2012 Ford Fiesta S long term review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: imsus2c, artoodetoo, FRD, Turboman, imingwahyudi, DOHC

User avatar
billyd1773dz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3981
Joined: 02 Sep 2008, 07:19

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by billyd1773dz » 12 Jan 2017, 01:17

nice review om...

saya pernah jln sejauh 1000km beberapa hari dgn fiesta sport 1.6 dct milik teman...

hal yang lucu, teman saya selalu ngeluh fiestanya sangat lemot....nanjak lemot... ngerawat mahal..terus ford tutup makin kumplit aja keluhan dia.. wut heppen ni.. :big_think:


kemudian kita roadtrip....pertama.. gw cek isi fuel apa.. diabilang selalu pertamax.. oks pas.. then gw notice, dia ga pernah bawa ni mbl lebih dari 4000rpm sekalipun lg nyusul kritis......... waduh.... ada mode enginebrake apa sport di tuas... g pernah dia pke, mode L juga ga pernah.. *gtw fungsinya apa* haha di usut2.. ni mbl blm pernah keluar kota alhasil dari 2012 km masih 14rb......

okeh gantian... gw bejek dri diam.... nyentak dikit terus... kosong.. rpm 3000 kosong... 4000.. kosong..... 5000... wait... nah nah... beuhhh.... seakan2 semua torsi yg hilang di low to mid di kumpul di atas semua langsung ngejambakkk sampai redline di 6000 kaki masih ogah ta angkat rpm naik terus sampai overrev.. bukan tenaga ngedrop.. ini makin tinggi terus.. hingga 6500 lebih baru dia shift, ..........

nah loh.. kuliah singkat... soal peak torque dan peak hp bla lba bla bla bla.... *tp g tega bil mblny*... nopee.. i think its built to rev.. its alright...

terus mode di tuas gb.. ntah brake atw sport.. yg pasti muncul ikon kya sepatu di cluster..... yg ini.. bikin mbl agresif sekali downshift.. ngejaga rpm di atas.... turunan, dia langsung downshift... untungnya terasa ada throttle blip jadi ga ngejedut.. hanya kaget saja suara rpm tiba-tiba naik... klw di mode normal DCTnya terasa ogah-ogahan main highrev (padahal perlu) dia masih mikir irit.. meski susah irit juga karna defaultnya dia shift di atas rpm 2000... ampir 3000... di mode ini jd girbok jadi nurut dan rev happy.... at least ini kompensasi ga dikasi shiftronic

bnyk yg ngeluh powershift first gen ini jerky ga nyaman bwat macet dll... selama roadtrip ini beragam kondisi jalan, rasanya ga pernah jerky sama sekali, bwat macet2an jg terasa normal. shifting saya bisa bilang.. its damn fast bwat upshift, downshift tdk terlalu.. jauh lebih cepat dri AT purba biasa.... mirip dgn skyactivdrive tp g ada delay lockup/slip sama sekali. meski masih jauh kalah cepat jika di banding VW.

oyah setelah di usut girbok mbl ini sudah baru di ganti beberapa minggu sblm FMI menyatakan mundur (well... bru belasa ribu uda ganti girbok... bravo.. eits bentar merk sblh ada yg bru beberapa rb uda ganti jg)

peredam juga impresive, ban bawaany continental mungkin ini yg ngebantu road noisenya demikian minim, meksi sudah bonyok2 dan dri baru blm pernah diganti... bantingan juga oke. yg pasti ga kagok dan cape d pke jarak jauh.

hal yg kurang gw suka... kita bawa ke.... candi cetho.. di mode D.. dia kya susah turun ke gigi 1.... harus di pindah ke L baru mau. dan tampaknya kondisi normal jg dia jalan di gigi 2.

mesin sangat peaky..... di bawah rpm 5000 memang payah... tipe2 orng yg g pernah narik mesin ke rpm tinggi pasti mudah bilang mbl ini ga ada tenaganya.... baru jika di isi pertamax turbo full rpm bawah tengahnya jadi kerasa torsinya err *lebih kerasa*. terutama setelah perjalanan pulang, dan mesinya sudah di *olahragain* mesin semakin terasa enteng..mesin makin kerasa bahagia.. aneh emang.. haha :D oyah.. konon ini CR 11:1 non gdi so.. efek ron98 sangat kerasa di mesin ini.. wkwk...


akomondasi.. errmmmm nasty bwat 2nd row... bahkan untuk reclining seat pakai kenop putaran, bukan tuas .. ini mirip scirocco... ermmm meski quality verygood.. masih minim rattle...

refinemend baik.. dri sblmnya sya pke wildtrak, captiva, pindah ke kondom sport refinement nya tdk terasa jomplang... beda dgn citycar baru sya yang... ah sudah lah...


well ecoboobs pengganti type sport.. punya karakter sangat berbeda, low to mid kini jadi dasyat.. dan peaknya slightly better. jika bisa membuat anggota kabinet yg lain jd suka bentuknya.. dan masih dijual.. mungkin kemarin ambil yg ecoboobs wkwkwk :D tp ya sudah lah.. haha :D

:beer:
just my dummy head....

yaseinotulip
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by yaseinotulip » 12 Jan 2017, 09:39

billyd1773dz wrote:nice review om...

saya pernah jln sejauh 1000km beberapa hari dgn fiesta sport 1.6 dct milik teman...

hal yang lucu, teman saya selalu ngeluh fiestanya sangat lemot....nanjak lemot... ngerawat mahal..terus ford tutup makin kumplit aja keluhan dia.. wut heppen ni.. :big_think:


kemudian kita roadtrip....pertama.. gw cek isi fuel apa.. diabilang selalu pertamax.. oks pas.. then gw notice, dia ga pernah bawa ni mbl lebih dari 4000rpm sekalipun lg nyusul kritis......... waduh.... ada mode enginebrake apa sport di tuas... g pernah dia pke, mode L juga ga pernah.. *gtw fungsinya apa* haha di usut2.. ni mbl blm pernah keluar kota alhasil dari 2012 km masih 14rb......

okeh gantian... gw bejek dri diam.... nyentak dikit terus... kosong.. rpm 3000 kosong... 4000.. kosong..... 5000... wait... nah nah... beuhhh.... seakan2 semua torsi yg hilang di low to mid di kumpul di atas semua langsung ngejambakkk sampai redline di 6000 kaki masih ogah ta angkat rpm naik terus sampai overrev.. bukan tenaga ngedrop.. ini makin tinggi terus.. hingga 6500 lebih baru dia shift, ..........

nah loh.. kuliah singkat... soal peak torque dan peak hp bla lba bla bla bla.... *tp g tega bil mblny*... nopee.. i think its built to rev.. its alright...

terus mode di tuas gb.. ntah brake atw sport.. yg pasti muncul ikon kya sepatu di cluster..... yg ini.. bikin mbl agresif sekali downshift.. ngejaga rpm di atas.... turunan, dia langsung downshift... untungnya terasa ada throttle blip jadi ga ngejedut.. hanya kaget saja suara rpm tiba-tiba naik... klw di mode normal DCTnya terasa ogah-ogahan main highrev (padahal perlu) dia masih mikir irit.. meski susah irit juga karna defaultnya dia shift di atas rpm 2000... ampir 3000... di mode ini jd girbok jadi nurut dan rev happy.... at least ini kompensasi ga dikasi shiftronic

bnyk yg ngeluh powershift first gen ini jerky ga nyaman bwat macet dll... selama roadtrip ini beragam kondisi jalan, rasanya ga pernah jerky sama sekali, bwat macet2an jg terasa normal. shifting saya bisa bilang.. its damn fast bwat upshift, downshift tdk terlalu.. jauh lebih cepat dri AT purba biasa.... mirip dgn skyactivdrive tp g ada delay lockup/slip sama sekali. meski masih jauh kalah cepat jika di banding VW.

oyah setelah di usut girbok mbl ini sudah baru di ganti beberapa minggu sblm FMI menyatakan mundur (well... bru belasa ribu uda ganti girbok... bravo.. eits bentar merk sblh ada yg bru beberapa rb uda ganti jg)

peredam juga impresive, ban bawaany continental mungkin ini yg ngebantu road noisenya demikian minim, meksi sudah bonyok2 dan dri baru blm pernah diganti... bantingan juga oke. yg pasti ga kagok dan cape d pke jarak jauh.

hal yg kurang gw suka... kita bawa ke.... candi cetho.. di mode D.. dia kya susah turun ke gigi 1.... harus di pindah ke L baru mau. dan tampaknya kondisi normal jg dia jalan di gigi 2.

mesin sangat peaky..... di bawah rpm 5000 memang payah... tipe2 orng yg g pernah narik mesin ke rpm tinggi pasti mudah bilang mbl ini ga ada tenaganya.... baru jika di isi pertamax turbo full rpm bawah tengahnya jadi kerasa torsinya err *lebih kerasa*. terutama setelah perjalanan pulang, dan mesinya sudah di *olahragain* mesin semakin terasa enteng..mesin makin kerasa bahagia.. aneh emang.. haha :D oyah.. konon ini CR 11:1 non gdi so.. efek ron98 sangat kerasa di mesin ini.. wkwk...


akomondasi.. errmmmm nasty bwat 2nd row... bahkan untuk reclining seat pakai kenop putaran, bukan tuas .. ini mirip scirocco... ermmm meski quality verygood.. masih minim rattle...

refinemend baik.. dri sblmnya sya pke wildtrak, captiva, pindah ke kondom sport refinement nya tdk terasa jomplang... beda dgn citycar baru sya yang... ah sudah lah...


well ecoboobs pengganti type sport.. punya karakter sangat berbeda, low to mid kini jadi dasyat.. dan peaknya slightly better. jika bisa membuat anggota kabinet yg lain jd suka bentuknya.. dan masih dijual.. mungkin kemarin ambil yg ecoboobs wkwkwk :D tp ya sudah lah.. haha :D

:beer:
Gw pake FFS 2012 jg km dah 93 rb tapi blm pernah lebih dari 5000 rpm haha.. Gw kira peak torque nya di 4500 an... Tar dicoba deh haha...

Yg paling berkesan pake mobil ini si handling n feedback di steer nya..

Nice review btw... :off_good_job:

User avatar
jivos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 875
Joined: 28 Nov 2008, 16:04

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by jivos » 12 Jan 2017, 11:04

@om billyd
Tenkyu om. different impression nih dr kbanyakan yg kita tau soal ni mbl.
Jd malu .....kudu bc" lbh banyak lg spec/karakter mesin mbl.

New sitikarnya apa ni om...request review dikit
is it fun? :mrgreen: Is it reliable ?

User avatar
billyd1773dz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3981
Joined: 02 Sep 2008, 07:19

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by billyd1773dz » 12 Jan 2017, 11:50

Oh ya handling stirny muantep jg... Hehehhe....

Seru pas nanjak parahnya di cipularang arah bdg.. Asal keep rev di 5000 ke atas 130-140 masi enteng ini pas nanjak parahny loh.., rasany g jauh beda dgn suv diesel 400nm.. bedany suv yg itu cukup rev under 3000 aja n blm d mentokin wkwkk.. powershift + pedal gas kondom ini klw orng sunda bilang mesti di rendos... Di gaspol sampe abis bru dia mw shift di 6500 yg sdh lewat redline.

yaa imho cocok menyandang badge "sport"

Sitikar yg ituu.. Hehehhe tunggu tgl mainya deh hehehe....
just my dummy head....

Pboyz97
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: 09 Oct 2016, 22:14

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by Pboyz97 » 12 Jan 2017, 22:45

Nice review om
Mobil ini merupakan salah satu hatchback idaman saya, pernah kepincut sama FFS Ecoboost 2014 AT 2 tahun lalu buat gantiin GE8 tua saya & udah pernah TD juga , sayang FMInya udah keburu minggat :big_cry: & baris ke2 nya ga lega2 amat, tapi mobil ini salah satu yang paling fun to drive dikelasnya,fitur melimpah & cocok buat orang yang pecinta gimmick / techno freaks, karena desain dashbornya cukup canggih dikelasnya, serta cocok untuk dibawa santai maupun agresif (settingan gasnya jauh lebih kalem daripada GE8 saya yang bawaannya minta digas mulu :wkkk: )

KielConstantine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: 03 Jul 2013, 13:23

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by KielConstantine » 14 Jan 2017, 04:08

Spertinya transmisi DCT Dry Clutch tahun 2012 ini udh kg rewel ya ?
Kebetulan adek gw pelihara sama ky TS tapi type Sedan 1.6L DCT. Thn 2012 juga.
Doi gabung sama komunitas Infinity (komunitas ford fiesta indo gitu). Biasanya banyak yg kena TCM (transmision control module)
Yg harganya skitar 14-16 jt buat dibenerin di bengkel resmi. Makanya anak2 komunitas bikin jokes "Salam 14 jt brohh" haha

Nah punya adek gw sampe skarang masih adem-adem aja tuh transmisinya.
Gw sampe bcandain "kapan salam 14jt tuh DCT" wkwkwk :ngacir: :ngacir:
Kayanya udh awet yah skarang. Mantap.
Image

adrevolution
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 15 Nov 2016, 12:22

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by adrevolution » 14 Jan 2017, 11:30

Nice review om, jarang2 ada yg review fiesta buat long-term ownership apalagi buat mobil perang.
Anyway, saya pernah nyoba fiesta 1.6 yg sedan, jarang bgt ada unitnya di jalan, sama nyoba yg facelift yg trend. Beda 100cc ngga bohong, tarikannya kok enak sekali dibanding yg 1500cc di fiesta, apalagi dibanding di ecosport, sayang ngga dikasih paddle shift. Chassisnya juga superb, lincah banget even yg sedan sekalipun. Cuma minusnya yg menurut saya cukup mengganggu sih kaca spionnya kayak cembung di bagian ujung, jd repot banget buat parkir mundur apalagi yg sedan takut nyundul bagasinya. Harga secondnya yg udah turun jauh (temen blm lama angkut fiesta sedan 2013 cuma 105jt) sangat menggiurkan sih... :ungg:
2011年 マツダ DE1 ZY-VE 4AT Spirited Green Metallic

alie
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 05 Dec 2016, 15:58

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by alie » 14 Jan 2017, 17:10

adrevolution wrote:Nice review om, jarang2 ada yg review fiesta buat long-term ownership apalagi buat mobil perang.
Anyway, saya pernah nyoba fiesta 1.6 yg sedan, jarang bgt ada unitnya di jalan, sama nyoba yg facelift yg trend. Beda 100cc ngga bohong, tarikannya kok enak sekali dibanding yg 1500cc di fiesta, apalagi dibanding di ecosport, sayang ngga dikasih paddle shift. Chassisnya juga superb, lincah banget even yg sedan sekalipun. Cuma minusnya yg menurut saya cukup mengganggu sih kaca spionnya kayak cembung di bagian ujung, jd repot banget buat parkir mundur apalagi yg sedan takut nyundul bagasinya. Harga secondnya yg udah turun jauh (temen blm lama angkut fiesta sedan 2013 cuma 105jt) sangat menggiurkan sih... :ungg:
info dong om, dapet fiesta harga segitu dimana? :big_chicken:
yang sudah facelisft 1.5 kn? sport atau trend?
saya dari sebelum FMI minggat sih pengen banget-nget beli ini mobil,
tapi sampai sekarang harganya di market place macem OLX masih tinggi aja
rata-rata th 2013 keatas pasang harga 150an gitu yang sport, yg trend pasang harga 140an
:mky_05:

adrevolution
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 15 Nov 2016, 12:22

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by adrevolution » 14 Jan 2017, 18:50

alie wrote:
adrevolution wrote:Nice review om, jarang2 ada yg review fiesta buat long-term ownership apalagi buat mobil perang.
Anyway, saya pernah nyoba fiesta 1.6 yg sedan, jarang bgt ada unitnya di jalan, sama nyoba yg facelift yg trend. Beda 100cc ngga bohong, tarikannya kok enak sekali dibanding yg 1500cc di fiesta, apalagi dibanding di ecosport, sayang ngga dikasih paddle shift. Chassisnya juga superb, lincah banget even yg sedan sekalipun. Cuma minusnya yg menurut saya cukup mengganggu sih kaca spionnya kayak cembung di bagian ujung, jd repot banget buat parkir mundur apalagi yg sedan takut nyundul bagasinya. Harga secondnya yg udah turun jauh (temen blm lama angkut fiesta sedan 2013 cuma 105jt) sangat menggiurkan sih... :ungg:
info dong om, dapet fiesta harga segitu dimana? :big_chicken:
yang sudah facelisft 1.5 kn? sport atau trend?
saya dari sebelum FMI minggat sih pengen banget-nget beli ini mobil,
tapi sampai sekarang harganya di market place macem OLX masih tinggi aja
rata-rata th 2013 keatas pasang harga 150an gitu yang sport, yg trend pasang harga 140an
:mky_05:
Kebetulan dapet yg sedan tipe S 1.6 DCT pre-FL oom, waktu itu sekitaran bulan agustus dapet di showroom rekanan omnya temen saya di daerah bekasi. Tapi katanya sih memang buka harga gak jauh dari segitu. Mungkin efek karena masih shock FMI cabut dan msh digantung jadi buka harga rendah bgt, padahal unitnya sih lumayan bagus buat mobil umur 3 tahunan, kilometer 60 ribuan, dokumen2 termasuk buku servis & manual jg komplit.

Ternyata skrg naik lg ya di 140-150an, padahal bulan2 juli-agustus habis lebaran waktu saya bantu nyariin temen itu banyak yg buka 120an buat hatchback taun 2013-2014 yang facelift
2011年 マツダ DE1 ZY-VE 4AT Spirited Green Metallic

hehe001
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by hehe001 » 15 Jan 2017, 12:46

adrevolution wrote:
alie wrote:
adrevolution wrote:Nice review om, jarang2 ada yg review fiesta buat long-term ownership apalagi buat mobil perang.
Anyway, saya pernah nyoba fiesta 1.6 yg sedan, jarang bgt ada unitnya di jalan, sama nyoba yg facelift yg trend. Beda 100cc ngga bohong, tarikannya kok enak sekali dibanding yg 1500cc di fiesta, apalagi dibanding di ecosport, sayang ngga dikasih paddle shift. Chassisnya juga superb, lincah banget even yg sedan sekalipun. Cuma minusnya yg menurut saya cukup mengganggu sih kaca spionnya kayak cembung di bagian ujung, jd repot banget buat parkir mundur apalagi yg sedan takut nyundul bagasinya. Harga secondnya yg udah turun jauh (temen blm lama angkut fiesta sedan 2013 cuma 105jt) sangat menggiurkan sih... :ungg:
info dong om, dapet fiesta harga segitu dimana? :big_chicken:
yang sudah facelisft 1.5 kn? sport atau trend?
saya dari sebelum FMI minggat sih pengen banget-nget beli ini mobil,
tapi sampai sekarang harganya di market place macem OLX masih tinggi aja
rata-rata th 2013 keatas pasang harga 150an gitu yang sport, yg trend pasang harga 140an
:mky_05:
Kebetulan dapet yg sedan tipe S 1.6 DCT pre-FL oom, waktu itu sekitaran bulan agustus dapet di showroom rekanan omnya temen saya di daerah bekasi. Tapi katanya sih memang buka harga gak jauh dari segitu. Mungkin efek karena masih shock FMI cabut dan msh digantung jadi buka harga rendah bgt, padahal unitnya sih lumayan bagus buat mobil umur 3 tahunan, kilometer 60 ribuan, dokumen2 termasuk buku servis & manual jg komplit.

Ternyata skrg naik lg ya di 140-150an, padahal bulan2 juli-agustus habis lebaran waktu saya bantu nyariin temen itu banyak yg buka 120an buat hatchback taun 2013-2014 yang facelift
Pak, fiesta sedan S itu sport ya 1600cc? Spt di bawah ini?

Image

Saya bingung dengan type lama dan perbedaan masing2

User avatar
jivos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 875
Joined: 28 Nov 2008, 16:04

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by jivos » 15 Jan 2017, 15:18

Yg sedan seingat sy "titanium" di prc list cmiiw.
Sport/S 1.6 n trendy 1.4..utk hatchback varian.
Di FL ...all line up jd 1.5. Yg S pk dct.
Utk yg pre FL d range 85-95 dpt hrsnya baik yg S/trendy.

*system DCT di stop n go traffic...akan sll b'potesi wear n tear lbh awl di clutchpacks nya.
Krn engaged/disengaged di clucth cendrung partial...not fully engaged/disengaged. Pressed/released brake n pedal sec simultan d kemacetan di baca transmisi dg binun n delay apakah hrs engage/disengage utk upshift/downshift dr current gear.
CMIIW.

*dry clutch meski lbh simple,...cendrung tdk sekuat wet clutch dct utk absorb menahan panas.
is it fun? :mrgreen: Is it reliable ?

hehe001
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by hehe001 » 15 Jan 2017, 17:04

jivos wrote:Yg sedan seingat sy "titanium" di prc list cmiiw.
Sport/S 1.6 n trendy 1.4..utk hatchback varian.
Di FL ...all line up jd 1.5. Yg S pk dct.
Utk yg pre FL d range 85-95 dpt hrsnya baik yg S/trendy.

*system DCT di stop n go traffic...akan sll b'potesi wear n tear lbh awl di clutchpacks nya.
Krn engaged/disengaged di clucth cendrung partial...not fully engaged/disengaged. Pressed/released brake n pedal sec simultan d kemacetan di baca transmisi dg binun n delay apakah hrs engage/disengage utk upshift/downshift dr current gear.
CMIIW.

*dry clutch meski lbh simple,...cendrung tdk sekuat wet clutch dct utk absorb menahan panas.
Thanks, edisi 2013 itu FL, pak?

User avatar
jivos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 875
Joined: 28 Nov 2008, 16:04

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by jivos » 15 Jan 2017, 17:35

Kyk iya FL mulai 2013 om.
dl smpt mw ambil used 2012 tp msh 1.6

Ngga cb ambil ecoboost 1.0 Manual aja om?
Cukup m'goda klo dpt mrg miring.
is it fun? :mrgreen: Is it reliable ?

hehe001
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by hehe001 » 17 Jan 2017, 18:47

jivos wrote:Kyk iya FL mulai 2013 om.
dl smpt mw ambil used 2012 tp msh 1.6

Ngga cb ambil ecoboost 1.0 Manual aja om?
Cukup m'goda klo dpt mrg miring.
Thanks Om, next mobil saya harus matic. Uda pegal pakai manual hehehehe.

Ecoboost yg sedan jarang nongol di iklan.
Anw Google beresnya ford ngga dapet. Ada yg punya? Terutama yg di luar jawa

Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app

adrevolution
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 15 Nov 2016, 12:22

Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by adrevolution » 18 Jan 2017, 09:48

hehe001 wrote:
15 Jan 2017, 12:46
Pak, fiesta sedan S itu sport ya 1600cc? Spt di bawah ini?

Image

Saya bingung dengan type lama dan perbedaan masing2
Iya betul om seperti yg di foto, 1600cc
2011年 マツダ DE1 ZY-VE 4AT Spirited Green Metallic

hehe001
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: RE: Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by hehe001 » Yesterday, 18:59

adrevolution wrote:
hehe001 wrote:
15 Jan 2017, 12:46
Pak, fiesta sedan S itu sport ya 1600cc? Spt di bawah ini?

Image

Saya bingung dengan type lama dan perbedaan masing2
Iya betul om seperti yg di foto, 1600cc
Maap, mau memastikan lagi.
Ini unit yg akan saya lihat:
Image
Tahun 2013 tampangnya begitu ya?

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 12610
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by Turboman » Yesterday, 20:36

Fiesta = Mazda 2

salah 1 basis compact car dgn engineering design yg sgt baik

Steering rack gimana ? so far baik2 saja ?

Eniwei it's very good report

Hilangnya Ford dr Indonesia betul2 merupakan hal yg menjengkelkan, produk bagus2 tapi mindset manajemen pemasarannya sucks


User avatar
jivos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 875
Joined: 28 Nov 2008, 16:04

Re: RE: Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by jivos » Yesterday, 21:27

hehe001 wrote:
Yesterday, 18:59

Maap, mau memastikan lagi.
Ini unit yg akan saya lihat:
Image
Tahun 2013 tampangnya begitu ya?
Bisa jd memang 2013 awal atopun nik 2012 pemakaian 2013. New model (aston grille) utk yg sedan seingat saya ngga released deh, pun begitu dg varian ecoboost..sedannya ngga ada cmiiw.

Di pastikaan dl tuh om...sdh siap dg resiko DCT dry clutchnya. Klo memang dah siap...silahkan lanjut.

dl mw angkut yg 1.6 2012 tranny b'mslh(warranty dah xpired) ....tranny assy di beres (beres simatupang) minta di angka 100 an jt. Tlp" di sentra onderdil...angka cm lbh murah dikit dr yg sebut diatas. TCM update/replacement...imo ngga ngilangin karakter minus dct nya.
is it fun? :mrgreen: Is it reliable ?

adrevolution
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 15 Nov 2016, 12:22

Re: RE: Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by adrevolution » Yesterday, 21:32

hehe001 wrote:
Yesterday, 18:59
Maap, mau memastikan lagi.
Ini unit yg akan saya lihat:
Image
Tahun 2013 tampangnya begitu ya?
Iya om 2013 awal masih kayak begitu, yg facelift kalau ngga salah (cmiiw) keluar di IIMS 2013 sekitar bulan september, dan line up fiesta sedan jd dihapus
2011年 マツダ DE1 ZY-VE 4AT Spirited Green Metallic

hehe001
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 12 Jun 2009, 14:47

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by hehe001 » Today, 08:35


KielConstantine wrote: Spertinya transmisi DCT Dry Clutch tahun 2012 ini udh kg rewel ya ? [b<
Kebetulan adek gw pelihara sama ky TS tapi type Sedan 1.6L DCT. Thn 2012 juga.
Doi gabung sama komunitas Infinity (komunitas ford fiesta indo gitu). Biasanya banyak yg kena TCM (transmision control module)
Yg harganya skitar 14-16 jt buat dibenerin di bengkel resmi. Makanya anak2 komunitas bikin jokes "Salam 14 jt brohh" haha

Nah punya adek gw sampe skarang masih adem-adem aja tuh transmisinya.
Gw sampe bcandain "kapan salam 14jt tuh DCT" wkwkwk :ngacir: :ngacir:
Kayanya udh awet yah skarang. Mantap.




jivos wrote:
hehe001 wrote:
Yesterday, 18:59

Maap, mau memastikan lagi.
Ini unit yg akan saya lihat:
Image
Tahun 2013 tampangnya begitu ya?
Bisa jd memang 2013 awal atopun nik 2012 pemakaian 2013. New model (aston grille) utk yg sedan seingat saya ngga released deh, pun begitu dg varian ecoboost..sedannya ngga ada cmiiw.

Di pastikaan dl tuh om...sdh siap dg resiko DCT dry clutchnya. Klo memang dah siap...silahkan lanjut.

dl mw angkut yg 1.6 2012 tranny b'mslh(warranty dah xpired) ....tranny assy di beres (beres simatupang) minta di angka 100 an jt. Tlp" di sentra onderdil...angka cm lbh murah dikit dr yg sebut diatas. TCM update/replacement...imo ngga ngilangin karakter minus dct nya.
Postingan om @KielConstantine, apakah sudah pasti? Hehehe saya masih banyak menggali informasi. Karena ini mobil problem utama yg paling mahal adalah DCT.

Uda td yg versi hatchback, jujur masih blm bisa mendeteksi problem apa tidak DCTnya :(
Makanya ngejar yg tahun muda.
adrevolution wrote:
hehe001 wrote:
Yesterday, 18:59
Maap, mau memastikan lagi.
Ini unit yg akan saya lihat:
Image
Tahun 2013 tampangnya begitu ya?
Iya om 2013 awal masih kayak begitu, yg facelift kalau ngga salah (cmiiw) keluar di IIMS 2013 sekitar bulan september, dan line up fiesta sedan jd dihapus
Thanks Om, saya memang prefer yg sedan hehehe. Kalo hunting nggak dapet yg ok dan ujungnya memang banyak ongkos yahh mungkin cari versi hatchback saja.

User avatar
b8099ok
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: 18 Nov 2009, 11:14

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by b8099ok » Today, 12:11

DCT sbnrnya jarang masalah. Yg masalah itu TCM ama fork shiftnya. Ama motorized clutch actuator.
2010 Kia Picanto Cosmo 5-speed
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 12610
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by Turboman » Today, 12:24

b8099ok wrote:DCT sbnrnya jarang masalah. Yg masalah itu TCM ama fork shiftnya. Ama motorized clutch actuator.
Btw spesialis reparasi DCT di Jkt dimana yah

kalo ada kan berarti bisa ganti parts2 tsb aja

User avatar
b8099ok
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: 18 Nov 2009, 11:14

Re: RE: Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by b8099ok » Today, 12:30

Turboman wrote:
Today, 12:24
b8099ok wrote:DCT sbnrnya jarang masalah. Yg masalah itu TCM ama fork shiftnya. Ama motorized clutch actuator.
Btw spesialis reparasi DCT di Jkt dimana yah

kalo ada kan berarti bisa ganti parts2 tsb aja
Reparasi dalam arti gmn? Unit DCTnya khan di klem pake rivet. Begitu dibuka, buyar. Wkwkwk.
Klo TCM, sedunia blm ada yg bisa repair.
Klo motor actuator, konon sudah ada yg bisa. Krn isinya ya cm brushless stepped motor biasa.
2010 Kia Picanto Cosmo 5-speed
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T

User avatar
jivos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 875
Joined: 28 Nov 2008, 16:04

Re: 2012 Ford Fiesta S long term review

Post by jivos » Today, 12:58

Turboman wrote:
Today, 12:24
b8099ok wrote:DCT sbnrnya jarang masalah. Yg masalah itu TCM ama fork shiftnya. Ama motorized clutch actuator.
Btw spesialis reparasi DCT di Jkt dimana yah

kalo ada kan berarti bisa ganti parts2 tsb aja
b8099ok wrote:
Today, 12:11
DCT sbnrnya jarang masalah. Yg masalah itu TCM ama fork shiftnya. Ama motorized clutch actuator.
Om bebong/om turbo mau dong di buka in trit baru ...ttg Seluk Beluk DCT ....lbh enak discussnya, ane ngga brani buka trit begitu...by technical msh minim.
is it fun? :mrgreen: Is it reliable ?

Post Reply

Return to “Review Corner”

Who is online

Users browsing this forum: doge, Ichtyophile, Zarno and 12 guests