2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15539
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by ChZ »

liep wrote:om chz, thx perbandingan sesuai request ane di trit sbelah

imho, betul yg ditulis om dr awal sd akhir, sama persis dg yg ane rasakan sbg user prit, sienta lbih canggih menunya (menu stir+hsa+vsc dll) tp overall ga worthed jual prit buat beli sienta, bakalan nyesel ga ad mbl honda lagi ntar di rmh, hhahaha, mending ganti hrv ato prit2017, tp klo mau beli mbl baru ya ga ap
mending nyari seken prit th 2014/5, sisa duit skitar 60an jt lmyan buat tabungan
peredamannya sienta bagus, tp lgs buyar begitu gas diinjek pingin narik cpt, suaranya mengerang bkn lg peresan tebu, tp mbl ga jalan2, hehe

nambahin aj, prit saya 2014 sdh ad arm rest di depan dan di tengah arm restnya kiri kanan tiap bangku, trus velq yg om sebutin r16 itu cuma buat tipe q aj, sienta q pun blm ad kamera parkirnya, beda dg prit tipe e sdh ad.

prit ane standard ganti filter udara knn aj, isi 3org full barang sd blakang, denpasar malang ane salip smua mbl yg kliatan di dpn, yg nyalip ane cuma bis mlm+bmw itupun stlh ane kasih jalan krn lost sinyal gps, asal tega aj injak gas dan pindah ke D3, tgantung dirvernya aj smua
Halo oom liep :mky_01:

Maka nya itu yang bikin saya berat bikin kesimpulan... :mky_01: secara konsep, Freed lebih matang. Secara kenyamanan dan tech, Sienta lebih unggul. Bisa disimpulkan, Sienta gak ngincar Freed secara head-on.

Sebetulnya ada lagi rival yang enggak secara head-on juga, Nissan Grand Livina. Grand Livina terlalu superior secara kualitas dan kelas dibandingin model model Avanza Ertiga... Selama ini lawan sebanding Freed cuma Grand Livina.

Nyari seken Prit lalu adakan extra dana 30jutaan buat pasang Sprintex Supercharger dan exhaust system.... Jadi sempurna buat mobil harian :mky_02: ga perlu ditarik-tarik lagi, dalem kota enak, luar kota pun enak karena bawaan atasnya udah enak. Approximately 140hp sudah lebih dari cukup buat Freed, punya temen saya 140hp NA aja rasanya udah enak banget.

Plus ganti sokbreker yang lebih bagus.... Dijamin mancap :mky_03:
liep wrote: bini ane yg ga ngerti mbl aj lgs koment dg lagak sok taunya habis test drive kmrn, "wah toyota bner2 melakukan kesalahan fatal deh naruh transmisi di bwh", krn itu yg disukai ibu2 mreka ga perlu nunduk utk liat gigi jd msh bisa liat jalan, hehehe
Maka nya mungkin CR-V jadi SUV kesukaan ibu-ibu ya oom... tuas girboks di dasbor bikin enggak repot... :big_biglaugh:
stevenanthony wrote:nais review bro chz... akhirnya kesempatan td juga ya :mky_03:

prit ada kok armrestnya (sekarang) ane naik yg taun 2012 uda ada... :big_smile]


benar2 persis dengan ane... ini udah ke 4x nya mungkin ane ngmg di forum ini tentang posisi tuas transmisinya.... mau tinggian ga nyampe, mau rendahan duduknya juga masih kependekan, toh kalo paling pendek gaenak liat kedepannya :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:


as expected..................... lemot :off_lazy:
cuma sienta lebih nyaman sama road noisenya mendingan ya.. apalagi di kolong rodanya dikasih peredam tambahan...
sama stylenya lebih kekinian dibanding prit yang uda 7 taun...

#salampenboihonda
Nah berarti update di facelift 2012 keatas ya itu armrest rasanya, di punya temen saya 2010 minor change yang uda AC digital... Kagak ada :mky_05:

Iya oom, maka nya heran, mobil ini bukan didesain di negara bule loh... Kalo ini mobil Amerika dengan posisi nyetir se aneh itu saya bisa maklum... Mobil jepang ini... Postur tubuh orang Jepang bahkan lebih mini dibanding orang Indonesia pada umumnya :mky_05:

Yups Sienta itu menang fitur, model lebih fresh, dan lebih nyaman... lemot nya sih menurut saya malah mendingan Avanza Veloz 1.3 Matic yang dulu pernah saya review juga.... :big_biglaugh: dan mungkin suara mesinnya itu juga disebabkan pake CVT... soalnya kok perasaan saya malah lebih senyap Avanza transmisi nya... Engine note juga lebih gurih di Avanza.

#salampenboiHonda :big_smoking:
yaseinotulip wrote:Klo dari judul nya ya iya freed killer.. ga ada sienta jg udah mati sendiri sm mobilio.. :ngacir:

Gmn pun kekurangan sienta dibanding freed lama, tetep aja lebih fresh
Kecuali dah ada yang baru freed nya, baru seru :upss:
Yups oom ... Sienta pun menurut saya permintaan marketnya tetep akan kalah sama adiknya si legenda tak terkalahkan 12 tahun... :big_biglaugh: kedua MPV ini masuk segmen niche... Dan mostly bukan mobil utama... Identik sama kendaraan ibu - ibu...

Iya akan lebih seru lagi nanti kalau New Freed sudah keluar... Freed yang sekarang udah usang banget dari 2009.
Ryolin wrote:Bro ChZ test drive kmrn y?Saya jg kmrn dParagon tp sore sih,jd g ktmu.Sbnrnya bs test drive brg nih sama dedengkot seraya :frm_salut:
Saya rasa sih untuk karakter suspensi nyaman y,dan jauh dr freed dlm hal suspensi.Sway body nya cukup minimal,body roll minimal,dgn damper yg soft.Masalah mesin td saya jg pas test drive keadaan macet jd cm bisa stop n go,ntar klo udh bisa dibawa masuk tol dll baru lah bisa menyimpulkan sbenarnya.Tp bwt stop n go biar g dipepet mobil lain tenaga mnrt saya bisa lsg kluar si tnpa nggguunngg ala CVT krna saya jg ada mbil cvt 1500cc lain drmh.
Klo mnrt para penghuni SM skalian dgn range hrga yg sama 300jt krg ni worthed g fitur dan krnyamanan material sienta ini dbnding merk lain?Cnthnya dihonda dgn hrga sgtu cm dpt brv atau jazz atau hrv?Masalah ground clearence g jd soal bgt jg y soalnya saya liat spek baik brv n hrv yg katanya crossover ini ground clearence 175mm jg hny trpaut 5mm dr sienta..
Mohon jwbnnya :big_childish:
Wah iya saya datengnya jam 1 siang jd gak ketemu... :big_biglaugh:

Sempet bejek bejek waktu nemu jalan kosong, rasa nya mobil ini jangan dibejek deh... bawa halus aja. Sakit dengerin suara raungannya... :big_biglaugh: sementara mobil larinya ya segitu segitu aja.

Ngomong worth tergantung mau cari apa dulu oom... Menurut saya ya worth saja kalau memang cari mobil buat bini... lengkap loh, ada VSC dan HSA juga. Tapi kalau buat mobil utama sih mending either Avanza atau Innova sekalian... Sienta ini lebih menyasar ke urban lifestyle dibanding praktikalitas.
doge wrote:i see... sama lemotnya wkwk

btw...
freed ada telescopic y? kok pnyku ('12) cm tilt ya?
Maka nya alternatif nya kalau sama - sama lemot
Freed - Supercharger
Sienta - Turbo

Dah itu 2 benda bisa ngobatin lemotnya sesuai karakter masing - masing.

Oh cuma tilt ya? Seinget saya telescopic di model '10 punya temen .... atau saya yang keliru sama Honda Jazz.... soalnya seinget saya Honda yang gak telescopic cuma Brio lineups...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

ChZ wrote:
doge wrote:i see... sama lemotnya wkwk

btw...
freed ada telescopic y? kok pnyku ('12) cm tilt ya?
Maka nya alternatif nya kalau sama - sama lemot
Freed - Supercharger
Sienta - Turbo

Dah itu 2 benda bisa ngobatin lemotnya sesuai karakter masing - masing.

Oh cuma tilt ya? Seinget saya telescopic di model '10 punya temen .... atau saya yang keliru sama Honda Jazz.... soalnya seinget saya Honda yang gak telescopic cuma Brio lineups...
Nahhhh, setelah baca review nya om ChZ, semalem sampe rumah saya langsung cek Freed saya. saya tarik2 setirnya ndak bisa :big_bored:
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by ternakblog »

Bro,tau bocoran launching freednew ini?
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by doge »

ChZ wrote:
doge wrote:i see... sama lemotnya wkwk

btw...
freed ada telescopic y? kok pnyku ('12) cm tilt ya?
Maka nya alternatif nya kalau sama - sama lemot
Freed - Supercharger
Sienta - Turbo

Dah itu 2 benda bisa ngobatin lemotnya sesuai karakter masing - masing.

Oh cuma tilt ya? Seinget saya telescopic di model '10 punya temen .... atau saya yang keliru sama Honda Jazz.... soalnya seinget saya Honda yang gak telescopic cuma Brio lineups...
sc... 30an jt g sih DCnya?
hrs oktan95 terus g? pelitmode

iy, tilt doang...
gk5 telescopic?
:ngacir:
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by stevenanthony »

ChZ wrote:Nah berarti update di facelift 2012 keatas ya itu armrest rasanya, di punya temen saya 2010 minor change yang uda AC digital... Kagak ada :mky_05:

Iya oom, maka nya heran, mobil ini bukan didesain di negara bule loh... Kalo ini mobil Amerika dengan posisi nyetir se aneh itu saya bisa maklum... Mobil jepang ini... Postur tubuh orang Jepang bahkan lebih mini dibanding orang Indonesia pada umumnya :mky_05:

Yups Sienta itu menang fitur, model lebih fresh, dan lebih nyaman... lemot nya sih menurut saya malah mendingan Avanza Veloz 1.3 Matic yang dulu pernah saya review juga.... :big_biglaugh: dan mungkin suara mesinnya itu juga disebabkan pake CVT... soalnya kok perasaan saya malah lebih senyap Avanza transmisi nya... Engine note juga lebih gurih di Avanza.

#salampenboiHonda :big_smoking:
ane masih kuliah :mky_01: masa yang lebih tua manggil ane om, jadi gaenak... :mky_01:

iya betul... orang jepang mini2 dan ibu2 atau nonik2 juga banyak yang mini... :big_childish: mungkin ada juga yang ga ngeluh bukan karena dapet posisi pas, tapi karena mindahin tuas transmisi juga ke d atau r sekali doang pas jalan, ga mindah2 in terus like manual...

paling agak kagok kalo lagi parkir/ keluar parkir mundur dr samping bangunan ke jalan (mesti quick dari r ke d, puter stir, bayar parkir :upss: ) atau kalau u turn tapi gak muat...

entah yang manual gimana posisinya, kalau kependekan juga susah juga mesti oper2 terus.

kalau begitu save money... get an avanza :ngacir:

nah jk, sienta ini bener kata bro (or koh) chz... cocok buat istri atawa simpenan... dan yang butuh sliding door tapi gakmau capt seat kayak prit... or mau coba2 ganti merek, dari prit pindah sienta...
doge wrote: iy, tilt doang...
gk5 telescopic?
gk5 teleskopik om... ge8 uzur ane aja uda teleskopik :mky_03:
2015 Honda HR-V E CVT
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by liep »

ternakblog wrote: Bro,tau bocoran launching freednew ini?
Nambahim komen 1 baris tp scrollnya sampe habis...lumayan biar cpt ganti page
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by imansyx »

nice review bro ChZ hehe kemarin waktu di GI juga ada sienta Q, langsung w satroni aja wkwkwkwk

sebagai pemake freed 09, waktu duduk di kursi depan, desain cluster nya cakep bangett yg Q, tempat naro barang bejibun, dasbor juga desainnya menarik. TAPI itu kok dasbor tinggi banget ya, kesannya jadi gembung ke arah penumpang which is kebalikan total dari freed dan masalah lainnya.. ungg udh disebut semua orang, tongkat persnelingnya kok disitu :big_dunno: pdhl kelebihan freed pengemudi bisa masuk dari pintu penumpang (gara2 garasi rumah mepet kanan)

baris kedua, kesan positif pertama di bench seat nya adalah lebar bener sampe ujung psd, gampang duduknya...TAPI itu kok rata doang bentuknya... dan dikasih armrest kek aneh banget ya.. kosongan doank dan pas duduk ubun2 mepet ama dobel blower

baris ketiga, malah no problem.. kaki muat masuk ke tempat kursi baris ketiga dilipet, kepala pun muat.. dimana di freed kaki ogut yang ga muat (180/70kg)

sayang sekali ya kalo ternyata cvt nya malah tambah bikin lemot padahal udah punya harapan besar di performanya :e-snooty: secaara di freed aja kalo kecepatan tanggung dalam kota gregetan minta ampun males banget itu 5at downshift.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by JukeJoken »

Oh sayang ya Sienta lemot.. Padahal kalau tarikannya lebih enak dari Freed bisa jadi daya tarik , ada mode manual lagi.. Tapi Ane pake Freed bokap aja greget bener , itu maticnya ane selalu fungsiin seperti manual wkwkwkwk , start gigi 1 , gas abis , pindah dua terus gas abis , masuk D , pencet D3 , injek abis , lepas D3nya. Tidak untuk ditiru tapi lumayan membantu kalau gregetan bawa Freed bokap wkwk.
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by armann »

armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
ChZ wrote:Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Kalo mid nya gmn? Mirip2 ipah sm fortie baru atau beda? Semua tipe mid nya sama atau beda2 ya, keliatannya mid nya informatif jg & layarnya lbh gede drpd di ipah sm fortie baru
Last edited by armann on Wed Jul 27, 2016 14:20, edited 1 time in total.
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by nyotnyet »

armann wrote:
armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Kalo mid nya gmn? Mirip2 ipah sm fortie baru atau beda? Semua tipe mid nya sama atau beda2 ya, keliatannya mid nya informatif jg & layarnya lbh gede drpd di ipah sm fortie baru
Bantu jawab (lagi) type Q midnya sudah TFT, kalo type bawahnya mid biasa om...
Kalo non type Q midnya biasa ga segede itu...

Soul Red zoom zoom
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by armann »

nyotnyet wrote:
armann wrote:
armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Kalo mid nya gmn? Mirip2 ipah sm fortie baru atau beda? Semua tipe mid nya sama atau beda2 ya, keliatannya mid nya informatif jg & layarnya lbh gede drpd di ipah sm fortie baru
Bantu jawab (lagi) type Q midnya sudah TFT, kalo type bawahnya mid biasa om...
Kalo non type Q midnya biasa ga segede itu...
Ohhh gitu sip, soalnya yg sering digembar gemborin dan display tipe q... jd gk prnh ngeliat mendetail interior yg trim dibawahnya
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by armann »

armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
ChZ wrote:Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Btw iseng nanya aja, mau tau kalo freed sliding doornya dibuka gitu jg gk ya, atau emg smua mpv roti tawar kecil sliding doornya pasti ngelewat panjang mobilnya ya kalo dibuka?
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by nyotnyet »

armann wrote:
armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
ChZ wrote:Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Btw iseng nanya aja, mau tau kalo freed sliding doornya dibuka gitu jg gk ya, atau emg smua mpv roti tawar kecil sliding doornya pasti ngelewat panjang mobilnya ya kalo dibuka?
Setau saya kok nggak ya om...sienta ini lebih dari body karna desain pintunya sih...dia ada lengkungan besar gitu di bagian belakang pintu tengah.

Sapa tau yg punya freed bisa konfirm, soalnya adik pake, cuma ga perhatian sampe segitunya...hahaha

Soul Red zoom zoom
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by artoodetoo »

ternakblog wrote:Bro,tau bocoran launching freednew ini?
liep wrote: Nambahim komen 1 baris tp scrollnya sampe habis...lumayan biar cpt ganti page
Bro Ternakblog dan Bro Liep,
Harap quote seperlunya saja, jangan full post di-quote, udah gitu komentarnya sebaris pula.
Ganti page bukan berdasarkan jumlah baris pada posting tapi jumlah post. Per page 25 post kalau saya tidak salah
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

nyotnyet wrote:
armann wrote:
armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
ChZ wrote:Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Btw iseng nanya aja, mau tau kalo freed sliding doornya dibuka gitu jg gk ya, atau emg smua mpv roti tawar kecil sliding doornya pasti ngelewat panjang mobilnya ya kalo dibuka?
Setau saya kok nggak ya om...sienta ini lebih dari body karna desain pintunya sih...dia ada lengkungan besar gitu di bagian belakang pintu tengah.

Sapa tau yg punya freed bisa konfirm, soalnya adik pake, cuma ga perhatian sampe segitunya...hahaha
Beda sekitar 1-2cm om sama ujung body. Jadi kalo lagi kebuka tail headlamp masih keliatan (tampak samping)
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by imansyx »

nyotnyet wrote:
armann wrote:
armann wrote:Itu kalo sliding doornya dibuka emg lebih panjang drpd body mobilnya ya? :big_think: Bahaya juga dong ya kalo mau buka mesti liat sitkon
ChZ wrote:Lebih panjang karena design om... Banyak design flaw di mobil ini diakibatkan memang mengutamakan style... Contoh yang saya alami sendiri ya waktu buka pintu bagasi hampir kesundul bibir saya... Saking panjangnya jarak handel dan ujung bawah pintu bagasi.
Btw iseng nanya aja, mau tau kalo freed sliding doornya dibuka gitu jg gk ya, atau emg smua mpv roti tawar kecil sliding doornya pasti ngelewat panjang mobilnya ya kalo dibuka?
Setau saya kok nggak ya om...sienta ini lebih dari body karna desain pintunya sih...dia ada lengkungan besar gitu di bagian belakang pintu tengah.

Sapa tau yg punya freed bisa konfirm, soalnya adik pake, cuma ga perhatian sampe segitunya...hahaha
lah iya ya bener juga kok sampe keluar gitu psd nya sienta, di freed mah masih jauh banget pas dibuka

*ga pernah meratiin juga sebenernya*



Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15539
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by ChZ »

doge wrote:
sc... 30an jt g sih DCnya?
hrs oktan95 terus g? pelitmode

iy, tilt doang...
gk5 telescopic?
Sprintex setau saya 30juta-an... Kalo SC setau saya gak harus RON95 sih... tergantung tuningnya.

Berarti saya ketuker sama Jazz.... pardon :e-wall:
stevenanthony wrote:
ane masih kuliah :mky_01: masa yang lebih tua manggil ane om, jadi gaenak... :mky_01:

iya betul... orang jepang mini2 dan ibu2 atau nonik2 juga banyak yang mini... :big_childish: mungkin ada juga yang ga ngeluh bukan karena dapet posisi pas, tapi karena mindahin tuas transmisi juga ke d atau r sekali doang pas jalan, ga mindah2 in terus like manual...

paling agak kagok kalo lagi parkir/ keluar parkir mundur dr samping bangunan ke jalan (mesti quick dari r ke d, puter stir, bayar parkir :upss: ) atau kalau u turn tapi gak muat...

entah yang manual gimana posisinya, kalau kependekan juga susah juga mesti oper2 terus.

kalau begitu save money... get an avanza :ngacir:

nah jk, sienta ini bener kata bro (or koh) chz... cocok buat istri atawa simpenan... dan yang butuh sliding door tapi gakmau capt seat kayak prit... or mau coba2 ganti merek, dari prit pindah sienta...

gk5 teleskopik om... ge8 uzur ane aja uda teleskopik :mky_03:
Wkwkwkwkwk kebiasaan panggil sembarang orang oom... biar awet muda :big_weee:

Iya kalau ibu ibu atau nonik nonik yang bawa kan.... Biasanya kalo berenti gak dioper ke N. Ditahan rem aja walau berentinya 2 menit. Tuas transmisi kalo mobil matic dipegang ibu - ibu atau nonik fungsinya cuma D sama R aja.

