2012 Ford Fiesta S long term review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Post Reply
medkintos
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 20 Apr 2016, 23:23

2012 Ford Fiesta S long term review

Post by medkintos » 29 Jul 2016, 02:00

selamat malam para warga sm semuanya… review pertama gue nih om di dunia otomotif he he (soalnya biasanya di dunia elektrunik) :big_cat:

disini gue mau review mobil harian yang nemenin gue tiap hari, sebuah Fiesta S Mk7 2012 yang gue liat disini kayaknya gakada yang review deh :e-think:
DSC01687.jpg
backgroundnya dulu dikasih ini, well, unexpected. Dulu pas masi sekolah pengen aja bawa motor, tapi nggak dibolehin dengan bokap beralasan “bahaya, trus kalo jatoh ntar kepala pecah” yaudah gadikasih motor deh…

tapi, pada suatu hari, gue ngomong simpel ke bokap “pak, nilai uas matematika dapet 90” eh siangnya sekeluarga ke showroom ford buat td ini fiesta. bokap pas td pertama kali impresinya: wah enak nih buat slalom (dari sejak itu gue tau bokap jaman kuliah suka ngeslalom :big_chicken: ) akhirnya doi puas dan langsung spk. dan jeda seminggu setelah spk yang buat gue, bokap spk lagi fiesta yang model trend tapi, buat dituker sama jazz ge3 punya kakek gue untuk operasional kakek gue kemana-mana.

Pas masi sekolah gue belom dibolehin bawa ini mobil, jadi selama 2 tahun gue sekolah itu bokap yang bawa buat operasional doi ngantor….

sampai akhirnya gue udah kuliah, baru dikasih nyetir ini mobil. ini review gue setelah dua tahun bokap pake dan lanjut dua tahun gue yang pake.

disini gue benchmarknya sama yaris lele sportipu nyokap, jazz ge8 tante, dan tambahan buat interior doang dengan vios bakpao om gue (yang dalemannya 11/12 sama yaris) :big_grin:

EXTERIOR
dari stylingnya kalo dibanding sama yaris (bakpao) atau jazz menurut gue tuh walaupun ukurannya sama tapi dibanding dua mobil tersebut lebih keliatan panjang dan sporty, bulet sih tapi nggak bulet banget. desain belakang nggak wah tapi keliatan unique aja

buat desain depan, erhhh, gue lebih demen depannya fiesta yang udah facelift dengan grille yang gede itu. kalo yang ini keliatan terlalu bulet dan gak sesangar fiesta facelift punya… :big_childish:

buat tipe yang S pre-fl ini, menurut gue walaupun tanpa sematan krum (ada krum sih tapi itu di grille paling bawah samping foglamp, itu doang) tapi tetep good looking, kok

INTERIOR (DAN GIMMICK LAINNYA)
IMG_0100.jpg
IMG_0101.jpg
buat desain kokpit dan dashboard untuk dikelasnya menurut gue beda sendiri dan rapih, apalagi dengan audio bawaan ford jadi kesannya menyatu dengan alamnya. tetep plastik sih tapi kalo gue teken2 tebel kecuali di tempat yang nutup port OBD-II. buat glossy-glossy yang di steer dan di audio kayaknya dibalut cat biasa, yang sekarang udah agak ngeletek dibagian steernya. Steering cuma bisa tilt doang, udah dilengkapi audio control juga… instrument cluster buat yang pre-fl lebih enak diliat dibanding yang facelift yang terkesan “shouty”

kalo diliat di samping pintu, ada softpad kecil buat nyandarin tangan. dan bisa diliat disamping gagang pintu ada tweeter yang biasanya berrumah di ujung dashboard. pas pertama kali sih gue heran kok ini ditaro disini tapi ternyata ngaruh untuk kualitas audionya (yang bakal gue tulis di bagian tersendiri)

buat baris kesatu, bagi gue yang lumayan tinggi dan agak lebar (183cm/90kg) masih bisa disesuain agar nyaman buat gue nyetir, tapi ngorbanin akomodasi baris belakang yang termakan oleh panjangnya kaki gue. serendah-rendahnya gue rendahin bangku gue agar gak mentok dengan atap, buat ngeliat kedepan masih enak dikarenakan dash yang gak terlalu panjang (kayak jazz) dan terlalu tinggi (kayak yaris lele) jadi kalo nyetir feelnya enak :big_exellent:

bangku penumpang? hmm gatau kenapa gue selalu ganyaman dengan bangku penumpang, mungkin karena postur gue yang gede makanya mau seluas apapun (mobil apa aja) kaki gue bisa masuk ujungnya tetep nempel sama dasbor. hidup nyupir > disupirin! :mky_04:

tapi cons buat baris depan ini, untuk ngatur angle bangku pasti tinggal ngangkat tuas trus tinggal atur dengan dorong bangku dengan badan sampai senyaman mungkin. INI PAKE PUTERAN yang beratnya minta ampun :off_no: heran juga masalahnya fiesta yang trend pake tuas seperti mobil biasa.

buat baris kedua, legroomnya sempit, apalagi yang duduk di belakang gue. tapi bangkunya empuk kok, tenang :frm_tumbright:

buat yang kupingnya audiophile, menurut gue fiesta punya audio yang paling asik tanpa harus diotak atik. bass dapet, treble dapet, dan dengan penempatan tweeter di pintu; suara vocal penyanyi gitu jadi asik didenger! Audio unit mungkin monokrom gitu aja, tapi punya fitur blutut, USB/iPod connector dan aux port yang penempatannya deket handbrake samping pemantik yang jadi bikin keliatan rapih, dan DSP yang bisa di set ke Driver oriented atau All passanger oriented gitu which is blom ada dikelasnya yang memakai audio unit aftermarket. :big_exellent:

fitur voice control yang digemborin ford di iklannya menurut gue useless, except u have good english accent. soalnya gue cuma kepake buat (phone —> redial —> yes) doang hehe

ohiya, khasnya american car: pemantiknya 24/7 nyala walaupun cabut kunci. jadi kalo lagi ngampus batre hape abis tinggal colok charger aja trus tinggal ngampus deh :big_exellent:

karena ini bukan yang facelift, so no ford sync, no auto wiper, no auto lamp, dan no keyless entry… :big_peace:

