Sebetulnya mobil ini sudah pernah di review, dan yang review juga saya sendiri... Jadi mohon maaf kalau bosan...
Dan entah populasi mobil ini yang kelewat sedikit atau mungkin saking dibencinya mobil ini, kok rasanya review mobil ini sedikit sekali. Saking sedikitnya pernah saya iseng search di google yang nongol malah review saya disini

Entah kenapa mungkin jodoh atau gimana, waktu test gak pernah keselip sedikitpun pikiran bakal punya, dan lucunya warna dan type nya sama pula

"Terus ngapain bikin review lagi dong? Mobil sama, type sama, warna sama pula, penuh penuhin server SM aja. Dasar Chz fanboy Honda."
Wkwkwkwk pasti banyak orang bakal berpikir demikian... Apalagi orang - orang yang sudah nuduh saya sensi sama beberapa brand di forum sebelah dan nuduh saya antek Honda karena punya HR-V dan Civic dan beberapa kali pakai CR-V.
Well, I AM a Honda fanboy. Honda fanboy dari zaman saya mulai suka mobil sampe sekarang. Simpel, kenapa saya harus benci sama Honda kalau ternyata produknya masih layak buat "disukai" ?
What is so wrong with Honda, 9th Generation Civic to be exact ?
Itu yang jadi pertanyaan saya dari awal Civic generasi ke-9 ini keluar menggantikan Civic generasi ke-8 yang dianggap sebagai Civic paling "sempurna". Jadi, mari kita bahas satu persatu.
Styling?
OK, yang pertama dihujat orang itu styling nya. Pada beranggapan Civic FB ini jauuuh lebih gak ganteng dibanding FD1. Wajar, karena FB sebenernya bukan direct successor dari FD.
FD itu gen Civic JDM... which is sudah discontinued dari 2010. Sedangkan FB itu gen Civic Amerika. Satu nya murni orang Jepang kawin sama orang Jepang, satunya blasteran Jepang-Amerika.
Kalau sudah tau gimana Civic generasi ke-8 di Amerika, gak bakal se illfeel itu kok sama FB...







Well not that bad... Depannya malah menurut saya lebih bagus dibanding FD, gak terlalu kelihatan membulat. Bagian samping juga bikin mobilnya terkesan coupe-ish dengan buntut pendek. Mobilnya juga terkesan lebih ceper dengan desain lebih tajam dibanding FD.
Walaupun urusan desain pantat dianggap jelek sama orang Amerika... maka nya di 2013 langsung di revisi tuh bentuk pantat Civic FB.

Sebetulnya saya bukan golongan yang bener - bener gak suka sama pantatnya, malah cenderung suka. Why? Karena sekilas, sangat mirip dengan C-Class W204




Walaupun desain yang facelift memang lebih memikat


Quality?
Issue soal kualitas, well saya bahas bagian bagus - bagus dulu.... Karena urusan kualitas jelek sih sudah pada tau sepertinya.
Yang paling saya appreciate, FB masih berusaha keras mempertahankan desain kokpit serupa dengan FD. Masih dengan multiplex meter dan dasbor dua tingkat.
Perbedaannya semua fungsi dan tombol - tombol di FB semua diarahkan ke driver. Bukan tanpa maksud, tujuannya supaya driver lebih mudah menjangkau semua fungsi - fungsi seperti audio, lampu hazard, AC, dll.
Terbukti di posisi nyetir ideal saya, semua tombol bisa saya raih tanpa harus akrobat di dalam kabin...
Plus, desain lebih mengotak dan desain cluster yang lebih modern dari FD... Dengan indikator penanda eco-driving...



Lebih bagus diliat waktu malam...

Lalu hmmm... sudah itu saja kayak nya bagian bagusnya. Bagian jeleknya?
Sekedar informasi mobil ini tahun 2012, odometer menunjuk angka 39ribu.....
Yang ini... well.. bekas modifikasi... Dulu yang pake anak kuliahan. Gak rapi....

Handbrake sudah banyak baret - baret....

Yang baru saya notice : pedal gas nya berubah jadi normal kembali... Padahal dulu FD pedal gasnya ala - ala mobil Eropa.... alias nempel ke lantai


Model Handbrake dan gear lever yang balik ke konservatif... Jauh lebih jelek dari FD.

And the worst part...


Logo di flip key nya sudah pada mengelupas... Kunci sudah agak oblak, dan waktu posisi kunci melipat gak bisa masuk bener - bener... Oh well...

Plastic hitam di setirnya pun sudah kusam, doortrim baret - baret semua, dan console tengah rasanya gampang sekali oblak...



Engine and transmission?
Same old thing... Not exactly sih. On-paper spec sama (gede FB 1HP saja), tapi di FD kode nya R18A1, di FB R18Z1 kalau liat di barcode di cover mesin nya. Apapun perbedaannya, kayak nya gak penting. Konstruksi tetep sama, spek tetep sama, tetep sama - sama SOHC. Ya intinya sama aja. Gak tau yang beda dimana nya.


Mesinnya masih tergolong cukup halus, mounting sepertinya masih sehat, hanya saja waktu kondisi masih dingin dan masuk gigi mundur getarannya terasa kasar sekali. Dugaan saya oli matic nya gak sesuai spek pabrikan... atau sudah minta ganti. Karena kalau sudah panas gak terjadi seperti ini.
Oh ya sepertinya final gear di FB2 ini beda dengan FD1. Seingat saya FD1 AT standard gear 1 limiter bisa 72 km/h, sedangkan FB2 AT hanya sanggup 67 km/h. Transmisi juga rasanya lebih agresif di FB2 dibanding FD1. Entah sugesti, entah beneran. Yang saya rasain sih gitu.
Transmisi masih tipikal matic Honda yang banyak selip dan males kickdown kalau gak perlu-perlu amat. Yaa tapi gak se-bodoh 4-AT nya Toyota yang selalu shifting di saat yang gak tepat....