Ngomong nonik... lagi ngebayangin nonik2 pake Sienta warna orange atau kuning lucu juga yah... Lebih keliatan unyu dibanding pake Yasir. Terus pakaian dan tasnya warnanya sama gitu.... gemezzzzhhhh :big_love:
imansyx wrote:nice review bro ChZ hehe kemarin waktu di GI juga ada sienta Q, langsung w satroni aja wkwkwkwk

sebagai pemake freed 09, waktu duduk di kursi depan, desain cluster nya cakep bangett yg Q, tempat naro barang bejibun, dasbor juga desainnya menarik. TAPI itu kok dasbor tinggi banget ya, kesannya jadi gembung ke arah penumpang which is kebalikan total dari freed dan masalah lainnya.. ungg udh disebut semua orang, tongkat persnelingnya kok disitu :big_dunno: pdhl kelebihan freed pengemudi bisa masuk dari pintu penumpang (gara2 garasi rumah mepet kanan)

baris kedua, kesan positif pertama di bench seat nya adalah lebar bener sampe ujung psd, gampang duduknya...TAPI itu kok rata doang bentuknya... dan dikasih armrest kek aneh banget ya.. kosongan doank dan pas duduk ubun2 mepet ama dobel blower

baris ketiga, malah no problem.. kaki muat masuk ke tempat kursi baris ketiga dilipet, kepala pun muat.. dimana di freed kaki ogut yang ga muat (180/70kg)

sayang sekali ya kalo ternyata cvt nya malah tambah bikin lemot padahal udah punya harapan besar di performanya :e-snooty: secaara di freed aja kalo kecepatan tanggung dalam kota gregetan minta ampun males banget itu 5at downshift.
Wkwkwkwkwkwk sepertinya dia mau agak-agak niru Freed tapi gagal... jatohnya posisi dasbor ketinggian, posisi shifter kerendahan.

Mungkin salah satu CVT terburuk yang pernah saya setir ya oom.... Berisiknya kebangetan :mky_05: lemotnya juga kebangetan :mky_05: kukira karena CVT malah lebih cocok di bodi berat gini... bisa nahan torsi... Eh dasarnya karakter CVTnya gak bener... jadi lemot...

CVT Nissan aja gak segininya lemot nya... dibejeg masih ada tenaganya.
JukeJoken wrote:Oh sayang ya Sienta lemot.. Padahal kalau tarikannya lebih enak dari Freed bisa jadi daya tarik , ada mode manual lagi.. Tapi Ane pake Freed bokap aja greget bener , itu maticnya ane selalu fungsiin seperti manual wkwkwkwk , start gigi 1 , gas abis , pindah dua terus gas abis , masuk D , pencet D3 , injek abis , lepas D3nya. Tidak untuk ditiru tapi lumayan membantu kalau gregetan bawa Freed bokap wkwk.
Wkwkwkwkw maka nya kalo udah ngerasa Freed lemot, mau ganti Sienta? Pikir dulu kalo punya masalah sama tarikan. Kalo gak suka narik ya monggo ambil Sienta.

Sama-sama lemot, ya kayak nya kalo mau ganti mendingan Innova bensin manual type terendah hahahaha... at least manual masih ada larinya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by ricz »

Nice review...

Anyway, sekedar koreksi nih, sienta pake mesin 2NR-FE, bukan 2NR-VE... Karena AFAIK mesin Sienta itu buatan Toyota, bukan buatan Daihatsu (VE)... Meskipun serupa tapi bukan berarti sama.... :mky_04:
2021 Fortuner VRZ
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by doge »

ChZ wrote:
doge wrote:
sc... 30an jt g sih DCnya?
hrs oktan95 terus g? pelitmode

iy, tilt doang...
gk5 telescopic?
Sprintex setau saya 30juta-an... Kalo SC setau saya gak harus RON95 sih... tergantung tuningnya.