DRIVING IMPRESSION
yak masukin kunci, dan start engine. Sigma I4 1600cc engine mobil ini menyambut kita dengan engine note yang kayak kucing ngepurr purr gitu.

nginjek gas dalam posisi stop and go, mungkin yang terbiasa dengan transmission mobil lain yg alus jalannya, bakal kaget dengan fiesta yang agak ngehentak ini…

tapi kalo dari posisi stop langsung ngebejek gasnya (misal dijalan sepi gitu), dengan torsi sebesar 120PS ban wheelspin dikit trus dari 0 ke 60-80an bisa tercapai dengan instan. dalam kondisi isi lima orang aja (2 kurus, 3 orang lagi termasuk gue lkelas berat) bisa ngeraih speed sekitar 170-180km/h tanpa ngos-ngosan. gue aja kaget ini mobil bisa segitu :big_love:

untuk handling menurut gue ini mobil lumayan enak, enggak limbung dan tetep ngerayap dengan jalanan. buat nyalip2 juga lincah sekali mobil satu ini dipadu dengan torsi mesinnya yang melimpah dan VSC-nya

dalam keadaan meraung pun, kabin tetep senyap, dan

ngomong2 ngerayap, gue inget satu kisah. jadi ada temen cewek deket gue smp/sma/kuliah bareng terus nebeng sama gue dan bawa mobil gue, trus dia tancep gas di flyover itc ambassador yang terkenal bergelombang sampai sekitaran 130km/h dikondisi rame. gue udah teriak2:

gue: “vir, vir, wey pelan-pelan!!!”
tmn: “tenang elah med”

dan abis tancep itu doi ngomong “med tukeran deh fiesta lu sama yaris (bakpao) gue”

back to the topic, tapi ini mobil punya kelemahan di transmissionnya. walaupun udah Ford PowerShift alias udah dual clutch tapi perpindahan gigi masih kerasa lambat… :off_no:

dan yang unique di ford ini. Untuk versi Trend seperti kakek gue, dia walaupun gak dual clutch tapi dapet triptonic. Yang versi S kebalikannya. dan kalo yang facelift seinget gue dapet triptonic semua ya… tapi gapapa lah no triptonic walopun shifting lambat tapi tarikan mantap

intinya: fun to drive!

FUEL CONSUMPTION
karena gue suka ngebejek, mau pake bensin busuk sampai v-power tetep aja boros :big_biglaugh:

tapi sejelek2nya gue bisa dapet 1:8-1:7.5, kalo per hitungan average computer stabil di 1:8,4, deket2 sama yaris lele nyokap yang dapet 1:8,6. mungkin kalo jalanan jakarta dan tolnya lancar dan bisa stabil di 80km/h perhitungan kasar liat fuel cons yang live di MIDnya bisa dapet dibawah 1:20

IS IT TOUGH AS JAPANESE CARS?
Mobil gue satu ini sering gue siksa layaknya carry ngangkut bahan bangunan

kalo ada kondangan atau acara yang deket tapi banyak temen yang mau nebeng satu mobil, dari yang kapasitasnya aslinya hanya bisa muat lima orang bisa muat 7-8 orang dengan dempet2 sampe kalo keliatan diluar mobil langsung stance… dengan catatan jalan pelan biar nggak kena shockbreaker sama jangan keliatan polisi biar gak kena tilang

pernah juga gue siksa semi offroad dengan perjalanan ke curug leuwihejo yang tanjakannya bisa curam banget dan alhamdulillah itu mobil kuat2 aja

sama juga pernah ngelewatin banjir yang tingginya hampir se-ban mobil gue, kondisi udah panik karena gatau kalo disitu banjir dan kalo mau muter juga udah kejebak macet, yaudah hajar aja dan alhamdulillah nggak mogok sama sekali. tapi kayaknya sejak itu fan gue jadi bunyi kenceng banget deh

untuk servis gue alhamdulillah gakpernah kejadian rusak, paling ganti sesuai dengan yang ada di service book dan sampai sekarang alhamdulillah masih lancar jaya dengan kilometer yang sudah nyentuh 47200-an

VALUE FOR MONEY
Dulu bokap ngambil sekitar 230juta-an dan dapet kortingan 30jutaan jadi beli mobil ini sekitar 200-an lah. Dengan gimmick yang melimpah menurut gue worth it banget lah saat itu dibanding jazz sama bakpao dulu :big_okay:

CONCLUSION
Mobil ini keliatan sporty, dan lincah banget. Gimmick-nya juga banyak dibanding mobil yang sekelas dia dan dipasarkan disini. Kalo nggak mikirin resale value ford yang deprenya lumayan dibanding japs car dan lebih ngincer fun to drive ambil ini deh soalnya lumayan nagih ini mobil

TAPI…. mengingat FMI hengkang, dan blom ada kejelasan untuk kedepannya dan aftersales servicenya, kalau mau ambil ini dipikir2 dulu untuk kedepannya agak gak repot :big_grin:

maaf apabila ada kesalahan ya om, maklum baru pertama kali nih :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kondom ungu s '12 AT
yaris lele sportipu '14 AT

This topic has 57 replies

You must be a registered member and logged in to view the replies in this topic.


Register Login
 
Post Reply

Return to “Review Corner”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests