[static review] sx4 s-cross

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross

Post by arfs »

herry_chen wrote:
ninodiablo wrote:Gue abis dari GIIAS dan test drive mobil ini, manual dan matik, so far gue cukup fine dengan semuanya karena mengingat harganya yg sekitar 245 juta AT (10 juta disc + 5 jt karena pemilik SX4 lama).
Saya tanya cuman dapat diskon 10juta haaa

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Saya minggu lalu pas main ke suzuka pik, dibilang untuk diskon sebelum IIMS bagi pengguna suzuki (10+5+5) alias 20 juta.
Cuman saat itu kyk beli kucing dalam karung, belom bisa test drive* padahal unit nya sudah ada 1 dan ditempeli sticker promo nya.

*trauma dulu salah test drive xover manual tapi beli yg matic, saat datang gk nyangka matic nya se dodol itu. :oops:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by marama »

M15A ? saya ex user aerio th 2003 smp dijual th 2007, mesin yg boros untuk ukuran 1500cc, dan penyakit koil nya cepet koit kl ud diatas 80k, hrg part mesin nya anehnya pada waktu itu mahal.
bakmisiantar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu Jul 14, 2016 15:14

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by bakmisiantar »

Agan-agan & suhu-suhu sekalian yang udah test drive scross, merhatiin ga ya fuel consumption yg MIDnya berapa? membaikkah dari previous SX-4? :big_think: makacih :big_peace:
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: RE: Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross

Post by herry_chen »

egibaio wrote:
herry_chen wrote:
egibaio wrote:Saya coba mobil ini kemaren di GIIAS

Hasilnya saya ga demen
Ga demen knapa om. Coba kasi masukan dong biar kita2 tau kelemahanya apa nih

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Saya ga demen soalnya pertama 6AT nya looks good on paper tp in real world jelek. Mengecewakan banget kalau buat yang cari performa. Shiftingnya lambat dan kalau shiftingnya di redline entah kenapa jadi ga enak banget. Kedua, mesin M15 mau dibilang mesin legendaris kek apa kek udah bener2 ketinggalan menurut saya. Power deliverynya payah, mobilnya terlalu berat buat mesin itu. Cuma teriak2 aja ga ada "jambakan" sama sekali. Entah ini salah tranny atau mesinnya, yang pasti kalau suka mobil berdasarkan performanya sebaiknya hindari mobil ini.

Nah kelebihannya fitur2nya bagus. Ada auto dimming mirror, auto wiper, dll. Suspensinya jg not bad dan sebenernya ini mobil overall masih lebih enak drpd ecosport powershift. Kalau cari mobil cuma buat commuter sehari2 silahkan lirik, tapi kalau expect lebih hmmm
Jd penasaran nih om. Menurut om yg worth beli yg mana om. Untuk suv kecil 1.500cc yg lebih baik dr yg hal jelek dr scross ini. Spt tarikan yg baik dan ada sensasi jambakannya. Thanks

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross

Post by pendoli »

egibaio wrote:
herry_chen wrote:
egibaio wrote:Saya coba mobil ini kemaren di GIIAS

Hasilnya saya ga demen
Ga demen knapa om. Coba kasi masukan dong biar kita2 tau kelemahanya apa nih

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Saya ga demen soalnya pertama 6AT nya looks good on paper tp in real world jelek. Mengecewakan banget kalau buat yang cari performa. Shiftingnya lambat dan kalau shiftingnya di redline entah kenapa jadi ga enak banget. Kedua, mesin M15 mau dibilang mesin legendaris kek apa kek udah bener2 ketinggalan menurut saya. Power deliverynya payah, mobilnya terlalu berat buat mesin itu. Cuma teriak2 aja ga ada "jambakan" sama sekali. Entah ini salah tranny atau mesinnya, yang pasti kalau suka mobil berdasarkan performanya sebaiknya hindari mobil ini.

Nah kelebihannya fitur2nya bagus. Ada auto dimming mirror, auto wiper, dll. Suspensinya jg not bad dan sebenernya ini mobil overall masih lebih enak drpd ecosport powershift. Kalau cari mobil cuma buat commuter sehari2 silahkan lirik, tapi kalau expect lebih hmmm
ngga mengherankan si, dari awal udah pada perkirakan... di india sendiri baru pada puas pake 1600cc turbodiesel nya :D
kalau dibandingkan pesaing2nya di indo, kombinasi L15+cvt, 2NRFE+cvt, sama HR15+cvt gimana om?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross

Post by egibaio »

pendoli wrote:
egibaio wrote:
herry_chen wrote: Ga demen knapa om. Coba kasi masukan dong biar kita2 tau kelemahanya apa nih

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Saya ga demen soalnya pertama 6AT nya looks good on paper tp in real world jelek. Mengecewakan banget kalau buat yang cari performa. Shiftingnya lambat dan kalau shiftingnya di redline entah kenapa jadi ga enak banget. Kedua, mesin M15 mau dibilang mesin legendaris kek apa kek udah bener2 ketinggalan menurut saya. Power deliverynya payah, mobilnya terlalu berat buat mesin itu. Cuma teriak2 aja ga ada "jambakan" sama sekali. Entah ini salah tranny atau mesinnya, yang pasti kalau suka mobil berdasarkan performanya sebaiknya hindari mobil ini.

Nah kelebihannya fitur2nya bagus. Ada auto dimming mirror, auto wiper, dll. Suspensinya jg not bad dan sebenernya ini mobil overall masih lebih enak drpd ecosport powershift. Kalau cari mobil cuma buat commuter sehari2 silahkan lirik, tapi kalau expect lebih hmmm
ngga mengherankan si, dari awal udah pada perkirakan... di india sendiri baru pada puas pake 1600cc turbodiesel nya :D
kalau dibandingkan pesaing2nya di indo, kombinasi L15+cvt, 2NRFE+cvt, sama HR15+cvt gimana om?
L15+CVT masih better, sisanya beda tipis lah. Malah HR15DE+CVT di juke kalau pake sport mode masih lebih bagus kalau dirasa-rasa
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: RE: Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross

Post by egibaio »

herry_chen wrote:
egibaio wrote:
herry_chen wrote: Ga demen knapa om. Coba kasi masukan dong biar kita2 tau kelemahanya apa nih

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Saya ga demen soalnya pertama 6AT nya looks good on paper tp in real world jelek. Mengecewakan banget kalau buat yang cari performa. Shiftingnya lambat dan kalau shiftingnya di redline entah kenapa jadi ga enak banget. Kedua, mesin M15 mau dibilang mesin legendaris kek apa kek udah bener2 ketinggalan menurut saya. Power deliverynya payah, mobilnya terlalu berat buat mesin itu. Cuma teriak2 aja ga ada "jambakan" sama sekali. Entah ini salah tranny atau mesinnya, yang pasti kalau suka mobil berdasarkan performanya sebaiknya hindari mobil ini.

Nah kelebihannya fitur2nya bagus. Ada auto dimming mirror, auto wiper, dll. Suspensinya jg not bad dan sebenernya ini mobil overall masih lebih enak drpd ecosport powershift. Kalau cari mobil cuma buat commuter sehari2 silahkan lirik, tapi kalau expect lebih hmmm
Jd penasaran nih om. Menurut om yg worth beli yg mana om. Untuk suv kecil 1.500cc yg lebih baik dr yg hal jelek dr scross ini. Spt tarikan yg baik dan ada sensasi jambakannya. Thanks

Sent from my SM-G925F using Seraya Motor mobile app
Kalau mau kenceng ya Trax. Tapi HRV 1.5 aja buat saya masih mending larinya drpd mobil ini :big_dunno:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by azu »

kemarin lihat di GIIAS ini mobil, sayang karena kesorean jadi ga sempet TD..

Impresi saya:
- Feature cukup lengkap, hanya kurang sunroof dan ESP saja kalau dibanding dengan kompetitor.. tapi selisih harga dengan kompetitor juga lumayan sih..
- Interior design agak bland menurut saya, softpad juga tidak banyak menolong.. bahkan plastik dashboard bagian atas aja rasanya masih lebih solid punya ertiga.. tapi dalemnya lumayan lega dibanding Ecosport, faktor wheelbase yang lebih panjang juga..
-Exterior, ini sih gimana selera ya.. saya sendiri ngerasa prior SX4 lebih cantik..

Tapi untuk harga 250an menurut saya mobil ini bisa jadi pilihan.. Mungkin Suzuki juga bingung mau masukin mesin apa ke SCross ini, karena pilihan mesin Suzuki memang terbatas:
- K14B : masa sama lagi dengan Ertiga, Ciaz.. tambah banyak yang protes underpowered
- M16A: pajak, pajak, pajak..
- Diesel 1.6: Suzi Indo ga ada pengalaman masukin diesel
- K10C DITC: Dipakai di Baleno Europe sana. 1.0L Turbo petrol, tenaga sama dengan M15A, tapi dengan turbo umumnya torsi puncak akan di range yang luas.
- K14C DITC: Dipakai di Vitara S, rumornya akan dipakai untuk Scross FL di Europe dan next gen Swift Sport juga. ini sih mesin paling pas utk Scross ini, 1.4L turbocharged 140 PS/138HP.. tapii dengan image mobil Suzuki di Indo, kayanya bakal susah masukin mesin turbocharged..

makanya akhirnya pakai M15A lagi :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by bapakne_satya »

Polo mungkin lebih bisa memenuhi hasrat penyuka performance
User avatar
omsafety2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Mon Jan 18, 2016 5:40

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by omsafety2 »

Mamang555 wrote:Mobil "performence" kelas harga 240 jutaan emangnya dapet apaan om egi? Lebih spesifik lagi, utk kelas cuv? :D


Mobil second :ngacir:
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by bapakne_satya »

Sore tadi tes jalan s cross dari amplaz sampai putaran balik pertigaan janti, kebetulan lg di jogja. Krn mobil dlm kebutuhan sy masih sebatas alat transportasi dan utk lalu lintas jogja ygcukup padat, s cross ini cukup worthed. Paddle shift hanya coba sampe gear 3, kesannya? Biasa saja sih, lha jalurnya jalan protokol yg lurus dan cukup mulus dan mobil masih baru, jd ya semuanya Tampak ok
dafihy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Jan 27, 2016 12:53

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by dafihy »

sedikit cerita pas kmrn cobain yg AT, kalo nurut newbie yg sehari2 pake Xenia manual, nih mobil kayanya memang kurang galak kalo buat yg suka ngebut krn bawaan transmisinya itu halus terutama di rpm rendah, tp berasa udah mulai ada tenaga di rpm tengah sampai atas, jd gak bisa towel gas dikit langsung kabur harus ngurut bejek gasnya.

Positifnya dgn harga 249jutaan sekarang ini plus dgn segala fitur yg ada minus ESP termasuk value for money, mudah2an aja konsumsi BBM lebih hemat meski mesin yg dipasang bukan jenis baru.
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by adityawei »

Yang udah pada test drive konsumsi baham bakarnya berapa ya di mid nya ?
Mau test drive unit belom ada :mky_05:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
apktntaj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Jul 23, 2015 2:18

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by apktntaj »

mending nungguin facelift nya ajeee. Udh kyk BMW tampilannya mantapp.
ViciousCid
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Aug 23, 2016 10:56

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by ViciousCid »

adityawei wrote:Yang udah pada test drive konsumsi baham bakarnya berapa ya di mid nya ?
Mau test drive unit belom ada :mky_05:
kemarin sempat TD di Suzuki Radio Dalam, liat MID nya 8.3km/L
bakmisiantar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu Jul 14, 2016 15:14

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by bakmisiantar »

ViciousCid wrote:
adityawei wrote:Yang udah pada test drive konsumsi baham bakarnya berapa ya di mid nya ?
Mau test drive unit belom ada :mky_05:
kemarin sempat TD di Suzuki Radio Dalam, liat MID nya 8.3km/L
Omg, boros yo :big_chicken: . Yo wes lah case closed. Cari compact suv lain.
yisnawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Aug 06, 2016 5:02

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by yisnawan »