Berarti saya ketuker sama Jazz.... pardon :e-wall:
oo ic"...

gpp :ngacir:
:ngacir:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by armann »

imansyx wrote:
nyotnyet wrote:
armann wrote:


Btw iseng nanya aja, mau tau kalo freed sliding doornya dibuka gitu jg gk ya, atau emg smua mpv roti tawar kecil sliding doornya pasti ngelewat panjang mobilnya ya kalo dibuka?
Setau saya kok nggak ya om...sienta ini lebih dari body karna desain pintunya sih...dia ada lengkungan besar gitu di bagian belakang pintu tengah.

Sapa tau yg punya freed bisa konfirm, soalnya adik pake, cuma ga perhatian sampe segitunya...hahaha
lah iya ya bener juga kok sampe keluar gitu psd nya sienta, di freed mah masih jauh banget pas dibuka

*ga pernah meratiin juga sebenernya*



Image
Wkwkwk yg td nya iseng2 jd penasaran jg soalnya kalo diliat dr postingan gmbr sienta dr bro chz, sliding doornya keliatan menutupi seluruh bagian blkg kalo diliat dr samping & mungkin jg bs membahayakan org lain di tmpt sempit atau rame :big_okay:
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by armann »

aratha wrote:
nyotnyet wrote:
armann wrote:


Btw iseng nanya aja, mau tau kalo freed sliding doornya dibuka gitu jg gk ya, atau emg smua mpv roti tawar kecil sliding doornya pasti ngelewat panjang mobilnya ya kalo dibuka?
Setau saya kok nggak ya om...sienta ini lebih dari body karna desain pintunya sih...dia ada lengkungan besar gitu di bagian belakang pintu tengah.

Sapa tau yg punya freed bisa konfirm, soalnya adik pake, cuma ga perhatian sampe segitunya...hahaha
Beda sekitar 1-2cm om sama ujung body. Jadi kalo lagi kebuka tail headlamp masih keliatan (tampak samping)
Ohhh ya mungkin pintunya freed gk panjang2 amet & otomatis openingnya kalah lebar dibanding sienta, tp well thought desain nya, gk kyk sienta jg, yg desain nya pengen standout di kelasnya (gk ada saingannya jg sih di indo).... ya pastinya ada, di pasar jepang
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by aratha »

imansyx wrote:
lah iya ya bener juga kok sampe keluar gitu psd nya sienta, di freed mah masih jauh banget pas dibuka

*ga pernah meratiin juga sebenernya*
Image
armann wrote: Ohhh ya mungkin pintunya freed gk panjang2 amet & otomatis openingnya kalah lebar dibanding sienta, tp well thought desain nya, gk kyk sienta jg, yg desain nya pengen standout di kelasnya (gk ada saingannya jg sih di indo).... ya pastinya ada, di pasar jepang
kalo saingan di pasar JDM sendiri banyak banget om, daihatsu concept carnya keren dan unyu2 (noriori, hinata, tempo).

back to PSD,
kalo di gambar ini gak keliatan ngelebihin body sih

Image

tapi kalo yang ini keliatan lebih banget

Image

apa beda ya bukan kanan dan kiri? atau foto angle nya aja ya :big_think:
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by FRD »

diantara kedua mpv roti tawar mini ini, sampe sekarang tetep lebih milih ambil freed dibanding sienta kalo ada budget 250-300jt... belom bisa move on dari freed :ungg:
:big_smoking:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by vipere »

untunglah bini ane gak kayak ibu2 lain..dia mah ogah banget model mobil ginian baik freed maupun sienta..demennya mobil hatchback 2 baris.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: 2016 Sienta Q CVT, the Freed Killer?

Post by liep »

artoodetoo wrote:
ternakblog wrote:Bro,tau bocoran launching freednew ini?
liep wrote: Nambahim komen 1 baris tp scrollnya sampe habis...lumayan biar cpt ganti page
Bro Ternakblog dan Bro Liep,
Harap quote seperlunya saja, jangan full post di-quote, udah gitu komentarnya sebaris pula.
Ganti page bukan berdasarkan jumlah baris pada posting tapi jumlah post. Per page 25 post kalau saya tidak salah
bisa dicek posting ane sbelum2nya selalu ane cut sperlunya krn menghindari yg bginian krn klo pas buka sm pake android, minta ampun scrollnya

klo gini khan lumayan jadi ad mod yg perhatiin, thx