzuki, kata bokap sama nyokap servisnya termasuk yang murah sama bandel... Gvitara udah 10 tahun dan masih enak walopun borosnya horror minta ampun (masa pulogebang-kuningan-pulogebang hampir stengah tengki...)

Btw gue kira om jauh diatas gue umurnya.... Ternyata beda setahun...


Sent from my iPhone using Tapatalk
SX4 is absolutely a fine car... buat yang gak suka tarik tarikan. Wkwkwkwkwk. Kalo suka tarik tarikan mending beli Jazz. Resepnya memang sempurna, mobil kecil dimensi gak beda jauh sama Jazz tapi tinggi...

Kalo diliat langsung sebenernya gak se horror di foto. Tapi tetep aja elek.... :big_slap:

GV generasi awal yang 2000cc ya? Bokap saya juga pernah punya dan kapok dulu... Beli 2.4 jadi puas banget dia... Katanya yang 2.4 lebih irit dari yang 2.0.

Leh saya masih muda oom... malah kalo liat aslinya saya sering dikira anak SMA :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by ween »

Liat blkgnya lsg inget nissan qasqai yg lama
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.

Post by nyotnyet »

Meilang wrote:Om-om, sekalian numpang tanya. Kalau dibandingin dengan Swift GS AT pilih mana ya? Penggunaan akan lebih banyak untuk dalam kota dan kebanyakan yang terisi hanya bangku depan saja (akomodasi bangku belakang tidak terlalu penting). Awalnya sudah yakin dengan Swift, tapi begitu keluar S-Cross ini, kelengkapan kecil2nya membuat galau lagi (auto wiper dll). Mohon masukannya. Terima kasih.
Kalo liat tampang depannya sih saya pilih swift gs, cumaaaaa suzuki ga niat jualan swift, kalo kasus di surabaya unit TD sebiji dipake gantian dealer sesurabaya, mau TD janjian dulu...ya kaya ciaz lah...

GS lumayan lengkap sih fiturnya, fitur GS yang tidak dimiliki s cross : auto leveling..hehehehe...

Emang row kedua ga penting, tp mungkin juga nice to have row kedua yang lebar om...bagasi juga beda size...tergantung preferensi dan kondisi om aja sehari hari gimana..

Soul Red zoom zoom