Untunglah selipnya gak se-keterlaluan girboks nya CR-V.... dan kickdown nya masih lebih cepet dibanding CR-V RM

Urusan handling mobil ini gak spesial sih sebenernya. Tapi masih dalam taraf fun buat saya ya. EPS memang bikin feedback nya gak se-rich FD1 yang masih HPS (FD2 EPS), tapi percayalah gak seburuk itu kok. Gak se ampang HR-V feel setirnya. Body control ya hampir - hampir mirip FD1. Intinya, impresi nya masih gak beda dengan FD1, tapi kekurangannya ya malah pakai EPS itu... Cuma untuk sedan harian dalam kota sih gak penting. Memang FB didesain lebih ke kenyamanan.
Di review sebelumnya saya bilang bantingannya keras, sebetulnya bantingannya gak keras, lebih gak ngocok dibanding FD. Dugaan saya lebih ke ban nya (Goodyear Eagle NCT-5) yang bikin mobil ini kerasa keras karena sebetulnya memang dampernya lebih enak dibanding FD.
Dugaan saya ke ban menguat lagi ketika lewat jalan beton dan suara gemuruh nya bener - bener tembus sampai ke kabin... Ya memang peredam kolongnya Honda jelek bener dari zaman dulu... Mungkin selain karakter ban juga usia ban nya berpengaruh ke noise. Dan mungkin karena pemilik sebelumnya ganti velg besar, bisa jadi dia nyimpan velg dan ban asli nya sembarangan... Bisa jadi...
Konsumsi Bahan Bakar nya mix 7.7 km/l di MID... belum hitung manual. Belum tune-up dan belum ganti filter udara. Baru aja kemarin ganti filter udara nya. Rute juga belakangan kena macet terus karena musim lebaran Semarang penuh dengan pemudik

Filter udara nya tergolong murah, 150ribu masih kembali 2ribu sudah include PPN....
Conclusion?
Not very hateful, a quite fine car... Gak seburuk apa yang orang bilang apalagi orang - orang yang belum test drive cuma asal ngemeng ...
Yes it's already outdated and has a very crappy interior. Sudah ada Civic FC1 yang jauh lebih mewah dan berteknologi... (ya saya sebagai pemilik juga miris kok liat bedanya FB dan FC, juaaaaaaaaauuuuuuuuuuuhhhhhhhh sekali

Tapi kalau bicara dalam konteks used car? Well... Dengan resale value yang cukup jeblok... budget seharga Honda Jazz atau Toyota Yaris baru, anggaplah 300juta kita bisa dapet Civic tahun 2013-2014... Worth it bukan? Saya sendiri dapet mobil ini lebih murah dari Yaris entry level.
Dibanding rival nya, Corolla? Corolla di pasar mobkas kurang likuid, dan cukup nanggung sih menurut saya. Altis gen.10 harganya sangat drop bisa seharga Brio baru... Altis gen.11 kurang tau, tapi sepertinya lebih jarang lagi populasinya dibanding Civic. Perbedaannya jelas, Civic masih banyak diminati anak muda sampe bapak bapak, sedangkan Altis, bapak-bapak pun sepertinya lebih milih nambah dikit dapet Camry seken... mewah sekalian, gede sekalian.
Jadi pilih yang mana? Tergantung selera.... Corolla enggak buruk, tapi kalau saya sih milih Civic karena secara driving impression overall better ya. Corolla buat saya terlalu plain. Desain yang baru juga menurut saya gak terlalu bagus proporsinya. Bagus bagian depannya doank.
Kenapa nggak FD1?
FYI, FD1 paling muda itu tahun 2011 akhir, 2012 awal supply dari Thailand terhambat karena pabriknya kena banjir, sehingga HPM mutusin buat langsung end lifespan FD di akhir 2011 dan langsung bulan 4 tahun 2012 launch FB. Overall FD is a better car, tapi kalau menilik usia, ya saya gak mau ambil resiko beli mobil, sedan lagi yang udah lewat 5 tahun.
Kalau memang nyari FD, menurut saya akan lebih worth cari FD2 (2.0L) mesin masih K20 DOHC (belum downgrade ke R20 SOHC di FB3). Worth it dicari apalagi buat yang suka oprek, mesin K sangat-sangat mudah dioprek. FD ranahnya sudah orang hobi.
Kenapa nggak Accord?
Memang di pasar mobkas sedan harganya terkoreksi sangat cepat. Kelas Accord dan Camry pun harganya sekarang udah deket deket sama Civic/Altis. Tapi kalau saya sih balik ke kebutuhan ya. Kalau butuhnya mobil yang kecilan tapi gak mau kelas Jazz, ya masak disuruh ganti Accord? Malah tambah repot, belum faktor garasi orang Indonesia yang kebanyakan ngepas - ngepas...
Mau lebih nyentrik ada pilihan Lancer EX, Ford Focus... Lancer EX pilihan bagus karena perawatan gak terlalu berbeda dengan Outlander Sport since satu basis... Ford... Hmmm... Gak mau komentar deh entar dibilang sensi sama Ford juga... Wkwkwkwkwk

Yang jelas dan pasti, tetep hati - hati berburu mobkas. Kalau gak cukup pengalaman dan gak punya pengetahuan tentang perawatan mobil sebaiknya kesampingkan niat beli mobil dalam kondisi bekas daripada apesnya dobel.
You guys would hate to hear it... but i really love this car ever since i driven it for the first time

============================================================
Sooo that's it....