Kalau merk yang lain biasanya berapa komsumsi bahan bakarnya kalau yang dipakai TD untuk bisa dikatakan irit?
apakah kendaraan yang dipakai TD mencerminkan penggunaan bahan bakar sehari2 kendaraan tersebut?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by kunaskun »

yisnawan wrote:Kalau merk yang lain biasanya berapa komsumsi bahan bakarnya kalau yang dipakai TD untuk bisa dikatakan irit?
apakah kendaraan yang dipakai TD mencerminkan penggunaan bahan bakar sehari2 kendaraan tersebut?
ga ada yang beres, karena banyakan TD kan cuma gitu2 aja dan range pendek, mana ada yang TD sampe 20 km :mky_03: kalau mau tanya bbm ya tungguin aja majalah otooto test, angka sekian ya anggap aja ekspektasi tertinggi :mky_04:
silentgreen
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Mar 31, 2015 14:12

Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross

Post by silentgreen »

kunaskun wrote:
yisnawan wrote:Kalau merk yang lain biasanya berapa komsumsi bahan bakarnya kalau yang dipakai TD untuk bisa dikatakan irit?
apakah kendaraan yang dipakai TD mencerminkan penggunaan bahan bakar sehari2 kendaraan tersebut?
ga ada yang beres, karena banyakan TD kan cuma gitu2 aja dan range pendek, mana ada yang TD sampe 20 km :mky_03: kalau mau tanya bbm ya tungguin aja majalah otooto test, angka sekian ya anggap aja ekspektasi tertinggi :mky_04:
Iya, yg TD punya karakter nyetir/kaki kanan beda2. Jd pasti fc nya msh ngaco [emoji16]

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by nugroho bagor »

ViciousCid wrote:
adityawei wrote:Yang udah pada test drive konsumsi baham bakarnya berapa ya di mid nya ?
Mau test drive unit belom ada :mky_05:
kemarin sempat TD di Suzuki Radio Dalam, liat MID nya 8.3km/L
Pilar Anya bagimana om,masih ganggu tidak :ungg:
ViciousCid
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Aug 23, 2016 10:56

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by ViciousCid »

nugroho bagor wrote:
ViciousCid wrote:
adityawei wrote:Yang udah pada test drive konsumsi baham bakarnya berapa ya di mid nya ?
Mau test drive unit belom ada :mky_05:
kemarin sempat TD di Suzuki Radio Dalam, liat MID nya 8.3km/L
Pilar Anya bagimana om,masih ganggu tidak :ungg:
pilar A sih tidak masalah, justru pilar C yg mgkn agak ganggu.
ViciousCid
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Aug 23, 2016 10:56

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by ViciousCid »

kunaskun wrote:
yisnawan wrote:Kalau merk yang lain biasanya berapa komsumsi bahan bakarnya kalau yang dipakai TD untuk bisa dikatakan irit?
apakah kendaraan yang dipakai TD mencerminkan penggunaan bahan bakar sehari2 kendaraan tersebut?
ga ada yang beres, karena banyakan TD kan cuma gitu2 aja dan range pendek, mana ada yang TD sampe 20 km :mky_03: kalau mau tanya bbm ya tungguin aja majalah otooto test, angka sekian ya anggap aja ekspektasi tertinggi :mky_04:
salesnya bilang bisa 1:14 km/L :mky_03:
tapi ya kmrn itu mobil jg masih sekitar 300KM odo nya.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by nugroho bagor »

Saya pakai sx 4 tahun 2007,irit banget,waktu itu belum ckd,build quality bagus banget,di banding sama yang ckd
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by bapakne_satya »

Irit atau nggak bukan semata2 faktor mobil krn jg ada pengaruh driving style, kondisi lalu lintas dll. Kalau mau perbandingan efisiensi fuel yg comparable ya harus pake metodeyg std.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: [static review] sx4 s-cross

Post by nugroho bagor »

bapakne_satya wrote:Irit atau nggak bukan semata2 faktor mobil krn jg ada pengaruh driving style, kondisi lalu lintas dll. Kalau mau perbandingan efisiensi fuel yg comparable ya harus pake metodeyg std.
Pegunungan semarang gombel,sama kemactan semarang sdh cukup wa tahu itu irit kagak,dari beberapa gerobag yang wa kendarai,masih keingat enaknya tu mobil :e-doh: